You are on page 1of 6

Sandy Rahmad Nugraha (2013110043

)

Tutorial menggunakan Linux mint.
1. Mengganti Background
langkah pertama klik kanan pada tampilan desktop lalu pilih “Change Desktop
Background” kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini :
pilih dan klik salah satu backgound yang
telah disediakan, secara otomatis
backgound pc anda akan berubah, atau
kita bisa juga dengan mengklik tombol
“add” lalu cari gambar yang telah anda
sediakan.

2. Mengganti Tema
langakah pertama klik “Menu” yang ada di bagian sudut bawah desktop anda
kemudian klik “Contol Center” maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :

“Pointer”. “Colors”. sesuai dengan selera anda. “Icons”. . “Window Border”. 3.lalu klik “Appearance” maka akan keluar gambar seperti di bawah ini : klik “Customize” lalu setting lah tab “Control”. Mengganti Fonts langkah pertama klik kanan pada tampilan desktop lalu pilih “Change Desktop Background” lalu pilih tab “fonts” maka akan tampil seperti gambar dibawah ini : selanjutnya tinggal kita setting bentuk huruf dan ukuran sesuai dengan selera kita masing-masing.

jam.4. Mensetting Secreensaver langakah pertama klik “Menu” yang ada di bagian sudut bawah desktop anda kemudian klik “Contol Center” lalu klik “Screensaver” . bulan dan tahun. tanggal. 5. detik. menit. Mensetting tanggal dan waktu langakah pertama klik “Menu” yang ada di bagian sudut bawah desktop anda kemudian klik “Contol Center” lalu klik “System” maka akan tampil seperti gambar di bawah ini : selanjutnya klik “Time and Date” akan keluar seperti gambar dibawah ini : disini kita tinggal mensetting zona watu.

“Input”. jika selsai klik “Close” . Mensetting Sound langakah pertama klik “Menu” yang ada di bagian sudut bawah desktop anda kemudian klik “Contol Center” lalu klik “sound” maka akan keluar gambar seperti dibawah ini : disini kita tinggal mensetting volume dari “Sound Effects”. “Hardware”. “Output”.maka akan tampil seperti di bawah ini : sekarang tinggal kita pilih Screensaver sesuai dengan selera kita dan lama waktu screensaver akan muncul saat komputer tidak digunakan. “Applications”. klik “preview” untuk melihat hasilnya jika selesai klik “Close” 6.

. Mensetting Resolusi Layar langakah pertama klik “Menu” yang ada di bagian sudut bawah desktop anda kemudian klik “all applications” → “Pereference” → “Monitors” disini kita bisa mensetting resolusi dan rotasi dari layar monitor. untuk melihat perubahannya klik “apply”. Mensetting Kecerahan Layar Langakah pertama klik logo battre yang ada di bagian sudut bawah desktop anda kemudian klik “Preferences” maka akan tampil gambar seperti di bawah ini : sekarang kita tinggal mengatur kecerahan layar LCD sesuai dengan keinginan.7. 8.

9. Melihat Informasi dari Sistem langakah pertama klik “Menu” yang ada di bagian sudut bawah desktop anda kemudian klik “administration” →”System Information” disini kita bisa melihat informasi Hardware dan software dari komputer yang kita pakai. Membuat User baru langakah pertama klik “Menu” yang ada di bagian sudut bawah desktop anda kemudian klik “administration” → “user and group” klik “add” untuk membuat user baru dan klik “delete” untuk menghapus user yang sudah ada. Klik “close” jika sudah selesai. 10. .