You are on page 1of 16

RSJ ISLAM KLENDER

Jl. Bunga Rampai X Perumnas Klender, Malaka Jaya, Duren Sawit
Telp: (021) 8622491, 86602402, Fax. (021) 86610234 Jakarta
13460

STATUS PSIKIATRI

I.

II.

IDENTITAS PASIEN
Nama
Jenis kelamin
Tempat tanggal lahir
Usia
Agama
Suku bangsa
Pendidikan
Pekerjaan
Status pernikahan
Alamat
Tanggal masuk RSIJ
Riwayat perawatan
- Rawat jalan
- Rawat inap
RIWAYAT PSIKIATRI
A. Bedasarkan
Auto anamnesa

Allo anamnesa

: Tn. M.A.I
: Laki-laki
: Yogyakarta, 31 juli 1976
: 35 tahun
: Islam
: Jawa
: Tidak selesai kuliah (semester 8)
: Tidak bekerja
: Belum menikah
: Jl. Kramat Rt 8/10 No. 62 Cipayung Jakarta Timur
: 30 Agustus 2010
: RS. Darmawangsa
: RS. Darmawangsa selama 2 minggu, RSJI Klender

:
: Diambil tanggal :
 2 Mei 2011 (pukul 13.30)
 3 mei 2011 (pukul 10.00)
: Diambil tanggal :

2 Mei 2011 (pukul 19.30) melalui telepon

Keluhan utama

: Pasien marah- marah tanpa sebab dan memukul ibunya

Keluhan tambahan

: Pasien mudah emosi dan sulit tidur. Pasien selalu takut

ada musuh, merasa was-was dan di awasi oleh musuh dan merasa selalu di ikuti oleh
musuh yang ingin memukul dari belakang.
1

Tetapi pasien masih merasakan kepalanya terasa pusing atau pening. Selain itu pasien merasa selalu merasa was-was dan merasa di awasi karena banyak musuh. Dimanapun pasien berada selalu mendengar suara nenek dan menyangkal ada wujud nenek. 1 hari Sebelum masuk rumah sakit jiwa klender. Fax. Sudah 8 bulan pasien sudah dirawat di RSIJK. terutama yang bernama “Rizal” yang mengaku sahabat pasien. Malaka Jaya. RIWAYAT GANGGUAN SEKARANG Pasien datang ke Rumah Sakit Jiwa Islam Klender (RSJIK) pada tanggal 30 agustus 2010. pasien ingin berbuka puasa dengan rokok namun saat itu rokoknya habis. (021) 86610234 Jakarta 13460 B. Pasien sering marah-marah kalau banyak orang yang datang kerumah. diantar oleh orangtuanya karena sudah 3 bulan sebelum masuk rumah sakit jiwa (SMRSJ) pasien sulit tidur. Pasien juga juga selalu merasa takut ada banyak musuh dan selalu diawasi oleh nenek pasien dan orang lain. Bunga Rampai X Perumnas Klender. Duren Sawit Telp: (021) 8622491. Pasien menyakini pasien masih diintai oleh temannya yang bernama rizal sampai dengan sekarang dan pasien yakin rizal ingin berbuat jahat terhadap diri pasien. pasien merasa kalau melihat banyak sandal yang ada di rumah kepalanya langsung terasa pening dan sering memukul-mukulkan kepalanya ke lemari. saat ibunya mengambil uang ibunya dipukul oleh pasien tanpa alasan yang jelas. Menurut ibunya. mudah emosi dan sering marahmarah tanpa sebab di rumah serta kepala pasien sering terasa pening. pasien takut membahayakan orang lain sehingga ibu pasien membawa pasien ke RSJIK. RIWAYAT GANGGUAN SEBELUMNYA GANGGUAN PSIKIATRI 2 . dan ingin meminta rokok kepada ibunya.RSJ ISLAM KLENDER Jl. keluhan seperti bisikan-bisakan yang dirasakan pada awal masuk RSJIK sudah tidak didengar oleh pasien lagi. C. Pasien juga merasa “rizal” ingin memukul pasien. 86602402.

