You are on page 1of 25

BAB I

PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Bahasa basic pada dasarnya adalah bahasa yang mudah dimengerti sehingga
pemrograman di dalam bahasa Basic dapat dengan mudah dilakukan. Hal ini lebih mudah lagi
setelah hadirnya Microsoft Visual Basicyang dibangun dari IDE (IntegratedDevelopment
Environment) untuk membuat bahasa yang sederhana dan mudahdalam pembuatan
scriptnya(Simple Scripting Language) untuk grapich user interface dalam bentuk form
sedangkan untuk codingnya menggunakan dialok bahasa Basic yang dikembangkan dalam
sistem operasi Microsoft Windows.
Visual Basicadalah bahasa pemrograman berbasis Windows yang merupakan Object
OrientedProgramming (OOP), yaitu pemrograman berorientasi objek, Visual Basic menyediakan
objek-objek yang sangat kuat, berguna dan sangat mudah dalam penggunaannya. Pemakaian
Visual Basic ditandai dengan kemampuan Visual Basic untuk dapat berinteraksi dengan aplikasi
lain di dalam sistem operasi windows dengan komponen ActiveX Control. Dengan komponen ini
memungkinkan pengguna untuk memanggil dan menggunakan semua model data yang ada di
dalam sistem operasi windows.Hal ini juga ditunjang dengan teknik pemrograman di dalam
Visual Basic yangmengadopsi dua macam jenis pemrograman yaitu Permrograman Visual dan
ObjectOriented Programming (OOP).
Pada pemrograman Visual, pengembangan aplikasi dimulai dengan pembentukan
userinterfacekemudian mengatur properti dari objek-objekyang digunakan dalam userinterface,
dan baru dilakukan penulis kode programuntuk menangani kejadian-kejadian (event). Tanpa

pengembangan aplikasi demikian dikenal dengan dengan istilah pengembangan aplikasi dengan
pendekatan Bottom Up.
Visual basic yang sekarang digunakan oleh jutaan programmer adalah berawal dari
sebuah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Prof.Jhon kemeny dan Thomas kurtz pada
tahun 1964 dengan nama BASIC yang kepanjangannya dari Baginner All Purpose Symbolic
Intruction Code.

Menjadikan makalah dan tugas ini sebagai sarana atau media informasi mengenai bahasa pemrograman visual basic. 5.1.2 Maksud dan tujuan Untuk memenuhi dan melengkapi tugas mata kuliah PEMOGRAMAN VISUAL II .3 Metode penelitian . Untuk mengembangkan kreativitas dan wawasan khususnya tentang pemrograman visual basic bagi kami dan bagi mahasiswa bina sarana informatika. 2. 1. 4. 1. 3. Makalah ini diharapkan menjadi sumbangan pemikiran untuk mengembangkan bahasa pemrograman visual basic dimasa sekarang. Makalah dan tugas ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai sarana atau fasilitas untuk mengetahui masalah masalah yang kerap timbul dalam pembuatan program aplikasi menggunakan software visual basic ini. Memberikan uraian tentang program aplikasi yang telah kami buat.

Mencari sumber informasi dengan dokumen dokumen lain yang mendukung.dll.kami membatasi masalah yang akan dibahas pada materi kuliah pemrograman visual basic ini.Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penyusunan tugas dan makalah ini kami melakukan metode metode seperti berikut : 1.4 Ruang lingkup Dalam makalah ini.hal tersebut dimaksudkan untuk mempertegas pembahasan sehingga dapat terfokus pada masalah yang akan dibahas serta dapat menberikan gambaran umum tentang isi makalah sehingga pembaca lebih mudah mempelajarinya.modul.Pembahasan lebih dikhususkan pada pengertian dan caramembuat program visual basic. 3. BAB II . 1. Melakukan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap program aplikasi yang kami buat. 2.seperti buku. Mencari referensi referensi yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam tugas ini di internet.

1 Analisa dan tinjauan kasus Pada Tinjauan kasus ini kami membahas tentang program yang bisa digunakan oleh suatu koperasi simpan pinjam mengenai program aplikasi simpan pinjam nasabah. Hal hal yang menjadikan untuk membuat suatu program aplikasi simpan pinjam nasabah ini adalah salah satunya tentang keefektifan dalam membuat pencatatan guna menghindari kesalahan pencatatan (human error) serta memudahkan dalam membuat laporan.PEMBAHASAN 2. 2. Pada aplikasi ini semua data disimpan dalam sebuah database sehingga memudahkan dalam pemeliharaan data.2 Spesifikasi Program .

masukan password yang telah dimiliki admin 2. jika sudah yakin password yang di masukan telah sesuai B.Spesifikasi program kami adalah sebagai berikut : A. Klik Text Box Pasword. Klik tombol Login. Nama Form : Login Fungsi : Untuk Login admin serta proteksi terhadap program Penjelasan : 1. Nama Form : Admin Login .

