You are on page 1of 22

PSIKIATRI

1. Pria 36 tahun mengeluh was-was dan khawatir yang sangat menganggu. Ia takut akan
terulang kejadian tadi pagi, dimana ia secara tiba-tiba merasa takut yang amat sangat saat
mengendarai mobil dalam suasana kemacetan lalu lintas yang ramai. Saat itu, ia merasa
tercekik, napasnya menjadi cepat dan tersengal, dada berdebar kencang, dan takut meninggal
saat itu. Hal ini pernah terjadi sebulan yang lalu. Kemungkinan pria ini mengidap apa?
a. Gangguan cemas menyeluruh  KEKHAWATIRAN akan peristiwa sehari-hari (cth:
takut suami PHK, anak ga dpt istri). KECEMASAN MENGAMBANG. Hampir setiap
hari. Simptom fisik ada, tetapi tidak episodik
b. Fobia sosial
c. Agorafobia  takut dlm kesendiriannya karena takut tidak ada yg menolong ATAU takut
karena keramaian karena tidak bisa keluar dari keadaan. Intinya: ketakutan karena tidak
ada yg bisa keluar dari situasi yg mengancam. EPISODIK
d. Gangguan panik  gejala seperti di soal. Dikatakan gangguan panik  jika terjadi 1x
tetapi dengan anticipatory panic ATAU > 4x serangan panik dalam sebulan. Anticipatory
panic  was-was dan kekhawatiran pada pasien
Pagi hari pasien pada kasus ini  serangan panik.
e. Gangguan somatoform
2. Perempuan, tidak suka bergaul, tidak pacaran, senang sendiri, tergantung sama ayah:
A. Gangguan kepribadian schizoid  tidak suka bergaul, senang sendiri, dll
B. Gangguan kepribadian dependen  kata kunci: tergantung pd ayah
C. Gangguan kepribadian paranoid
3. Seorang wanita 35 tahun didiagnosis ca mammae stadium lanjut. Ia merasa sedih, cemas
dan takut. Namun saat ditanya suami apa yg terjadi, dia bilang " jangan khawatir, tidak ada
masalah apa-apa"
Jenis mekanisme defensi yg dipakai wanita ini:
A. proyeksi menyalahkan orang lain
B. regresi  “kemunduran” dari kehidupannya (cth: kelakuan dewasa mundur kembali jadi
seperti anak-anak)
C. denial menyangkal

D. introyeksi menyalahkan diri sendiri atas segala kejadian buruk yg menimpa (contoh:
ayah yg menyalahkan dirinya karena anaknya tidak berhasil)
E. sublimasi  “mengganti” (cth: pemain sepak bola  cedera shg kaki diamputasi  alih
profesi jadi pemain piano)
4. Laki-laki dibawa keluarganya karena mengamuk. Sering terlihat sedih, mendengar suarasuara yang mengejek dirinya. Alkohol dan penggunaan obat (-), belum pernah seperti ini
sebelumnya. Diagnosis yang paling tepat:
a. lupa
b. lupa
c. Psikosis akut
d. Schizoafektif
e. Schizophrenia
(“Mengamuk” dan “suara mengejek”  psikotik) + (sedih  afek depresi)  schizoafektif

5. Laki laki 30thn dibawa keluarga karena keluhan gelisah dan tidak bisa tidur. Disertai diare,
keluar air mata dan hidung berair. Pasien memiliki riwayat penggunaan narkoba. TTV
normal. Tahap penatalaksanaan gangguan mental pada pasien ini?
A. Diagnosis, detoksifikasi, rehabilitasi, resosialisasi
B. Resosialisasi, diagnosis, rehabilitasi, detoksifikasi
C. Diagnosis, rehabilitasi, detoksifikasi, resosialisasi
D. Diagnosis, resosialisasi, rehabilitasi, detoksifikasi
Withdrawal symptom! ec opiat. (Opiat normalnya menyebabkan konstipasi). Withdrawal
memberikan gejala kebalikan dari efek obat tersebut.
6.Wanita 24 th datang dgn keluhan takut menjadi gila. Terasa sesak tidak dapat bernafas.
Terasa mendadak tidak diduga2. Terasa sudah 1 bulan. Diagnosisnya:
A. Gangguan cemas menyeluruh
B. Gangguan panik
C. Gangguan obsesive compulsive