GANGGUAN MEDIK Baru setelah dirawat dirs. Sejak saat itu pasien terlihat menyendiri dan pasien sering tertawa sendiri. Ibu pasien tidak pernah 3 . RIWAYAT PRENATAL DAN PERINATAL Menurut ibu pasien. (021) 86610234 Jakarta 13460 Menurut ibu pasien. Jari kaki pasien amputasi di karenakan ulkus diabetikum. Pada tahun 2001 pasien pernah menjalani rawat jalan dan rawat inap dirs. pasien bersikap aneh sejak tahun 2003 pada saat ayahnya meninggal sejak saat itu pasien lebih sering pendiam dan lebih sering menyendiri dikamar. RIWAYAT PENGGUNAAN ZAT PSIKOAKTIF Pasien merokok sejak SMP tapi pasien menyangkal pasien mengalami ketergantungan rokok. Sejak saat itu pasien menjadi terpukul dan merasa bahwa kematian ayah kandung dan kembarannya meninggal dikarenakan oleh pasien. Namun pada saat itu pasien masih bias berkomunikasi dengan ibunya. Pasien juga mengakui pernah mengkomsumsi sabu sejak SMA kelas 2 tapi pasien menyangkal pasien mengalami ketergantungan ataupun putus obat.RSJ ISLAM KLENDER Jl. Akan tetapi 7 hari setelah ayah kandungnya meninggal saudara kembarnya meninggal kemudian. E. Kelahiran pasien dikehendaki oleh keluarga pasien. Pasien dilahirkan cukup bulan tanpa ada trauma jalan lahir dan di tolong oleh dokter. 86602402. Malaka Jaya. RIWAYAT KEHIDUPAN PRIBADI SEBELUM SAKIT 1. selama kehamilan ibu pasien sehat dan tidak pernah mengalami sakit berat yang mengancam kehamilannya. Darmawangsa selama 2 minggu. Duren Sawit Telp: (021) 8622491. Fax. Bunga Rampai X Perumnas Klender. D. Dan keadaan ini dirasakan ibunya makin memburuk setelah adik kandungnya menikah.

Bunga Rampai X Perumnas Klender. pasien tidak pernah bertengkar hebat dengan saudara pasien atau dengan orangtua pasien.RSJ ISLAM KLENDER Jl. periang aktif dan dekat dengan anggota keluraganya. Fax. Sehari-hari pasien bersifat nakal. 3. berbicara. Menurut ibu pasien. serta toilet training. Pasien tumbuh normal seperti anak seusianya (belajar berdiri. pasien memiliki peringai sering marah-marah sewaktu pasien mengkomsumsi narkoba. Menurut ibu pasien. pasien memiliki banyak teman dan tidak sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. 86602402. pasien termasuk anak yang aktif. 4. Pasien tidak memiliki perilaku seperti sering ketakutan dan menarik diri.  RIWAYAT PENDIDIKAN FORMAL 4 . pasien terkadang tidak dapat mengendalikan emosinya sehingga terkadang pasien marah. mudah bergaul dan bersosialisasi dengan teman sebayanya. BB lahir 2700 gram dan PB 47 cm. Duren Sawit Telp: (021) 8622491. pasien bergaul dengan teman-teman yang memperkenalkan pasien dengan obat-obatan terlarang (narkoba). ini berlajut sampai pasien kuliah. (021) 86610234 Jakarta 13460 mengkomsumsi obat-obatan atau zat yang berbahaya yang mengancam kehamilan. MASA KANAK-KANAK PERTENGAHAN (4-11 TAHUN) Secara fisik. Menurut ibu pasien. Pasien mengaku mendapat pendidikan agama dari sekolah dan dari orangtuanya. Malaka Jaya. saudara laki-lakinya dan teman-teman baik yang berada di lingkungan rumah dan di lingkungan sekolahnya. MASA PUBERTAS DAN REMAJA  HUBUNGAN SOSIAL Menurut ibu pasien. berjalan. pasien tumbuh dan kembangnya sesuai dengan anak seusianya. Menurut ibunya. 2. Sewaktu SMA menurut ibu pasien. Pasien juga dekat dengan orangtua. MASA KANAK-KANAK DINI (0-3 TAHUN) Pasien diasuh oleh kedua orangtuanya dan ibu pasien memberikan ASI sampai usia 6 bulan.