Nama Form : Login dan Registrasi Anggota Fungsi : Untuk Masuk ke Profil Anggota yang akan bertransaksi Penjelasan : 1.Fungsi : Untuk masuk ke subbagian Penjelasan : 1. klik opsi koperasi untuk melihat profil dan laporan-laporan tentang koperasi 2. klik text box kode jika anggota sudah terdaftar dan masukan nomer id untuk lanjut . klik opsi anggota untuk melanjutkan ke proses simpan-pinjam dan pendaftaran anggota baru C.

Nama Form : Menu Anggota Fungsi : Untuk Memilih fungsi yang akan di jalankan Penjelasan : 1. pokok. Pilih Transaksi Analysis kelayakan piutang untuk mengajukan pinjaman 3. Jika anggota baru/belum terdahtar harus menjadi anggota dengan melengkapi textbox biodata guna mendapat no id anggota D.2. Pilih Transaksi Pinjaman untuk peminjaman dana . Pilih Transaksi Simpan untuk melakukan simpanan wajib. dan manasuka 2.

klik Tanggal untuk memilih hari terjadinya transaksi . Pilih Angsuran untuk mengangsur dana yang dipinjam 5. Pilih SHUAnggota untuk mengetahui jumlah SHU Anggota yang bersangkutan 6. Pilih Selesai jika inigin keluar dari Id Anggota yang bersangkutan E. Nama Form: Simpanan Fungsi : Untuk transaksi penyimpanan dana anggota Penjelasan : 1. klik text box kode transaksi untuk memasukan kode transaksi 2.4. Pilih Status Anggota untuk mengetahui status terkini Anggota yang bersangkutan 7.

Klik simpan untuk menyimpan transaksi 7. dan nominal sesuai data anggota . gaji. klik text box kode transaksi untuk memasukan kode transaksi 2. Nama Form: Analysis kelayakan piutang Fungsi : Untuk mengetahui Jumlah uang yang layak dipinjamkan ke Anggota Penjelasan : 1. Isi pekerjaan. klik Hitung untuk menghitung jumlah simpanan Anggota 6. sumber dana lain. Klik nominal untuk memasukan nilai/ besaran uang yang akan di simpan 5. Klik Kembali untuk kembali ke Menu Anggota F.3. Klik Jenis Simpanan untuk memilih jenis simpanan yang akan dilakukan 4.

3. Nama Form: Pinjaman Fungsi : Untuk transaksi peminjaman dana oleh anggota Penjelasan : 1. Klik Hitung setelah mengisi data yang diperlukan untuk mengetahui jumlah punjaman yang layak diberikan 4. Klik simpan untuk menyimpan transaksi 5. klik text box kode transaksi untuk memasukan kode transaksi . Klik Kembali untuk kembali ke Menu Anggota G.

klik Tanggal untuk memilih hari terjadinya transaksi 3. klik Kembalik ke Form Pinjaman untuk kembali ke form transaksi pinjaman .2. isikan nominal pinjaman. klik Tanggal untuk memilih hari terjadinya transaksi 2. dan jaminan sesuai keinginan anggota 4. Klik Kembali untuk kembali ke Menu Anggota H. Klik hitung untuk mengetahui jumlah angusaran yang akan dibayarkan dan tanggal jatuh tempo tiap bulannya 5. Nama Form: Jaminan Fungsi : Untuk mendata jaminan yang di ajukan anggota ketika meminjam dana Penjelasan : 1. Isikan semua data yang dibutuhkan dengan benar 3. jumlah angsuran. Klik simpan untuk menyimpan transaksijika transaksi sudah disetujui 6.

Nama Form: Pinjaman Fungsi : Untuk transaksi peminjaman dana oleh anggota Penjelasan : .I.

Nama Form : Profil Fungsi : Profil koperasi Penjelasan : 1.1. Klik simpan untuk menyimpan transaksi angsuran J. Klik Kembali untuk kembali ke menu koperasi . Klik Tanggal untuk memilih hari terjadinya transaksi 3. Isikan jumlah yang dibayarkan oleh anggota pada kolom jumah bayar 4. Klik text box kode transaksi untuk memasukan kode transaksi pinjaman yang akan diangsur 2.

K. Nama Form : Profil Fungsi : Profil koperasi Penjelasan : .

3.1. Isi kolom periode sesuai Prosentase di masukan dan dihitung manual Klik hitung untuk mengetahui shu yang akan diterima Klik simpan untuk menyimpan perhitungan yang telah dilakukan Klik kembali untuk kembali ke menu koperasi L. Nama Form Fungsi : Data Anggota : Mengedit Anggota Koperasi . 2. 4. 5.

