You are on page 1of 14

SUMBER DAYA AIR

Nama : Adelia Nurafni Kelas : XI IPS 3 Absen : 03 .

Ekosistem air tawar yang tinggi biodiversitasnya saat ini terus berkurang lebih cepat dibandingkan dengan ekosistem laut ataupun darat. rumah tangga. Air tawar adalah sumber daya terbarukan. industri. dan aktivitas lingkungan. Perhatian terhadap kepentingan global dalam mempertahankan air untuk elayanan ekosistem telah bermunculan. rekreasi. terutama sejak dunia telah kehilangan lebih dari setengah lahan basah bersama dengan nilai pelayanan ekosistemnya. meski suplai air bersih terus berkurang. Permintaan air telah melebihi suplai di beberapa bagian di dunia dan populasi dunia terus meningkat yang mengakibatkan peningkatan permintaan terhadap air bersih. Sangat jelas terlihat bahwa seluruh manusia membutuhkan air tawar. dan hanya sebagian kecil berada di atas permukaan tanah dan di udara. dan hanya 3% berupa air tawar yang lebih dari 2 per tiga bagiannya berada dalam bentuk es di glasier dan es kutub. Air tawar yang tidak membeku dapat ditemukan terutama di dalam tanah berupa air tanah. 97% air di bumi adalah air asin.Sumber daya air adalah sumber daya berupa air yang berguna atau potensial bagi manusia. Kegunaan air meliputi penggunaan di bidang pertanian. .

350.001 Lain-lain 375.15 Air Tanah 8.2 104.000 0.05 125.000 0.500.000 0.900 0.61 67.570 ± 100.009 Sungai 1.362.000 Laut Air Permukaan Danau Air Tawar Jumlah . Glasir 30.028 1.000 0.000 0.323.0001 Atmosfir 12.535.000 2.000.DISTRIBUSI AIR DI DUNIA LOKASI Samudra VOLUME (KM3) PERSENTASE (%) 1.000 97.670 0.008 Es.

serta hubungan semua fenomena ini dengan hidup dan kehidupan manusia . yang menyangkut penyebaran dan adanya air pada : -Atmosfir bumi -Permukaan bumi -Di dalam tanah -Lapisan batu-batuan.HIDROLOGI Suatu ilmu yang mempelajari fenomena air pada semua tahap yang dilaluinya.

Penguapan (evaporasi) air yang terdapat di dalam dan atau keadaan berkeringat (transpirasi) b. Peristiwa jatuhnya air ke bumi (presipitasi) d. yaitu : a. Aliran air pada permukaan bumi dan di dalam tanah (perkolasi) .SIKLUS HIDROLOGI Pergerakan air yang dialami oleh air yang terdiri dari berbagai peristiwa. Pembentukan awan (kondensasi) c.

Pemakaian b.Pembuangan air bekas d.SIKLUS KONTAK AIR Siklus pergerakan air yang lebih kecil lingkarannya dibandingkan dengan siklus hidrologi. karena hanya menyangkut pergerakan air yang ada hubungannya dengan manusia. yaitu : a.Aliran alur air alam --> Berkaitan dengan kesehatan / penyakit .Penyediaannya c.

Air Hujan . Air Permukaan Tergenang.Air murni + melarutkan benda-benda di udara (gas : CO2.SUMBER AIR 1. O2. mengalir dan tercemar . dll) --> sampai permukaan bumi bukan merupakan air murni lagi 2. debu.Proses presipitasi . H2.

Lapisan batu kapur (limestone) .Lapisan tanah atas (topsoil) . Air Tanah Sebagian air hujan yang akan mencapai permukaan bumi akan menyerap kedalam tanah --> air tanah .3.Lapisan tanah bawah (subsoil) .Lapisan yang tidak tembus (impervious) .

Mutu / Kualitas air baku 2.Sumber Air untuk air bersih / air minum harus memperhatikan : 1. Kontinuitas air baku . Banyaknya air baku 3.

secara langsung / tidak langsung sebagai akibat kegiatan manusia --> air kurang berguna bagi kebutuhan tertentu atau semua kebutuhan dibandingkan dengan apabila air itu berada dalam keadaan alamiah semula. . 1967 : Air disebut tercemar apabila air itu berubah komposisinya / keadaannya.PENCEMARAN AIR • Menurut Key.

ganggang (algae) dan pengotoran-pengotoran alamiah lain yang turut mengotori air hanya digolongkan kedalam “Kotoran” . Tanah. 1978 : Pencemaran air semata-mata disebabkan oleh kegiatan manusia saja.Pencemaran Air • Menurut John Pickford. rerumputan.

obat pembasmi serangga. yang mengandung bakteri dan virus • Pertanian (erosi. manusia. dan pupuk) • Kotoran rumah tangga • Air buangan industri .GOLONGAN PENCEMARAN • Berasal dari hewan.

Contoh gambar air • Air bersih Air kotor .