harus lebih spesifik D. Pasien merasa kecewa. Stress D. cemas menyeluruh”. gangguan cemas menyeluruh C. Diagnosis yg mungkin : A. 25 thn dgn keluhan sering ketakutan.D. 60thn didiagnosis DM sejak 10thn yll. jantung terasa berdebar-debar. Gangguan panik B. Depresi (ada ingin bunuh diri: sudah depresi berat) 9. Pasien wanita. Gangguan pada pasien: A. Tidak ada diagnosis gangguan cemas. Saat ini penyakitnya sudah berkomplikasi ke renal. takut gila  daerah amerika latin >> 7. Pasien laki-laki usia 21 tahun datang dibawa ibunya karena gemar menggunakan pakaian atau tata rias milik adik perempuannya. Gangguan paranoid Ketakutan akan hal yang mendadak atau hilang kontrol = panik! ++ faktor budaya. Pasien minum obat teratur setiap hari namun gula darah tidak kunjung terkontrol. gangguan manik Bukan gangguan panik karena dalam sebulan hanya 2x Serangan panik. termasuk di dalamnya: OCD. gangguan panik. Takut mati  daerah timur tengah >> Takut kehilangan kontrol. dan ingin bunuh diri Faktor emosional (atau mood) diatas adalah? A. pada kasus tidak ada anticipatory panic Dx sebenarnya = Gangguan Cemas Tidak Khas 8. Keluhan tsb sudah dialami selama 2 kali dalam sebulan terakhir. Obsesi B. sesak napas. Gangguan konversi E. Gangguan ansietas  “Judul besarnya seluruh masalah cemas. Gangguan afektif . kerongkongan seperti tercekat. Laki. Gangguan psikotik akut E. Frustasi kecewa “saja” C.

agorafobia C. Gangguan identitas seksual 10. Gangguan disosiasi seperti kesurupan 11. suka melakukan: sadism). berkeringat. Diagnosis? A. cemas saat naik lift / masuk toilet. D. Berdebar2. Demensia x C. homoseks D. Gangguan disosiasi  tiba2 jadi org lain. C. Gangguan yg dialami: A. Gangguan bipolar C. Tidak ada masalah ingatan. Laki-laki 40 tahun dengan perdarahan dan kawat yang tidak bisa mengeluarkan dari dalam anunya. Laki2 70 tahun sering berubah kepribadiannya dan perilakunya. Masokis  menggunakan kekerasan. Kadang marah2 dan tidak mengenali orang sekitar. Istri mengaku suami sering mencolokkan kawat dan mengikat anunya dengan tali untuk kepuasan. Kelainan apa ini? A.klaustrofobia takut pada tempat sempit (WALAUPUN DITEMANI) D. Disfungsi orgasme B. kepribadian bukan kepribadian pasien. Umumnya pada org yg sgt rendah diri atau kepercayaan diri rendah (inferiority).gangguan panik E. Delirium B. Gangguan preferensi seksual  heteroseks.Akrofobia B. Ekhibisionis kepuasan seksual dgn memperlihatkan organ seksual pada org lain 12.B. kata-kata kasar atau hal-hal sadis untuk memperoleh kepuasan seksual (sadomasokis: suka jadi resipien  masokis. Depresi D. Pedofil kepuasan seksual didapatkan dgn hub seksual dgn anak kecil.gangguan cemas .

Diazepam IMtidak sekuat haloperidol untuk menangani agitasi. Gangguan Obsesif kompulsif E.Fobia = ketakutan akan suatu objek. di IGD mengamuk juga. Laki-laki 36 tahun ke poli karena tidak percaya diri tampil di muka umum. Asam valproat Olanzapine injeksi lebih baik karena untuk kasus akut. escitalopram. Pasien mudah marah dan mengamuk. Ada efek ngantuk dan risiko parkinsonism C. Gangguan Panik D. sitalopram. Asetilkolin D. 13. bukan menidurkan. jantung berdebar. GABA 14. Serotonin  Tx/ SSRI (Serotonin ditingkatkan) cth: fluoksetin. Lebih menenangkan. Haloperidol IM  Drug of Choice. Gangguan Fobia sosial takut menjadi pusat perhatian. situasi. Digunakan sekaligus agar memudahkan evaluasi kelainan organik atau anamnesis pasien. takut menyampaikan pendapat C. Atypical lebih baik. Bisa juga efek paradoks (malam bisa semakin gelisah) B. apa neurotransmiter yg bermasalah? A. Diagnosis pasien? A. dan tempat  individu itu akan menghindarinya. pilih obat generasi baru (seperti olanzapin ini) 15. Gangguan cemas menyeluruh B. pengobatan awal? A. Jika ada pilihan. tidak bisa berkata-kata. Dopamin C. Kasus pasien obsesif-kompulsif. Karbamazebin D. Ketika tampil ia gemetaran. Gangguan Stres pasca trauma . sertralin B.

