You are on page 1of 11

Dylan

Teknik Mesin

1306410742

1. Definisikan dan Jelaskan masing-masing istilah dibawah ini
Dagang – Bisnis – Enterpreneurship – Teknopreneurship – dan Sociotechnoprenurship
Lanjutkan dengan perbedaan dan persamaannya.
a. Dagang adalah seorang yang menjual suatu produk pada consumer
dengan harga tertentu yang dapat diterima dalam masyarakat namun
tidak dalam suatu perusahaan melainkan secara individu. Dagang dapat
berupa produk yang dipakai dan dimakan. Dagang biasanya membeli
produk dengan harga tertentu dari vendor dan menjualnya dengan tingkat
keuntungan(profit margin) tertentu sehingga biasanya harga lebih tinggi.
Dagang biasanya bermodal lebih rendah dibandingkan bisnis
b. Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual produk atau jasa pada
consumer. Pada suatu bisnis biasanya ada hirarki yang jelas menurut jenis
bisnis. Jenis bisnis adalah private dan public sector dimana private sector
berarti bisnis tersebut dimiliki oleh individual atau sekelompok orang dan
public sector merupakan bisnis yang sudah memiliki stok pada bursa efek
sehingga dapat mempunyai banyak pemegang saham perusahaan.
Secara modal, bisnis lebih besar dibandingkan dagang biasa.
c. Enterpreneurship adalah orang yang melakukan kegiatan bisnis atau
investasi dimana pekerjaannya membuka lapangan kerja baru dan jenis
produk yang dijual merupakan benda atau jasa. Enterpreneurship
biasanya membuat suatu bisnis yang dapat berdiri dengan sendirinya
tanpa seorang entrepreneur tersebut menjalankan bisnis tersebut karena
bisnis tersebut sudah

dapat dikelola oleh professional yang ada.

Enterpreneurship biasanya mencari keuntungan sebesar-besarnya
d. Technopreneurship adalah entrepreneurship yang lebih focus

pada

penjualan produk yang telah dibikin oleh perusahaan itu sendiri. Produk
tersebut biasanya merupakan teknologi yang genuine dan khas yang
dibanggakan dan dibuat oleh perusahaan itu sendiri walaupun bagianbagian dari produknya didapatkan dari outsourcing. Keuntungan dari hasil
penjualan biasanya digunakan untuk melakukan riset untuk memperbaiki
dan meningkatkan daya saing dari produk hasil perusahaan.
e. Seciotechnopreneurship adalah technopreneurship yang lebih berfokus
pada

kegiatan

social.

Produk

yang

diproduksi

oleh

perusahaan

namun hal tersebut tetap diperlukan untuk menjaga perusahaan tetap bertahan. Kebanyakan dari kita setelah selesai kuliah S1 ingin bekerja di perusahaan dan meniti karier terus disitu untuk kemudian menjadi seorang professional baik dibidang teknis maupun manajemen. Dagang Bisnis Enterpreneurs Technopreneur Socio- hip ship Technopreneur Modal Modal tinggi Modal tinggi Modal tinggi ship Modal tinggi bervariasi Bisa Biasanya Biasanya Harus Biasanya mempunyai mempunyai mempunyai mempunyai mempunyai tempat tempat tempat tempat bekerja tempat bekerja bekerja bekerja High risk Highest risk bekerja atau tidak Lower risk Moderate Mencari high risk Mencari high risk Mencari Mencari Tidak keuntungan keuntungan keuntungan keuntungan keuntungan per benda sebanyak- sebanyak- dengan melainkan banyaknya banyaknya menambah keinginan added untuk Tidak perlu skill Perlu to skill Moderate Perlu to skill value mencari pada produk membantu Memerlukan masyarakat Memerlukan ilmu managemen managemen ilmu matang dan dan tentang produk tentang produk Sudah komunikasi Sudah komunikasi Sudah banyak Sedikit Sangat banyak banyak dilakukan melakukan dilakukan dilakukan yang matang sedikit yang melakukan 2.Dylan Teknik Mesin 1306410742 diperuntukan untuk membantu masyarakat untuk mengurangi kesulitankesulitan yang mereka hadapi. Namun dari sisi pandang Teknopreneur ada beberapa hal yang . Sociotechnopreneurship biasanya tidak memikirkan tentang keuntungan.

