You are on page 1of 112

PENGERTIAN DAN PELANGGARAN HAM

Disusun Oleh :
Annida Azkia Trinanda
Julianita Berliany
X-1

SMAN 1 MARGAHAYU KABUPATEN BANDUNG
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 397
Telp. (022) 5405962
Pendahuluan

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Puji dan syukur senantiasa kami panjatkan kepada kehadiran Illahi
Rabbi, yang oleh karena curahan rahmat serta hidayah-Nya, alhamdulillah
kami masih bisa diberi kesempatan untuk senantiasa mengagungkan dan
berada dalam lindungan-Nya. Semoga kita semua termasuk ke dalam
golongan orang-orang yang berada pada jalan yang lurus. Aamiin.
Serta berkat rahmat-Nya pula lah, akhirnya kami bisa
menyelesaikan artikel yang bertemakan Hak Asasi Manusia ini dengan
lancar. Kami telah berupaya semaksimal mungkin mencari sumbersumber informasi terpercaya dan selengkap mungkin yang kami bisa.
Kami harap, dengan adanya artikel ini, kami bisa memberi wawasan yang
lebih terhadap para pembaca dan juga memuaskan bapak guru terhadap
hasil pencapaian kerja kami melalui artikel ini.
Tak lupa kami pun mengucapkan terima kasih yang sebesarbesarnya kepada bapak guru yang telah membimbing dan mengarahkan
kami dalam penyusunan artikel ini serta pemberian ilmu sebagai dasar
bagi kami untuk bereksplorasi dalam mencari informasi terbaru yang
terkait dengan materi yang bersangkutan. Sehingga itu sangat membantu
kami hingga kini kami akhirnya dapat memenuhi dan menyelesaikan
tugas tanpa adanya kendala yang berarti.
Akhir kata, kami selaku redaksi yang menyusun artikel ini
mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila terjadi
kesalahan penulisan kata serta sistematika bahasa yang masih jauh dari
kesempurnaan. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih dan kami
berharap semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi para
pembaca.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Bandung, 29 November 2011
Hormat kami,

Annida dan Julianita

BAB I
Latar Belakang dan Pengertian Hak Asasi Manusia
Hak asasi manusia adalah hak dasar yang dimiliki manusia sejak
manusia itu dilahirkan. Hak asasi dapat dirumuskan sebagai hak yang
melekat dengan kodrat kita sebagai manusia yang bila tidak ada hak
tersebut, mustahil kita dapat hidup sebagai manusia. Hak ini dimiliki oleh
manusia semata – mata karena ia manusia, bukan karena pemberian
masyarakat atau pemberian negara. Maka hak asasi manusia itu tidak
tergantung dari pengakuan manusia lain, masyarakat lain, atau Negara
lain. Hak asasi diperoleh manusia dari Penciptanya, yaitu Tuhan Yang
Maha Esa dan merupakan hak yang tidak dapat diabaikan.
Sebagai manusia, ia makhluk Tuhan yang mempunyai martabat yang
tinggi. Hak asasi manusia ada dan melekat pada setiap manusia. Oleh
karena itu, bersifat universal, artinya berlaku di mana saja dan untuk
siapa saja dan tidak dapat diambil oleh siapapun. Hak ini dibutuhkan
manusia selain untuk melindungi diri dan martabat kemanusiaanya juga
digunakan sebagai landasan moral dalam bergaul atau berhubungan
dengan sesama manusia.
Pada setiap hak melekat kewajiban. Karena itu,selain ada hak asasi
manusia, ada juga kewajiban asasi manusia, yaitu kewajiban yang harus
dilaksanakan demi terlaksana atau tegaknya hak asasi manusia (HAM).
Dalam
menggunakan
Hak
Asasi
Manusia,
kita
wajib
untuk
memperhatikan, menghormati, dan menghargai hak asasi yang juga
dimiliki oleh orang lain.
Kesadaran akan hak asasi manusia , harga diri , harkat dan martabat
kemanusiaannya, diawali sejak manusia ada di muka bumi. Hal itu
disebabkan oleh hak – hak kemanusiaan yang sudah ada sejak manusia
itu dilahirkan dan merupakan hak kodrati yang melekat pada diri manusia.
Sejarah mencatat berbagai peristiwa besar di dunia ini sebagai suatu
usaha untuk menegakkan hak asasi manusia.
Sebelum dibahas lebih mendalam mengenai hak asasi manusia di
Indonesia,
terlebih
dahulu
kita
membahas
sekelumit
sejarah
perkembangan dan perumusan hak asasi manusia di Dunia.
Perkembangan atas pengakuan hak asasi manusia ini berjalan secara
perlahan dan beraneka ragam. Perkembangan tersebut antara lain dapat
ditelusuri sebagai berikut.

John Locke di Inggris dan Thomas Jefferson di Amerika dengan hak-hak dasar kebebasan dan persamaan yang dicanangkannya.A. walaupun kekuasaan membuat Undang-undang pada masa itu lebih banyak berada di tangan raja. Motesquieu dengan Trias Politikanya yang mengajarkan pemisahan kekuasaan guna mencegah tirani. dengan lahirnya Bill of Rights di Inggris pada tahun 1689. sehingga tidaklah logis bila sesudah lahir. Selanjutnya pada tahun 1789 lahirlah The French Declaration. Para pejuang HAM dahulu sudah berketatapan bahwa hak persamaan harus diwujudkan betapapun beratnya resiko yang dihadapi karena hak kebebasan baru dapat diwujudkan kalau ada hak persamaan. ia harus dibelenggu. tetapi di Amerika Serikat lebih dahulu mencanangkan secara lebih rinci. Jadi. Magna Charta antara lain mencanangkan bahwa raja yang tadinya memiliki kekuasaan absolut (raja yang menciptakan hukum. Untuk mewujudkan semua itu. Jadi. sudah mulai dinyatakan dalam bahwa raja terikat kepada hukum dan bertanggungjawab kepada rakyat. kekuasaan raja mulai dibatasi sebagai embrio lahirnya monarkhi konstitusional yang berintikan kekuasaan raja sebagai simbol belaka. walaupun di Perancis sendiri belum dirinci apa HAM itu. Adagium ini memperkuat dorongan timbulnya negara hukum dan demokrasi. tetapi ia sendiri tidak terikat pada hukum). Pada masa itu mulai timbul adagium yang intinya adalah bahwa manusia sama di muka hukum (equality before the law). maka lahirlah teori Roesseau (tentang contract social/perjanjian masyarakat). dimana hak-hak yang lebih rinci lagi melahirkan dasar The Rule of . Dari sinilah lahir doktrin raja tidak kebal hukum lagi dan mulai bertanggungjawab kepada hukum. Perkembangan HAM selanjutnya ditandai dengan munculnya The American Declaration of Independence yang lahir dari paham Roesseau dan Montesqueu. Bill of rights melahirkan asas persamaan. Sejarah Internasional Hak Asasi Manusia Umumnya para pakar Eropa berpendapat bahwa lahirnya HAM dimulai dengan lahirnya Magna Charta pada tahun 1215 di Inggris. Sejak itu mulai dipraktekkan kalau raja melanggar hukum harus diadili dan harus mempertanggungjawabkan kebijakasanaannya kepada parlemen. Mulailah dipertegas bahwa manusia adalah merdeka sejak di dalam oerut ibunya. Dengan demikian. menjadi dibatasi kekuasaannya dan mulai dapat dimintai pertanggungjawaban di muka umum. Lahirnya Magna Charta ini kemudian diikuti oleh perkembangan yang lebih konkret.

Aristoteles (348-322 SM) mengajarkan pemerintah harus mendasarkan kekuasaannya pada kemauan dan kehendak warga negaranya. Jadi. seperti Socrates (470-399 SM) dan Plato (428-348 SM) meletakkan dasar bagi perlindungan dan jaminan diakuinya hak – hak asasi manusia. freedom of religion (bebas menganut keyakinan/agama yang dikehendaki). the right of property (perlindungan terhadap hak milik) dan hak-hak dasar lainnya." Semua hak-hak ini setelah Perang Dunia II (sesudah Hitler memusnahkan berjuta-juta manusia) dijadikan dasar pemikiran untuk melahirkan rumusan HAM yang bersifat universal. Konsepsinya menganjurkan masyarakat untuk melakukan sosial kontrol kepada penguasa yang zalim dan tidak mengakui nilai – nilai keadilan dan kebenaran. meliputi hakhak yang menjamin tumbuhnyademokrasi maupun negara hukum yang asas-asasnya sudah dicanangkan sebelumnya. 1. Dinyatakan pula presumption of innocence. Perlu juga diketahui The Four Freedoms dari Presiden Roosevelt yang dicanangkan pada tanggal 6 Januari 1941. Tonggak pertama bagi kemenangan hak-hak asasi terjadi di Inggris. The second is freedom of every person to worship God in his own way-every where in the world. artinya orang-orany yang ditangkap kemudian ditahan dan dituduh. means economic understandings which will secure to every nation a healthy peacetime life for its inhabitants-every where in the world.654 tersebut di bawah ini : "The first is freedom of speech and expression everywhere in the world. Dipertegas juga dengan freedom of expression (bebas mengelaurkan pendapat). Perjuangan tersebut tampak dengan . dalam French Declaration sudah tercakup semua hak. 2. Hak Asasi Manusia di Inggris Inggris sering disebut–sebut sebagai negara pertama di dunia yang memperjuangkan hak asasi manusia. yang kemudian dikenal dengan The Universal Declaration of Human Rights yang diciptakan oleh PBB pada tahun 1948. berhak dinyatakan tidak bersalah sampai ada keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap yang menyatakan ia bersalah. Antara lain dinyatakah tidak boleh ada penangkapan dan penahanan yang semena-mena. means a worldwide reduction of armaments to such a point and in such a through fashion that no nation will be in a position to commit an act of physical agression against any neighbor-anywhere in the world. termasuk ditangkap tanpa alasan yang sah dan ditahan tanpa surat perintah yang dikeluarkan oleh pejabat yang sah. translated into world terms. The third is freedom from want which. translated into world terms. p. The fourth is freedom from fear-which.Law. Hak Asasi Manusia di Yunani Filosof Yunani. dikutip dari Encyclopedia Americana.

pemungut pajak akan à Polisi ataupun jaksa tidak dapat menuntut seseorang tanpa bukti dan saksi yang sah. ditangkap. Tindakan sewenangwenang Raja John tersebut mengakibatkan rasa tidak puas dari para bangsawan yang akhirnya berhasil mengajak Raja John untuk membuat suatu perjanjian yang disebut Magna Charta atau Piagam Agung. Piagam Magna Charta itu menandakan kemenangan telah diraih sebab hak-hak tertentu yang prinsip telah diakui dan dijamin oleh pemerintah. dan kebebasan Gereja Inggris. dinyatakan bersalah tanpa perlindungan negara dan tanpa alasan hukum sebagai dasar tindakannya. Petisi ini diajukan oleh .adanya berbagai dokumen kenegaraan yang berhasil disusun dan disahkan. Tak seorang pun dari warga negara merdeka dapat ditahan atau dirampas harta kekayaannya atau diasingkan atau dengan cara apapun dirampas hak-haknya. kecuali berdasarkan pertimbangan hukum. Isi Magna Charta adalah sebagai berikut : Ø Raja beserta keturunannya berjanji akan kemerdekaan. raja berjanji akan mengoreksi kesalahannya. Magna Charta dicetuskan pada 15 Juni 1215 yang prinsip dasarnya memuat pembatasan kekuasaan raja dan hak asasi manusia lebih penting daripada kedaulatan raja. à Seseorang yang bukan budak tidak akan ditahan. à Apabila seseorang tanpa perlindungan hukum sudah terlanjur ditahan. Piagam tersebut menjadi lambang munculnya perlindungan terhadap hak-hak asasi karena ia mengajarkan bahwa hukum dan undang-undang derajatnya lebih tinggi daripada kekuasaan raja. Dokumen-dokumen tersebut adalah sebagai berikut : ü MAGNA CHARTA Pada awal abad XII Raja Richard yang dikenal adil dan bijaksana telah diganti oleh Raja John Lackland yang bertindak sewenang– wenang terhadap rakyat dan para bangsawan. ü PETITION OF RIGHTS Pada dasarnya Petition of Rights berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai hak-hak rakyat beserta jaminannya. menghormati Ø Raja berjanji kepada penduduk kerajaan yang bebas untuk memberikan hak-hak sebagi berikut : à Para petugas keamanan dan menghormati hak-hak penduduk. hak.

3.undang yang mengatur tentang penahanan seseorang dibuat pada tahun 1679. Isinya adalah sebagai berikut : Ø Seseorang yang ditahan segera diperiksa dalam waktu 2 hari setelah penahanan. Pemikiran John Locke mengenai hak – hak dasar ini terlihat jelas dalam . Ø Tentara tidak boleh menggunakan hukum perang dalam keadaan damai. ü BILL OF RIGHTS Bill of Rights merupakan undang-undang yang dicetuskan tahun 1689 dan diterima parlemen Inggris. undang-undang dan pembentukan tentara tetap harus seizin parlemen. Isinya secara garis besar menuntut hak-hak sebagai berikut : Ø Pajak dan pungutan istimewa harus disertai persetujuan. Ø Kebebasan berbicara dan mengeluarkan pendapat. Hak Asasi Manusia di Amerika Serikat Pemikiran filsuf John Locke (1632-1704) yang merumuskan hak-hak alam. kebebasan. ü HOBEAS CORPUS ACT Hobeas Corpus Act adalah undang. Ø Warga negara tidak boleh dipaksakan menerima tentara di rumahnya. liberty. Ø Hak warga Negara untuk memeluk agama menurut kepercayaan masing-masing . dan milik (life. Ø Alasan penahanan seseorang harus disertai bukti yang sah menurut hukum.seperti hak atas hidup. Ø Parlemen berhak untuk mengubah keputusan raja.para bangsawan kepada raja di depan parlemen pada tahun 1628. Ø Pajak. and property) mengilhami sekaligus menjadi pegangan bagi rakyat Amerika sewaktu memberontak melawan penguasa Inggris pada tahun 1776. yang isinya mengatur tentang : Ø Kebebasan dalam pemilihan anggota parlemen.

Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat yang dikenal DECLARATION OF INDEPENDENCE OF THE UNITED STATES. 4. Kebebasan – kebebasan tersebut juga merupakan hak (kebebasan) bagi umat manusia untuk mencapai perdamaian dan kemerdekaan yang abadi. dan kebebasan untuk menikmati kebhagiaan. Kesemuanya atas jasa presiden Thomas Jefferson presiden Amerika Serikat lainnya yang terkenal sebagai “pendekar” hak asasi manusia adalah Abraham Lincoln. dan Italia. Roosevelt tentang “empat kebebasan” yang diucapkannya di depan Kongres Amerika Serikat tanggal 6 Januari 1941 yakni : ü Kebebasan untuk berbicara dan melahirkan pikiran (freedom of speech and expression). ketika manusia telah memiliki hak-hak dasar secara perorangan. dengan keyakinan dan ü Kebebasan dari rasa takut (freedom from fear). John Locke menggambarkan keadaan status naturalis. Declaration of Independence di Amerika Serikat menempatkan Amerika sebagai negara yang memberi perlindungan dan jaminan hak-hak asasi manusia dalam konstitusinya. locke berpendapat bahwa manusia yang berkedudukan sebagai warga negara hak-hak dasarnya dilindungi oleh negara. Kebebasan. kemerdekaan. kendatipun secara resmi rakyat Perancis sudah lebih dulu memulainya sejak masa Rousseau. Bahwa semua manusia dianugerahi oleh Penciptanya hak hidup. Jepang. ü Kebebasan memilih agama sesuai kepercayaannya (freedom of religion). dengan Revolusi Amerika dengan Declaration of Independence-nya tanggal 4 Juli 1776. kemudian Woodrow Wilson dan Jimmy Carter. hidup lebih maju seperti yang disebut dengan status civilis. ü Kebebasan dari kekurangan dan kelaparan (freedom from want). Empat kebebasan Roosevelt ini pada hakikatnya merupakan tiang penyangga hak-hak asasi manusia yang paling pokok dan mendasar. Hak Asasi Manusia di Prancis . merupakan pula piagam hak – hak asasi manusia karena mengandung pernyataan “Bahwa sesungguhnya semua bangsa diciptakan sama derajat oleh Maha Pencipta. suatu deklarasi kemerdekaan yang diumumkan secara aklamasi oleh 13 negara bagian.kebebasan tersebut dimaksudkan sebagai kebalikan dari kekejaman dan penindasan melawan fasisme di bawah totalitarisme Hitler (Jerman). Dalam keadaan bersama-sama. Amanat Presiden Flanklin D.

4) Warga Negara mempunyai hak yang sama dan mempunyai kedudukan serta pekerjaan umum. kesamaan. 9) Adanya kemerdekaan bersatu dan berapat. Rousseau. Pernyataan yang dicetuskan pada tahun 1789 ini mencanangkan hak atas kebebasan. 14) Adanya kemedekaan lalu lintas. Perjuangan itu dilakukan untuk melawan kesewenang-wenangan rezim lama. 11) Adanya kerajinan. Juga dalam konstitusi tahun 1793 dan 1795. Lafayette merupakan pelopor penegakan hak asasi manusia masyarakat Prancis yang berada di Amerika ketika Revolusi Amerika meletus dan mengakibatkan tersusunnya Declaration des Droits de I’homme et du Citoyen. dan persaudaraan atau kesetiakawanan (liberte. 6) Manusia mempunai kemerdekaan agama dan kepercayaan.J. serta Montesquieu. semua hak-hak asasi manusia dicantumkan seluruhnya di dalam konstitusi Prancis yang kemudian ditambah dan diperluas lagi pada tahun 1793 dan 1848. 13) Adanya kemerdekaan hak milik. 7) Manusia merdeka mengeluarkan pikiran. Kemudian di tahun 1791. 3) Manusia merdeka berbuat sesuatu tanpa merugikan pihak lain.berdagang. Naskah tersebut dikenal dengan DECLARATION DES DROITS DE L’HOMME ET DU CITOYEN yaitu pernyataan mengenai hak-hak manusia dan warga negara. 2) Manusia mempunyai hak yang sama. 10) Adanya kemerdekaan berserikat dan berkumpul. kemerdekaan bekerja. 8) Adanya kemerdekaan surat kabar. 5) Manusia tidak boleh dituduh dan ditangkap selain menurut undangundang. Hak Asasi yang tersimpul dalam deklarasi itu antara lain : 1) Manusia dilahirkan merdeka dan tetap merdeka.Perjuangan hak asasi manusia di Prancis dirumuskan dalam suatu naskah pada awal Revolusi Prancis. egalite. fraternite). Voltaire. revolusi ini diprakarsai pemikir – pemikir besar seperti : J. dan melaksanakan . 12) Adanya kemerdekaan rumah tangga.

seperti diperiksa di muka umum. 48 negara menyatakan persetujuannya. Paris menerima baik hasil kerja panitia tersebut. PBB membentuk komisi hak asasi manusia (commission of human right). Eleanor Rossevelt. setiap tanggal 10 Desember diperingati sebagai hari Hak Asasi Manusia. dan 2 negara lainnya absen. Karya itu berupa UNIVERSAL DECLARATION OF HUMAN RIGHTS atau Pernyataan Sedunia tentang Hak – Hak Asasi Manusia.15) Adanya hak hidup dan mencari nafkah. Hak Asasi Manusia oleh PBB Setelah perang dunia kedua. 8 negara abstain. Sidangnya dimulai pada bulan januari 1947 di bawah pimpinan Ny. Dari 58 Negara yang terwakil dalam sidang umum tersebut. Bahwa setiap orang mempunyai Hak : ü Hidup ü Kemerdekaan dan keamanan badan ü Diakui kepribadiannya ü Memperoleh pengakuan yang sama dengan orang lain menurut hukum untuk mendapat jaminan hokum dalam perkara pidana. disusunlah rancangan piagam hak-hak asasi manusia oleh organisasi kerja sama untuk sosial ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang terdiri dari 18 anggota. yang terdiri dari 30 pasal. Oleh karena itu. Baru 2 tahun kemudian. 5. Universal Declaration of Human Rights antara lain mencantumkan. tanggal 10 Desember 1948 Sidang Umum PBB yang diselenggarakan di Istana Chaillot. dianggap tidak bersalah kecuali ada bukti yang sah ü Masuk dan keluar wilayah suatu Negara ü Mendapatkan asylum ü Mendapatkan suatu kebangsaan ü Mendapatkan hak milik atas benda ü Bebas mengutarakan pikiran dan perasaan ü Bebas memeluk agama ü Mengeluarkan pendapat . mulai tahun 1946.

berlaku bagi semua bangsa dan pemerintahan di negara-negaranya masing-masing. baik ke luar (antar negara-negara) maupun ke dalam (antar negara-bangsa). Meskipun bukan merupakan perjanjian.kebebasan yang termasuk dalam pernyataan tersebut. Sedangkan makna ke dalam. mengandung pengertian bahwa Deklarasi HAM seduania itu harus senantiasa menjadi kriteria objektif oleh rakyat dari masingmasing negara dalam menilai setiap kebijakan yang dikelauarkan oleh pemerintahnya. Makna ke luar adalah berupa komitmen untuk saling menghormati dan menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan antar negara-bangsa. agar terhindar dan tidak terjerumus lagi dalam malapetaka peperangan yang dapat menghancurkan nilai-nilai kemanusiaan. tidak berlebihan jika dikatakan sebagai puncak peradaban umat manusia setelah dunia mengalami malapetaka akibat kekejaman dan keaiban yang dilakukan negara-negara Fasis dan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II. Sejarah Nasional Hak Asasi Manusia Deklarasi HAM yang dicetuskan di Perserikatan BangsaBangsa pada tanggal 10 Desember 1948. namun semua anggota PBB secara moral berkewajiban menerapkannya. Deklarasi HAM sedunia itu mengandung makna ganda.ü Berapat dan berkumpul ü Mendapat jaminan sosial ü Mendapatkan pekerjaan ü Berdagang ü Mendapatkan pendidikan ü Turut serta dalam gerakan kebudayaan dalam masyarakat ü Menikmati kesenian dan turut serta dalam kemajuan keilmuan Majelis umum memproklamirkan Pernyataan Sedunia tentang Hak Asasi Manusia itu sebagai tolak ukur umum hasil usaha sebagai rakyat dan bangsa dan menyerukan semua anggota dan semua bangsa agar memajukan dan menjamin pengakuan dan pematuhan hak-hak dan kebebasan. . B.

Ada yang bertanya mengapa tidak disebut hak dan kewajban asasi. Di Indonesia HAM sebenarnya telah lama ada. Bukankan Social Rights mengutamakan masyarakat yang menjadi tujuan ? Sesungguhnya dalam Human Rights sudah implisit adanya kewajiban yang harus memperhatikan kepentingan masyarakat. semuanya sudah diterpkan oleh Raja-Raja dahulu. Jadi jelaslah kalau ada hak berarti ada kewajiban. Semua manusia adalah sama. haruslah terlebih dahulu memenuhi kewajibannya meningkatkan hasil kerjanya. Dengan demikian tidak perlu . kemudian ditulis dalam buku-buku adat (Lontarak). HAM di Sulawesi Selatan telah dikenal sejak lama. Sebagai contoh. Contoh : seseorang yang berhak menuntut perbaikan upah. Juga ada yang bertanya mengapa bukan Social Rights. Demikian juga tidak mungkin kita mengatakan ada hak kalau tanpa kewajiban. Dengan demikian setiap pelanggaran atau penyimpangan dari Deklarasi HAM sedunia si suatu negara anggota PBB bukan sematamata menjadi masalah intern rakyat dari negara yang bersangkutan. Mereka absah mempersoalkan dan mengadukan pemerintah pelanggar HAM di suatu negara ke Komisi Tinggi HAM PBB atau melalui lembagalembaga HAM internasional lainnya unuk mengutuk bahkan menjatuhkan sanksi internasional terhadap pemerintah yang bersangkutan. Human Rights selalu terkait dengan hak individu dan hak masyarakat. Jadi asas-asas HAM yang telah disorot sekarang.Bagi negara-negara anggota PBB. Jadi saling hormat-menghormati terhadap masing-masing hak orang. Adapun hakikat universalitas HAM yang sesungguhnya. Orang yang dihormati haknya berkewajiban pula menghormati hak orang lain. Antara lain dinyatakan dalam buku Lontarak (Tomatindo di Lagana) bahwa apabila raja berselisih faham dengan Dewan Adat. namun hal ini kurang diperhatikan karena sebagian ahli hukum Indonesia sendiri agaknya lebih suka mempelajari teori hukum Barat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HAM sudah lama lahir di Indonesia. maka Raja harus mengalah. namun dalam perkembangannya tidak menonjol karena kurang dipublikasikan. dari kelas sosial dan latar belakang primordial apa pun serta bertempat tinggal di mana pun di muka bumi ini. Deklarasi itu sifatnya mengikat. Semua kandungan nilai-nilainya berlaku untuk semua. bahwa ke-30 pasal yang termaktub dalam Deklarasi HAM sedunia itu adalah standar nilai kemanusiaan yang berlaku bagi siapapun. Tetapi apabila para Dewam Adat sendiri berselisih. melainkan juga merupakan masalah bagi rakyat dan pemerintahan negara-negara anggota PBB lainnya. maka rakyatlah yang memustuskan.

budaya dan lain sebagainya. Sebab. yang bagaimanapun. tentu saja berpengaruh dalam pelaksanaan HAM. tidak berarti dengan adanya kondisi yang bersifat khusus tersebut. dapat dipengaruhi dan diciptakan dari waktu ke waktu. Artinya. Yang artinya Hak Asasi Manusia mendapat jaminan kuat dari falsafah bangsa. suatu kondisi tertentu tidak dapat dipergunakan sebagai patokan mutlak. melainkan harus memperhatikan ketentuan-ketentuan yang terkandung dalam pandangan hidup bangsa Indonesia. masalahnya adalah kembali kepada siapa yang mengkondisikan dan mengapa diciptakan kondisi seperti itu ? Hak Asasi Manusia di Indonesia bersumber dan bermuara pada pancasila. Ada yang mengatakan bahwa pelaksanaan HAM di Indonesia harus sesuai dengan latar belakang budaya Indonesia. Tetapi. sosial. perlu dijaga juga keseimbangan antara kebebasan dan tanggungjawab. kiranya sudah termasuk pengertian bahwa dalam memanfaatkan haknya tersebut tidak boleh mengganggu kepentingan masyarakat. Yang perlu dijaga ialah keseimbangan antara hak dan kewajiban serta antara kepentingan perseorangan dengan kepentingan umum (kepentingan masyarakat). Universal Declaration of Human Rights kita akui. tetapi tidak mesti seragam dalam pelaksanaan. Bagi bangsa Indonesia. Bermuara pada Pancasila dimaksudkan bahwa pelaksanaan hak asasi manusia tersebut harus memperhatikan garis-garis yang telah ditentukan dalam ketentuan falsafah Pancasila. Memang benar bahwa negaranegara di dunia (tidak terkecualai Indonesia) memiliki kondisikondisi khusus di bidang politik. hanya saja dalam implementasinya mungkin tidak sama dengan di negaranegara lain khususnya negara Barat yang latar belakang sejarah dan budayanya berbeda dengan kita. melaksanakan hak asasi manusia bukan berarti melaksanakan dengan sebebas-bebasnya. yakni Pancasila. Artinya. Sama dalam prinsip-prinsip mendasar. seseorang memiliki kebebasan bertindak semaunya. Hal ini disebabkan pada dasarnya memang tidak ada hak yang dapat dilaksanakan secara multak tanpa memperhatikan hak orang lain. universalitas HAM tidak identik dengan "penyeragaman". ekonomi. . Selain itu. Kondisi itu memiliki sifat yang berubah-ubah.dipergunakan istilah Social Rights karena kalau kita menghormati hak-hak perseorangan (anggota masyarakat). Oleh karena itu. Artinya. tetapi tidak memperkosa hak-hak orang lain. Disamping itu. yaitu Pancasila. maka prinsip-prinsip mendasar HAM yang universal itu dapat dikaburkan apalagi diingkari. apa yang disebut dengan kondisi bukanlah sesuatu yang bersifat statis.

dan bernegara Negara Republik Indonesia mengakui dan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kebebasan dasar manusia sebagai hak yang secara kodrati melekat dan tidak terpisah dari manusia yang harus dilindungi. Berbagai instrumen hak asasi manusia yang dimiliki Negara Republik Indonesia. . Jika dalam melaksanakan hak. Misalnya peraturan dalam hal penahanan. penggeledahan. Ø Hak – hak asasi politik (political rights) yaitu hak untuk ikut serta dalam pemerintahan. kebahagiaan. dan peradilan. hak untuk membeli dan menjual serta memanfaatkannya. hak-hak asasi manusia itu dapat dibeda-bedakan menjadi sebagai berikut : Ø Hak – hak asasi pribadi (personal rights) yang meliputi kebebasan menyatakan pendapat. kita tidak memperhatikan hak orang lain.maka yang terjadi adalah benturan hak atau kepentingan dalam hidup bermasyarakat. Ø Hak – hak asasi ekonomi (property rights) yang meliputi hak untuk memiliki sesuatu. penangkapan. berbangsa. hak pilih (dipilih dan memilih dalam pemilu) dan hak untuk mendirikan partai politik. Misalnya hak untuk memilih pendidikan dan hak untukmengembangkan kebudayaan.yakni: ü Undang – Undang Dasar 1945 ü Ketetapan MPR Nomor XVII/MPR/1998 tentang Hak Asasi Manusia ü Undang – Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia Di Indonesia secara garis besar disimpulkan. Ø Hak asasi untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan (procedural rights). dan ditegakkan demi peningkatan martabat kemanusisan. kesejahteraan. dan kecerdasan serta keadilan.Setiap hak akan dibatasi oleh hak orang lain. dan kebebasan bergerak. Ø Hak – hak asasi sosial dan kebudayaan ( social and culture rights). Ø Hak asasi untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan ( rights of legal equality). kebebasan memeluk agama. dihormati.

hak asasi manusia adalah hak-hak yang dimiliki manusia semata-mata karena ia manusia. Dianggap bahwa beberapa hak itu dimilikinya tanpa perbedaan atas dasar bangsa.Secara konkret untuk pertama kali Hak Asasi Manusia dituangkan dalam Piagam Hak Asasi Manusia sebagai lampiran Ketetapan Permusyawarahan Rakyat Republik Indonesia Nomor XVII/MPR/1998. ras. berpendapat bahwa hak asasi manusia adalah hak yang dimiliki manusia yang telah diperoleh dan dibawanya bersamaan dengan kelahirannya di dalam kehidupan masyarakat. Umat manusia memilikinya bukan karena diberikan kepadanya oleh masyarakat atau berdasarkan hukum positif. kelamin dan karena itu bersifat universal. . Dasar dari semua hak asasi ialah bahwa manusia memperoleh kesempatan berkembang sesuai dengan harkat dan cita-citanya. Hal yang sama juga dikemukakan oleh Slamet Marta Wardaya yang menyatakan bahwa hak asasi manusia yang dipahami sebagai natural rights merupakan suatu kebutuhan dari realitas sosial yang bersifat universal. BAB II Perkembangan Pengertian Hak Asasi Manusia dan Macamnya Menurut Jack Donnely. Sementara Meriam Budiardjo. melainkan semata-mata berdasarkan martabatnya sebagai manusia. agama.

kebebasan berpikir. Termasuk dalam generasi kedua ini adalah hak atas . dihormati. dan prinsip kebebasan sipil dan politik. hak untuk menentukan status politik. dan lain-lain sebagainya. Ketiga generasi hak asasi manusia tersebut dapat diuraikan sebagai berikut: 1. Tiga generasi ini perlu dipahami sebagai satu kesatuan. termasuk perjanjian internasional di bidang HAM. Termasuk dalam generasi pertama ini adalah hak hidup. oleh karena itu harus dilindungi. saling berkaitan dan saling melengkapi. Karel Vasak mengemukakan perjalanan hak asasi manusia dengan mengklasifikasikan hak asasi manusia atas tiga generasi yang terinspirasi oleh tiga tema Revolusi Perancis. hak kebebasan bergerak. Vasak menggunakan istilah “generasi” untuk menunjuk pada substansi dan ruang lingkup hak-hak yang diprioritaskan pada satu kurun waktu tertentu. hak untuk menikmati ragam penemuan penemuan-penemuan ilmiah. Hak Solidaritas (Fraternite). Ahli hukum Perancis. dipertahankan dan tidak boleh diabaikan. konsepsi hak asasi manusia mencakup pula upaya menjamin pemenuhan kebutuhan untuk mengejar kemajuan ekonomi. hak bebas dari penahanan dan penangkapan sewenang-wenang. Pada perkembangan selanjutnya yang dapat disebut sebagai hak asasi manusia Generasi Kedua. Hakhak generasi pertama ini sering pula disebut sebagai “hak-hak negatif” karena negara tidak boleh berperan aktif (positif) terhadapnya. karena akan mengakibatkan pelanggaran terhadap hak-hak dan kebebasan tersebut. Generasi Kedua. Sementara dalam ketentuan menimbang huruf b Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia menegaskan bahwa hak asasi manusia merupakan hak dasar yang secara kodrati melekat pada diri manusia. kebutuhan dasar manusia. Mengenai perkembangan pemikiran hak asasi manusia. termasuk hak atas pendidikan. sosial dan kebudayaan. hak bebas dari hukum yang berlaku surut dsb. Hak Sipil dan Politik (Liberte). Puncak perkembangan kedua ini tercapai dengan ditandatanganinya ‘International Couvenant on Economic. Bahkan nilai universal ini dikukuhkan dalam intrumen internasional.Nilai universal ini yang kemudian diterjemahkan dalam berbagai produk hukum nasional di berbagai negara untuk dapat melindungi dan menegakkan nilai-nilai kemanusian. 2. yaitu : Generasi Pertama. Social and Cultural Rights’ pada tahun 1966. Hak asasi manusia generasi pertama. bersifat universal dan langgeng. kebebasan berkumpul dan menyatakan pikiran. dikurangi atau dirampas oleh siapapun. Hak Ekonomi. beragama dan berkeyakinan. yang mencakup soal prinsip integritas manusia. perlindungan terhadap hak milik. Sosial dan Budaya (Egalite) dan Generasi Ketiga.