walaupun pasien jarang mendapatkan prestasi pada pendidikan sekolah dan pasien tidak pernah tinggal kelas. Malaka Jaya. sehingga pasien mengetahui dengan sendirinya. pasien terlihat sesuai dengan usianya dan dalam perkembangan kognitif tidak terlihat adanya gangguan (dalam batas normal).  PERKEMBANGAN MOTORIK DAN KOGNITIF Dalam perkembangan fisik. kedua orang tuanya sibuk bekerja. sehingga pasien menghabiskan banyak waktu di luar rumah. Bunga Rampai X Perumnas Klender. Menurut pasien. Pasien pernah berkelahi dengan teman maupun saudara-saudaranya dan pasien pernah marah pada kedua orang tuanya. MASA DEWASA  RIWAYAT PEKERJAAN 5 . ia mulai menyukai lawan jenis sejak SMA tetapi tidak pernah pacaran. Pasien mengaku belum pernah mendapatkan pendidikan tentang seks dari orangtuanya karena masih dianggap tabu. Sewaktu kecil pasien. Semenjak SMA pasien mulai nakal dan sering bolos dan sering menggunakan shabu bersama temantemannya. (021) 86610234 Jakarta 13460 Pasien termasuk anak yang cerdas. 86602402. Fax. Pasien pernah di hukum dan kadang-kadang tidak mematuhi peraturan di sekolahnya. Duren Sawit Telp: (021) 8622491. Dan pada saat kuliah pasien kuliah di Universitas P jurusan hokum tetapi kuliahnya pun tidak sampai selesai hanya sampai semester 8 karena pada saat itu pasien masih menggunakan narkoba bersama teman-temannya. Pasien tidak mengalami kesulitan dalam belajar.  GANGGUAN EMOSI DAN FISIK Pasien pernah terlibat dalam masalah kenakalan remaja. 5.  RIWAYAT PSIKOSEKSUAL Pasien tidak memiliki riwayat gangguan psikososial.RSJ ISLAM KLENDER Jl.

Duren Sawit Telp: (021) 8622491. Tetapi semenjak ayah kandungnya meninggal. 6 . (021) 86610234 Jakarta 13460 Pasien belum pernah mengirim lamaran kerja maupun berniat untuk mencari pekerjaan. Fax.  RIWAYAT PERNIKAHAN Pasien belum pernah menikah  MASALAH SEKSUAL Pasien mengaku tidak pernah mengalami masalah seksual dan terlibat dalam kekerasan secara seksual. 86602402. tertutup dan menyendiri di kamarnya bahkan pasien juga sering terlihat berbicara sendiri dan tertawa sendiri. terlihat murung.RSJ ISLAM KLENDER Jl. Malaka Jaya. pasien lebih sering berdiam diri. Pasien tidak pernah mengalami pelecahan seksual.  RIWAYAT SOSIAL Sebelum ayah kandungnya meninggal pasien sering bergaul dengan teman-teman sebayanya dan hubungan social yang baik dengan temantemannya maupun di lingkungan sekitarnya. Bunga Rampai X Perumnas Klender.

