You are on page 1of 29

LAPORAN PRAKTIKUM

ENERGI DAN ELEKTRIFIKASI PERTANIAN

ENERGI ANGIN

Oleh :
Irvan Taufiq M
NIM A1H013028

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PERTANIAN
PURWOKERTO
2015

I.

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Iklim merupakan faktor yang berpengaruh dalam kegiatan pertanian. Maka dari
itu

pengaruh unsur unsur cuaca dan iklim sangatlah penting, yaitu bagi

keberlangsungan kegiatan pertanian sehingga mampu membawa dampak yang positif
yaitu peningkatan hasil panen. Hal tersebut perlu diperhatikan karena iklim dan
cuaca sangat berpengaruh terhadapperkembangan tanaman sehingga berpengaruh
pula terhadap hasil yang akan diperoleh saat panen yang akan datang.
Cuaca adalah keadaan udara pada tempat yang sempit dan dalam keadaan
yang akan ditimbulkan dari semua perpaduan unsur unsur tesebut. Sebagai
contohnya yaitu apabila intensitas cahaya meningkat, maka suhu udara meningkat
yang menyebabkan kelembapan menjadi rendah maka penguapan menjadi tinggi,
dan timbulnya awan diangkasa menjadi banyak, kemudian apabila terjadi
kondensdasi maka akan timbul presipitasi (hujan).
Apabila kita sudah mampu mempelajari unsur unsur cuaca serta mampu
mengaitkan terhadap kejadian alam yang terjadi, maka kita dapat menghubungkan
dengan waktu musim tanam dan memilih tanaman yang cocok dengan keadaan yang
ada. Sebagai contoh kita telah dapat memperkirakan musim tanam yang akan datang
akan jatuh pada bulan apa, serta tanaman apa yang akan kita tanam pada musim
tersebut.
Sebagai tindakan nyata tentang mempelajari unsur unsur iklim, maka di Badan
Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika merupakan salah satu tempat untuk
melakukan penelitian terhadap cuaca.Hal tersebut terjadi karena pada tempat tersebut

termometer tanah bengkok untuk mengukur suhu tanah. 2. berhubungan dengan kegiatan pertanian dan penerbangan. maka dapat ditarik kesimpulan tentang keadaan apa yang akan terjadi. Mengetahui tingkat potensi energi angin pada suatu daerah. barometer yaitu untuk mengukur tekanan udara. Kemudian apabila data telah didapatkan dari berbagai unsur cuaca. Misalnya dapat ditentukan mulainya musim tanam pada bulan apa. sehingga para petani dapat memanfaatkan dari informasi yang diberikan untuk kegiatan pertanian.telah ada alat alat yang dapat digunakan untuk mengetahui unsur unsur cuaca yang terjadi. Tujuan Tujuan dalam praktikum acara energi angin adalah 1. anemometer untuk menentukan kecepatan angin. Sebagai contoh yaitu terdapat ombrometer serta ombrograf yaitu alat yang digunakan untuk mengukur curah hujan. serta masih banyak alat alat lain yang terdapat disana. B. Mengetahui manfaat energi angin dalam kehidupan sehari-hari. TINJAUAN PUSTAKA . II. 3. Mengetahui cara penggunaan anemometer.

mil/jam. gunung. 3. barat daya. Gradien barometris Bilangan yang menunjukkan perbedaan tekananudara dari 2 isobar yang jaraknya 111 km.Angin dapat diukur dengan Anemometer. makin cepat tiupan angin. gaya gesekan ini semakin kecil. pohon.Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah.5 m/det. barat. dan topografi yang tidak rata lainnya memberikan gaya gesekan yang besar.Angin seringkali digunakan sebagai pembangkit listrik atau sumber daya alam yang dapat menghasilkan energi listrik. Di permukaan bumi. . barat laut. Secara klimatologi arah angin pada umumnya cukup diamati 8 arah saja : timur laut. Adapun faktor terjadinya angin. Tinggi tempat Semakin tinggi tempat. yaitu: 1. km/jam. Semakin tinggi suatu tempat. hal ini disebabkan oleh pengaruh gaya gesekan yang menghambat laju udara. utara. selatan. timur. tenggara. Makin besar gradien barometrisnya. Waktu Di siang hari angin bergerak lebih cepat daripada di malam hari. knot= 0. Satuan kecepatan angin : m/det. semakin kencang pula angin yang bertiup. 4.Angin adalah adalah udara yang bergerak yang diakibatkan oleh rotasibumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Letak tempat Kecepatan angin di dekat khatulistiwa lebih cepat dari yang jauh dari garis khatulistiwa. 2.

