You are on page 1of 6

Kerangka Acuan

Pertemuan Koordinasi dan Konsultasi LPM PTN/PTS
Dalam Rangka Pengembangan Program SDM dan Posdaya serta
Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Posdaya
Jakarta, 18-20 Mei 2009.
I.

LATAR BELAKANG.
Dalam upaya pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan dan peningkatan kualitas
sumber daya manusia, Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) bersama berbagai
Perguruan Tinggi, utamanya beberapa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), selama tiga
tahun ini telah merintis pembangunan, pengisian, pembinaan dan pengembangan SDM dan Pos
Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA). Upaya ini merupakan sumbangan dalam wujud nyata
untuk mencapai target pembangunan abad millinium (MDGs) pada tingkat desa dan kelurahan.
Pengembangan SDM dan Posdaya yang dilaksanakan tersebut dilakukan melalui kemitraan
dengan sekolah SMA, Lembaga Swadaya Masyarakat, mitra kerja lain, dan Pemerintah Daerah.
Khusus tentang Posdaya upaya yang dilakukan sampai akhir tahun 2008 telah
membangun lebih dari 100 Posdaya berbasis SMA dan masyarakat serta 30 Posdaya berbasis
masjid, utamanya masjid yang dibangun oleh Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila.
Pengalaman itu mendorong perluasan pendekatan melalui penggalangan komitmen kepada
pemerintah daerah melalui para Bupati/Walikota. Dengan cara tersebut, Yayasan Damandiri
bersama LPM Perguruan Tinggi telah berhasil memperluas jangkauan Posdaya pada Kecamatan,
Desa/Kalurahan serta dukuh-dukuhnya secara mandiri. Contoh-contoh program yang
dikembangkan bersama pemerintah daerah tersebut antara lain pengembangan Posdayandu di
kabupaten Jembrana, Bali, Posdaya di Kabupaten Sidoarjo di Jawa Timur, Bantul dan Kulon
Progo, di D.I. Yogyakarta, Kabupaten Purbalingga, Sragen, Kudus dan Pemalang, di Jawa
Tengah, Kabupaten dan Kota Bekasi di Jawa Barat, seluruh Propinsi NTB, beberapa Kabupaten
dan Kota Gowa, Pangkep dan Makasar di Sulawesi Selatan, beberapa kota dan kabupaten di
Lampung, serta Kota Banjarmasin, di Kalimantan Selatan. Secara kumulatif jumlah Posdaya
yang telah beroperasi pada awal Januari 2009 diperkirakan mencapai lebih dari 3000 buah.
Perkembangan yang pesat tersebut mendorong kabupaten dan kota lain makin tertarik
dan meminta bantuan pendampingan untuk melakukan upaya yang serupa. Sejalan dengan itu,
pada bulan Maret 2008 telah dilaksanakan penelitian operasional guna mengidentifikasi faktorfaktor yang mempengaruhi keberhasilan pembentukan dan pengembangan Posdaya. Berbagai
penemuan tersebut bisa dijadikan acuan untuk mengembangkan Posdaya secara sistematis,
mengisi, memelihara dan mengembangkan Posdaya sebagai forum pembangunan yang dinamik.
Disamping itu diketemukan perlunya tenaga pendamping untuk membantu pembentukan dan
pengembangan Posdaya tersebut.
Dari pengalaman dan penemuan penelitian yang dilakukan oleh lembaga Instat tersebut
dipandang pantas untuk memberikan peran lembaga KKN Mahasiswa sebagai forum atau
lembaga yang mampu membawa dan menawarkan “Tema Posdaya” kepada para pemimpin dan
masyarakat tingkat pedesaan. Dalam hal ini KKN berperan menjadi pendamping masyarakat
membangun, mengisi, membina dan mengembangkan Posdaya melalui upaya Pembelajaran dan
1