Menurut pasien.RSJ ISLAM KLENDER Jl. Orang tua pasien mendidik anaknya cukup demokrasi. Malaka Jaya. 86602402. Fax. Kegaiatan pasien sebelum di bawa ke RSJI darmawangsa hanya makan dan tidur. Duren Sawit Telp: (021) 8622491. Pengobatan pasien didukung oleh orangtua pasien walaupun secara pas-pasan. 7 . Sehingga pasien lebih suka tidur dan tidak melakukan aktivas sehari-hari. (021) 86610234 Jakarta 13460 : Ayah pasien : kakek pasien  Hubungan pasien dengan saudara dan ayah ibunya cukup dekat. Bunga Rampai X Perumnas Klender. pasien selalu mengeluh kepalanya pusing.  KEADAAN SOSIAL SEKARANG Pasien tidak bekerja. Di dalam keluarga pasien tidak ada anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa seperti yang dialami oleh pasien pada saat ini.

sopan. sedikit koperatif. Pasien juga tidak mengalami kesulatan dalam berbicara. rambut dan muka terlihat kotor. PENAMPILAN Pasien seorang laki-laki berumur 35 tahun. Fax. Duren Sawit Telp: (021) 8622491. tidak ada kesulitan dalam berjalan. Tinggi badan 170 cm berat badan 75 kg dan terlihat sesuai dengan usia pasien. dan sewaktu ditanyakan apa ada hal yang lucu pasien hanya menjawab tidak ada. Bunga Rampai X Perumnas Klender. pasien menggunakan kaos berwarna biru dengan celana pendek berwarna merah dengan pinggir berwarna biru dan menggunakan sendal jepit. MIMPI. Pasien tampak tidak dapat merawat diri. Kecepatan : sedang Volume : sedang Irama : teratur Kelancaran : lancar. KHAYALAN DAN SISTEM PENILAIAN Mimpi : Tidak ada Khayalan : Tidak Ada Sistem penilaian : Penilaian tentang baik dan buruk adalah kurang baik STATUS MENTAL A. Pada saat wawancara. dan teratur serta menjawab pertanyaan dengan baik. Pasien sedikit melakukan kontak mata dengan pemeriksa. dan menjawab semua pertanyaan dari pemeriksa. Selama wawancara pasien terlihat diam. 3. berperawakan agak gemuk. tenang dan terkadang diakhir menjawab pertanyaan pasien terkadang senyum sendiri. 86602402. Malaka Jaya. kuku tangan dan akinya tampak panjang dan kotor. Selama wanancara pasien lebih terlihat banyak diam dan tatapan mata terlihat kosong. (021) 86610234 Jakarta 13460  III. DESKRIPSI UMUM 1. PERILAKU DAN AKTIVITAS MOTORIK Aktivitas motorik pasien baik. Gaya berjalan pasien baik. PEMBICARAAN Pasien berbicara dengan spontan. pelan. berkulit sawo matang. tidak gagap dan spontan 8 .RSJ ISLAM KLENDER Jl. 2.

SIKAP TERHADAP PEMERIKSA Pasien cukup koperatif. menjawab pertanyaan dengan baik. KESERASIAN : tidak serasi (appropriate) C. Malaka Jaya.RSJ ISLAM KLENDER Jl. 2. MOOD : hipotimik 2. DEREALISASI Tidak ada D. PROSES PIKIR 1. DEPERSONALISASI Tidak ada 4. GANGGUAN PERSEPSI 1. Duren Sawit Telp: (021) 8622491. B. AFEK : terbatas 3. KONTINUITAS Relevan dan teratur  BLOCKING  ASOSIASI LONGGAR  INKOHERENSI  WORD SALAD  NEOLOGISME : tidak ada : tidak ada : tidak ada : tidak ada : tidak ada 9 . Bunga Rampai X Perumnas Klender. ILUSI Tidak ada 3. (021) 86610234 Jakarta 13460 4. 86602402. Sekarang : pasien sudah tidak mendengar bisikan-bisakan yang diyakini suara neneknya. ASPEK DAN EKSPRESI AFEKTIF 1. dan pasien bersikap bersahabat. Fax. PRODUKTIVITAS Miskin ide 2. HALUSINASI Sewaktu pertama kali dirawat : pasien meyakini pasien mendengar suarasuara di teliga pasien yang mirip dengan suara neneknya. perhatian pasien terhadap pemeriksa cukup baik. sopan. kontak mata dengan pemeriksa seperlunya.

