Soal Ujian Tengah Semester Mata kuliah : Mikrobiologi Laut Tanggal 16 April 2010 Pukul : 08.00-10.

00 Jawablah dengan baik dan benar. Soal tetap dilampirkan dan jawaban Saudara dibuat dengan warna berbeda. 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan teori Abiogenesis dan biogenesis ! 2. Di alam terdapat bakteri yang dikategorikan bakteri berspora, apa yang dimaksud bakteri berspora, siapa penemunya dan bagaimana cara-cara yang dilakukan untuk membuktikan bakteri berspora tersebut ? 3. Apa perbedaan yang mendasar antara bakteri dan virus, dilihat dari pembiakannya? 4. Apa yang dimaksud dengan Postulate koch dan Postulate River, jelaskan dan uraikan! 5. Dalam pengelompokkan mikroba di dasarkan pada beberapa aspek, sebutkan aspek yang mempunyai ke akuratan yang tinggi dalam mengelompokkan mikroba dan apa alasannya! 6. Apakah Buku Pedoman yang saat ini digunakan untuk identifikasi mikroba (Bakteri) ? Pada buku tersebut bakteri termasuk Divisio .............................dan kelas ........................... 7. Sebutkan bentuk-bentuk bakteri dan berikan contohnya : 8. Apa yang dimaksud dengan bakteri gram positif dan gran negatif 9. Apa yang anda ketahui mengenai virus? 10. Sebutkan karakteristik dari Fungi ! 11. Sebutkan 3 kelas dari Fungi yang dikategorikan sebagai mikroba! 12. Apakah yang dimaksud dengan Protozoa dan sebutkan ciri-ciri umum dari Protozoa 13. Sebutkan dan jelaskan tahapan yang harus Saudara lakukan apabila hendak mengisolasi mikroba Escherichia coli dari tubuh ikan. 14. Berdasarkan kurva pertumbuhan, phase pertumbuhan mikroba yang mana harus direkayasa sehingga dapat memperpanjang masa simpan hasil perikanan? 15. Berdasarkan kurva pertumbuhan, phase pertumbuhan mikroba yang mana harus direkayasa sehingga dapat menghasilkan metabolit sekunder dalam jumlah besar ?

SELAMAT BEKERJA 1. Abiogenesis : teori yang mengatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati dan terbentuk sendiri. Biogenesis : teori yang mengatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda hidup juga. 2. Bakteri berspora artinya bakteri yang tahan terhadap panas. Penemunya adalah John Tyndall. ia melakukan percobaan dengan cara mendidihkan cairan bahan organik dan garam selama 5 menit lalu disimpan ke dalam ruangan bebas debu, cairan tersebut tidak membusuk dan ternyata ditemukan bakteri. 3. Perbedaan virus dan bakteri bakteri dapat hidup pada media buatan sedangkan virus tidak dapat hidup pada media buatan. 4. Postulat Koch menerangkan tentang kriteria yang harus dipenuhi untuk memenuhi hubungan sebab musabab antara parasit dan penyakit, ada 4 kriteria : a. Organisme (parasit) harus ditemukan dalam hewan yang sakit, tidak pada yang sehat b. Organisme harus diisolasi dari hewan sakit dan dibiakkan dalam kultur murni. c. Organisme yang dikulturkan harus menimbulkan penyakit pada hewan yang sehat d. Organisme tersebut harus diisolasi ulang dari hewan yang dicobakan tersebut.

Postulat River digunakan untuk membuktikan penyakit yang disebabkan oleh virus yaitu, a. Virus harus berada dalam sel inang b. Filtrat bahan yang terinfeksi tidak mengandung bakteri atau mikroba lain yang dapat ditumbuhkan di dalam media buatan. c. Filtrat dapat menimbulkan penyakit pada jasad yang peka. d. Filtrat yang sama yang berasal dari hospes peka tersebut harus dapat menimbulkan kembali penyakit yang sama . 5. Dengan cara klasifikasi DNA dan RNA nya karena mengandung informasi yang lebih banyak 6. Buku Manual of Determinative Bacteriology Divisio Protophyta kelas Schyzomycetes 7. Bentuk bakteri ada 3 : Kokus (bulat) terdapat beberapa jenis : a. Monokokus berbentuk bola tunggal b. Diplokokus : berbentuk bola bergandengan dua-dua contoh Streptococcus pneumoniae. c. Sarcina : berbentuk bola yang berkelompok empat-empat membentuk kubus. d. Streptokokus : bakteri ini berbentuk bola yang berkelompok memanjang membentuk rantai contoh Streptococcus lactis. e. Stafilokokus : bakteri yang berbentuk bola yang berkoloni seperti buah anggur contoh Staphylococcus aureus Basil (batang), ada 3 jenis : a. Monobasilus : berbentuk batang tunggal contoh Escherichia coli b. Diplobasilus : berbentuk batang yang tersusun berpasangan contoh Klebsiella pneumoniae c. Streptobasilus : berbentuk batang yang tersusun seperti rantai contoh Bacillus anthracis. Spirillum (spiral) berbentuk spiral contoh S. Volutans 8. Bakteri gram-positif adalah bakteri yang mempertahankan zat warna metil ungu sewaktu proses pewarnaan Gram. Berwarna biru atau ungu di bawah mikroskop. Mempertahankan warna ungu gelap setelah dicuci alkohol. Bakteri gram-negatif adalah bakteri yang tidak mempertahankan zat warna metil ungu pada proses pewarnaan Gram. Setelah dicuci alkohol warna berubah. 9. Virus adalah parasit berukuran mikroskopis yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. 10. Karakteristik fungi : a. Eukariot b. Dinding sel tidak mengandung selulosa c. Dinding sel terdiri dari glucans, kitin

d. Tidak berklorofil (heteterof) e. Tidak dapat bergerak. f. Multiseluler dan Uniseluler

11. Fungi yang termasuk mikroba : a. Myxomycetes b. Phycomycetes c. Ascomycetes 12. Protozoa m erupakan filum hewan bersel satu yang dapat melakukan reproduksi seksual (generatif) maupun aseksual (vegetatif).Habitat hidupnya adalah tempat yang basah atau berair. Jika kondisi lingkungan tempat hidupnya tidak menguntungkanmaka protozoa akan membentuk membran tebal dan kuat yang disebut Kista. Ilmuwan yang pertama kali mempelajariprotozoa adalah Anthony van Leeuwenhoek 13. Tubuh ikan dibelah kemudaian diambil bagian organ dalamnya setelah itu dibuat sample ekstraknya. Ekstrak ini kemudian ditanam pada media agar dan inkubasi pada suhu 37 C. Setelah itu akan tumbuh koloni-koloni bakteri kemudian di inokulasikan pada media yang telah disediakan untuk diperiksa selanjutnya 14. Pada fase eksponensial 15. Fase pertumbuhan mikroba yang mana harus direkayasa untuk banyak mikroorganisme dilakukan pada fase stationer fase ini merupakan fase metabolit sekunder baru diproduksi. Daapat disimpan dalam sel dan diekskresi diluar sel.