You are on page 1of 12

Proposal Kerja Praktek

PT Chevron Pacific Indonesia

Diajukan Oleh :

Gilang Ramadhan

18211045

Antragama Ewa Abbas

18211058

Program Studi Sistem Dan Teknologi Informasi
Sekolah Teknik Elektro Dan Informatika
Institut Teknologi Bandung
2014

Institut Teknologi Bandung (ITB) selaku institusi pendidikan memfasilitasi mahasiswa untuk bisa memahami secara langsung dunia kerja. Penerapan teknologi informasi mempunyai karakteristik yang berbeda untuk setiap domain-nya. dengan memberian satu mata kuliah khusus. Harapan lainnya. Untuk mendukung kemajuan ini. dengan keadaan nyata di dunia kerja. termasuk di dalam bidang oil and gas. oleh karena itu perlu dasar pemahaman yang kuat agar teknologi informasi bisa diterapkan secara tepat guna di berbagai aspek kehidupan.Proposal Kerja Praktek Bagian 1 Pendahuluan 1. yaitu kerja praktek (dengan kode II4090). Untuk bisa mengantisipasi keadaan ini. Kerjasama antara pemerintah. maka perkembangan teknologi informasi menjadi suatu kebutuhan untuk bisa mendukung berbagai aktifitas secara efektif dan efisien. Ini terbukti dari banyaknya fakta yang menyebutkan bahwa mahasiswa yang baru lulus tidak siap untuk bekerja di industri. institusi pendidikan dan industri harus menjadi perhatian utama agar mampu terciptanya sumber daya manusia yang handal. Institusi akademik harus bisa menyiapkan mahasiswanya untuk mampu memahami kehidupan nyata di dunia kerja.1 Latar Belakang Dalam menghadapi era globalisasi. Hal ini didasari oleh satu hal : kurangnya pengalaman kerja yang didapatkan selama mengikuti kegiatan perkuliahan dikelas. maka institusi pendidikan merupakan salah satu stakeholder yang harus mampu menciptakan sumberdaya manusia yang bisa mengisi pospos di bidang teknologi informasi. diharapkan mahasiswa bisa mengetahui secara nyata bagaimana kondisi di dunia kerja. Kini penerapan teknologi informasi bisa diterapkan secara majemuk diberbagai aspek kehidupan. Dengan adanya kerja praktek. mahasiswa bisa melakukan analisis JURUSAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI (STI) SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA (STEI) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 1 . Tentunya perkembangan teknologi informasi ini harus terus dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan. dalam kenyataannya masih ada jarak antara pemahaman yang didapatkan selama mengikuti kegiatan perkuliahan di kelas. Meskipun demikian. Selain itu institusi pendidikan harus mampu memahami permintaan yang tinggi dari pihak industri.

dan dampak dari sebuah sistem informasi di peruhaaan terhadap keberlangsungan perusahaan tersebut. and technolgy. STI sendiri sudah berumur tujuh tahun.Proposal Kerja Praktek terhadap sistem yang berjalan di industri agar bisa memberikan sebuah solusi sehingga berdampak positif bagi industri. problem. maka STEI ITB mengambil inisiatif untuk membuka program studi Sistem dan Teknologi Informasi (STI). Menyadari meningkatnya kebutuhan akan sistem ini. IT Analyst 2. management. kemudian membangun sistem teknologi informasi diperusahaan sehingga terciptalah sebuah sistem (kombinasi software dan hardware) yang bisa memberikan dampak positif bagi perusahaan. Beberapa keprofesian yang dikaitkan dengan kemampuan mahasiswa STI adalah : 1. namun menjadi suatu sistem kompleks. System engineering JURUSAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI (STI) SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA (STEI) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2 . Peningkatan kebutuhan ini menyebabkan teknologi informasi tidak lagi menjadi suatu sistem yang sederhana. STI memenuhi kebutuhan dari penerapan teknologi yang tepat dari perusahaan. teknologi informasi telah berkembang pesat karena meningkatnya kebutuhan dari berbagai aspek. 1. Mahasiswa pada program studi ini di bekali dengan beberapa kemampuan : engineering. kebutuhan. STI akan memberikan analisis.2 Dasar Pemikiran Dalam beberapa tahun terakhir. Kerja praktek merupakan satu langkah yang bisa meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk bisa beradaptasi dengan baik terhadap dunia kerja nantinya. Business analyst 3. process. competitive analysis dan business. dimana dalam pengembangannya perlu banyak aspek yang harus dipertimbangkan. dimana STI merupakan program studi yang dikembangkan untuk mengantisipasi cepatnya perkembangan penomena. System analyst 4. dengan memanfaatkan tiga konsep penting : people.