ekspresi etc) terkait unconscious memory  hubungan dokter dan pasien kurang baik D. sikap. Dia selalu merasa ketakutan di dalam elevator karena takut terkunci. dapat mirip dalam hal wajah. Simpati E. Hidrophobia 17. Agaro phobia D. Apakah diagnosis pasien? A. Laki-laki 20-an tahun senang memamerkan kemaluannya pada wanita. tanpa niat mencabuli/memperkosa. Transferensi kepatuhan pada therapist B. Pasien tidak mau masuk ke praktik dokter karena ingat ayahnya yg ngebully dia waktu kecil. sedangkan gangguan cemas bersifat kronik dan pemberian obat  durasinya lebih lama 18. cara senyum.16. Klaustro phobia C. Antiinsomnia D. Antidepresi drug of choice saat ini karena punya efek antiansietas (UPDATED) Kedua jenis obat di atas dapat dikombinasi untuk terapi awal sementara waktu Cth: Fluoksetin. Anticemas risiko ketergantungan. Escitalopram C. Resistensi C.Tatalaksana pada kasus diatas? A. Counter transferensi  bisa jadi dari dokter ke pasien atau pasien ke dokter (cth counter transferensi: dokter dilihat pasien mirip org yg mengecewakan pasien di masa lalu. Empati 19. Apa namanya? Ekshibisionis . Social phobia B. Acrophobia E. Perempuan 34 tahun bekerja sebagai sekretaris. Antimania E. Sertralin. 3rd Line! (UPDATED) B. Untuk mencapai tempat kerjanya di lantai 12 dia harus menggunakan eskalator setiap hari. A. antipsikosis Anticemas spt Alprazolam / gol benzodiazepin: digunakan hanya 4-6 minggu sblm di tappering-off. suara.

Tx/ Haloperidol (paling aman sampai saat ini) 23. bekerja di Pasar Baru. 24. Bentuk psikotik akut. Seorang istri memiliki suami yg sering memeriksa apakah pintu sudah dikunci atau blm sampai 4-5x. delirium. normal. Diagnosis? OCD  checking. kalo malem bahkan sampe teriak2 marah2. Dari TTV. Diagnosis? gangguan cemas x  gangguan panik 21. Os belum menikah. amitriptiline efek anticholinergicnya sangat besar  ga boleh untuk epilepsi. Diagnosis? a. isi pikir. Bapak lansia. a. berbicara sendiri. mood yang fluktuatif! Bisa disertai waham juga. Pemeriksaan status mental gelisah. Saat ini ia merasa tidak bersemangat bekerja dan kehilangan nafsu makan. Gangguan Psikosis lir skizoprenia gejala psikotik mirip skizofren. 22. anak .Laki-laki 35 tahun dirawat di RS Jiwa karena bicaranya kacau. dan demensia  risiko terinduksi epilepsi. tetapi fluktuatif. Istri merasa terganggu. bisa membuat sesuatu yang hebat. Gangguan depresi berulang x b.20. diazepam b. mengamuk selama 3 hari ini. tenggorokan tercekat. …. Sebelumnya 1 tahun yang lalu pernah juga masuk RS jiwa karena di PHK oleh kantor nya tetapi dengan gejala yang berbeda. keringat dingin. c. Sudah pernah ke kardiolog. Laki-laki 40an tahun datang ke IGD diantar teman karena nyeri dada. dan demensianya c. Obat apa yang tepat?. . marah-marah. Gangguan afektif bipolar dengan dominansi waham 25. Seorang wanita 35an tahun merasa kehilangan semangat setelah meninggalkan daerah kelahirannya di bandung 6 minggu yang lalu. delirium. Os juga mengamuk dan merusak rumah tetangganya. persepsi.. Beberapa tahun yang lalu dokter sempat mendiagnosis dia dengan epilepsi. carbamazepine  sbg mood stabilizer. Kasi obat apa? Delirium  Kesadaran. bicara tidak realistic.Seorang laki-laki 30 tahun. PF dan EKG semua normal. cleaning smw yg mengulang2 baik pikiran maupun tindakan. disorientasi tdk mengenali lingkungan. counting. prilaku. kalo pagi agak tenangan.

usaha pasien mengalami kemunduran. nafsu makan berkurang sehingga tubuh semakin kurus dan tampak lemah. skizofrenia hebrefenik d. Hal ini membuat pasien semakin putus asa dan tidak mempunyai harapan lagi. 2 bulan ini. Depresi sedang dengan gejala somatik c. skizofrenia paranoid  waham kejarnya menonjol e. Os menuduh ada konspirasi karena persaingan sesama pedagang.. Dalam hal ini sebaiknya diberikan pengobatan. SNRI. Fluoxetin 1x20mg b. Os jg mendengar suara-suara yg mengancam mau membunuhnya. 1 bulan ini. os tidak pernah bergaul dg tetangga. lemah. tidak bersemangat.susah tidur dan lainnya. Seorang pria berusia 40 tahun datang ke poli jiwa diantar istrinya dengan keluhan insomnia. skizofrenia katatonik 26.. Enam bulan yll os ditipu oleh kenalan hingga bangkrut.. dan bila dipaksakan maka tidak dapat ereksi. Tiga bulan yll os meyakini tokonya diguna-guna sehingga tidak ada yg beli. memakan makanan pemberian tetangga. Depresi ringan b. Ia sudah 8 tahun menikah dan belum mempunyai anak sampai sekarang sehingga ia merasa tidak berguna dibandingkan teman temannya. MAOi 27. Apa diagnosis kasus tersebut? a. Depresi berat dengan gejala psikotik: dep berat + waham.. Oleh karenanya. Seorang wanita 40 thn mengalami penurunan napsu makan. halusinasi dll e.pertama dari 3 bersaudara.. Os juga sampai mendatangi orang pintar dan mendapat jimat-jimat. keluhan semakin parah sehingga pasien menjadi semakin tidak bersemangat. pasien tidak mempunyai minat untuk melakukan hubungan seksual. Tx/ SSRI. Dx/ Depresi. ayah pemarah. 7 bulan yang lalu. dan mulai saat itu pasien berubah dari gigih dan semangat menjadi seorang yang malas. episode manik dgn psikotik b. Depresi sedang tanpa gejala somatik d. ibu pendiam. Keadaan ini membuat istri pasien uring-uringan. Diagnosis? a. dan memilih menyendiri. sehingga juga menyalahkan pasien akan keadaan ekonomi tersebut. . kehilangan semangat dalam bersosialisasi. a. menarik diri dari sosial. Depresi berat tanpa gejala psikotik . gangguan afektif bipolar c.

