You are on page 1of 11

CARA PEMAKAIAN OBAT-OBATAN KHUSUS

Heppi purnomo (1506777360)
A. Suppositoria
1. Cuci kedua tangan sampai bersih dengan air dan sabun
2. Sebelum dikeluarkan dari wadah, jika suppositoria terasa melunak, simpan di kulkas
atau rendam dalam air dingin selama beberapa saat untuk mengeraskannya kembali
3. Buka wadah pembungkus suppositoria
4. Jika diminta untuk menggunakan hanya setengahnya, maka potong di bagian tengah
dengan rata menggunakan pisau yang tajam
5. Bagian ujung suppositoria dilumasi dengan lubrikan larut air supaya licin, jika tidak
ada bisa ditetesi sedikit dengan air keran
6. Diperbolehkan memakai sarung tangan bersih jika ingin
7. Atur posisi tubuh berbaring menyamping dengan kaki bagian bawah diluruskan
sementara kaki bagian atas ditekuk ke arah perut

8. Angkat bagian atas dubur untuk menjangkau ke daerah rektal

9. Masukkan suppositoria, ditekan dan ditahan dengan jari telunjuk, sampai betul-betul
masuk ke bagian otot sfinkter rektum (sekitar ½ – 1 inci dari lubang dubur). Jika tidak
dimasukkan sampai ke bagian otot sfinkter, suppositoria ini akan terdorong keluar lagi
dari lubang dubur

tanpa yang .10. Setiap setiap kali akan menggunakan injeksi pen (bukan untuk yang pertama kali lakukan hanya yang menggerakkan pen ke atas dan ke bawah. lakukan sampai suspen cairan tercampur rata. Pada penggunaan pertama kali. Insulin 1. Kemudian gerakkan pen ke atas dan ke bawah. 2. B. Tahan posisi tubuh tetap berbaring menyamping dengan kedua kaki menutup selama kurang lebih 5 menit untuk menghindari suppositoria terdorong keluar. diharuskan merolling pen (menggulung pen) diantara telapak tangan selama 10 kali. Buang wadah suppositoria yang sudah terpakai dan kembali cuci kedua tangan sampai bersih. 11.

Lakukan itu sampai suspen cairan tercampur rata. Persiapkan insulin pen. 5. Hilangkan kertas pembungkus dan tutup jarum 3. Pastikan insulin pen siap digukan 8. . 9. Putar jarum insulin ke insulin pen. Buang penutup jarum ke tempat samapah. Hilangkan udara di dalam pen melalui jarum. Lepaskan penutup jarum luar. 6. 3. 4.menggulung pen diantara telapak tangan. 7. Tarik kertas pembungkus pada jarum pen. Putar tombol pemilih dosis pada ujung pen untuk 1 atau 2 unit (pengaturan dosis dengan cara memutar tobol). Hal ini untuk mengatur ketepatan pen dan jarum dalam mengatur dosis insulin. lepaskan penutup insulin pen 4.

Segera suntikkan jarum pada sudut 90 derajat. Cubit bagian kulit yang akan disuntik. Biarkan jarum di tempat selama 5-10 detik untuk membantu mencegah insulin dari keluar dari tempat injeksi. Pilih lokasi bagian tubuh yang akan disuntikan. Bisa di usap dengan tissue atau kapas. latekkan ibu jari pada tombol dosis. 16. 18. Tombol pemutar harus kembali ke nol setelah insulin terlihat di dalam pen. Hindari menyuntik disekitar pusar. Aktifkan tombol dosis insulin (diputar sesuai keinginan). Lepaskan cubitan. Genggam pen dengan 4 jari. sampai insulin terlihat di ujung jarum. 17. tetapi itu tidak berbahaya. Kadang-kadang terlihat memar atau tetesan darah. Tahan pena dengan jarum mengarah ke atas. Tarik jarum dari kulit. tetapi jangan di pijat pada daerah bekas suntikan. Ulangi. Gunakan ibu jari untuk menekan ke bawah pada tombol dosis sampai berhenti (klep dosis akan kembali pada nol).10. jika perlu. . 14. Pastikan posisi nyaman saat menyuntikkan insulin pen. 11. 12. Tekan tombol dosis dengan benar sambil mengamati keluarnya insulin. 13. 15.

Kumur setelah menghisap . Tempatkan jarum yang telah digunakan pada wadah yang aman (kaleng kosong). Persiapkan pen insulin untuk penggunaan berikutnya 20. Tahan napas dan hitung sampai 5-10 7. Hisap secara kuat dan cepat (inspirasi maksimal) 6. Buka tutup turbuhaler 2. Buang ke tempat sampah jangan dibuang ditempat pendaurulang sampah. C. masukkan mulut ke turbuhaler 5.19. Dry powder inhaler  Turbuhaler 1. Putar ke kanan sampai habis (maksimal) 3. Putar ke kiri sampai berbunyi “klik” 4. Lepaskan tutup luar jarum dan putar untuk melepaskan jarum dari pen. Tutup kembali turbuhaler 8. Keluarkan nafas (ekspirasi maksimal).

kemudian tahan napas selama mungkin. hiruplah dengan kuat dan dalam. masukan rotahaler dan rapatkan bibir dengan kepala agak ditinggikan dengan kepala agak ditengadahkan ke belakang 6. Pegang bagian mulut rotahaler secara vertikal. tangan lain memutar badan rotahaler sampai terbuka 2. pegang permukaan rotahaler secara horizontal dengan titik putih di atas dan putar badan rotahaler berlawanan arah sampai maksimal untuk membuka rotacaps 4.  Accuheler/ diskus . sambil keluarkan napas secara perlahan-lahan. Rotaheler 1. à lalu keluarkan rotahaler dari mulut. masukan rotacaps dengan sekali menekan secara tepat ke dalam lubang sehingga puncak rotacaps berada pada permukaan lubang 3. keluarkan napas semaksimal mungkin di luar rotahaler 5.