1. Information System programmer 8. dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. JURUSAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI (STI) SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA (STEI) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 3 . Secara umum mahasiswa sistem dan teknologi informasi (STI) mempunyai ranah keperofesian seperti yang kami sebutkan diatas. etc.  Memahami pemahaman yang lebih mengenai penerapan sistem dan teknologi informasi yang ada di industri.3 Tujuan Tujuan untuk melaksanakan kerja praktek di PT Chevron Pacific Indonesia Rumbai Pekanbaru adalah : a. IT/ project manager 6. khususnya yang digunakan oleh PT Chevron Pacific Indonesia.Proposal Kerja Praktek 5. Untuk mahasiswa  Kesempatan untuk melakukan studi banding antara teori dan aplikasi serta mengalami lingkungan kerja dalam industri.  Menerapkan pembelajaran yang telah didapatkan selama mengikuti perkuliahan (6 semester) di Institut Teknologi Bandung. agar kedua divisi ini bisa saling bekerjasama dan bisa memberikan dampak positif yang lebih bagi perusahaan.  Untuk membangun sebuah metode berpikirsecara sistematis dan konstruktif ketika menghadapi masalah industri di bidang kerja. Sedangkan Business analyst merupakan sebuah keprofesian dalam menjembatani kegiatan maupun proses divisi teknologi informasi dan divisi bisnis di perusahaan.  Memenuhi mata kuliah kerja praktek (dengan kode II4090). Software engineer. Salah satu bentuk keprofesian yang ingin kami kembangkan adalah system analyst. Information system design and developer 7. System analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian. dan business analyst.  Untuk mendapatkan pengetahuan tentang masalah teknis yang nyata serta solusinya di dunia kerja. perencanaan. pengkoordinasian. Mobile/desktop/web programmer 9.

 Kesempatan untuk melakukan evaluasi metode pengajaran maupun kurikulum didasarkan hasil/laporan dari proses kerja praktek mahasiswa.  Untuk mempererat dan memperkuat hubungan ITB dan PT Chevron Pacific Indonesia.  Mempunyai referensi lebih dalam memahami kebutuhan serta prospek dari kegiatan industri. Untuk institusi pendidikan  Berkontribusi untuk bisa memfasilitasi mahasiswa mengenali dunia kerja yang nyata sehingga bisa menghasilkan lulusan yang lebih kompeten.  Untuk mendapatkan input dari hasil analisis. c.Proposal Kerja Praktek b. serta pengembangan prototype yang dilakukan peserta kegiatan kerja praktek. penelitian. JURUSAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI (STI) SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA (STEI) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 4 .  Mempunyai data dari calon mahasiswa yang berkualitas sebagai referensi perekrutan calon pekerja di masa mendatang.  Mempunyai kesempatan yang lebih untuk melihat peluang yang bisa dikembangkan di bidang sistem dan teknologi informasi perusahaan.  Mengetahui metode ataupun teknologi yang bisa didapatkan untuk menyelesaikan masalah yang ada di perusahaan. Untuk perusahaan  Kesempatan untuk melakukan evaluasi terhadap sistem perguruan tinggi di Indonesia dari mahasiswa yang melakukan kegiatan kerja praktek.