Dari anamnesis diketahui bahwa pasien mengalami trauma psikoseksual pada saat kanak-kanak. pasien tidak bisa ejakulasi di dalam vagina istri. Keluarga mengkhawatirkan . Seorang pria datang dengan keluhan merasa sakit jantung. Laki-laki. gagasan bunuh diri. nafsu makan turun. such as age and the context of the person’s life. ga PD. all or almost all. semua minimal berlangsung 2 minggu 3 gejala utama: afek depresif. and avoidance of. Hipokondriasis penyakit fisik HANYA 1! C. merasa tidak berguna. Gangguan Konversi B. 30 tahun. Akan tetapi pasien yakin bahwa dia menderita sakit jantung. Diagnosis pasien? A. nyeri dada etc D. Gangguan citra tubuh E. mengeluhkan gangguan ejakulasi. sedang: min 2 gejala utama + 3 gejala lain. The judgment of deficiency or absence is made by the clinician. 28.” 29. Gangguan somatisasi  multiorgan cth: sakit kepala. gangguan tidur. Kondisi saat ini. Kelainan yang dialami pasien disebut… a. Gangguan somatoform tidak terinci 30. depresi ringan: min 2 gejala utama + 2 gejala lain (ga boleh ada gejala berat). taking into account factors that affect sexual functioning. genital sexual contact with a sexual partner" which causes distress or interpersonal difficulty. rasa bersalah. Aversi seksual b. Dari pf dan lab tidak ditemukan kelainan. mudah lelah/turun aktivitas. Ejakulasi terhambat d. Dorongan seksual hipoaktif Berdasarkan DSM IV: Sexual Aversion Disorder (SAD) is defined as a "persistent or recurrent extreme aversion to. pandangan madesu. Seorang perempuan berusia 50 tahun dibawa keluarganya ke rumah sakit dengan keluhan lengan kanan lumpuh sejak 1 bulan yang lalu. Gangguan ereksi e. Gangguan libido c. perut. Gejala lain: konsentrasi dan perhatian turun. Hypoactive sexual desire disorder: HSDD is defined as “persistently or recurrently deficient (or absent) sexual fantasies and desire for sexual activity. pesimis. tetapi hanya dapat ejakulasi pada saat pasien melakukan masturbasi atau oral seks.PPDGJ: depresi berat: 3 gejala utama + 4 gejala lain. hilang minat dan kegembiraan.

Seorang wanita datang ke rumah sakit dengan keluhan selalu merasa takut. - gangguan motorik disosiatif (jadi lumpuh kaya soal ini). dll)  ada soal di bawah ttg guru jadi buruh perusahaan) - stupor disosiatif (hilangnya gerakan involunter dan respon normal thd rangsang  cahaya. Factitious disorder E. dst) B.keringat dingin. Diagnosis yang paling tepat adalah A. tetapi tidak ada bukti neurologis. Malingering D. apa diagnosanya? a. - konvulsi disosiatif (kejang2) dll silakan buka PPDGJ sendiri lagi haha (F44) 31. - gangguan trans dan kesurupan (kaya soal yg di depan2).pasien terkena stroke. disertai melakukan perjalanan tertentu melampaui hal umum yg dikerjakannya sehari-hari. suara etc: jadi buta kaya soal di bawah). Hipokondriasis C. nanya arah. Pada pemeriksaan fisik tidak ditemukan defisit neurologis. berinteraksi dg org yg ga dikenalnya masi bisa (spt beli karcis. Hal ini terjadi sejak kematian suaminya 2 hari yang lalu. tetapi 1 anggota tubuh saja (tangan kanan saja. sebelumnya pasien mengetahui anak perempuan tunggalnya menggunakan narkoba. Gangguan somatisasi Kronik . sehingga pasien tampak sangat kecewa dan marah. dapat amnesia total atau parsial. Menurut keluarga. Gangguan somatisasi PPDGJ: Gangguan Konversi (disosiatif) gejala utama gangguan konversi (disosiatif): kehilangan sebagian atau seluruh dari integrasi normal (dibawah kendali kesadaran) seperti: ingatan masa lalu. kesadaran identitas dan peng-indera-an segera (awareness of identity and immediate sensation) dan kontrol terhadap gerak tubuh  ada banyak : - amnesia disosiatif (hilang ingatan terutama hal penting /selective. kemampuan dmengurus diri masi baik. buta. mengenai kejadian traumatik yg baru terjadi). Terutama bukan dalam bentuk hemiparesis. jantung berdebar-debar. Gangguan Konversi gejala yg “terpilih” seperti neurologis. - fugue disosiatif (ciri-ciri amnesia disosiatif.

