You are on page 1of 10

2.

4 Evaluasi Sediaan
1. Uji organoleptik
Uji oragnoleptik meliputi pengamatan bau, bentuk, warna.dan rasa
2. Uji pH
Prosedur pengujian pH dengan menggunakan pH meter sebagai berikut:
 Kalibrasi pH meter dengan menggunakan larutan buffer pH, lakukan setiap saat akan
melakukan pengukuran.
 Mencelupkan sensor pH pada sampel.
 Tunggu angka pada layar stabil kemudian baca nilai pH
3. Uji viskositas
Prosedur pengujian viskositas dengan menggunakan viscometer Brookfield adalah
sebagai berikut:
 Memasang isotester pada statif iscotesces
 Menurunkan angka penurun skala ad batas rotor tercelup kedalam zat yang akan diuji
viskositasnya
 Memasang stop kontak
 Menyalakan rotor sambil menekan tombol
 Membiarkan jarum menara berputar dan melihat pada skala
 Membaca angka yang ditunjukan oleh jarum tersebut
4. Uji kelembapan
Sampel diolekan secara merata diatas plastic (kedap air) yang sudah diketahui berat
awalnya, kemudian ditimbang untuk mengetahui berat awal sampel (menit ke 0 atau t 0).
Setelah pemimbangan (t0) dilakukan pemimbangan lagi dengan perbedaan waktu 30 menit
(t1), 60 menit (t2) sampai 5 jam
5. Uji kekentalan
Penilaian dilakukan secara visual dengan cara meminta penulis melihat kekentalan
produk kemudian dioleskan pada kulit.
6. Uji Homogenitas
Penilaian terhadap homogenitas dilakukan dengan cara mengamati penampakan fisik
hand ang body lotion yang dihasilkan, dengan cara merasakan tektur hand and body lotion
dengan ujung jari, kemudian dioleskan pada tangan untuk mengetahui kahulsan dan
keseragaman tektur yang iginkan.
7. Uji kesan lembab
Penilaian dilakukan dengan cara mengoleskan hand and body lotion pada tangan
kemudian memberikan kesan lembab yang dirasakan setelah beberapa menit.
8. Uji Penerimaan Volunter
Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui produk yang dihasilkan oleh peneliti diterima
atau tidaknya oleh volunter. Pengujian ini dilakukan dengan melihat secara langsung sifatsifat fisik krim, misalnya warna, bau, serta bentuk yang dihasilkan. Penilaian dilakukan
dengan memberi skor pada masing-masing jawaban. Apabila jawabannya A maka skor 4, jika
jawabannya B maka skor 3, jika jawabannya C maka skor 2 dan jika jawabannya D maka
skor 1. Untuk menentukan apakah krim dapat diterima oleh volunter, maka dapat dihitung
dengan rumus :

N=

x 100 %

1 Body Cream A.1 .2 Karakteristik Bahan 3.1 Alat dan Bahan Alat : .2.Setilalkohol .Gelas ukur .Keterangan : N = Nilai yang dicari Sp = Nilai yang didapat Sn = Nilai tertinggi (Arikunto.Stamper .Beaker glass .Larutan sorbitol 70% .Sendok tanduk . RESEP 1 R/ Asam stearat Cetil alcohol Lanolin TEA Olive oil Larutan sorbitol 70% Bahan : .PEG-4000 . 1995) Keterangan : 0 – 20 % = sangat baik 21 – 40 % = baik 41 – 60 % = cukup 61 – 80 % = kurang 81 – 100 % = kurang sekali BAB III METODOLOGI KERJA 3.TEA .7 5% 10 % 4.Nipasol .Batang pengaduk .Cera alba .Anak timbangan .Cawan penguap .Asam stearat .Lanolin .Parfum 5.3 1.Sudip -Aquades -Propilen glikol 3.1 0.Olive oil .Gelas arloji .Gliserin .Pinset .Mortir .Nipagin .Penara .

