You are on page 1of 40

IDENTITAS DAN

KOMUNIKASI INTERPERSONAL

MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH
Komunikasi Interpersonal
yang dibina oleh Yuni Rachmawati, ST., MT.

oleh
Kelompok 3
Ahmad Feriansyah

140536606313

Alrizal Akbar Nusantara

140536605525

Aulawi Iqbal Alkadiri

140536605833

Hendra Asfamiandi Januari

140536605749

Ja’a Khusnul Huda

140536605896

UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
Desember 2014

i

(Ketua)

DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL.............................................................................................i
DAFTAR ISI..........................................................................................................ii
BAB I

PENDAHULUAN....................................................................................1
A. Latar Belakang Penulisan Makalah..................................................1
B. Rumusan Masalah............................................................................3

BAB II

PEMBAHASAN......................................................................................5
A.
B.
C.
D.
E.
F.
G.

Karakteristik Diri Sendiri.................................................................5
Sumber Pengetahuan Diri Sendiri..................................................10
Membuat Identitas.........................................................................17
Lapisan Identitas............................................................................22
Jarak Identitas................................................................................23
Kemunculan Masa Dewasa............................................................23
Mendapatkan Kekosongan.............................................................26

BAB III KESIMPULAN......................................................................................30
DAFTAR RUJUKAN............................................................................................31

ii

iii

1

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Penulisan Makalah
Identitas menurut Stella Ting Toomey merupakan refleksi diri atau
cerminan diri yang berasal dari keluarga, gender, budaya, etnis dan proses
sosialisasi. Identitas pada dasarnya merujuk pada refleksi dari diri kita sendiri dan
persepsi orang lain terhadap diri kita. Smentara itu, Gardiner W. Harry dan
Kosmitzki Corinne melihat identitas sebagai pendefinisian diri seseorang sebagai
individu yang berbeda dalam perilaku, keyakinan dan sikap.
Identitas berawal dari teori identitas sosial yang dikemukakan oleh Henri
Tajfel dan John Turner pada tahun 1979. Teori tersebut awalnya dikembangkan
untuk memahami dasar psikologis dari diskriminasi antarkelompok. Tajfel dan
Turner berusaha untuk mengidentifikasi kondisi minimal yang akan membawa
anggota dari suatu kelompok untuk melakukan diskriminasi terhadap anggota
kelompok lain. Identitas memiliki beberapa jenis antara lain sebagai berikut:
Identitas seksual
Identitas seksual mengacu pada identifikasi seseorang dengan berbagai
kategori seksualitas. Bisa berupa heteroseksual, gay, lesbian dan biseksual.
Identitas seksual yang kita miliki akan mempengaruhi apa yang kita konsumsi.
Program televisi apa yang akan kita lihat atau majalah apa yang akan kita baca.
Identitas seksual juga dapat mempengaruhi pekerjaan seseorang.

Sementara itu. Identitas pribadi Identitas pribadi merupakan karakteristik unik yang membedakannya dengan orang lain. . Gaya komunikasi perempuan sering digambarkan sebagai suportif. Ungkapan gender tidak hanya mengkomunikasikan siapa kita. personal dan disclosive. Misalnya saja kegiatan yang dianggap lebih maskulin atau lebih feminim. sedangkan gaya komunikasi laki-laki digambarkan sebagai kompetitif dan tegas. Identitas gender juga ditunjukkan oleh gaya komunikasi. tetapi juga mengkonstruksi rasa yang kita inginkan. Pengaruh budaya juga turut mempengaruhi identitas pribadi seseorang. egaliter. Identitas pribadi juga bisa diartikan sebagai aturan moral pribadi atau prinsip moral yang digunakan seseorang sebagai kerangka normatif dan panduan dalam bertindak. orang yang berasal dari budaya kolektif cenderung menonjolkan keanggotaan mereka kepada orang lain. Setiap orang mempunyai identitas pribadinya masing-masing sehingga tidak akan sama dengan identitas orang lain. Arti menjadi seorang perempuan atau laki-laki sangat dipengaruhi oleh pandangan budaya.2 Identitas gender Identitas gender merupakan pandangan mengenai maskulinitas dan feminitas dan apa arti menjadi seorang laki-laki atau perempuan. Orang yang berasal dari budaya individualistis seperti Amerika Serikat dan Eropa Barat berusaha untuk menunjukkan perbedaan dirinya dengan orang lain.

Bagaimana karakteristik diri sendiri? 2. Mayoritas dari masyarakat mengasosiasikan identitas nasional mereka dengan negara di mana mereka dilahirkan. Identitas agama juga ditandai dengan busana yang dipakai. bukan identitas yang diperoleh saat lahir. Orang yang identitas nasionalnya berbeda dari tempat ia dilahirkan pada akhirnya akan mulai mengadopsi aspek identitas nasional yang baru. Identitas nasional Identitas nasional merujuk pada kebangsaan seseorang. Bagaimana cara membuat identitas? 4. Identitas nasional biasanya menjadi sering diucapkan saat seseorang berada di negara lain. Sementara itu. Jelaskan sumber pengetahuan diri sendiri? 3. Identitas agama ditandai dengan adanya ritual yang dilakukan oleh pemeluk agama tersebut. Jelaskan lapisan-lapisan identitas? .3 Identitas agama Identitas agama merupakan dimensi yang penting dalam identitas seseorang. identitas agama menjadi hal yang bisa dipilih. bukan hasil dari pilihan individu. hal ini tergantung pada keterikatan pada negara yang baru tersebut. Identitas tersebut merupakan pemberian secara sosial dan budaya. B. Akan tetapi. identitas nasional dapat juga diperoleh melalui imigrasi dan naturalisasi. Namun. orang yang secara permanen tinggal di negara lain mungkin akan mempertahankan identitas negara tempat ia lahir. Rumusan Masalah 1. Hanya pada era moderm.

4 5. Bagaimana munculnya kedewasaan? 7. Jelaskan cara mengatasi pada saat mendapat kekosongan? . Jelaskan jarak indentitas? 6.