Oleh karena itu.pekerjaan dan upah yang layak. Disamping itu. hak atas jaminan sosial. ekonomi. Kebebasan dasar dan hak-hak dasar itulah yang disebut Hak Asasi Manusia yang secara kodratnya melekat pada diri manusia sejak manusia dalam kandungan yang membuat manusia sadar akan jatidirinya dan membuat manusia hidup bahagia. Hak-hak generasi ketiga diwakili oleh tuntutan atas “hak solidaritas”” atau “hak bersama”. Republik Indonesia termasuk pemerintah Republik Indonesia berkewajiban secara hokum. Berdasarkan penelitian hak manusia itu tumbuh dan berkembang pada waktu Hak Asasi Manusia itu oleh manusia mulai diperhatikan terhadap serangan atau bahaya yang timbul dari kekuasaan yang dimiliki oleh Negara. hak atas pangan. hak atas kesehatan. politik. hak atas tanah. 3. Negara Indonesia menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia dan kewajiban dasar manusia. untuk mengimbangi kebebasannya tersebut manusia memiliki kemampuan untuk bertanggung jawab atas semua tindakan yang dilakukannya. Kenyataan tersebut mengakibatkan munculnya kesadaran akan perlunya Hak Asasi Manusia dipertahankan terhadap bahaya-bahaya yng timbul akibat adanya Negara. Melalui tuntutan atas hak solidaritas itu. Dalam pemenuhan hak-hak generasi kedua ini negara dituntut bertindak lebih aktif (positif). dijunjung tinggi dan dilindungi oleh Negara. Menurut UU No 39/1999. HAM adalah seperangkar hak yang melekat pada manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati. Hak-hak ini muncul dari tuntutan gigih negaranegara berkembang atau Dunia Ketiga atas tatanan internasional yang adil. Setiap manusia dalam kenyataannyalahir dan hidup di masyarakat. Hak secara kodrati melekat dan tidak dapat dipisahkan dari manusia. negara-negara berkembang menginginkan terciptanya suatu tatanan ekonomi dan hukum internasional yang kondusif bagi terjaminnya hak-hak berikut: (i) hak atas pembangunan. hak atas lingkungan yang sehat dsb. hak atas perumahan. (iii) hak atas sumber daya alam sendiri. apabila memang pengembangan diri dan kebahagiaan manusia menjadi tujuan. Dengan akal budinya dan nuraninya. pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. memajukan dan mengambil langkah-langkah . Dalam perkembangan sejarah tampak bahwa Hak Asasi Manusia memperoleh maknanya dan berkembang setelah kehidupan masyarakat makin berkembang khususnya setelah terbentuk Negara. (iv) hak atas lingkungan hidup yang baik dan (v) dan hak atas warisan budaya sendiri. manusia memiliki kebebasan untuk memutuskan sendiri perbuatannya. hak atas pendidikan. karena tanpanya manusia kehilangan harkat dan kemanusiaan. sehingga hak-hak generasi kedua ini disebut juga sebagai “hak-hak positif”. hokum. social dan moral untuk melindungi. (ii) hak atas perdamaian.

bepergian dan berpindah-pndah tempat . sosial dan budaya harus diwujudkan baik melalui aturan hukum ataupun melalui kebijakankebijakan pemerintah. Jenis dan Macam Hak Asasi Manusia Dunia : 1.Hak mendapat layanan dan perlindungan hukum 4. dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. hutang-piutang. Dengan diratifikasinya konvenan Hak EKOSOB oleh Indonesia melalui UndangUndang Nomor 11 Tahun 2005.Hak untuk menjadi pegawai negeri sipil / pns .Hak untuk membuat dan mengajukan suatu usulan petisi 3. Hak azasi hukum / Legal Equality Right .Hak untuk memilih dan dipilih dalam suatu pemilihan . Hak asasi politik / Political Right . UU Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia (UU HAM) memuat prinsip bahwa hak asasi manusia harus dilihat secara holistik bukan parsial sebab HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugrah-Nya yang wajib dihormati. Hak asasi pribadi / personal Right .Hak kebebasan untuk bergerak. dan begitu pula sebaliknya.Hak kebebasan untuk memilih.Hak kebebasan melakukan kegiatan jual beli . Pemerintahan.Hak kebebasan menyelenggarakan sewa-menyewa.Hak kebebasan memilih dan aktif di organisasi atau perkumpulan .hak ikut serta dalam kegiatan pemerintahan .konkret demi tegaknya Hak Asasi Manusia dan kebebasan dasar manusia.Hak mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan . Hak azasi Ekonomi / Property Rigths .Hak kebebasan mengadakan perjanjian kontrak . Oleh sebab itu perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia di bidang sosial politik hanya dapat berjalan dengan baik apabila hak yang lain di bidang ekonomi. memeluk.Hak membuat dan mendirikan parpol / partai politik dan organisasi politik lainnya . dan menjalankan agama dan kepercayaan yang diyakini masing-masing 2. sosial dan budaya serta hak solidaritas juga juga dilindungi dan dipenuhi.Hak kebebasan mengeluarkan atau menyatakan pendapat . kewajiban Indonesia untuk melakukan pemenuhan dan jaminan-jaminan ekonomi. Pembagian Bidang. dll . dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara hukun.

penahanan dan penyelidikan di mata hukum.Hak untuk mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat Macam – macam Hak Asasi Manusia a) Hak asasi pribadi / personal Right • Hak kebebasan tempat • Hak kebebasan • Hak kebebasan • Hak kebebasan dan kepercayaan untuk bergerak. 6. dan menjalankan agama yang diyakini masing-masing b) Hak asasi politik / Political Right • Hak untuk memilih dan dipilih dalam suatu pemilihan • Hak ikut serta dalam kegiatan pemerintahan • Hak membuat dan mendirikan parpol / partai politik dan organisasi politik lainnya • Hak untuk membuat dan mengajukan suatu usulan petisi c) Hak azasi hukum / Legal Equality Right • Hak mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan • Hak untuk menjadi pegawai negeri sipil / pns • Hak mendapat layanan dan perlindungan hokum d) Hak azasi Ekonomi / Property Rigths • Hak kebebasan melakukan kegiatan jual beli • Hak kebebasan mengadakan perjanjian kontrak • Hak kebebasan menyelenggarakan sewa-menyewa.Hak mendapat pembelaan hukum di pengadilan . penangkapan.Hak mendapatkan pengajaran .Hak kebebasan untuk memiliki susuatu . Hak Asasi Peradilan / Procedural Rights . dll .Hak memiliki dan mendapatkan pekerjaan yang layak 5. bepergian dan berpindah-pndah mengeluarkan atau menyatakan pendapat memilih dan aktif di organisasi atau perkumpulan untuk memilih. Hak asasi sosial budaya / Social Culture Right .. memilih dan mendapatkan pendidikan . memeluk. hutangpiutang.Hak persamaan atas perlakuan penggeledahan.Hak menentukan.

Jadi HAM pada hakekatnya merupakan hak-hak fundamental yang melekat pada kodratmanusia sendiri . Landasan langsung yang pertama. Landasan kedua yang lebih dalam. semua manusia memiliki hak-hak yang sama sebagai manusia. dan memiliki hak-hak yang sama pula. mempunyai budi dan karsa yang merdeka sendiri. Hak-hak yang sama sebagai manusia inilah yang sering disebut hak asasi manusia. yaitu Tuhan yang menciptakan manusia. dan tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun. Derajat manusia yang luhur berasal dari Tuhan yang menciptakannya. yaitu kodrat manusia. Dengan demikian semua manusia bebas mengembangkan dirinya sesuai dengan budinya yang sehat. yaitu: 1. Hak asasi manusia berarti hak-hak yang melekat pada manusia berdasarkan kodratnya. Dengan mendasarkan pada pengertian HAM di atas. Semua manusia sebagai manusia memiliki martabat dan derajat yang sama. 2. Setiap manusia harus dapat mengembangkan dirinya sedemikian rupa sehingga ia harus berkembang . Hak asasi manusia (HAM) adalah hakhak dasar yang dimiliki manusia sebagai manusia yang berasal dari Tuhan. penahanan dan penyelidikan di mata hukum. dan mempunyai derajat yang luhur sebagai manusia. maka HAM memiliki landasan utama. yaitu hak-hak yang paling dasar dari aspekaspek kodrat manusia sebagai manusia. f) Hak asasi sosial budaya / Social Culture Right • Hak menentukan. maksudnya hak-hak yang dimiliki manusia sebagai manusia. Sebagai mahkluk ciptaan Tuhan.• Hak kebebasan untuk memiliki susuatu • Hak memiliki dan mendapatkan pekerjaan yang layak e) Hak Asasi Peradilan / Procedural Rights • Hak mendapat pembelaan hukum di pengadilan • Hak persamaan atas perlakuan penggeledahan. memilih dan mendapatkan pendidikan • Hak mendapatkan pengajaran • Hak untuk mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat HAKEKAT HAK ASASI MANUSIA Manusia adalah mahkluk ciptaan Tuhan yang paling mulia. Setiap manusia adalah ciptaan yang luhur dari Tuhan Yang Maha Esa. penangkapan.

.secara leluasa.(secundum suam naturam) Penindasan terhadap HAM bertentangan dengan keadilan dan kemanusiaan. Setiap manusia. Manusia memperoleh hak-hak asasi itu langsung dari Tuhan sendiri karena kodratnya. Oleh karenanya. kapanpun wajib mengakui dan menjunjung tinggi HAM sebagai hak-hak fundamental atau hak-hak dasar. tidak tergantung dari pengakuan mesyarakat atau negara. Pengakuan oleh orang-orang lain maupun oleh negara ataupun agama tidaklah membuat adanya HAM itu. setiap manusia dan setiap negara di dunia wajib mengakui dan menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM) tanpa kecuali. Untuk mempertegas hakekat dan pengertian HAM di atas dikuatkanlah dengan landasan hukum HAM sebagaimana dikemukakan dalam ketentuan Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia bahwa hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati. setiap negara di manapun. Penindasan terhadap HAM berarti pelanggaran terhadap HAM. Penindasan terhadap HAM adalah bertentangan dengan keadilan dan kemanusiaan. dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara. sebab prinsip dasar keadilan dan kemanusiaan adalah bahwa semua manusia memiliki martabat yang sama dengan hak-hak dan kewajibankewajiban yang sama. hukum. Demikian pula orang-orang lain. negara dan agama tidaklah dapat menghilangkan atau menghapuskan adanya HAM. HAM tidak tergantung dari pengakuan orang lain. Pengembangan diri sebagai manusia dipertanggungjawabkan kepada Tuhan sebagai asal dan tujuan hidup manusia. Semua hak yang berakar dalam kodratnya sebagai manusia adalah hakhak yang lahir bersama dengan keberadaan manusia itusendiri. pemerintah. dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. Di mana ada manusia di situ ada HAM dan harus dijunjung tinggi oleh siapapun tanpa kecuali. Dengan demikian hak-hak ini adalah universal atau Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia berlaku di manapun di dunia ini.

Dimana Pengawasan adalah serangkaian tindakan yang dilakukan oleh Komnas HAM dengan maksud . Komnas HAM didirikan dengan Keputusan Presiden Nomor 50 Tahun 1993 tentang Komisi Nasional Hak Asasi Manusia. Berdasarkan Undang-undang No. 26/2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia. fungsi.BAB III LANDASAN HAK ASASI MANUSIA Pada awalnya. Disamping kewenangan tersebut. Sejak 1999 keberadaan Komnas HAM didasarkan pada Undang-undang. tujuan. Komnas HAM adalah lembaga yang berwenang menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia yang berat. mendapatkan tambahan kewenangan berupa Pengawasan. Komnas HAM berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis. Komnas HAM juga berwenang melakukan penyelidikan terhadap pelanggaran hak asasi manusia yang berat dengan dikeluarkannya UU No. 39 Tahun 1999. yakni Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 yang juga menetapkan keberadaan. keanggotaan. 26 Tahun 2000 tantang Pengadilan Hak Asasi Manusia. asas. menurut UU No. kelengkapan serta tugas dan wewenang Komnas HAM. Dalam melakukan penyelidikan ini Komnas HAM dapat membentuk tim ad hoc yang terdiri atas Komisi Hak Asasi Manusia dan unsur masyarakat.

b. d. Tap MPR No. c. f. Piagam PBB. Peraturan perundang-undangan nasional lainnya yang terkait. agama. UU No. tugas. b. dan nilai luhur budaya bangsa. 26 Tahun 2000. UU No. Deklarasi Universal HAM 1948. e. c. 39 Tahun 1999. UUD 1945 beserta amandemenya. mencari fakta. Instrumen internasioanl lain mengenai HAM yang telah disahkan dan diterima oleh Indonesia.untuk mengevaluasi kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah yang dilakukan secara berkala atau insidentil dengan cara memantau. Landasan Hukum Hak Asasi Manusia di Indonesia Bangsa Indonesia mempunyai pandangan dan sikap mengenai Hak Asasi Manusia yang bersumber dari ajaran agama. XVII/MPR/1998. 1945. nilai moral universal. jaminan. Instrumen Nasional : a. dan perlindungan Hak Asasi Manusia tersebut diatur dalam beberapa peraturan perundangan berikut: A. kepercayaan. Pancasila a) Pengakuan harkat dan martabat manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. baik nasional maupun internasional. 40 Tahun 2008. serta berdasarkan pada Pancasila dan Undangundang dasar 1945. b) Pengakuan bahwa kita sederajat dalam mengemban kewajiban dan memiliki hak yang sama serta menghormati sesamam manusia tanpa membedakan keturunan. Instumen Acuan Dalam melaksanakan fungsi. menilai guna mencari dan menemukan ada tidaknya diskriminasi ras dan etnis yang ditindaklanjuti dengan rekomendasi. dan wewenang guna mencapai tujuannya Komnas HAM menggunakan sebagai acuan intrumen-instrumen yang berkaitan dengan HAM. Pengakuan. kedudukan . UU No. jenis kelamin. Instrumen Internasional : a.

sikap tenggang rasa. dan sikap tida sewenang-wenang terhadap orang lain. didalm bangsa yang merdeka. E. F. Dalam Batang Tubuh UUD 1945 a) Persamaan kedudukan warga Negara dalam hokum dan pemerintahan (pasal 27 ayat 1) b) Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak (pasal 27 ayat 2) c) Kemerdekaan berserikat dan berkumpul (pasal 28) d) Hak mengeluarkan pikiran dengan lisan atau tulisan (pasal 28) e) Kebebasan memeluk agama dan beribadat sesuai dengan agama dan kepercayaanya itu (pasal 29 ayat 2) f) hak memperoleh pendidikan dan pengajaran (pasal 31 ayat 1) g) BAB XA pasal 28 a s. keadilan. juga ada rakyat yang ingin merdeka. Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia a) Bahwa setiap hak asasi seseorang menimbulkan kewajiban dasar dan tanggung jawab untuk menghormati HAM orang lain secara timbale balik. Hukum Internasional tentang HAM yang telah Diratifikasi Negara RI a) Undang. dan oleh karena itu penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan pri kemanusiaan dan pri keadilan”. d) Selalu bekerja sama.social. Dalam Pembukaan UUD 1945 Menyatakan bahwa “ kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa. C. b) Dalm menjalankan hak dan kebebasannya. suku dan bangsa. e) Mengemban sikap berani membela kebenaran dan keadilan serta sikap adil dan jujur. Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia Untuk ikut serta memelihara perdamaian dunia dan menjamin pelaksanaan HAM serta member I perlindungan. yakni bebas dari penindasan oleh penguasa. warna kulit. Ini adalah suatu pernyataan universal karena semua bangsa ingin merdeka. kelompok atau manusia lainnya. c) Mengemban sikap saling mencintai sesamam manusia. Bahkan. f) Menyadari bahwa manusia sama derajatnya sehingga manusia Indonesia merasa dirinya bagian dari seluruh umat manusia. hormat menghormati dan selalu berusaha menolong sesame. dan perasaan aman kepada masyarakat. perlu segera dibentuk suatu pengadilan HAM untuk menyelesaikan pelanggaran HAM yan berat. kepastian.d 28 j tentang Hak Asasi Manusia D. B. setiap orangbwajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan oleh UU.undang republic Indonesia No 5 Tahun 1998 tentang .

b) Undang-undang Nomor 8 tahun 1984 tentang pengesahan Konvensi Mengenai Penghapusan segala Bentuk Diskriminasi terhadap Wanita. dan lain-lain yang kesemuanya saling berhubungan secara fungsional dengan tujuan untuk mengetahui ukuran waktu. etnik. Sekalipun HAM itu bersifat universal. tetapi pemahaman setiap orang tentang HAM tersebut berbeda-beda. Hak tersebut melekat pada diri manusia tidak memandang warna kulit. Pada sub unit ini Anda akan dapat mempelajari sistem nilai yang melandasi HAM. dan yuridis konstitusional. Misalnya. ideologi. tali. agama. gir atau gerigi. Cara pandang tersebut dipengaruhi oleh sistem filsafat. Setiap manusia dilahirkan di dunia memiliki hak tersebut. Ideologis. jam tangan. angka. bahasa. ideologis. Adanya hak tersebut menjadikan manusia memiliki harkat dan martabat serta derajat yang tinggi sehingga berbeda dengan makhluk lainnya. kepercayaan. landasan filosofis. Sistem Nilai yang Melandasi HAM Sistem adalah keseluruhan dari unsur atau bagian yang berhubungan secara fungsional dalam rangka mencapai tujuan tertentu. dan lain sebagainya. dan yuridis konstitusional yang berlaku di dalam suatu negara. Landasan Filosofis. dan Yuridis Konstitusional H ak asasi manusia merupakan hak fundamental yang dimiliki setiap manusia sebagai anugerah Tuhan dan oleh sebab itu bersifat universal. atau merendahkan martabat orang lain. c) Deklarasi sedunia tentang Hak Asasi Manusia Tahun 1948 (Declaration Universal of Human Rights). Segala sesuatu di semesta alam itu sesungguhnya merupakan suatu system.pengesahan (Konvensi menentang penyiksaan dan perlakuan atau penghukuman lain yang kejam. ridak manusiawi. . sekrup. Bagian-bagian dari jam itu berupa jarum. Setelah mempelajari sub unit ini kompetensi yang diharapkan ialah Anda dapat menjelaskan landasan HAM dengan tepat. baterai. per atau spiral.

3. Bukti teologis yaitu sebagian besar manusia di muka bumi ini percaya adanya suatu kekuatan adikodrati yang menguasasi kehidupan manusia. (b) nilai kemanusiaan. dan tidak sempurna artinya cara beradanya membutuhkan yang lain dan tanpa yang lain. Keadilan yang diperoleh di dunia ini tidak sesuai dengan apa yang seharusnya. 7. Bukti teleologis. Aristoteles menyebut penyebab pertama yang tidak disebabkan adalah causa prima. yaitu bukti tentang segala sesuatu yang ada di alam semesta itu pasti ada yang mengadakan. Rasio manusia pada akhirnya akan sampai pada “sesuatu yang ada” yang bersifat mutlak atau absolut. (c) nilai persatuan. Kepercayaan tersebut telah ada sepanjang masa. 6. maha sempurna sehingga tidak membutuhkan yang lain. Bukti kosmologis yaitu bukti tentang keteraturan alam semesta.Sistem nilai universal yang melandasi HAM adalah sebagai berikut: (a) nilai religius atau ketuhanan. Rasio manusia tentu akan menanyakan siapa yang menggerakkan dan mengatur semesta alam itu? Jawabannya adalah Tuhan yang Maha Pengatur. Misalnya. Oleh karena itu Pendidikan Hak Asasi Manusia 2-3 . (d) nilai kerakyatan. 1. ia tidak akan ada. Bukti-bukti adanya Tuhan yang dikumpulkan rasio manusia adalah sebagai berikut. 4. Tujuan akhir segala sesuatu adalah kembali kepada Tuhan. Ketenangan diperoleh setelah manusia hidup sesuai dengan ajaran Tuhan. dan itu adalah Tuhan. Bukti moral yaitu manusia merasa diperlakukan secara tidak adil. seusia keberadaan manusia di muka bumi. Semua yang ada di alam semesta itu bergerak secara teratur. Rasa takut tersebut mendorong jiwa manusia untuk mencari ketenangan di dalam menghadapi kematian. dan (e) nilai keadilan. Bukti ontologis. rumah dibuat tujuannya untuk tempat tinggal yang aman dan nyaman bagi penghuninya. Yang Maha Sempurna. Sesuatu yang ada tersebut apabila membutuhkan yang lain tentu bersifat relatif. 5. Bukti kausalitas yaitu bukti adanya hukum sebab akibat di alam semesta akan mengantarkan rasio pada penyebab pertama yang tidak disebabkan. Kekuatan adikodrati tersebut di dalam ajaran agama yang dianut seseorang disebut dengan Tuhan. Bukti psikologis yaitu sebagian besar manusia memiliki ketakutan untuk mati. yaitu bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta itu ada arah dan tujuan. misalnya matahari terbit dari timur setiap hari dan bergerak sesuai dengan aturannya. Setiap bangsa di dunia memiliki kepercayaan terhadap adanya Tuhan. Kepercayaan tersebut semakin kuat ketika rasio memberikan pembenaran tentang bukti-bukti adanya Tuhan. 2.

Disamping nilai universal. Perlakuan yang sama dan tidak diskriminatif tersebut menjadi dasar pembentukan nilai demokrasi yang tidak membeda-bedakan anggota kelompok. Setiap orang merasa menjadi bagian dari kelompoknya dan karena itu ia memiliki loyalitas atau solidaritas (persatuan) kepada kelompoknya. Kemanusiaan tersebut menjadi bagian dari sistem nilai yang melandasi hak asasi manusia. Sifat individu ditunjukkan manusia untuk selalu mementingkan diri sendiri dan sifat sosial ditunjukkan dengan kecenderungan untuk berkelompok. Hubungan yang baik antara manusia dengan Tuhan dapat dilihat dari hubungannya dengan sesama manusia. Menurut Aristoteles. Manusia memiliki sifat individu dan sosial. keadilan itu dibedakan menjadi keadilan komutatif (antar individu). dan legal (keadilan yang diberikan oleh hukum yang berlaku). Tanpa keadilan. rasa. Setiap anggota kelompok mempunyai kedudukan yang sama. masyarakat itu akan rapuh dan mudah konflik dan akhirnya akan menghancurkan kehidupan masyarakat sendiri. dan jika ada karena ia tidak memiliki rasio. Jika tidak ada kehidupan sesudah mati dan memperoleh keadilan yang Maha Adil. Manusia yang dibekali dengan keempat kemampuan tersebut apabila melakukan pembunuhan terhadap anaknya sendiri maka ia lebih rendah kedudukannya daripada hewan. tidak ada hewan manapun yang akan memangsa anaknya sendiri. Setiap bangsa di dunia secara universal mengakui bahwa hakikat manusia terletak pada harkat dan martabat kemanusiaannya. ada sistem nilai lokal yang melandasi HAM. Di dalam demokrasi nilainilai kerakyatan sangat dihormati dan dihargai untuk memperlakukan anggota kelompok masyarakat. Unit 2 2-4 . Kemanusiaan merupakan kualitas kodrat yang melekat pada setiap orang. setiap orang berinteraksi dengan orang lain demi tujuan bersama. maka ia akan turun derajatnya lebih rendah dari makhluk lainnya. Persatuan akan dimiliki setiap kelompok apabila seluruh anggota kelompok itu dihargai dan dilindungi. Misalnya. Keadilan menjadi sendi di dalam kehidupan masyarakat.ia berharap akan ada pengadilan yang Maha Adil kelak di kemudian hari. maka alangkah sia-sia hidup ini sebab tidak akan ada bedanya berbuat baik atau tidak baik. Sistem nilai lokal tersebut benar-benar spesifik dan menjadi ciri khas bangsa Indonesia. distributif (negara kepada individu). Di dalam kehidupan kelompok tersebut. hati nurani dan iman. Apabila telah hilang kemanusiaannya. Semua anggota masyarakat harus diperlakukan secara adil. Kehidupan berkelompok tersebut kemudian dijadikan bagian dari sistem nilai yang dijunjung tinggi yaitu persatuan.

Sistem nilai lokal tersebut adalah sebagai berikut. perbuatan menjalankan ajaran agama sesuai dengan keyakinan itu menunjukkan peradaban dan keadilan manusia yang bersifat religius. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya. 5. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam pemusyawaratan dan perwakilan.Bahkan. Cara menjalankan ajaran Tuhan Yang Maha Esa tersebut dilakukan dengan cara berkeadilan dan berperadaban (Pembukaan UUD 1945). hanya bangsa Indonesia yang memiliki pandangan hidup dan secara tegas menyatakan percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa. dan kejayaan bangsa Indonesia di masa sekarang dan mendatang. Keadilan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia. Jadi. Keadilan bukan hanya keadilan politik saja tetapi kehidupan sosial masyarakat seluruhnya. Pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah bersama tersebut harus dibimbing hikmat kebijaksanaan. diutamakan musyawarah dengan melibatkan seluruh komponen ikut berpartisipasi menyelesaikan masalah tersebut. ciri khas tersebut menjadi karakteristik kepribadian bangsa Indonesia. kesejahteraan. tetapi harus meningkatkan keadilan dan peradaban manusia. Proses musyawarah diatur dengan aturan secara rasional berdasarkan pengetahuan dan kebenaran dengan tujuan untuk kebaikan bersama. Ketuhanan Yang Maha Esa. Seluruh bangsa Indonesia sebagai warga negara harus memperoleh keadilan di dalam kehidupan bersama. Namun demikian. Nilai persatuan yang dimaksud adalah kondisi dinamis untuk menyatu secara terus-menerus dari bangsa Indonesia yang sangat beranekaragam (heterogen). . Sistem nilai tersebut merupakan pilihan nilai yang terbaik yang menjamin kesatuan. Sistem nilai tersebut dijadikan landasan pemahaman dan pengembangan HAM. 1. Di dalam menyelesaikan masalah bersama. 3. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Keputusan harus disetujui oleh rakyat. Berdasarkan uraian tersebut di atas. HAM itu merupakan salah satu perwujudan nilai kemanusiaan. Nilai persatuan yang ada pada setiap bangsa disesuaikan dengan nilai-nilai ke-Indonesiaan. 4. Anda dapat mengetahui bahwa setiap manusia percaya adanya Tuhan. bangsa Indonesia memiliki sistem nilai yang lengkap dan komprehensif. Kemanusiaan yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia adalah berkeadilan dan berperadaban. 2. Persatuan Indonesia.

ada pula masalah yang bersifat fundamental filsafati. Dengan kata lain berpikir kefilsafatan itu bersifat mendalam. berpikir kefilsafatan itu bebas dari prasangka. Kemampuan berpikir menjadi ciri khas manusia. politik. Ketiga. penyelesaian masalah secara mitologis itu dipandang tidak memuaskan manusia. Hampir setiap hari manusia menggunakan kemampuan berpikirnya itu. Secara material. Unit 2 2-6 . berpikir kefilsafatan bersifat objektif. Seiring dengan perkembangan zaman. berpikir kefilsafatan bersifat radikal. dan tidak bersifat parsial. Hakikat manusia adalah kemanusiaan. filsafat selalu melihat dari semua segi. baik objek materi maupun objek formal. Suatu pemikiran dikatakan bersifat kefilsafatan manakala memiliki ciri-ciri tertentu. Prasangka tersebut dapat berupa prasangka etnik. Pengertian “ada” meliputi ada alam kenyataan. artinya memiliki objek tertentu. manusia mencari penyelesaian dengan kemampuan sendiri yaitu berpikir. objek filsafat adalah segala sesuatu yang ada. Dalam memikirkan objeknya. Ada masalah yang bersifat sederhana dan praktis sehari-hari. Artinya. Pada mulanya manusia menyelesaikan masalahnya melalui kepercayaan. Kemudian. Kedua. Objek filsafat dikaji secara menyeluruh. masyarakat. dan lain sebagainya. Manusia memiliki kelebihan dibandingkan dengan makhluk lainnya karena dibekali dengan kemampuan berpikir. Kalau berpikir ilmiah. Tidak semua kemampuan berpikir berisifat kefilsafatan. berpikir kefilsafatan bersifat komprehensif. Radix artinya akar. adat istiadat. maka filsafat memikirkan objeknya dari berbagai segi secara menyeluruh. berpikir kefilsafatan mempunyai ciri berpikir bebas. Pertama. Berpikir radikal berarti berpikir sampai ke akar-akarnya sampai ditemukan hakikatnya. agama. Misalnya hakikat air adalah H2O. dibatasi pada satu segi tertentu saja. ada dalam pikiran. Keempat. orang itu hidup di lautan masalah tetapi hanya sedikit saja yang menyadari adanya masalah. Penyelesaian semacam ini disebut penyelesaian mitologis. Bahkan. sedalam-dalamnya sampai pada hakikatnya. bahasa. Manusia percaya terhadap kekuatan adikodrati yang menguasai kehidupan semesta alam. Prasangka yang dimaksud adalah anggapan-anggapan yang membuat pemikiran itu menjadi bias dan mengaburkan kebenaran. dan ada dalam kemungkinan. Penyelesaian masalah tersebut sesuai dengan kemampuan dan perkembangan peradaban manusia.Landasan Filosofis Setiap orang atau masyarakat tentu memiliki masalah.