Pasien yakin bahwa ia sangat kaya. gangguan waham menetap “yakin sangat kaya”  waham. pembicaraan banyak. Gangguan depresi ringan Dx/ Gangguan Penyesuaian dengan Afek Cemas  maladaptasi terhadap stressor yg “biasa” (putus dgn pacar. Seorang ibu membawa anaknya ke UGD. (Risperidone jg bs jd tx/) 32.b. gangguan siklotinik d. Kalo lebih dari 6 bulan =PTSD – post traumatic stress dysorder) 32. hutang. (padahal ia sedang mengalami kesulitan keuangan). bicaranya cepat dan terkadang sulit dimengerti. boros. gangguan afektif bipolar c. Saat pemeriksaan pasien tampak berdandan berlebihan dengan pakaian ketat dan terbuka. seduktif. Apa diagnosis yang paling tepat a.saat ini pasien tenang. cepat. berhadapan dgn hukum) -. Gangguan Waham Menetap memiliki waham yg sistematik (punya tema. Gangguan jiwa ini adalah yang keempat kalinya dan diantara episode kekambuhan pasien tampak pulih sebelum sakit.(bukan katastrofik  bencana alam. antidepresi Dx/ Skizofrenia. Gangguan cemas c. Halusinasi hampir tidak ada. Seorang wanita 36 tahun dibawa ke poliklinik tempat anda bertugas karena keluarganya kewalahan dengan perilaku pasien membagi-bagikan uang dan barang-barang di toko kelontong milik keluarganya kepada teman-temannya. dandan. skizofrenia b. Haloperidol b. gangguan skizoafektif e. Bipolar ditandai: elasi mood. apa pengobatan yang diberikan? a. CPZ c. sangat gembira. dengan keluhan anaknya suka mengamuk dan mengganggu tetangganya dan anaknya mengatakan selalu mendengra suara-suara. diceritakan dalam berbagai bentuk). Dx/ Gangguan afektif bipolar dgn ciri psikotik serasi afek . penipuan. Fobia social d. tetapi bukan yg menetap. stress akut. ditinggal mati.

Seorang laki-laki 55 tahun datang ke poliklinik RSU dengan keluhan mengalami kemunduran daya ingat perlahan-lahan sejak 3 tahun yang lalu. c. c. Demensia Amnesia Skizofrenia Gangguan cemas Gangguan depresif 36. b. Seorang wanita 25 tahun wanita karier tiap harinya harus ke tempat kerja di lantai 12. Keadaan emosional yang sesuai adalah? a. Pasien suka lupa jalan pulang kerumahnya. d. Apa pengobatan nya? a. d. Anti anxietas b. Obsesi Frustasi Ansietas Stress Depresi 37. c. Anti psikotik . Cemas Depresi Paranoid Mania Reaksi konversi 38. b. Sering lupa barang-barang. Psikotik Skizofrenia Delirium Demensia Amnesia 35. e. Apa diagnosis nya? a. d.34. d. Anti depresi c. Diagnosis ? a. e. Seorang laki-laki berusia 75 tahun dibawa oleh keluarganya dengan keluhan sering marah-marah. Pemeriksaan tanda vital normal dan pasien terlihat murung. Takut terjebak dalam lift. c. Pasien selalu berjalan dan tak tahu arah jalan pulang. e. b. Sejak 2 minggu yang lalu mengeluh tidak dapat konsentrasi. Seorang laki laki berusia 60 tahun dengan diagnosis DM sejak 10 tahun yang lalu berobat teratur tetapi gula darah tetap tidak terkontrol. e. sulit tidur serta ingin mati saja. b. Diagnosis ? a.

