You are on page 1of 26

Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana

5W1H:

What, where, when, who, why, how

seperti bahasa Cina:

akronim:

wat, wer, wen, hu, wai, hau

Adik Simba

(Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana).

Model Komunikasi
Laswell
Heriyanto, m.Kom.

atau model cara berkomunikasi) dianggap sebagai salah satu model komunikasi yang paling berpengaruh. Lasswell (1902-1978) pada tahun 1948. .Lasswell's communication model was developed by communication theorist Harold D. Model komunikasi Lasswell ini dikembangkan oleh komunikasi teori Harold D. model linier. Lasswell (1902-1978) in 1948. Model komunikasi Lasswell juga dikenal sebagai model tindakan. Lasswell’s model of communication (also known as action model or linear model or one way model of communication) is regarded as one the most influential communication models.

https://www.businesstopia.net/communication/lasswell-communication-model .

net/communication/lasswell-communication-model . The components are the questions to be asked to get the answers and keep communication going. https://www.Lasswell's communication model has 5 components which is used as an analysis tool for evaluating the communication process and components.businesstopia.

Siapa (who) Bicara apa (says what) Pada saluran mana (in which channel) Kepada siapa (to whom) Dengan pengaruh apa (with what effect) .

Heriyanto .

To Whom is refers to “Audience Analysis” With What Effect is refers to “Effect Analysis” . In which channel is refers to “Media Analysis”. Says what is refers to “Content Analysis”.In this model. the communication component who refers the research area called “Control Analysis”.

Kehandalan dan kelemahan Model Keuntungan dari model Lasswell: • • • Mudah dan Sederhana sesuai untuk hampir semua jenis komunikasi Konsep efek dan feedback Kerugian model Lasswell: • • • Umpan balik tidak disebutkan Nose tidak terdefinisikan Model linear (hanya searah) .

TEPC Operator  What .Bahan radioaktif mengalir ke laut  Channel . operator Tokyo Electric Power Co mengatakan pada hari Sabtu.  Who .Siagakan rakyat Jepang dari radiasi. .Masyarakat  Effect .Contoh Kasus Model Laswell CNN NEWS .CNN NEWS (media televisi)  Whom .Sebuah kebocoran air dari Stasiun Tenaga Nuklir Jepang yang lumpuh mengakibatkan sekitar 100 tingkat lebih besar dari yang diizinkan bahan radioaktif mengalir ke laut.

Kesimpulan Model Laswell • Walapupun Model Lasswell dikembangkan untuk menganalisis komunikasi massa. Hanya orang-orang kaya yang menggunakan media komunikasi seperti televisi dan radio. . • Model Lasswell dikembangkan untuk mempelajari propaganda media negara dan bisnis pada waktu itu. Itu dibuat untuk menunjukkan budaya media massa. model ini juga dapat digunakan untuk komunikasi interpersonal atau komunikasi kelompok untuk menyebarkan pesan ke berbagai kelompok dalam berbagai situasi.

• Padahal pada umumnya.Kesimpulan Model Laswell • Lasswell juga membawa konsep Proses Komunikasi Efektif. Penggunaan konsep efek membuat model Lasswell ini seolah bukan model linier. Model Laswell berbicara tentang hubungan antara penyajian fakta dan bagaimana menghasilkan efek yang berbeda. George Gerbner pendiri teori kultivasi. • Model ini mirip dengan model komunikasi Claude Shannon dan Warren Weaver. komponen efek merupakan tindak lanjut dari pesan yang dituangkan dalam tahap yang berbeda. . karena efek juga dapat diambil sebagai umpan balik. mengembangkan model laswell dari sisi konsep reaksi penerima.

Teori ini merupakan salah satu teori komunikasi massa. George Gerbner pendiri teori kultivasi. . mengembangkan model laswell dari sisi konsep reaksi penerima.Kesimpulan Model Laswell • Model ini mirip dengan model komunikasi Claude Shannon dan Warren Weaver. • Teori kultivasi adalah teori sosial yang meneliti efek jangka panjang dari televisi pada khalayak.

. sederhana. proses komunikasi tidak efektif.Kekurangan dan Kritikan Model Laswell • Tidak memperjelas umpan balik dan mengabaikan noise. Model Lasswell sangat linear dan tidak mempertimbangkan hambatan dalam proses komunikasi. Tanpa umpan balik. Model ini dikatakan propaganda karena lebih berfokus pada efek yang dihasilkan dan umumnya digunakan untuk persuasi melalui media. • Model ini juga dikritik merupakan model yang sangat umum. dan tradisional.

.Kom. Berlo Heriyanto.Model David K. m.

• Lingkungan.Model David K. . Berlo • • • • Source Message Channel Receiver + • Feedback • Efek.

.

SOURCH (sumber) Sender atau Encoder Pemberi pesan (komunikator) individu. organisasi. partai. lembaga .

Disampaikan melalui cara Verbal dan Nonverbal. informatif. Information isi dari komunikasi yang memiliki nilai Pesan bersifat menghibur. dan juga bisa bersifat propaganda.Message (pesan) Content. edukatif. Bisa melalui tatap muka atau melalui sebuah media komunikasi. persuasif. .

handphone yang bersifat pribadi komunikasi massa: media cetak (koran. telegram. dan Elektronik. termasuk media yang fleksibel. Saluran) Lisan. karena bisa bersifat pribadi dan bisa bersifat massa . suratkabar. Tertulis. telepon. Radio) Untuk Internet.Channel (Media. alat untuk mengirimkan pesan komunikasi interpersonal: panca indra. majalah. media elektornik (TV.

Receiver (penerima) Penerima Pesan orang yang mendapatkan pesan dari komunikator melalui berbagai media sasaran dari komunikasi Public. khalayak. masyarakat .

Seorang penulis mengirim sebuah artikel kepada media massa. namun ada beberapa hal yang harus diedit sehingga pihak media menggambilkan artikel kita untuk diedit ulang. .Feedback (umpan balik) Respon Penerima Pesan Contoh: Penerima disini bukan dimaksudkan kepada penerima sasaran (khalayak).

perasaan.Efek Respon pada diri sendiri yang bisa dirasakan ketika kita mengalami perubahan (baik negatif maupun positif)setelah menerima pesan. dan prilaku (kognitif.efektif dan konatif) . Efek adalah sebuah penggaruh yang dapat mengubah pengetahuan.

status sosial) Lingkungan fsikologi (pertimbangan kejiwaan seseorang ketika menerima pesan) Waktu (Musim.Lingkungan Situasi yang dapat mempengaruhi terjadinya suatu komunikasi Terjadi karena adanya 4 faktor:     Lingkungan fisik (letak geografis dan jarak) Lingkungan sosial budaya (adat istiadat. pagi. bahasa. budaya. dan malam) . siang.

Heriyanto Thanks . . . Pertemuan 3 Minggu ke 4 .

businesstopia.org/lasswells-model .net/communication/lasswell-communication-model http://communicationtheory.https://www.