Sekalipun kewenangan untuk melakukan perubahan.Berpikir kefilsafatan bersifat spekulatif artinya mampu melampaui batas-batas pengalaman yang sudah ada. wisdom (pengetahuan dan kebenaran). dan sophia artinya kebijaksanaan. Secara etimologis. Bagi bangsa Indonesia. Ketika seseorang menghadapi problem fundamental filsafati yang menyangkut kehidupan maka ia akan bertanya tentang kehidupan tersebut. pilihan terbaik pada sistem filsafat hidup sebagaimana terdapat di dalam Pembukaan UUD 1945 itu merupakan pokok kaidah negara yang fundamental. yang memberikan asas moral dan budaya politik. Perubahan atas norma dasar tersebut akan mengimplikasikan pada perubahan fundamental dalam sistem kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemahaman atas HAM harus sesuai atau tidak boleh bertentangan dengan norma dasar tersebut. HAM dikembangkan berdasarkan sistem filsafat hidup dan norma dasar Pancasila. coba kemukakan filsafat hidup Anda dan identifikasikan kearifan yang Anda miliki. Filsafat adalah usaha manusia secara sungguh-sungguh untuk mencintai kebijaksanaan yang diperoleh melalui pengetahuan dan kebenaran. tukang becak tersebut mempunyai pandangan bahwa untuk membiayai studi anaknya harus dengan uang hasil jerih payahnya sendiri dan bersih dari “kotoran” yang dilarang oleh agama dan hukum. sekaligus sebagai norma dasar dan tertinggi di dalam negara. maka Kopernikus menunjukkan bahwa bukan bumi tapi mataharilah yang menjadi pusatnya. Sebagai contoh. Ketika orang memikirkan bahwa bumi itu sebagai pusat semesta alam. Pemahaman dan pengembangan HAM harus dijiwai dengan sistem filsafat hidup atau norma dasar agar tidak lepas dari pijakan kehidupan real bangsa Indonesia yang theistik religius. Misalnya untuk apa harta yang kita miliki ini? Pendidikan apa yang terbaik untuk anak-anak kita? Berdasarkan uraian di atas. philo artinya cinta. to love sahabat. Meskipun penghasilannya kecil. penghasilan tiap hari sangat kecil. kearifan yang dimiliki tukang becak di suatu daerah tentang arti kehidupan. Sebagai tukang becak. dan sistem pemerintahan presidensiil. Asas normatif filosofis ini menjiwai dan melandasi UUD negara. MPR tidak berkehendak mengubahnya bersama bentuk negara. Pancasila sebagai norma dasar negara atau pokok kaidah negara yang fundamental oleh MPR tidak diamandemen (diubah). 1999) termasuk HAM. Mengapa demikian? Pendidikan Hak Asasi Manusia 2-7 . sebagai asas normatif pengembangan dan pengamalan ipteks (Noorsyam. Tukang becak tersebut mempunyai dua anak yang harus dibiayai sampai menyelesaikan studi di perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. filsafat berasal dari kata Yunani.

dan negara di bawah pengaruh Tiongkok (RRC). ideologi komunisme didasarkan pada filsafat materialisme. Bangsa Indonesia tidak memihak pada salah satu atau kedua ideologi kapitalisme dan komunisme. Ideologi komunisme dikembangkan dari sistem filsafat materialisme. Ideologi dikembangkan dari sistem filsafat. sosialisme. Bangsa Indonesia memiliki ideologi yang disepakati bersama. Ideologi merupakan petunjuk untuk melaksanakan filsafat. Ideologi tersebut dapat dilihat pada pembukaan UUD 1945. Manusia semata-mata sebagai makhluk materi tidak memiliki kebebasan. Individu tersebut berinteraksi dan membuat perjanjian (contract social) untuk membentuk masyarakat. Ideologi adalah ajaran tentang cita-cita berdasarkan sistem nilai yang diyakini kebenarannya. 1992). Hak individu tidak diakui. Terbentuknya Unit 2 2-8 . manusia itu bagaikan atom yang berdiri lepas dan bebas dari pengaruh atom lainnya.Landasan Ideologis Istilah ideologi digunakan pertama kali oleh Destutt de Tracy di dalam buku Elements d`ideologie. Melalui pemikiran filsafat. tetapi yang diakui hanya hak kelompok. Masyarakat dibentuk bukan untuk mengganggu hak individu tetapi untuk melindunginya. 1997). sistem nilai tersebut merupakan hasil perenungan secara mendalam tentang hakikat terdasar dari segala sesuatu. Ia menjelaskan ideologi sebagai ilmu tentang ide. Secara harfiah. Artinya keberadaan individu ditentukan oleh kelompok. sebagaimana digunakan Karl Marx untuk menyebut kesadaran untuk memperjuangkan kepentingan (Thomas Mautner. Ideologi sebagai sistem ide menunjuk pada paham konservatisme. Menurut ideologi liberalisme-individualisme. Ideologi kapitalisme dikembangkan dari sistem filsafat liberalisme-individualisme. environmentalisme. Ideologi komunisme ini banyak dianut oleh Rusia. Pada hakikatnya segala sesuatu yang ada itu dapat dikembalikan pada prinsip-prinsip materialistik. Pembentukan masyarakat itu didasarkan pada kepentingan bersama. Sistem nilai tersebut dikembangkan oleh filsafat. dan kadang-kadang digunakan untuk menyebut kepentingan kelas-kelas dalam masyarakat. Tidak ada kebebasan individu tetapi ada kebebasan kelompok. Berbeda halnya dengan liberalisme-individualisme. Untuk melaksanakan hasil pemikiran filsafat tersebut dibutuhkan ideologi. Individu hidup di dalam kelompok sehingga keberadaan individu ditentukan oleh kelompok. ideologi berarti system of ideas yang mensistematisasikan seluruh pemikiran tentang kehidupan dan melengkapinya dengan sarana serta strategi dan kebijakan untuk menyesuaikan realitas kehidupan dengan nilai-nilai filsafat (Oetojo Usman dan Alfian. Eropa Timur.

Landasan Yuridis Konstitusional Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) didirikan oleh para pendiri negara. Faktor internal perkembangan bangsa Indonesia berupa alam lingkungan hidup yang menjadi wahana kehidupan bangsa Indonesia Di samping itu faktor internal juga dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia (SDM). Hukum dasar itu ada yang tertulis dan ada pula yang tidak tertulis. Pemahaman dan pelaksanaan HAM dijiwai dengan sistem idea yang memandang manusia dalam kedudukan harkat dan martabat serta derajatnya yang tinggi. Kualitas SDM dibentuk melalui pendidikan. Hukum dasar yang dimaksud adalah norma dasar yang dijadikan landasan untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. sistem nilai dan ide yang terdapat di dalam ideologi oleh para pendiri negara dirumuskan dan disahkan secara konstitusional dan institusional formal (hukum dasar tertulis) dan kelembagaan (negara Proklamasi). HAM tidak lagi diterjemahkan sebagai kebebasan individu ataupun kebebasan kolektif tetapi kebebasan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada sesama manusia. Interaksi bangsa Indonesia dengan lingkungan alam dan sosial masyarakat internasional membawa pengaruh pada pembentukan ideologi nasional. kebiasaan presiden menyampaikan pidato pada tanggal 16 Agustus. Norma dasar yang dijadikan hukum dasar penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara oleh pendiri negara secara eksplisit dijelaskan di dalam Pembukaan UUD 1945. the faounding fathers sudah dilengkapi dengan hukum dasar. Begitu fundamental norma dasar tersebut sehingga UUD 1945 mempunyai kedudukan yang sangat tinggi sebagai sumber hukum. Misalnya. Faktor eksternal berupa pergaulan antarbangsa yang membawa pengaruh perubahan pemikiran. Ketentuan Pendidikan Hak Asasi Manusia 2-9 . eksplisit. Hukum dasar tertulis adalah norma-norma dasar yang tertulis. ideologi Pancasila sebagaimana terdapat di dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan ideologi nasional mempunyai kekuatan imperatif untuk ditaati dan dijadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. tegas. dan mempunyai kekuatan imperatif (memaksa) pada penyelenggara negara dan warga negara untuk melaksanakan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. sikap dan perilaku. masyarakat dan negara. sehari menjelang peringatan proklamasi kemerdekaan. Secara intrinsik dan formal. Bagi bangsa Indonesia. Hukum dasar tidak tertulis adalah semua aturan dasar yang tidak tertulis tetapi dijadikan dasar untuk mengatur penyelenggaran negara. Tuhan.ideologi tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

yuridis. Pembukaan UUD 1945 sudah meletakkan dasar-dasar HAM secara fundamental. (d) pembukaan UUD 1945 menetapkan kewajiban negara untuk melindungi dan mengayomi serta mensejahterakan seluruh bangsa (welfare nation state). etik dan moral normatif. memuat pernyataan bangsa Indonesia tentang kemerdekaan sebagai hak asasi bangsa-bangsa di dunia. (c) pembukaan UUD 1945 mengandung cita-cita nasional. Alinea pertama. dasar-dasar HAM tersebut memiliki landasan religius. Artinya hak untuk merdeka tidak akan diberikan pihak (bangsa) lain tanpa diperjuangkan bersama-sama. (c) mencerdaskan kehidupan bangsa. (e) pembukaan UUD 1945 menetapkan asas fundamental dan sistem kenegaraan atas dasar “kedaulatan rakyat berdasar kepada Pancasila sehingga disebut sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (Noorsyam. (b) pembukaan UUD 1945 sebagai pokok kaidah negara yang fundamental. Alinea ketiga. Untuk menjabarkannya perlu pemahaman terhadap pasal 28 A-J. Penjajahan merupakan tindakan yang melanggar dan melampaui batas kemanusiaan sehingga melanggar HAM dan harus dihapuskan. khususnya citacita hukum demi tegaknya hukum dan keadilan di dalam negara dan pemerintahan. adil. Namun. filosofis. Indonesia sebenarnya telah meletakkan dasar-dasar HAM di dalam konstitusi. (c) kemerdekaan yang dicapai dengan keinginan luhur sebagai bangsa yang merdeka. Perjuangan pergerakan kemerdekaan tersebut merupakan usaha bangsa yang harus dilakukan. (b) perjuangan tersebut diridloi Tuhan Yang Maha Esa. 1999).HAM sudah diletakkan secara normatif di dalam Pembukaan UUD 1945. ideologis. Mengingat muatan norma dan nilai yuridis yang dikandung di dalam pembukaan UUD 1945 tersebut maka (a) pembukaan UUD 1945 mengandung nilai-nilai fundamental sebagai asas kerohanian negara. dan maju. dan secara rinci dijabarkan di dalam pasal 28 A sampai dengan J. memuat pernyataan bahwa negara Indonesia merdeka yang didirikan mempunyai tujuan (a) melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah bangsa Indonesia. Alinea keempat. ketentuan itu belum bersifat transparan dan U nit 2 2-10 . memuat pernyataan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia itu diperoleh melalui: (a) usaha perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. sebab perubahan akan mengakibatkan perubahan negara Proklamasi. Bila dipahami secara mendalam. Alinea kedua. Sejak proklamasi kemerdekaan. (d) ikut serta dalam menjaga perdamaian dunia yang abadi berdasarkan keadilan. berdaulat. komprehensif dan utuh. (b) memajukan kesejahteraan umum. Pembukaan UUD 1945 terdiri atas empat alinea. Implementasinya dilaksanakan melalui UU nomor 39 tahun 1999 tentang HAM. Atas dasar pertimbangan tersebut maka pembukaan UUD 1945 tidak dapat diubah oleh siapapun juga. memuat perjuangan pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia dalam memperoleh kemerdekaan (hak asasi setiap bangsa).

Adapun isi masing-masing pasal tersebut adalah sebagai berikut. maka ketentuan HAM itu makin jelas dan konkrit. sebenarnya telah memuat dasar-dasar HAM di dalam pembukaan dan pasal 27. Perjalanan waktu yang cukup lama. Pasal 28C (1) Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya. 30. (2) Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup. 31. Pasal 28A Setiap orang berhak untuk hidup dan mempertahankan hidup dan kehidupannya. Sejak tahun 1999 sampai dengan tahun 2004. 33. Di dalam pasal 27. 32. (3) Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara Pasal 28 Kemerdekaan berserikat dan berkumpul. mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang. 28 ayat A sampai dengan J. dan pasal 34. UUD 1945 telah mengalami amandemen empat kali. berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu Pendidikan Hak Asasi Manusia 2-11 . Indonesia kembali pada UUD 1945. 31. sebenarnya juga sudah memuat dasar-dasar HAM yang lebih lengkap. Ketika UUDS diberlakukan tahun 1949 sampai dengan 1950. Pasal 27 (1) Segala warga negara bersamaan kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. Setelah UUD 1945 mengalami amandemen. tumbuh. Pasal 28B (1) Setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah. 29. (2) Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.detail. Namun setelah konstituante hasil pemilu 1955 dibubarkan. Ketika UUD 1945 ditetapkan sebagai konstitusi negara RI. 29. 28. 33. dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. banyak pihak menghendaki agar UUD 1945 itu dilengkapi dan diamandemen serta disempurnakan.

memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya serta berhak kembali. dan harta benda yang di bawah kekuasaannya. martabat. kehormatan. seni dan budaya.pengetahuan dan teknologi. mengolah. (2) Setiap orang berhak atas kebebasan untuk meyakini kepercayaan. menyatakan pikiran dan sikap. dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia. berkumpul. memiliki. (3) Setiap warga negara berhak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan (4) Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan Pasal 28E (1) Setiap orang berhak memeluk agama dan beribadat menurut agamanya. jaminan. Pasal 28F Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya. dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum. bangsa dan negaranya. menyimpan. memperoleh. serta berhak untuk mencari. Pasal 28D (1) Setiap orang berhak atas pengakuan. keluarga. (2) Setiap orang berhak memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat. (2) Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja. memilih pendidikan dan pengajaran. Pasal 28G (1) Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi. . sesuai dengan hati nuraninya. serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu yang merupakan hak asasi. perlindungan. (3) Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat. dan mengeluarkan pendapat. demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.

Pasal 28H (1) Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin. dan dituangkan dalam peraturan perundangundangan. (2) Setiap orang berhak bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif atas dasar apapun dan berhak mendapat perlindungan terhadap perlakuan yang bersifat diskriminatif itu. (3) Identitas budaya dan hak masyarakat tradisional dihormati selaras dengan perkembangan zaman dan peradaban. Pasal 28I (1) Hak untuk hidup. (2) Dalam menjalankan hak dan kebebasannya.(2) Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atau perlakuan yang merendahkan derajat martabat manusia dan berhak memperoleh suaka politik dari negara lain. diatur. hak untuk tidak disiksa. (3) Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat. (2) Setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan. pemajuan. dan bernegara. dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun. hak beragama. dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan Pendidikan Hak Asasi Manusia 2-13 . hak untuk tidak diperbudak. hak untuk diakui sebagai pribadi di hadapan hukum. maka pelaksanaan hak asasi manusia dijamin. berbangsa. (4) Setiap orang berhak mempunyai hak milik pribadi dan hak milik tersebut tidak boleh diambil alih secara sewenang-wenang oleh siapapun. dan pemenuhan hak asasi manusia adalah tanggung jawab negara terutama pemerintah. (4) Perlindungan. (5) Untuk menegakkan dan melindungi hak asasi manusia sesuai dengan prinsip negara hukum yang demokrtais. penegakan. hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani. Pasal 28J (1) Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat. bertempat tinggal.

(catatan penulis. Pasal 29 (3) Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. ayat ini berarti: masyarakat berhak atas kebebasan untuk mengembangkan bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional). Pasal 30 (1) Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara. berkeadilan. kemandirian. Pasal 31 (1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. nilai-nilai agama. berkelanjutan. berwawasan lingkungan. Pasal 33 (1) Bumi. dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis. (2) Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional (catatan penulis. ayat ini berarti: masyarakat berhak atas kebebasan memelihara dan mengembangkan kebudayaannya untuk memajukan peradaban dan kebudayaan dan nasional). keamanan. .orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral. Pasal 32 (1) Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya. efisiensi. serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional. (2) Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan. Pasal 34 (1) Fakir miskin dan anak terlantar dipelihara negara.

Undang-Undang RI Nomor 5 tahun 1998 tentang Pengesahan Konvensi Menentang Penyiksaan dan Perlakuan atau Penghukuman lain yang Kejam. Undang-Undang RI Nomor 21 tahun 1999 tentang Diskriminasi dalam Pekerjaan dan Jabatan sebagai dasar ratifikasi Konvensi ILO nomor 111 tahun 1958. 7. Aturan yang ada di dalam UUD 1945 dalam bentuk pasal dan ayat masih bersifat umum.(2) Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan. Kekuatannya bersifat imperatif karena memaksa penyelenggara negara dan warga negara untuk menaatinya. 1. Undang-Undang RI Nomor 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM. Ketentuan peraturan perundangan lain tentang HAM sebagai implementasi dari UUD 1945 adalah sebagai berikut. 9. 13. . Oleh sebab itu UUD 1945 sering disebut sebagai hukum positip karena berlaku dalam ruang dan waktu tertentu yaitu di Indonesia. 6. Berbagai undang-undang telah disusun untuk melaksanakan ketentuan tersebut dapat diketahui bahwa semua peraturan hukum di bawahya harus bersumber atau sekurang-kurangnya tidak boleh bertentangan dengan peraturan hukum di atasnya. 3. Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak. Undang-Undang RI Nomor 19 tahun 1999 tentang Penghapusan Kerja Paksa sebagai dasar ratifikasi Konvensi ILO 105 tahun 1957 10. peraturan presiden (Perpres) dan peraturan daerah (Perda). Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2002 rentang Perlindungan Anak. 5. Pelaksanaan UU diatur lebih lanjut di dalam peraturan pemerintah (PP). Untuk melaksanakan diperlukan peraturan hukum dalam bentuk undang-undang (UU). Undang-Undang RI Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak. Berbagai aturan pasal-pasal UUD 1945 yang berkaitan dengan HAM tersebut kemudian dijabarkan ke dalam peraturan perundang-undangan. Undang-Undang RI Nomor 1 Tahun 2000 tentang Pelarang dan Tindakan Segera Penghapusan Bentuk-bentuk Pekerjaan Terburuk untuk Anak sebagai Dasar Ratifikasi Konvensi ILO 182 tahun 1999. Tidak Manusiawi atau Merendahkan Kemanusiaan. 12. Undang-Undang RI Nomor 7 tahun 1984 tentang Pengesahan Konvensi mengenai pengahapusan segala bentuk diskriminasi terhadap wanita. 2. 4. Undang-Undang RI Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Ketetapan MPR Nomor XVII tahun 1998 tentang Hak Asasi Manusia. Semua produk hukum di bawahnya tidak boleh bertentangan dengan UUD 1945. UUD 1945 sebagai hukum yang tertinggi menjadi sumber hukum yang ada di bawah. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 1999 tentang Usia Minimum untuk Diperbolehkan Bekerja sebagai Dasar untuk Ratifikasi Konvensi ILO nomor 138 tahun 1973. 8. Undang-Undang RI Nomor 26 tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum . 11.

Keputusan Presiden RI Nomor 129 tahun 1998 tentang Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan. pemerintah telah mengeluarkan berbagai peraturan dalam bentuk Keputusan Presiden maupun Instruksi Presiden. dan religius. Keputusan Presiden RI Nomor 83 tentang Kebebasan Berserikat dan Perlindungan Hak untuk Berorganisasi sebagai Dasar untuk meratifikasi Konvensi ILO nomor 87 tahun 1948. dimulai dari UUD 1945. ideologis. 2. Keputusan Presiden RI Nomor 50 tahun 1993 tentang Komisi Nasional Hak Asasi Manusia. 2. Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga. Keputusan Presiden RI Nomor 36 Tahun 2002 tentang Lembaga Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja sebagai dasar Ratifikasi Konvensi ILO nomor 88 tahun 1948. Keputusan Presiden RI Nomor 7 tahun 1984 tentang Pengesahan Konvensi Mengenai Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Wanita. terutama landasan moral. dan yuridis konstitusional HAM. 4. 5. sikap. 15. termasuk HAM. Keputusan Presiden RI Nomor 36 tahun 1990 tentang Pengesahan HakHak Anak. Undang-Undang dan peraturan pemerintah. 1. Setiap masyarakat memiliki sistem moral yang dijadikan landasan setiap pemikiran. 3. Terutama para pendidik atau guru perlu mendidik para siswa agar memahami dan melaksanakan nilainilai HAM itu dalam kehidupan sehari-hari. dan perilakunya. Di samping ketentuan Undang-Undang seperti tersebut di atas. 1. Paling fundamental adalah landasan religius di dalam memahami dan . Ketetapan MPR. tetapi implementasinya membutuhkan keseriusan berbagai pihak. telah dijelaskan landasan filosofis. Sosio-Kultural dan Religius HAM Pada subunit 1 sebelumnya.14. Demikian pula sistem sosial budaya yang dimiliki dan dikembangkan secara turun temurun oleh masyarakat juga menjadi landasan HAM. Landasan Moral. Pada subunit 2 ini Anda akan dapat mempelajari kelanjutan landasan HAM. Perangkat peraturan hukum sebagai landasan yuridis konstitusional itu sudah lengkap dan menyeluruh. Undang-Undang RI Nomor 27 Tahun 2004 tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi. Instruksi Presiden RI Nomor 26 tahun 1998 tentang Penghentian Penggunaan Istilah Pribumi dan Non Pribumi dalam Semua Perumusan dan Penyelenggaraan Kebijakan Perencanaan Program ataupun Pelaksanaan Kegiatan Penyelenggaraan Pemerintahan. sosio-kultural. Berbagai aturan tersebut adalah sebagai berikut.

jual dawet. Ajaran moral suatu masyarakat berbeda dengan masyarakat lainnya. Oleh karena itu moral masyarakat mengalami perubahan seiring dengan perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Norma-norma yang dikembangkan di dalam masyarakat didasarkan pada adat istiadat.melaksanakan HAM. pengantin perempuan membasuh kaki pengantin laki-laki. Orang bebas bergaul dengan siapa saja yang disukainya. Moral adalah suatu aturan baik dan buruk suatu perbuatan berdasarkan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Kata moral berasal dari bahasa latin. kepercayaan dan agama. Selanjutnya adik tadi menikah secara agama dan ada upacara adat dengan saling melempar daun sirih. norma-norma moral semakin longgar sehingga suatu perbuatan seseorang dianggap sudah tidak lagi melanggar aturan atau norma masyarakat. Orang memiliki perbuatan yang baik apabila dilakukan sesuai dengan normanorma tersebut. sosio-kultural dan religius. Seorang perempuan yang memakai pakaian yang sangat minim ketika menemui tamu laki-laki. Pemahaman semacam ini tidak akan mudah digoncang oleh gelombang perubahan zaman. dankepatutan atau kepantasan perbuatan seseorang. Kebiasaan dalam masyarakat berhubungan dengan norma kesusilaan. Masyarakat Jawa kemudian mengembangkan adat agar adik tersebut melakukan upacara “langkahan” atau melangkahi yaitu izin menikah lebih dulu dengan memberikan sesuatu yang paling disukai kakaknya. maka ia dikatakan berpakaian tidak sopan dalam menerima tamu. Landasan Moral Ajaran tentang perilaku baik menurut aturan yang berlaku dalam masyarakat disebut moral. tetapi pergaulan bebas sehingga sepasang laki-laki dan perempuan hidup serumah tanpa ada ikatan perkawinan akan dikatakan melanggar norma kesusilaan. dan lain sebagainya. yuridis konstitusional. Kesemua landasan tersebut baik landasan filosofis. akan memberikan landasan yang komprehensif sehingga pemahaman dan pelaksanaan HAM memiliki landasan yang kokoh dan kuat. Seiring dengan perubahan ilmu pengetahun dan teknologi sehingga arus informasi dan telekomunikasi sangat cepat maka banyak perubahan dalam masyarakat. kesopanan. Setiap masyarakat tentu memiliki dan mengembangkan norma-norma yang dijunjung tinggi seluruh anggota masyarakat tersebut. moral. Moralitas itu tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berbeda dengan masyarakat perkotaan. bahkan tudingan dari bangsa lain bahwa Indonesia belum melaksanakan HAM secara serius. pada masyarakat pedesaan yang masih menjunjung tinggi norma moral maka perbuatan yang berlaku di kota . seorang adik akan menikah lebih dulu daripada kakak perempuannya maka perbuatannya dikatakan melanggar adat dan dipercaya nanti kakak perempuan tidak akan menikah selamanya. Misalnya. Pada masyarakat perkotaan. Setiap masyarakat memiliki ajaran moral sendiri yang dibentuk dan dikembangkan oleh masyarakat. Demikian pula ketika ada seorang laik-laki berkunjung ke rumah perempuan yang bukan istrinya tanpa ditemani orang lain maka perbuatannya dapat dikatakan tidak patut dilakukan. mores yang berarti kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. ideologis.

Untuk mewujudkan HAM perlu memperhatikan: (1) sistem sosial yang berlaku. menjunjung tinggi nilai-nilai kemasyarakatan dalam bentuk pranata sosial. membuat putusan hukum yang diambil hakim seringkali . HAM itu dipahami sebatas tidak melanggar bahkan harus sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat dan kebudayaan. Pelanggar HAM tersebut akan merasa bersalah dan berdosa sehingga dapat saja ia akan memperoleh sanksi moral. Interpretasi hakim yang hanya mengutamakan hukum dan undangundang tanpa memperhatikan dinamika dan kemajuan masyarakat yang semakin kritis. (6) adat istiadat suatu masyarakat.akan dikatakan tidak sesuai atau bahkan bertentangan dengan norma yang berlaku di dalam masyarakat pedesaan tersebut. hubungan antarindividu dilihat dari kepentingan masing-masing sehingga bersifat lebih individual. HAM juga dilandasi dengan sistem moral yang berlaku dalam masyarakat. norma. akrab. dan nilai-nilai budaya kepada generasi berikutnya. Keseluruhan kehidupan masyarakat itu diwujudkan dalam kebudayaan. HAM semata-mata tidak hanya didasarkan atas hukum dan undangundang saja tanpa memperhatikan rasa keadilan dalam masyarakat. Sanksi moral diberikan oleh agama dengan perasaan berdosa. Artinya. sedangkan di dalam masyarakat pedesaan bersifat paguyuban. kesusilaan. Norma-norma yang dikembangkan berdasarkan hubungan saling menguntungkan secara fisik finansial. gotong. Berbeda halnya dengan masyarakat perkotaan. Pemahaman tentang hak asasi manusia sangat dipengaruhi oleh sistem sosial budaya yang berlaku dalam masyarakat. (3) sikap sosial dan budaya individu. toleransi. Landasan sosio-kultural. Pada masyarakat pedesaan. Masyarakat secara turuntemurun mewariskan dan mengembangkan sistem pranata.royong. Misalnya. hubungan kekerabatan dan lain sebagainya. sopan santun. Interaksi sosial dapat digantikan melalui hubungan tidak langsung dengan teknologi sehingga tidak saling kenal mengenal. Kegotongroyongan sudah digantikan dengan kontribusi uang sehingga tatap muka antarindividu sudah digantikan dengan substitusi lainnya. Interaksi sosial sangat intensif dalam bentuk tatap muka yang penuh keakraban. Artinya hubungan antara individu yang satu dengan lainnya bersifat saling kenal mengenal. dan diberikan oleh masyarakat dengan dikucilkan oleh masyarakat. Masyarakat pedesaan misalnya. (2) sistem nilai dan norma dalam masyarakat dan kebudayaan. Masyarakat kota memiliki karakteristik interaksi sosial yang bersifat patembayan. ketika ada masalah bersama maka penyelesaiannya diukur dari partisipasi kontribusi yang diberikan individu. Di dalam masyarakat pedesaan ini suasana kehidupan masyarakat ditandai dengan paguyuban. Landasan Sosio-kultural Kehidupan sosial dan kultural masyarakat dibangun dan dikembangkan secara berkesinambungan. dan penuh kepedulian dengan lainnya. Pelanggaran HAM yang dilakukan seseorang atau kelompok akan mempunyai sanksi moral. (4) sistem kepercayaan yang dijunjung tinggi masyarakat dan kebudayaan. (5) pranata-pranata sosial.

