You are on page 1of 11

TRACK DAN MARK LOKASI DENGAN GPS 76CSx

Oleh : A. Anam
Mengenal GPS 76CSx
GPS Garmin seri 76CSx yang digunakan dalam materi buku ini. Spesifikasi
GPS ini antara lain lama akuisisi data kurang lebih 1 detik, dalam posisi
sudah menyala. Kalau dari posisi off 38 detik. Akurasi kompas kurang
lebih 5˚, akurasi GPS kurang dari 10 m, untuk Diferensialnya berakurasi
antara 3 hingga 5 meter. Akurasi ketinggian 10 kaki atau setara dengan 3
meter, dengan resolusi 1 kaki atau setara 30 cm. Interface alat mengacu
pada standar NMEA, yaitu NMEA 0183 versi 2.3 dan juga menggunakan
RS-232 serta USB.
Gambar dibawah menjelaskan tombol-tombol yang ada di GPS Garmin
seri 76CSx, dan fungsi dari masing-masing tombol tersebut.

______________________________________________ Hal 1 dari 11

Silakan mendistribusikan dan menyebarluaskan e-book ini tanpa menghilangkan
author mark seri gis e-book GeoVISI. Join our Komunitas GIS mailing list :
http://groups.google.com/group/komunitas-gis
Website Geovisi Mitratama http://geovisi.com. Email : info@geovisi.com.

com.com. maka otomatis GPS akan melakukan proses akuisisi sinyal satelit GPS.google. kota. Atau tekan dua kali untuk ke menu utama Tekan enter untuk menyetujui/ mengambil pilihan menu. Email : info@geovisi. di sekitar anda Turn on/off Tekan agak lama untuk menghidupkan atau mematikan GPS Quit / Keluar. digunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya atau keluar dari Menu Tekan Page untuk memilih halamanhalaman page atau tekan agak lama untuk menhidupkan atau mematikan kompas Tekan menu untuk melihat isi pilihan menu.com/group/komunitas-gis Website Geovisi Mitratama http://geovisi. atau tekan agak lama untuk mendapatkan data koordinat (marking waypoint) Rocker pad / untuk menggerakkan peta atau memilih pilihan menu Menghidupkan GPS 76CSx Pada saat anda menekan tombol bergambar lampu berwarna merah. seperti pada gambar dibawah ini : ______________________________________________ Hal 2 dari 11 Silakan mendistribusikan dan menyebarluaskan e-book ini tanpa menghilangkan author mark seri gis e-book GeoVISI. . Join our Komunitas GIS mailing list : http://groups.Zoom out/ memperkecil peta Zoom in/ Memperbesar peta Find/ mencari waypoint.

Pentingnya Kalibrasi GPS Kita sering berpindah-pindah dalam menggunakan gps.com. Join our Komunitas GIS mailing list : http://groups.com/group/komunitas-gis Website Geovisi Mitratama http://geovisi. misal dari Kalimantan ke Jawa.google. atau bahkan ke luar negeri misalnya : Timor Leste atau Brunei. tidak hanya sekedar berpindah sejauh satu desa. . atau satu kecamatan saja. dalam contoh ke Barat (W/West) Nomor satelit dengan sinyal yang belum diterima Lokasi koordinat dimana anda berada akan muncul jika minimal 4 sinyal telah anda terima.com. yaitu gambaran digital kompas dari gps kita yang menunjukkan arah utara______________________________________________ Hal 3 dari 11 Silakan mendistribusikan dan menyebarluaskan e-book ini tanpa menghilangkan author mark seri gis e-book GeoVISI. Apa yang perlu kita kalibrasi? Pertama adalah kompas gps. ke Sumatera. tetapi lebih ditekan berpindah dalam zona yang berbeda. Untuk menyesuaikan dengan kondisi lokal yang baru kita datangi tentu kita perlu melakukan kalibrasi alat gps lagi. ke Papua. lebih dari 160 km. berpindah yang saya maksudkan adalah pindah dalam jarak yang cukup signifikan. Email : info@geovisi.Status Indikator 3 dimensi Nomor satelit dan sinyal yang telah diterima Indikasi arah gerak anda.

Akan muncul dilayar halaman seperti berikut : Kemudian tekan tombol Menu. Join our Komunitas GIS mailing list : http://groups. pilih Calibrate compass.com. . 360˚.google.com.selatan-barat-timur. Caranya tampilkan Page/halaman Compass dengan menekan beberapa kali tombol Page. Dan GPS akan mengkalkulasi sinyal dari satelit stasioner diatas anda.com/group/komunitas-gis Website Geovisi Mitratama http://geovisi. Email : info@geovisi. Prinsip kalibrasi kompas pada versi Garmin adalah dengan melakukan putaran 2 kali secara pelan-pelan kearah kanan. untuk menemukan arah kompas dengan benar. Gerakkan dengan rocker pad untuk mengarahkan highlight warna kuning ke Calibrate Compass. akan ada beberapa option atau pilihan dalam halaman compass ini. dan tekan Enter ______________________________________________ Hal 4 dari 11 Silakan mendistribusikan dan menyebarluaskan e-book ini tanpa menghilangkan author mark seri gis e-book GeoVISI. Kedua adalah altimeter gps atau penunjuk posisi vertikal/ketinggian dimana gps berada.