Ditimbang asam stearat 2. Disiapkan mortir panas.s 100 mL = x 50 mL = 2. Dimasukkan larutan sorbitol ke dalam no. 3. Dimasukkan ke dalam pot. diaduk ad homogen.43 g.7.5 g - Olive oil = x 50 mL = 5 mL - Larutan sorbitol 70% = x 50 mL = 2. lanolin 9. 8.5 + 2.025) = 37. diaduk ad homogen. Dimasukkan olive oil ke dalam no. dimasukkan no. diaduk ad homogen. Dimasukkan TEA ke dalam no. B.05 % q. 14.7.7. 12. 4.55 g Cetil alcohol = x 50 mL = 0. 9. diaduk ad homogen. 7. nipagin 25 mg. cetil alcohol 0.5 mL.7.5 2. RESEP 2 R/ Setil Alkohol PEG 4000 Asam Stearat Gliserin pH Propilen glikol Metil Paraben Cera Alba Parfum 5% 6 7.15 10% q.15 g. diaduk ad homogen. diaduk ad homogen.s . 10. dilebur di atas waterbath sampai meleleh. Disetarakan timbangan.5 0. 5.4 ke dalam mortir dan diaduk. 2.15 + 5 + 2. Dimasukkan ketiga bahan ke cawan penguap. Dimasukkan pewangi green tea secukupnya. 6.05 + 0. 13.15 g - TEA = x 50 mL = 2.725 mL = = 9. Dimasukkan sisa air sedikit demi sedikit ke dalam mortir.05 mL - Nipagin = x 50 mL = 0.- Nipagin Parfum Aquades ad Perhitungan Bahan : Asam stearat - 0.55 g. Ditimbang olive oil 5 mL.025 g - Aquades ad Lanolin = 50 – (2.55 + 0. TEA 2.43 g Cara Pembuatan : 1. larutan sorbitol 2. Dilarutkan nipagin dengan air panas di beaker glass ad larut.2 4. 11. Dimasukkan larutan nipagin ke dalam no.5 g. Disiapkan alat dan bahan.

Dimasukkan dalam pot. Aquades = 32. As. Ditambahkan sisa air panas 32.1 g 4. setil alkohol.s 4 . Disiapkan alat dan bahan 2.5 melebur dipindahkan ke mortir panas dan digerus 9. Disiapkan cawan penguap 5. RESEP 3 R/ Cetil Alkohol Cera Alba 10 Asam stearat 2 TEA 1 Olive Oil 5% Glycerin 20 Nipagin q. 12. Ditambahkan Gliserin pH diaduk sampai tercampur merata 10. Cera alba = 8. PEG 4000 4 g. Disetarakan timbangan 3. Setelah no. Disiapkan mortir panas 7.Stearat 4. Ditimbang Setil alkohol 2.Stearat.1 ml Perhitungan Bahan : 1. Ditambahkan parfum jambu secukupnya dan diaduk sampai tercampur merata. C. Ditambahkan larutan metil paraben diaduk sampai tercampur merata 11. cera alba. Propilen glikol 1. Propilen glikol = 6.85 = 0. PEG 4000 = 3. PEG 4000 ke dalam cawan penguap dan dilebur di atas waterbath 6.Aquades ad 74.1 g Cara Pembuatan : 1. Cera alba 5 g.85 g.s Nipasol q. Dilarutkan nipagin dengan air panas 8. metil paraben 0. Setil alkohol = 2.7 g. Asam Stearat = 4. Dimasukkan As. Gliserin pH = 5. Metil paraben = 7. 13. Glisein pH 3 g.5 g.85 ml dan diaduk sampai tercampur merata.

Stearat. Cara Pembuatan : 1. Dilarutkan nipagin dan nipasol dengan air panas 8. Setil Alkohol 2 g. . Dimasukkan As.s 100 ml Perhitungan Bahan : 1. 14. Disiapkan mortir panas 7. cera alba ke dalam cawan penguap dan dilebur di atas waterbath 6. setil alkohol. Setelah no. nipasol 0. TEA 0. nipagin 0. Gliserin 10 g. As. Disiapkan alat dan bahan 2. Dimasukkan ke dalam pot. Ditambahkan TEA diaduk sampai tercampur merata 10. Ditambahkan Olive Oil diaduk sampai tercampur merata 11.5 g.Stearat 1 g. Disiapkan cawan penguap 5. Ditambahkan larutan nipasol dan nipagin diaduk sampai tercampur merata. Gliserin = 7. Cera alba 5 g.Parfum Aquadest ad q. Disetarakan timbangan Ditimbang Olive Oil 2.15 g. Asam Stearat = 4. 13. TEA = 5.5 melebur dipindahkan ke mortir panas dan digerus 9. Ditambahkan sisa air panas ad 100 ml dan diaduk samapi tercampur merata.7 ml 3. Cera Alba = 3. Aquades = 28.5 g. Nipagin = 8.15 g 4. Cetil Alkohol = 2. Ditambahkan gliserin diaduk sampai tercampur merata 12. Olive Oil = 6. 15. Diteteskan parfum lavender dan diaduk sampai tercampur merata. Nipasol = 9.