(3) masalah itu kemudian dicarikan penyelesaian teoritik di dalam kepustakaan yang ada. (2) di dalam gejala itu terdapat permasalahan yang harus diatasi. artinya objek itu dipikirkan sejauh dapat dialami oleh manusia. . artinya kebenaran itu diukur dari buktibukti empiris yang mendukungnya. (4) penyusunan hipotetik yang harus dicarikan bukti-bukti yang ada. orang berusaha memecahkan masalah itu. penyelesaian berdasarkan mitologi ini tidak memuaskan manusia. (3) memiliki sistem ilmiah. Harkat dan martabat manusia terletak pada kedekatannya dengan Tuhan. hak dasar manusia yang dibawa sejak lahir itu dijalankan sesuai dengan nilai-nilai religius.melanggar rasa keadilan masyarakat. Berbekal kemampuan rasional. penyelesaian secara ilmiah dengan ipteks itu juga tidak dapat menyelesaikan segalanya. Metode ilmiah yang dikembangkan dalam ilmu pengetahuan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) ada gejala tertentu yang selalu berulangkali terjadi. manusia mengambil jarak terhadap segala sesuatu yang dipikirkan. Ketidakpuasan itu kemudian membuat manusia mencari penyelesaian dengan cara lainnya. Bahkan. Melalui rasio. Manusia kemudian mengembangkan pemikiran rasional yang terukur melalui tahap tertentu. Perkembangan masyarakat dan kehidupan yang sangat pesat membuat pemikiran filsafat itu kurang memuaskan manusia. Pada tahap mitis ini. Kehidupan spiritual. Perlakuan diskriminatif menimbulkan perasaan yang menyakitkan di kalangan masyarakat. Pada tahap ontologis ini lahir pengetahuan filsafat. (2) menggunakan metode ilmiah tertentu. (8) hasil uji hipotesis itu dijadikan dasar untuk menarik kesimpulan umum. magi. Semua persoalan kehidupan diselesaikan dengan pengetahuan tersebut. (6) analisis data. ontologis. dikembangkan penyelesaian masalah dengan menggunakan sistem kepercayaan. Pemikiran rasional itu bersifat reflektif filosofis sehingga melahirkan pemikiran ontologis. (4) kebenarannya bersifat hipotetik. Pada akhirnya. Artinya HAM itu semakin meningkatkan keimanan dan mendekatkan diri pada Tuhan. Pemikiran rasional yang dikembangkan melalui tahapan tertentu itu melahirkan pemikiran ilmiah. Kajian ilmiah sekarang ini lebih banyak digunakan orang untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Sebagai anugerah Tuhan. dan fungsional. Namun demikian. religius itu kemudian dijadikan landasan untuk mengembangkan HAM. Kehidupan semacam itu lepas dari aspek-aspek spiritual sehingga menjadi “kering” dan rindu pada aspekaspek kerohanian yang dulu pernah dialaminya. (5) pengumpulan data. Menurut Van Peursen (1981) masyarakat tumbuh melalui tiga tahap: mitis. Tahapan itu adalah: (1) pemikiran rasional itu bersifat objektif empiris. yaitu berpikir rasional. Kecenderungan penyelesaian masalah secara ilmiah itu membuat penyelesaian masalah dengan cara lainnya lebih banyak diabaikan. (7) hasil analisis data itu kemudian dipakai untuk menguji hipotesis. kehidupan manusia menjadi semakin jauh dari kehidupan spiritual. akan Landasan Religius Masyarakat itu tumbuh dan berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. masyarakat tumbuh dalam tahap mitis. dan mitos. Pada awalnya.

Pada masa pra sejarah. Kesepakatan bersama tersebut diatur di dalam demokrasi. Upacara memberikan sesaji yang dilabuh di tengah lautan agar selamat dan banyak mendapat ikan dari laut. masyarakat juga masih mempercayai adanya kekuatan adikodrati pada roh leluhur yang masih menentukan kehidupannya. di seberang batas itu hanya dapat dipahami melalui keimanan dan kepercayaan. Konsep ketuhanan pada masa mitologis pra sejarah tersebut belum jelas. Pemahaman tentang HAM juga sangat dipengaruhi oleh sistem nilai religius. Konsep Tuhan tersebut dipahami sebagai Tuhan Yang Maha Esa. Kesemuanya membentuk adat istiadat dan budaya religius dalam masyarakat. Masalah-masalah yang dihadapi dalam interaksi bersama harus diselesaikan dengan prinsip-prinsip yang disepakati bersama. Masyarakat percaya (iman) dan sekaligus menaati aturan-aturan yang dibawa di dalam ajaran agama tersebut. Kebebasan dan Demokrasi Banyak orang memahami HAM secara sempit sebagai kebebasan dan demokrasi. kepercayaan lama tersebut terintegrasi di dalam ajaran agama yang dianutnya. Pada masa ini berkembang pula kepercayaan mitis dan magis di kalangan masyarakat. Bahkan. Bangsa Indonesia secara filosofis. Di samping itu. sosiologis. dan sesama manusia. kepercayaan tersebut masih berupa animisme dan dinamisme. Semakin orang menghormati HAM maka ia akan menghargai kebebasan orang lain sebab dalam melaksanakan kebebasannya. karena hanya menyebutnya sebagai suatu kekuatan adikodrati yang mempengaruhi dan menentukan kehidupan manusia. apalagi di pedalaman. Untuk mengatur interaksi orang yang satu dengan orang lainnya. Kebebasan dan demokrasi hanya sebagian dari perwujudan HAM. Kepercayaan adanya Tuhan baru memiliki konsep yang jelas ketika datang agama-agama besar di Indonesia. Namun tidak serta merta kepercayaan dan perilaku terhadap nilai-nilai adikodrati yang lama tetapi masih sesuai dengan agama.Implementasi HAM yang bertentangan dengan nilai-nilai ketuhanan akan semakin membuat manusia kehilangan jati diri sebagai manusia. Aturan untuk saling menghormati kebebasan setiap individu diperlukan peraturan yang disepakati bersama. Hubungan antara HAM. maupun religius mempercayai adanya Tuhan Yang Maha Esa. HAM yang bertentangan dan tidak sesuai dengan ajaran agama yang dianut akan dipandang merendahkan derajat dan martabat manusia di hadapan Tuhan. Kebebasan dan HAM yang mengingkari adanya nilai-nilai religius itu mengakibatkan manusia kebingungan dalam kehidupan. Kepercayaan animisme merupakan kepercayaan masyarakat terhadap kekuatan adikodrati yang ada pada binatang dan makhluk lainnya. setiap orang harus menghormati kebebasan orang lain. Sebab kehidupan manusia itu terbatas. sebagian masyarakat pedesaan. seseorang akan berhadapan dengan kebebasan orang lain. masih percaya dan melakukan upacara adat memberikan sesaji pada roh leluhur agar terbebas dari segala bencana. ditinggalkan sama sekali. Misalnya. semesta alam. .

jujur dan adil. Di negara yang menamakan sebagai kampiun demokrasi. Perdagangan itu dilakukan baik di pasar tradisional. mall. Jaminan hak asasi manusia. Kedaulatan di tangan rakyat artinya rakyat berdaulat dalam mempengaruhi jalannya negara. Pergantian kekuasaan negara dilakukan melalui pemilu dan seluruh rakyat berpartisipasi dalam pemilu tersebut. Persamaan di depan hukum artinya tidak ada diskriminasi di dalam hukum. jujur dan adil. Pembatasan dilakukan agar kekuasaan pemerintahan negara tidak otoriter dan melanggar kepentingan rakyat banyak. 6. Meskipun berbagai negara mengklaim negaranya sebagai negara demokrasi. Kekuasaan dipegang mayoritas. maupun di rumah. Jaminan tersebut dilakukan secara hukum dan diimplementasikan dalam berbagai bidang kehidupan. dan politik. bebas. Misalnya hak etnik tertentu yang jumlahnya sedikit harus tetap dilindungi. rahasia. Sebagian masyarakat kecil di dalam suatu negara tidak boleh teraniaya tetapi justru dilindungi oleh hukum karena hukum berlaku untuk semua orang secara adil dan merata. 7. pertokoan. Pemilihan yang bebas. Misalnya orang bebas berdagang sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. 8. Nilai-nilai toleransi. tetapi paling tidak. dan mufakat. Proses hukum yang wajar artinya setiap orang yang berurusan dengan hukum harus diperlakukan secara wajar dan bebas dari tindak kekerasan dan kesewenang-wenangan hukum. pragmatisme. orang bebas . persetujuan juga diberikan ketika semua kebijakan pemerintahan negara disetujui wakilwakil rakyat di parlemen (DPR dan DPRD). 2. umum. Disamping itu.Demokrasi dipahami dan dilaksanakan di berbagai negara secara berbeda-beda. Hak-hak kaum minoritas dilindungi oleh hukum. Hasil pemilu memberikan legitimasi politik maupun hukum pada pemenang pemilu untuk menjalankan kekuasaan pemerintahan negara. ada beberapa prinsip yang harus ada pada sistem demokrasi: 1. Di negara komunis. Keanekaragaman masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi dan politik dilindungi dan dijamin tidak dilanggar. Pemerintahan negara dilaksanakan oleh penguasa yang mendapat mandat sebagian besar rakyat lewat pemilu. Pemilu tersebut dijalankan sesuai dengan aturan hukum yang ditetapkan. Pembatasan pemerintah secara konstitusional. Amerika Serikat menganggap sistem demokrasi yang dijalankan sebagai model yang terbaik dan negara lain harus mencontohnya. kerjasama. 5. Pemerintahan berdasarkan persetujuan yang diperintah. Perbedaan yang ada pada setiap anggota masyarakat dihormati dan dihargai. 3. Pada hal kedua negara tersebut memiliki landasan yang sangat berbeda. Di bidang politik. Pluralisme sosial. Untuk kepentingan bersama maka pemerintahan negara . 9. seperti Rusia dan RRC mengklaim negaranya sebagai negara demokratik. Kedaulatan dijalankan rakyat ketika memilih pemimpin atau pemerintahan melalui pemilu secara langsung. ekonomi. Persetujuan tersebut diberikan pada saat pemilu. 4.

Ada dua elemen demokrasi yang ideal. Masyarakat demokratis sangat menghormati hak asasi manusia sebagai pribadi. Aturan hukum sudah tidak diindahkan lagi dan hak orang lain untuk menggunakan angkot umum dilanggarnya. Jumlah mereka semakin banyak sambil sesekali berteriak menyerukan tuntutannya. dan untuk masyarakat. Dari berbagai prinsip demokrasi tersebut di atas. Secara politis. Kesadaran menghormati HAM itu dinyatakan dalam perilaku menaati hukum. Sekolah merupakan tempat penyemaian ide-ide tentang hak asasi manusia (HAM). demokrasi dipahami sebagai sistem pemerintahan dari rakyat. 2006). Sebagai pandangan hidup. Demokrasi adalah suatu pandangan hidup yang mencakup bidang sosial. Demokrasi tanpa hukum dan HAM akan membuat demokrasi yang dikembangkan menjadi rapuh dan kebebasan mengarah kepada anarkhi. dapat diketahui bahwa hak asasi manusia sebagai asas yang sangat fundamental di dalam sistem demokrasi. oleh. demokrasi merupakan kegiatan untuk meningkatkan kualitas kehidupan melalui kontrol terhadap tingkah laku individu dan kelompok. Perubahan itu berlangsung terus menerus menuju perbaikan yang semakin menyempurnakan. sehingga mereka unjuk rasa secara bebas dan menghentikan setiap angkutan umum dan mengajak sopir bergabung dan menurunkan semua penumpangnya. dari. observasi. tetapi sebagai warga negara harus dapat hidup berdampingan secara damai dan bahkan bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama. Mereka bergerak dari satu ruas jalan ke ruas jalan lainnya dan memblokir jalan raya sehingga macet total. dan untuk rakyat. Pertama. Ketaatan hukum menunjukkan penghormatan kebebasan individu sebagai warga negara. oleh rakyat. Sekalipun berbeda-beda dalam berbagai aspek. Misalnya. Demokrasi tidak hanya memuat tentang kebebasan tetapi juga menghormati hukum dan HAM. Sekolah sebagai agen pembaharuan dalam HAM memiliki peranan yang sangat penting dalam merasionalisasi dan mendistribusikan nilai-nilai HAM melalui pemikiran. demokrasi tidak ditentukan oleh jumlah dan bervariasinya minat sebagian masyarakat tetapi kepercayaan sebagian besar masyarakat mengakui minat bersama sebagai kontrol sosial. . Persoalan yang timbul dalam kehidupan bersama diselesaikan secara mufakat melalui musyawarah dan atau pemungutan suara. demokrasi bukan hanya berarti interaksi sosial yang bebas. Pendidikan HAM bagi anak akan menjamin perkembangannya secara optimal melalui partisipasi dalam kehidupan kelompok. budaya. politik. tetapi terjadinya perubahan kebiasaan sosial dalam masyarakat (Dewey dalam Fattah Hanurawan. Efek pendidikan HAM selalu memberikan perubahan kualitas anak sesuai dengan nilai yang berlaku dalam kelompok. pertimbangan dan pilihan individu.memberikan layanan publik yang bermanfaat bagi hajat hidup orang banyak. Tuntutan tersebut tidak dikabulkan. Kedua. dan ekonomi yang memandang bahwa keputusan diambil atas dasar kepentingan bersama. untuk menyalurkan aspirasi sekelompok masyarakat buruh memperingati hari jadi buruh internasional tanggal 1 Mei 2007 berdemonstrasi dan menuntut pemerintah hari libur.

mari kita lihat dua contoh kasus 1.BAB IV PELANGGARAN-PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA Bila kita berbicara tentang apa yang dimaksud dengan pelanggaran HAM. Selama ini. pemahaman tentang HAM terus berkembang seiring dengan terjadinya berbagai peristiwa di seluruh belahan dunia. Seseorang memukul tetangganya hingga luka berat karena mencuri ayam. ada baiknya kita memahami basis dasarnya yaitu Hak Asasi Manusia. banyak pihak yang memahami pelanggaran HAM dengan salah kaprah. maka Negara (yang diwakili oleh pemerintah) sebagai pemegang mandat untuk melakukan tindakan berdasarkan undangundang yang berlaku. HAM perlu dipahami sebagai suatu hal yang terus berkembang seiring dengan jaman. 2. Artinya pemaknaan pelanggaran HAM juga terus berkembang dan terus diperbaharaui Sebelum melangkah pada pemahaman tentang pelanggaran HAM. Agar lebih mudah. Undang-undang tersebut adalah mekanisme dan prosedur yang bertujuan melindungi setiap warga negaranya. Seorang polisi memukuli seorang tersangka untuk memaksanya mengakui perbuatannya Menurut anda. Sejak dideklarasikannya Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia pada tahun 1945 hingga saat ini. apakah kedua peristiwa tersebut adalah pelanggaran HAM? Pelanggaran HAM Jika anda mengatakan bahwa kedua kasus di atas adalah sebuah pelanggaran HAM. Istilah . maka akan selalu terjadi banyak perdebatan. Dalam kondisi terjadi pelanggaran hak sesesorang yang dilakukan oleh orang lainnya. Masih dalam konteks ini. maka mari kita coba lihat kembali konsep dasarnya.

sederhananya adalah penegakan hukum. Negara wajib mengambil
tindakan kepada orang yang melakukan pelanggaran sesuai dengan
hukum yang berlaku. Artinya, tindakan pelanggaran tersebut masuk
dalam kategori tindakan kriminal. Inilah yang terjadi pada kasus 1,
seseorang melakukan pelanggaran terhadap hak orang lain.
Nah, lalu bagaimana jika Negara yang melakukan pelanggaran terhadap
warganya? Tentu saja, logika yang digunakan adalah pelanggaran
tersebut dilakukan oleh pelaksana mandat Negara yaitu aparat negara.
Sulit bukan? Mereka sebagai pelaksana mandat negara justru sangat
mungkin melakukan pelanggaran terhadap hak-hak warga negaranya
karena memiliki kemampuan atau kekuasaan yang justru diberikan (baca
mandat) oleh warga negaranya. Nah, inilah yang terjadi pada kasus 2.
Polisi sebagai bagian dari aparat negara yang seharusnya memberikan
perlindungan kepada warga negara tapi justru melakukan pelanggaran.
Oleh karena itu, nilai Hak Asasi Manusia kemudian diterjemahkan dalam
sejumlah hukum internasional yang kemudian diratifikasi oleh Indonesia.
Dalam instrumen hukum HAM yang berlaku di Indonesia melalui UU No.
39/1999, dalam pasal 8, 71, dan 72; negara mempunyai kewajiban untuk
menghormati, melindungi dan memenuhi HAM melalui implementasi
dalam berbagai bentuk kebijakan. Dalam hal ini, pelanggaran terjadi
dalam kondisi negara telah gagal untuk memenuhi salah satu diantara
tiga kewajibannya.
1. kewajiban untuk menghormati: semua kebijakan yang
dikeluarkan harus di hormati oleh negara termasuk institusi dan
aparatur negara. Hal ini dimaksudkan agar mereka tidak melakukan
tindakan yang dapat melanggar keutuhan dari individu atau
kelompok; atau melanggar kemerdekaan seseorang.
2. Kewajiban untuk melindungi: kewajiban dimana negara beserta
aparatur negara wajib melakukan tindakan seperlunya untuk
melindungi dan mencegah seorang individu atau kelompok untuk
melanggar hak individu atau kelompok lainnya. Termasuk
perlindungan atau pelanggaran terhadap kebebasan seseorang.
3. Kewajiban untuk memenuhi: negara mempunyai kewajiban
untuk melakukan tindakan-tindakan yang menjamin setiap orang
untuk memiliki hak hukum dalam memenuhi kebutuhan yang
termasuk dalam instrumen HAM, dimana hak itu tidak dapat
dipenuhi secara pribadi.
Hak Apa Saja Yang Dapat Dilanggar?
Banyak orang yang terjebak melihat dalam “kaca mata” Hak Asasi
Manusia bidang sipil dan politik. Pelanggaran yang kemudian dipahami
dalam artian kekerasan fisik yang terjadi dan jatuh korban secara fisik
(meninggal dan luka-luka). Sementara kasus seperti penggusuran paksa

sejumlah orang dari satu wilayah tanpa prosedur yang sesuai dianggap
bukan sebagai sebuah pelanggaran HAM.
Tahun 1993, Konferensi Dunia tentang Hak Asasi Manusia di Vienna telah
memberikan perspektif yang lebih luas terhadap pengertian pelanggaran
HAM. Konferensi itu secara tegas menghasilkan pernyataan bahwa HAM
terdiri dari hak bidang sipil, politik, sosial, ekonomi dan budaya. Sehingga
pelanggaran yang terjadi dalam bidang-bidang tersebut merupakan
pelanggaran HAM yang memiliki saling keterkaitan dan mempengaruhi
satu bidang dengan yang lainnya sehingga itu terjadi.1
Pelanggaran Hak Asasi Manusia adalah setiap perbuatan seseoarang
atau kelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja maupun
tidak disengaja atau kelalaian yang secara melawan hukum mengurangi,
menghalangi, membatasi dan atau mencabut Hak Asasi Manusia
seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh Undang-undang, dan
tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh
penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum
yang berlaku (Pasal 1 angka 6 UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM).
Pengadilan Hak Asasi Manusia adalah Pengadilan Khusus terhadap
pelanggaran Hak Asasi Manusia yang berat. Pelanggaran HAM yang berat
diperiksa dan diputus oleh
Pengadilan HAM meliputi :
1. Kejahatan genosida;
2. Kejahatan terhadap kemanusiaan
Kejahatan genosida adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan
maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian
kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama, dengan cara :
1. Membunuh anggota kelompok;
2. mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap
anggota-anggota kelompok;
3. menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang akan
mengakibatkan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau
sebagiannya;
4. memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran
di dalam kelompok; atau
5. memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok tertentu ke
kelompok lain.

Kejahatan terhadap kemanusiaan adalah salah satu perbuatan yang
dilakukan sebagian dari serangan yang meluas atau sistematik yang
diketahuinya bahwa serangan tersebut ditujukan secara langsung
terhadap penduduk sipil, berupa :
1. pembunuhan;
2. pemusnahan;
3. perbudakan;
4. pengusiran atau pemindahan penduduk secara paksa;
5. perampasan kemerdekaan atau perampasan kebebasan fisik lain
secara sewenang-wenang yang melanggar (asas-asas) ketentuan
pokok hukum internasional;
6. penyiksaan;
7. perkosaan, perbudakan seksual, palcuran secara paksa, pemaksaan
kehamilan, pemandulan atau sterilisasi secara paksa atau bentukbentuk kekerasan seksual lain yang setara;
8. penganiayaan terhadap suatu kelompok tertentu atau perkumpulan
yang didasari persamaan paham politik, ras kebangsaan, etnis,
budaya, agama, jenis kelamin atau alasan lain yang telah diakui
secara universal sebagai hal yang dilarang menurut hukum
internasional;
9. penghilangan orang secara paksa; atau
10.

kejahatan apartheid.

(Penjelasan Pasal 7, 8, 9 UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM)
Penyiksaan adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan sengaja,
sehingga menimbulkan rasa sakit atau penderitaan yang hebat, baik
jasmani maupun rohani, pada seseoarang untuk memperoleh pengakuan
atau keterangan dari seseorang dari orang ketiga, dengan
menghukumnya atau suatu perbuatan yang telah dilakukan atau diduga
telah dilakukan oleh seseorang atau orang ketiga, atau mengancam atau
memaksa seseorang atau orang ketiga, atau untuk suatu alasan yang
didasarkan pada setiap bentuk diskriminasi, apabila rasa sakit atau
penderitaan tersebut ditimbulkan oleh, atas hasutan dari, dengan
persetujuan, atau sepengetahuan siapapun dan atau pejabat publik
(Penjelasan Pasal 1 angka 4 UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM)
Penghilangan orang secara paksa adalah tindakan yang dilakukan
oleh siapapun yang menyebabkan seseorang tidak diketahui keberadaan

Ketika itu ada kesulitan untuk mendakwa para penjahat perang di Jerman dan Jepang. kejahatan perang (war crimes) dan perang agresi (crime of aggression). misalnya hak hidup. Para pejabat dapat didakwa berdasarkan empat katagori kejahatan internasional yaitu kejahatan genosida (crime of genocide). Di sinilah kemudian dimunculkan konsep kejahatan internasional yaitu perbuatan yang dilakukan oleh para pejabat atau penyelenggara negara terkait dengan perang atau konflik bersenjata yang terjadi. Kesulitannya adalah bila mendasarkan pada hukum nasional baik dari negara yang kalah atau menang perang perbuatan yang dilakukan oleh penjahat perang tidak mendapat pengaturan. Dalam konteks demikian bisa jadi di satu negara suatu perbuatan dianggap suatu kejahatan sementara di negara lain tidak.dan keadaannya (Penjelasan Pasal 33 ayat 2 UU No. Pasca Perang Dunia kedua bentuk kejahatan internasional mendapat perluasan pengertian. yang sangat berat. hak untuk menyampaikan pendapat. Bajak laut dianggap melakukan kejahatan internasional karena perbuatannya merugikan dan berada di laut lepas. Oleh karenanya tidak ada satu negarapun bisa melaksanakan yurisdiksi hukumnya. 39 Tahun 1999 tentang HAM) Dalam kaitan tersebut. Sementara kejahatan internasional adalah kejahatan yang ditentukan oleh masyarakat internasional yang terdiri dari negara-negara sebagai suatu perbuatan jahat. perlu penjelasan atas istilah Pelanggaran HAM Berat agar tidak terjadi kesalah-pahaman. Pelaku kejahatan internasional dapat dibawa ke peradilan nasional maupun internasional. Dalam doktrin ilmu hukum kejahatan dilihat dari siapa yang menentukan dapat dibagi menjadi dua yaitu Kejahatan Nasional dan Kejahatan Internasional. Secara tradisional kejahatan internasional adalah perbuatan yang dilakukan oleh bajak laut. hak untuk mendapat pekerjaan. Kejahatan Nasional merujuk pada kejahatan yang oleh suatu negara ditentukan sebagai perbuatan jahat. Hal ini sesuai asas yang dianut bagi kejahatan internasional yaitu asas universal. . kejahatan terhadap kemanusiaan (crimes against humanity). Istilah pelanggaran HAM Berat tidak identik dengan suatu pelanggaran HAM. Istilah Pelanggaran HAM Berat merupakan terjemahan dari konsep Kejahatan Internasional (International Crimes).

Hanya saja kejahatan internasional diterjemahkan sebagai Pelanggaran HAM Berat. Untuk kejahatan yang diatur dalam KUHP/KUHPM maka pelaku diadili bukan di pengadilan HAM. Kemungkinan besar ini merupakan terjemahan dari Gross Violations of Human Rights. Kesalahan yang ditimpakan kepada oknum prajurit masih dalam lingkup Kitab Undang-undang Hukum Pidana atau Kitab Undangundang Hukum Pidana Militer.Adapun contoh peradilan internasional antara lain adalah International Military Tribunal yang dibentuk di Nurmberg dan Tokyo berdasarkan perjanjian internasional diantara negara-negara pemenang perang. Atas dua bentuk kejahatan ini ada sejumlah unsur yang harus dipenuhi. kejahatan internasional diatur dalam Undang-undang Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM. Pengadilan yang memilki kewenangan adalah pengadilan militer mengingat pelakunya adalah anggota militer. International Criminal Tribunal for former Yugoslavia yang dibentuk berdasarkan Resolusi Dewan Keamanan PBB dan peradilan yang besifat permanen yaitu International Criminal Court (ICC). Di Indonesia. . Dalam UU 26/2000 hanya ada dua bentuk kejahatan internasional yaitu kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan genosida. Berdasarkan definisi yang ada atas dua bentuk kejahatan internasional maka tindak kekerasan yang dilakukan oleh oknum prajurit TNI di Papua masih jauh memenuhi kualifikasi sebagai kejahatan internasional atau pelanggaran HAM Berat. Namun demikian bukan berarti oknum prajurit TNI tidak dapat dipersalahkan.

Sebagaimana diberitakan. Sumiati binti Salan Mustafa. Pemerintah. Yang lebih parah. kulit tubuh dan kepalanya terkelupas. dinyatakan bebas dari delik khusus. Nusa Tenggara Barat itu dibawa ke RS King Fahad pada 8 November 2010 setelah mengalami penyiksaan oleh majikannya. Arab Saudi pada Sabtu 2 April 2011 mengeluarkan keputusan yang mengejutkan: majikan yang tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia. Seorang petugas rumah sakit itu mengungkapkan. penganiayaan seperti itu tergolong pelanggaran HAM berat.PELANGGARAN HAM INDONESIA Kasus Sumiati pelanggaran HAM berat Penganiyaan sadis yang dilakukan warga Arab Saudi terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Sumiati Binti Salam Mustafa tergolong pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat. "Di dunia ini. tak ada bukti bahwa majikan perempuan 53 tahun itu . di kantornya. Kita bersyukur pemerintah Arab Saudi berjanji akan menindaklanjuti proses hukum. bibir bagian atasnya hilang. "Kita sudah ketemu dengan Dubes Arab Saudi di sini. menurutnya. alis matanya rusak. Sumiati diketahui tidak bisa berbahasa Arab maupun Inggris. kedua kaki Sumiati nyaris lumpuh. Pengadilan Madinah. Antara lain luka bekas setrika panas. Dubes Arab Saudi mengutuk habis perbuatan kejam dan zalim itu. Diduga majikan wanita Sumiati kerap kali melakukan kekerasan terhadapnya. Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar menegaskan hal ini usai melakukan pelepasan relawan untuk korban Merapi. TKI asal Dompu. sebab terdapat banyak luka di sekujur tubuhnya. Kondisi TKI malang tersebut sangat memprihatinkan dan sangat lemah. telah bertemu pihak keduataan besar Arab Saudi di Indonesia. Rabu (17/11)." papar Patrialis." tegas Patrialis. Mereka berjanji menindaklanjuti kasus tersebut dan akan memproses majikan Sumiati sesuai hukum yang berlaku. siang ini. jari tengah retak. Hakim mengatakan.

Sementara. "Kami khawatir kalau dibawa pulang akan diputar balik oleh pihak Arab. pihak keluarga tidak terima dengan putusan tersebut. "Sebagai pihak keluarga kami jelas tidak terima jika majikan bebas begitu saja." lanjut Tene. keluarganya di Dompu.telah menyiksa pembantunya. Michael Tene mengatakan. lanjutnya. "Keluarga setiap hari zikir." tambah Zulkarnaen. "Kami mengharapkan kasus itu muncul di Madinah. paman Sumiati. dan ganti rugi Rp1. Senin 4 April 2011. "Kini Sumiati sedang rawat jalan. Zulkarnaen mengatakan. Sumiati anak perempuan satu-satunya. Namun yang kita kejar adalah ditegakkannya keadilan. "Hal ini tentunya penting. tiga tahun penjara. segala bentuk hak sebagai tenaga kerja dibayar.5 miliar. baru bisa dilakukan operasi plastik. Nusa Tenggara Barat hanya bisa mendoakannya. Zulkarnaen menegaskan bahwa ada empat untutan yang diajukan pihak keluarga terkait kasus ini. tim pembela Sumiati. memulihkan kondisi fisik. pengadilan memvonis sang majikan Zanuba Farooq. sengaja tidak membawa pulang Sumiati. Sebelumnya. kerinduannya untuk pulang ke rumah. Juru bicara Kementerian Luar Negeri. tentu saja. pengembalian gaji selama 2 tahun oleh majikan." kata Zulkarnaen saat dihubungi VIVAnews. Jika keberatan ditolak.com. sebelum kasusnya tuntas. mengingat kerugian psikis yang dialami Sumiati." kata dia. Juga. perempuan malang itu bercerita tentang proses penanganan kesehatan. Namun. akan mengajukan keberatannya terkait keputusan bebas tersangka pelaku penyiksaan. Pihak keluarga. Hanya itu yang bisa dilakukan karena kondisi ekonomi lemah. Sumiati kehilangan haknya untuk menuntut ganti rugi kepada tersangka. Sebelumnya. pengadilan diulang kembali karena dinilai cacat . Dimintai tanggapan soal keputusan itu." Diceritakan Zulkarnaen." tambah dia. tim akan membawanya ke tingkat banding. sejauh ini komunikasi keluarga dengan Sumiati berlangsung baik. selesai juga di Madinah. Konsekuensi dari putusan itu. Saat menelepon. yakni: pulihkan kondisi Sumiati seperti sedia kala.

