You are on page 1of 6

SILABUS

MATA PELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN
KELAS / SEMESTER
PROGRAM STUDI

KOMPETENSI
DASAR
3.1 Mendeskri
psikan
perkemban
gan teori
atom

:
:
:
:

KIMIA
SMK NEGERI 5 MUARO JAMBI
X/2
TEKNIK KENDARAAN RINGAN DAN AGR. TANAMAN
PERKEBUNAN

MATERI
PEMBELAJARAN
Struktur Atom

KEGIATAN
PEMBELAJARAN
 Diskusi dan informasi
tentang perkembangan
teori atom dengan
menggunakan gambargambar perkembangan
model atom.
 Memberi contoh dan
menjelaskan cara
menuliskan simbol
atom, isotop, dan
konfigurasi elektron.
Latihan menuliskan
konfigurasi elektron

STANDAR KOMPETENSI

KODE KOMPETENSI
ALOKASI WAKTU

INDIKATOR

KARAKTER

 Perkembangan teori
atom dari teori atom
Dalton sampai ke teori
atom Modern
dideskripsikan dengan
benar.
 Simbol atom sebagai
lambang unsur yang
dilengkapi dengan nomor
atom dan nomor massa
dituliskan dengan benar.
 Pengertian nomor atom
(jumlah proton) sebagai
identitas atom suatu
unsur dideskripsikan
dengan benar.

 Ingin tahu
 Kerjasama
 Taggung
jawab
 Kreatif
 Mandiri
 Disiplin
 Gemar
membaca

: MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR
ATOM DAN SIFAT-SIFAT
PERIODIK PADA TABEL PERIODIK
UNSUR
:
: 8 X 45 MENIT
ALOKASI
SUMBER
WAKTU
PENILAIAN
BELAJAR
TM
PS
PI
4
 Buku
 Test
kimia
tertulis
untuk
 Observasi
SMK /
 penugasan
SMA
 Alat dan
bahan
praktik
 Internet
 Literatur
terkait.

menentukan letak unsur dalam sistem periodik  Letak unsur dalam melalui konfigurasi sistem periodic yang elektron.  Pengertian isotop berdasarkan perbedaan nomor massa dideskripsikan dengan benar.  Diskusi dan informasi  Perkembangan tentang perkembangan pengelompokan unsur pengelompokan unsur.2 Menginterpret asikan data dalam tabel system periodik Sistem Periodik  Pengertian nomor massa atom sebagai jumlah proton dan neutron dalam suatu inti atom dideskripsikan dengan benar. mulai dari triad sampai sistem IUPAC terbaru  Menganalisis sistem dideskripsikan dengan periodic untuk benar. ionisasi dan afinitas  Ingin tahu  Kerjasama  Taggung jawab  Kreatif  Mandiri  Disiplin  Gemar membaca  Test tertulis  Observasi  penugasan 4 -  Buku kimia untuk SMK / SMA  Alat dan bahan praktik  Internet  Literatur terkait.  Konfigurasi elektron unsur berdasarkan tingkat energi atau kulit dan orbital dituliskan dengan benar.3. . didasarkan pada konfigurasi elektron  Diskusi dan informasi dideskripsikan dengan tentang pengertian benar.

. Pengertian energi ionisasi dan afinitas elektron dideskripsikan dengan benar. dan jari-jari atom) dalam tabel  periodik. Pengaruh jumlah elektron pada kulit terluar terhadap sifat keperiodikan dan sifat kemiripan unsur dideskripsikan dengan benar.elektron. afinitas elektron.   Diskusi dan informasi tentang kecenderungan kemiripan sifat keperiodikan unsur (energi ionisasi.

Menganalisis tabel system periodik untuk menentukan unsur-unsur yang dapat membentuk STANDAR KOMPETENSI KODE KOMPETENSI ALOKASI WAKTU INDIKATOR    Peranan elektron valensi untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil dalam pembentukan ikatan kimia dideskripsikan dengan jelas.1 Mendeskri psikan terjadinya ikatan ion : : : : KIMIA SMK NEGERI 5 MUARO JAMBI X/2 TEKNIK KENDARAAN RINGAN DAN AGR. . Pencapaian konfigurasi elektron yang stabil berdasarkan teori oktet atau duplet dijelaskan dengan benar. Diskusi dan informasi tentang peranan elektron valensi untuk membentuk ikatan kimia.SILABUS MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS / SEMESTER PROGRAM STUDI KOMPETENSI DASAR 4. Pembentukan ikatan KARAKTER  Ingin tahu  Kerjasama  Taggung jawab  Kreatif  Mandiri  Disiplin  Gemar membaca : MEMAHAMI TERJADINYA IKATAN KIMIA : : 16 X 45 MENIT ALOKASI WAKTU PENILAIAN TM PS PI 4  Test tertulis  Observasi  penugasan SUMBER BELAJAR  Buku kimia untuk SMK / SMA  Alat dan bahan praktik  Internet  Literatur terkait. Diskusi dan informasi tentang terbentuknya ikatan ion. TANAMAN PERKEBUNAN MATERI PEMBELAJARAN Ikatan Ion KEGIATAN PEMBELAJARAN     Diskusi dan informasi tentang teori oktet dan duplet.

Membedakan senyawa ion dan senyawa kovalen.  4. . Penulisan simbol Lewis ditunjukkan dengan benar. senyawa ion dan menuliskan rumusnya. Pembentukan ikatan kovalen berdasarkan penggunaan pasangan elektron dari unsur yang berikatan dan menghasilkan senyawa kovalen dijelaskan dengan benar. Menganalisis tabel system periodik untuk memperkirakan unsur yang membentuk ikatan kovalen. Diskusi dan informasi tentang kekuatan pengionan suatu senyawa. Penulisan ikatan kovalen dengan menggunakan struktur Lewis  Ingin tahu  Kerjasama  Taggung jawab  Kreatif  Mandiri  Disiplin  Gemar membaca  Test tertulis  Observasi  penugasan 4 -  Buku kimia untuk SMK / SMA  Alat dan bahan praktik  Internet  Literatur terkait.2 Mendeskri psikan terjadinya ikatan kovalen Ikatan Kovalen     Diskusi dan informasi tentang terbentuknya ikatan kovalen. Pengaruh gaya elektrostatik terhadap kekuatan ikatan ion dijelaskan dengan benar. Meramalkan jenis ikatan kimia yang terjadi jika diketahui nomor atom unsur-    ion berdasarkan serah terima elektron dari unsur yang berikatan dan menghasilkan senyawa ion dijelaskan dengan benar.

Diskusi dan informasi tentang ikatan kovalen tunggal dan rangkap berdasarkan Struktur Lewis. Diskusi dan informasi tentang cara penulisan simbol Lewis dan struktur Lewis.   dideskripsikan dengan benar.3 Menjelaska n ikatan logam Ikatan Logam  unsur yang berikatan. 4. rangkap) dideskripsikan dengan benar. Pengaruh banyaknya pasangan elektron yang berikatan terhadap jenis ikatan kovalen (tunggal.    .