You are on page 1of 4

REFLEKSI KASUS

CLUSTER HEADACHE

Diajukan kepada Yth:
dr. Hj. Tri Wahyuliati, Sp.S, M.Kes

Diajukan oleh:
Asteria Hapsari (20100310064)

BAGIAN ILMU SYARAF
RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2015

Pusing dirasakan awalnya sejak pasien berumur 17 tahun.1 jam. nyeri kepala biasanya terjadi pada hari pertama hingga hari kelima dari menstruasinya. waktu itu pusing dirasakan hanya di salah satu sisi kepala (pernah kepala kiri dan kanan. pasien menyangkal melihat cahaya kunang-kunang. dan menurut pasien terkadang terdapat mual muntah. Tetapi menurut pasien pusing kepala terdahulu tidak terlalu berat. lamanya bisa 15 – 30 menit sampai yang paling berat bisa 2 hari tidak membaik. RANGKUMAN KASUS Seorang pasien wanita usia 20 tahun datang ke poli saraf dengan keluhan pusing kepala. gelisah atau mudah tersinggung sewaktu nyeri kepala disangkal. Untuk sakit yang akhir-akhir ini pasien memiliki riwayat berobat dan obat yang diberikan oleh dokter adalah betahistin diminum 2 x sehari. awalnya terdapat pusing dahulu kemudian pingsan. Mual (-). yang dirasakan adalah tiba-tiba pandangan kabur dan gelap. muntah (-). keluarga pasien memelihara kambing. Keadaan umum pasien baik. RPK : epilepsi (-). nyeri kepala selalu dirasakan jika pasien mengalami menstruasi dan sering teman sebayanya mengalami keluhan serupa sehingga pasien tidak memeriksakan sakitnya. Untuk nyeri yang dirasakan sekarang ini pasien mengaku saat menstruasi pasien pasti juga mengalami nyeri kepala. Riwayat memiliki hewan peliharaan (+). hidung mampet atau berair. Frekuensinya dapat 1-2 x dalam sehari merasakan pusing. VAS : 7- . DM (-).1. pasien merasa kepalanya ada yang terbentur tetapi pasien tidak terlalu yakin karena peristiwa yang sudah lama. alergi (-). tanda-tanda vital DBN. kilatan cahaya atau bisik-bisik tidak jelas di telinga. Berkeringat di satu sisi dahi disangkal. mata merah. Pasien mengeluhkan pusing dirasakan sering dan sudah 1 tahun ini memberat. Pasien mengaku dalam seminggu kemarin pasien pingsan hingga 11 x. menurut pasien nyeri berkurang ketika minum obat tetapi kembali lagi. buyer (-). Setahun ini nyeri kepala dirasakan memberat seperti tegang atau kencang dibelakang kepala serta akhir-akhir ini yang sering adalah nyeri sebelah atas kepala kiri (dahi kiri) disertai keluarnya air mata. demam (-). Menurut pasien sebelum pingsan. tetapi paling sering kepala kiri). Nyeri berlangsung terus-terusan dan terasa seperti ditusuk-tusuk dan tidak membaik jika istirahat. alergi (-). Akhir-akhir ini tidak dirasakan mual muntah. hipertensi (-). RPD : Riwayat trauma (+) menurut pasien dahulu sebelum sering mengalami nyeri kepala pasien pernah mengalami kecelakaan lalu lintas. dahulu frekuensi pusing kepala bisa 3 x dalam seminggu dan lamanya pusing dapat 30 menit . berdenyut. epilepsi (-). tetapi tidak nyaman saat melihat cahaya.