Seorang direktur walau mempunyai jabatan tinggi namun masih mendapatkan gaji dari perusahaan sehingga tergolong employee. Seorang employee akan kehilangan pendapatan jika sesuatu terjadi pada mereka contohnya penyakit. Seorang dokter dapat menggunakan skill dia untuk membuka praktek dan mendapatkan pasien. Jelaskanlah maksud RK dengan 4 kwadran tersebut. Bisnis. Self-employed . kembangkan jawaban anda dengan contoh dan bila mungkin dengan akibatnya masing-masing. Seorang employee merupakan pekerjaan yang paling banyak dilakukan orang didunia ini dan sayangnya dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kecerdasan tinggi yang biasanya merupakan orang pintar akademis. Employee – sebagai pekerjaan degan derajat paling rendah dimana seorang akan bekerja pada suatu perusahaan dan akan menerima gaji dari perusahaan. Contoh dari self-employed adalah dokter. dan pedagang.Dylan Teknik Mesin 1306410742 meminta perhatian terutama apa yang diperkenalkan oleh Robert Kiyosaki yang membagi dunia kerja kita menjadi 4 kwadran E/B/I/S (Employee. dari perusahaan dan tidak mendapatkan gaji lagi. Kategori self-employed biasanya independent namun dapat dipengaruhi dengan factor-faktor tertentu seperti musim dan sebagainya. Menjadi employee memang enak karena mendapatkan pendapatan tetap namun biasanya mereka sudah menjadi nyaman dan ketika pendapatan itu tidak didapatkan maka kehidupan mereka akan menjadi sangat terganggu. dan Self-employed). pengacara. karena ketika sesorang employee tidak dapat bekerja maka dia akan dikeluarkan b.mempekerjakan diri sendiri dengan segala kemampuan/ skills yang dimiliki untuk mencari nafkah. Investment. Seorang selfemployed juga seperti employee akan kehilangan pendapatannya jika terjadi sesuatu dengan mereka seperti bertambah umur dan tidak dapat . Seorang employee adalahlah dari office-boy hingga direktur suatu perusahaan. Robert Kiyosaki telah membagi dunia pekerjaan kita menjadi 4 kuadran menurut derajat yaitu: a. Seorang employee mempunyai pendapatan yang tetap tanpa perlu pengeluaran untuk mendapatkan pendapatan tesebut.

Selain itu.Dylan Teknik Mesin 1306410742 praktek lagi. Seorang pebisnis mempunyai kebebasan bertindak dan mengeloloa bisnis tesebut karena merupakan bisnisnya sendiri. Pendapatan mereka akan hilang karena sudah tidak dapat bekerja lagi. Seorang investor biasanya tidak ikut campur dengan pengelolaan bisnis walaupun mereka mempunyai suara dalam pengelolaan bisnis. untuk mencapai pada kuadran . Seorang investor biasanya tidak membangun bisnis sendiri melainkan menamkan modal ke berbagai bisnis. 3. Ceritakan tentang kwadran pilihan anda dan kemudian bagaimana metodologinya untuk menggapai keinginan tersebut. Ditambah harus membayar gaji employee setiap bulannya walaupun perusahaan tidak memiliki keuntungan. Namun. Pendapatan investor berasal dari deviden suatu perusahaan. jika seorang pebisnis tidak dapat menjalankan bisnisnya karena keadaan tertentu. Contoh pebisnis adalah seperti Bill Gates yang mendirikan Microsoft hingga besar dan mempunyai struktur organisasi yang jelas. c. Pendapatan investor tidak dipengaruhi oleh kejadian yang menimpa dirinya. semua serba tidak pasti. Pada bisnis. Kwadran manakah yang menjadi pilihan anda. Investment – seorang perusahaan dengan investor menanamkan mendapatkan sebagian modal jumlah pada saham suatu dari perusahaan tersebut. bisnis biasanya merupakan high risk high reward dimana jika bisnis untung maka akan mendapatkan pendapatan yang sangat besar. dikelola dan dijual lagi sehingga mendapatkan keuntungan yang besar. karena perlu modal yang besar untuk menjalankan namun keuntungan tidak terjamin. d. Bisnis – mempunyai suatu perusahaan dengan struktur hierarki tertentu dengan seorang pebisnis merupakan bos dari employee mereka. Namun. dari semua kuadran yang paling menarik adalah kuadran ke-4. Kwadran keinginan saya adalah kuadran ke-3 dan ke-4 secara bersamaan yaitu dengan membuka bisnis dan berinvestasi. maka bisnis akan dapat tetap berjalan sehingga pendapatan pebisnis tidak hilang. Contoh seorang investor adalah seperti Warren Buffet yang membeli suatu perusahaan. Keinginan saya adalah hidup dengan santai dengan pendapatan yang besar. karena kita sepakat bahwa bila nanti selesai kuliah anda akan menjadi seorang teknopreneur atau minimal enterpreneur (wirausahawan).