kami tertarik untuk mempelajari proses industri PT Chevron Pacific Indonesia yang melibatkan sistem dan teknologi informasi. mahasiswa akan beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan dan mempelajari masalah yang diberikan oleh PT Chevron Pacific Indonesia.2 Topik Pada program kerja praktek ini.  Observasi dan Penelitian Pada tahap ini. mahasiswa akan mencoba untuk memberikan solusi. perusahaan memiliki kewenangan penuh dalam hal proses belajar mahasiswa.1 Format Kerja Praktek Berikut ini adalah format kerja praktek yang akan dilakukan oleh mahasiswa :  Pengenalan Pada tahap ini. Perusahaan memberikan kasus atau persoalan kepada mahasiswa.  Pembuatan Laporan Tahap ini merupakan tahap terakhir dari kerja praktek. Laporan ini akan diberikan pembimbing kerja praktek PT Chevron Pacific Indonesia dan prodi STI ITB sebagai bahan evaluasi dan dokumentasi 2. JURUSAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI (STI) SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA (STEI) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 5 . IT Governance adalah suatu cabang dari tata kelola perusahaan yang terfokus pada sistem teknologi informasi (TI) serta manajemen kinerja dan risikonya. Mahasiswa akan menuliskan laporan tentang hasil kerja praktek.Proposal Kerja Praktek Bagian 2 Prosedur Kerja Praktek 2. Beberapa topik yang kami sarankan adalah sebagai berikut :  IT Governance pada PT Chevron Pacific Indonesia. Solusi yang diberikan merupakan hasil observasi dan penelitian mahasiswa melalui metodologi tertentu.  Kajian penerapan teknologi informasi di PT Chevron Pacific Indonesia yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapannya bermanfaat bagi perusahaan. Selanjutnya.

3 Jadwal Kerja Praktek Berdasarkan kalender akademik Institut Teknologi Bandung tahun ajaran 2013/2014. Dengan adanya IT Implementation yang tepat.  IT Implementation pada proses bisnis di PT Chevron Pacific Indonesia.5 Peserta Nama : Antragama Ewa Abbas Nomor Induk Mahasiswa : 18211058 Program Studi : Sistem dan Teknologi Informasi Institusi : Institut Teknologi Bandung Nama : Gilang Ramadhan Nomor Induk Mahasiswa : 18211045 Program Studi : Sistem dan Teknologi Informasi Institusi : Institut Teknologi Bandung JURUSAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI (STI) SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA (STEI) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 6 .Proposal Kerja Praktek  Analisis sistem informasi pada PT Chevron Pacific Indonesia.4 Tempat Pelaksanaan Kerja Praktek akan dilaksanakan di : Nama Instansi/Perusahaan : PT Chevron Pacific Indonesia Alamat Perusahaan : PT Chevron Pacific Indonesia – Rumbai. Pekanbaru Phone : (0765) 992000 2. transparan dan dan akuntabel. 2. Misalnya penerapan teknologi informasi untuk pengadaan barang dan jasa yang saat ini sangat diperlukan untuk meningkatkan proses pengadaan . Tujuan adanya analisis sistem informasi adalah untuk mendesain sistem informasi baru atau menyempurnakan sistem informasi yang sebelumnya sudah ada. diharapkan berbagai proses bisnis perusahaan menjadi lebih efesien. 2. efektif. maka kerja praktek ini diusulkan untuk dilaksanakan mulai tanggal 26 Mei 2014 hingga 27 Juni 2014.

seperti kemampuan mengaplikasikan ilmu pada dunia industri. Program kerja praktek yang dilaksanakan di PT Chevron Pacific Indonesia diharapkan dapat menjadi pelengkap proses belajar di Institut Teknologi Bandung. mahasiswa prodi STI ITB harus memiliki berbagai kompetensi untuk mendukung berbagai ilmu yang dipelajari di kelas.Proposal Kerja Praktek Bagian 3 Penutup Dalam rangka mendukung perkembangan Teknologi Informasi. 11 Februari 2014 Gilang Ramadhan 18211045 JURUSAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI (STI) SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA (STEI) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Antragama Ewa Abbas 18211058 7 . institusi akademik perlu bekerja sama dengan industri melalui program kerja praktek bagi mahasiswa. Demikian proposal ini kami ajukan sebagai bahan pertimbangan penerimaan pengajuan kerja praktek. kemampuan bekerja dalam tim. serta kemampuan untuk menganalisis dan menyelesaikan masalah di bidang industri. terutama pada prodi Sistem dan Teknologi Informasi. pemahaman tentang lingkungan kerja di industri. Kami berharap proposal ini dapat memberikan gambaran tentang kerja praktek yang akan kami laksanakan. Untuk mencapai hal tersebut. Kami berharap proposal ini dapat disetujui oleh PT Chevron Pacific Indonesia sehingga kami dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi PT Chevron Pacific Indonesia Bandung.

