You are on page 1of 28

Ekokinetika

(Transpor Xenobiotic dalam
Lingkungan)
Yudith Vega, ST.

Apa itu Ekokinetika ?
1. Berasal dari kata kinetik, artinya ?
dan eko, artinya ?
2. Ekokinetika adalah kinetik/ gerak
suatu zat racun dalam ekosistem
(Sumirat et al., 2003).

.

Mudah/ tidaknya ditransport. . Biokonsentrasi. bioakumulasi dan magnifikasi dalam rantai makanan. Reaktivitas dalam lingkungan.Sifat Xenobiotic (=polutan) dalam Ekokinetika. 2. media nya. 4. Persistensi dalam lingkungan dapat membawa xenobiotic ke tempat yang sangat jauh. degradasi. 3. apa saja ? 1. menentukan toksisitas. dan juahnya transpor.

.

apa saja ? 1. Non-Distributif/ tidak tersebar = sumber berupa sumber titik (contohnya : ???) . pembakaran) 2.Sumber-sumber Racun. Distributif/ tersebar = tersebar tidak merata ke berbagai arah dan dapat bergerak maupun berupa sumber area. (contohnya : penyemprotan DDT.

.

Sumbernya bisa alamiah maupun buatan. 2003). Contoh : tercemarnya air tanah di Bangladesh dengan Arsenicum yang bersumber dari alam.Tentang Emisi ? = introduksi xenobiotic ke dalam lingkungan.. Contoh buatan ??? . insidentil maupun aksidentil (Sumirat et al. belum teratasi sampai saat ini. bisa terjadi secara alamiah.

.

.

.

apa saja ? 1. organisme. air. transpor tidak menimbulkan adanya perubahan struktur. Transport/ dispersi. Contoh transpor : transpor DDT dan Sr-90 dari percobaan nuklir banyak jatuh ke hemisfer bagian utara. tanah. dapat cepat/ lambat. Apa itu PCB ? Kemudian mengapa pemakaiannya dilarang ? . 3. rantai makanan dsb. Bedanya dengan transformasi. 2. Medianya dapat berupa udara. dapat jauh/ dekat. Transpor jarak jauh dari PCB yang ditemukan tahun 1929.Media Transpor Xenobiotic.

Jenis-jenis Transpor : 1. menyebabkan konsentrasi CO2 dan metan meningkat. Transpor Stratosferik =Transpor akibat proses alami dan antropogenik. Contoh antropogenik adalah CFC dan metil bromida. kebakaran hutan. menyebabkan lubang ozon. contohnya meletusnya gunung Krakatau yang menyemburkan debu layaknya debu bom atom dan mencapai ke seluruh bagian dunia. .

.

Transpor Regional Contohnya kecelakaan nuklir di Chernobyl menyebarkan cesium-137 yang sangat stabil dan sangat radioaktif ke negara-negara tetangganya. Transpor Lokal Contohnya di Jerman telah terjadi emisi zat radioaktif dan metal yang tidak terkontrol selama 5 tahun akibat sisa pembuangan uranium setempat. Akibatnya banyak penderita leukimia dan kanker paru-paru bermunculan.Jenis-jenis Transpor : 2. 3. .

Jenis-jenis Transpor : 4. menyebabkan kadar sebanyak 1 mikrogr/L. Transpor Akibat Sumber Titik Contohnya : kontaminasi satu liter bensin terhadap satu juta liter air tanah/ permukaan. . yang tidak layak untuk konsumsi manusia.

Reaksi dengan zat lain membentuk senyawa baru Semuanya melalui media transpor.Proses Transpor dalam Ekokinetika ? 1. Input  Evaporasi 3. . Adsorpsi  Desorpsi  Sedimentasi 2.

deposisi dari atmosfir dan sedimentasi zat organik 3. .Proses biotik. melalui mekanisme metabolisme mikroorganisme. oksidasi. meliputi hidrolisis.Lalu. reaksi-reaksi fotokimia. evaporasi perairan atau padatan. terjadi secara enzimatik. 1. Proses Transformasi dalam Ekokinetika sendiri Bagaimana ? Bisa melalui proses biotik dan abiotik.Proses abiotik-kimiawi. leaching.Proses abiotik-fisis. meliputi transpor lokalregional-global. 2.

Proses Transpor sesuai dengan media transpor ? 1. Dispersi = pengadukan dalam air tanah ketika adveksi terjadi dalam kecepatan rendah yang tidak mengakibatkan turbulensi. c. Difusi turbulen sering disebutkan dengan pengadukan. Difusi = terbagi menjadi difusi molekuler dan difusi turbulen. Difusi molekuler disebabkan pergerakan molekul random termal. . b. Transpor Media Air a. Adveksi = pergerakan bulk yang disebabkan oleh aliran.

.

Proses Transpor sesuai dengan media transpor ? 2. . Transpor antara Air dan Udara = suatu pergerakan molekul dari air ke udara akan melewati suatu lapisan batas yang mengakibatkan resistensi dari molekul lain dari kedua fase tersebut.

Proses Transpor sesuai dengan media transpor ? 3. reaksi abiotik dan biologi. Transpor dalam Tanah = biasanya disebut perkolasi. dipengaruhi gravitasi. Transpor pada Partikel = xenobiotic juga mengalami transpor dalam partikel tersuspensi yang terlekat pada permukaan atau diabsorbsi pada pori partikel. 4. . porositas tanah. adsorpsi.

atau melalui deposisi kering yang terjadi di daerah arid. Air mengalir karena tekanan hidrostatik. Adveksi = transpor dari uap dengan cepat akan bergerak jauh karena ada aliran udara. . 6. Deposisi = bisa terjadi melalui hujan (deposisi basah). b. bila aquifer mencapai permukaan terjadilah mata air.Proses Transpor sesuai dengan media transpor ? 5. Transpor dalam Air Tanah = proses difusi dan adveksi pada aquifer. Volatilisasi =proses transpor dipengaruhi difusi. Transpor dalam Udara Meliputi : a. c.

.

. Contoh : hexachorobenzena yang persistensinya > 2 tahun. Persistensi Bila komponen xenobiotic tidak terdegradasi maka disebut persisten. bagaimana dengan nasib racun ? a.Mobilitas Klasifikasinya berdasarkan afinitasnya terhadap berbagai zat utama yang ada dalam kompartemen lingkungan.Perkiraan Nasib Racun Setelah mengalami ekokinetika. Contoh : afinitas racun kimia dalam air bisa mencapai > 1 g/L. b.

Biokonsentrasi = zat yang terlarut secara selektif masuk ke dalam jaringan mikroorganisme dan terkonsentrasi melalui rute (contoh : kontaminasi pada ikan) .Perkiraan Nasib Racun c. Akumulasi = Pengambilan zat kimia dari lingkungan oleh makhluk hidup disebut bioakumulasi. Bioakumulasi menjadi berbahaya bila rasio organik/ lingkungan = 100 – 1000. Biomagnifikasi = masuknya zat kimia dari lingkungan ke dalam rantai makanan sehingga menyebabkan bioakumulasi yang lebih besar.

.

Selesai & Selamat Belajar .