ISI PIKIRAN 1. (021) 86610234 Jakarta 13460  FLIGHT OF IDEAS : tidak ada 3. Fax. Dan waham persekutorik (waham kejar) pasien merasa dirinya ingin dipukul (dilukai) oleh ‘rizal’.RSJ ISLAM KLENDER Jl. 5. Malaka Jaya. TEMPAT : baik (Pasien mengetahui dimana dia berada). E. KOSENTRASI Baik (pasien diminta untuk mengeja dari belakang huruf yang terdapat pada kata DUNIA) 4. Duren Sawit Telp: (021) 8622491. PREOKUPASI : pasien ingin pulang 2. FUNGSI KOGNITIF DAN KESADARAN 1. ORANG : baik (Pasien mengetahui bahwa dirinya diwawancara oleh dokter muda) 3.  IDEA OF PREFERENCE : tidak ada  THOUGHT ECHO : tidak ada  THOUGHT BROADCASTING : tidak ada  THOUGHT WITHDRAWL : tidak ada  THOUGHT INSERTION : tidak ada F. DAYA INGAT o DAYA INGAT LAMA : baik (pasien masih ingat pasien bersekolah dimana sewaktu SD. SMA. KESADARAN Compos mentis 2. yaitu 2 bentuk bangun segi lima yang saling bersinggungan). GANGGUAN ISI PIKIRAN :  WAHAM : waham reference (pasien merasa selalu di intai dan di awasi oleh teman baiknya ‘rizal’). ORENTASI WAKTU : baik (Pasien dapat menentukan hari dan membedakan siang/malam). 86602402. SMP. Bunga Rampai X Perumnas Klender. KEMAMPUAN VISUOSPASIAL Baik (pasien dapat diminta menggambarkan kembali gambar yang dibuat oleh pemeriksa. HENDAYA BAHASA Tidak ada kendala dalam berbahasa. 10 .

INTELENGENSIA DAN PENGETAHUAN UMUM Baik ( pasien dapat menyebutkan siapa saja presiden yang pernah menjabat di Indonesia). Bunga Rampai X Perumnas Klender. RTA Terganggu I. Fax. o DAYA INGAT SEGERA : baik( Pasien dapat mengulangi enam angka maju dan selanjutnya 6 angka mundur yang disebutkan oleh pemeriksa). (021) 86610234 Jakarta 13460 o DAYA INGAT YANG BARU SAJA TERJADI : baik (Pasien dapat mengingat kejadian-kejadian penting yang terjadi pada bulan-bulan terakhir) o DAYA INGAT KEADAAN YANG BARU SAJA TERJADI : baik (Pasien dapat mengingat menu sarapan pagi yang pasien makan).RSJ ISLAM KLENDER Jl. DAYA NILAI  PEMIKIRAN SOSIAL : baik (Apabila terjadi kebakaran pasien langsung menyelamatkan diri supaya tidak terkena kebakaran). Duren Sawit Telp: (021) 8622491. J. TARAF DAPAT DIPERCAYA Pasien dapat dipercaya IV. STATUS INTERNIS  Keadaan umum  Kesadaran : Baik : Compos Mentis 11 .  UJI DAYA NILAI : baik (Pasien akan mengembalikan dompet bila tidak sengaja menemukannya dijalan). Malaka Jaya. G. H. PEMIKIRAN ABSTRAK Baik (Pasien mampu mengartikan peribahasa “panjang tangan”). 86602402. STATUS FISIK A. TILIKAN (INSIGHT) Derajat II Pasien menyadari dirinya sakit tetapi juga sekaligus menyangkal dirinya sakit pada waktu yang bersamaan. 7. 6.