Tujuannya adalah agar KKN Tematik Posdaya mampu memfasilitasi upaya masyarakat membentuk. Yayasan Damandiri mengajak Pimpinan LPM untuk bersama-sama berdiskusi menyempurnakannya dalam Pertemuan Kordinasi/Konsultasi. IPB Bogor serta UNNES di Semarang sedang merintis atau mengadakan percobaan di beberapa daerah terpilih. Untuk membantu perluasan pembangunan lebih lanjut. pertemuan konsultasi ini dipadukan pula sekaligus dengan pertemuan koordinasi/konsultasi untuk pengembangan program Posdaya menghadapi perubahan yang sangat dinamis pada waktu ini sekaligus membahas penyesuaian dukungan anggaran yang dapat disumbangkan oleh Yayasan Damandiri. Oleh karena itu. mengisi. Menyempurnakan konsep KKN Tematik Posdaya yang sudah disusun untuk diterbitkan sebagai acuan bersama. TUJUAN Pertemuan konsultasi dan koordinasi ini bertujuan : 1. pengisian. 2 . II. pembinaan dan pengembangan Posdaya tersebut telah berhasil dilakukan oleh UNSOED di Purwokerto. Berkembangnya Posdaya mendorong berkembangnya dinamika masyarakat dalam berbagai upaya pembangunan secara gotong royong dan mandiri. Buku ini disusun mengacu pada buku Pedoman Pembentukan dan Pengembangan Posdaya yang diterbitkan Yayasan Damandiri dan buku-buku juknis KKN Tematik yang disusun dan dipergunakan oleh beberapa Perguruan Tinggi. Buku Pedoman/Petunjuk Tehnis tersebut dapat digunakan di lapangan dengan penyesuaian ciri dan spesifikasi Peruruan Tinggi atau wilayah atau masyarakat yang menjadi sasaran KKN. UMK di Kudus dan UNAIR di Surabaya. UST di Yogyakarta. yaitu UPI di Bandung. membina dan mengembangkan Posdaya yang mampu berfungsi mengentaskan kemiskinan dan membangun sumber daya manusia yang unggul. Upaya KKN Tematik dengan tema pembentukan. pembentukan. pengisian. Beberapa PTN/PTS lainnya. Karena alasan-alasan itu. Agar lebih efisien.Permberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang digagas dan diperkenalkan dalam lingkungan Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Segera setelah disiapkan bersama. 2. pengisian. Memperkenalkan model KKN Tematik Posdaya sebagai sarana pembentukan. sekaligus mengembangkan langkah-langkah keterpaduan dalam pengembangan Posdaya secara berdaya guna dan berhasil guna. Ditjen Pendidikan Tinggi Depdiknas. Dari pengalaman selama ini beberapa Kabupaten/Kota yang dijadikan lokasi KKN telah terlihat berhasil mengembangkan Posdaya dengan cepat. UNMUH di Malang. Yayasan Damandiri bersama beberapa Lembaga Pengabdian Masyarakat menyusun Buku Pedoman/Petunjuk Teknis yang bersifat umum tentang penyelenggaraan KKN Tematik Posdaya. agar konsep yang telah disusun bisa menjadi Buku Pedoman/Petunjuk Tehnis yang efektip. pembinaan dan pengembangan Posdaya banyak yang langsung diambil oper oleh Pemda setempat. pembinaan dan pengembangan Posdaya melalui peran mahasiswa dalam kegiatan KKN dengan bimbingan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) di PTN/PTS.

PESERTA PERTEMUAN. masing-masing 1 orang dari: a. Muria Kudus (UMK) o. e. Jumlah peserta seluruhnya terdiri sekitar 40 orang yang terdiri dari: 1. g. UPI Bandung. l. Para Koordinator Wilayah Program Pengembangan SDM dan Posdaya (8 orang). Jl. UGM c. Satrio. Dew’s Konsultan e. Kuningan. Negeri Malang p. III. Negeri Jakarta (UNJ) i. IPB f. Muhammadiyah Surakarta. UNDIP h. Univ. Pancasila Jakarta. Yayasan INDRA g. UST Yogyakarta c. Univ. Mendengar dan memperhatikan pengalaman KKN yang pernah dilakukan sebagai bahan acuan untuk mendorong pelaksanaan KKN Tematik Posdaya yang perlu dikembangkan oleh PTN/PTS yang berminat. UNSOED Purwokerto b. Casablanca. UNMER Malang d. Pertemuan akan diselenggarakan pada tanggal 18 – 20 Mei 2009 di Hotel Manhattan. m.3. Univ. Telp. WAKTU DAN TEMPAT. INSTAT 4. UNMUH Malang d. TENTATIF JADWAL (terlampir). Airlangga (UNAIR) Surabaya. UNS b. UNNES Semarang. f. Mengkoordinasikan dan mengembangkan program Posdaya bersama LPM mitra kerja Yayasan Damandiri. yaitu: a. LPM mitra kerja Yayasan dalam Program SDM/Posdaya yang pernah atau memiliki potensi untuk melaksanakan KKN Tematik Posdaya. V. j. h. Jakarta Selatan 12950. Pengurus dan Direktur/Deputi Direktur serta asisten di Yayasan Damandiri. Univ. (021) 300-40888. Univ. n. IV. k. 3 . LIPM Unair 2. Univ. Univ. Jember (UNED) q. UNTIRTA Banten. Univ. Dr. 3. Univ. Islam Bandung. 4. UNIB Bengkulu. UNSRI Palembang. Prof. Mercubuana.