c. b. c. Seorang laki laki umur 25 sering mencurigai kalau tetangganya mengintainya dan mencurigai istrinya selingkuh dengan tetangganya. Anti imsomnia e. Seorang laki laki 14 tahun sering menentang orang tuanya. e. Gangguan somatic Gangguan konversi pada kondisi trauma sangat berat Psikosomatis … …. e. Gangguan afek unipolar Gangguan depresi Kepribadian paranoid Waham menetap Gangguan Mania Bipolar Gangguan kepribadian tidak ada tanda waham! Ide saja. Apa diagnosisnya? a.d. Seorang anak tiba tiba buta setelah melihat pertengkaran orang tuanya. Anti mania 39. Gangguan kepribadian antisocial satu-satunya gangguan kepribadian yg b. c. b. c. d. d. . Tapi wanita merasa kalau dirinya sakit. Apa diagnosis? a. Gangguan somatisasi Gangguan konversi Hipokondriasis Waham Cemas menyeluruh 40. b. Setelah diperiksa ke dokter mengatakan normal. Tidak ada gangguan halusinasi dan perubahan perasaan. d. a. 41. Diagnosisnya? a. Seorang wanita merasa kalau berpenyakit jantung. e. 42. sering bolos dan berpergian bersama teman temannya. boleh didiagnosis sejak kecil (<18 tahun). Sering menjual barang barang nya untuk membeli putaw. d. Kemudian ada riwayat tersandung. e. Gangguan kepribadian dependent Gangguan kepribadian schizoid Gangguan kepribadian histrik … Gangguan kepribadian paranoid Gangguan kepribadian yg lain kalo < 18 tahun masih bisa berubah2…. Pada pemeriksaan pupil normal. Karena pernah mendapati istrinya bercakap cakap. tanpa tanda psikotik. Yakin akan suatu hal yg dipertahankan meski sudah digoyahkan= waham.

Amnesia Kepribadian ganda Disfungsi social … . d. Seorang guru olah raga. b. tapi u/ menciptakan penampilan seorang dari lawan jenis.1 Transvestisme Fetihistik: mengenakan pakaian dari lawan jenis dengan tujuan pokok untuk mencapai kepuasan seksual. tidak mengingat masa lalunya. c. kemudian terbangun dan tertawa tawa dan kemudian tertidur kembali. Anti mania Anti psikotik Anti anxitas Anti insomnia Anti depresi 45. e. d. kadang termasuk tata rias rambut dan wajah.fetihistik benda ga Cuma jadi objek. b. c. Harus dibedakan dg fetishisme: pd gg T. Kepribadian ganda Disfungsi seksual Masokisme Fatihisme PPDGJ: - F65. Tiba-tiba menghilang dan ditemukan di daerah lain sebagai buruh perusahaan dengan identitas berbeda. Diagnosis ? a.43. b. 46. Apa diagnosisnya? a. Diagnosis : a. c. Tidak mengenali orang orang disekitarnya. Apa pengobatannya? a. d. (biasanya - pada pria saja) F65. e. b. Delirium Depresi Demensia Skizofrenia Mania 44. d. Seorang selalu menggunakan kosmetik dan pakaian saudara perempuan untuk kepuasan seksualnya.0 Fetishisme : mengandalkan pada beberapa benda mati sbg rangsangan untuk membangkitkan keinginan seksual dan memberikan kepuasan seksual (kebanyakan benda tsb/objek fetish : ekstensi dr tubuh manusia spt pakaian dan sepatu. e. Seorang laki laki dibawa ke UGD dengan keluhan kesedaran menurun karena riwayat minum obat dextrometrofan 15 biji. c.

. Diagnosis? a. b. Empati b. d.. Skizofrenia afek cenderung tumpul. Pakian kumuh dan robek. Seorang wanita datang dengan diagnose kanker. tetapi dapat perjalanan hidup normal2 saja. dengan keluhan bibir kering. tidak bias berbicara di depan umum. e. (liat di keterangan gangguan konversi) 47. Amnesia fugue = tidak mengenal lg identitasnya.. Dialami sejak 3 bulan yang lalu. Somatisasi b. a. dan merasa hampa dan kadang ingin mati. Pasien dibawa ke UGD oleh 3 orang polisi dianggap gila. Saat diwawancarai pasien memperlihatkan kegembiraan berlebih dan tidak nyambung. 48. kurang tidur. Tapi pasien tetap yakin jika dirinya sakit. c. Diagnosis? a. Seorang pasien. … … 51. b. Gemetar dan berdebar debar.e.. terbatas. Seorang laki-laki merasa kurang nafsu makan. d. Dokter memperlihatkan sikap peduli tanpa terbawa perassan terhadap pasien tersebut? a. Pasien sering berlari karena merasa dikejar. Depresi Stress Kecemasan menyeluruh . d. e. Hipokondriasis 50. c. Diagnosis? a. Konversi c. b. Seorang laki-laki. Setelah diperiksa dokter tidak menemukan kelainan. Simpati . Fobia social Anti anxietas Panic Cemas menyeluruh … 49. kerongkongan sakit. Merasa tidak percaya diri dan keringat dingin. e. c. atau datar Mania ….