Maluku Tenggara 100% aman dan relatif stabil. dan jari-jari tangannya pun retak. Saparua. Inilah yang dipermasalahkan oleh pengacara tersangka. Wajahnya luka parah. namun langsung ke pengadilan delik umum. beberapa waktu yang lalu sempat tenang tetapi sekitar 1 bulan yang lalu sampai sekarang telah terjadi aksi kekerasan lagi dengan modus yang baru ala ninja/penyusup yang melakukan operasinya di daerah – daerah perbatasan kawasan Islam dan Kristen (ada indikasi tentara dan masyarakat biasa). Penyusup masuk ke wilayah perbatasan dan melakukan pembunuhan serta pembakaran rumah. sementara di kawasan Maluku Tengah (Pulau Ambon. sehingga pengadilan diulang dan hukuman tersangka dianulir. juga masih terdengar suara tembakan atau bom di sekitar kota. diduga kuat akibat disiksa oleh majikannya. dan alis matanya rusak. Seram dan Buru) sampai saat ini masih belum aman dan khusus untuk Kota Ambon sangat sulit diprediksikan.00. Haruku. . Saat ini masyarakat telah membuat sistem pengamanan swadaya untuk wilayah pemukimannya dengan membuat barikade-barikade dan membuat aturan orang dapat masuk/keluar dibatasi sampai jam 20. untuk Maluku Utara 80% relatif aman. dua kakinya nyaris lumpuh. Tak hanya itu.000 jiwa sebagai korban konflik yang sekarang telah menjadi pengungsi di dalam/luar Maluku. sekitar 4000 orang luka – luka. Sumiati telah menjalani operasi dan perlu waktu lama untuk pulih. Akibat konflik/kekerasan ini tercatat 8000 orang tewas. pihak pengadilan tidak menggelar pengadilan delik khusus. KASUS PELANGGARAN HAM YANG TERJADI DI MALUKU Konflik dan kekerasan yang terjadi di Kepulauan Maluku sekarang telah berusia 2 tahun 5 bulan.prosedur. Pada pengadilan pertama. suasana kota sampai saat ini masih tegang. bibir bagian atasnya hilang terpotong. Kasus Sumiati mencuat pada awal Januari 2011. perkantoran dan pasar dibakar. Yang paling mengenaskan. ribuan rumah. Wanita asal Dompu. Kulit kepala dan tubuh perempuan muda itu terkelupas. Nusa Tenggara Barat. ini mengalami luka-luka parah di sekujur tubuhnya. lebam. ratusan sekolah hancur serta terdapat 692. November lalu.

transportasi menggunakan jalur laut tetapi sekarang sering terjadi penembakan yang mengakibatkan korban luka dan tewas. dokter dan obat – obatan tidak dapat mencukupi kebutuhan masyarakat dan harus diperoleh dengan harga yang mahal.Masyarakat kini semakin tidak percaya dengan dengan upaya – upaya penyelesaian konflik yang dilakukan karena ketidak-seriusan dan tidak konsistennya pemerintah dalam upaya penyelesaian konflik. Masyarakat Maluku sangat sulit mengakses pelayanan kesehatan. masih dalam keadaan trauma. Perkembangan situasi dan kondisis yang terakhir tidak ada pihak yang menjelaskan kepada masyarakat tentang apa yang terjadi sehingga masyrakat mencari jawaban sendiri dan membuat antisipasi sendiri. serta jalur – jalur distribusi barang ini biasa dilakukan diperbatasan antara supir Islam dan Kristen tetapi sejak 1 bulan lalu sekarang tidak lagi juga sekarang sudah ada penguasa – penguasa ekonomi baru pasca konflik. program Pendidikan Alternatif Maluku sangat tidak membantu proses perbaikan mental anak malah menimbulkan masalah baru di tingkat anak (beban belajar bertambah) selain itu masyarakat membuat penilaian negatif terhadap aktifitas NGO (PAM dilakukan oleh NGO). Komunikasi sosial masyarakat tidak jalan dengan baik. sehingga perasaan saling curiga antar kawasan terus ada dan selalu bisa dimanfaatkan oleh pihak ketiga yang menginginkan konmflik jalan terus. Banyak orang sudah putus asa. puskesmas yang ada banyak yang tidak berfungsi. masyarakat dalam melakukan aktifitasnya selalu dilakukan dilakukan dalam kawasannya hal ini terlihat pada aktifitas ekonomi seperti pasar sekarang dikenal dengan sebutan pasar kaget yaitu pasar yang muncul mendadak di suatu daerah yang dulunya bukan pasar hal ini sangat dipengaruhi oleh kebutuhan riil masyarakat. Pendidikan sangat sulit didapat oleh anak – anak korban langsung/tidak langsung dari konflik karena banyak diantara mereka sudah sulit untuk mengakses sekolah. . bingung dan trauma terhadap situasi dan kondisi yang terjadi di Ambon ditambah dengan ketidak-jelasan proses penyelesaian konflik serta ketegangan yang terjadi saat ini. Wilayah pemukiman di Kota Ambon sudah terbagi 2 (Islam dan Kristen). ada ketakutan di masyarakat akan diberlakukannya Daerah Operasi Militer di Ambon dan juga ada pemahaman bahwa umat Islam dan Kristen akan saling menyerang bila Darurat Sipil dicabut.

entah itu dari kalangan gereja Protestan maupun gereja Katolik. adalagi filmThe Magdalene Sisters. Mungkin saja film GOYA’s GOST ini akan membuat ‘marah’ sebagian kelompok. film tentang hyprocricy Gereja Potestan yang ‘menghakimi’ seorang pezinah dan kelompok-kelompok yang dianggap bidat. Kita telah mengenal banyak sekelompok manusia dengan atribut agama. Salah satu contohnya dalam film The Scarlet Letter. yang menjadi tokoh sentral dari film GOYA’s GOST ini. dua nama ini cukup memberi jaminan bahwa film yang dibuat mereka selalu bagus yaitu film GOYA’s GOST. telah hadir film yang lumayan baru. misalnya kelompok Al-Qaeda dan sejenisnya menteror dengan bom.Belum ada media informasi yang dianggap independent oleh kedua pihak. dan masih banyak lainnya. Di sisi lain Amerika Serikat (AS) sebagai ‘polisi dunia’ sering memakai ‘isu . akhir-akhir ini kita disuguhi sajian-sajian berita akan kebobrokan manusia yang beragama melanggar hak asasi manusia. PELANGGARAN HAM ATAS NAMA AGAMA Kita memiliki banyak sejarah gelap agamawi. yang diproduksi oleh Saul Zaentz dan disutradarai oleh Milos Forman. mereka justru melakukan kejahatan kemanusiaan (crimes against humanity) entah itu Kristen. sebagaimana kekejaman “Inkuisisi” telah tercatat dalam sejarah hitam Gereja. Akhir abad 20 atau awal abad 21. berlindung dalam lembaga agama. yang diberitakan oleh media cetak masih dominan berita untuk kepentingan kawasannya (sesuai lokasi media). Bahwa kadang justru dengan simbol agamawi. yaitu kasih yang menjadi ‘atribut’ Tuhan kita Yesus Kristus. entah dari aliran lainnya. Hal-hal ini dicatat dalam buku sejarah dan beberapa kali kisah-kisah tentang kekejaman gereja difilmkan. kita melupakan kasih. juga film A Song for A Raggy Boy. Islam atau agama apapun. Kisah-kisah kekejamannya juga terekam dalam lukisan-lukisan karya Seniman Spanyol Francisco Goya (1746–1828 ). dan olehnya mungkin sebagian dari kita telah prejudice menempatkan orangorang Muslim di sekitar kita sama jahatnya dengan kelompok ‘Al-Qaeda’. ada media yang selama ini melakukan banyak provokasi tidak pernah ditindak oleh Penguasa Darurat Sipil Daerah (radio yang selama ini digunakan oleh Laskar Jihad (radio SPMM/Suara Pembaruan Muslim Maluku). namun apa yang dikemukakan oleh Zaentz dan Forman. “The Name of the Rose” . The Headman. Atas nama ‘agama yang suci’ mereka melakukan ‘pelecehan yang tidak suci’ kepada sesamanya manusia. Kini.

terorisme yang dilakukan Al-Qaeda’ untuk melancarkan macam-macam agendanya. Ridley Scott memproduksi film The Kingdom of Heaven. ini mengingatkan kembali sejarah buruk. Invasi AS ke Iraq. melainkan sebagai perenungan apakah perlakuan seseorang melawan/menindas orang lain yang tidak ‘seagama’ itu tujuannya membela Allah? membela tradisi? membela doktrin. contoh Bom Bali dan sejenisnya di seluruh dunia. namun pasukan mereka babak-belur dalam ‘perang-kota’. tentang kejahatan dibawah payung Agama. penyerangan ke Afganistan dan negaranegara lain yang disinyalir ‘ada terorisnya’. Karena ia berada dalam posisi yang sulit : menuruti tuntutan dalam negeri ataukah menuruti tuan Bush. Dibawah ini review dari sebuah film. ataukah membela diri sendiri? PELANGGARAN HAM OLEH MANTAN GUBERNUR TIM-TIM . sutradara Inggris. Sebelumnya. Inggris misalnya. bermakna tidak baik. dan sajian ‘ironisme’ dari ajaran Kristus yang penuh kasih. Tentu saja apa-apa yang mengandung “fundamentalis” entah itu Islam/ Kristen/ agama yang lain. ditengah-tengah ‘isu anti terorisme (Islam)’. Memang kita akui banyak kebrutalan yang dilakukan oleh para teroris kalangan Islam Fundamentalis. dimana mereka juga kalah dalam perang gerilya di Vietnam. Tapi tidak menutup kemungkinan Presiden Amerika Serikat. mungkin pada awalnya terlihat AS dengan sejatanya yang super-canggih menguasai Iraq dalam sekejap. Bahwa perang Salib yang telah terjadi selama 4 abad itu bukanlah suatu kesaksian yang baik. Namun kehadiran pasukan AS dan sekutunya di Iraq tidak berdampak baik. George Bush adalah juga seorang ‘Fundamenalis’ dalam ‘Agama’ yang dianutnya. karena gaya Bush yang sering ‘secara implisit’ terbaca dimana ia menempakan dirinya sebagai penganut Kristiani yang memerangi terorisme dari para teroris Muslim Fundamentalis. tetapi lebih merupakan sejarah hitam. Film The Kingdom of Heaven adalah sebuah ‘otokritik’ bagi Kekristenan. barangkali bisa juga digunakan untuk menyindir Presiden Bush yang sering menggunakan kata“crusades” dalam pidatonya. bukan berniat melecehkan suatu Agama/ Aliran tertentu. Kegagalan pasukan AS mendapat kecaman dari dalam negeri. Tekanan-tekanan ini membuat PM Inggris Tony Blair memilih mengakhiri karirnya sebelum waktunya baru-baru ini. bahkan sekutunya.

000 kepada terdakwa Abilio Soares. Pertama. yang diadili oleh Pengadilan Hak Asasi Manusia (HAM) ad hoc di Jakarta atas dakwaan pelanggaran HAM berat di Timtim dan dijatuhi vonis 3 tahun penjara. publik dapat merasakan suatu perlakuan “diskriminatif” dengan keputusan terhadap terdakwa Abilio tersebut karena terdakwa lain dalam kasus pelanggaran HAM berat Timtim dari anggota TNI dan Polri divonis bebas oleh hakim. Padahal Majelis Hakim yang diketuai Marni Emmy Mustafa menjatuhkan vonis 3 tahun penjara dengan denda Rp 5. yang mengungkapkan kekhawatirannya bahwa kemungkinan hanya rakyat Timor Timur yang akan dihukum di Indonesia yang mendukung berbagai aksi kekerasan selama jajak pendapat tahun 1999 dan yang mengakibatkan sekitar 1. Beberapa hal yang dapat disimak dari keputusan pengadilan tersebut adalah sebagai berikut ini.Abilio Jose Osorio Soares.000 tewas. vonis hakim terhadap terdakwa Abilio sangat meragukan karena dalam Undang-Undang (UU) No 26/2000 tentang Pengadilan HAM Pasal 37 (untuk dakwaan primer) disebutkan bahwa pelaku pelanggaran berat HAM hukuman minimalnya adalah 10 tahun sedangkan menurut pasal 40 (dakwaan subsider) hukuman minimalnya juga 10 tahun. dapat diartikan bahwa hakim ragu-ragu dalam mengeluarkan keputusannya. “Bagi saya bukan fair atau tidaknya keputusan tersebut. Sebab alternatifnya adalah apabila terdakwa terbukti bersalah melakukan pelanggaran HAM berat hukumannya minimal 10 tahun dan apabila terdakwa tidak terbukti bersalah ia dibebaskan dari segala tuduhan. Sebuah keputusan majelis hakim yang bukan saja meragukan tetapi juga menimbulkan tanda tanya besar apakah vonis hakim tersebut benar-benar berdasarkan rasa keadilan atau hanya sebuah pengadilan untuk mengamankan suatu keputusan politik yang dibuat Pemerintah Indonesia waktu itu dengan mencari kambing hitam atau tumbal politik. sama dengan tuntutan jaksa. mantan Gubernur Timtim. Bagi orang yang awam dalam bidang hukum. Kedua. Saya hanya khawatir rakyat Timor Timur yang akan membayar semua dosa yang dilakukan oleh orang Indonesia” KASUS TERBUNUHNYA MARSINAH . Horta mengatakan. Komentar atas itu justru datang dari Jose Ramos Horta.

. Sampai dengan tanggal 5 Mei1993. Tunjangan tetap Rp 550 per hari mereka perjuangkan dan bisa diterima. para buruh mencegah teman-temannya bekerja. Pada pertengahan April 1993. Dr. Marsinah memperoleh Penghargaan Yap Thiam Hien pada tahun yang sama.. Haryono (pegawai kamar jenazah RSUD Nganjuk) dan Prof. Jawa Timur yang diculik dan kemudian ditemukan terbunuh pada 8 Mei1993 setelah menghilang selama tiga hari. Gubernur KDH TK I Jawa Timur mengeluarkan surat edaran No. karyawan PT. CPS memutuskan untuk unjuk rasa tanggal 3 dan 4 Mei1993 menuntut kenaikan upah dari Rp 1700 menjadi Rp 2250! Garis waktu Marsinah adalah salah seorang karyawati PT. Himbauan tersebut tentunya disambut dengan senang hati oleh karyawan. namun di sisi pengusaha berarti tambahannya beban pengeluaran perusahaan. Kasus ini menjadi catatan ILO (Organisasi Buruh Internasional). Marsinah tewas akibat penganiayaan berat. Catur Putera Surya yang aktif dalam aksi unjuk rasa buruh. dengan tanda-tanda bekas penyiksaan berat. Catur Putra Surya (CPS) Porong. Latar Belakang Awal tahun 1993. Sidoarjo. 50/Th.700 per hari menjadi Rp 2. Haroen Atmodirono (Kepala Bagian Forensik RSUD Dr. SoetomoSurabaya). Dua orang yang terlibat dalam otopsi pertama dan kedua jenazah Marsinah. 4 Mei1993. 1992 yang berisi himbauan kepada pengusaha agar menaikkan kesejahteraan karyawannya dengan memberikan kenaikan gaji sebesar 20% gaji pokok. termasuk perusahaan harus menaikkan upah pokok dari Rp 1. 3 Mei1993. Komando Rayon Militer (Koramil) setempat turun tangan mencegah aksi buruh.250. Marsinah masih aktif bersama rekanrekannya dalam kegiatan unjuk rasa dan perundingan-perundingan. Mayatnya ditemukan di hutan di Dusun JegongKecamatan Wilangan. Keterlibatan Marsinah dalam aksi unjuk rasa tersebut antara lain terlibat dalam rapat yang membahas rencana unjuk rasa pada tanggal 2 Mei1993 di Tanggul Angin Sidoarjo. CPS) Porong membahas Surat Edaran tersebut dengan resah. menyimpulkan. Catur Putera Surya (PT. dikenal sebagai kasus 1713. para buruh mogok total mereka mengajukan 12 tuntutan.Marsinah (lahir 10 April1969 – meninggal 8 Mei1993 pada umur 24 tahun) adalah seorang aktivis dan buruh pabrik PT. Akhirnya. Karyawan PT. Nganjuk. termasuk oleh buruh yang absen.

mengungkap adanya rekayasa oknum aparat kodim untuk mencari kambing hitam pembunuh Marsinah. Setelah tiga hari Marsinah disekap. lalu dibawa lagi dengan Suzuki Carry putih ke rumah Yudi Susanto di Jalan Puspita. Salah seorang dari 10 orang yang diduga terlibat pembunuhan tersebut adalah Anggota TNI. Suwono (satpam CPS) mengeksekusinya. Mereka dituduh telah menggelar rapat gelap dan mencegah karyawan masuk kerja. Dia dibawa ke pabrik. Marsinah bahkan sempat mendatangi Kodim Sidoarjo untuk menanyakan keberadaan rekan-rekannya yang sebelumnya dipanggil pihak Kodim. Suprapto (pekerja di bagian kontrol CPS) menjemput Marsinah dengan motornya di dekat rumah kos Marsinah. Baru 18 hari kemudian. Surabaya. keberadaan Marsinah tidak diketahui oleh rekanrekannya sampai akhirnya ditemukan telah menjadi mayat pada tanggal 8 Mei1993 Proses penyelidikan Tanggal 30 September1993 telah dibentuk Tim Terpadu Bakorstanasda Jatim untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan kasus pembunuhan Marsinah. Secara resmi. tanpa Marsinah. Hasil penyidikan polisi ketika menyebutkan. mengalami siksaan fisik maupun mental selama diinterogasi di sebuah tempat yang kemudian diketahui sebagai Kodam V Brawijaya. Di pengadilan. Setelah itu. Setiap orang yang diinterogasi dipaksa mengaku telah membuat skenario dan menggelar rapat untuk membunuh Marsinah. termasuk Mutiari selaku Kepala Personalia PT CPS dan satu-satunya perempuan yang ditangkap. 13 buruh yang dianggap menghasut unjuk rasa digiring ke Komando Distrik Militer (Kodim) Sidoarjo. Pemilik PT CPS. Delapan petinggi PT CPS ditangkap secara diam-diam dan tanpa prosedur resmi.8. Yudi Susanto. Trimoelja D. Soerjadi.7. Sebagai penanggung jawab Tim Terpadu adalah Kapolda Jatim dengan Dan Satgas Kadit Reserse Polda Jatim dan beranggotakan penyidik/penyelidik Polda Jatim serta Den Intel Brawijaya. Tim Terpadu telah menangkap dan memeriksa 10 orang yang diduga terlibat pembunuhan terhadap Marsinah. Mulai tanggal 6. Yudi Susanto divonis 17 tahun penjara. Marsinah lenyap. juga termasuk salah satu yang ditangkap. akhirnya diketahui mereka sudah mendekam di tahanan Polda Jatim dengan tuduhan terlibat pembunuhan Marsinah. Di tempat itu mereka dipaksa mengundurkan diri dari CPS. Siang hari tanggal 5 Mei. Pengacara Yudi Susanto.Marsinah menjadi salah seorang dari 15 orang perwakilan karyawan yang melakukan perundingan dengan pihak perusahaan. sedangkan sejumlah stafnya yang lain itu dihukum berkisar empat hingga 12 tahun. sekitar pukul 10 malam. .

Yogyakarta. di dusun Gelangan Samalo. Udin kerap menulis artikel kritis tentang kebijakan pemerintah Orde Baru dan militer. 13 Agustus1996. Esok paginya. Ia menjadi wartawan di Harian Bernas sejak 1986. Munir menjadi salah seorang pengacara buruh PT. Yogyakarta.50 WIB. Selasa malam. hampir seluruh media massa meliput peristiwa yang menimpa Udin.namun mereka naik banding ke Pengadilan Tinggi dan Yudi Susanto dinyatakan bebas. Mahkamah Agung Republik Indonesia membebaskan para terdakwa dari segala dakwaan (bebas murni). yang sejak malam penganiayaan itu. ia dianiaya pria tak dikenal di depan rumah kontrakannya. pukul 23. . CPS Porong yang dianggap sebagai dalang unjuk rasa. Udin. KSUM merupakan lembaga yang ditujukan khusus untuk mengadvokasi dan investigasi kasus pembunuhan aktivis buruh Marsinah oleh Aparat Militer. KSUM adalah komite yang didirikan oleh 10 LSM. Sebelum kejadian ini. Sejak Udin mengalami koma hingga rentang waktu yang cukup panjang. pukul 16. Jalan Parangtritis Km 13 Yogyakarta. dikarenakan parahnya sakit yang diderita akibat pukulan batang besi di bagian kepala itu. yang dianiaya oleh orang tidak dikenal. dibentuk Komite Solidaritas Untuk Marsinah (KSUM). Putusan Mahkamah Agung RI tersebut. Namun. CPS Porong atas pemutus hubungan kerja sepihak yang dilakukan oleh aparat kodim sidoarjo terhadap 22 buruh PT. Dalam proses selanjutnya pada tingkat kasasi. 16 Agustus1996 pada umur 32 tahun) adalah wartawan Harian Bernas.30 WIB. CPS melawan Kodam V/Brawijaya. Depnaker Sidoarjo dan PT. dan kemudian meninggal dunia. KASUS TERBUNUHNYA WARTAWAN UDIN DARI HARIAN UMUM BERNAS (1996) Fuad Muhammad Syafruddin yang akrab dipanggil Udin (lahir di Bantul. 18 Februari1964 – meninggal di Yogyakarta. Yogyakarta. terus berada dalam keadaannya koma dan dirawat di RS Bethesda. KSUM melakukan berbagai aktivitas untuk mendorong perubahan and menghentikan intervensi militer dalam penyelesaian perselisihan perburuhan. 16 Agustus1996. Komite solidaritas Tahun 1993. Udin menjalani operasi otak di rumah sakit tersebut. setidaknya telah menimbulkan ketidakpuasan sejumlah pihak sehingga muncul tuduhan bahwa penyelidikan kasus ini adalah "direkayasa". akhirnya Udin meninggal dunia pada Jumat.

" Kronologi kejadian Berikut ini kronologi perkembangan kasus Udin sejak rumahnya diamatamati.Penghilangan barang bukti Kasus Udin menjadi ramai ketika Kanit Reserse Umum Polres Bantul Edy Wuryanto. mengaku ditawari sejumlah uang sebagai imbalan membuat pengakuan bahwa Udin melakukan hubungan gelap dengannya dan kemudian dibunuh oleh suaminya. yakni melarung sampel darah dan juga mengambil buku catatan Udin. dan proses peradilan Iwik. juga mengaku dikorbankan oleh polisi untuk membuat pengakuan bahwa ia telah membunuh Udin. pekerjaan. meninggal dunia.00 WIB telah diawasi oleh dua orang tidak dikenal dengan kendaraan sepeda motor. saat itu berpangkat Sersan Kepala (Serka). Iwik Dwi Sumaji alias Iwik. di Yogyakarta. dilaporkan telah 'membuang barang bukti'. "Saya telah dikorbankan untuk bisnis politik dan melindungi mafia politik. Iwik dipaksa meminum bir berbotol-botol dan kemudian ditawari uang. dan seorang pelacur. Tri Sumaryani. dengan dalih melakukan penyelidikan dan penyidikan. seorang sopir perusahaan iklan. hingga penyiksaan. pada 5 Agustus1997 Iwik mengatakan. Namun di pengadilan. Seorang perempuan. seperti yang diungkapkan oleh Harian Bernas[1]  12 Agustus1996: Kediaman Udin sekitar pukul 22. Edy Wuryanto kemudian hanya dimutasikan dari tempat dinasnya di Yogyakarta ke Mabes Polri di Jakarta Kambing hitam Tri Sumaryani Ada pihak-pihak tertentu yang tampaknya mencoba mengalihkan kasus ini. Satu di antaranya sempat mendekat ke rumah Udin dan mengamati keadaan dalam rumah melalui lubang kunci pintu depan .

Tetapi saat ditanya dan dibantu membangunkan pemilik rumah.rumah. Peristiwa itu didahului dengan beberapa kejadian tidak biasa. jenazah Udin disemayamkan sebentar di kantor Harian BERNAS untuk mendapatkan penghormatan terakhir dari rekanrekannya.30 WIB.00 WIB. karena tak mampu. serta ditemani seorang calo tanah bernama Suwandi. Udin menemui seorang tamu yang sebelumnya ingin menemui Joko Mulyono (wartawan BERNAS untuk liputan Bantul). Malamnya. Ia kemudian mencoba mendekat. Ia kemudian dibawa ke RSU Je-bugan Bantul. lelaki tersebut cepat-cepat pergi. Salah satu tetangga Udin yang berada di warung bakmi yakni Ny Ponikem memperhatikan tingkah aneh lelaki tersebut. Kapolda Jateng-DIY dan sejumlah pejabat pemerintahan meminta agar kasus Udin diusut tuntas. Serma Edy Wuryanto ditemani dua anggota Polres Bantul berangkat dari Mapolres Bantul . Udin menjalani operasi karena terjadi pendarahan hebat di kepalanya akibat penganiayaan hebat yang dialami Udin malam sebelumnya. Pangdam IV Diponegoro. Lelaki tersebut mengaku sebagai Kaur Pemerintahan Desa Wirokerten Bantul dan kedatangannya untuk urusan tanah. Udin dianiaya lelaki tak dikenal dirumahnya Jalan Parangtritis Km 13. sekitar pukul 23.30 WIB. Kaur Pemerintahan Desa Wirokerten Bantul). di kantor harian BERNAS.58 WIB.  13 Agustus: Selasa malam sekitar pukul 23.00 WIB. selesai menulis berita. Pukul 21. tim medis RS Bethesda menyatakan Udin meninggal dunia setelah tiga hari berjuang melawan maut tanpa pernah sadarkan diri. Udin bergegas pulang ke Bantul dengan Honda Tiger 2000 warna merah hati. Sehingga Udin yang terlanjur keluar rumah tidak berhasil menjumpai lelaki mencurigakan yang menurut penuturan saksi ini ingin menemuinya.5 Bantul hingga luka parah dan tak sadarkan diri.  17 Agustus: Jenazah Udin dilepas dan dimakamkan di tempat pemakaman umum Trirenggo Bantul tepat pada saat bangsa Indonesia merayakan peringatan hari ulang tahun ke-51 kemerdekaan Republik Indonesia.  14 Agustus: Rabu pukul 08.00 WIB di RS Bethesda Yogyakarta. Belakangan orang yang ditemui Udin tersebut adalah Hatta Sunanto (anggota DPRD Bantul dan adik Sukrisno. Sebelumnya.  16 Agustus: Jumat pukul 16.  19 Agustus: Malam sekitar pukul 20. sekitar pukul 21. Udin terus dilarikan ke RS Bethesda Yogyakarta.  Berbagai pihak termasuk di antaranya Sri Sultan Hamengku Buwono X. Udin terlihat gelisah di kantor. Tetapi setelah pertemuan singkat itu.30 WIB. Dan siapapun yang terlibat dalam kasus ini harus diproses secara hukum.

Marsiyem mengatakan selama ini dirinya dipojokkan polisi agar mengakui adanya masalah perselingkuhan dalam keluarganya.  26 Agustus: Sekitar pukul 09.  2 September: Kapolda Jateng-DIY Mayjen Pol Harimas AS menyatakan pihak kepolisian sudah memiliki identitas lengkap pelaku kasus pembunuhan Udin. Sketsa wajah itu menurut Marsiyem.  4 September: Marsiyem secara resmi menjadi klien Lembaga Bantuan Hukum Yogyakarta. Siang sebelumnya.  27 Agustus: Sekitar pukul 10. police line di TKP rumah Udin dicopot kembali oleh polisi. Serma Edy Wuryanto mengatakan darah itu akan dipakai untuk kepentingan pengusutan dengan cara supranatural (akan dilarung ke laut selatan). Di Jakarta. Ia juga sesumbar akan menangkap pelaku pembunuh Udin dalam waktu tiga hari setelah konferensi pers tersebut berlangung sambil mengatakan biar Bupati Bantul tidur nyenyak.ke kediaman orangtua Udin di Gedongan Trirenggo Bantul. Dengan demikian police line ini hanya berumur kurang lebih 25 jam setelah dipasang untuk kepentingan penyidikan. . di tengah-tengah pawai pembangunan dalam rangka peringatan HUT ke-51 Kemerdekaan RI di kabupaten Bantul. Kepala Staf Sosial Politik (Kassospol) ABRI Letjen TNI Syarwan Hamid menegaskan.  3 September: Mantan Mendagri Jenderal TNI (purn) Rudini mengatakan. sebaiknya Gubernur DIY Sri Paku Alam VIII memanggil dan meminta keterangan Bupati Bantul Sri Roso Sudarmo. 90 persen mendekati wajah asli sang pembunuh. Sementara Kapolres Bantul Letkol Pol Ade Subardan mengatakan tidak ada dalang dalam kasus Udin meski tersangka belum tertangkap.00 WIB. oknum ABRI yang terlibat dalam kasus Udin akan ditindak tegas.  5 September: Seorang seniman lukis berhasil membuat sketsa wajah pembunuh Udin dari keterangan Marsiyem.  23 Agustus: Dalam sebuah konperensi pers akbar di kantor Pemda Bantul. Mereka bermaksud meminjam sisa darah operasi Udin yang tidak jadi ikut dikubur bersama jenazah Udin.30 WIB. sejumlah warga Bantul turut menggelar pawai duka cita sambil menggelar spanduk dan mengarak foto Udin. Bupati Bantul Kolonel Art Sri Roso Sudarmo menyatakan diri tidak terlibat dalam kasus ini. Tempat Kejadian Perkara (TKP) di rumah Udin baru diberi police line setelah 13 hari kejadian pembunuhan Udin berlalu. Di kantor LBH Yogyakarta.

Iwik dicekoki minuman keras hingga mabuk. Kapolwil DIY Kolonel Pol Darsono mengatakan polisi tetap lurus dalam mengadakan penyelidikan. kemudian dibawa ke Parangtritis.  25 September: Kapolwil DIY Kolonel Pol Darsono menegaskan siapapun yang terlibat dalam kasus pembunuhan Udin akan digebuk tanpa pandang bulu. uang. Tapi dalam laporannya tidak menyinggung kematian Udin berkaitan dengan profesi atau tulisan-tulisannya.  21 Oktober: Dwi Sumaji alias Iwik. 7 September: Menurut Sekwilda DIY Drs Suprastowo. Sebelumnya ia dijebak oleh Franki dengan alasan diajak bisnis billboard. Memet dalam rapat kerja DPR RI di Komisi II.  23 September: Gubernur DIY Sri Paku Alam VIII mengizinkan pemeriksaan terhadap Bupati Bantul Sri Roso Sudarmo. diculik di perempatan Beran Sleman. Dandim Bantul mengatakan acara pemakaman Udin sudah dipolitisir. Dan ia menegaskan tidak akan ada pembelokan atas latar belakang terbunuhnya Udin ke masalah keluarga atau perselingkuhan.  24 September: Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Yogyakarta mengirim surat ke PWI Pusat disertai lampiran temuan Tim Pencari Fakta (TPF) PWI Yogyakarta soal kasus Udin. dan diberi janji-janji muluk soal pekerjaan. Di Jakarta. disediakan perempuan.  13 September: Ketua DPC PPP Bantul dipanggil Komandan Kodim Bantul dan dicecar dengan pertanyaan seputar keterlibatan DPC PPP Bantul dalam upacara pemakaman Udin.  27 September: Kapolri Letjen Pol Dibyo Widodo di Jakarta mengatakan kasus pembunuhan Udin harus dibongkar. anggota Komisi II DPR RI dari FPP Ali Hardi Kiai Demak menanyakan penanganan kasus Udin kepada Mendagri Yogi S. Di Hotel Queen of The South Parangtritis. warga Kavling Panasan Triharjo Sleman dan sopir di CV Dymas Advertizing Sleman. dan jaminan hidup keluarganya. . Bupati Bantul Sri Roso Sudarmo sudah menghadap Gubernur DIY dan melaporkan kasus Udin. Pengiriman berkas laporan TPF PWI Yogyakarta tersebut dimaksudkan agar ditindak-lanjuti pengusutannya oleh Komnas HAM dan Mabes Polri.  9 September: Keluarga Udin mengkhawatirkan latar belakang kasus pembunuhan Udin akan dibelokkan ke masalah pribadi. Iwik disuruh mengaku sebagai pembunuh Udin oleh Franki (Serma Pol Edy Wuryanto) setelah sebelumnya di losmen Agung Parangtritis.