karena udara bertekanan maksimum bergerak menuju daerah yang tekanan udaranya minimum (Anonimc. temperatur 00 C. Faktor-faktor yang mempengaruhi sebaran tekanan udara antara lain garis lintang bumi. 2004). m) V= Kecepatan (km/jam. Tekanan 76 cm Hg ini disebut atmosfer (Wisnubroto. Tekanan udara tersebut besarnya 75 cm Hg tar. sekon) Tekanan udara adalah berat udara pada permukaan bumi sampai batas atmosfer. lautan dan daratan. pada daerah seluas 1 cm2 .Rumus kecepatan dapat ditentukan sebagai berikut: V= s/t Dengan ketentuan: S= Jarak yang ditempuh (km. 1986). pada ketinggian 0 m di atas permukaan laut ( pal ) dan pada garis lintang 45 0 C. 2010). m/s) t= Waktu tempuh (jam. Hal ini menyebabkan terjadinya angin.sedang daerah yang mempunyai suhu yang tinggi menyebabkan tekanan udaranya rendah karena udara mengembang. . untuk menggambarkan tekanan udara disuatu daerah. Garis ini menggambarkan sebaran tekanan udara pada suatu periode tertentu. ditarik garis-garis isobar. Suatu daerah yang mempunyai suhu rendah atau dingin mempunyai tekanan udara yang maksimum.Tekanan udara selalu turun dengan naiknya ketinggian tempat (Tjasyono.

2. di mana sebaliknya. Massa udara dipengaruhi tekanan atmosfer umum di dalam massa tersebut. kekuatan gravitasi makin ke atas makin lemah. Daerah bertekanan rendah memiliki massa atmosfer yang lebih sedikit di atas lokasinya. Tekanan udara adalah tekanan yang diberikan oleh udara karena beratnya kepada setiap bidang seluas 1 cm2 yang mendatar dari permukaan bumi.Tekanan udara secara vertikal yaitu makin ke atas semakin menurun. Oleh karena itu lapisan yang dibawah keadaan tegang.Artinya pada tempat dan waktu yang berbeda. tekanan atmosfer hampir sama dengan tekanan hidrostatik yang disebabkan oleh beratudara di atas titik pengukuran. Komposisi gas penyusunnya makin ke atas makin berkurang. besarnya juga berbeda. Hal ini dapat dipahami bahwa setiap lapisan udara yang dibawah mendapat tekanan udara dari yang diatasnya. Ketegangan itu sangat besar sehingga berat udara yang diatasnya bertahan dalam keadaan . Sifat udara yang dapat dimampatkan. Umumnya.2009). daerah bertekanan tinggi memiliki massa atmosfer lebih besar di atas lokasinya (Anonima. 3. Tekanan atmosfer adalah tekanan pada titik manapun di atmosferbumi. Adanya variasi suhu secara vertikal di atas troposfer (>32 km) sehingga makin tinggi tempat suhu makin naik (Leonheart. yang menciptakan daerah dengan tekanan tinggi (antisiklon) dan tekanan rendah (depresi). Hal ini dipengaruhi oleh: 1.Tekanan udara dibatasi oleh ruang dan waktu.2010).

Di Atmosfer tedapat gaya. Menurut Ahrens (2007). Oleh sebab itu dapat dipahami jika tekanan udara dikawasan tropis relatif konstan (Takeda.seimbang. Sirkulasi yang disebabkan oleh suhu danmerubah struktur tekanan udara ini disebut dengan nama thermal circulation. Tekanan udara umumnya menurun sebesar 11 mb untuk setiap bertambahnnya ketinggian tempat sebesar 100 meter. Kekosongan udara pada seltekanan rendah ini akan mendorong massa udara dari sel tekanan tinggi (mampat)bergerak menuju sel tekanan rendah yang kosong. sebaliknya pada wilayah lainnya akan mengalami penyusutan aataupenurunan garis isobark dan pemampatan massa udara. Ketika terjadi pemanasan di permukaanmaka isobar ini akan terdorong keatas dan terjadi kekosongan udara pda lapisanbawahny.gaya yang menimbulkan pergerakan massa udaraatau angin yaitu gaya primer dan gaya skunder. 2005). Hubungan antara tekanan udara dan ketinggian tempat ini dimanfaatkan dalam merancang alat pengukuran ketinggian tempat yang disebut Altimeter. teori pergerakan angin yang dipengaruhi olehtekanan dan temperatur di sebut dengan thermal circulation. Tekanan udara dipengaruhi oleh suhu. suhu udara didaerah tropis menunjukkan fluktasi musiman yang sangat kecil. . 2002). Proses ini terus berlangsungmembentuk pola sirkulasi (looping) secara terus menurus selama sel tekananrendah dan tinggi masih terbentuk. Proses inimenjelasakan bahwa dalam keadaan netral posisi isobar secara vertikal tersusunsejajar dan datar pada bidang horizontal. Tinggi barometer ialah panjang kolom air raksa yang seimbang dengan tekanan udara pada waktu itu (Kensaku.