A. Bunga Rampai X Perumnas Klender. refleks cahaya positif Hidung : Tidak ada kelainan Leher : Dalam batas normal. Emosi : Tidak Sesuai (appropriate) 12 . STATUS NEUROLOGIS .Gangguan Rangsang Meningeal : tidak ada .RSJ ISLAM KLENDER Jl. Trakea di tengah. Fax. karena sebelumnya terdapat ulkus diabetikum Kelainan khusus : Tidak ada B. Kesadaran : Compos Mentis b. di tengah. pupil isokor. RTA : Terganggu c. Malaka Jaya.Carotis teraba.Mata  Gerakan : Baik ke segera arah  Bentuk pupil : Bulat isokor  Rangsang Cahaya : +/+ (langsung dan tidak langsung) Motorik      V. Ekspresi Afek : Terbatas e. 86602402. Mood : Hypotimik d. (021) 86610234 Jakarta 13460               Tekanan darah : 120/90 mmHg Suhu : Afebris Nadi : 80x/menit Pernapasan : 20x/menit Mata : Konjungtiva tidak anemis. Duren Sawit Telp: (021) 8622491. tidak ada pembesaran KGB regional : tidak ada pembesaran Thorax : Dalam batas normal Abdomen : Dalam batas normal Urogenital : Dalam batas normal Ekstermitas : jari pertama mengalami amputasi. Tonus Turgor Kekuatan Koordinasi Refleks : : : : : Baik Baik Baik Baik Baik IKHTISAR PENEMUAN BERMAKNA a.

RSJ ISLAM KLENDER Jl. 86602402. Pasien sering di ejek kakak ipar dari ibunya yang mengatakan bahwa pasien kerjaannya hanya makan dan tidurtiduran saja. serta pasien merasa terpukul dengan meninggalnya ayah kandung dan kembaran ayahnya ikut meninggal . Bunga Rampai X Perumnas Klender. Tilikan : Derajat II j. Malaka Jaya. Sehingga pasien tidak mampu menerima keadaaan. i. Dan waham persekutorik (waham kejar) pasien merasa dirinya ingin dipukul (dilukai) oleh ‘rizal’. Gangguan proses pikir : Miskin ide h. VI. Faktor Stressor Karena adanya saudara yang menikah. AKSIS IV Stressor keluarga: kehilangan orang yang di cintai (orangtua pasien). FORMULASI DIAGNOSTIK AKSIS I :  Gangguan Persepsi : Halusinasi auditorik. (021) 86610234 Jakarta 13460 f. Duren Sawit Telp: (021) 8622491. Gangguan persepsi : Halusinasi auditorik (dulu). Hal ini menjadi pikiran pasien karena pasien belum menikah pada umurnya saat ini. merupakan tanda RTA terganggu sesuai dengan gejala psikosis.  Gangguan Proses pikir : Miskin ide  Isi pikir : Waham curiga o Dari gejala-gejala tersebut diatas. Terdapat amputasi pada jari kaki jari pertama setelah terjadi luka yang tidak sembuh-sembuh lalu terbentuk koreng. AKSIS V 13 . Gangguan isi pikir : Ada waham reference (pasien merasa selalu di intai dan di awasi oleh teman baiknya ‘rizal’). Fax. AKSIS III Diabetes mellitus. sekarang sudah tidak dirasakan pasien g. Menurut PPDGJ III termasuk kedalam diagnosis penyakit Skizofrenia Paranoid karena memenuhi kriteria diagnostik :  Memenuhi kriteria umum skizofrenia yaitu terdapat 2 gejala mayor  Gangguan afektif tidak menonjol dan gejala katatonik tidak ada AKSIS II Tidak ada gangguan kepribadian dan retardasi mental.

