You are on page 1of 6

SIMULASI DAN ANALISIS KINERJA FLEXIBLE AC TRANSMISSION SYSTEM

(FACTS) DEVICES PADA SISTEM TENAGA LISTRIK

TESIS
Untuk Memenuhi Persyaratan
Memperoleh Gelar Magister Teknik

DisusunOleh:

MUHAMMAD FAHMI HAKIM
NIM: 0820601002

PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO
MINAT SISTEM TENAGA LISTRIK

PROGRAM MAGISTER DAN DOKTOR
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG 2011

Anggota..MT.TESIS SIMULASI DAN ANALISIS KINERJA FLEXIBLE AC TRANSMISSION SYSTEM (FACTS) DEVICES PADA SISTEM TENAGA LISTRIK Oleh: Nama NIM ProgramStudi Minat :Muhammad Fahmi Hakim :0820601002 :Teknik Elektro :SistemTenaga Listrik Menyetujui Komisi Pembimbing. NIP.D NIP.Ph.. NIP.197305202008011013 Dr.197212181999031002 Mengetahui Ketua Program Studi Teknik Elektro Dr. Hadi Su yono.ST.Agung Darm awansyah.197212181999031002 .MT.ST. Ketua.ST.MT..Agung Darm awans yah..

ST. MT. M. Ph..10. Ph.Sc. ST.. ::- TIM DOSEN PENGUJI: Dosen Penguji 1 Dosen Penguji 2 Dosen Penguji 3 Dosen Penguji 4 : Rini Nur Hasanah.D : Ir.JUDUL TESIS: SIMULASI DAN ANALISIS KINERJA FLEXIBLE AC TRANSMISSION SYSTEM (FACTS) DEVICES PADA SISTEM TENAGA LISTRIK Nama Mahasiswa NIM Program Studi Minat : Muhammad Fahmi Hakim. MT.131/SK UT/2009 . ST. ST.... MT. : 0820601002 : Teknik Elektro : Sistem Tenaga Listrik KOMISI PEMBIMBING: Ketua Anggota Anggota Anggota : Hadi Suyono.D : DR. Agung Darmawansyah. ::- Tanggal Ujian SK Penguji : 18 Agustus 2011 : 090/J. Teguh Utomo.

.Lembar Persembahanku. Teruntuk: Nabi Muhammad saw. . . . . . . Ibunda dan Ayah Tercinta Ibu Siti Nurijah dan Bapak Thamam Choiri Kakak-kakakku dan keponakan-keponakanku Tersayang Serta Yuanita Noviantari . . . .

RIWAYAT HIDUP Muhammad Fahmi Hakim. Lamongan. dan menyelesaikan pendidikan sarjana Teknik Elektro minat Sistem Tenaga Listrik Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang tahun 2008. 26 Agustus 2011 Penulis . 29 Desember 1984 adalah anak ketiga dari ayah Thamam Choiri dan ibu Siti Nurijah. SD sampai SMA di kota Malang lulus SMA tahun 2003. Malang. Pengalaman kerja sebagai dosen pada Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik Kota Malang (2010-sekarang).

Seluruh dosen dan rekan mahasiswa serta karyawan Program Magister dan Doktor Universitas Brawijaya yang namanya tidak dapat disebutkan satupersatu yang ikut mendukung terselesainya tesis ini. sebagai berikut: DR. ST.. pengertian. Agung Darmawansyah. Agung Darmawansyah. selaku Ketua Program Studi Program Magister Dan Doktor Teknik Elektro atas segala ilmu.Penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak yang telah membantu penulis selama studi hingga menyelesaikan tesis. Ph. MT. MT. selaku komisi pembimbing tesis yang telah banyak memberikan pengarahan dan bimbingan dalam penyelesaian proposal tesis ini serta atas segala bentuk bantuan dan saran yang membangun. MT. dorongan moril maupun materiil selama ini sehingga penulis menjadi seperti sekarang.... saran dan bantuan yang telah diberikan. ucapan terima kasih dan sembah bakti penulis haturkan kepada Ibunda dan Ayahanda tercinta atas segala doa. ST. Hadi Suyono. Secara khusus. Kementrian Pendidikan Nasional melalui Beasiswa Unggulan yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk dapat mengenyam pendidikan Magister Dan Doktor. ST. kasih sayang. Keluarga besar Politeknik Kota Malang khususnya Pak Bagus Gunawan. .D dan DR. Pak Agung Swasono. dan para Ketua Program Studi yang telah memberikan dukungan dan kesempatan untuk menyelesaikan tesis ini.