Tetapi Iwik berontak dan histeris saat ia dipaksa penyidik Polda DIY untuk memerankan diri sebagai pelaku pembunuhan Udin.Rekonstruksi paksa yang menjadikan Iwik sebagai tersangka batal dilaksanakan. 23. Berbagai kalangan mengkritik penyidik terlalu memaksakan kehendaknya untuk menyerahkan BAP Iwik yang tak sempurna ini.  29 November: (Malam) . Status Iwik masih tetap sebagai tersangka.  5 November: Komnas HAM membuat kesimpulan penting -.  25 November: Kejati DIY menyatakan BAP Iwik yang diserahkan Polda DIY tidak lengkap.  20 November: Polda DIY menyerahkan berkas acara pemeriksaan (BAP) Iwik ke Kejaksaan Tinggi Yogyakarta. Ny Sunarti (istri Iwik) mengadu ke Komnas HAM dan Kapolri atas penangkapan suaminya. mengingat masa penahannya telah habis dan pe. 22. Penyitaan barang bukti milik Iwik menurut Komnas HAM juga dilakukan secara spekulatif. Alasannya waktu itu penonton terlalu banyak. sebab dilakukan dengan cara-cara yang sangat tidak etis.setelah mengadakan investigasi lapangan -.  18 Desember: Iwik dilepas dari tahanan Polda DIY dan penahanannya ditangguhkan. tekanan dan paksaan Franki alias Serma Pol Edy Wuryanto. dan meminta penyidik menyempurnakannya. Dan pengakuan yang dulu itu karena ia berada di bawah ancaman. Pencabutan pengakuan sebagai pelaku pembunuh Udin itu ia lakukan karena merasa dirinya hanya korban rekayasa. 26 Oktober 1996. (Selanjutnya BAP ini bolak-balik Polda DIYKejati DIY sebanyak 5 kali). .yang menyatakan bahwa dalam proses penangkapan Iwik telah terjadi pelanggaran hak asasi manusia. sisanya sudah dibuang di tempat sampah Mapolres Bantul.  6 November: Kapolda DIY Kolonel Pol Mulyono Sulaiman membenarkan masalah peminjaman sisa darah Udin oleh Serma Pol Edy Wuryanto dan beberapa aparat Polres Bantul. dan 24 Oktober 1996 (dalam 4 kali pemeriksaan sebelumnya).  9 Desember: Polda DIY menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan Udin di TKP dengan menghadirkan paksa Iwik. dan keberadaannya tak diketahui lagi. Dwi Sumaji alias Iwik mencabut seluruh pengakuan dalam pemeriksaan tanggal 21. Tetapi setelah sebagian dilarung di laut selatan. 24 Oktober: Pada tanggal ini (ketika masuk ke pemeriksaan tahap ke lima).meriksaan atas dirinya dianggap selesai.

Sementara Hakim Sahlan Said SH yang semula diplot untuk memeriksa perkara ini ternyata kemudian mengundurkan diri.  26 Maret: Pakar pidana dari Universitas Airlangga Prof Dr JE Sahettapy SH menilai pengusutan kasus Udin banyak direkayasa. Iwik berstatus tahanan kejaksaan. Serma Pol Edy Wuryanto dinyatakan bersalah telah melakukan tindakan melawan hukum. Ia juga menilai motif yang selama ini diyakini polisi yaitu motif perselingkuhan terlalu dicari-cari.  20 Mei: Kejati DIY menyerahkan BAP Iwik ke Kejaksaan Negeri Bantul. Se-dangkan keterkaitan atasan Serma Edy Wuryanto dikesampingkan oleh hakim. Dalam perkara ini.  22 Januari1997: Kasus gugatan kasus pelarungan darah Udin mulai disidangkan di Pengadilan Negeri Bantul. Dalam kasus ini. dengan alasan tindakan Serma Edy Wuryanto adalah tindakan yang bersifat pribadi dan bukan atas perintah atasan yang ber-sangkutan.  21 April: Kepala Kejaksaan Tinggi DIY mengabulkan permohonan penangguhan status penahanan Iwik. Nilai gugatan seluruhnya adalah Rp 105. 31 Desember: Marsiyem secara resmi mendaftarkan gugatan kasus pelarungan darah Udin ke PN Bantul.  15 April: BAP Iwik untuk yang terakhir kalinya diserahkan penyidik Polda DIY ke Kejati DIY. Gugatan ini diajukan Marsiyem mengingat terjadi kekisruhan atas nasib sisa darah Udin yang pernah di pinjam oleh Serma Pol Edy Wuryanto.240. Sedang tergugat II adalah Serma Pol Edy Wuryanto. Marsiyem didampingi kuasa hukum gabungan dari LBH Yogyakarta dan LPH Yogyakarta. tergugat I adalah Kapolri cq Kapolda DIY cq Kapolres Bantul. Iwik masih tetap menikmati penangguhan penahanan. tergugat diwakili kuasa hukumya dari Diskum Polda DIY menolak upaya perdamaian yang ditawarkan Majelis Hakim. .890. Serma Edy Wuryanto adalah tergugat II dan keterangannya hanya akan dijadikan pelengkap kalau keterangan saksi lain dinilai kurang. Iwik berstatus tahanan luar. Pihak Kejati DIY menyatakan menerima BAP Iwik.  24 April: Majelis Hakim dalam perkara gugatan darah Udin memutuskan mengabulkan sebagian gugatan Marsiyem. Nasib Iwik berada di tangan Kejaksaan Negeri Bantul yang akan menyusun berkas perkara dan dakwaannya. Pihak yang digugat.  10 Maret: Serma Pol Edy Wuryanto oleh Majelis Hakim ditolak sebagai saksi. Alasannya.

Bos yang ditemuinya bukan Diharjo Purboko tapi bernama Jendra alias Ahmad Nizar. Kajati DIY Asrief Adam SH menyatakan Iwik bisa dituntut bebas apabila bukti yang terungkap di persidangan memberi kesimpulan Iwik tak bersalah. Tanggungjawab proses hukum Iwik sepenuhnya berrada di tangan Pengadilan Negeri Bantul. . tidak berselang lama dengan terjadinya pengaiayaan Udin di Bantul.  6 Oktober: Sidang diteror secara brutal oleh pendukung saksi Serma Pol Edy Wuryanto. Dakwaan primair.  29 Juli: Iwik mulai disidangkan dengan acara pemeriksaan terdakwa dan pembacaan surat dakwaan.  19 Agustus: Eksepsi terdakwa dan penasehat hukumnya ditolak Majelis Hakim. saksi kunci dalam kasus pembunuhan Udin ini. Iwik mengungkapkan dirinya hanya korban rekayasa orang bernama Franki alias Serma Pol Edy Wuryanto (Kanitserse Polres Bantul) untuk kepentingan bisnis politik dan melindungi Bupati Bantul. 15 Juli: Berkas perkara pemeriksaan (BAP) Iwik dilimpahkan ke PN Bantul. Iwik menolak pengakuan Diharjo Purboko. Hakim memberikan peringatan dan mengusir keluar seorang pengunjung sidang pendukung saksi Edy Wuryanto. padahal fakta menunjukkan ia adalah jebolan sebuah perguruan tinggi. Iwik tidak pernah pergi kemana-mana.  23 Juli: Jauh-jauh hari. Iwik diancam dengan hukuman mati. Sepulang kerja. pengusaha asal Bogor dan kawan akrab Kapolda DIY Kolonel Pol Mulyono Sulaiman. Sidang dilanjutkan dengan pemeriksaan pokok perkara.  22 September: Saksi Sunarti (istri Iwik) menerangkan bahwa Iwik pada malam kejadian pembunuhan Udin tidur bersama dirinya di rumah. Ia juga mengaku sebagai bos yang menemui Iwik di Hotel Queen of the South tanggal 21 Oktober 1996. Iwik didakwa melakukan pembunuhan berencana terhadap Udin dengan motif perselingkuhan.  2 September: Marsiyem. Dalam eksepsinya.  2 Oktober: Sidang mulai diteror oleh pendukung saksi Diharjo Purboko.  5 Agustus: Iwik dan penasehat hukumnya membacakan eksepsi. dengan histeris menyatakan bahwa pelaku pembunuh Udin bukan Dwi Sumaji alias Iwik. Alibi ini didukung tetangga Iwik (Heri Karyono dan Gunarso Wibowo) yang mengatakan bertemu Iwik di teras rumah Iwik. Saksi ini memberikan pernyataan palsu di bawah sumpah sebagai sarjana hukum.

dan ia mengatakan saksi ini berbohong. Motif perselingkuhan yang dituduhkan selama ini berarti gugur. dan Hartoko Subiantoro SH. Yusrin Nichoriawan SH.nario rekayasa Franki alias Serma Pol Edy Wuryanto dengan alasan untuk melindungi kepentingan Bupati Bantul Sri Roso Sudarmo.  30 Oktober: Wakil Jaksa Agung Soedjono C Atmonegoro SH menegaskan jaksa tidak akan ragu menuntut bebas Iwik apabila tidak diperoleh bukti-bukti yang menguatkan dakwaan dalam persidangan. Pertimbangannya. keterangan memberatkan dari Serma Pol Edy Wuryanto dalam persidangan dinyatakan tidak dapat dipakai sebagai alat bukti keterangan. tidak ada bukti yang menguatkan Iwik adalah pembunuh Udin. Pertimbangannya.  3 November: Iwik dituntut bebas oleh Jaksa Penuntut Umum yang terdiri dari Amrin Naim SH. Selain menyatakan korban rekayasa dan bisnis politik. Disaat Aceh sedang rawan dengan kasus tersebut lantas pemerintah pusat mengirim sebanyak 12 ribu pasukan bangsat (ABRI)jari luar Aceh tujuannya untuk memusnahkan gerakan ini. dan Soeparno SH. PERISTIWA ACEH (1990) Aceh merupakan salah satu propinsi yang diberikan keistimewaan oleh pemerintah Republik Indonesia sejak zaman Soekarno hingga sekarang yang status tersebut hanya namanya saja.  20 Oktober: Iwik membeberkan kesaksiannya. Selain itu.Iwik menolak kesaksian Serma Edy Wuryanto. dan menangkap pelaku pembunuhan Udin yang sebenarnya.  27 November: Iwik divonis bebas! Majelis Hakim pemeriksa perkara terdiri dari Ny Endang Sri Murwati SH. dalam persidangan tidak diperoleh bukti dan keterangan yang menguatkan dakwaan jaksa bahwa Iwik adalah pembunuh Udin. ia hanya dipaksa menjalankan ske. Pada tahun 1990/91/92/93 Aceh pernah ramai dengan gejolak pemberontakan kemerdekaan Aceh atau Aceh Merdeka (AM) dimana angkatan perjuangan kemerdekaan Aceh ingin menentukan nasib diri sendiri untuk meperjuangkan kemerdekaannya. Ny Mikaela Warsito SH. Ahmad Yuwono SH. Selanjutnya muncul tuntutan agar polisi mencari. mengungkap motif. Setibanya ABRI di Aceh yang .

Penganianyaan yang dilakukan al: v Membakar alat kelamin dengan puntung rokok gudang garam dan cabut kuku dengan tang.masing masing melaksanakan tugasnya sesuai dengan ajaran Pancasila baik menurut perentah atasan maupun menurut perentah sendiri. v Memasukkan kedalam kolam kotoran manuasia sampai lebih dari 24 jam yang dalamnya sampai ke leher. v Kebangsatan. Lima sila tersebut yaitu: v Kekejaman. v Menjepit alat kelamin dengan tang dan memasukkan kawat ukuran 1mm kedalam alat kelamin yang membuat jeritan dan pekikan yang luar biasa. sudah dianiayai oleh ABRI. v Tembak di tempat atau didepan orang ramai supaya orang jangan mendukung gerakan tersebut padahal yang di tembak tidak . Sehabis babi babi ini pulang dari tugas.tindakan angkatan ini mempraktekkan untuk penduduk sipil Aceh. v Dan penyiksaan dalam bentuk lain yang membuat tertuduh mengalami muntah darah dan kencing darah. v Dan Kemunafikan. v Kebiadaban. kebanyakan dari penduduk sipil yang tidak bedosa. v Menyetrum dengan tegangan tinggi sampai tidak sanggup berdiri lagi dan sampai yang disetrum tidak bisa mengeluarkan suara lagi. Sungguh semua tindakan . v Kekerasan. Dan pemerkosaan gadis secara bergilir. v Pemerkosaan gadis di depan orang tuanya dan pemerkosaan istri di depan suaminya. Selama Angkatan bangsat(ABRI) tersebut bertugas di Aceh mereka sudah mempraktekkan lima azas KEZALIMAN dari Pancasila yang telah disumpahkan kepadanya diwaktu mengambil sumpah jabatan. v Meletakan posisi kaki meja atau kursi di jempol kaki tertuduh lantas babi-babi gemuk dan bangsat ini duduk di atas meja dan kursi tersebut.

resiko rusak tanggung jelas sendiri. Orang-orang Aceh yang tinggal dipedesaan walupun mereka bukan orang kaya tetapi merka selalu mempunyai sedikit logam mulia yang di simpan sebagai kegunaan di waktu darurat. jadi orang local susah mengidentifikasikan. Kejadian hari . tetapi diwaktu PKI bangsat ini menggeledah rumah lantas menguras semua barang berharga tersebut. . v Manyat yang masih berdarah di ikat di belakang Truk dan di bawabawa seharian. setelah itu mereka akan mengederai motor dengan boncengan tiga orang. v Menembak wanita hamil didepan khalayak ramai karna suaminya tetuduh pengikut AM. setidak tidaknya keluarga siap menyediakan kain putih untuk manyat. Saat itu tidak ada orang di Aceh yang berani menegor karna takut di tuduh AM (GPK) sebab kalau sudah tertuduh GPK maka anda siap dibawa untuk interogasi dan menerima siksaan.hari selama PKI (ABRI) di Aceh juga memaksakan dan mengancam orang . mengambil barang berharga seperti emas dll. Setelah motor di pakai tidak di antarlagi ke pemiliknya tetapi pemiliknya sendiri yang harus mengambilnya di markas mereka. Bukan saja barang berharga yang di ambil Ayampun yang sedang ngeramin juga di sikat.pasar yang manyat tersebut berasal dari kabupaten yang lain. Tidak lupa setiap hari mereka makan gratis di Restoran dan minta duit sehabis makan. v Membawa manyat yang di bunuh atau meletakkan di pinggir jalan dan pasar . hari .mempunyai bukti yang lengkap.hari pasukan bangsat ini makan minum dan rokok gratis inilah Aangkatan Bangsat Republik Indonesia(ABRI). kalau punya motor PKI bangsat ini minta pinjam dan sekalian mimta duit untuk bensin.orang di desa untuk mengambil kesempatan melakukan seenaknya seperti: mengeledah rumah dengan alasan mencari senjata api yang di simpan oleh AM tetapi kalau senjata tidak diketemukan lantas yang lainnya yang jadi sasaran.

Pius Lustrilanang. Faisol Reza. Peristiwa penculikan ini dipastikan berlangsung dalam tiga tahap: Menjelang pemilu Mei 1997.pemimpin Aceh juga tidak bertanggung jawab karna terlalu sibuk dengan KKN dan takut pecah periuk nasi. Sembilan aktivis yang dilepaskan adalah Desmond Junaidi Mahesa. . 9 orang dilepaskan penculiknya.[1] Selama periode 1997/1998. Peristiwa ini adalah peristiwa penghilangan orang secara paksa atau penculikan terhadap para aktivis pro-demokrasi yang terjadi menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 1997 dan Sidang Umum Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) tahun 1998. 9 orang dilepaskan.Disaat peristiwa ini di Aceh tidak ada mass media yang memberitakan kasus ini dan tidak ada pers asing yang bisa masuk ke Aceh dan sangat rahasia sekali di mana pemerentah daerah juga merasa takut dan tidak berani kerkoar apa lagi ada pemimpin . Tapi tak satu pun dari mereka yang diculik pada periode pertama dan ketiga muncul. PERISTIWA PENCULIKAN PARA AKTIVIS POLITIK (1998) Telah terjadi peristiwa penghilangan orang secara paksa (penculikan) terhadap para aktivis yang menurut catatan Kontras ada 23 orang (1 orang meninggal. Mugianto dan Andi Arief. dan dalam periode tepat menjelang pengunduran diri Soeharto pada 21 Mei. Yang ada waktu itu hanya fitnah dari ABRI mengataka orang AM membakar sekolah dan kampus Univesitas padahal yang membuat itu adalah Abri sendiri untuk memancing kebencian orang terhadap AM. Aan Rusdianto. Rahardjo Walujo Djati. dan 13 orang lainnya masih hilang). Dari angka itu. Haryanto Taslam. padahal rakyat seluruh Aceh sedang trauma dan tersiksa lahir batin yang luar biasa. KONTRAS (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) mencatat 23 orang telah dihilangkan oleh alatalat negara. Pada bulan Mei 1998. dan 13 lainnya masih hilang hingga hari ini. Setelah pasukan ini meninggalkan Aceh maka lebih dari 3000 orang Aceh yang hilang dan tinggallaah anak yatim piatu dan wanita janda. dalam waktu dua bulan menjelang sidang MPR bulan Maret. 1 orang ditemukan meninggal (Leonardus Gilang). Beberapa di antara mereka berbicara secara terbuka mengenai pengalaman mereka. sembilan di antara mereka yang diculik selama periode kedua dilepas dari kurungan dan muncul kembali. Nezar Patria.

Herman Hendrawan. leher. Aparat keamanan pun mulai menembakkan peluru ke arah mahasiswa. Akhirnya. Hafidin Royan. Mereka yang tewas adalah Elang Mulia Lesmana. termasuk mahasiswa Universitas Trisakti. Beberapa mahasiswa mencoba bernegosiasi dengan pihak Polri. Kejadian ini menewaskan empat mahasiswa Universitas Trisakti di Jakarta. PDI Pro Mega. Dedi Hamdun.15 para mahasiswa bergerak mundur. Yadin Muhidin. Yani Afri. Satuan pengamanan yang berada di lokasi pada saat itu adalah Brigade Mobil Kepolisian RI. dan dilarikan ke RS Sumber Waras. Noval Al Katiri. Batalyon Infanteri 203. [sunting] Latar belakang dan kejadian Ekonomi Indonesia mulai goyah pada awal 1998. diikuti bergerak majunya aparat keamanan. terkena peluru tajam di tempat-tempat vital seperti kepala. Heri Hertanto. gas air mata.30. pada pukul 17. hasil otopsi menunjukkan kematian disebabkan peluru tajam. Suyat. Mereka melakukan aksi damai dari kampus Trisakti menuju gedung DPR/MPR pada pukul 12. Ucok Siahaan. seperti Partai Rakyat Demokratik. Korban pun berjatuhan.00 dipastikan empat orang mahasiswa tewas tertembak dan satu orang dalam keadaan kritis. Mega Bintang. sebagian besar berlindung di universitas Trisakti. dan Abdun Nasser. dan Hendriawan Sie. Indonesia serta puluhan lainnya luka. Sonny. Styer. Mahasiswa pun melakukan aksi demonstrasi besarbesaran ke gedung DPR/MPR. yang terpengaruh oleh krisis finansial Asia. Pada pukul 20. Wiji Thukul. Mereka dilengkapi dengan tameng. Mereka berasal dari berbagai organisasi. Namun aksi mereka dihambat oleh blokade dari Polri--militer datang kemudian. Artileri Pertahanan Udara Kostrad. Namun aparat keamanan terus melakukan penembakan. Mereka tewas tertembak di dalam kampus. Para mahasiswa panik dan bercerai berai. TRAGEDI TRISAKTI Tragedi Trisakti adalah peristiwa penembakan. dan SS-1. dan mahasiswa. Meskipun pihak aparat keamanan membantah telah menggunakan peluru tajam.Ke-13 aktivis yang masih hilang dan belum kembali adalah Petrus Bima Anugrah. Pasukan Anti Huru HaraKodam seta Pasukan Bermotor. Ismail. Batalyon Infanteri 202. pada 12 Mei1998. Batalyon Kavaleri 9. dan dada. . terhadap mahasiswa pada saat demonstrasi menuntut Soeharto turun dari jabatannya. Hendra Hambali.

30 -10. Kemudian massa menuju ke pintu gerbang arah Jl.  11.30-12. Jend.30 o Massa mulai memanas yang dipicu oleh kehadiran beberapa anggota aparat keamanan tepat di atas lokasi mimbar bebas (jalan layang) dan menuntut untuk turun (long march) ke jalan dengan tujuan menyampaikan aspirasinya ke anggota MPR/DPR.25-12.00-12.45 o Aksi damai civitas akademika Universitas Trisakti yang bertempat di pelataran parkir depan gedung M (Gedung Syarif Thayeb) dimulai dengan pengumpulan segenap civitas Trisakti yang terdiri dari mahasiswa.  12. dosen. karyawan maupun mahasiswa. Berjumlah sekitar 6000 orang di depan mimbar.  10.45-11. Aksi/acara tersebut terus berjalan dengan baik dan lancar. 1998  10. Parman. pejabat fakultas dan universitas serta karyawan.25 o Aksi orasi serta mimbar bebas dilaksanakan dengan para pembicara baik dari dosen.00 o Aksi mimbar bebas dimulai dengan diawali acara penurunan bendera setengah tiang yang diiringi lagu Indonesia Raya yang dikumandangkan bersama oleh peserta mimbar bebas. kemudian dilanjutkan mengheningkan cipta sejenak sebagai tanda keprihatinan terhadap kondisi bangsa dan rakyat Indonesia sekarang ini.40 o Satgas mulai siaga penuh (berkonsentrasi dan melapis barisan depan pintu gerbang) dan mengatur massa untuk tertib dan .[sunting] TAGEDI TRISAKTI 1998 Peta situasi Trisakti pada 12 Mei.  12. S.

 13.30 o Tim negoisasi kembali dan menjelaskan hasil negoisasi di mana long march tidak diperbolehkan dengan alasan oleh kemungkinan terjadinya kemacetan lalu lintas dan dapat menimbulkan kerusakan. Dilain pihak pada saat yang hampir bersamaan datang tambahan aparat Pengendalian Massa (Dal-Mas) sejumlah 4 truk.30-14.  12. Di lain pihak massa yang terus tertahan tak dapat dihadang oleh barisan satgas samping bergerak maju dari jalur sebelah kanan.00-13.  12. sementara beberapa wakil mahasiswa (Senat Mahasiswa Universitas Trisakti) melakukan negoisasi dengan pimpinan komando aparat (Dandim Jakarta Barat.20 o Barisan satgas terdepan menahan massa. Sementara rekan mahasiswi membagikan bunga mawar kepada barisan aparat.00 o Long march mahasiswa terhadang tepat di depan pintu masuk kantor Walikota Jakarta Barat oleh barikade aparat dari kepolisian dengan tameng dan pentungan yang terdiri dua lapis barisan.  13.40-12. Lalu dilakukan aksi mimbar bebas spontan di jalan. Letkol (Inf) A Amril.50-13. Sementara negoisasi berlangsung. Situasi tenang tanpa ketegangan antara aparat dan mahasiswa.20-13. Aksi damai mahasiswa berlangsung di depan bekas kantor Wali Kota Jakbar. Mahasiswa kecewa karena mereka merasa aksinya tersebut merupakan aksi damai. massa terus berkeinginan untuk terus maju.00 o Massa duduk.50 o Pintu gerbang dibuka dan massa mulai berjalan keluar secara perlahan menuju Gedung MPR/DPR melewati kampus Untar. Sementara itu pula datang tambahan aparat dari Kodam Jaya dan satuan kepolisian lainnya.  13. Selain itu pula masyarakat mulai bergabung di samping long march. dan Wakapolres Jakarta Barat). Massa terus mendesak untuk maju.berbaris serta memberikan himbauan untuk tetap tertib pada saat turun ke jalan. .

Kapolres dan Dandim Jakbar memenuhi keinginan mahasiswa. Pada saat petugas satgas.00-16. Awalnya massa menolak tapi setelah dibujuk oleh Bapak Dekan FE dan Dekan FH Usakti.55 o Wakil mahasiswa mengumumkan hasil negoisasi di mana hasil kesepakatan adalah baik aparat dan mahasiswa sama-sama mundur. Saat itu hujan turun dengan deras. Adi Andojo SH.45 o Negoisasi terus dilanjutkan dengan komandan (Dandim dan Kapolres) dengan pula dicari terobosan untuk menghubungi MPR/DPR. 14. Walaupun hujan turun massa tetap tak bergeming.  16. Namun tiba-tiba seorang oknum yang bernama Mashud yang mengaku sebagai alumni (sebenarnya tidak tamat) berteriak dengan mengeluarkan kata-kata kasar dan kotor ke arah massa. o Polisi memasang police line. Sedikit demi sedikit massa mulai berkurang dan menuju ke kampus.45-16. o Mahasiswa bergerak mundur secara perlahan demikian pula aparat. Mahasiswa bergerak masuk kampus dengan tenang. Kapolres menyatakan rasa terima kasih karena mahasiswa sudah tertib. ketua SMUT serta Kepala kamtibpus Trisakti menahan massa dan meminta massa untuk mundur dan massa dapat dikendalikan untuk . Hal ini memancing massa untuk bergerak karena oknum tersebut dikira salah seorang anggota aparat yang menyamar.05 o Oknum tersebut dikejar massa dan lari menuju barisan aparat sehingga massa mengejar ke barisan aparat tersebut. Yang terjadi akhirnya hanya saling diam dan saling tunggu. Mahasiswa kemudian membubarkan diri secara perlahan-lahan dan tertib ke kampus. Mahasiswa berjarak sekitar 15 meter dari garis tersebut. serta ketua SMUT massa mau bergerak mundur.00-17. Sementara mimbar terus berjalan dengan diselingi pula teriakan yel-yel maupun nyanyian-nyanyian.  17. Hal ini menimbulkan ketegangan antara aparat dan massa mahasiswa.00 o Diadakan pembicaraan dengan aparat yang mengusulkan mahasiswa agar kembali ke dalam kampus.  16.55-17. Mahasiswa menuntut agar pasukan yang berdiri berjajar mundur terlebih dahulu.

Yang luka tersebut memerlukan perawatan intensif di rumah sakit. o Pada saat yang bersamaan barisan dari aparat langsung menyerang massa mahasiswa dengan tembakan dan pelemparan gas air mata sehingga massa mahasiswa panik dan berlarian menuju kampus. serta pelecehan seksual terhadap para mahasiswi. . Sementara korban luka-luka dan jatuh akibat tembakan ada lima belas orang.  17. juga menangkap dan menganiaya beberapa mahasiswa dan mahasiswi lalu membiarkan begitu saja mahasiswa dan mahasiswi tergeletak di tengah jalan. penendangan dan penginjakkan. Sementara aparat yang berada di atas jembatan layang mengarahkan tembakannya ke arah mahasiswa yang berlarian di dalam kampus. Aksi penyerbuan aparat terus dilakukan dengan melepaskan tembakkan yang terarah ke depan gerbang Trisakti. Pada saat kepanikan tersebut terjadi. di antara barisan aparat ada yang meledek dan mentertawakan serta mengucapkan kata-kata kotor pada mahasiswa sehingga sebagian massa mahasiswa kembali berbalik arah. Tiga orang mahasiswa sempat terpancing dan bermaksud menyerang aparat keamanan tetapi dapat diredam oleh satgas mahasiswa Usakti. Kemudian Kepala Kamtibpus mengadakan negoisasi kembali dengan Dandim serta Kapolres agar masing-masing baik massa mahasiswa maupun aparat untuk sama-sama mundur.tenang. o Kemudian datang pasukan bermotor dengan memakai perlengkapan rompi yang bertuliskan URC mengejar mahasiswa sampai ke pintu gerbang kampus dan sebagian naik ke jembatan layang Grogol.30 o Ketika massa bergerak untuk mundur kembali ke dalam kampus. Dengan tembakan yang terarah tersebut mengakibatkan jatuhnya korban baik luka maupun meninggal dunia.05-18. pemukulan dengan pentungan dan popor. o Lalu sebagian aparat yang ada di bawah menyerbu dan merapat ke pintu gerbang dan membuat formasi siap menembak dua baris (jongkok dan berdiri) lalu menembak ke arah mahasiswa yang ada di dalam kampus. pelemparan gas air mata dihampir setiap sisi jalan. Yang meninggal dunia seketika di dalam kampus tiga orang dan satu orang lainnya di rumah sakit beberapa orang dalam kondisi kritis. Sementara aparat yang lainnya sambil lari mengejar massa mahasiswa. Termasuk Ketua SMUT yang berada di antara aparat dan massa mahasiswa tertembak oleh dua peluru karet dipinggang sebelah kanan. aparat melakukan penembakan yang membabi buta.

rekan-rekan mahasiswa mulai membantu mengevakuasi korban yang ditempatkan di beberapa tempat yang berbeda-beda menuju RS. o Yang luka-luka berat segera dilarikan ke RS Sumber Waras.30 o Rekan mahasiswa kembali panik karena terlihat ada beberapa aparat berpakaian gelap di sekitar hutan (parkir utama) dan sniper (penembak jitu) di atas gedung yang masih dibangun. . Jumpa pers oleh pimpinan universitas. Terjadi negoisasi antara Dekan FE dengan Kol.00 o Tembakan dari aparat mulai mereda. Lalu terjadi dialog dengan Dekan FE untuk diminta kepastian pemulangan mereka ke rumah masing. Puluhan gas air mata juga dilemparkan ke dalam kampus.25 o Walau masih dalam keadaan ketakutan dan trauma melihat rekannya yang jatuh korban.  19. mahasiswa berangsur-angsur pulang.  20. Mahasiswa dijamin akan pulang dengan aman. dan dua anggota Komnas HAM AA Baramuli dan Bambang W Soeharto. Anggota Komnas HAM datang ke lokasi  01.30-20. mahasiswa mulai berani untuk keluar adari ruangan.o Aparat terus menembaki dari luar.30 o Jumpa pers Pangdam Jaya Mayjen TNISjafrie Sjamsoeddin di Mapolda Metro Jaya. Hadir dalam jumpa pers itu Pangdam Jaya Mayjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin.  18.Arthur Damanik.00-23.  19.Pol.30-19. yang hasilnya bahwa mahasiswa dapat pulang dengan syarat pulang dengan cara keluar secara sedikit demi sedikit (per 5 orang).00-19. Rektor Usakti Prof Dr Moedanton Moertedjo.masing. Mahasiswa berlarian kembali ke dalam ruang kuliah maupun ruang ormawa ataupun tempat-tempat yang dirasa aman seperti musholla dan dengan segera memadamkan lampu untuk sembunyi. Kapolda Mayjen (Pol) Hamami Nata.00 o Setelah melihat keadaan sedikit aman.

luka. Mahasiswa bergolak kembali karena mereka tidak mengakui pemerintahan B. Peristiwa kekerasan di Timor Timur pasca jejak pendapat (1999) Kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia menjelang dan pasca jejak pendapat 1999 di timor timur secara resmi ditutup setelah penyerahan laporan komisi Kebenaran dan Persahabatan (KKP) Indonesia .Timor Leste kepada dua kepala negara terkait. J. Mereka juga mendesak untuk menyingkirkan militer dari politik serta pembersihan pemerintahan dari orang-orang Orde Baru. masa pemerintah transisi Indonesia. yang menyebabkan tewasnya 17 warga sipil. Awal Pada bulan November 1998 pemerintahan transisi Indonesia mengadakan Sidang Istimewa untuk menentukan Pemilu berikutnya dan membahas agenda-agenda pemerintahan yang akan dilakukan. g. Kejadian kedua dikenal dengan Tragedi Semanggi II terjadi pada 24 September1999 yang menyebabkan tewasnya seorang mahasiswa dan sebelas orang lainnya di seluruh jakarta serta menyebabkan 217 korban luka .TRAGEDI SEMANGGI menunjuk kepada dua kejadian protes masyarakat terhadap pelaksanaan dan agenda Sidang Istimewa yang mengakibatkan tewasnya warga sipil. Kejadian pertama dikenal dengan Tragedi Semanggi I terjadi pada 11-13 November1998. Sepanjang diadakannya Sidang Istimewa itu masyarakat bergabung dengan mahasiswa setiap hari melakukan . Habibie dan tidak percaya dengan para anggota DPR/MPR Orde Baru. Masyarakat dan mahasiswa menolak Sidang Istimewa 1998 dan juga menentang dwifungsi ABRI/TNI.

tempat diadakannya Sidang Istimewa tersebut. Salah satunya adalah Teddy Wardhani Kusuma. Satu orang pelajar. Semanggi-Slipi-Kuningan. Garis waktu  Pada tanggal 11 November 1998. bergabung dengan mahasiswa yang sudah ada di kampus Universitas Atma Jaya Jakarta.  Pada tanggal 12 November 1998 ratusan ribu mahasiswa dan masyrakat bergerak menuju ke gedung DPR/MPR dari segala arah. terluka berat dan masuk rumah sakit.demonstrasi ke jalan-jalan di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. yaitu Lukman Firdaus. tetapi tidak ada yang berhasil menembus ke sana karena dikawal dengan sangat ketat oleh tentara. mahasiswa dan masyarakat yang bergerak dari Jalan Salemba. Beberapa hari kemudian ia meninggal dunia. Kali ini mahasiswa bersama masyarakat dikepung dari dua arah sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dengan menggunakan kendaraan lapis baja[1]. sementara mahasiswa mencoba bertahan namun saat itu juga terjadilah penembakan membabibuta oleh aparat ketika ribuan mahasiswa sedang duduk di jalan.  Esok harinya Jumat tanggal 13 November1998 mahasiswa dan masyarakat sudah bergabung dan mencapai daerah Semanggi dan sekitarnya. Ribuan mahasiswa dievekuasi ke Atma Jaya. Hampir seluruh sekolah dan universitas di Jakarta. Peristiwa ini mendapat perhatian sangat besar dari seluruh Indonesia dan dunia internasional. Jalan Sudirman sudah dihadang oleh aparat sejak malam hari dan pagi hingga siang harinya jumlah aparat semakin banyak guna menghadang laju mahasiswa dan masyarakat. diliburkan untuk mencegah mahasiswa berkumpul. Pada malam harinya terjadi bentrok di daerah Slipi dan Jl. . bentrok dengan Pamswakarsa di kompleks Tugu Proklamasi. Saat itu juga beberapa mahasiswa tertembak dan meninggal seketika di jalan. Sudirman. mahasiswa Institut Teknologi Indonesia yang merupakan korban meninggal pertama di hari itu. Deskripsi Jumlah masyarakat dan mahasiswa yang bergabung diperkirakan puluhan ribu orang dan sekitar jam 3 sore kendaraan lapis baja bergerak untuk membubarkan massa membuat masyarakat melarikan diri. Apapun yang dilakukan oleh mahasiswa mendapat perhatian ekstra ketat dari pimpinan universitas masing-masing karena mereka di bawah tekanan aparat yang tidak menghendaki aksi mahasiswa. puluhan mahasiswa masuk rumah sakit. Brimob dan juga Pamswakarsa (pengamanan sipil yang bersenjata bambu runcing untuk diadu dengan mahasiswa).