c. Beberapa bulan terakhir istri mencurigai adik kandungnya sebagai seingkuhan suaminya.c. Apatis e. d. Setahun terakhir istri sering mencurigai suami berselingkuh. Ekshibisionisme Masokisme Fetichme Fedofilia Necrotisme 54. b. c. Saat ini istri tidak bisa lagi melakukan aktivitas sehari-hari: gejala psikotik a. e. e. b. Amitriptilin Diazepam Alprazolam Carbamazepin Haloperidol 53. Demensia Gangguan obsesi konpulsif Gangguan stress akut Gangguan bipolar Gangguan cemas menyeluruh . d. Gejala ini dirasakan setelah ia pindah tempat kerja baru dan sampai sekarang ia belum memiliki teman . b. Jenis gangguan apakah ini ? a. Seorang wanita 27 tahun sering merasa was-was sejak 2 bln terakhir. Sang istri merasa khawatir dan terganggu atas kelakuan suaminnya. e. Naturalistic d. d. Seorang pria sangat mengganggu masyarakat dengan ulahnya sering memperlihatkan alat kelaminya kesemua orang. Gangguan yangg dialami suaminya adalah ? a. c. gejala apakah yang dialami ? a. Gangguan stres akut Gagguan cemas menyeluruh Gangguan penyesuaian Gangguan panik Disorientasi 55. Seorang wanita 35 tahun memperhatikan suaminya yang sering mengecek pintu beberapa kali sebelum tidur. d. b. e. Antipatik 52. Seorang istri dilaporkan oleh suami karena sering dimarahi dan dipukuli. c.

e. keringat. bervariasi.2 Hipokondiasis (keyakinan menetap menderita min 1 kelainan serius yg melandasi keluhan2nya). F45. d. Seorang wanita bekerja di gedung yang tinggi. PF dalam batas normal.2) Hiperaktivitas autonom Gangguan anxietas Skizofrenia PPDGJ: ciri utama: keluhan-keluhan gejala fisik yg berulang-ulang disertai permintaan pemeriksaan medik meski berkali-kali hasilnya normal. F45.0 Gangguan somatisasi (banyak keluhan / multiorgan). d. Somatoform (F45) Hipokondriasis (F45. Gangguan apa yang dialami wanita tsb ? a. b.4 Gg Nyeri somatoform menetap (nyeri berat dan menetap) dan seterusnya huffthhh 58. c. Gangguan yang dilalami adalah?? a. dan gejala otonom lainnya yang menetap dan mengganggu). sakit kepala. F45. d. Demensia Alzaimer Parkinson Delrium Skizofrenia .1 Gg Somatoform Tak Terinci (keluhan fisik multipel. Seorang perempuan usia 24 tahun sering lupa dimana meletakkan kunci rumah dan barang2nya. c. berkeringat. akral dingin. b. Gangguan somatoform ini mencakup: F45. dan mual muntah. tidak ada gambaran klinis yg khas. merasa tubuhnya sakit. Akrofobia Agarofobia Klaustrafobik bipolar khorofobia 57. e.fisiknya dg konflik/stress yg dialaminya. c. Biasanya ps menyangkal dan menolak membahas kaitan peny.ga jelas pokoknya) F45. Setelah di periksa ke dokter. Seorang wanita sering mengalami berdebar-debar pada pagi hari.3 Disfungsi otonomik somatoform (gejalanya palpitasi. Hal ini sangat mengganggu pekerjaannya sebagai seoang notaris. e. flushing. Gejala apa yang dialami pada wanita ini ? a. Ia sangat takutdan merasa was2 jika ingin naik lift.56. tremor. b. tidak ada kelainan. bekerja sebagai notaris sangat terganggu dengan habitnya karena juga selalu merasa takut jika masuk toilet.

d. Menurut istrinya. Valproat Obat2 konvensional (haloperidol termasuk) hanya utk gejala positif. b. PHP (antikolinergikrisiko pikun) 60.tahapa psikologi yang dialami? a. Seorang laki2 diantar ke UGD karena mengamuk yang tak terkendali. Kelainan apakah yang dialami? a. Di Puskesmas hanya ada haloperidol. Seorang perempuan umur 54 thn didiagnosa oleh dokter dengan ca. Laki2 45 thn datang dengan keluhan nyeripada kemaluan. c. Pasien sering melakukan hal tersebut karena memberikan rasa nikmat. b. CPZ. b. Shock Denial Anger Depresi Acceptance 61. e. e. d. mengamuk terjadi pada saatpagi dan sore hari dan pada malam hari pasien merasa tenang. Nyeri hilang timbul saat pasien tidak bisa menari kelur kawat timah yang dimasukkan kedalam kemaluan. d. Risiko gangguan kognitif. Haloperidol Fenitoin Fenobarbital Diazepam As. c. Pasien terdiam dan tidak percaya. lambung. e. Apa obat yang tepat diberikan pada pasien? a. Pasien masih bertanya apakah benar menderita penyakit ini. pasien sering memasukkan kawat timah ke dalam uretra sampai VU.Dx/(Pre-senillis Demensia) 59. sejak 1 tahun ini terkadang pasien mengikat penisnya dengan tali atau menusuk penisnya dengan kawat sampai berdarah. Disfungsi orgasme Pedofilia Eksibisionisme Masokisme Fethisme . c.

Apa yang menyebabkan kelainan diatas? a. hidup tidak bergairah. norepinefrin. b. c.32. c. d. Pada hasil pemeriksaan penunjang CT scan menunjukkan hasil normal. d. sering berulang kali menanyakan hal yang sama dan lupa menruh dimana barang. Mula2 ia sering lupa terutama hal2 yang baru dia alami. bahkan nama istrinya kadang2 tidak diingat. Peningkatan GABA Peningkatan monoamine Defisiensi monoamine (dopamin. c. somatoform psikosomatis hipokondriasis skhizofrenia paranoid . Pasien merasa tidak percaya diri. Seorang laki-laki berusia 76 tahun. Sehingga pasien takut dan memeriksakan diri. e. pasien datang dengan keluhan merasa ada sebuah penyakit di dalam kepalanya. Perempuan 25 thn datang ke poli jiwa. Sering marah2 tanpa alas an dan sering curiga. c. Gangguan apakah yang dialami? a. Laki2 selalu merasa dibisiki bahwa istrinya selingkuh dalam 3 bulan yang lalu. e. b. Diagnose yang tepat: a. e. e. dan serotonin) Peningkatan dopamine Peningkatan asetilkolin 34. b. Lama kelamaan dia juga lupa dengan anak dan cucunya. Diagnosis yg paling tepat adalah a. Skizo afektif Waham menetap Skizo paranoid Sindrom obsesif kompulsif Hebefrenik 33. b. karena hal itu dia sering ke rumahnya untuk melihat istrinya tetapi ternyata tidak ada apa2. d. sejak 3 tahun terakhir mengalami perubahan perilaku. Pemfis umum normal. Astrocytoma Alzheimer’s disease Huntington’s disease Gliblastoma multiform Frontotemporal demensia 35. d. selalu menyendiri. Kemudian ia sering tersesat walaupun hanya disekitar rumahnya.

Apa gangguan psikologis yang dialami oleh pasien tersebut? a.36. c. saat ini dia masih menjalami kuliah. diketahui bahwa pasien baru putus dengan pacarnya 2 hari lalu. e. c. e. seorang perempuan usia 21 tahun datang ke poli jiwa dengan gangguan mental. c. Perempuan 19 th diantar ke UGD karena mencoba bunuh diri. Setelah diwawancara. b. d. Seorang pria usia 25 tahun mengaku selalu sakit perut dan sakit kepala. c. e. b. dan mengamuk. saat pasien sadar. disorientasi. Gangguan apa yang terjadi pada pria tersebut? a. d. Obat apa yang dapat diberikan pada mahasiswa tersebut yang tidak mengganggu pendidikannya ? a. Alprazolam Diazepam Lorazepam Fenobarbital Carbamazepin Benzodiazepin memperburuk kognitif. b. Laki-laki 30 tahun diantar ke UGD dengan keluhan kejang2 sejak 1 jam lalu. Gangguan stress akut Gangguan cemas menyeluruh x Gangguan depresi ringan Gangguan depresi sedang Gangguan somatic Bunuh diri dan psikotik hanya pada depresi berat! 39. d. Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Dia sudah berkeliling tempat dokter tetapi tidak pernah terjadi kesembuhan. Psikosis preictal Psikosis interictal Psikosis postictal Psikosis lir skizofrenia akut Psikosis akut predominan waham . 37. Reaksi konversi Gangguan somatisasi Gangguan skizoafektif Gangguan cemas menyeluruh Psikosomatik bukan diagnosis 38. d. b. e. pasien tampak gelisah.

Hal ini sudah lama dialami. Pernah hilang dari rumah selama 2 minggu dan ditemukan dalam keadaan kotor dan berbau. CPZ diberikan pada keadaan psikotik dgn gangguan tidur. Paranoid Delirium Skizofrenia Psikosomatis Gangguan mental 42. c. e. b. Sejak 1 bulan lalu pasien berjalan tanpa arah tujuan. sering mengamuk. Apa diagnosisnya? a. CPZ punya antihistamin >> . 41. bicara sendiri.40. Seorang pasien dengan keluhan gelisah dan sering mengamuk. d. d. Wanita dengan depresi. Disebut apa gangguan tersebut? a. Oat apa yang tepat diberikan? a. Tetapi ada fase sadar diantara fase gelisah tersebut. c. b. d. e. Seorang laki-laki berusia 55 tahun datang dgn keluhan kemunduran daya ingat perlahan sejak 3 tahun yll. Psikotik Skizofrenia Delirium Gangguan tingkah laku demensia Notes: CPZ dan Haloperidol sama2 golongan pertama. b. e. Aktvitas sehari-hari terganggu sejak 1 minggu yll. Haloperidol Alprazolam Carbamazepin Diazepam Sertralin Gejala psikotik lebih berat. disertai halusinasi. c.

kapal tenggelam dmn pasien tidak bisa berenang) Gangguan orientasi seksual  terkait preferensi seksual.Stress pasca trauma  stress dalam bentuk kejadian yg menyebabkan pasien hampir mati (termasuk: perampokan dgn ditodong pisau. Somatoform merupakan topik besar dari somatisasi dan hipokondriasis .