saya dapat mendapatkan teori dan juga praktek dalam melakukan investasi. mengingat dalam pelajaran di sekolah guru sering mengingatkan « Jangan pernah menentang ibu ». kedua orang-tua saya sebenarnya menyuruh saya untuk membuka bisnis sendiri dan tidak bekerja dengan orang lain karena mereka bedua sudah tau betapa tidak enaknya menjadi pekerja yang digaji oleh perusahaan. Dengan demikian. Dengan itu plan saya kedepannya adalah dengan bekerja untuk mencari modal sekaligus belajar bermain saham pada bursa efek. 4. Namun. Setelah bekerja dan dapat mengumpulkan modal maka saya akan berusaha untuk membuka suatu bisnis yang terkait dengan keahlian saya yaitu tentang pendinginan/audit energy dan jika bisa dapat berkooperasi dengan teman-teman saya yang sebidang. Banyak orang gagal dalam bisnis dan banyak orang juga gagal dalam investasi. Menjadi teknopreneur dapat membuka lapangan kerja bagi orang lain yang membutuhkan sehingga saya dapat menjadi orang yang berguna dalam masyarakat. tetapi dengan membuka bisnis berarti kuadran sudah diatas semua direktur terbaik di dunia dan itu lebih membanggakan. . Jika bisnis saya berhasil maka seharusnya saya mempunyai banyak pendapatan yang nantinya dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis dan expansi serta dapat melakukan investasi seperti Warren Buffet yang merupakan idola saya. Pada kuadran ke-4 ini memerlukan modal yang sangat besar. Walau membuka bisnis tidak tentu mendapatkan penghasilan yang lebih banyak dibanding menjadi direktur sebuah perusahaan. Salah satu hambatannya itu datang dari keluarga sendiri. Menjadi wirausahawan bukanlah hal yang mudah. Dengan demikian. bahkan banyak hambatannya. keadaan dirumah saya tidak seperti itu. Apa yang anda lakukan bila orang-tua anda menentang citacita anda untuk menjadi seorang teknopreneur.Dylan Teknik Mesin 1306410742 ke 4 sangatlah sulit terbukti dari begitu banyak orang yang sangat cerdas sekalipun hanya berhasil menjadi pegawai. Jika orang-tua saya menentang saya menjadi teknopreneur maka saya akan menurut namun saya akan terus membujuk orang-tua saya bahwa menjadi seorang teknopreneur itu adalah hal yang bagus dan patut dibanggakan. modal yang saya kumpulkan akan saya pertaruhkan dengan sistem high risk high reward dari suatu bisnis.