Setelah didapat kecepatan angin. 3. Pembahasan Angin adalah udara yang bergerak akibat rotasi bumi dan perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Perhatikan angka kecepatan angin pada layar tampil. Apabila angka kecepatan angin telah konstan. tekan tombol hold. Menentukan arah angin. Hasil B. hitung daya dan energinya menggunakan rumus. METODOLOGI A. HASIL DAN PEMBAHASAN A. 4. Prosedur Kerja 1. kemudian catat hasilya. Menyiapkan alat dan bahan. 5.Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah. Menyalakan anemometer dengan cara menekan tombol power . layar tampilan menghadap kearah pemegang anemometer dan angin akan datang dari arah belakang layar tampilan. Kalkulator B. Alat tulis 2. kemudian menghadap kearah yang berlawanan dengan arah angin.III. 6. Alat dan Bahan Alat yang digunakan dalam praktikum kali ini adalah 1. Anemometer 3. 2. . IV.

Aliran udara yang berlangsung dari tempat yang bertekanan udara tinggi (maksimum) ke tempat yang bertekanan udara rendah (minimum).Udara dingin di sekitarnya mengalir ke tempat yang bertekanan rendah tadi.Udara menyusut menjadi lebih berat dan turun ke tanah. udara memuai. angin adalah massa udara yang bergerak dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum. makin cepat tiupan anginnya. yaitu bilangan yang menunjukkan perbedaan tekanan udara dari dua isobar yang jaraknya 111 km. Angin adalah udara yang bergerak akibat adanya perbedaan tekanan udara dengan arah aliran angin dari tempat yang memiliki tekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah atau dari daerah yang memiliki suhu / temperatur rendah ke wilayah bersuhu tinggi.Angin bertiup dari daerah tekanan tinggi ke daerah tekanan rendah. ahli ilmu cuaca dari Perancis. Faktor-faktor yang menyebabkan angin terhadi antara lain adalah: 1.Angin adalah gerakan udara yang disebabkan adanya perbedaan suhu. Menurut Buys Ballot.Aliran naiknya udara panas dan turunnya udara dingin ini dinamakan konveksi. tekanan udara turun karena udaranya berkurang. yang selanjutnya mengakibatkan perubahan tekanan.Tekanan udara naik jika suhunya rendah dan turun jika suhunya tinggi.Di atas tanah udara menjadi panas lagi dan naik kembali. Proses dan faktor terjadinya angina yaituApabila dipanaskan. Makin besar gradien barometrisnya. Gradien Barometris.Aliran udara ini disebut angin.Apabila hal ini terjadi. . Udara yang telah memuai menjadi lebih ringan sehingga naik.

2. Angin bisa kita rasakan hembusannya karena kita mempunyai indra perasa. Kecepatan angin ditentukan oleh perbedaan tekanan udara antara tempat asal dan tujuan angin dan resistensi medan yang dilaluinya. semakin tinggi lokasinya semakin kencang pula angin yang bertiup. 3.2. Sebenarnya yang kita lihat saa angin berhembus adalah partikel-partikel ringan seperti debu yang terbawa bersama angin. Angin bergerak lebih cepat pada siang hari. yaitu kulit. 4. Tinggi Lokasi. Angin Laut dan Angin Darat . Waktu. Di permukaan bumi. dan topografi yang tidak rata lainnya memberikan gaya gesekan yang besar. sehingga kita bisa merasakannya. Beberapa sifat angin antara lain: 1. Jenis-jenis angina yaitu : 1. 3. Hal ini disebabkan oleh pengaruh gaya gesekan yang menhambat laju udara. Kecepatan angin sangat beragam dari tempat ke tampat lain. kecepatan angin di dekat khatulistiwa lebih cepat daripada angin yang jauh dari garis khatulistiwa. gaya gesekan ini semakin kecil. Angin menyebabkan tekanan terhadap permukaan yang menentang arah angin tersebut. Angin mempercepat pendinginan dari benda yang panas. gunung. 5. Lokai. Semakin tinggi suatu tempa. dan sebaliknya terjadi pada malam hari. pohon. dan dari waktu ke waktu.

