You are on page 1of 9

Paging and Segmentation

A. Sistem Paging
Adalah sistem manajemen pada sistem operasi dalam mengatur program yang sedang berjalan.
Program yang berjalan harus dimuat di memori utama. Kendala yang terjadi apabila suatu
program lebih besar dibandingkan dengan memori utama yang tersedia.
Untuk mengatasi hal tersebut Sistem Paging mempunyai 2 solusi, yaitu:
- Konsep Overlay
- Konsep Memori Maya (virtual Memory)

Paging Harware

Paging Model of Logical and Physical Memory

Example Paging .

Free Frames Paging Hardware With TLB .

Effective Access Time Two-Level Page-Table Scheme Address-Translation Scheme .

Alamat terdiri dari dua bagian pada memori bersegment yaitu : 1. perobahan panjang segment terjadi selama proses eksekusi. Setiap segment berisi alamat 0 sampai maksimum secara linier. Segment stack bertambah ketika terjadi operasi push dan turun saat operasi pop. Alamat pada segment ( offset ).B. Segmentation Secara sederhana segmentasi bisa diartikan sebagai suatu ruang alamat atau segment yang berada di memori. Segment-segment itu dalam keadaan independent. dimana setiap segment merupakan ruang alamat terpisah segment-segment dapat tumbuh dan mengkerut secara bebas tanpa mempengaruhi yang lain. User’s View of a Program . Panjang setiap segment berbeda-beda sampai panjang maksimun. Nomor segment 2.

Logical View of Segmentation Segmentation Hardware .

Example of Segmentation Logical to Physical Address Translation in Pentium .

memori akan kosong untuk halaman aktif yang lain.Intel Pentium Segmentation Pada gambar diatas ditunjukkan Setiap alamat yang dihasilkan oleh CPU dibagi menjadi dua bagian yaitu sebuah nomor halaman (p) dan offset halaman (d). Sistem operasi mengalokasikan alamat dari item . yang diakses dengan alamat virtual dan ruangan yang ada dialokasikan untuk informasi pemetaan. Bingkai (frame) menyimpan data dari halaman. Ketika sebuah item dapat mengalami paging. Alamat dasar ini dikombinasikan dengan offset halaman untuk menentukan alamat memori fisik yang dikirim ke unit memori kemudian setelah di proses dan dikembalikan pada cpu dan siap untuk ditampilkan pada monitor. Nomor halaman digunakan sebagai indeks untuk tabel halaman. Atau memori virtual memetakan nomor virtual pages ke nomor page frames. Halaman yang dipindah dari disk ke memori ketika diperlukan dinamakan paged in (dikembalikan ke memori) atau swap in. Mapping (pemetaan) menyebabkan halaman virtual hanya dapat mempunyai satu lokasi alamat fisik. maka halaman dari proses akan mengalami paged out (disimpan ke dalam disk) atau swap out. jika sebuah ruang diperlukan untuk proses dan halaman yang bersangkutan tidak sedang digunakan. Dalam sistem paging. Tabel halaman berisi alamat dasar/base dari setiap halaman di memori fisik. Memori fisik dibagi menjadi page frames yang berukuran sama dan diidentifikasikan dengan nomor page frames. maka item tersebut termasuk dalam item yang menempati ruang virtual. Ruang sebuah memori virtual yang dibagi menjadi bagian-bagian yang sama dan diidentifikasikan dengan nomor virtual pages.

Prinsip dari memori virtual adalah bahwa “Kecepatan maksimum ekseskusi proses di memori virtual dapat sama. Tiap program dialokasikan 256 Kbyte dan bagian – bagian proses (swap in) masuk ke dalam memori fisik begitu diperlukan dan akan keluar (swap out) jika sedang tidak diperlukan. Sebuah multiprogramming dapat mengimplementasikan teknik memori virtual sehingga sistem multiprogramming menjadi lebih efisien. *Demand segmentation. Teknik memori virtual akan memudahkan pekerjaan seorang programmer ketika besar data dan programnya melampaui kapasitas memori utama. Contohnya: 10 program dengan ukuran 2 MB dapat berjalan di memori berkapasitas 4 MB. lebih kompleks diterapkan ukuran segmen yang bervariasi. Memori virtual dapat diimplementasikan dengan tiga cara: *Demand Paging yaitu dengan menerapkan konsep pemberian halaman pada proses.tersebut hanya ketika item tersebut mengalami paging in. tetapi tidak akan pernah melampaui kecepatan eksekusi proses yang sama di sistem yang tidak menggunakan memori virtual”. *Kombinasi paging dan segmentation Demikian sekilas komentar saya mengenai materi Paging dan segmentation yang disertai dengan beberapa gambar dari sistem itu sendiri .