keinginan atau tujuan jangka panjang 15 tahunan. saya juga akan terus belajar bagaimana bermain saham serta memulai investasi kecilkecilan pada saham. Dengan demikian saya dapat “mencuri” ilmu perusahaan besar/multinational untuk saya dapat menerapkannya pada perusahaan saya kelak. menghitung. melainkan kedua bagian ini harus dipakai secara balance untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Setelah itu saya akan memakai waktu kosong say ajika belum bekerja untuk mengambil sertifikasi-sertifikasi yang ada yang dapat menaikan value saya ketika kerja nanti. Saya ingin bekerja pada perusahaan kontraktor gedung yang besar baik nasional maupun multinational. Jelaskanlah istilah diatas dan apa kaitannya dengan teknopreneur ini. perbedaan otak kiri dan otak kanan. Keinginan saya bekerja ±5 tahun. Kuliah kita pernah membahas tentang Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). menganalisa dan sebagainya dan otak kanan biasanya dikaitkan dengan kreativitas. seni. Tidak ada bagian otak yang lebih penting dari yang lainnya. Setiap manusia memiliki kecenderungan untuk lebih dominan memakai bagian otak kiri atau kanan. Bila sebuah visi diterjemahkan sebagai cita-cita. Setelah S2 maka jika sudah mempunyai cukup modal maka saya akan mencoba merintis perusahaan baru saya jika bisa dapat berkooperasi dengan teman-teman saya. Untuk jangka pendek ini saya ingin menyelesaikan kuliah saya dengan cepat(lulus 3. Visi saya 15 tahun kedepan adalah saya sudah dapat mempunyai suatu bisnis yang berjalan dengan lancar dan baik. 6. Selama bekerja. lalu saya akan meneruskan edukasi saya ke S2 karena pada zaman modern ini gelar master sudah menjadi prasyarat minimum.Dylan Teknik Mesin 1306410742 5. dan perasaan. Jika modal masih belum ada maka saya akan bekerja maksimal 3 tahun untuk mengumpulkan modal lagi untuk merintis bisnis baru. Otak kiri digunakan untuk mengolah data. Karena saya bercita-cita mempunyai suatu perusahaan kontraktor/konsultan/audit energy maka saya harus mempelajari dahulu trick-trick yang digunakan perusahaan besar.5 tahun) dengan nilai yang baik. Seorang technopreneur akan membutuhkan produk . Apa dan bagaimana caranya agar bisa tercapai. maka ceritakanlah secara jelas dan detai tentang visi anda. Untuk menjadi seorang technopreneur perlulah memakai kedua belah bagian otak ini secara balance.

Hal seperti ini dikontrol oleh otak sebelah kanan. maka dari itu. analisa pasar. system kuliah kita sudah salah dalam mengajarkan kita ilmu untuk mengerjakan pekerjaan sebagai employee dan sedikit pelajaran atau workshop yang berfokus pada kegiatan wiraswasta. tidak mencintai produk yang dibuatnya maka kemungkinan besar orang tersebut akan gagal menjadi technopreneur. Ilmu yang didapatkan dioleh oleh otak kiri untuk menghasilkan produk dengan baik serta bersaing dipasar. Namun setelah selesai kuliah tidak ada satupun dari mereka yang betul-betul menjadi seorang akhirnya jadi kekurangan entrepreneur pegawai atau dan apalagi karyawan kesalahan dalam teknopreneur. 7.Dylan Teknik Mesin 1306410742 yang khas dan genuine agar dapat bersaing di pasar. Menurut saya. selalu dapat nilai A dan IP 3 s/d 4 semua. tidak hanya hal itu saja yang diperlukan. Disitulah otak kiri berperan dalam pengambilan keputusan. mereka handal dalam membuat Business-Plan sehingga selalu menjadi juara lomba. analisa profit-margin. Mhs UI apalagi dari Fak Teknik terkenal pandai. Selama mereka sudah dapat . Namun. saja. Dengan demikian. Ketika sudah masuk pada perusahaan yang besar. Menurut saya. dan perhitungan-perhitungan kompleks. Dengan mencintai produk yang dibuat serta memikirkan ide-ide yang kreatif untuk bersaing merupakan hal yang penting bagi seorang technopreneurship dan semua ini dilakukan oleh otak sebelah kanan. mereka menjadi terlalu nyaman dengan keadaan. sudah menjadi mindset orang pintar untuk ingin bekerja pada perusahaan besar. mereka dibuat nyaman oleh perusahaan dengan segala fasilitas dan gaji yang besar yang diberikan pada mereka. akan memerlukan kecerdasan dan kepintaran dari masing-masing keahliannya. Dengan demikian. Perusahaan menuntut mereka dengan performance based pay/promotion sehingga mereka dengan kinerja yang baik sudah pasti diberikan bonus yang besar baik gaji atau jabatan. Bila ada lomba young-entrepeneurship skala nasional dan internasional. system Dimana kita ini Semua letaknya ? Jelaskan pendapat anda dan kembangkan ulasan opini anda sekaligus saran solusinya. Jika seorang technopreneur tidak mempunyai kreativitas. haruslah seorang technopreneurship menggunakan kedua otak kiri dan kanan secara efektif dan balance untuk mendapatkan hasil yang paling memuaskan.