Angin Darat dan Angin Laut a.00. 2.Angin ini bisa dimanfaatkan para nelayan untuk pulang dari menangkap ikan di laut.Gambar 1.Angin jenis ini bermanfaat bagi para nelayan untuk berangkat mencari ikan dengan perahi bertenaga angin sederhana. b. yang pada umumnya terjadi saat malam hari. Angin Lembah dan Angin Gunung .00 sampai dengan 06. Angin Laut Angin laut adalah angin yang bertiup dari arah laut ke arah darat yang umumnya terjadi pada siang hari dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 16. dari jam 20. Angin Darat Angin darat adalah angin yang bertiup dari arah darat ke arah laut. Angin Lembah Dan Angin Gunung Gambar 2.00.

Angin Fohn . 3. b. Angin Lembah Angin Lembah adalah angin yang bertiup dari arah lembah ke puncak gunung dan biasa terjadi pada siang hari. Angin Gunung Angin Gunung adalah angin yang bertiup dari puncak gunung ke lembah gunung dan terjadi pada malam hari.a. Angin Fohn Gambar 3.

Angin Fohn terjadi karena ada gerakan massa udara yang naik pegunungan yang tingginy lebih dari 200 meter . Angin Muson Gambar 5. karena uap air sudah di buang pada saat hujan orografis. Angin Fohn yang jatuh dari puncak gunung bersifat panas dan kering .Angin yang bertiup pada suaatu wilayah dengan temperatur dan kelengasan yang berbeda.Tanaman yang terkena angin ini bisa mati dan manusia yang terkena angin ini bisa turun daya tahan tubunya terhadap serangan penyakit.Angin Fohn (Angin Jatuh) adalah angin yang terjadi sesuai hujan Orografis. Angin Muson Angin muson atau biasanya disebut sengan angin musim adalah angin yang berhembus secara periodik (minimal 3 bulan) dan antara periode yang satu dengan . naik di satu sisi lalu turun di sisi lain. Biasanya angin ini bersifat panas merusak dan dapat menimbulkan korban. 4.

Contoh perairan dan samudra yang dilewati adalah Laut China Selatan dan Samudra Hindia.Angin Musim Barat menyebabkan Indonesia mengalami musim hujan. Angin Muson terbagi atas dua macam.Angin ini terjadi pada bulan Desember. dan maksimal pada bulan januari dengan Kecepatan Minimum 3 m/s. dan Victoria). Ini yang menyebabkan indonesia mengalami musim kemarau. seperti perairan dan samudra. Terjadi pada bulan juni. Januari dan Februari. Australia Besar. Angina Muson Timur Angin Musim/Muson Timur adalah angin yang mengalir dari Benua Australia( musim dingin) ke Benua Asia (Musim panas) sedikit curah hujan ( kemarau) di Indonesia bagian timur karena angin melewati celah-celah sempit dan berbagai gurun (Gibson. b.yaitu : a. adalah alat yang mengukur kecepatan angin. hal ini disebabkan karena angin melewati tempat yang luas.periode yang lain polanya akan berlawan yang berganti arah secara berlawanan setiao setengah tahun. Alat untuk mengukur angin antara lain: 1. juli dan Agustus. dan maksimal pada bulan juli. Anemometer. . Angina Muson Barat Angin Musim/Muson Barat adalah angin yang mengalir dari benua Asia (musim dingin) ke Benua Australia (musim panas) dan mengandung curah hujan yang banyak di Indonesia bagian barat.

2. Anemometer Anemometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur arah dan kecepatan angin. Di dalam anemometer terdapat alat pencatat yang akan menghitung kecepatan angin. untuk mengetahui arah mata angin. Windvane .Gambar 6. Satuan meteorologi dari kecepatan angin adalah Knots (Skala Beaufort. Anemometer harus ditempatkan di daerah terbuka. Wind Vane. Sedangkan satuan meteorologi dari arah angin adalah 0o – 360o dan arah mata angin. adalah alat untuk mengetahui arah angin. Cara lainnya dengan membuat kantong angin dan diletakkan di tempat terbuka. Pada saat tertiup angin. baling-baling yang terdapat pada anemometer akan bergerak sesuai arah angin. kemudian dicocokkan dengan Skala Beaufort. Anak panah pada baling-baling bendera angin akan menunjukkan ke arahmana angin bertiup. Selain menggunakan anemometer. kita dapat menggunakan bendera angin. Gambar 7. Hasil yang diperoleh alat akan dicatat.