Klikt tambah baru untuk menambahkan pengurus koperasi .Penjelasan 1. Klik Edit lalu ubah data sesuai keinginan 3. 3. 2. Klik nama pengurua yang akan di edit 2. 4. Nama Form : Data Pengurus Fungsi : Menambah dan Mengedit Pengurus Koperasi Penjelasan : 1. : Klik nama anggota yang akan di edit Klik Edit lalu ubah data sesuai keinginan Klik Simpan untuk menyimpan perubahan data Klik kembali untuk kembali ke menu koperasi M.

3. 2.4. Klik Simpan untuk menyimpan perubahan data 5. Nama Form 1. 6. Klik kembali untuk kembali ke menu koperasi N. : Rekap Simpanan Fungsi : Melihat seluruh rekap simpanan Penjelasan : Klik opsi simpanan wajib untuk melihat rekapan simpanan wajib Klik opsi simpanan pokok untuk melihat rekapan simpanan pokok Klik opsi simpanan manasuka untuk melihat rekapan simpanan manasuka Klik opsi rekap semua simpanan untuk melihat rekapan semua simpanan Klik proses untuk memproses opsi yang dipilih Klik kembali untuk kembali ke menu koperasi \ . 5. 4.

Klik total angsuran untuk menjumlah angsuran .O. Nama Form : Rekap Angsuran Fungsi : Melihat seluruh rekap angsuran Penjelasan : 1. Pilih tampilkan bulan untuk menampilkan data bulan yang diinginkan 2.

Klik total pinjaman untuk menjumlah angsuran 2.Bertujuan untuk menggolongkan data memasukan data ke dalam . Pilih tampilkan bulan untuk menampilkan data bulan yang diinginkan 2. Nama Form : Rekap Angsuran Fungsi : Melihat seluruh rekap angsuran Penjelasan : 1.3 Pengkodean Atau Struktur Kode Struktur kode adalah suatu bentuk struktur yang berfungsi untuk mempermudah dalam mengklasifikasikan data.P.

3.diantaranya adalah : 1. Berikut adalah contoh struktur kode yang terdapat di dalam aplikasi kami T P KODE TRANSAKSI 0 0 1 NO URUT TRANSAKSI 2.Dalam merancang kode yang baik ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Harus mudah di ingat Supaya kode mudah di ingat maka dapat dilakukan dengan cara menghubungkan kode tersebut dengan object yang diwakilinya.Kode dapat dibentuk dari kumpulan angka dan huruf atau karakter karakter khusus. Panjang kode harus sama Masing masing kode yang sejenis harus memiliki panjang sama 2. Hindarkan karakter yang mirip kode yang Karakter yang hampir mirip dan bunyi pengucapannya sebaiknya tidak digunakan dalam kode.4 Flowchart Transaksi Pinjaman Anggota PetugasKoperasi .komputer dann untuk mengambil bermacam macam informasi yang berhubungan dengan data tersebut.

besarbiayaangsurdan bunga Uang yang dipinjam TransaksiAngsuran Anggota PetugasKoperasi .Uang yangdipinjam 1 Input transaksipinjama n Data Pinjaman Selesai Menghitungbanyakan gsuran.

Mulai Uangangs uran Input no ID (utkcaritransak si) Menghitung nominal angsurananggotaters ebut Uangangs uran Mencatatangsuran yang dilakukan Buktipemb ayaranang suran Buktipemb ayaranang suran Selesai TransaksiSimpanan Anggota PetugasKoperasi .

Mulai Memasukkan No ID Iuransimpana n Suda h Suda hterd aftar? Belum Mengisiformulirpendaf taran Formulirpendaf taran FormulirPendaft aransudahdiisi Formulirpendafta ran yang sudahdiisi Input identitasanggotabar udanmemprosessim panan Data anggotadan simpanann ya BuktiPembaya ran BuktiPembaya ran Selesai BAB III .

.Dan pemrograman visual basic sangat membantu diperusahaan-perusahaan dijaman sekarang ini dengan cara pengoperasian yang lebih mudah dibandingkan dengan software pemrograman lainnya untuk membuat suatu program aplikasi yang lainnya.bahwa bahasa pemrograman visual basic berkemampuan untuk berinteraksi dengan aplikasi lain di dalam sistem operasi windows. Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi masyarakat luas.1 Kesimpulan Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan.PENUTUP 3. 3.2 Saran Untuk kemajuan teknologi diharapkan agar perkembangan bahasa pemrograman khususnya visual basic di masa mendatang mampu mengubah pola pikir dan menjadikan masyarakat indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif.