You are on page 1of 17

MODUL PELATIHAN

MELIBATKAN PEMUDA DALAM
PERENCANAAN PROGAM
PEMBANGUNAN

Disusun oleh:
Siti Wahyudini

0

2014 1 .

Sehubungan dengan hal tersebut. pengorganisasian masyarakat. Modul ini berisi rangkaian materi analisa sosial.R. teknik membangun kerja kelompok. Salah satu wujud dari komitmen tersebut adalah dengan melibatkan pemuda dalam proses perencanaan. dan Europe Aid.A. pelaksanaan dan pengawasan program pembangunan. modul pelatihan ini dirancang agar para pihak pemangku kepentingan dalam pembangunan kepemudaan dapat menciptakan lingkungan yang lebih kondusif agar pelibatan pemuda dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. membangun pemahaman dan menumbuhkan keterampilan mereka dalam melibatkan sektor pemuda dalam proses perencanaan. Adapun modul ini disusun dengan mempertimbangkan berbagai kebutuhan bagi stakeholder yang akan menjadi peserta pelatihan dalam rangka menumbuhkan kesadaran. pengetahuan dan keterampilan stakeholder pembangunan kepemudaan dalam rangka mendorong terciptanya proses pembangunan yang partisipatif. 2 . Harapannya modul ini dapat memberi kontribusi positif dalam menumbuhkan kesadaran.I. Modul ini diadaptasi dari Modul Pelatihan “Involving Youth in Community Driven Development Program” yang digagas oleh C. dan dilengkapi dengan panduan untuk melaksanakan workshop dalam merumuskan rencana aksi pelibatan kaum muda dalam proses pembangunan.KATA PENGANTAR Kebijakan Pengarusutamaan Pemuda dan Olahraga yang telah digaungkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga sejak tahun 2010 bertujuan agar setiap pihak memiliki komitmen untuk memprioritaskan pembangunan kepemudaan dalam pembangunan nasional. sampai kepada monitoring dan evaluasi pembangunan. dimensi pemberdayaan. pelaksanaan.D.

Siti Wahyudini 3 .November 2014.

KONTRAK BELAJAR keterampilan) yang ingin diperoleh peserta -Harapan dari Pelatihan dari pelatihan ini -Kesepakatan Aturan dan Waktu  Disepakati aturan bersama dan waktu selama serta Sanksi pelatihan berlangsung.KURIKULUM PELATIHAN No. Kegiatan Tujuan Alat Bantu Metode Stressing Point Waktu PEMBUKAAN Peserta mengetahui dan memahami maksud  Sambutan dan tujuan pelatihan  Permainan Terbangun suasana keakraban yang mendukung kelancaran komunikasi diantara PERKENALAN peserta  Teridentifikai harapan (pengetahuan. Games PRA-KURRIKULA I. WAWASAN TENTANG MODU PERENCANAAN L PEMBANGUNAN I DAN PARTISIPASI MASYARAKAT PROSES PERENCANAAN DALAM PEMBANGUNAN PRINSIP-PRINSIP PARTISIPASI MASYARAKAT Peserta diharapkan memahami: Pengertian perencanaan Fungsi & manfaat perencanaan Syarat perencanaan Perencanaan yang Ideal Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional Setelah proses pembelajaran peserta diharapkam memahami  Pengertian Partisipasi  Dasar hukum partisasi  Prinsip partispasi       Interaktif  Presentasi  Ceramah  Curah  Pendapat Metacard warna-warni     Kertas plano Spidol Meta plan LCD Meningkatkan keakraban peserta 60 menit .

Kegiatan PENGENALAN MASYARAKAT SEBAGAI SUBYEK PEMBANGUN MODU II. L II MODU L III. III Tujuan  Perencanaan Pembangunan Partisipatif  Peserta dapat merumuskan karakteristik tentang masyarakat sasaran disekitar . faktor-faktor penyebab. prinsip.  Studi kasus dan strategi pengorganisasian masyarakat  Metacard MASYARAKAT/STAKEH Peserta dapat mengidentifikasi/analisa OLDER Metaplan Spidol 10 step pengorganisasian masyarakat TEAM BUILDING (MEMBANGUN KERJASAMA & KOMUNIKASI) Metaplan Spidol PENGUATAN KETERAMPILAN PENDAMPINGAN RENCANA TINDAK LANJUT PERENCANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN PENUTUPAN potensi dan peran stakeholder Peserta terampil melakukan pengorganisasian masyarakat Peserta dapat menjelaskan prinsip komunikasi dengan masyarakat Peserta dapat menjelaskan faktor-faktor pendukung terlaksananya kerja sama Peserta mampu meningkatkan komunikasi yang efektif   Peserta dapat merumuskan prioritas kebutuhan program di daerahnya Peserta terampil menyusun rancangan program untuk daerahnya Energizers: Dinamika kelompok  Kerja Kelompok Kertas flipchat Spidol Waktu .No.factor sosial dan budaya masyarakat umumnya  Peserta mengetahui siapa subyek dan sasaran program Metode Analisa cerita “Kisah monyet dan 2 ekor ikan” (diskusi kelompok) Alat Bantu Stressing Point Metaplan Spidol Mendalami/memperku at ketajaman analisis problem komunitas. PENGORGANISASIAN Peserta mampu menjelaskan konsep.  Peserta dapat mengetahui ttg.

Untuk itu. kurikulum pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta yang terdiri dari unsur stakeholder strategis dalam masyarakat. sesi-sesi pelatihan ini diharapkan akan membangun kapasitas para stakeholder dalam hal. kepentingan dan prioritas pihak-pihak tersebut dalam perencanaan.Deskripsi Pelatihan Secara umum. kurikulum pelatihan ini dikembangkan dengan memperkenalkan materi-materi tentang apa itu proses pembangunan. . serta strategi pengembangan keterlibatan pemuda dalam pembangunan partisipatif. Secara khusus. dimensi pemberdayaan masyarakat dan tehnik pengorganisasian masyarakat. dan peran penting pemuda di dalamnya.  Meningkatkan keterampilan peserta dalam mendorong keterlibatan pemuda dalam proses pembangunan partisipatif. dengan pengetahuan dan kemampuan untuk melibatkan pemuda dalam proses pembangunan berbasis masyarakat. Oleh karena itu. penyusunan dan pengelolaan program pembangunan secara partisipatif. Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam rangka mengupayakan tercapainya tujuan pembangunan daerah yang partisipatif dengan melibatkan peran pemuda sebagai salah satu stakeholder penting dalam struktur masyarakat. pelatihan ini bertujuan untuk membangun kapasitas stakeholder dalam membuat perencanaan program untuk melibatkan peserta dalam proses pembangunan partisipatif.  Identifikasi pihak-pihak terkait.  Pengenalan aspek-aspek penting dalam perencanaan. penyusunan dan pengelolaan pembangunan. Tujuan Tujuan umum modul-modul dalam pelatihan ini adalah sebagai berikut:  Membangun kesadaran peserta tentang arti penting pembangunan partisipatif dan arti penting keterlibatan pemuda dalam proses pembangunan.

. Pengembangan pilihan-pilihan (solusi) yang dapat dipergunakan dalam melakukan mendorong keterlibatan pemuda dalam pembangunan.

sehingga mereka tidak dapat mengetahui gambar apa yang ditempelkan di punggung mereka. 3. .  Selanjutnya mereka diminta untuk mencari peserta yang menjadi pasangannya (yang memiliki gambar yang sama).  Setelah mereka menemukan pasangannya.Pra Kurikula Waktu: 60 menit Tujuan Pembelajaran: 1. Menyusun aturan main pelatihan. dimana trainer membuat gambar/symbol untuk masing-masing peserta. Melakukan identifikasi harapan dan kekhawatiran terhadap pelatihan. Perkenalan Alat dan bahan:  Karton  Spidol  Selotape Proses:  Perkenalan dilakukan melalui sebuah permainan. 2. selanjutnya mereka diminta untuk saling berkenalan.  Masing-masing gambar dibuat berpasangan. Gambar tersebut kemudian ditempelkan di punggung masingmasing peserta. dengan catatan selama mencari pasangan tersebut. Refleksi: Trainer merefleksikan permainan ini dengan menyampaikan kepada peserta arti penting proses komunikasi non-verbal sebagai instrument untuk menyampaikan pesan. 4. Memberikan penjelasan kepada peserta tentang tujuan pelatihan. Mendorong tumbuhnya komunikasi yang intensif antar peserta (melalui proses perkenalan). peserta tidak boleh berbicara dengan rekannya.

2. Peserta harus mengikuti materi secara keseluruhan 3. Kesepakatan Aturan Pelatihan Proses: Untuk mencapai harapan dan mencegah terjadinya hal-hal yang dikhawatirkan selama pelatihan ini. Seluruh peserta harus hadir di ruang pelatihan 5 (lima) menit sebelum acara dimulai 4. .Kontrak Belajar Alat dan bahan:  Metacard  Spidol Proses:  Trainer membagikan metacard yang harus diisi oleh peserta tentang harapan dan kekhawatiran tentang pelatihan ini. dan lain-lain.  Metacard dikumpulkan dan trainer meminta beberapa peserta menjadi sukarelawan untuk membacakan kartukartu yang telah dikumpulkan. menyampaikan rekap materi harian. Refleksi: Trainer membahas tentang harapan dan kekhawatiran peserta dan menekankan pentingnya konsentrasi dan kerjasama yang baik antara peserta dan trainer agar harapan dapat tercapai. Handphone harus dinon-aktifkan selama berada dalam ruang pelatihan. trainer bersama dengan peserta menyepakati beberapa aturan main sebagai berikut: 1. Dibentuk kelompok diantara peserta yang bertugas untuk menjadi time keeper.

PROSES PEMBANGUNAN PERENCANAAN DALAM Waktu: 60 menit Tujuan Pembelajaran: Mengenalkan pada peserta tentang:  Proses pembangunan yang berlangsung di Indonesia  Pengertian perencanaan  Fungsi dan manfaat perencanaan  Syarat. tujuan dan sifat perencanaan  Perencanaan yang ideal  Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional Alat dan bahan: Slide Metode: Presentasi. WAWASAN TENTANG PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT Materi 1. diskusi Proses: Materi Modul (Modul 1_1_PERENCANAAN PEMBANGUNAN) .Modul 1.

metacard.Materi 2. spidol.Peserta diminta mempresentasikan hasil diskusi kelompok . Prinsip partisipasi 4. Dasar hukum partisipasi 3. PRINSIP-PRINSIP PARTISIPASI MASYARAKAT Waktu: 60 menit Tujuan Pembelajaran: Setelah proses pembelajaran peserta diharapkan memahami: 1.Diskusi kelompok (tugas dari bahan presentasi) . Perencanaan Pembangunan Partisipatif Alat dan bahan: Slide. Pengertian partisipasi 2. kertas koran Metode: Presentasi. diskusi. kerja kelompok Proses: .Presentasi materi modul (Modul 1_2__PRINSIP PARTISIPASI) .

Alat dan bahan: Spidol. PENGENALAN MASYARAKAT SEBAGAI SUBYEK PEMBANGUNAN Waktu: 60 menit Tujuan Pembelajaran: Modul ini bertujuan untuk mendorong agar: 1.Materi 3. kertas koran Metode: Presentasi.faktor sosial dan budaya masyarakat umumnya. Peserta mengetahui siapa subyek dan sasaran program. Peserta dapat merumuskan karakteristik tentang masyarakat sasaran di sekitar. minta peserta bercerita tentang situasi yang sama yang pernah dihadapi o Presentasi bahan (MODUL 1_3_a_ANALISIS MASALAH & PBL) . Peserta dapat mengetahui tentang. Peserta memahami posisi. potensi dan arti penting keterlibatan pemuda (sebagai salah satu stakeholder strategis) dalam pembangunan. 3. 4. 2. metacard. diskusi kelompok Proses: o Analisis cerita “Kisah Monyet dan Ikan” (MODUL 1_3_ANALISIS MASALAH) o Presentasi hasil diskusi o Refleksi bersama.

spidol Metode: Presentasi. (MODUL_2_1_PENGORGANISASIAN diskusi kelompok MASYARAKAT). PENGORGANISASIAN MASYARAKAT/ STAKEHOLDER Waktu: 60 menit Tujuan Pembelajaran:  Peserta mampu menjelaskan konsep. berbeda untuk setiap kelompok) o Diskusikan poin yang ditanyakan dalam Bahan Tugas o Presentasi kelompok . dan strategi pengorganisasian masyarakat  Peserta dapat mengidentifikasi/analisa potensi dan peran stakeholder  Peserta terampil melakukan pengorganisasian masyarakat Alat dan bahan: Metacard. Proses: Diskusi kelompok dengan tema PEMBANGUNAN (bagikan tugas.Modul 2. PENGUATAN KETERAMPILAN PENDAMPINGAN Materi 4. prinsip.

Siapa saja aktor/kelompok yang terlibat atau berkepentingan dengan proyek pembangunan tsb? 2. Bagaimana proses pengambilan keputusan yang terjadi dalam perencanaan pembangunan proyek tersebut ? 5. Bagaimana karakter masing-masing kelompok ? 4.TUGAS: Diskusikan: 1. Bagaimana bentuk kolaborasi yang terjadi ? 6. Apa kepentingan masing-masing aktor/kelompok ? 3. Apa pendapat anda untuk menyelesaikan masalah ini ? Apa yang harus dilakukan oleh pemimpin daerah ? Apa yang harus dilakukan oleh masyarakat ? Apa yang harus dilakukan oleh intelektual/pihak lain? .

Pada permainan ini fasilitator akan memberikan waktu sebanyak 1 menit untuk mendiskusikan apa kira-kira tema yang akan mereka buat. demikian seterusnya sampai tiba kembali gilirannya untuk mencoret.Materi 5. Melalui pemahaman atas materi ini. apa tantangan yang dihadapi dalam proses membangun soliditas tim. dan bagaimana kiat membangun soliditas kelompok. Ketentuan dari permainan ini adalah dimana masing-masing peserta hanya diperbolehkan memberikan satu coretan dan tidak boleh berbicara satu sama lain. . 3. 2. peserta diharapkan mampu mempraktekkannya di lapangan dalam proses pembangunan sinergi antar stakeholder untuk mendorong terwujudnya proses pembangunan yang partisipatif Waktu: 30 menit Tujuan Pembelajaran:  Peserta dapat menjelaskan prinsip komunikasi dengan masyarakat  Peserta dapat menjelaskan faktor-faktor pendukung terlaksananya kerja sama  Peserta mampu meningkatkan komunikasi yang efektif Alat dan bahan: Kertas lebar. Kelompok akan diberikan satu lembar kertas karton berukuran besar dan 1 buah spidol. TEAM BUILDING KERJASAMA & KOMUNIKASI) (MEMBANGUN Modul ini berisi penjelasan tentang arti penting kerja kelompok. spidol Metode: Kelompok Proses: Picture of Team 1.

Alat dan bahan: Kertas flipchart.Presentasi hasil oleh setiap kelompok. . Modul 3. PEMBANGUNAN PERENCANAAN PROGRAM Waktu: 60 menit Tujuan Pembelajaran: . minta peserta untuk merefleksikan kegiatan tersebut.4. Sampai anggota terakhir apakah gambar sesuai dengan yang diharapkan. RENCANA TINDAK LANJUT Materi 6.Peserta dapat menyusun perencanaan/program kepemudaan yang relevan dengan masalah yang dihadapi. .Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan masingmasing kelompok membuat perencanaan program kepemudaan. presentasi Proses: . spidol Metode: Diskusi kelompok.