Jakarta. Muzammil Joko (Universitas Indonesia). termasuk Ayu Ratna Sari. Semakin banyak korban berjatuhan baik yang meninggal tertembak maupun terluka. Jakarta[2]. Jumlah korban yang didata oleh Tim Relawan untuk Kemanusiaan berjumlah 17 orang korban. Gelombang mahasiswa dan masyarakat yang ingin bergabung terus berdatangan dan disambut dengan peluru dan gas airmata. Budiono. Korban lain yang meninggal dunia adalah: Sigit Prasetyo (YAI). pelajar.Mahasiswa terpaksa lari ke kampus Universitas Atma Jaya untuk berlindung dan merawat kawan-kawan seklaligus masyarakat yang terluka. Kala itu adanya pendesakan oleh pemerintahan transisi untuk mengeluarkan Undang-Undang Penanggulangan Keadaan Bahaya (UU PKB) yang materinya menurut banyak kalangan sangat memberikan keleluasaan kepada militer untuk melakukan keadaan negara sesuai kepentingan militer. Mereka ini terdiri dari mahasiswa. Agus Setiana. Mulai dari jam 3 sore itu sampai pagi hari sekitar jam 2 pagi terus terjadi penembakan terhadap mahasiswa di kawasan Semanggi dan penembakan ke dalam kampus Atma Jaya. Abdullah/Donit. Engkus Kusnadi (Universitas Jakarta). mahasiswa Fakultas Ekonomi Atma Jaya. Korban kedua penembakan oleh aparat adalah Wawan. Kristian Nikijulong. Sidik. seorang anggota Satpam Hero Swalayan. yang nama lengkapnya adalah Bernardus Realino Norma Irmawan. 2 orang pelajar SMA. tajam/tumpul. sebagian besar akibat tembakan senjata api dan pukulan benda keras. Sementara 456 korban mengalami luka-luka. Sangat dahsyatnya peristiwa itu sehingga jumlah korban yang meninggal mencapai 17 orang. 4 orang anggota Pam Swakarsa dan 3 orang warga masyarakat. . aparat keamanan dan anggota masyarakat lainnya dari berbagai latar belakang dan usia. Heru Sudibyo (Universitas Terbuka). tertembak di dadanya dari arah depan saat ingin menolong rekannya yang terluka di pelataran parkir kampus Universitas Atma Jaya. yang terdiri dari 6 orang mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Jakarta. wartawan. Sidik. Uga Usmana. 2 orang anggota aparat keamanan dari POLRI. seorang anak kecil berusia 6 tahun. terkena peluru nyasar di kepala[3][4]. Hadi. Tragedi Semanggi II Pada 24 September1999. untuk yang kesekian kalinya tentara melakukan tindak kekerasan kepada aksi-aksi mahasiswa. Doni Effendi. Oleh karena itulah mahasiswa bergerak dalam jumlah besar untuk bersama-sama menentang diberlakukannya UU PKB. Rinanto.

KASUS PERANG PERSAUDARAAN DI AMBON 24 FEBRUARI 1999 Sebelum tanggal 19 Januari. 19999. tewas tertembak di depan Koramil Kedaton. Berbagai sumber berita dengan . Ambon dan pulau-pulau di sekitarnya dilanda oleh perang saudara yang berkecamuk dengan dahsyat. Walaupun Ambon di kenal sebagai daerah orang Kristen di Indonesia. Pada Tragedi Lampung28 September1999. Pada tanggal 19 Januari. Di Palembang. Muhammad Yusuf Rizal dan Saidatul Fitriah. 5 Oktober1999. Meyer Ardiansyah (Universitas IBA Palembang) tewas karena tertusuk di depan Markas Kodam II/Sriwijaya.Mahasiswa dari Universitas Indonesia. Ambon lebih dikenal sebagai pulau penghasil rempah-rempah. Kehidupan yang rukun dan harmonis ini ternyata berakhir dengan kehancuran yang tak dapat di kembalikan lagi seperti semula pada tanggal 19 Januari. 1999. pada aksi penolakan UU PKB ini korban juga berjatuhan di Lampung dan Palembang. warga Islam di Ambon telah menikmati hidup rukun dan harmonis bersama warga Kristen. 2 orang mahasiswa Universitas Lampung. Yun Hap meninggal dengan luka tembak di depan Universitas Atma Jaya. Kejadian kecil yang bersifat lokal ini dimulai ketika seorang supir taxi bertengkar / berantem dengan seorang warga Islam Ambon. Warga Ambon menolak kejadian ini sebagai suatu kerusuhan . mereka berkeras menyatakannya sebagai sebuah perang saudara. Daerah lain Selain di Jakarta. Perang ini di mulai dari sebuah kejadian yang sepele. 1999.

yang berfungsi untuk menjaga keamanan di perbatasan Pelauw dan Kariu. Kita bisa melihat pola ini di Ketapang. Yohanis Radjawane Ditembak aparat Tewas 2. Warga Kristen di Kariu di pulau Haruku di serang oleh penduduk Pelauw. muncul lagi kejadian serius lainnya. Komando pos militer Yon 733. Belum sampai tanggal 14 Februari. dan kejadian sekitar hari natal tahun 1998 di Sulawesi Tengah yang menghantam kota Poso. Sejak saat itu masyarakat Ambon hidup dalam ketakutan dan banyak kejadian-kejadian kecil dimana-mana. Dominggus Tupalesy Ditembak aparat Tewas 3. kejadian tanggal 14 Februari ini lebih parah lagi di sebabkan oleh beberap hal: 1.kuat mengindikasikan bahwa kesempatan ini digunakan oleh para provokator untuk memulai pengrusakan besar-besaran di Ambon dan bahkan sampai ke pulau-pulau di sekitarnya. di pindahkan tempat lain. kasus Poso (di mana kasus Poso ini tidak pernah di liputi oleh media. 2. pos komando aparat keamanan. Tepat sebelum di serang. di mana kejadian lokal yang sepele menjadi sesuatu yang besar dan tak terkendali yang menghancurkan semua komunitas yang ada. Berikut adalah daftar para korban dari serangan tersebut: No. 1999. daftar pertama para korban dilampirkan di tabel 1. Elly Pattinasarany Dibakar di dalam rumah Tewas 4. Kupang. Nama Penyebab Status 1. Dolly Takaria Dibakar di dalam rumah Tewas . bapak Safar Latuamuri yang juga berasal dari Pelauw bersama-sama dengan beberapa aparat dan penduduk desa tersebut dan menyerang penduduk di Kairu. Kailolo dan Ori. Palu dan Palopo itu sangat parah juga). Kasus Ambon ini adalah yang paling parah. Sebagian besar penduduk dari tiga tempat tersebut adalah warga Islam. Bahkan berbagai sumber berita mengisyaratkan bahwa para provokator itu di gerakkan oleh Suharto dan antek-anteknya. Menurut para saksi mata dan penelitian yang dilakukan oleh Tim Pencari Fakta Salawaku. Pola yang demikian kelihatannya muncul berulang-kali dari kasus ke kasus .

Hanny Lewerisa Dipanah Luka ringan 23. Salakori Ditembak aparat Luka ringan 11. Polly Nanlohi Ditembak aparat Luka parah 6. Lamberh Noya Ditembak aparat Luka ringan 15. Domiggus Noya Ditembak aparat Luka ringan 19.5. Corinus Laisina Ditembak aparat Luka ringan 13. Ruka Birahi Ditembak aparat Luka ringan 17. Abraham Hahury Dipanah Luka ringan 21. Dominggus Pattiasina Ledakan bom Luka ringan . Yopy Kilanresy Ditembak aparat Luka ringan 12. Bominngus Taihutu Ditembak aparat Luka ringan 18. Hengky Siahaya Ditembak aparat Luka ringan 8. Agusthinus Siahaya Ditembak aparat Luka ringan 14. Marthinus Metehelemual Dipanah Luka ringan 22. Yohanis Noya Ditembak aparat Luka ringan 9. Max Noya Ditembak aparat Luka ringan 16. Karel Radjawane Dipanah Luka ringan 24. Atja Pattiasina Ditembak aparat Luka parah 7. Dominggus Pattirajawane Ditembak aparat Luka ringan 20. Izack Noya Ditembak aparat Luka ringan 10.

Ronny Lalopua Ledakan bom Luka ringan 26. 4. Chres Noya Ditembak aparat Luka parah . Jacob Pattirajawane Dipanah Luka ringan 27. Rudy Watimena Dipanah Luka ringan 29. Jacob Noya Ditembak aparat Luka parah 8. Izaack Nahusona Dipanah Luka ringan 31. Christian Noya Ditembak aparat Luka parah 6. Welem Riry Dipanah Luka ringan 30. Frangky Tanate Tewas Tewas 5. Semuel Radjawane Dipanah Luka ringan 3. Berikut ini adalah daftar para korban dari desa Hulalui: No. Johanis Pattirajawane Dipanah Luka ringan 28. Agus Noya Tewas Tewas 4. Marthinus Taihutu Ditembak aparat Luka parah 7.25. yang datang terburu-buru untuk membantu korban luka di Kariu. Nama Penyebab Status 1. Rumah -rumah dan bahkan sebuah gereja yang telah berada dibawah perlindungan pasukan keamanan bisa terbakar habis. Janes Leikawabessy Tewas Tewas 3. Pasukan penjaga keamanan juga terlibat dalam penembakan brutal terhadap penduduk Hulaliu. Marthen Tahapary Tewas Tewas 2.

di pulau Saparua.9. Elianus Siahaya Ditembak aparat Luka ringan 17. Sampai saat ini 6 orang tertembak mati oleh petugas keamanan dan tiga diantaranya ditembak oleh petugas keamanan ketika mereka masih berada di dalam pagar/pekarangan Gereja Bethabara di Batu Merah Dalam. Thopilus Noya Ditembak aparat Luka ringan 19. Ronny Huka Ditembak aparat Luka parah 11. Julius Kainama Ditembak aparat Luka parah 15. Sementar itu. penduduk Siri Sori Islam dan penduduk Siri Sori Serani (Kristen) terlibat dalam perkelahian. begitu juga dengan penduduk Iha (Muslim) dan Nolloth (Kristen). Jopie Laisina Ditembak aparat Luka parah 16. Duan Noya Ditembak aparat Luka parah 13. Bram Noya Ditembak aparat Luka ringan 18. . Simon Werinussa Ditembak aparat Luka ringan Pada tanggal 21 dan 22 Febuari. pada hari selasa tanggal 22 Febuary 1999. Stevy Noya Ditembak aparat Luka parah 14. Bom meledak di Batu Merah Dalam. Rumah-rumah warga Kristen dibakar.1999. Para umat kristen di Batu merah Dalam sampai harus lari mencari tempat perlindungan. Jusuf Birahi Ditembak aparat Luka parah 10. Petugas keamanan tidak berbuat apa-apa ketika orang-orang mulai menyerang warga Kristen. Donny Noya Ditembak aparat Luka parah 12. Tiga orang Nolloth meninggal dan seorang dengan lengan teramputasi akibat dari tembakan dari seorang petugas. hari senin dan selasa. Dikota ambon kerusuhan terjadi lagi.

sebetulnya mereka terlibat dalam aksi penyerangan dan penembakan . E. Rudy Hehatubun Di tembak aparat Tewas 3.Kristen membantai Islam di Ambon . Semenjak Habibie berkuasa.. No. Nama Penyebab Status 1. yang di lakukan secara halus di masa kekuasaan Soeharto. Jacob de Lima Di tembak aparat Tewas 2. . Kelompok Fundamentalis yang bergerak di belakang Habibie sejak dibentuknya ICMI (Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia) pada awal tahun 90an. telah menunjukkan kekejamannya sejak peristiwa kerusuhan May 1998. Menurut laporan yang disampaikan oleh FKKI (Forum Komunikasi Kristen Indonesia).kelihatannya yang sebaliknyalah yang benar . Tetapi yang lebih menyakitkan dan memprihatinkan adalah sikap para petugas militer. sebanyak 455 gereja telah di serang dan di bakar semasa pemerintahan Suharto. dilakukan secara terang-terangan dan ganas di era pemerintahan transisi Habibie. salah seorang aparat yang terlibat dalam peristiwa penembakan di Batu Merah Dalam adalah seorang polisi bernama Cahyana. bahkan dari Menhankam sendiri. tetapi juga mencerminkan hilangnya kontrol dan kekuasaan di dalam unit militer secara keseluruhan. 1999. Hitipeuw Di tembak aparat Tewas Penganiayaan terhadap umat Kristen. F. Jenderal Wiranto. Marthin Manukelle Di tembak aparat Tewas 5.Walaupun banyak berita utama di media menyatakan . Sikap dan perbuatan petugas militer yang demikian bukan saja tidak dapat diterima. Telusa Di tembak aparat Tewas 4. Menurut para saksi mata. Anthon Lopulalan Di tembak aparat Tewas 6. Mereka bukan saja tidak melakukan apa -apa . Dibawah ini adalah daftar korban di Ambon dari tanggal 23-24 Februari . dalam kurun waktu kurang dari setahun tercatat minimal 95 gereja telah diserang dan dibakar.

1996 dan diikuti kasus Situbondo 10 Oktober.USA ******************************* Tabel 1 Daftar korban kasus Ambon. 4. Gereja Katolik Logos di Desa Benteng Karang habis terbakar (100% hancur). Gereja Bethlehem di jalan Anthony Rhibok dilempar batu. Laporan disiapkan oleh: Hengky Hattu . January 15-28. Gereja Nehemiah. Kurangnya niat serta kemampuan pemerintah dan ABRI telah mengakibatkan melemahnya pengaruh mereka secara lokal maupun di dunia international. 8.Texas . Hal ini akan terjadi kalau pemerintah tidak memenuhi tugasnya yaitu untuk melayani rakyatnya. Bagian dalam gereja ini dibakar (60% hancur). 5. 3. Gereja Sumber Kasih. Gereja Sidang Jemaat Allah di Desa Benteng Karang habis terbakar (100% hancur). bahkan sejak kasus Surabaya 9 Juni. Jemaat Petra (Gereja Protestan Maluku) di desa Benteng Karang Ambon habis terbakar (100% hancur). 2. 1999. 1996.Waihaong dibakar sampai rata dengan tanah (100% hancur). Gereja Protestan Petra. Jemaat Bethaba (Gereja Protestan Maluku) di desa Batu Merah telah di jarah dan di hancurkan. . pemerintah dan ABRI masih belum dapat memberikan keadilan yang tuntas dan mutlak kepada rakyat Indonesia dengan menunjuk dan mengadili para otak dibelakang semua persitiwa ini. (20% hancur). Jemaat Silo (Gereja Protestan Maluku) di desa Silale . Gereja Maranatha di Desa Negri Lama dibakar habis (100% hancur). 1. 6. Gereja Tua Hila di perkampungan Kristen Hila (gereja tertua di Ambon) habis terbakar (100% hancur).Walaupun terlihat dengan jelas adanya pola yang sama di setiap peristiwa. 7.Yayasan Sala Waku Maluku Kie-eng Go .

1 Gereja Katolik. 1999: 1. dibakar habis (100% hancur). Daftar mesjid yang dirusak dan atau dibakar massa saat kerusuhan Ambon tanggal 15-28 Januari.9. dibakar (100% hancur). Rumah jemaat (rumah pastor) jemaat Sanana (dibakar). 6. 1 Gereja Protestan. 3. 5. Daftar rumah dan sekolah jemaat yang dirusak dan dibakar oleh massa saat kerusuhan Ambon tanggal 15-28 Januari. Rumah pastor GPM jemaat Sanana (dibakar). 4. Rumah pastor GPM jemaat Desa Hila (dibakar). Rumah pastor GPM jemaat Desa Negri Lama (dibakar). Mesjid As Sa92adah Pule di jalan Karang Panjang terbakar habis. (100% hancur). Rumah pastor GPM jemaat Desa Benteng Karang (dibakar). 7. (100% hancur). Seram Barat 2. hancur). 1 Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) di Desa Paporu-Piru. 2. 1999: 1. Jemaat Sanana di Desa Sanana dibakar 5. Rumah pastor GPM jemaat Desa Nania (dibakar). Satu sekolah Katolik di Sanana (dibakar). Gereja Hanwele di Desa Nania dibakar habis (100% hancur). Seram Barat 0. . Jemaat Sanana di Desa Sanana dibakar (100% 4. 1 Gereja Bethel Indonesia. 1 Gereja Protestan Maluku (GPM) di Desa Paporu-Piru. hancur). Jemaat Sanana (GPM) di Desa Sanana dibakar 3. Mesjid Al Huda di jalan Diponegoro Atas dibakar (12% rusak). Seram Barat dibakar habis (100% 1. 1 Gereja Katolik di Desa Paporu-Piru. 2.

18 Mesjid Al Muhajirin di desa Paso dibakar (60% hancur) . . 5. Mesjid Al Ikhwan di pasar Mardina terbakar habis. Mesjid Al Ikhlas di jalan Pattimura Raya didalam Pos Alley dirusak (20% rusak) 4. Mesjid At-Taqwa di desa Batu Gajah/ Batu Bulan dibakar (50% rusak) 7. 13 Mesjid kantor transmigrasi regional dirusak (20% hancur) . 15 Mesjid Kompleks TVRI di Gunung Nona dirusak (40 % hancur) . Mesjid An-Nur di jalan Sangaji dirusak massa ( 20% rusak) 6. 11 Mesjid Al Mukhlisin di karang Baringin 96Batu Gantung rusak ( 40% . 19 Mesjid Jamiatul Islamiah di desa Galala dibakar (50%hancur) . Mesjid kompleks Wisma Atlit di karang panjang rusak(20% hancur) 10 Mesjid di kantor daerah regional dirusak (20% hancur) . 16 Mesjid Nurul Hijrah Nania di desa Nania dibakar (50% hancur) . Mesjid Kompleks Kati di Batu Gong dirusak(20% hancur) 9. 17 Mesjid Labuhan Batu di desa Labuhan Batu dirusak (40% hancur) . 14 Mesjid Kompleks Kopertis Ahuru di Desa Ahuru dirusak (20% hancur) . Mesjid Al Ikhlas di Kompleks Jati Batu Gong dirusak(50% hancur) 8.3. hancur) 12 Mesjid Al Mukharam di Karang Tagape dirusak (45% hancur) .

dan kejadian sekitar hari natal tahun 1998 di Sulawesi Tengah yang menghantam kota Poso. Kupang. Palu dan Palopo itu sangat parah juga). SMU Muhammadiyah Tanah Lapang Kecil (Talake) dirusak (40% hancur) Berbagai sumber berita dengan kuat mengindikasikan bahwa kesempatan ini digunakan oleh para provokator untuk memulai pengrusakan besar-besaran di Ambon dan bahkan sampai ke pulau-pulau di sekitarnya. Sebagian besar penduduk dari tiga tempat tersebut adalah warga Islam. 21 Ruang ibadah di kompleks SMUN 7 Wailete di desa Hative Besar . (20% hancur) Data sekolah yang dirusak dan / atau dibakar saat kerusuhan Ambon tanggal 15-28 Januari. 1999: 1. Menurut para saksi mata dan penelitian yang dilakukan oleh Tim Pencari Fakta Salawaku. Belum sampai tanggal 14 Februari. muncul lagi kejadian serius lainnya. SD Al-Hilal di jalan Anthony Ribhaok dibakar (100% hancur) 2. Warga Kristen di Kariu di pulau Haruku di serang oleh penduduk Pelauw. Pola yang demikian kelihatannya muncul berulang-kali dari kasus ke kasus . kejadian tanggal 14 Februari ini lebih parah lagi di sebabkan oleh beberap hal: . 1999. di mana kejadian lokal yang sepele menjadi sesuatu yang besar dan tak terkendali yang menghancurkan semua komunitas yang ada.20 Mesjid Wailete di desa Hative Besar dibakar (65% hancur) . Kasus Ambon ini adalah yang paling parah. Kailolo dan Ori. daftar pertama para korban dilampirkan di tabel 1. 23 Ruang ibadah Nurul Haq di desa Dobo di Maluku Tenggara dirusak . Kita bisa melihat pola ini di Ketapang. dirusak (60% hancur) 22 Ruang ibadah Galala di desa Galala dibakar (50% hancur) . Sejak saat itu masyarakat Ambon hidup dalam ketakutan dan banyak kejadian-kejadian kecil dimana-mana. Bahkan berbagai sumber berita mengisyaratkan bahwa para provokator itu di gerakkan oleh Suharto dan antek-anteknya. kasus Poso (di mana kasus Poso ini tidak pernah di liputi oleh media.

kondisi ini diperburuk lagi oleh ketidakadilan hukum yang seakan tidak mampu menjerat pelanggar hukum yang menempatkan masyarakat Dayak menjadi korban kasus-kasus tersebut. di situ langit dijunjung”. Etnis madura yang juga punya latar belakang budaya kekerasan ternyata menurut masyarakat Dayak dianggap tidak mampu untuk beradaptasi (mengingat mereka sebagai pendatang). KASUS DAYAK DAN MADURA Banyak Versi tentang latar belakang tragedi ini. Hampir semua warga dan tokoh Dayak yang menunjuk perilaku kebanyakan etnis Madura sebagai penyebabnya. Masyarakat suku Dayak di Sampit selalu “terdesak” dan selalu mengalah. Dari kasus dilarangnya menambang intan di atas “tanah adat” mereka sendiri karena dituduh tidak memiliki izin penambangan.1 Tepat sebelum di serang. Ia mencontohkan salah satunya dalam soal tanah. . Sering terjadi kasus pelanggaran “tanah larangan” orang Dayak oleh penebang kayu yang kebetulan didominasi oleh orang Madura. di pindahkan tempat lain. 2 Komando pos militer Yon 733. yang berfungsi untuk menjaga keamanan di perbatasan Pelauw dan Kariu. pos komando aparat keamanan. bapak Safar Latuamuri yang juga berasal dari Pelauw bersama-sama dengan beberapa aparat dan penduduk desa tersebut dan menyerang penduduk di Kairu. Ada Versi mengatakan >>> Terjadinya perang antar suku Dayak dan suku Madura karena kecemburuan sosial-Ekonomi. apa yang membuat suku Dayak di Kalteng begitu kalap dalam menghadapi warga Madura. Hingga kampung mereka yang harus berkali-kali pindah tempat karena harus mengalah dari para penebang kayu yang mendesak mereka makin ke dalam hutan. seorang tokoh Dayak di Palangkaraya menceritakan kelakuan warga Madura banyak yang tidak mencerminkan peribahasa “di mana bumi dipijak. Tidak sedikit kasus pembunuhan orang dayak (sebagian besar disebabkan oleh aksi premanisme Etnis Madura) yang merugikan masyarakat Dayak karena para tersangka (kebetulan orang Madura) tidak bisa ditangkap dan di adili oleh aparat penegak hukum. baik langsung maupun tidak langsung. H Charles Badarudin. Sayangnya. Versi lain mengatakan >>> Banyak sebab yang membuat suku Dayak seakan melupakan asazi manusia. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu perang antar etnis Dayak-Madura.

adat orang Madura yang membawa parang atau celurit ke mana pun pergi. Banyak cara-cara pemaksaan untuk mendapatkan hasil usaha kepada konsumen mereka. Situasi seperti itu diperparah kebiasaan dan nilai-nilai yang berbeda. Semangat persukuan inilah yang mendasari solidaritas antaranggota suku di Kalimantan.CO.BANDAR LAMPUNG--Proses penyelidikan yang dilakukan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Kasus Talangsari 1989. melahirkan manusia-manusia tak bernyawa tanpa kepala Saat terjadi pembantaian di Sampit entah bagaimana cara mereka (Etnis Dayak) yang tengah di rasuki kemarahan membedakan suku Madura dengan suku-suku lainnya. seusai menandatangi kesepahaman Komnas HAM dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. . berita atau anggapan tentang kecemburuan sosial-ekonomi yang menjadi penyebab pecahnya “perang” tersebut dari hasil pengamatan dan penilaian Versi lain ini adalah tidak benar.” katanya. di Kantor Gubernur Lampung. bahkan mungkin berbenturan. mereka terkadang dianggap terlalu kasar oleh sebagian besar masyarakat Dayak. Kasus Pelanggaran HAM Talangsari Harus Dituntaskan Secara Hukum REPUBLIKA.Dari cara mereka melakukan usaha dalam bidang perekonomian saja. Tatkala di antara mereka terlibat keributan dari soal salah menyabit rumput sampai kasus tanah amat mungkin persoalan yang semula kecil meledak tak karuan. membuat orang Dayak melihat sang “tamu”-nya selalu siap berkelahi. Ifdhal Kasim. bagi orang Dayak.ID. Selasa (26/10). Banyak pula tipu-daya yang mereka lakukan. Jadi. “Penyelidikan kasus Talangsari sudah selesai. bahkan masyarakat Banjar sekalipun. membawa senjata tajam hanya dilakukan ketika mereka hendak berperang atau berburu. Misalnya. Sebab. Ada yang mengungkapakan bahwa pertikaian yang sering terjadi antara Madura dan Dayak dipicu rasa etnosentrisme yang kuat di kedua belah pihak. tidak semua suku Madura bersifat seperti ini. telah selesai. Namun. yang jelas suku-suku lainnya luput dari “serangan beringas” orang-orang Dayak. Hal tersebut diungkapkan Ketua Komnas HAM. Kasus dugaan pelanggaran HAM ini selanjutnya tinggal di Kejaksaan Agung (Kejakgung).

Komnas HAM merekomendasikan ke Kejakgung. termasuk mengalami siksaan dan intimidasi di penjara.  Penangkapan. Kabupaten Lampung Timur. sedikitnya 246 korban meninggal dunia. Aparat keamanan terlibat aktif maupun pasif dalam kejadian ini. Puluhan warga. Ifdhal mengatakan. Komnas HAM terus mendorong kasus itu diproses secara hukum. Namun. kata dia. Dalam penjelasannya. dugaan kasus pelanggaran HAM berat Talangsari itu. Akibat penyerbuan dengan senjata api tersebut. Ia menyebutkan masih ada nuansa politik dalam penyelesaian kasus HAM Talangsari tersebut. sudah berlangsung sejak tahun 2005.sekolah Cina di Indonesia ditutup pada bulan Desember. harus ada tindaklanjut agar semua pihak terutama keluarga korban mendapat perlakuan hukum yang sama. korban penyerbuan dipenjara. hasil pertemuan dengan Kejagung maupun wakil rakyat itu belum menemukan titik temu untuk menyelesaikan kasus HAM Talangsari. untuk memproses kasus Talangsari itu. Hasil penyelidikan tersebut. mantan pemimpin Republik Maluku Selatan dieksekusi pada bulan Desember. Peristiwa yang dikenal Talangsari. Saat itu.  Dr Soumokil. pembentukan pengadilan HAM adhoc sendiri tergantung rekomendasi DPR RI. Tindakan ini. . Kejakgung meminta lebih dulu Pengadilan HAM adhoc. dilakukan secara hukum maupun tanpa proses hukum. Pihaknya juga sudah melakukan dialog dengan pihak Kejakgung dan Komisi III DPR RI. Provinsi Lampung. terjadi pada Selasa 7 Februari 1989. penahanan dan pembantaian massa pendukung dan mereka yang diduga sebagai pendukung Partai Komunis Indonesia . sehingga setelah hasil penyidikan dapat langsung disidangkan di pengadilan tersebut.Penyelidikan kasus pelanggaran HAM berat ini. Tetapi. Komnas HAM menyatakan masih ada jalan keluar penyelesaian kasus itu untuk diproses lebih lanjut. 1965  Penculikan dan pembunuhan terhadap tujuh Jendral Angkatan Darat. banyak yang tidak terurus secara layak di penjara.  Sekolah. karena diduga terjadi pelanggaran HAM berat pada kasus pembataian di sana. Sementara itu. 1966  Penahanan dan pembunuhan tanpa pengadilan terhadap PKI terus berlangsung. terjadi penyerbuan oleh aparat keamanan ke pondok pengajian di Desa Talangsari III.