Anemometer dipasang dengan ketinggian 10 meter dan berada di tempat terbuka yang memiliki jarak dari penghalang sejauh 10 kali dari tinggi penghalang (pohon.propeller sensor untuk kecepatan angin dan vane/ weather cock sensor untuk arah angin. yang biasanya banyak ditemukan di bandara-bandara. Pergerakan udara Gambar 8. kemudian mencatat arah angin pada waktu tersebut. - Cara kerja : Untuk menggunakan wind vane cukup dengan melihat posisi vane yang menunjukkan arah angin. adalah alat untuk mengetahui arah angin dan memperkirakan besar kecepatan angin. - Data hasilnya : Bergeraknya arah panah.Tiang anemometer dipasang menggunakan 3 buah labrang/ kawat penahan tiang. Windsock.Hal ini mengingat tiang anemometer memiliki ketinggian 10 meter dengan ujung-ujung runcing yang membuatnya rawan terhadap sambaran petir. yang didalamnya terdapat dua sensor. Pemasangan penangkal petir pada tiang Anemometer merupakan faktor terpenting terutama untuk daerah rawan petir. gedung atau sesuatu yang menjulang tinggi). Untuk pengamatan angin permukaan. yaitu: cup .Fungsi : Untuk mengetahui arah angin. dimana salah satu kawat/labrang berada pada arah utara dari tiang anemometer dan antar labrang membentuk sudut 1200. 3. Windsock atau angin umumnya diukur dengan alat cup counteranemometer. .

Altimeter Altimeter adalah alat untuk mengetahui ketinggian suatu tempat terhadap MSL (mean sea level= 1013.Gambar 9.15 Tm log (Po / P) Ketika kita berbicara tentang keunggulan dan kelemahan energi angin. Sebagaimana kita ketahui bahwa 1 mb sebanding dengan 30 feet (9 meter) atau dapat dicari dengan pendekatan rumus: H = 221. yang berarti bahwa energi angin tidak seperti bahan bakar fosil yang memiliki kontribusi lebih besar terhadap dampak perubahan iklim. hal yang pertamakali digambarkan dari energi angin adalah bahwa sumber energi ini secara ekologis dapat diterima. Altimeter sebenarnya adalah barometer aneroid yang skala penunjukkannya telah dikonversi terhadap ketinggian. Potensi energi angin di darat dan dekat pantai sekitar 72 TW (tera watt) yang melebihi lima kali lebih banyak dari penggunaan energi dunia saat ini dalam segala bentuk.000 ton karbon dioksida dalam satu tahun.25 mb = 0 mdpl). Energi angin yang tersedia di atmosfer lima kali lebih besar daripada konsumsi energi dunia saat ini. Energi angin juga merupakan sumber energi terbarukan yang berarti tidak dapat habis seperti bahan bakar fosil. . turbin angin tunggal 1-MW dapat menghematsekitar 2. Misalnya. Energi angin tidak akan melanjutkan pencemaran terhadap planet kita seperti bahan bakar fosil selama ini. Altimeter 4.

Fasilitas listrik tenaga angin juga perlu direncanakan dengan hati-hati.Memang. Biaya instalasi tenaga angin yang masih relatif tinggi merupakan kelemahan lain dari energi angin. meningkatkan efisiensi dan untuk memastikan agar energi angin menjadi lebih dapat diandalkan. listrik tenaga angin akan menjadi lebih hemat biaya seiring dengan adanya banyak penelitian yang dilakukan untuk memotong biaya instalasi. hal pertama yang harus disebutkan adalah ketersediaan angin. Tentu saja memiliki turbin angin sendiri juga berarti menghindari terjadinya pemadaman listrik bila terjadi kerusakan jaring PLN.Keuntungan lain dari tenaga angin adalah fakta bahwa setiap orang bisa membangun atau membeli turbin angin untuk memanfaatkan energi angin dan memenuhi kebutuhan energi di rumah sendiri. dibutuhkan sekitar 10 tahun untuk mengembalikan biaya instalasi energi angin. Secara kasar. ini bukan waktu yang sangat panjang. Juga. Kelemahan lainnya dari tenaga angin adalah bangunan pembangkit listrik tenaga angin dapat mempengaruhi estetika lanskap. harus . Di beberapa tempat angin kencang sering ditemui yang membuat pemanfaatan energi angin menjadi sangat mudah.Ketika berbicara mengenai kekurangan energi angin. sementara di beberapa tempat angin tidak cukup kuat untuk menciptakan listrik yang memadai. lokasi dan pengoperasiannya meminimalkan dampak negatif pada populasi burung dan satwa liar. Turbin angin tidak perlu banyak perawatan dan seseorang tidak perlu menjadi jenius untuk meng-handlenya. namun biaya instalasinya yang besar masih menjadi penghalang bagi banyak orang untuk memanfaatkan energi angin.

