You are on page 1of 6

BAB I

PENDAHULUAN

Ultrasonografi merupakan salah satu teknologi kesehatan Untuk pemeriksaan alat-alat
tubuh,dimana kita dapat mempelajari bentuk,ukuran anatomis,gerakan,serta hubungan dengan
jaringan sekitar. Ultrasonografi atau disingkat USG adalah suatu kaidah pemeriksaan tubuh
menggunakan gelombang bunyi pada frekuensi tinggi. Pemeriksaan ini bersifat non invasive,
tidak menimbulkan rasa sakit pada penderita, dapat dilakukan dengan cepat dan aman. USG
telah digunakan oleh sonographers untuk gambar tubuh manusia untuk setidaknya 50 tahun dan
telah menjadi salah satu alat diagnostik yang paling banyak digunakan dalam kedokteran
modern. Teknologi ini relatif murah dan portabel, terutama bila dibandingkan dengan modalitas
lainnya, seperti magnetic resonance imaging (MRI) dan computed tomography (CT). USG juga
digunakan untuk memvisualisasikan janin selama rutin dan perawatan darurat kehamilan.
Aplikasi diagnostik seperti yang digunakan selama kehamilan disebut sebagai sonografi
obstetrik. Sonografi umumnya digambarkan sebagai "tes yang aman" karena tidak menggunakan
radiasi pengion mutagenik, yang dapat menimbulkan bahaya seperti kerusakan kromosom dan
perkembangan kanker. Namun, energi ultrasonik memiliki dua efek fisiologis potensial: itu
meningkatkan respon inflamasi, dan itu bisa memanaskan jaringan lunak. Energi ultrasound
menghasilkan gelombang tekanan mekanik melalui jaringan lunak. Ini gelombang tekanan dapat
menyebabkan gelembung mikroskopik pada jaringan hidup dan distorsi dari membran sel,
mempengaruhi fluks ion dan aktivitas intraseluler. Ketika USG memasuki tubuh, menyebabkan
gesekan molekul dan memanaskan jaringan sedikit.
Pertama kali ultrasonic ini di gunakan dalam bidang teknik untuk radar,yaitu teknik
SONAR(Sound navigation and Ranging) oleh Lengevin (1981),seorang perancis pada waktu
perang dunia ke 1,untuk mengetahui adanya kapal selam lawan.dalam menjelang perang dunia
ke 11 (1937),teknik ini digunakan pertama kali untuk pemerikaan jaringan tubuh,tetapi hasilnya
belum memuaskan.berkat kemajuan teknologi yang pesat,setelah perang dunia ke 11,USG
berhasil digunakan untuk pemeriksaan alat-alat tubuh.
Hoery dan Bliss pada tahun 1952,telah melakukan pemeriksaan USG pada beberapa
organ,misalnya pada hepar dan ginjal.sekarang USG merupakan alat praktis dengan pemakain
klinis yang luas.

1

4 cm. lobus anterior 1 buah. dengan kista kecil berisi cairan seperti susu. Secara embriologis terdiri dari 5 lobus yaitu lobus medius 1 buah.BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. lobus anterior dan lobus posterior akan menjadi satu disebut lobus medius.6 cm. lobus posterior 1 buah. lobus lateral 2 buah. lebar 4. Anatomi Fisiologi Kelenjar prostat adalah suatu kelenjar fibro muscular yang melingkar Bledder neck dan bagian proksimal uretra. Gambar 1. Berat kelenjar prostat pada orang dewasa kira-kira 20 gram dengan ukuran rata-rata :panjang 3. Anatomi Prostat 2 . kista ini disebut kelenjar prostat. tebal 2. Kelenjar prostat berguna untuk melindungi spermatozoa terhadap tekanan yang ada pada uretra dan vagina.4 cm. Selama perkembangannya lobus medius. Serta menambah cairan alkalis pada cairan seminalis. Pada penampang lobus medius kadang-kadang tidak tampak karena terlalu kecil dan lobus ini tampak homogen berwarna abu-abu.

yaitu transabdominal ultrasound (TAUS) dan transrectal ultrasound (TRUS). Bentuk kristal juga akan berubah bila dipengaruhi oleh medan listrik. TRUS setelah berkemih dapat menggambarkan: 1. Fenomena ini disebut efek Piezo-electric.B.10 juta Hz). Prinsip Kerja Pesawat USG Ultrasonik adalah gelombang suara dengan frekwensi lebih tinggi daripada kemampuan pendengaran telinga manusia. Teknik Pemeriksaan Persiapan pasien    Tidak perlu puasa Minum air putih 1 botol aqua besar (500-1000ml) 2 jam sebelum pemeriksaan Pasien di USG bila terasa ingin buang air kecil (full blast) Pemeriksaan USG dapat memberikan gambaran kelenjar prostat pada pria dan jaringan disekitarnya. 3 . 4. Perubahan bentuk akibat gaya mekanis pada kristal. yang merupakan dasar perkembangan USG selanjutnya. Besar volume residul urine (303 cc) (lebih dari 40 cc adalah abnormal) Pembesaran prostat yang terutama melibatkan zona transisional Pembesaran intravesika yang melibatkan lobus median Kista kecil pada inner gland Zona perifer yang terdesak oleh pembesaran zona transisional C. maka akan dihasilkan gelombang suara frekuensi tinggi. TAUS dilakukan dengan melekatkan transducer di permukaan abdomen di atas buli-buli dan prostat. Sedangkan dalam pemeriksaan USG ini menggunakan frekuensi 1.Hertz). sehingga kita tidak bisa mendengarnya sama sekali. Suara yang dapat didengar manusia mempunyai frekuensi antara 20 – 20. TAUS dapat memperlihatkan adanya pembesaran intravesika akibat pembesaran lobus medial prostat. akan menimbulkan tegangan listrik. 2. 3. 5. Gelombang suara frekuensi tingi tersebut dihasilkan dari kristal-kristal yang terdapat dalam suatu alat yang disebut transduser.000 Cpd (Cicles per detik. Transducer tersebut mengirim dan menerima gelombang suara melalui dinding rectum sampai ke prostat yang terletak tepat di depan rectum. Sesuai dengan polaritas medan listrik yang melaluinya. TRUS dilakukan dengan memasukkan transducer kedalam rectum pasien.10 MHz ( 1. Pemeriksaan USG prostat dilakukan dengan 2 cara. kristal akan mengembang dan mengkerut.