dan kinerja mereka sudah bagus maka bonus-bonus perusahaan akan didapatinya.itu sedangkan mhs C tidak pernah jadi juara apapun juga seringkali dilecehkan oleh dosen. Hal terakhir adalah pemerintah Republik Indonesia kita ini tidak membantu dalam peraturan dan pinjaman akan pembukaan bisnis baru di Indonesia ini. . Mereka sudah menjadi takut untuk keluar dari zona nyaman tersebut dan kehilangan pendapatannya. Hal kedua adalah besarnya modal yang harus dikeluarkan untuk merintis sebuah perusahaan. Mereka yang biasanya mendapatkan nilai yang baik sudah takut gagal apalagi ketika mengetahui mereka yang biasa mendapatkan nilai kurang baik dapat menjadi lebih sukses dari mereka. Pride mereka tidak dapat menerima hal tersebut. Namun setelah bekerja sekian tahun barulah terlihat bahwa yang jadi bos atau yang punya perusahaan malah mhs C. Mhs tipe A adalah mereka yang waktu kuliah selalu dapat nilai A. perlu ada suatu organisasi atau ikatan orang muda wiraswasta nasional yang bekerja sama dengan pemerintah dan sektor finansial lainnya untuk memberikan para wiraswastawan muda yang kurang memiliki modal untuk diberikan pinjaman modal dengan bunga yang rendah sehingga memberikan dampak positif dimana semakin banyak orang muda berani untuk merintis usaha baru dengan tingkat resiko yang lebih rendah.Dylan Teknik Mesin 1306410742 mengerjakan tugasnya dengan benar. Menurut saya. Jadi pastilah selama kuliah mhs A selalu jadi bintang dan dipuji oleh Dosen. Kebijakan pemerintah saat ini tidak dapat membantu kita yang masih muda untuk bersaing karena banyak perusahaan asing yang masuk dan mengambil pasar Indonesia. perlu adanya penanggulangan secara langsung. sedangkan mhs A jadi pegawainya bahkan juga jadi direktur perusahaan yang notabene adalah orang gajian juga. 8. Kebijakan pajak pun sebenarnya dapat membantu perusahaan anak bangsa yang masih baru untuk berkembang dan bersaing yaitu dengan meringankan pajak yang dikenakan dalam beberapa tahun awal mulai bisnis tersebut. karena merekalah yang jadi wirausahawan. Mhs A juara lomba ini. mhs tipe C adalah mereka yang sering dapat nilai C. Untuk menanggulangi hal ini terus terjadi pada generasi seterusnya. ditambah dengan ketidakpastian keuntungan dimasa depan sangat terpikirkan oleh orang muda apalagi yang berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja.

Bagaimana penjelasan anda mengenai kasus mhs A dan C diatas. Jika nilai sendiri ada tidak dapat dipertanggungjawabkan mempertanggungjawabkan bisnis dengan pekerja yang banyak? bagaimana . banyak yang sudah berbisnis dan melakukannya dengan baik. Mendapatkan nilai yang baik sudah menjadi kewajiban seorang mahasiswa. Sang mhs A yang sudah nyaman bekerja dan menerima gaji sudah takut kehilangan pendapatnya. sekedar pengikut saja tidak pernah punya keberanian ide dan kreatifitas untuk berwirausaha atau bikin UKM. padahal mereka itu pegawai juga atau orang gajian yang tidak beda dengan TKI. mereka yang mhs A sudah menjadi incaran perusahaan besar untuk dipekerjakan karena pemikiran dengan nilai yang baik berarti kompeten dalam pekerjaan. namun menurut saya hal ini justru tidak baik karena nanti sudah menjadi alasan mengapa banyak yang mendapat nilai yang kurang baik karena kasus tersebut. Mereka mempunyai pilihan namun sudah menjadi karakter manusia yaitu mencari pelindungan atau mencari keamanan dalam kehidupan. Pada awalnya mhs C memang sudah tidak punya pilihan lain selain menempuh jalan berbisnis. dimana mendapatkan pekerjaan pun sudah sulit karena tidak ada yang mau menerima mereka. Jadi. hanya gajinya saja yang besar. Hidupnya sih memang aman tapi tidak pernah membuka lapangan kerja yang sangat diperlukan oleh negara ini. Ketika mereka sudah merasa aman dan nyaman maka akan sulit untuk lepas dari zona tersebut. Mereka itu hanya follower saja. melainkan banyak sekali yang gagal. Kasus diatas sudah popular dibicarakan oleh banyak mahasiswa saat ini. Dengan kegigihan dan ketekunan maka akhirnya mhs C tersebut dapat berhasil membuka bisnis. Menurut saya. dengan tidak ada pilihan lain maka mhs C harus struggle untuk merintis sebuah bisnis karena itu adalah satusatunya jalan yang bisa mereka tempuh. Kembangkan pendapat anda dan kaitkan dengan diri anda sekarang ini.Dylan Teknik Mesin 1306410742 Pendapat umum mengatakan bahwa alumni yang sudah jadi direktur bahkan dirut adalah alumni yang sukses. Lain halnya dengan mhs C. Tidak sema mhs A juga bekerja. Tidak semua dari mereka yang melakukan ini berhasil. pada awalnya terjadi kasus ini.