Karena kelas yang tidak konsisten dengan pandangan Anda dari kemampuan Anda.5 BAB II PEMBAHASAN A. Karakteristik Diri Sendiri Meskipun konsep diri setiap orang adalah unik . Keinginan untuk memiliki konsep diri kita dapat mempengaruhi hubungan kita dengan orang lain. kita sering bias dalam cara kita berpikir tentang diri kita sendiri dan mengevaluasi. Mungkin tidak mengherankan. 1983). Sebaliknya. diri adalah konsep diri subjective. Bayangkan menerima skor ujian yang jauh lebih tinggi atau lebih rendah dari biasanya. Sebagai contoh. Salah satu bias kami adalah kecenderungan untuk menafsirkan informasi baru dengan cara yang konsisten dengan bagaimana kita sudah melihat diri kita (Swann. Anda mungkin menyimpulkan bahwa ujian itu sangat mudah atau sangat tidak adil. menjadi baik berlebihan atau diremehkan oleh pasangan memprediksi . atau menjadi pekerja keras .Your secara inheren subjektif . beberapa kualitas umum berlaku untuk semua orang diri . Karakteristik berikut adalah fitur inti konsep diri setiap orang. dengan kata lain. kita melihat pengalaman yang mendukung persepsi diri kita sebagai yang lebih valid dan penting. di sisi lain . Sebagai contoh. memiliki rasa humor yang baik. Anda mungkin menganggap diri Anda untuk menjadi teman yang baik. sebuah studi dari pasangan menikah menunjukkan bahwa orang yang paling puas ketika pasangan mereka melihat mereka cara mereka melihat diri mereka . Anda adalah yang Anda pikir Anda. tapi orang lain mungkin melihat Anda berbeda.

ketidakpuasan perkawinan . dan bahkan kemungkinan perceraian ( Burke & Harrod .depresi. 2005). Aspek 6 .

.  Saya berharap saya bisa lebih menghargai diri sendiri.  Saya merasa saya tidak punya banyak apa – apa yang bias saya banggakan. Demikian juga. orang-orang yang percaya diri mereka terancam lebih mungkin untuk mengatasi perasaan cemburu dengan diam-diam memanipulasi atau menghindari sikap romantic mereka (Guerrero & A fifi . seperti pengawasan. saya puas dengan diriku sendiri. Harga diri anda mempengaruhi bagaimana Anda berkomunikasi. 2001).7 subjektif lain diri adalah harga diri. untuk mengumpulkan informasi tentang tempat kerja ( Teboul . 1995).  Saya mampu melakukan hal-hal yang kebanyakan orang lakukan.  Saya cenderung merasa bahwa saya gagal. ketika mereka berpikir hubungan romantis mereka memburuk (Chory . 1998). seperti meminta pihak ketiga untuk informasi . Secara khusus.  Saya merasa bahwa saya memiliki kualitas yang baik. Para peneliti melakukan percobaan dengan meminta beberapa orang.Assad & BoothButter field.  Pada saat saya berfikir saya tidak baik sama sekali. Harga diri juga berpengaruh dengan cara orang berkomunikasi di tempat kerja. Saya pasti merasa tidak berharga sekali . kebanyakan mereka setuju dengan pernyataan seperti ini ( Rosenberg . karyawan baru cenderung menggunakan strategi tidak langsung. orang dengan harga diri rendah cenderung tertutup. Misalnya. 1989) :  Secara keseluruhan . yang merupakan penilaian secara keseluruhan dari seseorang dan nilai dari diri sendiri .

Di sisi lain. sisi yang berbeda untuk konsep diri Janine saling melengkapi . Ada sejumlah pihak untuk konsep-diri kita yang mencerminkan peran dan hubungan yang kita miliki dalam berbagai aspek kehidupan kita. tujuan Janine akademik . mungkin karena pengalaman negatif cenderung merusak semua aspek yang berbeda ( Constantino . pengabdian Janine untuk timnya. orang-orang dengan konsep diri yang kompleks cenderung mengalami sedikit depresi setelah peristiwa kehidupan yang penuh tekanan. atau tidak kompatibel dengan satu sama lain. Sebagai contoh. dan komitmennya untuk bekerja keras . meskipun. Yang penting. Jika prioritas Janine sebagai seorang atlet mengganggu kemampuannya untuk unggul sebagai mahasiswa atau menunjukkan komitmen untuk keluarganya. aspek-aspek konsep dirinya tidak kompatibel. dan keluarga mungkin meminta dia untuk mengajari rekan satu tim dalam pertukaran untuk mengunjungi keluarganya untuk akhir pekan . Pertimbangkan.8 Diri adalah beragam. rasa Janine tentang diri menekankan kekuatannya. yang menghadiri kuliah dengan beasiswa dayung. jurusan seni. dan adik mahasiswi . koneksi ke timnya. penelitian . Dalam perannya sebagai mahasiswa. & Pinel . kemampuan . Keluar di atas air . contoh Janine . Horowitz . dan keterbatasan aspek utama konsep dirinya. Dalam hal ini. Dia juga anak imigran Amerika Selatan. atau kurang kompatibel. Ambil contoh Janine. sekali lagi. Wilson . 2006) . Janine mungkin melewatkan kelas untuk fit dalam latihan tambahan atau mengorbankan liburan bersama keluarganya karena tim bepergian untuk kompetisi. masing-masing peran tersebut menyerukan kepada yang berbeda dari kualitas pribadi atau aspek dirinya . Aspek yang berbeda dari konsep-diri Anda bisa lebih.

1 ) . " tetapi yang juga memiliki sisi sensitif . yang dikenal sebagai diri tertutup . sehingga menjadi bagian dari diri yang tersembunyi . Sebagai contoh.bagian dari diri yang dia tahu tentang. ada beberapa aspek dari diri orang lain dapat melihat dalam diri Anda bahwa Anda tidak dapat melihat dalam diri Anda . Ada juga bagian dari diri kita bahwa kita tidak berbagi dengan orang lain .9 o Aspek dari diri sendiri lebih atau kurang terlihat Meskipun beberapa aspek dari diri mudah dikenali oleh orang lain. tapi tidak terlihat oleh orang lain . Di sisi lain. Perhatikan contoh dari seseorang yang dikenal sebagai " orang yang keras . tetapi Anda tidak menyadari tentang diri Anda . Menampilkan pihaknya lembut akan mengurangi reputasi publik bahwa ia mencoba untuk menegakkan. Informasi tentang diri Anda bahwa Anda menyadari dan yang terlihat oleh orang lain disebut sebagai diri terbuka .  Diri yang terbuka Informasi tentang Anda bahwa Anda menyadari tentang hal tersebut dan berbagi dengan orang lain  Buta tentang diri sendiri Informasi tentang Anda bahwa orang lain menyadari. Final segi diri terbagi menjadi empat yaitu . guru dapat melihat potensi dalam seorang mahasiswa bahwa siswa belum menyadari . The Johari Window alat untuk menjelajahi aspek diri Anda yang lebih atau kurang terlihat ( lihat Gambar 3. ada sisi lain yang kami mencoba untuk menjaga pribadi atau bahwa kita bahkan mungkin tidak menyadari .