Homogenitas : Homogen d.1. Daya Sebar : Menyebar dan terbentuk sedikit gelembung . Daya Lekat : Melekat dan tidak lengket e. Daya Sebar : Menyebar dan membentuk gelembung kecil 4. pH : 4.1 Body Cream 1 a.1. Uji Organoleptis: 1) Bentuk : Krim (Padat) 2) Warna : Putih 3) Aroma : Jambu b.1.5 c. Uji Organoleptis: 1) Bentuk : Krim (Padat) 2) Warna : Putih tulang 3) Aroma : Green tea b.3 Body Cream 3 a. Homogenitas : Homogen d.3 cm 4.BAB IV HASIL PENGAMATAN 4. pH : 6. pH : 5.1 Evaluasi Sediaan 4. Daya sebar : Menyebar hingga 2. Daya Lekat : Melekat dan tidak lengket e.5 c. Uji Organoleptis: 1) Bentuk : Krim (agak lembek) 2) Warna : Putih 3) Aroma : Lavender b. Homogenitas : Kurang homogen d.2 Body Cream 2 a.5 c. Daya lekat : Melekat dan lengket e.

body cream ketiga ini memiliki aroma lavender yang menyengat.5. Body cream ini juga dapat menyebar baik pada kulit. didapatkan tiga produk BodyCream dengan formulasi yang berbeda. daya lekat. Hal ini disebabkan karena fase minyak terlalu banyak karena kiita menggunakan lanolin anhidrat (tidak mengandung air). beraroma khas jambu. pH. dan daya sebar. Hasil uji menunjukkan bahwa body cream yang telah dibuat memiliki bentuk padat sesuai dengan persyaratan cream. melekat pada kulit tetapi terasa lengket pada kulit. Body Cream pertama berwarna putih tulang. setelah satu minggu aroma jambu ini berubah benjadi aroma jambu sedikit tengik. Setelah produk jadi dilakukan evaluasi dari masing-masing produk. beraroma khas green tea. Akan tetapi.5. Selain itu. Selain bentuk.body cream kedua ini juga dapat melekat baik dan tidak terasa lengket pada kulit (nyaman) karena menggunakan lanolin hidrat untuk basisnya. daya lekat dan daya sebar. ini disebabkan karena pemberian pengaroma lavender yang terlalu banyak. Body cream ini juga dapat menyebar baik pada kulit dan baik digunakan pada kulit karena emiliki pH yang sesuai dengan pH kulit 5. homogenitas. body cream ini juga dapat melekat dan menyebar dengan baik pada kulit karena memiliki pH yang sesuai dengan pH kulit 6.BAB V PEMBAHASAN Dari praktikum yang telah dilakukan. Dari ketiganya yang berbeda pada warna. . Akan tetapi. beraroma khas lavender.5. body creamjuga memiliki homogenitas yang baik pula. Body cream kedua berwarna putih. aroma. Hal ini disebabkan mungkin karena karakteristik pengaroma jambu ini kurang cocok digunakan untk cream dan mungkin saat memberikan pengaroma jambu ini kurang banyak. body cream ini baik digunakan pada kulit karena memiliki pH yang sesuai dengan pH kulit yaitu 4. Body cream ketiga berwarna putih. dengan evaluasi yang meliputi organoleptis.

Yang berpengaruh dalam hal ini mungkin saat pengadukan. .Body cream kedua dan ketiga ini terdapat sedikit gelembug. Ini disebabkan karena terjadi proses saponifikasi.

BAB VI PENUTUP 6. pada saat proses pembuatan melakukan pengadukannya terlalu cepat. c. a.2 Saran Dalam pembuatan sediaan krim sebaiknya dalam hal praformulasi dan formulasi lebih dipahami dan dimengerti agar dalam pembuatan sediaan diperoleh hasil sediaan yang baik. b. a. b. e. Dari uji volunter yang telah dilakukan. d. 6. LAMPIRAN UJI VOLUNTER SEDIAAN BODY CREAM 1. ada beberapa kekurangan pada beberapa produk.1 Kesimpulan Dari praktikum yang telah dilakukan. Misalnya. d. c. e. Namun. Bagaimana pendapat anda tentang bau dari sediaan krim ini? sangat baik baik cukup kurang kurang sekali . dapat disimpulkan bahwa ketiga produk hand n body cream memenuhi persyaratan. dapat disimpulkan bahwa produk yang disenangi adalah Body Cream 3. Bagaimana pendapat anda tentang tekstur (bentuk dari sediaan krim) ini? sangat baik baik cukup kurang kurang sekali 2. penimbangan dan penambahan kurang tepat.

d. b. kurang sekali 5. baik c. Bagaimana pendapat anda tentang kenyamanan saat pemakaian (tidak lengket saat digunakan) dari krim ini? a. sangat baik b.3. Bagaimana pendapat anda tentang homogenitas (tercapurnya semua bahan secara merata dari krim) ini? a. c. e. kurang e. kurang sekali . baik c. cukup d. cukup d. kurang e. a. sangat baik b. Bagaimana pendapat anda tentang warna dari sediaan krim ini? sangat baik baik cukup kurang kurang sekali 4.