cluster headache umumnya tidak berkaitan dengan pemicu . d. GABAergic. oleh karena itu terdapat istilah yang disebut “menstrual migrain”. Apakah terdapat hubungan antara nyeri kepala pasien yang sekarang berupa cluster headache dengan menstruasi? 3. Beberapa wanita yang menderita migrain merasakan frekuensi serangan akan meningkat saat menstruasi. Berbeda dengan migrain. Faktor-faktor lain juga dapat berkontribusi untuk patofisiologi seperti : a. tromner (+/+). Dalam penelitian ditemukan bahwa menstruasi memiliki pengaruh yang sedikit terhadap terjadinya serangan pada pasien dengan karakteristik Cluster Headache secara umum. hingga sekarang. Tetapi sedikit yang diketahui mengenai hubungannya untuk menyebabkan sakit kepala cluster. Refleks fisiologis DBN. sedikit yang diketahui mengenai hubungan antara sakit kepala cluster dan siklus menstruasi. Memalui penelitian didapatkan bahwa selama menstruasi tidak terdapat adanya peningkatan frekuensi episode dari Cluster Headache dibandingkan dengan saat tidak menstruasi. Hormon tampaknya memainkan peran dalam menyebabkan migrain. PERASAAN TERHADAP PENGALAMAN Setiap menstruasi pasien selalu nyeri kepala. Terdapat hubungan yang erat antara nyeri kepala dengan menstruasi sebagai penyebab. Ditemukan adanya refleks patologis. serotonergik . b. Estrogen withdrawal sebagai bagian fisiologis dari siklus menstruasi. Penurunan sistem neurotransmitter inhibisi (yaitu. kaku kuduk (-).8 (saat serangan). Pasien Cluster Headache melaporkan lebih jarang terjadi memberatnya serangan saat menstruasi mereka dibandingkan dengan pasien migrain. brudzinski 1 (-). Tidak seperti migraine dan sakit kepala tipe tension. ANALISIS MASALAH Pasien ini mengalami nyeri kepala tiap menstruasi. Pemicu yang paling sering untuk migrain menstruasi adalah penurunan kadar estradiol serum yang terjadi tak lama sebelum dan selama periode waktu perimenstruasi . Menstruasi (perubahan hormonal) merupakan salah satu penyebab dari migrain. pada pemeriksaan fisik tidak ditemukan meningeal sign. Bahkan ada diantaranya yang hanya merasakan serangan migren saat menstruasi. refleks hoffman (+/+). dll ) yang memodulasi tingkat penjalaran neuron dari system trigeminal . Penyebab cluster headache masih belum diketahui. c. 2. Menurunnya tingkat serum magnesium. Pelepasan prostaglandin dari endometrium shedding yang mensensitisasi nociceptors perifer.

KESIMPULAN Menstruasi memiliki pengaruh yang sedikit terhadap terjadinya serangan dan memberatnya serangan pada pasien dengan Cluster Headache. Headache Classification Committee of the International Headache Society (IHS) The International Classification of  Headache Disorders. 2005.77:690–692 . J Neurol Neurosurg Psychiatry 2006. M D Ferrari. Namun pada beberapa orang dengan cluster headache adalah merupakan peminum berat dan perokok berat. I Favier. DAFTAR PUSTAKA  Matharu M. cluster headache umumnya tidak berkaitan dengan pemicu seperti makanan. Pemicu lainnya adalah penggunaan obat-obatan seperti nitrogliserin.seperti makanan.. J A van Vliet. pregnancy. Goadsby P. etc. use of oral contraceptives. L Bendtsen. New York. Setelah periode cluster dimulai. J Haan. perubahan hormonal atau stress. 3rd edition (beta version). Tidak seperti migraine dan sakit kepala tipe tension. P Goadsby. yang digunakan pada pasien dengan penyakit jantung. Cluster headache in women: relation with menstruation. and menopause. 4. perubahan hormonal atau stress. 5. Untuk alasan ini banyak orang dengan cluster headache menjauhkan diri dari alkohol selama periode cluster. Cluster headache: causes and current approaches to  treatment. J Olesen. F M Helmerhorst. konsumsi alkohol dapat memicu sakit kepala yang sangat parah dalam beberapa menit.