. Jawabannya adalah kalibrasikan ketinggian anda di pantai. berputar sebanyak 2 kali secara pelan-pelan.google. Tetapi bagaimana jika anda tidak mengetahui data ketinggian. sementara anda perlu mengkoreksi data elevasi dilokasi survey anda tersebut. ______________________________________________ Hal 5 dari 11 Silakan mendistribusikan dan menyebarluaskan e-book ini tanpa menghilangkan author mark seri gis e-book GeoVISI. Setelah anda lakukan yang diminta oleh GPS maka GPS akan memberikan respon apakah Kalibrasi anda berhasil atau tidak.com. Tampilkan layar altimeter dengan menekan tombol page beberapa kali. Email : info@geovisi. tekan tombol Enter.com/group/komunitas-gis Website Geovisi Mitratama http://geovisi. jika tidak anda perlu mengulangi putaran ditempat.com. jika tahu pilih Ya/Yes. dan isikan data ketinggian yang anda ketahui. Untuk kalibrasi altimeter lebih mudah lagi dilakukan yaitu dengan memberikan nilai elevasi absolut yang anda ketahui. Kalibrasi altimeter anda selesai. Tekan tombol menu untuk menampilkan option di halaman altimeter.Anda akan diminta untuk mengikuti petunjuk yang muncul dilayar. apakah anda tahu informasi ketinggian yang tepat. Pilih Calibrate Altimeter Anda akan memperoleh pertanyaan. Join our Komunitas GIS mailing list : http://groups. dan tekan tombol enter. disatu titik mungkin dengan sedikit lebih pelan lagi.

apakah anda mengetahui ketinggian tempat. baik itu membuat waypoint marking ataupun melakukan tracking. Setelah terpilih calibrate altimeter tekan enter.com. karena anda berada pada 0 mdpal (null meter diatas permukaan air laut). Anda sudah dapat menggunakan GPS anda.com. kemudian dibagi dua. dan kemudian kalibrasikan altimeter gps anda dititik tersebut dengan melakukan langkah : 1. anda akan diminta mengisikan nilai ketinggian. Tekan enter. Tampilkan page altimeter 2. Untuk memperoleh nol meter.Pantai merupakan wilayah dimana nol meter berada. anda perlu mengetahui posisi surut terendah dan posisi pasang tertinggi. 3. ketemu titik tengah yang berada ditengah-tengah antara titik surut dan titik pasang dengan panjang jarak yang sama baik dari titik surut ataupun titik pasang. Join our Komunitas GIS mailing list : http://groups. Isikan nilai 0 (null) pada isian. Dengan asumsi bahwa kelandaian pantai relatif sama maka anda hanya perlu mengukur jarak antara titik posisi surut terendah hingga titik posisi pasang tertinggi. .google. pilih calibrate altimeter dengan mengarahkan highlight kuning ke tulisan calibrate altimeter. Sebuah Catatan untuk kalibrasi. baik itu kalibrasi kompas ataupun altimeter. Jika anda menjawab Ya/Yes. Email : info@geovisi.com/group/komunitas-gis Website Geovisi Mitratama http://geovisi. kalibrasi altimeter anda selesai. dengan menekan tombol rocker pad. Kalibrasi tidak hanya dilakukan jika kita berpindah dengan ______________________________________________ Hal 6 dari 11 Silakan mendistribusikan dan menyebarluaskan e-book ini tanpa menghilangkan author mark seri gis e-book GeoVISI. Isikan Ya atau Yes jika ada pertanyaan. tekan tombol menu sekali.

Hal lain yang perlu diperhatikan dan dilakukan adalah setting Unit yang dipakai dalam GPS anda.google. akses SETUP melalui menu utama/Main menu. dll.com. tetapi kalibrasi juga dilakukan jika GPS terpapar perubahan suhu yang ekstrim.jarak yang signifikan. Email : info@geovisi. Join our Komunitas GIS mailing list : http://groups.com. setting unit ini adalah memberikan status nilai untuk koordinat datum. Muncul isian dihalaman tersebut antara lain : - Position format. format ini adalah format yang umum digunakan di ______________________________________________ Hal 7 dari 11 Silakan mendistribusikan dan menyebarluaskan e-book ini tanpa menghilangkan author mark seri gis e-book GeoVISI.com/group/komunitas-gis Website Geovisi Mitratama http://geovisi. Untuk melakukan setting unit ini. . Enter highlight pada setup untuk mensetting unit-unit dalam GPS Setelah anda tekan tombol enter arahkan highlight ke tulisan Unit untuk mengakses page/halaman Unit. unit ukuran. untuk mengubah isian koordinatnya turunkan highlight kuning ke box disebelah position format. anda tekan enter pilih dengan mengarahkan highlight kuning ke format degree atau metrik.