Setelah itu doronglah .1. letakkan jari anda benar-benar pada thumb grip agar tidak terjadi selip. Pegang diskus anda. Letakkan ibu jari anda pada tempatnya ( thumb grip ).

maka angka yang tertera di sana telah berkurang satu dari angka sebelumnya. Gabungkan (Screw) kedua bagian spinhaler menjadi satu lalu pegang secara horisontal. Mengokang diskus : Cara mengokang diskus adalah mendorong tuas sampai terdengar bunyi “ klik “. Hisaplah dengan cepat dan dalam. dilarang mengarahkna mouth piece ke bawah karena obat yang telah siap konsumsi akan terbuang. Kemudian gerakkan bagian spinhaler yang berwarna abu-abu kebawahkeatas 2-3 kali agar kapsul menjadi terpecah. Letakkan bagian berwarna dari spinkapsul kedalam propeller spinhaler dan pastikan alat propeler berputar dengan baik 3. Jika anda lihat dose counter. Tahan nafas selama 5 atau 10 detik. keluarkan nafas secara berlahan. Keluarkan nafas secara maksimal sebelum obat dihisap. Jika anda telah mengokang diskus. .  Spinhaler 1. Setelah itu tutup diskus dengan mendorong kembali thumb grip ke arah berlawanan ( atau ke kiri ). lalu putar (unscrew) badan spinhaler sampai terbuka 2.ke arah kanan sampai berbunyi “klik”. Pegang alat spinhaler tegak lurus dengan mouthpiece berada di posisi bawah. Sekarang obat sudah berada di mouth piece dan telah siap untuk disemprotkan. Kemudian letakkan bibir di mouthpiece. Setelah itu anda akan mendapati tempat hisapan (mouth piece) diskus terbuka. 2. 3. Setelah Menahan nafas.

Tarik nafas dalam-dalam. Jka ada serbuk yang tertinggal di spinkapsul. 2. Jangan menutup lubang ventilasi saat menghisap alat dan jangan menghembuskan nafas saat memakai alat . letakkan spinhaler kedalam mulut sampai bibit menyentuh bagian pinggir ring spinhaler.4. Ini agar dosis twistheler menjadi tepat. Lepaskan spinhaler dari mulut dan tahan nafas sekitar 10 detik. miringkan kepala ke belakang. kemudian bernafaslah cepat dan dalam. ulangi langkah 4 dan 5 sampai kapsul kosong. Pegang bagian bawah. Buka twistheler : pegang twistheler tegak lurus (posisi menghadap keatas) dengan bagian berwarna berada di posisi bawah. lalu keluarkan nafas secara perlahan. lalu tarik nafas dalam dan cepat 4. 6. putar tutup twistheler berlawanan arah jarum jam dan angkat/ lepaskan tutup 3.  Twistheler 1. Keluarkan nafas secara perlahan. 5. letakkan twistheler kedalam mulut dan tutup rapat dengan bibir.

lalu masukkan mauthpiece dalam mulut.5. 2. Buka alat handihaler. . Ambil handikapsul dari blisternya. Bersihkan mulut setelah selesai menggunakan obat 6. Masukkan handikapsul pada wadah yang tersedia lalu tutup lembut mouthpiece sampai dengan terdengar bunyi klik 3. Tutup twistheler dengan memutarnya searah jarum jam.  Handihaler 1. Tekan tombol hijau (alat penusuk) sampai kapsul menjadi gepeng atau kempes 4. Hembuskan nafas perlahan. Bernafaslah cepat dan dalam sampai paru-paru terasa penuh.

5. Bersihkan mouthpiece dan tutup kambali handihaler  Diskheler 1. Buka penutup mouthpiece dan pastikan bahwa bagian dalam dan luar dari mouthpiece bersih dan tidak ada partikulat asing 2. dimana ini akan memutar disk obat. Angka 4 merupakan dosis ke-4 dari disk obat. 7. 6. Keluarkan bagian nampan putih (tray) dari diskhaler 4. Masuk dan keluarkan tray dalam alat diskhaler. Dan hembuskan nafas secara perlahan. putar diskhaler dosis berikut dengan menarik nampan keluar dan masukan kembali. 9.5. Lakukan terus hingga muncul angka “4” pada alat. lalu masukkan mauthpiece dalam mulut. 6. Dan hembuskan nafas secara perlahan. Hembuskan nafas perlahan. Lepaskan mouthpiece dan tahan nafas sekitar 5-10 detik. 3. Buka penutup bagian atas dari diskhaler. Letakkan disk obat kedalam roda dengan bagian disk yang terdapat tulisan angka menghadap keatas. . dimana hal ini adan menyebabkan jarum menusuk bagian atas dan bagian bawah kapsul dan melepaskan dosis obat 8. Bernafaslah cepat dan dalam sampai paru-paru terasa penuh. 10. Lepaskan mouthpiece dan tahan nafas sekitar 5-10 detik. Pegang sudut alat yang berwarna putih dan tarik secara perlahan sampai anda bisa melihat bagian berwarna putih (plastik ridge) disamping alat.