14 . Fax. disabilitas ringan dalam fungsi. secara umum masih baik  Fungsi merawat diri Pasien terlihat tidak mampu untuk mengurus dirinya sendiri  Fungsi pekerjaan Pasien masih dapat melakukan pekerjaannya sendiri dengan baik. Bunga Rampai X Perumnas Klender. VIII. Duren Sawit Telp: (021) 8622491. waham kejar. VII. (021) 86610234 Jakarta 13460 70-61 = Beberapa gejala ringan dan menetap. DAFTAR MASALAH  PROMBLEM ORGANOBIOLOGIK o Tidak Ada  PROBLEM PATOLOGIS DAN PERILAKU o Halusinasi auditorik.  Fungsi relasi dengan lingkungan Pasien dapat bergaul. Malaka Jaya. PROGNOSIS Dubia ad malam • Faktor yang mendukung ke arah baik:    • Dukungan dari keluarga untuk sembuh sangat baik Tidak ada factor herediter Respon terapi sangat baik sehingga gejala berkurang Faktor yang mendukung ke arah buruk:     Onset muda Belum menikah Masalah penggunaan zat psikoaktif yang dapat memperberat gejala. Perawatan rs yang berulang. waham curiga. Pasien terlibat kenakalan remaja dan pemakai zat psikoaktif. 86602402. namun teman-temannya tidak terlalu banyak.  PROBLEM SOSIO_BUDAYA o Pasien dari sudah mulai merokok dari sejak SD dan mencoba ganja SMA serta narkoba sejak kuliah sehingga pasien terlibat dalam kenakalan remaja.RSJ ISLAM KLENDER Jl.

Duren Sawit Telp: (021) 8622491. Cara atau Pendekatan : a. Fax. RENCANA TERAPI PSIKOFARMAKO ANTIPSIKOTIK Haloperidol 3x 5 mg THP 2X2 mg ANTIINSOMNIA Alprazolam PSIKOTERAPI PSIKOTERAPI REEDUKATIF Tujuan : mengubah pola perilaku dengan meniadakan kebiasaan (habits) tertentu dan membentuk kebiasaan yang lebih menguntungkan. dalam hal kepatuhan minum obat dan gejala atau tanda-tanda perubahan sikap pasien. (021) 86610234 Jakarta 13460 IX. Pasien disini tidak di gurui melainkan membimbingnya ke arah yang lebih baik. 86602402. 15 . b. c. Bunga Rampai X Perumnas Klender. Keluarga diharapkan tidak menjatuhkan harga diri pasien dengan mengucilkannya. Terapi perilaku : memberitahukan pasien bahwa memukul orangtua merupakan hal yang tidak dibenarkan dalam bidang agama dan normal-norma social. Keluarga harus lebih awas (aware) dalam mengawasi pasien. Selain itu mengedukasikan ulang bahwa penggunaan narkoba merupakan tindakan yang salah dan menyalahi aturan dan norma-norma yang berlaku. Disini pasien diharapkan bias memetik intisari dan pembelajaran hidup dari masalah-masalah yang ada didalam satu kelompok kecil. Terapi keluarga : Disini keluarga berperan aktif dalam kesembuhan pasien dan mensuport pasien. Pasien juga harus bisa mengontrol emosinya agar tidak melukai orang-orang disekitar pasien atas perbuatan atau perkataan kasar dari pasien. Dan diharapkan pasien dapat melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda dan ini membantu pasien dalam mendewasakan diri.RSJ ISLAM KLENDER Jl. Terapi kelompok : Pasien bisa di ikutkan dalam satu kelompok kecil yang memiliki berbagai problem atau masalah hidup. Malaka Jaya. justru itu kan memperparah penyakitnya.

Duren Sawit Telp: (021) 8622491.RSJ ISLAM KLENDER Jl. Malaka Jaya. 86602402. (021) 86610234 Jakarta 13460 16 . Bunga Rampai X Perumnas Klender. Fax.