You are on page 1of 6

KUESIONER

PENGETAHUAN IBU HAMIL
Petunjuk : Dibawah ini terdapat beberapa pertanyaan dengan 4 item jawaban.
Berikan tanda (X ) pada salah satu jawaban yang paling benar.
1. Apa yang ibu ketahui tentang tablet zat besi ?
a. Tablet tambah darah yang berwarna merah
b. Tablet untuk kekebalan tubuh
c. Tablet penambah nafsu makan
d. Tablet untuk menjaga stamina tubuh
2. Menurut ibu fungsi zat besi adalah……
a. Meningkatkan pembentukan sel darah merah
b. Menambah nafsu makan
c. Sebagai vitamin
d. Untuk kesehatan bayi
3. Siapa saja yang paling perlu mendapat suplementasi zat besi?
a. Anak-anak
b. Remaja
c. Dewasa
d. Anak usia sekolah, ibu hamil/ menyusui, remaja putri
4. Apa akibat yang bisa ditimbulkan apabila tidak mengkonsumsi tablet zat besi?
a. Daya tahan tubuh menurun
b. Anemia
c. Sakit kronik
d. Letih, lemah dan lesu
5. Pengobatan yang diberikan pada wanita hamil dengan kurang darah (anemia)
adalah……
a. Pemberian suplemen tablet besi 200mg saja
b. Pemberian suplemen tablet besi + vitamin C
c. Pemberian Vitamin C

Meningkatkan pembentukan sel darah merah b. Lebih bagus tablet zat besi diminum dalam keadaan perut kenyang 8. Menurut ibu fungsi zat besi adalah……. maka dianjurkan dalam sehari ibu mengkonsumsi tablet zat besi …… a. Trimester I b. Selagi ingat (berapa ibu mau) 10. Makan yang banyak 13. Minum tablet tambah darah b. Untuk kesehatan bayi 12. Agar ibu hamil terhindar dari anemia. Trimester III d. Yang harus diperhatikan pada saat mengkonsumsi suplemen tablet zat besi adalah …… a. Minum tablet zat besi dengan air teh atau kopi b. 3 tablet sehari c. Jumlah suplemen tablet zat besi yang diperlukan ibu hamil selama kehamilan adalah…… a. a. Ibu hamil dianjurkan memeriksa kadar hb minimal sebanyak barapa kali ? a.d. Pada usia kehamilan berapa bulan ibu mengkonsumsi tablet zat besi ? a. Tidak menjawab 11. Minum jamu c. Menambah nafsu makan c. 30 tablet b. Dua kali (satu kali pada trismester I dan satu kali pada trismester II) . Penyakit kurang darah dapat dicegah dengan : a. Sama dengan vitamin A d. 80 tablet d. E dan K 6. Sebaiknya usahakan dulu mengkonsumsi sejenis roti d. 40 tablet c. Minum teh d. Trimester II c. D. Pemberian Vitamin A. 1 tablet sehari berturut-turut selama minimal 90 hari b. 5 tablet sehari d. Minum tablet zat besi dengan air putih c. 90 tablet 7.

Nafsu makan Bertambah d. dan satu kali pada trismester III) c. Serangan Jantung c. Diabetes Melitus . Empat kali (satu kali pada trismester I dan satu kali pada trismester II. Pendarahan antepertum b. Seperlunya saja 14. Apakah ibu tahu akibat dari kekurangan darah (anemia) pada waktu hamil a. Tiga kali (satu kali pada trismester I dan satu kali pada trismester II.b. dan dua kali pada trismester III) d.

a. Anemia zat besi pada ibu hamil dapat di cegah dengan banyak mengkonsumsi ……. Darah rendah c. Salah satu faktor penghambat penyerapan zat besi yang mengakibat kan terjadi anemia defisiensi besi adalah… a.. . Kelebihan darah merah 2. Penyebab Anemia 5. a. Cadangan lemak dalam tubuh c. Cadangan karbohidrat dalam tubuh b.sedang. a. Menurut ibu apakah yang disebut dengan anemia………. Laki-laki b. Tekanan darah tinggi 6. Wanita Tidak hamil 7. berat b. lemak 4. a. Cadangan besi dalam tubuh 8. a.. Hb 13 gr % c. Kebiasaan ibu makan bersamaan dengan air putih c. Menurut ibu anemia kekurangan zat besi disebabkan karena berkurangnya…. Zat besi c.. Hb kurang dari 11 gr% b. Standar penggolongan Anemia (kurang darah) pada ibu hamil adalah…. Ibu hamil dikatakan anemia. Makanan Sumber Zat besi 9. Kebiasaan ibu makan dengan pisang dan pepaya C. Hb lebih dari 12 gr % 3. apabila cek darah ke labor dengan hasil pemeriksaan…. Kebiasaan ibu makan besamaan dengan air tehI dan kopi b. Protein b. Kegemukan b.. Kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dapat mengakibatkan…. Anemia ringan. Anemia berat saja B. Kekurangan darah b.. Wanita hamil c. a. Anemia (kekurangan darah) c. Anemia dalam kehamilan disebut juga dengan anemia kekurangan ….Pengetahuan Anemia 1. Anemia ringan dan berat c.A. Kebutuhan zat besi lebih meningkat atau lebih banyak dibutuhkan oleh………. a.

Menurut ibu sumber zat besi dapat berupa… a.. Lemak c. ibu hamil membutuhkan tambahan zat besi. Air putih b. seperti daging sapi. 70 tablet b. Makanan yang lunak. Pada saat buang air besar kotoran ibu berwarna hitam b. Berat badan ibu bertambah c. sebaiknya diminum dengan. a. Zat Besi D. Dibawah ini yang merupakan makanan sumber zat besi atau makanan penambah darah yang berasal dari hewani adalah a. Vitamin C c. Kalsium c. Dibawah ini yang merupakan makanan sumber zat besi atau makanan penambah darah yang berasal dari nabati adalah…………… a.a. Ikan dan nasi 12. a. Selain makanan. Salah satu efek samping dari memgkonsumsi tablet tambah darah yaitu… a. Air kopi. 15. 90 tablet 17. Vitamin D 13. . Kankung dan bayam b. Berat badan ibu berkurang 16. Tahu dan tempe c. Tahu dan tempe c... Ikan dan nasi b. Vitamin A b.. Vitamin A. hati ayam c.. Karbohidrat b. c. Tablet Tambah Darah (TTD) 14. a.. Vitamin C merupakan zat gizi yang sangat berperan dalam meningkatkan penyerapan …. Vitamin yang sangat berperan dalam meningkatkatkan zat besi adalah a.. 80 tablet. Untuk tidak mengurangi manfaat Tablet tambah darah. Makanan sumber zat besi. Hati ayam dan daging sapi 11. Makanan yang berlemak seperti coklat b. Tablet tambah darah b.. Tablet tambah darah yang dibutuhkan selama kehamilan sebanyak….. Seperti bubur 10.

. Pepaya..c. a. Berat badan ibu berkurang b. Pisang. Salak. Untuk mengurangi gejala sampingan tablet tambah darah pada ibu hamil sebaiknya diminum pada saat…..Rambutan. a.... a. Air teh 18. Setelah makan malam 20. Dibawah ini yang merupakan gejala ringan mengkonsumsi Tablet tambah darah adalah . Setelah meminum tablet tambah darah akan lebih baik disertai makan buah-buahan seperti…. Setelah makan siang b. Durian. Jeruk 19. langsat.. Tekanan darah tinggi c. anggur. b...Alvokad c. Setelah sarapan pagi c. mual-mual dan susah buang air besar .