You are on page 1of 5

KESETIMBANGAN

REAKSI

PENGERTIAN • Reaksi berlangsung sempurna : semua reaktan habis bereaksi / tidak ada sisa reaktan Contoh : Asam klorida ( HCl ) dalam Air akan terionisasi menjadi : HCl + H2O  H3O+ + Clreaksi ini berjala sempurna oleh karena itu digambarkan dengan satu panah. .

• Reaksi berlangsung tidak sempurna : reaksi yang menyisakan reaktan. meskipun reaksi telah berlangsung dalam jangka waktu lama. bahkan sampai kapan pun tetap masih ada reaktan. Reaksi ini digambarkan dengan dua panah bolak balik. . contoh : Asam asetat dalam air akan terionisasi menjadi : CH3COOH H3O+ + CH3C00Pada reaksi ini produk dapat bereaksi kembali menjadi reaktan digambarkan dengan panah dua arah.

laju reaksi ke kanan cukup besar dan laju ke kiri kecil.  Makin lama laju ke kiri makin besar. . dan pada saat tertentu laju ke kanan sama dengan laju ke kiri. Dalam reaksi tidak sempurna : pada awal reaksi.  Kondisi ini dinamakan kesetimbangan atau ( EQUILIBRIUM ).

. maka jumlah reaktan dan produk akan tetap meskipun reaksi terus berlangsung. Karena Laju pembentukan produk = laju pembentukan reaktan.  Hal ini disebut juga kesetimbangan dinamik : meskipun kondisi setimbang namun tetap terdapat dinamika atau pergerakan yaitu berupa reaksi yang terus berjalan.