1971  Usaha peleburan partai.peraturan yang membatasi dan mengawasi aktivitas politik. partai politik dan organisasi kemasyarakatan. Golkar disebut.  Operasi Trisula dilancarkan di Blitar Selatan.  Pembangunan Taman Mini yang disertai penggusuran tanah tanpa ganti rugi yang layak. sehingga hasil akhir jajak pendapat yang mengatakan ingin bergabung dengan Indonesia belum mewakili suara seluruh rakyat Papua.1967  Koran-koran berbahasa Cina ditutup oleh pemerintah.  April. 1969  Tempat Pemanfaatan Pulau Buru dibuka. 1970  Pelarangan demo mahasiswa. ribuan tahanan yang tidak diadili dikirim ke sana .  Larangan penyebaran ajaran Bung Karno.sebut bukan termasuk partai politik.partai.gereja diserang di Aceh. .  Peraturan bahwa Korpri harus loyal kepada Golkar.  Kerusuhan anti Kristen di Ujung Pandang. gereja.  Tidak menyeluruhnya proses referendum yang diadakan di Irian Barat.  Intimidasi calon pemilih di Pemilu ’71 serta kampanye berat sebelah dari Golkar. berbarengan dengan demonstrasi anti Cina di Jakarta .  Dikembangkannya peraturan. Di sisi lain.  Sukarno meninggal dalam ‘tahanan’ Orde Baru.

 Kasus subversi komando Jihad. 1977  Tuduhan subversi terhadap Suwito. . 1975  Invansi tentara Indonesia ke Timor. Sebelas pendemo terbunuh. seorang pengangkat barang di pasar.  Kasus Balibo.  Kasus tanah Siria. 1974  Penahanan sejumlah mahasiswa dan masyarakat akibat demo anti Jepang yang meluas di Jakarta yang disertai oleh pembakaranpembakaran pada peristiwa Malari. membawakan barang milik seorang hakim perempuan. Pemerkosaan Sum Kuning. Akhirnya Sum Kuning dibebaskan. dimana yang kemudian diadili adalah Sum Kuning sendiri. 1978  Pelarangan penggunaan karakter-karakter huruf Cina di setiap barang/ media cetak di Indonesia.  Pembredelan beberapa koran dan majalah.  Kasus Wasdri. 1972  Kasus sengketa tanah di Gunung Balak dan Lampung. 1973  Kerusuhan anti Cina meletus di Bandung .ria. antara lain ‘Indonesia Raya’ pimpinan Muchtar Lubis. penjual jamu di Yogyakarta oleh pemudapemuda yang di duga masih ada hubungan darah dengan Sultan Paku Alam. Namun ia ditahan polisi karena meminta tambahan atas bayaran yang kurang dari si hakim.Timur. terbunuhnya lima wartawan asing secara misterius.

1980  Kerusuhan anti Cina di Solo selama tiga hari. antara lain Kompas. . Pengembangan obyek wisata Borobudur di Jawa Tengah memerlukan pembebasan tanah di sekitarnya.  Kasus Tanah Borobudur . beberapa mahasiswa ditahan. Namun penduduk tidak mendapat ganti rugi yang memadai. dilarang ke luar negeri. Pembungkaman gerakan mahasiswa yang menuntut koreksi atas berjalannya pemerintahan.orang sipil bertato yang diduga penjahat kambuhan ditemukan tertembak secara misterius di muka umum. 1984  Berlanjutnya Pembunuhan Misterius di Indonesia. Kampanye massa Golkar diserang oleh massa PPP.  Peristiwa pembantaian di Tanjung Priuk terjadi. Pekalongan dan Kudus. pembajakan pesawat garuda Indonesia oleh muslim radikal di Bangkok.  Pembredelan tujuh suratkabar. dimana militer turun tangan sehingga jatuh korban jiwa tadi. 1981  Kasus Woyla. Tujuh orang terbunuh dalam peristiwa ini. 1982  Kasus Tanah Rawa Bilal. Bisnis dan kehidupan mereka dipersulit. 1983  Orang. yang memberitakan peritiwa di atas. Kekerasan menyebar ke Semarang .  Tuduhan subversi terhadap Dharsono.  Majalah Tempo dibredel selama dua bulan karena memberitakan insiden terbunuhnya tujuh orang pada peristiwa kampanye pemilu di Jakarta .  Penekanan terhadap para penandatangan Petisi 50.tim oleh ABRI. antara lain Heri Ahmadi.  Pelanggaran gencatan senjata di Tim.

pembuatan lapangan golf. 1991  Pembantaian di pemakaman Santa Cruz. Peritiwa ini dikenal dengan dengan peristiwa Talang sari.  Bentrokan antara aktivis islam dan aparat di Bima. 1992  Keluar Keppres tentang Monopoli perdagangan cengkeh oleh perusahaan-nya Tommy Suharto.  Ekskusi beberapa tahanan G30S/ PKI.  Kasus subversi terhadap Sanusi.  Badan Sensor Nasional dibentuk terhadap publikasi dan penerbitan buku. 100 orang tewas oleh ABRI. Anggotanya terdiri beberapa dari unsur intelijen dan ABRI. Pengeboman beberapa gereja di Jawa Timur 1985  Pengadilan terhadap aktivis-aktivis islam terjadi di berbagai tempat di pulau Jawa.  Kasus tanah Lampung.  Penangkapan Xanana Gusmao. 200 orang meninggal. Dili terjadi oleh ABRI terhadap pemuda-pemuda Timor yang mengikuti prosesi pemakaman rekannya. . 1989  Kasus tanah Kedung Ombo.  Kasus tanah Kemayoran.  Kasus tanah Cimacan. perampasan dan pemusnahan Becak dari Jakarta. 1986  Pembunuhan terhadap peragawati Dietje di Kalibata.  Pengusiran. Pembunuhan diduga dilakukan oleh mereka yang memiliki akses senjata api dan berbau konspirasi kalangan elit.

1993  Pembunuhan terhadap seorang aktifis buruh perempuan. Peristiwa ini terjadi pada 26 Desember 19962. 1996  Kerusuhan anti Kristen diTasikmalaya. diduga sehubungan dengan pemberita-an kapal perang bekas oleh Habibie. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 30 Desember 1996.  Kerusuhan Sambas–Sangualedo.  Kerusuhan Situbondo. . Tanggal 8 Mei 1993 1994  Tempo.  Kasus waduk Nipah di madura. 1997  Kasus tanah Kemayoran.  Kasus penahanan dengan tuduhan subversi terhadap Sri Bintang Pamung-kas berkaitan dengan demo di Dresden terhadap pak Harto yang berkun-jung di sana. 1995  Kasus Tanah Koja.  Sengketa antara penduduk setempat dengan pabrik kertas Muara Enim mengenai pencemaran lingkungan. Kasus tanah Balongan. Editor dan Detik dibredel. .Sengketa tanah Manis Mata.  Kerusuhan di Flores. dimana korban jatuh karena ditembak aparat ketika mereka memprotes penggusuran tanah mereka. Peristiwa ini dikenal dengan Kerusuhan Tasikmalaya.  Penyerangan dan pembunuhan terhadap pendukung PDI pro Megawati pada tanggal 27 Juli. puluhan Gereja dibakar. Marsinah.

Peristiwa ini terjadi pada 24 Agustus 1999. dua hari sebelum kerusuhan Mei. puluhan perempuan diperkosa dan harta benda hilang. Peristiwa Ini terjadi pada 23 – 24 November 1999 dan dikenal sebagai peristiwa Semanggi II.  Pembunuhan terhadap seorang mahasiswa dan beberapa warga sipil dalam demonstrasi penolakan Rancangan Undang-Undang Penanggulangan Keadaan Bahaya (RUU PKB). Pembunuhan terhadap beberapa mahasiswa dalam demonstrasi menentang Sidang Istimewa 1998. Pembumi hangusan kota Dili.3. Timor Timur oleh Militer indonesia dan Milisi pro integrasi.  Pembunuhan terhadap beberapa mahasiswa Trisakti di jakarta . Buku ini . 1999  Pembantaian terhadap Tengku Bantaqiyah dan muridnya di Aceh. Kasus pembantaian mereka yang diduga pelaku Dukun Santet di Jawa Timur. 1998  Kerusuhan Mei di beberapa kota meletus. Peristiwa ini terjadi pada 13 – 14 November 1998 dan dikenal sebagai tragedi Semanggi I. Ribuan jiwa meninggal. aparat keamanan bersikap pasif dan membiarkan. Tanggal 13 – 15 Mei 1998. PELANGGARAN HAM DUNIA PELANGGARAN HAM AMERIKA SERIKAT Hamid Sultan Saleki Atase pres Kedubes Iran – Jakarta Artikel ini dikutip dari buku “Human Rights Violation by The United States of America” yang dikeluarkan pada 2007 oleh Departemen HAM— Kementerian Politik Luar Negeri. Peritiwa ini terjadi 24 Juli 1999. Ini merupakan buku pertama yang ditulis mengenai pelanggaran HAM berat oleh AS yang terang-terangan berdasarkan sumber-sumber dari berbagai lembaga internasional. Iran.

Tetapi kenyataannya pola pelanggaran ini tidak berasal dari aksi beberapa tentara yang melanggar hukum. Negara-negara bertanggung-jawab dalam domain HAM berdasarkan kenyataan mereka memiliki instrumen-instrumen kekuatan yang diperlukan untuk memberi arah dan efektualitas kepada kekuatan aktif globalisasi. Kenyataannya. ketika potret pertama muncul mengenai personel militar AS menghina. pelanggaran hak-hak sipil dan politik oleh Pemerintahan AS terhadap mereka yang ada di dunia dalam apa yang disebut “perang terhadap teror” tak dapat disamakan dengan pelanggaran HAM oleh sebuah pemerintahan kecil dalam wilayah yang kecil. Ketaatan. termasuk penetapan standar dan aplikasi HAM di dunia. menerapkan metode interogasi yang bersifat memaksa dan pendekatan “tidak melihat kejahatan. perangai HAM para pemain yang lebih berpengaruh di dunia memiliki dampak besar pada semua aspek kehidupan modern. itu akan digunakan sebagai rujukan oleh pihak lain. yang ditandai dengan globalisasi yang sedang tumbuh. kerja segelintir tentara yang buruk yang bertindak tanpa perinta. Jelas. dan bahwa Pemerintahan AS telah mengakui bahwa perjanjian-perjanjian dimaksud . satu-satunya aspek pengecualian dari pelanggaran di Abu Ghuraib adalah potret. Kendati fakta bahwa AS telah meratifikasi Konvensi PBB yang menentang penyiksaan dan Konvensi Ketiga dan Keempat Geneva. Situasi yang mengerikan di tempat-tempat seperti Tanjung Guantanamo dan Bagram dan kisah-kisah tentang pusat-pusat penahanan rahasia di seluruh dunia akan berdampak negatif terhadap struktur konsep hukum internasional tentang HAM dan penerapannya di dunia.menggunakan lebih dari 117 referensi sebagai sumber data dan informasi tentang pelanggaran HAM yang dilakukan oleh AS. Sejak April 2004. promosi dan perlindungan HAM berdasarkan penghormatan pada perbedaan budaya dalam kerangka universalitas merupakan salah satu pilar kehidupan modern saat ini. Lebih parah lagi. menyiksa. pemerintahan AS berulangkali mencoba memotret pelanggaran HAM itu sebagai insiden yang terpisah. dan juga memperlakukan dengan buruk tahanan di penjara Abu Ghuraib di Irak. Karena itu. Kebijakan administrasi yang menciptakan iklim Abu Ghuraib dalam tiga cara fundamental pengelakkan dari hukum intenasional. tidak mendengar kejahatan” pemerintahan Bush. menemukan interpretasi negatif atas ketentuan hukum internasional terhadap HAM di dalam kultur unilateralisme yang sedang tumbuh. Kejadian itu berasal dari keputusan yang dibuat oleh Pemerintahann AS untuk membelokkan. mengabaikan. atau mengesampingkan hukum.

ketidak-berpihakan. perlakukan atau hukuman yang tidak manusiawi atau merendahkan yang ditimpakan oleh militer dan personel non militer AS atau pekerja kontrak. beberapa ahli hukum telah mengungkapkan bahwa AS dapat diwajibkan untuk mengadili beberapa prajuritnya untuk kejahatan perang dan dibawah Konvensi Ketiga dan Keempat. Sejak 2002 Kamp Guantanamo telah menjalankan perannya sebagai penjara militer dan kamp interogasi dan menahan lebih dari 775 tahanan dari 44 negara dan kebanyakan orang-orang yang dicurigai oleh pemerintahan AS sebagai operatif Al-Qaeda dan Taliban. The Committee menyesal AS tidak memberikan informasi cukup menyangkut penuntutan yang dilontarkan. dan efektivitas investigasi menjadi tuduhan penyiksaan dan kekejian. yang . personel militer dan intelijen AS di Afghanistan melakukan sistem interogasi yang meliputi penggunaan deprivasi tidur. dalam jawaban. Bagaimanapun.. Human Rights Committee telah mencatat dengan keprihatinan kekuarangan-kekurangan menyangkut kemerdekaan. terlebih. Irak. pasukan pimpinan AS telah menangkap dan menahan ribuan orang dan warga negara asing lain di seluruh . terlihat bahwa Pemerintahan Bush mengklaim para tahanan yang diambil dari Abu Ghuraib tidak digolongkan sebagai tahanan perang dibawah hukum internasional. tahanan perang orang sipil yang ditahan dalam suatu perang tak dapat diperlakukan dalam perangai yang merendahkan.mengikat dalam perang untuk pembebasan Irak. hukuman-hukuman dan reparasi yang dijamin buat korban. Fasilitas penahanan AS yang utama di adalah di pangkalan udara Bagram. di fasilitas penahanan di Guantanmo. AS telah gagal memberi penjelasan yang cukup atas tuduhan perlakukan buruk terhadap tahanan oleh personel militar dan intelijen AS di Afghanistan. Menurut Human Rights Watch. dan memaksa tahanan untuk duduk atau berdiri dalam posisi yang menyakitkan untuk periode waktu yang lama. Dalam hal ini. dan lokasi di luar negeri lainnya. deprivasi indera. Sejak kejatuhan pemerintahan Taliban di Afganistan. CIA juga menahan tahanan yang tak jelas jumlahnya. penggunaaan Guantanmo sebagai penjara militer telah diserang oleh organisasi-organisasi hak asasi manusia dan para pengritik lain. Ada banyak laporan tentang pelanggaran hak asasi manusia oleh personel militer dan intelijen AS di Afghanistan. di pangkalan udara Bagram dan lokasi lain di Afghanistan. termasuk di Kabul . Afghanistan. dan pada kasus-kasus kematian yang dicurigai di tempat tahanan di salah satu lokasi-lokasi ini. dan pelanggaran dalam seksi itu adalah “pelanggaran berat”.

mengutip laporan-laporan bahwa para tahanan telah disiksa atau diperlakukan secara kejam. dan menjamin mereka dihukum secara wajar. termasuk sifat administratif atau kurang dari satu tahun penjara. Filipina (AP Photo) . menurut keseriusan kejahatan. di teritori mana saja dibawah juridiksinya. AS harus mengambil tindakan cepat untuk menghapus semua bentuk penyiksaan dan perlakukan buruk terhadap tahanan oleh personel militer dan sipil. Harriska Farida Adiati Demonstrasi pendukung Aung San Suu Kyi di Manila. tidak manusiawi dan perlakukan yang menghina atau hukuman yang dilakukan oleh anggota militer dan sipil tertentu di dan Irak. 26 Mei 2009. menuntut semua yang bertanggung jawab bagi tindakan semacam itu. Jelas.A Kawilarang. termasuk suatu hasil dalam kematian tahanan. AS telah secara eksplisit dan sistematik melanggar standar internastional menyangkut perlakukan manusiawi terhadap tahanan yang membawa pada keberatan yang dimunculkan oleh organisasi internasional inter alia Human Rights Commission and Committee Against Torture. 12:14 WIB Renne R. Juga menjadi keprihatinan bahwa investigasi dan penuntutan banyak kasuskasus ini. Dalam hal ini. Junta Militer Tadinya Bersiap Melepas Suu Kyi Masa tahanan rumah atas Aung San Suu Kyi seharusnya berakhir 27 Mei esok Selasa. dan harus segera serta melakukan tidakan investigasi secara mendalam. telah membawa pada hukuman yang lembut. The Committee Against Torture (CAT) menyuarakan keprihatinannya atas laporan-laporan yang bisa dipercaya mengenai tindakan penyiksaan atau kekejian.

Junta militer Myanmar (Burma) sebenarnya bersiap membebaskan
pemimpin pro-demokrasi, Aung San Syu Kyi, dari tahanan rumah pada
pekan ini. Namun, keputusan itu batal diberlakukan setelah seorang
warga Amerika Serikat (AS) awal bulan ini menyusup dan tinggal di rumah
Suu Kyi sehingga melanggar hukum keamanan Myanmar. Demikian
ungkap seorang pejabat keamanan Myanmar.
Kepada wartawan dan diplomat, Selasa 26 Mei 2009, Brigadir Jenderal
Myint Thein, mengatakan, pemerintah tadinya berencana membebaskan
Suu Kyi, Rabu besok, setelah dia menjalani tahanan rumah selama
hampir enam tahun. Alasan pembebasan adalah karena faktor
kemanusiaan dan karena Suu Kyi adalah putri dari pendiri negara
Myanmar, Aung San. Namun awal bulan ini, kata Thein, muncul peristiwa
tak terduga berupa penyusupan seorang warga AS, John Yettaw .
Suu Kyi ditangkap dan sejak itu dikenai dakwaan melanggar peraturan di
rumah tahanan dengan menampung Yettaw di rumahnya. Dia juga
dituduh berkomunikasi dengan Yettaw dan menyediakan makanan. Pria 53
tahun itu berenang melalui danau menuju tempat tinggal perempuan 63
tahun itu, awal bulan ini.
Pengacara Suu Kyi mengatakan, kliennya tidak mengundang pria itu dan
meminta dia untuk meninggalkan rumah. Peraih Nobel Perdamaian ini
diperkirakan akan dinyatakan bersalah dan menghadapi ancaman
hukuman lima tahun penjara.
Dia telah menyatakan diri tidak bersalah pada Jumat lalu. Dua pembantu
yang tinggal bersama Suu Kyi dan Yettaw juga mengaku tidak bersalah
atas dakwaan yang sama.Dakwaan yang dikenakan pada Suu Kyi
dianggap sebagai cara pemerintah junta untuk tetap menahan Suu Kyi
menjelang pemilihan yang dijadwalkan tahun depan.
Wartawan dan diplomat diizinkan duduk di dalam ruang sidang pada
Selasa ini. Ini merupakan sidang kedua di mana peristiwa langka
mengizinkan wartawan dan diplomat hadir di persidangan Suu Kyi terjadi.
Dalam sidan hari ini, Suu Kyi akan memberi kesaksian. (AP)

Uni Eropa Kecam Pelanggaran
HAM di Afrika
BRUSSEL: Menjelang digelarnya KTT Uni Eropa-Afrika di Lissabon Presiden
Komisi Eropa José Manuel Barroso, mengritik tajam pelanggaran hak asasi

dan rezim otoriter di benua hitam tersebut. Barroso mengatakan, ia tidak
dapat menerima, para bekas pejuang kemerdekaan bagi negaranya dari
kolonialisme, sekarang justru menghambat kebebasan sesama warga.
Barroso secara tidak langsung menunjuk kepada Presiden Zimbabwe
Robert Mugabe. Dalam waktu bersamaan presiden Komisi Eropa itu juga
menyerukan kemitraan yang sejajar antara Eropa dan Afrika. Hubungan
donor dan penerima bantuan harus diakhiri. KTT yang akan dibuka Jumat
(07/12) malam itu akan dihadiri kepala negara dan kepala pemerintahan
27 anggota Uni Eropa dan 53 negara di Afrika. Agenda utama
pembahasan adalah masalah perdamaian dan keamanan, migrasi,
perdagangan serta perubahan iklim.

PERANG IRAK DENGAN AS
kasus perang Irak dengan Amerika ini telah terjadi kurang lebih selama empat
tahun dan PBB pun belum mengambil
keputusan yang paling tepat untuk menyelesaikan kasus ini sehingga telah
banyak pelanggaran – pelanggaran HAM yang telah terjadi pada peristiwa ini.

Reaksi Presiden Amerika Serikat, George Walker Bush, terhadap serangan
telak teroris langsung ke jantung ekonomi AS (Gedung World Trade
Center) dan jantung pertahanan AS (Gedung Pentagon), menimbulkan
efek domino yang mengubah peta politik dunia kontemporer. Para analis
politik mengajukan sejumlah argumentasi yang mencoba
menggambarkan pergeseran-pergeseran dalam dinamika hubungan
internasional negara-negara di dunia. Para pemimpin dunia sibuk
melakukan negosiasi-negosiasi politik tingkat dunia untuk menjaga
stabilitas negaranya sambil tetap menjaga keseimbangan kepentingankepentingan politik luar negeri. Tidak hanya itu, para pemimpin agama
dan para teolog pun merespons situasi dunia dengan mencoba
membangun refleksi-refleksi teologis untuk memberi makna pada
perubahan global yang terjadi, agar dengannya umat beragama di seluruh
dunia tidak terpecah-belah dalam arena konfrontasi politik dunia.
Upaya mencermati situasi dan dinamika politik dunia pasca-9/11 dengan
segenap dampaknya, memang membutuhkan tingkat kejelian yang tinggi.
Kendati secara umum dilihat sebagai suatu peristiwa politis, namun
peristiwa 9/11 sarat dengan muatan konflik ideologis, yang dalam hal ini
juga menyeret masalah agama ke dalam arena politik. Itulah yang
membuat kajian terhadap situasi politik dunia kontemporer pasca-9/11
menjadi suatu upaya ilmiah yang kompleks, sulit dipilah-pilah secara
konseptual sehingga dilihat sebagai produk akademis yang “bebas-nilai”.
Akan tetapi, sebagian besar analisis dan peneliti pada akhirnya menyadari
bahwa pemilahan konseptual yang “bebas-nilai” juga tidak realistis
meskipun tetap diperlukan dan dikategorisasikan secara seimbang.

Buku ini dapat dilihat sebagai salah satu upaya membedah realitas
kompleks politik luar negeri AS pasca-9/11 serta dampaknya bagi
hubungan internasional. Dalam kapasitasnya sebagai seorang pendeta,
alih-alih memisahkan masalah 9/11 dari agama, Richard Daulay malah
mencoba menelusuri sampai sejauh mana pertimbangan-pertimbangan
teologis memengaruhi produk kebijakan Presiden George W. Bush. Dua
ideologi utama yang dicermati dalam buku ini adalah “neokonservatisme”
dan “fundamentalisme Kristen”. Kedua ideologi inilah yang menjadi pusat
perhatian Daulay, dengan mencoba melihat korelasi kedua kekuatan ini
dalam berbagai kebijakan luar negeri AS.
Kajian hubungan antara neokonservatisme dan fundamentalisme Kristen
memang dilihat aneh. Demikian pandangan Rizal Mallarangeng dalam
kata pengantar buku ini. Kaum neokonservatif awalnya dimotori oleh
kaum intelektual New York, Yahudi sekuler, migran dari ajaran Stalin dan
kaum kiri lainnya (misalnya: Irving Kristol). Di pihak lain, kaum
fundamentalis Kristen yang pasti tidak akan nyaman secara personal
berkawan dengan tokoh-tokoh intelektual sekuler seperti Irving Kristol.
Namun, Mallarangeng pun menyadari bahwa dalam politik banyak hal
dapat terjadi karena pertautan kepentingan. Dengan pendasaran pada
pandangan Unger, Daulay rupanya juga menerima bahwa “kepentingan”
di sini bukan hanya kepentingan politik tetapi juga kepentingan teologis.
Menurut Unger, fundamentalisme Kristen dengan teologi
premilenialismenya dan neokonservatisme dengan ideology demokrasi
imperialismenya sama-sama bertemu dalam kepentingan Israel.
Keduanya menghadapi common enemy, yakni Irak; dan common mission,
yakni Israel (hlm. 64).
Berdasarkan hasil kajiannya, Daulay sendiri mengakui bahwa Bush sedang
mempraktikkan agamanisasi politik, yakni menempatkan politik dalam
domain agama. Praktik ini mengacu pada pandangan politik Bush yang
dikenal sebagai “Doktrin Bush”, dalam pidato kenegaraannya di hadapan
Kongres pada 20 September 2001. Ditinjau dari segi retorika dan
kebijakan-kebijakannya pasca 9/11, Bush memang sangat intensif
menggunakan ungkapan-ungkapan yang sarat dengan ide-ide teokrasi
dan fundamentalisme Kristen di Amerika. Menurut Daulay, dalam batas
tertentu, Bush sedang melakukan politik luar negeri yang dijiwai oleh
prinsip-prinsip teokrasi, bahwa perang melawan terror itu adalah perintah
Tuhan, dan bahwa Bush ditempatkan Tuhan di Gedung Putih untuk
memimpin perang melawan terror demi menghancurkan kerajaan setan:
Irak, Iran, dan Korea Utara.

tetapi Daulay melihat ada relevansi yang signifikan dengan perkembangan kehidupan agama-agama di dunia.400 warga Palestina di Gaza. berbagai fasilitas umum bahwa menembak wartawan yang sedang menjalankan tugas jurnalistiknya. Agresi tersebut menyebabkan 1. Menteri Penerangan dan Diaspora Israel. Politik agama adalah politik moral yang tugasnya adalah menjaga moral dalam masyarakat. 131). tugas agama-agama adalah melakukan politik agama. Buku ini patut dibaca oleh setiap orang yang gelisah dengan fenomena politik nasional dan internasional saat ini. Dalam agresi itu. Politisasi agama sangat berpotensi menciptakan polarisasi dan perpecahan serta disintegrasi. rumah-rumah sakit.Meskipun buku ini merupakan hasil kajian Hubungan Internasional dengan focus pada politik luar negeri AS pasca 9/11. sekolah. bukan politisasi agama (hlm. Keduanya diberi waktu enam bulan untuk melakukan penyelidikan. buku ini juga mengajak setiap umat beragama untuk tidak bersikap apatis terhadap politik. khususnya di Indonesia. Politik agama adalah politik kenabian bukan politik partisan. Tujuan utama dari semua itu sudah jelas: terciptanya suatu tatanan masyarakat dunia yang damai dan sejahtera dalam semangat keadilan bagi setiap manusia. Menurut Daulay. Israel juga menyerang kantor perwakilan PBB. tewas. 133). Pada titik “keadilan” itulah agama berkepentingan menjalankan tugas politik kenabiannya. kebanyakan warga sipil. Pernyataan Edelstein mengisyaratkan penolakan Israel atas rekomendasi laporan Richard Goldstone-ketua tim penyelidik PBB atas serangan Israel ke Gaza tahun 2008-yang memerintahkan agar Israel dan Hamas melakukan penyelidikan independen atas pelanggaran hak asasi manusia dan kejahatan perang yang terjadi saat agresi itu. Tetapi kecenderungan yang terjadi sekarang di Indonesia adalah politisasi agama (hlm. tetapi terlibat aktif dalam kehidupan politik dengan pendasaranpendasaran keyakinan (iman dan ideologi) yang positif dan konstruktif. . Politik kenabian atau gerakan moral agama adalah perjuangan untuk menegakkan keadilan dalam masyarakat. Yuli Edelstein usai bertemu dengan Sekjen PBB Ban Ki-moon di New York mengatakan bahwa Israel tidak berniat membentuk komisi verifikasi. KASUS GAZA Israel lagi-lagi membangkang perintah PBB agar rejim Zionis itu melakukan penyelidikan independen atas dugaan kejahatan perang yang dilakukan militer Israel dalam agresi brutalnya ke Gaza bulan Januari 2008. Tidak hanya itu.

" kata pejabat yang tidak mau diungkap jati dirinya itu. Israel bahkan menyebut laporan Goldstone anti-Semit. Tapi seorang sumber dari kalangan pejabat senior Israel mengatakan bahwa belum ada keputusan apakah penyelidikan itu akan dilakukan atau tidak.Pihak Hamas sudah menyatakan kesediaannya melaksanakan rekomendasi tersebut. Tapi pernyataan Edelstein sepertinya sudah menunjukkan jawaban seperti apa yang akan diberikan Israel. Israel harus menyerahkan jawaban resminya atas tuduhan kejahatan perang yang tercantum dalam laporan hasil investigasi tim PBB. Dua hari lagi. tapi belum ada keputusan apapun dengan alasan taktis. tapi terbatas pada penyelidikan internal di kemiliteran Israel serta mencari celah untuk membantah salah satu dakwaan Goldstone bahwa Israel mengobarkan perang untuk menghukum warga sipil Gaza. Tapi Israel. sejak awal menolak laporan Goldstone yang menyebut Israel telah melakukan kejahatan perang dalam agresinya ke Gaza. Surat kabar Israel Haaretz melaporkan bahwa Israel kemungkinan hanya akan melakukan penyelidikan. ************ . "Pembahasan sedang dilakukan.

Wassalamu’alaikum Wr. Kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk memuaskan para pembaca dengan berita / informasi yang telah kami berikan. Kami berharap semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan penambahan wawasan bagi para pembaca sekalian.Penutup Assalamu’alaikum Wr. Wb. Wb Kami selaku redaksi yang menyusun artikel ini tak pernah lepas untuk mengucapkan terima kasih kepada bapa guru yang telah membimbing kami dalam proses penyelesaian artikel ini hingga tuntas dan kepada para pembaca sekalian yang telah membaca artikel ini. Hormat kami. . Serta tak lupa kami pun tak henti-hentinya mengucapkan permintaan maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam artikel ini terdapat kesalahan ejaan ataupun kurangnya kelengkapan dari artikel-artikel yang telah kami sajikan.

wordpress.com/2008/08/sejara h-hak-asasi-manusia.html http://emperordeva.blogspot.com/about/sejarah -hak-asasi-manusia/ http://organisasi.org/pengertian_macam_dan_jeni s_hak_asasi_manusia_ham_yang_berlaku_umum_g lobal_pelajaran_ilmu_ppkn_pmp_indonesia http://gurupkn.com/2008/02/22/penge rtian-pengertian-hak-asasi-manusia/ .wordpress.Annida dan Julianita DAFTAR PUSTAKA http://imadekariada.

pdf http://syaldi.answers.com/news/read/60789junta_militer_tadinya_bersiap_melepas_suu_kyi .vivanews.blogspot.dwworld.go.00.id/profil/landasanhukum http://polowijoyo.com/201 1/03/pengertian-hak-asasi-manusia-danmacam.web.com/2011/01/definisiham-hak-asasi-manusia.wordpress.html http://www.html http://erieltala.wordpress.com/2009/09/ha munit2.com/ http://www.blogspot.http://www.id/2007/03/memahamipelanggaran-hak-asasi-manusia-ham/ http://katabuku..com/2009/04/17/ameri ka-vs-irak/ http://id.gudangmateri.2992651.com/2011/03/hakekathak-asasi-manusia.yahoo.komnasham.html http://daniiskandarmanajemen.files.de/dw/article/0.html http://dunia.

wikipedia.html .fica.com/2007/07/14/pelan ggaran-ham-amerika-serikat/ http://www.http://myartikel.org/hr/ambon/idAmbonCivilWar.wordpress.scribd.org/wiki/ www.com/doc/18371455/KasusPelanggaran-Ham-Internasional http://id.