You are on page 1of 20

Program helix conveyor

Untuk menjalankan program ini pertama kita membuka program ini pada
dekstop komputer setelah di instal, dan nanti setelah dibuka akan tampak
seperti berikut,

Untuk proses calculated nantinya untuk mengaktifkan satandard perhitungan
pertama buat project baru terlebih dahulu dengan membuat project baru dengan
cara

Kemudian save dengan nama tertentu

Baru nanti standard calculated akan aktif

Baru langkah awal untuk mendesain suatu system conveyor adalah
Menggambar system conveyor yang akan kita desain pada skecth conveyor
dengan cara mengklik icon berikut,

dan nanti akan telihat seperti gambar berikut. selain ada gambar tail pulley pada conveyor sketch akan spesifikasi pulley yang kita akan buat seperti cocordinat pulley. Tail pulley Pulley spesifikation Kemudian setelah itu kita gambar semua sampai desain yang kita inginkan tergambar semua seperti dibawah ini. .Untuk langkah pertama dalam membuat system conveyor kita buat dulu tail conveyornya dengan cara klik pada add pulley icon. dimention of pulley dan sebagainya .

.Baru setelah itu kita perlu memasukkan koordinate dari item item pada conveyor kita. Dan juga dimensi dari pulley beserta sudut sudut yang diperlukan pada desain conveyor kita Untuk coordinate dari conveyor system coordinatenya adalah sebagai berikut.

Sama seperti cocordinate cartesian dimana acuan titik nya adalah pada tail pulley unutk arah horizontal adalah arah x dan untuk arah vertical adalah arah z. Unutk menghitung sudut inclination dari system comveyor kita bisa menggunakan calculation pada helix dimana nantinya akan didapatkan sudut slope dari conveyor kita . Selain itu juga kita juga perlu menentukan sudut contact maupun sudut kelaur dari tiap item pada sistem conveyor kita.

Setelah kita mengisi berapa panjang dan tinggi dari conveyor akan kita ketahui slope dari conveyor tersebut berapa derajat. Baru setelah kita ketahui slope dari conveyor kita . Setelah kita sudah tentukan semua parameternya maka gambarnya juga akan ikut berubah sesuai sudut yang kita inputkan sebagai berikut. .maka selanjutnya kita bisa menetukan contact angel maupun departure angel dari tiap item pulley dengan cara perhitungan yang sebagai berikut.

Setelah coordinat. . sudut dan arah putaran dari pulley sudah ditentukan setelah itu kita tentukan dimensi dari pulley walaupun sebenarnya dimensi dari pulley ini sebenarnya ditentukan bersamaan dengan proses penentuan coordinate pulley.Selain menentukan sudut sudut yang diperlukan kita juga perlu untuk menentukan putaran dari pulley yang ada pada pulley yang kita pakai.

1. Yang pertama kita inputkan nama dari project yang kita kerjakan dengan cara sebagai berikut . Setelah itu kita akan melakukan inputan dengan cara sebagai berikut.Selain itu juga kita juga bisa menentukan jenis pulley yang kita pakai.

2. Kita inptukan material apa yang akan kita alirkan dengan cara sebagai berikut .Selain itu juga pada menu ini kita bisa menentukan temperature kerja pada conveyor kita.

Seperti dibawah. Untuk memasukkan material yang ada pada database kedalam design kita kita anya perlu klik kanan pada material yang kita pilih kemudian pilih copy material to current design.untuk membuka material data base kita bisa klik menu open database material di atas yang akan keluar database material seperti berikut.Untuk mengisi data dari material nya kita bisa memakai database material untuk kita masukkan ke desain kita pada nantinya. .

seperti dibawah. .Setelah material di copy maka secara otomatis property dari material tersebut akan masuk kedalam design kita 3. Berarti setelah kita input conveyed material kita akan meginput belt detail dari conveyor yang kita design. Setelah itu kita akan memasukkan input yang lain urut dengan menu input pada program helix ini.