Jakarta. Guru dan Siswa dalam bentuk hard copy juga dapat di “down load” pada www. Selama pertemuan Panitia menyediakan makan dan konsumsi bagi seluruh peserta. VII. 2. Kuningan.00 siang dan chek out tanggal 20 Mei 2009 jam 13. Telp.gemari. 252-4980 Kontak person: Ary Yunita/Fadil Binur E-mail : arynita_212@yahoo. PENYELENGGARA Yayasan Damandiri d/a.or. 8-9. kendaran umum atau kendaraan pribadi akan diganti sesuai tarip atau ongkos pengganti BBM. 11 Februari 2009.id atau www.com VIII.or. (021) 252-4984. 252-4985. Peserta LPM dari Jawa Tengah. Panitia akan mengganti sesuai bukti-bukti. Fax.VI. Peserta chek in mulai tanggal 18 Mei 2009 setelah jam 12. Peserta dari Jawa Barat dengan bus. 4. Yogyakarta. Dr. Telp.damandiri. 5. (021) 300-40888 . Gedung Granadi Lt. Jawa Timur dan Sumatra disediakan biaya transport dari Daerah pp dengan pesawat terbang klas ekonomi dan dari Bandara ke Hotel pp dengan Bus Damri dan diteruskan dengan taksi. 3. Jakarta 12950.id.com fadil_ binur@yahoo. XI Jl. Soft copy dari Buku Petunjuk Teknis KKN Tematik Posdaya yang perlu mendapatkan masukan penyempurnaan serta Formulir yang perlu diisi oleh LPM untuk Pengisian Data Posdaya. Panitia Pelaksana 4 . Jakarta. Yayasan Damandiri menyediakan akomodasi untuk peserta di Hotel Manhattan di Jl. HR Rasuna Said Blok X-1 Kav. DUKUNGAN LOGISTIK 1.00 setelah makan siang. LAIN-LAIN. Satrio. Casablanca. Kuningan. Prof.

00.00 .00 19. Much Sudarmadi Drs.30 – 22.00 Jam 19. Laporan Panitia 2.30 – 12. Masukan penyempurnaan atas Buku Petunjuk Teknis KKN Tematik Posdaya Istirahat Makan Siang Masukan penyempurnaan atas Buku Petunjuk Teknis KKN Tematik Posdaya (lanjutan) Istirahat Pembahasan Rancangan Program Tahun 2009 Pembicara/Petugas Panitia/Petugas Hotel Seksi konsumsi/akomodasi Dr.30 1. Mulyono Danuprawiro Prof. Istirahat 1. Dr. Pudjo Rahardjo Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dikti Depdiknas Ir. pembinaan dan pengembangan Posdaya melalui KKN.30 Jam 15. Fasli Jalal Prof.30 – 13.30 4. Dr. 20 Mei 2009 08.30 – 19. Rohadi Haryanto Koordinator dan LPM Istirahat/Makan malam Pembahasan Rancangan Program Tahun 2009 Koordinator dan LPM (lanjutan) Istirahat Penyajian Rancangan Program Tahun 2009 Beberapa LPM Terpilih (termasuk Pelaksanaan KKN Tematik Posdaya) Istirahat Upacara Penutupan.30 Jam 13.30 Jam 10.00 .30 – 12. Sambutan Dirjen Pendidikan Tinggi 3.19. pengisian. Rohadi Haryanto LPM PTN/PTS Dr. Hapsoro Tri Utomo Dr.00-15. Pelaksanaan KKN Tematik Posdaya di UNSOED Purwokerto 2. 19 Mei 2009 Jam 8. Jam 22.21. Hari/Tanggal/Jam Senin.00 2. Subiakto Tjakrawedaja 5 Moderator Drs. Jam 15.00 – 19.30 Jam 11. 9.30 – 11.30 8. Dr. 18 Mei 2009 Jam 13. Sukardi MS.00 – 10. Drs. Makan malam Upacara Pembukaan 1.00 – 11. Much Sudarmadi Drs.00 5. Jam 12. 3. Pengarahan dan Pembukaan Resmi Istirahat Kebijakan dan dukungan Dikti untuk pembentukan. 22.Lampiran: No.00Selasa.00 Tentatif Jadwal Acara/Materi Peserta mulai Chek in dan mendaftarkan diri ke Panitia. 16. Haryono Suyono Prof. Jam 19. Dr.00 Rabu.30 6.30-16. Mazwar Nurdin . Jam 10. 7.00 Jam 11.30 – 15.30 – 10.

6 .