dibandingkan LinkedIn. cerdas .faceted . dan menyenangkan . dan ditentukan Anda bisa sampai Anda dihadapkan dengan situasi kehidupan yang menantang. The Johari Jendela membantu kita untuk menjadi lebih sadar bagian dari diri kita yang sudah kita ketahui dan untuk mengeksplorasi aspek diri kita bahwa kita belum menyadari Diri yang dinamis yaitu : Meskipun konsep diri multi. Anda mungkin menekankan aspek diri Anda sebagai supel. Mengingat sifat profesional Anda LinkedIn profil. Anda akan lebih mudah untuk menekankan Anda kecerdasan . Di Facebook Anda profil. hanya segi yang relevan pada saat tertentu aktif atau operasional . Mungkin Anda dan orang yang Anda kenal tidak pernah menyadari betapa ulet. ramah . dibandingkan Match. prestasi . tetapi Anda menyimpan rahasia dari orang lain  Diri yang tidak diketahui Merupakan bagian dari diri Anda yang tidak Anda kenal dan tidak terlihat oleh orang lain. . rasa diri kita adalah dinamis .10  Diri yang tertutup Informasi tentang Anda bahwa Anda menyadari. Informasi yang mendominasi akal seseorang diri pada titik tertentu dalam waktu yang disebut konsep diri bekerja Pertimbangkan bagaimana Anda dapat menampilkan diri secara berbeda jika Anda membuat profil Facebook. Akibatnya. dan motivasi . ketergantungan . termotivasi.com .bergeser dari waktu ke waktu dan antara situasi .

Agar perilaku diri bisa selalu diawasi. 1. Selanjutnya. atau dikendalikan maka diri harus memiliki seperangkat nilai-nilai kehidupan untuk menjadi dasar perilaku sehari-hari. Maksdunya adalah dengan melakukan pengamatan terhadap tingkah laku dan perilaku selama ini dalam kehidupan sehari-hari baik perilaku terhadap orang lain maupun terhadap diri sendiri. Bila Anda telah memiliki fondasi sifat. diamati.11 B. kehidupan harus dimulai dari nilai-nilai yang diinginkan untuk menjadi fondasi sifat. Mengamati Diri Sendiri Mengamatan yang dimaksud disini adalah bukan pengamatan untuk melakukan sebuah observasi terhadap sebuah perusahaan atau intansi tertentu. Sumber Pengetahuan Diri Sendiri Cara Untuk Mengenal Diri Sendiri Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengetahui seperti apa sebenarnya anda dan apakah anda sudah sepenuhnya menjadi diri anda sendiri atau belum. Mengamati perilaku diri sendiri adalah sebuah perbuatan yang sangat berguna untuk bisa selalu mengendalikan diri ke arah dan tujuan yang diinginkan. Perilaku diri tanpa diawasi atau dikendalikan akan menjadi sangat liar dan berpotensi menghilangkan diri sejati seseorang. maka Anda harus menunjukkan motivasi dan persepsi Anda atas . melainkan melakukan pengamatan terhadap diri sendiri.

Motivasi dan persepsi 12 .nilai-nilai yang Anda pilih untuk menjadi dasar sifat Anda.

dan pastikan nilai-nilai tersebut benar-benar berfungsi membuat perilaku dan karakter Anda sesuai harapan dan mimpi Anda. Miliki waktu untuk merenungkan nilai-nilai yang harus Anda buat kuat.13 atas nilai-nilai akan menjadi perilaku atau pun karakter diri yang dilihat oleh orang lain. Dan. Peranan Sosial Anda Dalam kehidupan sosial. maka Anda akan terperangkap pada persepsi sempit atas makna dari nilai yang tidak Anda pahami seutuhnya dalam perilaku dan karakter Anda. Biasanya. disinilah tantangan kehidupan terbesar itu muncul. Anda harus memiliki serangkaian nilai-nilai. Bila nilai-nilai pilihan hidup Anda sudah menjadi dasar dari perilaku kehidupan sehari-hari Anda. Sebagai makhluk sosial. Bila Anda mengabaikan nilai-nilai terlemah. maka apa pun situasi dan kondisi kehidupan Anda. sangat tidak mudah membuat setiap nilai berdiri sejajar sama kuat. Oleh karena itu. seorang individu dihadapkan dengan beragam norma dan struktur sosial. agar nilai-nilai tersebut bisa menjadi akar dari pertumbuhan perilaku dan karakter Anda yang luar biasa. setiap nilai akan tersusun dalam suatu hirarki. Awasi nilainilai pilihan hidup Anda. dan selalu mengamati perilaku diri sendiri secara rutin sambil melihat nilai-nilai terlemah dan yang kurang kuat membantu pertumbuhan karakter dan perilaku Anda. seorang . 2. Anda akan selalu bertindak sesuai dengan apa yang paling penting dan berharga bagi Anda pada saat itu berdasarkan nilai-nilai kehidupan Anda.