Sehingga daerah target pembangunan wind farm sebaiknya relatif dekat dengan daerah konsumen agar biayapembangunan wind farm dapat diminimalkan. akan mengharapkan adanya kompensasi biaya untuk berbagai pengembangan teknologi angin yang terjadi di wilayah mereka. baik individu maupun umum.org. Data lain yang mendukung pembangunan wind farm adalah data cuaca lokal yang dapat diperoleh dari airport dan stasiun metereologi setempat. dengan nilai kecepatan minimum ± 11-13 mph (http://www. Karena jarak transmisi yang jauh akan menyebabkan pemborosan biaya dan rugi-rugi energi yang makin besar. Menentukan cara pendistribusian energi listrik yang dihasilkan Jarak antara wind farm dengan daerah konsumen listrik harus dipertimbangkan dalam hubungan dengan pendistribusian energi listrik.Target lokasi pembangunan wind farm sebaiknya memiliki laporan tahunan kecepatan angin. Meneliti ketersediaan energi angin di lokasi target Energi angin merupakan faktor yang sangat penting dalammembangun wind farm.Seperti yang Anda lihat. Jaminan pembebasan tanah Kejelasan tentang jaminan pembebasan tanah sangat penting karena pemilik tanah. 2000).awea.Keunggulan inilah yang membuat pemanfaatan energi angin terus meningkat dari waktu ke waktu. keunggualan pemanfaatan tenaga angin pasti lebih besar daripada kelemahannya. Oleh karena itu sangat dibutuhkan diskusi tentang persetujuan royalty (hak kepemilikan) . Factor yang perlu diperhatikan dalam pembangunan energy angin : 1. 2. 3.Bila data ini tidak ada dapat menggunakan data laporan tahunan kecepatan angin pada daerah sekitar.

Untuk mendapatkan keuntungan ekonomi.Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi angin yang menghasilkansistem pembangkit yang makin murah.awea.Tidak perlu khawatir akan persaingan harga pasar yang semakinkompetitif ini karena akan ditunjang oleh permintaan pasar akan “green . Adanya penurunan harga energi angintentu akan menyebabkan persaingan harga pasar energi angin. Sisi baiknyaadalah menguntungkan investor karena modal investasi yang diperlukan jugasemakin kecil.Dengan asumsi satu turbin angin rata-rata menghasilkan 750 KW daya terpasang. Pembangunan gedung utama wind farm (Wind Farm Power Center) Mendirikan gedung utama wind farm tidaklah murah. infrastruktur pemeliharaan wind farm. Rata-rata. turbin. Sebelum investor menginvestasikan dananya untuk pembangunan wind farm.Pada kenyataannya. pengembangan energi angin menghabiskan biaya sekitar satu juta dollar per Mwatt kapasitas pembangkit terinstal (http://www.org. harga energi angin terus mengalami penurunan.Dan energi angin adalah salah satu energi terbaharukan yang sangat kompetitif dalam pemasarannya.Sehingga dengan adanya jaminan pembebasan tanah ini diharapkan dampak negatif sosial dapat diminimalkan. sudah seharusnya para investor ini memperhatikan prospek pemasaranenergi angin ± 20-30 tahun ke depan. dan peralatan pendukung lainnya.Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dalam jaminan pembebasan tanah ini yaitu jalan. 4. 5.antar pihak-pihak yang terkait. fasilitas tenaga angin sebaiknya memproduksi sekitar 20 MW. peralatan dan metode transmisi. Pemasaran Identifikasi pemasaran energi listrik hingga saat ini sangat kompetitif mengingat sudahberkembangnya jenis sistem pembangkit energi listrik. 2000).

Besar kecilnya daya yang dihasilkan ini akan mempengaruhi harga listrik. Pemahaman tentang ekonomi energi angin Ada banyak faktor yang mempengaruhi harga dan produksivitas dari wind farm. Posisi penempatan turbin yang diinginkan tidak boleh menggangunavigasi 7. diantaranya : a.power” (energi ramah lingkungan). fasilitas dan peralatan wind farm tidak boleh menggangguekosistem yang ada di lokasi itu. Keadaan geologi lokasi harus cocok untuk pengembangan industry wind farm. dan permintaaan pasar ini akan tetap menjaga harga energi angindi pasaran. 6. Ukuran turbin Area sapuan angin pada sudu-sudu turbin merupakan fungsi luas sudut-sudut turbin yang bergantung pada panjangnya diameter sudu. b. b. Seorang developer harus mempertimbangkan beberapa faktor sebelum menjalankan proyeknya. c. Kecepatan angin Daya yang dihasilkan oleh turbin angin merupakan fungsi kecepatan. penerbangan dan lalu lintas di daerah itu. Dengan persamaan P= 1 ρ ⋅A⋅V dapat dikatakan bahwa faktor pangkat tiga dari kecepatan menyebabkan adanya sedikit perubahan kecepatan angin akan sangat mempengaruhi daya keluaran turbin. Pertimbangan dampak proyek pembangunan wind farm Kenyataan bahwa suatu lokasi memiliki potensi angin yang bagus tidak menjamin bahwa lokasi itu cocok untuk pembangunan wind farm. diantaranya : a. yang tentu saja salah satunya adalahenergi angin. Semakin besar ukuran turbin . d. Keadaan penduduk di lokasi tersebut.

