You are on page 1of 19

ETIKA PROFESI

KEDOKTERAN

 Etika telah menjadi bagian yang integral dalam pengobatan setidaknya sejak masa Hipocrates  Dasar pengobatan dalam masyarakat primitif adalah syamanisme.Sejarah….  Ilmu pengobatan timur : Mesir Kuno  Ilmu kedokteran Yunani Kuno .

. Disamping itu. Etika kedokteran adalah kepedulian dan tanggungjawab moral dokter terhadap hidup dan kesehatan pasiennya. hukum adalah rambu-rambu lain yang mengatur pelayanan kesehatan .Etika kedokteran pada dasarnya adalah kepedulian dan tanggungjawab moral terhadap hidup dan kehidupan manusia serta terhadap kelainan dan gangguan padanya. Etika dan hukum yang sama-sama berakar pada moral saling mengisi. dari sejak lahir sampai akhir hidup itu dan malahan sampai beberapa waktu sesudahnya. Dokter punya tanggungjawab etis dan tanggungjawab hukum dalam menjalankan profesinya.

terkodefikasi Peraturan pelaksanaan (disiplin) Peraturan perundang-undangan (hukum) . org lain. kehendak yang timbul dari hati nurani.Tuhan dan lingkungan Etik profesi.Kaitan Etik dan Hukum 1) 2) 3) 4) 5) Moral dan etik. melakukan yang baik. menghindari yang buruk thp dirinya. etik terapan dalam kelompok profesi Kode etik profesi.

buruk atau baik. kaidah dan ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik. etika akan berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar.ETIKA ? Kata Etika (Etik) Ethos : norma. . Etika ini kemudian dirupakan dalam bentuk aturan (code) tertulis yang secara sistematik sengaja dibuat berdasarkan prinsip-prinsip moral yang ada. nilai. Sebagai suatu subyek.

PROFESI ? Berasal dari bahasa Latin “Professio” : pernyataan kepada publik dengan usaha (kekuatan) dan janji. Profesi merupakan pekerjaan yang mendapatkan bayaran dan memerlukan pendidikan dan keterampilan yang advance (lama dan terakreditasi) .

 Membutuhkan pelatihan.PROFESI Sekelompok pekerjaan yg dlm AKTIVITASNYA  Dilakukan oleh profesional dari disiplin yg sama  Terkait dengan masalah kemanusiaan. . pendidikan dan  Keahlian khusus yang didapat secara formal dan membutuhkan kepercayaan masyarakat.

Dokter sering dihadapkan pada pilihanpilihan pelayanan profesionalnya dimana nyawa orang taruhannya.Etika bagi profesi kedokteran   Menuntut dari setiap dokter suatu tanggung jawab etis yang besar…karena menyangkut kehidupan manusia. .

. Saya akan merahasiakan segala sesuatu yang akan ketahui karena keprofesian saya. Saya akan memelihara dengan sekuat tenaga martabat dan tradisi luhur profesi kedokteran. 5. Saya tidak akan mempergunakan pengetahuan dokter saya utk sesuatu yang bertentangan dengan perikemanusiaan sekalipun di ancam. 4. Saya akan menjalankan tugas saya dengan cara yang terhormat dan bersusila sesuai dengan martabat pekerjaan saya sebagai dokter.434/Menkes/SK/X/1983) DEMI ALLAH SAYA BERSUMPAH BAHWA: 1.SUMPAH DOKTER INDONESIA (SK Menkes No. 2. 3. Saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan perikemanusiaan.