Artinya. Ketidaksempurnaan yang melekat pada diri individu merupakan alasan kenapa individu membutuhkan individu lainnya. Ketiganya mendefinisikan peranan sebagai seperangkat harapan-harapan yang dikenakan pada individu yang menempati peranan sosial tertentu. Mason. kita dapat melihat definisi peranan yang diberikan oleh Gross. Harapan-harapan tersebut merupakan imbangan dari norma-norma sosial dan oleh karena itu dapat dikatakan bahwa peranan-peranan itu ditentukan oleh norma-norma didalam masyarakat. dan McEchern. Sehingga konsekuensinya adalah seorang individu yang menempati peranan yang lebih tinggi.14 individu tidak dapat hidup seorang diri karena akan selalu dihadapkan oleh seperangkat permasalahan yang terkadang bahkan seringkali tidak mampu diatasi oleh seorang diri. Didalam peranan terdapat dua macam harapan. kerap kali seorang individu menaruhkan harapannya kepada individu lainnya. Harapanharapan dari masyarakat terhadap pemegang peran atau kewajiban- . yakni 1). Selebihnya. Pemikiran tentang peranan sebagai seperangkat harapan yang ditentukan oleh masyarakat sebagai pemegang kedudukan sosial adalah sejalan dengan perspektif mengenai “masyarakat” yang berpendapat bahwa tiap individu memegang peranan yang diberikan oleh masyarakat kepada mereka[1]. harapan yang dari seorang individu terhadap individu lainnya adalah apa yang disebut sebagai peranan dalam dunia sosial. Setiap individu menempati peranan sosial yang berbeda dengan individu lainnya. akan menerima dan menjawab harapan-harapan yang datang dari individu yang berada pada peranan dibawahnya.

Contoh kecil ketika anda berceramah atau . maka anda akan dapat langsung mengetahui apakah tujuan dari pesan anda tersampaikan atau tidak. Jadi.15 kewajiban dari pemegang peran. Harapan-harapan yang dimiliki oleh si pemegang peran terhadap “masyarakat” atau terhadap orang-orang yang berhubungan dengannya dan menjalankan peranannya atau kewajiban-kewajibannya[2]. 3. karena umpan balik merupakan unsur yang paling penting dalam menentukan keberhasilan komunikasi. Dengan mengetahui umpan balik yang dikirimkan oleh lawan bicara. dan 2). Dalam komunikasi yang baik umpan balik haruslah ada. tapi makna yang sebenarnya adalah “memberi masukan kembali”. Keberlangsungan komunikasi yang dibangun sebelumnya ditentukan oleh umpan balik sebagai bentuk penilaian. umpan balik adalah sebagai nilai raportnya. umpan balik (feedback) merupakan satu-satunya elemen yang dapat ’menjudge’ apakah komunikasi yang telah berlangsung berhasil atau gagal. Umpan balik yang ditimbulkan dalam proses komunikasi yang anda lakukan memberikan gambaran kepada anda tentang seberapa berhasil komunikasi yang anda lakukan. Apakah umpan balik itu berupa respon negatif ataupun respon positif. Arti harfiah kata ini adalah “memberi makan kembali”. dan bila dianalogikan lagi dengan seorang siswa-dia naik kelas atau tidak-maka. Feedback (Umpan Balik) Dari Orang Lain Feedback adalah dua kata jadian / bentukan dalam bahasa Inggris yang terdiri dari kata feed (artinya: memberi makan) dan back (artinya: kembali).

ada yang menguap karena bosan. Semua perilaku atau reaksi yang dilakukan oleh penonton di depan anda merupakan umpan balik yang langsung diberikan kepada anda sebagai pembicara. mengganggu orang . melakukan hal lain yang tidak ada hubungannya dengan yang sedang dibahas. mengobrol. memperhatikan dengan serius. Segalanya sesuatu yang merupakan lawan dari feedback positif adalah feedback negatif. Feedback negatif adalah isyarat / gejala yang ditunjukkan oleh komunikan yang menandakan bahwa ia / mereka memiliki sikap serta perilaku yang dapat berkisar dari mulai tidak setuju hingga tidak menyukai pesan.16 berpidato di depan khalayak umum. Maka anda akan dapat melihat reaksi apa saja yang dilakukan oleh pendengar di depan anda. atau bahkan diri sang komunikator. ada yang mengobrol dengan teman di sampingnya. Dalam Ilmu Komunikasi dikenal beberapa jenis feedback. mencatat. responsif ketika ditanya. dan tidak menunjukkan perlawanan / pertentangan. atau melakukan interupsi atas apa yang kita sampaikan. Jenisjenis feedback tersebut adalah : 1. membantu dan mau bekerja sama dengan komunikator untuk mencapai sasaran komunikasi tertentu. Mungkin ada yang tekun memperhatikan. Feedback Positif – Feedback Negatif Feedback positif adalah isyarat / gejala yang ditunjukkan oleh komunikan yang menandakan bahwa ia / mereka memahami. Contohnya : komunikan mengangguk-angguk. cara penyampaian. Contohnya : sikap acuh tak acuh.

tiba-tiba ada yang menangis. Feedback Internal – Feedback Eksternal Feedback Internal adalah yang menunjukkan sumber dari isyarat / gejala yang menjadi feedback. atau keluar ruangan / walk. maka yang kita lihat itu dapat kita katakan sebagai hal yang terjadi karena ada feedback internal pada diri komunikator. Dalam hal ini komunikan dapat menunjukkannya dengan memberikan ekspresi .17 lain. Feedback Netral – Feedback Zero Feedback Netral adalah jenis feedback yang sulit untuk dinilai sebagai isyarat /gejala yang menunjukkan respon positif atau negatif. 3. apakah itu positif atau negatif. memotong pembicaraan / interupsi secara tidak sopan. 2. Dengan kata lain feedback netral adalah feedback yang tidak jelas wujudnya. Komunikator tidak tahu harus menafsirkan isyarat / gejala yang muncul dari komunikan.out tanpa izin dari komunikator. nyeletuk. Bila itu muncul dari dalam diri komunikator. … Feedback Zero adalah feedback yang sulit dimengerti oleh komunikator. Contohnya : perilaku diam ketika ditanya mengerti atau tidak. dan sebagainya. dan sebagainya. Feedback Eksternal adalah feedback yang munculnya berasal dari komunikan. misalnya ketika komunikator telah mengatakan sesuatu. Contohnya : ada yang tertawa ketika komunikator tidak sedang menyampaikan hal yang lucu. maka itu disebut feedback internal. tapi kemudian ia ingat sesuatu dan meralat apa yang telah ia katakan. Maksudnya.