mesin downwind (menurut jurusan angin) dibuat karena tidak memerlukan mekanisme tambahan agar mereka tetap sejalan dengan angin. Sebagai tambahan. Karena turbulensi menyebabkan kerusakan struktur menara. Karena sebuah menara menghasilkan turbulensi di belakangnya. dan karena di saat angin berhembus sangat kencang.akan semakin mahal tapi hal ini dapat dikompensasi dengan daya keluaran turbin yang besar. turbin biasanya diarahkan melawan arah anginnya menara.Meski memiliki permasalahan turbulensi. Turbin angin sumbu horizontal (TASH) memiliki poros rotor utama dan generator listrik di puncak menara. Turbin berukuran kecil diarahkan oleh sebuah baling-baling angin (baling-baling cuaca) yang sederhana. bilahbilahnya bisa ditekuk sehingga mengurangi wilayah tiupan mereka dan dengan demikian juga mengurangi resintensi angin dari bilah-bilah itu.Bilah-bilah turbin dibuat kaku agar mereka tidak terdorong menuju menara oleh angin berkecepatan tinggi. sedangkan turbin berukuran besar pada umumnya menggunakan sebuah sensor angin yang digandengkan ke sebuah servo motor. dan realibilitas begitu penting. Sebagian besar memiliki sebuah gearbox yang mengubah perputaran kincir yang pelan menjadi lebih cepat berputar. Kelebihan TASH : 1. bilah-bilah itu diletakkan di depan menara pada jarak tertentu dan sedikit dimiringkan. sebagian besar TASH merupakan mesin upwind (melawan arah angin). Dasar menara yang tinggi membolehkan akses ke angin yang lebih kuat di tempat-tempat yang memiliki geseran angin (perbedaan antara laju dan arah .

Menara yang tinggi serta bilah yang panjangnya bisa mencapai 90 meter sulit diangkut. setiap sepuluh meter ke atas. Ukurannya yang tinggi merintangi jangkauan pandangan dan mengganggu penampilan lansekap. Diperkirakan besar biaya transportasi bisa mencapai 20% dari seluruh biaya peralatan turbin angin. TASH yang tinggi sulit dipasang. 5. sangat bervariasi. TASH yang tinggi bisa memengaruhi radar airport.Kelebihan ini sangat berguna di tempat-tempat yang arah anginnya mendayagunakan angin dari berbagai arah. 7. Konstruksi menara yang besar dibutuhkan untuk menyangga bilah-bilah yang berat.angin antara dua titik yang jaraknya relatif dekat di dalam atmosfer bumi. Di sejumlah lokasi geseran angin. 4. kecepatan angin meningkat sebesar 20%. membutuhkan derek yang yang sangat tinggi dan mahal serta para operator yang tampil. 2. dan generator. TASH membutuhkan mekanisme kontrol yaw tambahan untuk membelokkan kincir ke arah angin. gearbox. 3.VAWT mampu .Kelebihan utama susunan ini adalah turbin tidak harus diarahkan ke angin agar menjadi efektif. Berbagai varian downwind menderita kerusakan struktur yang disebabkan oleh turbulensi. Turbin angin sumbu vertikal/tegak (atau TASV) memiliki poros/sumbu rotor utama yang disusun tegak lurus. Kelemahan TASH : 1. 6.

3. yang bisa menyebabkan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan getaran.Drag (gaya yang menahan pergerakan sebuah benda padat melalui fluida (zat cair atau gas) bisa saja tercipta saat kincir berputar. turbin sumbu tegak sering dipasang lebih dekat ke dasar tempat ia diletakkan. diantaranya kebisingan dan bearing wear yang akan meningkatkan biaya pemeliharaan atau mempersingkat umur turbin angin. Karena sulit dipasang di atas menara. ini merupakan titik optimal bagi energi angin yang maksimal dan turbulensi angin yang minimal. tidak dibutuhkan mekanisme yaw. . jadi menara tidak perlu menyokongnya dan lebih mudah diakses untuk keperluan perawatan. generator serta gearbox bisa ditempatkan di dekat tanah. membuat pemeliharaan bagian-bagiannya yang bergerak jadi lebih mudah. Sebuah TASV bisa diletakkan lebih dekat ke tanah. memberikan keaerodinamisan yang tinggi sembari mengurangi drag pada tekanan yang rendah dan tinggi. Kecepatan angin lebih pelan pada ketinggian yang rendah.Tapi ini menyebabkan sejumlah desain menghasilkan tenaga putaran yang berdenyut. Aliran udara di dekat tanah dan obyek yang lain mampu menciptakan aliran yang bergolak. 2. seperti tanah atau puncak atap sebuah bangunan.Dengan sumbu yang vertikal. sehingga yang tersedia adalah energi angin yang sedikit. Kelebihan TASVyaitu : 1. Karena bilah-bilah rotornya vertikal. TASV memiliki sudut airfoil (bentuk bilah sebuah baling-baling yang terlihat secara melintang) yang lebih tinggi. Tidak membutuhkan struktur menara yang besar. 4. Jika tinggi puncak atap yang dipasangi menara turbin kira-kira 50% dari tinggi bangunan.