Saya akan memberi kepada guru-guru saya penghormatan dan pernyataan terima kasih yg selayaknya. Saya akan mentaati dan mengamalkan Kode Etik Kedokteran Indonesia. 9. 10. kesukuan. politik. . Saya akan perlakukan teman sejawat saya seperti saudara sekandung 11. kebangsaan. Saya akan beriktiar dgn sungguh-sungguh supaya saya tdk terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan. Saya akan senantiasa mengutamakan kesehatan pasien dgn memperhatikan kepentingan masyarakat.6. 7. Saya akan menghormati setiap hidup insani mulai dari saat pembuahan. Saya ikrarkan sumpah ini dgn sungguh-sungguh dan dengan mempertaruhkan kehormatan diri saya. 12. gender. 8. kedudukan sosial dan jenis penyakit dlm menunaikan kewajiban thd pasien.

pasal 7 a/b/c/d) Kewajiban dokter terhadap pasien .KODE ETIK KEDOKTERAN INDONESIA (SK PB IDI No.4 pasal (pasal 10-13) Kewajiban dokter terhadap teman sejawat 2 pasal (pasal 14. 221/PB/A. 9 pasal (pasal 1-9. 17) .15) Kewajiban dokter terhadap diri sendiri 2 pasal (pasal 16.4/04/2002) Kewajiban umum.

 Untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan para anggota  Untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi .Tujuan Kode Etik:  Untuk menjunjung tinggi martabat dan citra profesi.

Kewajiban Umum  Menjunjung tinggi. seorang dokter tdk boleh dipengaruhi oleh sesuatu yang mengakibatkan hilangnya kebebasan dan kemandirian profesi.  Dalam melakukan pekerjaan kedokterannya.  Menghindarkan diri dari perbuatan yang bersifat memuji diri .  Berupaya melaksanakan profesinya sesuai dengan standar profesi yang tertinggi. menghayati dan mengamalkan sumpah dokter.

Sambungan… Kewajiban Umum  Tiap perbuatan atau nasehat yang mungkin melemahkan daya tahan psikis maupun fisik hanya diberikan utk kepentingan dan kebaikan pasien stlh memperoleh persetujuan pasien.  Memberikan pelayanan medis yang kompeten dengan kebebasan teknis dan moral sepenuhnya disertai rasa kasih sayang dan penghormatan atas martabat manusia.  Memberikan surat keterangan dan pendapat yang telah diperiksa sendiri kebenarannya.  Senantiasa berhati-hati dalam mengumumkan dan menerapkan setiap penemuan teknik atau pengobatan baru yg belum teruji kebenarannya. .

 Harus saling menghormati.  Menghormati hak-hak pasien.  Mengingat akan kewajiban melindungi hidup makluk insani. hak-hak sejawat dan hak tenaga kesehatan lainnya dan harus menjaga kepercayaan pasien.Sambungan… Kewajiban Umum  Bersikap jujur dlm hubungan dengan pasien dan sejawatnya dan berupaya utk mengingatkan sejawatnya yang dia ketahui memiliki kekurangan dlm karakter atau kompetensi dlm menangani pasien. .  Memperhatikan kepentingan masyarakat dan memperhatikan semua aspek pelayanan kesehatan yang menyeluruh serta berupaya menjadi pendidik dan pengabdi masyarakat yg sebenar-benarnya.

 Melakukan pertolongan darurat sbg suatu tugas perikemanusiaan.Kewajiban terhadap pasien  Bersikap tulus ikhlas dan mempergunakan segala ilmu dan keterampilannya utk kepentingan pasien.  Merahasiakan segala sesuatu yg diketahuinya ttg seorang pasien bahkan setelah pasien itu meninggal dunia. .  Memberikan kesempatan kepada pasien agar senantiasa dapat berhubungan dengan keluarga dan penasehatnya dlm beribadat atau dlm masalah lain.

.Kewajiban thd Teman Sejawat  Memperlakukan teman sejawat sebagaimana ia sendiri ingin diperlakukan.  Tidak boleh mengambil alih pasien dari teman sejawat kecuali dgn persetujuan atau berdasarkan prosedur yg etis.

.Kewajiban thd Diri Sendiri  Harus memelihara kesehatannya supaya dpt bekerja dgn baik.  Senantiasa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran/kesehatan.

Terimakasih 19 .