Di dalam transduser terdapat kristal yang digunakan untuk menangkap pantulan gelombang yang disalurkan oleh transduser. 2. Gambaran USG prostat normal B. Peralatan Yang Digunakan 1. seperti dinding perut atau dinding poros usus besar pada pemeriksaan prostat.BAB III PEMBAHASAN A. Monitor yang digunakan dalam USG 3. Mesin USG adalah CPUnya USG sehingga di dalamnya terdapat komponen-komponen yang sama seperti pada CPU pada Pc 4 . Gelombang yang diterima masih dalam bentuk gelombang akusitik (gelombang pantulan) sehingga fungsi kristal disini adalah untuk mengubah gelombang tersebut menjadi gelombang elektronik yang dapat dibaca oleh komputer sehingga dapat diterjemahkan dalam bentuk gambar. Hasil Gambar Gambar 2. Transduser Transduser adalah komponen USG yang ditempelkan pada bagian tubuh yang akan diperiksa. Mesin USG Mesin USG merupakan bagian dari USG dimana fungsinya untuk mengolah data yang diterima dalam bentuk gelombang.

Bioksi jarum terpimpin. DAFTAR PUSTAKA 5 . Arah dan gerakan jarum menuju sasaran dapat dimonitor pada layar USG. asites. Pengukuran aneurisma arterial. 2. membedakan kista dengan massa yang solid. besar dan posisi tumor dapat pula diikuti. vena kafa). Sebagian akan dipantulkan dan sebagian lagi akan merambat terus menembus jaringan yang akan menimbulkan bermacam-macam echo sesuai dengan jaringan yang dulaluinya. disebut anecho atau echofree . Berdasarkan besar tumor dan posisinya. mempelajari pergerakan organ ( jantung. Menentukan perencanaan dalam suatu radioterapi. Pengukuran dan penetuan volum.C. 1. 4. 3. pembuluh darah besar. Pantulan echo yang berasal dari jaringan-jaringan tersebut akan membentur transducer. aorta. 6. uterus. pericardial dan pleural efusion. Selain itu setelah radioterapi. dan gambaran irisan-irisan tersebut akan dapat dilihat pada layar monitor. fetalsefalometri. kandung empedu. Pulsa listrik yang dihasilkan oleh generator diubah menjadi energi akustik oleh transducer. ovarium. Cara Kerja alat Ultrasonografi Transducer bekerja sebagai pemancar dan sekaligus penerima gelombang suara. Sedang jaringan yang homogen hanya sedikit atau sama sekali tidak ada echo. Masing-masing jaringan tubuh mempunyai impedance accoustic tertentu. Suatu rongga berisi cairan bersifat anechoic. dosis radioterapi dapat dihitung dengan cepat. jaringan tersebut dikatakan echogenic. menentukan kedalaman dan letak suatu massa untuk bioksi. maupun pergerakan janin dan jantungnya. yang dipancarkan dengan arah tertentu pada bagian tubuh yang akan dipelajari. dan kemudian diubah menjadi pulsa listrik lalu diperkuat dan selanjutnya diperlihatkan dalam bentuk cahaya pada layar oscilloscope. D. Kegunaan USG Menemukan dan menentukan letak massa dalam rongga perut dan pelvis. dan lain-lain). Dengan demikian bila transducer digerakkan seolah0olah kita melakukan irisan-irisan pada bagian tubuh yang dinginkan. ginjal. misalnya : kista. Menentukan volum massa ataupun organ tubuh tertentu (misalnya buli-buli. Dalam jaringan yang heterogen akan ditimbulkan bermacam-macam echo. 5.

com/normal-prostate/ [accessed on 28th November 2015] Radiological Society of North America.1. Prostate.com [accessed on 28th November 2015] 6 . 2001.com [accessed on 28th November 2015] Antony. 2.radiologyinfo. J. ultrasound. color doppler and 3D images. Inc. p.ultrasound-images. 3.ultrasoundpaedia. A free gallery of high-resolution. Available from: www. 453-457 http://www. dkk. 4. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Available from: www. Sjahriar R. Radiologi diagnostik.