Kalimantan Selatan SMPN 1 Banjarbaru. Bogor Beasiswa ikatan alumni informatika (IA-IF) ITB JURUSAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI (STI) SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA (STEI) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 8 .itb. Kelapa gading permai Jl.stei. Cisitu lama no. Banjarbaru LBPP LIA.Proposal Kerja Praktek Curriculum Vitae Pemohon 1 Informasi Personal Nama Lengkap : Antragama Ewa Abbas Tempat. 06 Oktober 1993 Kewarganegaraan : Indonesia Jenis Kelamin : Laki-laki Agama : Islam Status Perkawinan : Belum menikah Alamat Bandung : Jl. IPB. Kalimantan Selatan Email : 18211058@std.ac. ITB.2014 Juara I pengembangan dan desain website. 13 Bandung (Asrama mahasiswa Kalimantan Selatan) Alamat Asal : Komp. Kalimantan Selatan SMAN 1 Banjarbaru. Kediri Penghargaan dan Beasiswa 2012 2012-sekarang 2013 2013 . 1 Banjarbaru. Pare. Tunjung maya blok E no.2010 2014 International Class English Children (ICES). Banjarbaru TOEFL and Upper-Intermediate Speaking Class. tanggal lahir : Banjarmasin.id Nomor Telp / HP : 087815824980 Pendidikan Formal 1999-2005 2005-2008 2008-2011 2011-sekarang SDN Jawa 2 Martapura. Kalimantan Selatan Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi – Institut Teknologi Bandung Pendidikan Non-Formal 2007 2009 . Global English. Bandung Beasiswa pengembangan prestasi akademik (PPA) ITB Juara nasional I Agroindustrial Information Technolgy Challange (AITC).

2014 2013 . Software develppment application. Amateur Radio Club (ARC) ITB Web Community Workshop Incubator IT HMIF ITB Blackberry Innovation Center (BBIC) Software Development. Web (HTML dan CSS) Software : Microsoft Office. Antragama Ewa Abbas JURUSAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI (STI) SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA (STEI) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 9 .2010 2011 2012 . C. PHP. Bandung Asisten matakuliah II2240 . Kementrian Pekerjaan Umum (PU). UML. Elektro-ITB Android Programming Class.analisis kebutuhan sistem Saya menyatakan informasi yang saya tulis diatas adalah benar dan sesuai.2010 2009 .2014 Ketua harian II Pramuka kwarting-01 SMAN 1 Banjarbaru Ketua OSIS SMAN 1 Banjarbaru Anggota Unit Bola Voli (UBV) ITB Anggota Manajemen Sumber Daya Anggota (MSDA) HMIF ITB Wakil ketua Asrama Mahasiswa Kalimantan Selatan Demang Lehman (AMKS-DL) Pengalaman Kepanitiaan 2011 2011 2012 2012 2012 2013 2013 2014 Ketua divisi acara Halal Bihalal warga kalimantan selatan se-Bandung Raya 2011 Divisi liaison officer (LO) Kontes Robot Nasional (KRN). ITB Ketua divisi acara Isra Mi’raj AMKS-DL Ketua umum “malam keakraban ASCII” 2012 Ketua divisi humas Halal Bihalal warga kalimantan selatan se-Bandung Raya 2012 Ketua divisi motivator PLO STEI 2013 Ketua umum Halal Bihalal warga kalimantan selatan se-Bandung Raya 2013 Ketua divisi acara Pemilu HMIF 2014 Training dan Seminar 2011 2012 2012 2012 2013 The 7 Habits of highly Effective College Students. Java.Proposal Kerja Praktek Pengalaman Organisasi 2009 . IA-IF ITB Keterampilan Bahasa Inggris Bahasa Jerman Bahasa pemrograman : Pascal. KK Teknologi Informasi. Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Papua Web-Based Information System Project – Rexa Education Center. Dunamis foundation Network Development Training. DBMS. C++. Bizagi dll Lancar Dasar Terbiasa Terbiasa Pengalaman Kerja 2013 2013 2013 2014 Web-Based Online Kuesioner. Jakarta Website Development. design application.