Dengan cooling bed maka cukup hanya mendinginkan area tidur sehingga tidur nyaman tanpa spot panas yang dapat timbul. 9. Air yang dialirkan oleh pompa akan didinginkan oleh cool box yang akan terus mengsirkulasikan air pada temperature pilihan. dan kita juga dapat ikut berorganisasi untuk melatih social skill kita disamping mendapatkan pelajaran dalam kelas. dosen sebagai link. Dengan menggunakan alat ini. teknologi seperti ini harus digunakan di Indonesia dimana hampir semua rumah menggunakan AC untuk mendinginkan pada saat tidur. maka akan akan mengurangi konsumsi energy . Teknopreneur berbasiskan produk. Cooling Bed ini adalah salah satu inovasi dimana dapat mendinginkan tempat tidur saat sedang tidur. Dengan mengalirkan siklus air pada pipa silica dibawah ranjang maka akan mendinginkan ranjang. Dengan itu saya sekarang sudah masuk organisasi untuk melatih social skill serta mendapatkan link-link yang kelak dapat membantu saya nanti. Kita sebagai mahasiswa diberikan lingkungan yang paling efektif dalam pembekalan seperti itu. Bahas juga mengenai kemungkinan pasarnya. Saya sendiri lebih condong pada mhs A karena nilai yang cukup baik namun tidak hanya nilai saja yang saya inginkan. dimana kita dapat berinteraksi dengan teman. Sedangkan anda sudah bertekad untuk menjadi seorang teknopreneur sejati. Dengan adanya cooling bed maka tidak perlu penggunaan ac convensional untuk mendinginkan ruangan karena pendinginan ruangan ketika sedang tidur itu tidak diperlukan dan tergolong pembuangan energy. Cooling matrass ini menggunakan air sebagai media pendingin. Produk yang ingin saya buat adalah Cooling Bed/Cooling Matrass. Kalau begitu produk individu apa yang ingin anda buat ? Definisikan produk anda jelaskan dengan gambar dan mengapa anda memilih produk tsb. Menurut saya. tetapi social skill dan link sangat diperlukan untuk mencapai cita-cita saya sebagai wirausaha.Dylan Teknik Mesin 1306410742 Untuk sebagai seorang pebisnis perlu banyak link dan perlu social skill yang baik untuk mencapainya dengan baik. utamanya produk teknologi (bukan produk kuliner).

Kenyamanan yang didapatkan ketika tidur sama-sama didapatkan namun dengan konsumsi energy yang lebih kecil sehingga menghemat.Dylan Teknik Mesin 1306410742 Gambar bendanya kurang lebih seperti itu. . hanya menggunakan air yang disirkulasikan sehingga tidak akan menimbulkan pemanasan global seperti penggunaan Freon AC. Dengan demikian. Alat ini juga tidak menggunakan bahan kimia macam-macam. Dengan design hanya 100W maka akan jauh dibawah daya AC terkecil yaitu ½ PK. pasar di Indonesia sangatlah besar bagi alat ramah lingkungan ini.