Biasanya TASV mulai menghasilkan listrik pada 10km/jam (6 m. TASV tidak harus diubah posisinya jika arah angin berubah. 8. Kincir pada TASV mudah dilihat dan dihindari burung. TASV tidak mengambil keuntungan dari angin yang melaju lebih kencang di elevasi yang lebih tinggi. Kekurangan TASVyaitu : 1. 9. Kebanyakan TASV mempunyai torsi awal yang rendah. Desain TASV berbilah lurus dengan potongan melintang berbentuk kotak atau empat persegi panjang memiliki wilayah tiupan yang lebih besar untuk diameter tertentu daripada wilayah tiupan berbentuk lingkarannya TASH.5. Kebanyakan TASV memproduksi energi hanya 50% dari efisiensi TASH karena drag tambahan yang dimilikinya saat kincir berputar. 10. 11. TASV yang ditempatkan di dekat tanah bisa mengambil keuntungan dari berbagai lokasi yang menyalurkan angin serta meningkatkan laju angin (seperti gunung atau bukit yang puncaknya datar dan puncak bukit). 6. dan membutuhkan energi untuk mulai berputar. TASV memiliki kecepatan awal angin yang lebih rendah daripada TASH. . 3.p. 2. TASV bisa didirikan pada lokasi-lokasi dimana struktur yang lebih tinggi dilarang dibangun.h. TASV biasanya memiliki tip speed ratio (perbandingan antara kecepatan putaran dari ujung sebuah bilah dengan laju sebenarnya angin) yang lebih rendah sehingga lebih kecil kemungkinannya rusak di saat angin berhembus sangat kencang.) 7.

B. Manfaat energi angin dalam kehidupan sehari-hari yaitu: a. Kabel yang dikaitkan ke puncak bantalan meningkatkan daya dorong ke bawah saat angin bertiup. namun sebaiknya waktu pelaksanaan praktikum tidak bersamaan dengan acara praktikum yang lain sehingga . Sebagai energi alternatif pengganti energi konvensional b. Wind Vane c. Altimeter 2. Saran Praktikum kali ini sudah berjalan dengan baik. Sebagai Akomodasi di bidang Pertanian. Sebuah TASV yang menggunakan kabel untuk menyanggahnya memberi tekanan pada bantalan dasar karena semua berat rotor dibebankan pada bantalan. V. KESIMPULAN DAN SARAN A. Jenis alat pengukur angin yaitu : a. Sebagai Pembangkit listrik tenaga Angin c. Kesimpulan Berdasarkan praktikum kali ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1.4. Anemometer b.

Sebaknya alat diperbanyak sehingga perkelompok dapat melihat secara jelas.praktikan tidak salah atau ketukar shift. lebih efisien dan kondusif. .

Geografi. Wahyuningsih. Variabilitas Arus. A. Sumani. Pabelan. UNSYIAH. Bogor. 2000. Saleh. Benyamin. Indro Wuryatno.40 WIB ). Lakitan. Pengantar Ilmu Iklim Untuk Pertanian.M. 1990.org ( diakses tanggal 11 Desember 2014 pukul 18. Suhu. www. Dasar-dasar KlimatologiI. 1985.DAFTAR PUSTAKA Adisaputra.2000. UNS. Raja Grafindo Persada. Asyari. Banda Aceh.Null Nasir.B dan Nur. dan Angin di Perairan Barat Sumatera Serta Inter-Relasinya dengan Indian Ocean Dipole Mode (IODM) dan El Nino Southern Oscillation (ENSO). Surakarta. Meteorologi dan Klimatologi Pertanian (Klimatologi Dasar). Kamarlis. Dasar-dasar Klimatologi. . 2004.. Pustaka Jaya. A. Skripsi. Comy Mahespati. Jakarta. Wikipedia.S. Utami. 2002. Koesmaryono. .Bahan Ajar Perkuliahan Dasar-Dasar Klimatologi. Karim. 2011. Universitas Bengkulu. dan Y.Bengkulu. IPB: Bogor.

LAMPIR .