baik anda ubah namanya ataupun default nama yang diberikan oleh GPS.com. b. ______________________________________________ Hal 8 dari 11 Silakan mendistribusikan dan menyebarluaskan e-book ini tanpa menghilangkan author mark seri gis e-book GeoVISI. pada saat marking titik koordinat anda tidak boleh bergerak kesana kemari (berjalan-jalan). Indonesia punya sistem datum sendiri. . Untuk memilihnya tekan enter. WGS84 merupakan datum yang jamak digunakan di Indonesia. Email : info@geovisi. kemudian tekan enter dan arahkan highlight pilih WGS84.google.Indonesia. untuk mengubah isian datum. dan koordinat formatnya. Ddd mmm ssss. Join our Komunitas GIS mailing list : http://groups. cukup berhenti ditempat sesaat sampai anda tekan Enter untuk OK. c. ddd mmm. arahkan highlight ke box disebelah datum. atau metric (UTM) merupakan contoh model formatnya. Syarat marking adalah : a.com. Waypoint Marking Singkatnya waypoint marking adalah memperoleh koordinat dari suatu titik lokasi yang anda survey. Unit sudah anda setting.com/group/komunitas-gis Website Geovisi Mitratama http://geovisi. - Datum.mmm. dan tekan enter lagi untuk menset-upnya. datum. Langkah untuk melakukan marking adalah dengan menekan tombol Enter agak lama. baik kompas ataupun altimeternya. menerima hasil yang diperoleh dan anda simpan. GPS anda sudah dikalibrasi. hingga muncul tampilan page Mark Waypoint seperti gambar berikut ini. hanya saja tidak terdapat di option pada gps ini.

tekan untuk menyimpannya. Cara MOB ini dengan menekan tombol Find agak lama untuk melakukan Marking. dan tekan Enter untuk menampilkannya arah lokasi anda ke titik MOB didalam peta GPS. jika data koordinat yang sudah diperoleh. .google.com. Join our Komunitas GIS mailing list : http://groups.com/group/komunitas-gis Website Geovisi Mitratama http://geovisi.com. ______________________________________________ Hal 9 dari 11 Silakan mendistribusikan dan menyebarluaskan e-book ini tanpa menghilangkan author mark seri gis e-book GeoVISI. Seperti misal anda berada diatas kapal atau sampan. Tracking Apakah tracking dengan gps itu? Tracking dalam peristilahan global positioning system (GPS) adalah melakukan akuisisi data koordinat secara otomatis berdasarkan jalur yang kita lalui dan data tersebut disimpan dalam kartu memori gps secara otomatis pula. Ini adalah teknik standar perolehan data koordinat. Email : info@geovisi. tetapi jika anda tidak dapat berhenti secara langsung. ataupun harus bergerak terus.Tekan enter setelah highlight kuning berada pada OK. maka anda dapat menggunakan fasilitas Man Over Board (MOB) untuk memperoleh/capturing data koordinat/waypoint.

google. Join our Komunitas GIS mailing list : http://groups. maka akan muncul Menu utama.com/group/komunitas-gis Website Geovisi Mitratama http://geovisi.com. ______________________________________________ Hal 10 dari 11 Silakan mendistribusikan dan menyebarluaskan e-book ini tanpa menghilangkan author mark seri gis e-book GeoVISI. Email : info@geovisi.com. tekan enter Enter highlight pada track atau jalur untuk masuk page Track Muncul halaman track seperti berikut : Arahkan hightlight kuning dengan menggerak rocker pad ke button On untuk menghidupkan track logger (pencatat otomatis track).Untuk memulai tracking tekan tombol menu dua kali. . pilih Track atau jalur.

Email : info@geovisi. Untuk menampilkan dalam peta gps klik pada salah satu dari daftar track yang ada.Angka 20% pada gambar diatas menunjukkan memori yang sudah digunakan oleh track. Join our Komunitas GIS mailing list : http://groups. atau menyimpan track yang baru saja anda lakukan. Atau anda juga bisa mengisikan pada distance/jarak per 10 meter. Tanggal pada box saved track. Pada saat menyimpan ini anda akan diberi pilihan menyimpan seluruh track. Untuk mendownload data gps ke komputer silakan baca pada Ebook : Bekerja dengan GPS. atau per 30 detik.com. Anda bisa mengubah nama atau membiarkan nama default. Untuk menyimpan hasil tracking anda dalam sebuah nama tekan enter setelah kursor highlight anda berada pada button Save/simpan.com/group/komunitas-gis Website Geovisi Mitratama http://geovisi. misal per 1 menit. dan by time atau waktu.google.com. ______________________________________________ Hal 11 dari 11 Silakan mendistribusikan dan menyebarluaskan e-book ini tanpa menghilangkan author mark seri gis e-book GeoVISI. isikan interval waktu akuisisi. Pilih Map/Peta maka peta dengan tracking yang anda lakukan akan muncul. . atau per 100 feet. Selamat belajar. Akan muncul pilihan by distance/jarak. atau per 10 menit. tekan enter pada waktu misalnya atau anda juga bisa memilik jarak/distance. dan berbagi ilmu. menunjukkan nama tracking yang sudah ada. Untuk menyiapkan track logger agar mencatat per jarak atau per waktu arahkan highlight kuning kearah setup dan tekan enter.