.Setelah itu akan keluar sebagai berikut Dan untuk memilih jenis belt yang akan kita pakai adalah sebagai berikut.

Setelah itu clik ok 4. Disini kita akan isikan mass dari take up kita.Setelah itu untuk memilih beltnya kita bisa membuka belt database. cara selection pada database sama pada saat kita memilih conveyed material diatas. pada inputan ini kita akan memasukkan jenis take up yang kita pakai pada design kita. Setelah itu kita inputkan inputan selanjutnya yaitu take up detail . Setelah itu kita set belt selection pada kondisi auto agar pada saat belt pilihan kita kuranng kuat maka helix langsung bisa mensuggest pada kita untuk yang optimal menurut helix. serta kita akan masukkan jumlah increment yang . massa pada satu increment.

Cara input take up adalah sebagai berikut.maksimal yang akan kita pakai untuk take up kita. caranya adalah sebagai berikut. Baru setelah itu di klik ok 5. pada menu ini kita akan menginput idler jenis apa yang akan kita pakai pada carry idler. Input selanjutnya adalah input carry idler . . Setelah itu akan muncul seperti berikut.

Setelah itu akan muncul database sebagai berikut . dengan cara pemilihan sama seperti sebelumnya yaitu sebagai berikut.Setelah itu akan muncul sebagai berikut. dan untuk memilih jeis idlernya kita bisa membukka idler database yang cara memasukkan sama seperti sebelumnya. .

Setelah carry idler ditentukan kita selanjutnya akan menginput untuk return idlernya yaitu caranya sama seperti pada saat menginput carry idler Cuma bedanya dalam pemilihan nanti pilih untuk return idler seperti sebagai berikut. Kemudian klik ok 6. Baru setelah di klik akan muncul seperti dibawah dan setelah itu pilih untuk return idler seperti di bawah.Jangan sampai keliru memasukkan ke return idler. . karena yang kita pilih ini adalah untuk carry idler.

low speed coupling. Setelah itu kita akan menginput drive detail yaitu sebagai berikut. untuk mengisi nya sama seperti yang diatas untuk yang menggunakan database seperti jenis motor. dll . fuid coupling. Sehingga akan tampil seperti dibawah ini setelah di clik . gearbox. Sehingga caranya sebagai berikut. gearbox detail. brake .Selanjutkan clik ok 7. coupling. high speed coupling. brake .dll. hold back. dalam langkah ini kita bisa melakukan inputan untuk menu input yang lain seperti motor detail.

8. Setelah semua data terisi kemudian mdel conveyor kita bisa kita running menggunakan 4 standard peritungan diantaranya yaitu ISO. Dan untuk yang diberi tanda diatas adalah selain kita mengisi data pada drive kita juga bisa mengisi data data yang lain yang tersebut di atas dengan cara yang sama yaitu menggunakan database.Diisi sesuai dengan data drive yang ada Untuk yang bertanda panah adalah kolom drive yang harus diisi sesuai dengan data data drive yang ada. Kita akan mengisi semua inputan yang ada pada menu input baru setelah semua terisi kita bisa runing desain kita menggunakan beberapa satandart . dynamic analysis. SEMA. VISCO.

Semisal kita akan runing model kita menggunakan standard SEMA maka kita tinggal clik saja pada icon SEMA sehingga nantinya akan tampil seperti dibawah ini. Setelah proses running akan muncul seperti berikut Setelah proses runnig selesai dan tidak ada eror maka kita akan bisa melihat hasil repport dari conveyor ang kita desain dengan cara .

.proses rasionalisasi ini dilakukan secara manual karena berdasarkan kemauan user . baru setelah repprt sudah dibaca setelah itu dilakukan rasionalisasi desain sesuai keinginan kita.Dalam menu report berisi tentang semua report ari deain yang kita runningkan.kadang yang menurut helix baik belum tentu sama dengan keinginan kita.