cara berdiri. seperti ekspresi wajah. bisa berupa lisan atau tulisan. maka itu berarti merupakan respon atau tanggapan. gerak-gerik. bentuk senyuman. nyeletuk (menyampaikan komentar secara spontan ketika komunikator sedang menyampaikan pesannya). Mereka menyatakan ini karena . atau dapat pula berupa secarik kertas yang ditulisi yang mengatakan sesuatu kepada yang sedang berbicara agar ia segera berhenti karena waktu untuknya sudah habis. Feedback Verbal – Feedback Non-Verbal Feedback Verbal menunjuk pada bentuk atau wujud dari apa yang disampaikan komunikan sebagai reaksinya pada suatu perilaku komunikasi tertentu yang sedang berlangsung. Feedback Non-Verbal adalah yang wujudnya bukan berupa lisan atau tulisan. Bila sesudahnya. feedback seharusnya adalah sesuatu yang tampak/dapat diidentifikasi keberadaannya ketika sebuah proses komunikasi tengah berlangsung. Artinya. Pesan komunikasi yang verbal adalah yang bentuknya merupakan wujud dari penggunaan bahasa. cara menatap.18 wajah tertentu. Alasannya adalah. gerak-gerik. cara duduk. perilaku atau bahkan suara-suara yang muncul ketika komunikasi tengah berlangsung. Harap diingat pengertian verbal di sini. Contoh dari feedback verbal misalnya adalah interupsi (memotong pembicaraan). isyarat tangan. 5. Feedback Langsung – Feedback Tidak Langsung Beberapa ahli komunikasi tidak sepakat dengan adanya dua jenis feedback ini. bukan sesudahnya. dan sebagainya. 4.

atau film? Dan bagaimana mereka mengetahui nilai-nilai politik Anda. C. Surat kabar.19 pengertian feedback langsung (immediate feedback) adalah feedback yang ditunjukkan ketika komunikasi sedang berlangsung. pada dasarnya adalah menjadi diri sendiri. sehingga surat pembaca dapat dijadikan contoh sebagai feedback tidak langsung. Artinya. Konteks dua jenis feedback ini adalah pada perbandingan antara komunikasi interpersona dan komunikasi massa. komitmen Anda untuk agama. Ini berbeda dengan komunikasi massa. Pada komunikasi interpersona. malu. orang yang berbicara / komunikator akan dapat segera mengetahui bagaimana reaksi si komunikan ketika ia sedang menyampaikan pesan tertentu (karena situasinya tatap muka). Membuat Identitas Bagaimana orang-orang di sekitar anda tahu apakah anda tegas. dan feedback tidak langsung (delayed feedback) adalah feedback yang disampaikan ketika komunikasi telah selesai. jelas untuk sebagian besar feedbacknya akan bersifat langsung atau segera. atau pikiran anda tentang memiliki anak? Komunikasi interpersonal adalah alat yang ampuh yang memungkinkan anda untuk menampilkan diri kepada orang lain. Cara kita melakukannya. . menyenangkan. hewan. atau sinis? Bagaimana mereka datang untuk mengetahui perasaan anda tentang topik seperti olahraga. Feedback mereka dapat disampaikan melalui surat pembaca yang biasanya waktunya adalah cukup lama sejak apa yang ditanggapi terbit atau dibaca oleh komunikan. misanya. Para pembaca tidak dapat memberikan feedback yang segera.

Keterbukaan diri (Self-disclosure) Self disclosure didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengungkapkan informasi tentang diri sendiri kepada orang lain (Wheeles. Pengungkapan diri merupakan bagian penting dari pengembangan hubungan dekat. yang melibatkan berbagi penegasan tentang informasi pribadi yang anda bagikan dengan orang lain. mengungkapkan informasi tentang diri anda adalah cara yang langsung di mana anda mewakili identitas anda melalui komunikasi interpersonal. dan apa yang anda lakukan untuk bersenang-senang. Ketika anda memberitahu kenalan baru anda dari mana anda berasal. apa yang anda hargai. Jika anda memiliki akun Facebook atau Twitter. anda sbenarnya sudah menggambarkan identitas anda. semakin banyak informasi pribadi yang anda bagi dengan teman . Secara umum. Demikian juga.20 Salah satu cara yang kita menampilkan diri kita kepada orang lain adalah dengan keterbukaan diri (self-disclosure). 1978). kekhawatiran Anda tentang keluarga Anda. apa yang anda rasakan. apa yang anda pelajari di perguruan tinggi. setiap update status dan setiap tweet yang anda posting adalah pengungkapan yang menyediakan informasi tentang siapa diri anda. dan ke mana anda akan pergi.pengaruh bagaimana teman yang melihat anda.harapan anda untuk masa depan. . Sedangkan Person (1987) mengartikan self disclosure sebagai tindakan seseorang dalam memberikan informasi yang bersifat pribadi pada orang lain secara sukarela dan disengaja untuk maksud memberi informasi yang akurat tentang dirinya. atau penyesalan tentang perilaku masa lalu anda .

seseorang harus membuka diri atau berkomunikasi dengan orang lain karena akan meningkatkan pengetahuan tentang diri kita. 21 . Pada saat yang sama.Pengetahuan tentang diri akan meningkatkan komunikasi.

Blind self Bagian self ini menyajikan hal-hal tentang diri kita yang diketahui oleh orang lain tapi tidak diketahui oleh kita sendiri. kecemasan. 3. Informasi disini meliputi agama. Hidden self Bagian ini berisi tentang hal-hal yang kita ketahui dari dalam diri kita sendiri dan tidak diketahui oleh orang lain. bagian ini harus diperbesar.22 1. keinginan. sifat. Menurut Luft jika bagian “diri” ini diperkecil maka hubungan interpersonal memiliki kualitas yang rendah. jenis kelamin. motif dan ide yang diketahui oleh diri kita sendiri dan orang lain. rasa takut terhadap sesuatu. masalah pribadi. Bagian ini perlu diperkecil karena mengakibatkan kualitas komunikasi interpersonal kurang baik. yang kita simpan hanya untuk diri kita sendiri. perasaan. . Hal itu misalnya kondisi keuangan yang buruk. nama. Maka supaya mempunyai kualitas komunikasi interpersonal baik. hobi. Open self Bagian self ini menyajikan informasi. 2. Ada orang yang hidungnya memerah ketika malu atau ada pula yang tidak menyadari dirinya selalu mengucapkan kata-kata. status social. perilaku. kehidupan seks. masalah keluarga. “…gitu…gitu” ketika berkomunikasi. rasa tau warna kulit.

Meskipun sulit diketahui tapi harus disadari bahwa bagian “diri” ini ada dalam diri kita. Membuka diri berarti bersikap realistik. semakin orang lain tersebut akan menyukai diri kita. Akibatnya. pembukaan diri kita haruslah jujur. 3. 5. Maka.23 4. Salah satu cara untuk melacak bagian “diri” ini adalah dengan metode hipnotis. Pembukaan diri merupakan dasar bagi hubungan yang sehat antara dua orang. Orang yang rela membuka diri kepada orang lain terbukti cenderung memiliki sifat. Membuka diri kepada orang lain merupakan dasar relasi yang memungkinkan komunikasi intim baik dengan diri kita sendiri maupun dengan orang lain. tulus dan autentik. Menurut Jhonson (1981). ia akan semakin membuka diri kepada kita. bebarapa manfaat dan dampak pembukaan diri terhadap hubungan antar pribadi adalah sebagai berikut : 1. Semakin kita bersikap terbuka kepada orang lain. 2. Menurut Devito (1989) ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh seseorang jika mau mengungkap informasi diri kepada orang lain antara lain: . 4. Unknown self Bagian ini merupakan aspek dari diri kita yang tidak diketahui oleh diri kita sendiri dan orang lain.

kemampuan kemampuan bersosialisasi. dalam situasi yang bagaimana keterbukaan diri dilakukan. individu akan merasakan beban itu terkurangi. maka akan terasa berat sekali memikulnya. berinteraksi dengan orang lain. sehingga orang tersebut ringan beban masalah yang dihadapinya. Memberikan pelatihan kepada orang yang memiliki tingkat self disclosure rendah berupa pelatihan untuk meningkat keterbukaan diri. Dengan adanya keterbukaan diri.24 1. 2. karena dengan mengungkapkan dirinya akan diperoleh gambaran baru tentang dirinya. Konselor dapat memberikan layanan informasi tentang etika dalam keterbukaan diri dengan orang lain: kepada siapa keterbukaan diri itu dilakukan. 3. 2. kepercayaan diri. karena ada dukungan dan bukan penolakan. Konselor harus memahami tentang latar belakang masalah klien. Cara-cara yang bisa dilakukan oleh konselor untuk membantu seseorang yang mempunyai tingkat Self Disclosure rendah diantaranya: 1. Adanya kemampuan menanggulangi masalah Seseorang dapat mengatasi masalah. . dan mengerti lebih dalam perilakunya. Mengenal diri sendiri Seseorang dapat lebih mengenal diri sendiri melalui self disclosure. 3. sehingga dapat menyelesaikan atau mengurangi bahkan menghilangkan masalahnya. Mengurangi Beban Jika individu menyimpan rahasia dan tidak mengungkapkannya kepada orang lain.

LAPISAN IDENTITAS KELOMPOK meruapakan identitas seseorang yang berada dalam suatu kelompok atau oragnisasi tertentu Dari keempat lapisan identitas diatas keempat identitas tersebuat bekerja bersama-sama dalam sebuah identitasyang disebuat identitas etnis. kerja kelompok. LAPISAN RELASI IDENTITAS merupakan berbagai cara pribadi kita membentuk identitas hubungan dengan orang lain secara benar D.identitas seseorang memiliki empat lapisan yaitu : A. Konselor dapat merencanakan kegiatan diskusi kelompok. . LAPISAN IDENTITAS PRIBADI merupakan persepsi diri sendiri terhadap bagaimana kita berkomunikasi dengan orang lain B. konselor melakukan pendekatan personal secara kontinyu sehingga klien dapat merasakan dekat dengan konselor. sehingga klien dapat mengungkapkan perasaannya. role playing. salah satunya menurut sarjana komunikasi Michael Hect bahwa identitas merupakan gambaran atau cerminan diri kita yang di proyeksikan diatas satu sama lain setiap foto membuat kontribusi yang unik dengan gambar secara keseluruhan dan gambar akhir adalah gabungan dari berbagai macam individu.25 4. budaya suku dan kelompok.dimana identitas ini muncul dari persepsi bahwa setiap individu dilahrikan dari berbagai etnis yang berbeda serta memiliki warisan tertentu dari ras. Lapisan Identitas Lapisan identitas memiliki berbagai pengertian. LAPISAN PEMBERLAKUAN IDENTITAS merupakan identitas yang mengacu dalam bagaimana gaya kita menyampaikan suatu pendapat menggunakan kata-kata maupun gerak tubuh C. D.

orangorang dalam masyarakat kita sering kurang dibatasi oleh keluarga mereka dan belum dibebani oleh tanggung jawab adult. pekerjaan. tingkat pendidikan serta yang banyak muncul adalah jarak antara suku dan ras. Jarak Identitas Jarak identitas adalah jarak yang timbul dari tiap-tiap identitas yang saling bertemu yang memiliki suatu perbedaan diman perbedaan tersebuat menimblkan jarak antara identitas satu dengan identitas yang lainnya. Kebebasan relatif ini memungkinkan orang dewasa muncul untuk mengeksplorasi varietas identitas sebelum menetap pada hubungan. 2000).jarak tersebut dpat timbul dari berbagai faktor yaitu tingakt sosial.26 E. . Satu studi menemukan perguruan tinggi yang siswa yang percaya bahwa mereka belum mencapai usia dewasa terlibat dalam perilaku yang lebih berisiko. tetapi perubahan yang kita alami adalah terutama mencolok pada periode dari remaja ke dewasa (sekitar usia 18 sampai 25) dikenal sebagai dewasa muncul. 2005). seperti penggunaan ilegal obat atau mengemudi dalam keadaan mabuk.hood (Arnett. dan pengalaman yang lebih depresi daripada siswa yang menganggap dirinya sebagai orang dewasa (Nelson & Barry. Karna dari tiap-tiap suku dan ras memiliki identitas yang berbeda-beda serta cenderung sulit menerima pembaharuan atau masukan lain F. dan pandangan dunia yang akan mendefinisikan dewasa mereka. Selama ini hidup. Ini juga merupakan fase yang penuh gejolak kehidupan. Kemunculan Masa Dewasa Konsep diri kita berkembang sepanjang hidup kita.

lapisan relasional mereka sangat mungkin untuk ubah. mahasiswa muda mengidentifikasi 27 .Sebagai orang mengembangkan identitas dewasa. Sebagai contoh.

Shulman. melibatkan berbagi lebih emosional dan kurang konflik. meskipun kontak berkurang. perilaku seksual selama fase kehidupan ini dapat mempengaruhi identitas muncul. dan kurang dipengaruhi oleh saudara persaingan (Scharf. 2004). Smahel. Demikian juga. & Cauffman. Dewasa muncul juga berkomunikasi dengan lebih jujur dengan orang tua mereka. Yang penting. muncul dewasa ini juga merupakan periode ketika identitas seksual menjadi solidi fi kasi. & Greenfield. wanita muda yang . sehingga mereka memiliki lebih sedikit kontak dengan orang tua mereka. hubungan tersebut lebih hangat. Sebagai contoh. Arnett. atau mengadopsi seksual layar-nama (Subrahmanyam. Sebagai contoh. menggunakan seksual bahasa. 2005). dan preferensi. mengacu pada bagaimana Anda memandang dan mengekspresikan kebutuhan seksual Anda. remaja secara teratur menggunakan secara online chat room untuk mengungkapkan identitas seksual mereka dengan mengacu pada kegiatan seksual. 2005). dibandingkan untuk remaja di sekolah tinggi (Jensen. nilai-nilai. Secara umum. tetapi kualitas hubungan mereka membaik (Lefkowitz. 2006). identitas seksual lebih dari orientasi seksual. & Avigad-Spitz. Feldman. hubungan mereka dengan saudara juga meningkatkan. 2005). penelitian menunjukkan bahwa remaja laki-laki terutama mungkin untuk menggunakan blog kita untuk mengekspresikan dan mengeksplorasi gay atau identitas seksual ganda (Huffaker & Calvert. Sebagai orang melalui dewasa muncul. Pengalaman komunikasi merupakan bagian penting dari pengembangan identitas seksual.28 hubungan dengan orang tua sebagai bidang kehidupan mereka yang berubah paling ketika mereka memasuki perguruan tinggi.

menunjukkan selera untuk kontak seksual dapat berlabel "gadis-gadis nakal." sedangkan anak 29 .

Ekspresi dari identitas seksual dan tanggapan masyarakat terhadap pesan tersebut memiliki konsekuensi penting. gay. Sebagai contoh. . Secara khusus. Interaksi Interpersonal tentang identitas seksual juga dapat mempengaruhi bagaimana orang merasa tentang diri mereka sendiri. berbicara tentang identitas seksual dapat membantu kaum muda memperkuat persepsi konsep diri mereka. 2005). kehilangan keperawanannya. Schrimshaw. Hunter. misalnya. sebagian yang signifikan dari Identitas remaja gadis terkait dengan apakah ia telah menyelamatkan keperawanannya. dan apakah atau tidak orang tahu tentang statusnya seksual (Fine 1992). 2006). lesbian terus buku harian untuk dua minggu di mana mereka mencatat apakah mereka punya pengalaman komunikasi interpersonal yang mendevaluasi identitas seksual mereka. studi lesbian. dan pemuda biseksual menemukan bahwa orang yang telah menyatakan identitas seksual mereka yang lain orang memiliki identitas lebih stabil selama periode satu tahun (Rosario. Dalam satu studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita cenderung merasa lebih tertekan dan melaporkan rendah diri pada hari-hari ketika mereka mengalami interaksi negatif tentang identitas seksual mereka (Beals & Peplau.30 perempuan yang menjaga keperawanan mereka dan menahan diri dari seks Perilaku dianggap "baik girls" (Ashcraft. Studi ini menggambarkan bagaimana antar komunikasi pribadi mengalami dampak baik identitas seksual kita dan bagaimana kita merasa tentang hal itu. Bahkan. 2006). mereka juga mencatat bagaimana perasaan mereka pada setiap hari. & Braun.

Selain itu. ketika Anda berbalik 18. orangtua Anda berhenti menjadi pemilik Anda. dan proses ini sering dimulai sebelum anak meninggalkan rumah. Salah satu tugas untuk orang tua dari orang dewasa yang muncul adalah "melepaskan" anak-anak mereka jatuh tempo. dan kebahagiaan di pikiran memiliki kebebasan yang lebih pribadi. & Gray. Orang tua diantisipasi keberangkatan anak mereka dari rumah. dan ketika Anda pindah dari rumah orangtua Anda. Penelitian tersebut juga menunjukkan strategi yang digunakan beberapa keluarga untuk membuat transisi ini lebih mudah.terus dengan campuran emosi. Strategi ini dapat .31 G. Mendapatkan Kekosongan Ketika Anda belajar untuk mengendarai mobil. orang tua Anda berhenti menjadi sopir Anda. Holmstrom. Untuk Misalnya. orang tua berhenti menjadi wali hukum Anda. orang tua tinggi senior sekolah diwawancarai tentang transisi yang akan datang anak mereka ke perguruan tinggi (Karp. kegembiraan tentang mereka masa depan anak. termasuk rasa kehilangan yang mendalam. sehingga dewasa muncul akan memiliki yang mencukupi kemerdekaan tapi masih cukup dekat untuk mendapatkan bantuan dan dukungan dari keluarga. Sebagai orang tua melihat mereka anak transisi menjadi dewasa. orang tua dan anak-anak bekerja sama untuk memutuskan seberapa jauh dari rumah anak akan bergerak. mereka harus menciptakan identitas baru yang mencakup hubungan yang berbeda dengan anak-anak mereka dan pandangan yang berbeda dari diri mereka sendiri. yang berkomunikasi bahwa anak memiliki kehadiran di rumah. Dalam sebuah penelitian. 2004). keluarga akan sering setuju untuk menjaga kamar tidur anak utuh.

& Guthrie. tanpa membebani mereka dengan tugas-tugas mereka juggled saat Anda muda. Anda memberi mereka kesempatan untuk tampil identitas orang tua mereka. Hayslip. 2002). Meskipun mengosongkan sarang bukanlah pengalaman universal yang positif. ibu sering bahagia dan mengalami lebih sedikit kerepotan sehari-hari. 1990). 1994). 2003). Ketika Anda berbicara dengan orang tua Anda setelah Anda memiliki pindah dari rumah mereka. Wanita dengan sarang kosong juga melihat mereka pernikahan sebagai lebih adil dibandingkan dengan wanita yang masih memiliki anak yang tinggal di rumah (Feeney. asalkan mereka dapat berkomunikasi dengan mereka sering anak-anak (White & Edwards. & Hobdy. Peterson. orang dengan konsep diri yang kurang hardy perlu menggunakan lebih strategi untuk menghadapi mengatasi penderitaan yang mereka rasakan ketika anak-anak mereka meninggalkan rumah (Crowley. & Noller. Beberapa pasangan menikah atau mitra dalam negeri mungkin juga mendapati bahwa mereka tidak ingin untuk menjaga hubungan mereka setelah . orang tua cenderung lebih bahagia dengan kehidupan mereka setelah anak-anak pindah.32 membantu untuk membuat transisi ke sarang kosong lebih bertahap dan memberikan waktu untuk menyesuaikan diri dengan identitas baru mereka orang tua. Sehubungan dengan orang dengan kesadaran diri yang kuat. Bahkan. periode setelah anak pindah bisa lebih sulit. Dudley. ia memiliki beberapa kesalahan. Bagi orang tua yang tidak memiliki aspek penting lainnya untuk identitas mereka. terutama jika mereka tidak memiliki alasan untuk khawatir tentang anak-anak mereka (Dennerstein. Setelah anak terakhir bergerak keluar.

struktur keluarga telah berubah (Arp. & Blumberg. Arp. Untuk beberapa orang tua. 2000). Stanley Markman. anak- 33 .

dapat juga memicu perubahan kurang diinginkan dalam identitas seseorang. Kau tahu. dengan rumah anak-anak. 2004).34 anak meluncurkan dari rumah mereka mungkin diambil sebagai tanda kemajuan mereka sendiri menuju usia tua (Karp et al. Ada banyak hal yang kurang untuk melakukan selama seminggu. SUAMI: Yah. SUAMI: Yah. Benar? Sepertinya apapun yang kita lakukan. kita memasak bersama-sama. Meskipun mengosongkan sarang keluarga dapat menjadi awal dari tahap kehidupan yang menarik. kita lakukan bersama-sama lebih daripada yang kita lakukan sebelumnya. Perhatikan bagaimana pasangan menekankan aspek positif dan negatif fase kehidupan ini.. Apakah Anda tidak berpikir? ISTRI: Ya dan itu hanya lebih tenang. Sebelum Anda akan melakukan sesuatu dan aku akan . Itu bagus untuk hubungan kami. itu de fi nitely menjadi rumah tenang. KATA NYATA Transisi ke KOSONG NEST Transkrip berikut ini diambil dari sebuah penelitian yang dilakukan Jen dengan Mary Nagy di mana mereka meminta pasangan suami istri yang baru saja menjadi kosong-nesters untuk berbicara dengan satu sama lain tentang bagaimana mereka menyesuaikan diri dengan fase baru kehidupan. maksudku. itu banyak. kami selalu berjalan dengan kegiatan dan kita tidak melakukan hal itu sekarang banyak. jadi kami memiliki kesempatan untuk berinteraksi lebih tanpa terganggu.

Aku merasa seperti kita berkedip mata kita dan kita berada dalam tahap baru kehidupan kita yang sedikit menakutkan. saya tidak benarbenar. SUAMI: Itu benar. umm. Kami sudah di mana anak-anak kita di perguruan tinggi dan mereka telah meninggalkan rumah kami. uhh. seperti. Aku bertanya-tanya bagaimana hal itu akan menjadi sebelum hal itu terjadi. apa yang Anda lakukan dengan diri sendiri? Tapi aku tahu kita sibuk.35 melakukan sesuatu secara terpisah sehingga kita bisa mencapai itu semua dalam satu hari. . Anda tahu karena kita tidak memiliki oranginterupsi yang kita digunakan untuk memiliki. apa saja akan seperti ketika anak-anak berada di luar rumah. . dan. maksud saya. SUAMI: Itu benar. ISTRI: Nah. ISTRI: Ketika semua dikatakan dan dilakukan. itu juga sedikit stres meskipun karena Anda agak merasa seperti Anda semakin tua. . Ini pergi sedikit terlalu cepat. Sepertinya menjadi. seperti kita dapat bersama-sama lebih dari sebelumnya. Sekarang sepertinya kita bisa mencapai lebih dari itu lebih mudah. Seperti yang kita ada di sana! Itu salah satu blur besar. Ini tidak benar-benar merasa seperti kita harus mengisi kekosongan yang sudah ada. Kami masih sibuk.

Selama masa dewasa muncul. dapat kami tarik kesimpulan sebagai berikut: Identitas memiliki hubungan erat dengan komunikasi interpersonal sebab tanpa Identitas seseorang akan yang kurang memuaskan dan penurunan kesejahteraan saat berkomunikasi. hal itu dapat menantang untuk meninggalkan identitas dan mengembangkan pandangan baru tentang diri Anda. orang mengalami banyak perubahan di seluruh lapisan identitas mereka sebagai mereka mengeksplorasi orang yang mereka akan menjadi sebagai orang dewasa. Diri dan identitas adalah bagian dari setiap interaksi antarpribadi yang Anda miliki. identitas kita terus berkembang dan berubah. Sepanjang hidup kita. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain dan menerima dukungan identitas merupakan bagian penting dari pembuatan ini transisi kehidupan utama. Lain waktu ketika identitas berubah banyak adalah ketika orang tua melihat anak-anak dewasa mereka pindah dari rumah keluarga. Meskipun kedua transisi ini dapat menandai waktu yang menyenangkan dalam hidup kita. Dengan demikian Identitas amat sangat penting dalam kita melakukan Komunikasi Interpersonal.36 BAB III KESIMPULAN Dalam makalah ini. .

Taylor & Francis Group Keterbukaan Diri.New York.blogspot. Identitas. Desember 2014. Resosialita (Online). (http://udyaljawi. Denise. Djajendra (Online). Peranan Sosial. (http://djajendra-motivator.blogspot.com).37 DAFTAR RUJUKAN Solomon. 2013. diakses 2 .Interpersonal Communication: Putting Theory into Practice. diakses 2 Desember 2014. (http://resosialita. diakses 2 Desember 2014. Udyal Jawi (Online).com).com).