2005 2005 .ac.sekarang 2013 Mei – Juli 2013 2013 Staff divisi Ekstrakampus HMIF ITB Mentor junior.2008 2008 . Mahamentor Regional Jawa Barat PJS Ketua Divisi Ekstrakampus HMIF ITB Staff divisi Syiar dan Media Muslim STEI ITB JURUSAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI (STI) SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA (STEI) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 10 . Institut Teknologi Bandung Pendidikan Non-Formal 2013 2014 English conversation class EEP Bandung Kursus Bahasa Jepang UPT Bahasa ITB Penghargaan dan Beasiswa 2011 .2011 2011 . Manunggal) II C no.Proposal Kerja Praktek Curriculum Vitae Pemohon 2 Informasi Personal Nama Lengkap : Gilang Ramadhan Tempat.7 Kelurahan Cijerah Kota Bandung - Email : 18211045@std. 10 Februari 1994 Kewarganegaraan : Indonesia Jenis Kelamin : Laki-laki Agama : Islam Status Perkawinan : Belum menikah Alamat Bandung : Alamat Asal : Kampung Sayuran (Gg.stei.7 RT.itb.sekarang 2013 Penerima Beasiswa Bidik Misi Dikti Finalis sistem informasi smart card PT LEN Pengalaman Organisasi 2012 . tanggal lahir : Bandung.id Nomor Telp / HP : 083820692221 Pendidikan Formal 1999 .sekarang SD Negeri Sayuran 5 Bandung SMP Negeri 9 Bandung SMA Negeri 4 Bandung Program studi Sistem dan Teknologi Informasi.7 RW.

bidang piranti cerdas Ketua Divisi Danus dan Sponsorship studi eskskursi HMIF ke Singapura (Infection) Training dan Seminar 2011 2012 2013 7 Habits. Desain (Adobe Photoshop. Modelling (Visio. PHP) Software : Microsoft Office. CSS. IAIF ITB 2013 2013 2013 2013 Keterampilan Bahasa Inggris Bahasa Jepang Bahasa Jerman Bahasa Pemrograman : Pascal. C. StarUML. IDE (Eclips. CorelDraw). Javascript. Dunamis Foundation Workshop Blackberry Innovation Center ITB THE 2nd ASEAN CIO FORUM 2013: “Shaping Asean Future Through E-Leadership and Collaboration”. DBMS (MySQL). Web (HTML. Purbo) Telkom University Android Programming Class. Bizaggi). Netbeans) Lancar Dasar Dasar Terbiasa Terbiasa Pengalaman Kerja 2014 Asisten Matakuliah II2221 (Manajemen Proyek Sistem dan Teknologi Informasi) Saya menyatakan informasi yang saya tulis diatas adalah benar dan sesuai. Jakarta Seminar How to make business plan¸ The Marketeers Neuro Linguistic Programming (NLP) MindTech Institute Network Security and Hacking (Onno W. Java.Proposal Kerja Praktek Pengalaman kepanitiaan 2011 2012 2012 2012 2013 Anggota divisi humas P3R Salman ITB Anggota divisi acara muktamar gamais ITB Anggota divisi acara kongres ikatan alumni informatika ITB Panitia Gemastik 5. Gilang Ramadhan JURUSAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI (STI) SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA (STEI) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 11 .