You are on page 1of 8

KATA PENGANTAR

Undang-Undang Dasar 1945 menjamin satiap warga Negara
berhak mendapatkan pendidikan dan Undang-Undang Nomor 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan
bahwa setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan
yang bermutu.
Pemerintah mengemban amanat dan memiliki komitmen untuk
meberikan pelayanan terbaik dalam penyelenggaraan pendidikan
bermutu di Sekolah Dasar guna mempersiapkan sumber daya
manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, berakhlak mulai, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,
demakratis dan bertanggungjawab melalui penyelengaraan
program manajemen pelayanan pendidikan.
Salah satu upaya untuk mewujudkan penyelenggaraan program
manajemen pelayanan pendidikan yaitu meningkatkan koordinasi
seluruh stake holder pendidikan di tingkat pusat, provinsi dan
kabupaten/kota.
Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Pendidikan Aceh melalui
Bidang
Pendidikan
Prasekolah
Dasar
dan
Lanjutan
menyelengaarakan Rapat Koordinasi Penyebarluasan Berbagai
Informasi Pendidikan Dasar yang akan dilaksanakan di Hotel
Rasamala Banda Aceh pada tanggal 1 sd 5 Desember 2015 dan
diikuti oleh unsur Dinas Pendidikan Provinsi dan 23 Dinas
Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai wahana sosialisasi dan
sekaligus mengkoordinasikan program pendidikan dasar antara
provinsi dengan kabupaten/kota dengan harapan terdapatnya
sinkronisasi program provinsi dan kabupaten/ pusat secara
optimal.

Panduan Rakor ini diharapkan dapat menjadi guide line bagi
seluruh peserta agar pelaksanaan Rakor berjalan efektif dan
efisien. Akhirnya kami mengucapkan selamat mengikuti Rakor
dengan harapan semoga kegiatan ini berjalan lancer dan
menghasilkan Output sebagaimana diharapkan.
Banda Aceh, 1 Desember 2015
Panitia Pelaksana,
Drs. NASRUN, MM
Ketua

2. