You are on page 1of 35

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

( Geothermal )

PLTP KAMOJANG

Unit Bisnis Pembangkit Kamojang berada di daerah perbukitan sekitar 1500 meter dari permukaan laut dan 42 Km ke arah
tenggara kota Bandung. PT Indonesia Power Unit Bisnis Pembagkitan Kamojang berlokasi di Kampung Pangkalan Desa Laksana
Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat dengan alamat perusahaan yaitu komplek perumahan PLTP Kamojang, Garut 44101.

Struktur Geologi Daerah Panas Bumi .

Data Reservoir    Potensi : 300 MW Suhu : 235°C – 245°C Kualitas Uap : 96% Uap .

Data Sumur Uap   Kedalaman : 500 m – 2200 m Produksi Uap : 54000 kg/h .

Kapasitas 55 MW. 1983 Unit 2. Kapasitas 55 MW. 1988 .Unit PLTP    Unit 1. 1988 Unit 3. Kapasitas 30 MW.

serta bintik air yang terbawa di dalamnya  Uap di alirkan ke turbin untuk memutar turbin  Turbin berputar. lalu oleh generator putaran tersebut di konversikan menjadi energi listrik  Energi listrik dari generator dialirkan ke trafo untuk dinaikan tegangannya kemudian didistribusikan  Uap untuk memutar turbin tadi kemudian dikondensasikan lalu diinjeksikan kembali ke dalam tanah agar dapat dipanaskan kembali oleh energi panas bumi sehingga uapnya bisa digunakan kembali .Flow Process PLTP  Mengalirkan uap dari sumur produksi ke sistem pembangkit  Memisahkan uap dari dari zat padat seperti silika .

Flow Diagram PLTP .

.

Equipment PLTP  Production Wells Merupakan fasilitas yang bertugas mengalirkan uap dari reservoir menuju ke permukaan tanah. .

Equipment PLTP  Production Wells .

Equipment PLTP  Steam Receiving Header berfungsi sebagai pengumpul uap sementara dari beberapa sumur produksi sebelum didistribusikan ke turbin serta menjaga pasokan uap dari sumur produksi. .

Equipment PLTP Steam Receiving Header .

- .Equipment PLTP  Vent Structure - Sebagai pengatur tekanan ( agar tekanan uap masuk turbin selalu konstan). Membuang kelebihan uap jika terjadi penurunan beban atau unit stop. Sebagai pengaman yang akan membuang uap bilaterjadi tekanan lebih di steam receiving header.

Equipment PLTP  Separator Separator adalah suatu alat yang berfungsi sebagai pemisah zat – zat padat. . bintik – bintik air. dan zat lain yang bercampur dengan uap yang masuk ke dalam separator. Kemudian kotoran dan zat lain yang terkandung dalam uap yang masuk kedalam separator akan terpisah. silica. maka kondensat dan partikel – partikel padat yang ada dalam aliran uap akan terpisah dan jatuh ke bawah dan ditampung dalam dust collector sampai mencapai maksimum atau sampai waktu yang telah ditentukan. Uap yang masuk separator akan berputar akibat adanya perbedaan berat jenis. Separator yang dipakai adalah jenis cyclone berupa silinder tegak dimana pipa tempat masuknya steam dirancang sedemikian rupa sehingga membentuk arah aliran sentrifugal. Sedangkan uap yang lebih bersih akan keluar melalui pipa bagian atas dari separator.

LTD.  Type : Statis Cyclone  Tekanan design : 10 bar abs  Temperature design : Unit I = 169o C Unit II/III = 205o C .Equipment PLTP Spesifikasi Separator :  Pabrik : Unit I = Mitsubishi Heavy Industries LTD  Unit II/III = Burgess-Miura Co.

sehingga uap yang akan dikirim ke turbin merupakan uap yang benar– benar uap yang kering dan bersih. .Equipment PLTP  Demister Demister adalah sebuah alat yang berbentuk tabung silinder yang didalamnya terdapat kisi – kisi baja yang berfungsi untuk mengeliminasi butir – butir air yang terbawa oleh uap dari sumur – sumur panas bumi. Di bagian bawahnya terdapat kerucut yang berfungsi untuk menangkap air dan partikel – partikel padat lainnya yang lolos dari separator.

5 bar abs Temperature operasi : 161.9 derajat celcius Tekanan design : 11 bar abs Kapasitas : 19.5 M3 .Equipment PLTP         Pabrik : Unit I = Mitsubisi Heavy Industries LTD. Unit II/III = Mitsubishi Electric Corp. Type : Vertical Drum Aliran uap : Unit I = 250 ton/jam Unit II/III = 400 ton/jam Tekanan operasi : 6.

Equipment PLTP  Turbine sebagai penghasil gerakkan mekanik yang akan diubah menjadi energi listrik melalui generator .

 Type : Double Flow. condensing turbin  Kapasitas : Unit I = 30 MW Unit II / III = 55 MW  Tekanan uap masuk : 6.1 bar abs  Suhu uap masuk : 161.9o celcius  Putaran poros : 3.000 rpm  Konsumsi uap : Unit I = 250 ton/jam Unit II/III = 388.Equipment PLTP Spesifikasi Turbin :  Pabrik : Mitsubishi Heavy Industries LTD.9 ton/jam . 5 ( lima ) tingkat.5 bar abs  Tekanan uap keluar : 0.

Equipment PLTP  Generator Generator adalah sebuah alat yang berfungsi untuk merubah energi mekanik putaran poros turbin menjadi energi listrik .

750 kVA  Arus nominal di MCR : Unit I = 1.  Phasa : 3 ( tiga )  Frekuensi : 50 Hz  Tegangan terminal : 11.000 kVA  Unit II/III = 68.000 rpm  Kapasitas : Unit I = 37.8 .835 A  Unit II/III = 3.364 A  Faktor daya : 0.Equipment PLTP Spesifiksi Generator :  Pabrik : Mitsubishi Electric Corp.800 Volt  Putaran : 3.

8 KV ini kemudian dinaikkan ( step up trafo ) menjadi 150 KV dan dihubungkan secara parallel dengan system Jawa – Bali .Equipment PLTP  Main Transformer Trafo utama yang digunakan adalah type ONAN dengan tegangan 11.8 KV pada sisi primer dan 150 KV pada sisi sekunder. Tegangan output generator 11.

000 rpm .Equipment PLTP Spesifikasi Main Tranformer  Pabrik : Unit I = Asea  Unit II/III = Fuji Electric Corp.8 kV  Tegangan sekunder : 150 kV  Frekuensi : 50 Hz  Phasa : 3 ( tiga )  Putaran : 3.LTD  Type : ONAN  Tegangan primer : 11.

Equipment PLTP  Switch Yard Switch yard adalah perangkat yang dberfungsi sebagai pemutus dan penghubung aliran listrik yang berada di wilayah PLTP maupun aliran yang akan didistribusikan melalui system inter koneksi Jawa – Bali . .

Equipment PLTP  Switch Yard Switch Yard terdiri dari Current Transformer (CT). Earthing Switch (ES). Local Control Panel. Potential Transformer (PT). Lightning Arester (LA). . Circuit Breaker (CB). Busbar. Disconnecting Switch (DC).

Equipment PLTP  Condensor Kondensor adalah suatu alat untuk mengkondensasikan uap bekas dari turbin dengan kondisi tekanan yang hampa. kemudian mengalami kondensasi sebagai akibat penyerapan panas oleh air pendingin yang diinjeksikan melalui spray nozzle. Uap bekas dari turbin masuk dari sisi atas kondensor. ..

6o celcius Unit II/III = 45.Equipment PLTP Spesifikasi Condensor  Pabrik : Mitsubishi Heavy Industries LTD.  Type : Direct Contact. Spray/Tray jet.13 bar abs Unit II/III = 0.10 bar abs  Temperature air pendingin : Unit I = 29o celcius Unit II/III = 27o celcius  Temperature air panas : Unit I = 49.8o celcius  Kapasitas air pendingin : 19.  Design Vacuum : Unit I = 0.5 M3 .

Equipment PLTP  Main Cooling Water Pump ( MCWP ) Main cooling water pump ( MCWP ) adalah pompa pendingin utama yang berfungsi untuk memompakan air kondensat dari kondensor ke cooling tower untuk kemudian didinginkan .

Equipment PLTP Spesifikasi MCWP  Pabrik : Yoshiruka Kogya Corp.  Type : Sentrifugal.5 m Unit II/III = 33 m  Putaran : Unit I = 735 rpm Unit II/III = 600 rpm  Daya : Unit I = 400 KW Unit II/III = 773 KW . LTD.700 m3/jam Unit II/III = 6. hisap ganda  Jumlah per unit : 2 ( dua ) buah  Kapasitas : Unit I = 3.400 m3/jam  Total head : Unit I = 28.

sebelum di injeksikan kembali ke dalam bumi. .Equipment PLTP  Cooling Tower Merupakan bangunan yang terbuat dari kayu yang telah diawetkan sehingga tahan air yang berfungsi untuk mendinginkan air condensat.

Equipment PLTP Spesifikasi Cooling Tower  Pabrik : Unit I = Ishikawajima Harima Industries Unit II/III = Mitsubishi Heavy Industries LTD.  Temperature air masuk : Unit I = 51o C Unit II/III = 43o C  Tempeatur air keluar : Unit I = 29o C Unit II/III = 27o C  Putaran fan : Unit I = 113 rpm Unit II/III = 129 rpm  Putaran motor : Unit I = 935/400 rpm Unit II/III = 1000/750 rpm  Daya : Unit I = 100 KW/sel Unit II/III = 120 KW/sel  Jumlah sel : Unit I = 3 Unit II/III = 5 .

Equipment PLTP  Injection Wells Sumur yang digunakan untuk mengalirkan air hasil pemisahan dan air kondensat kembali ke dalam perut bumi. .

SEKIAN & TERIMA KASIH .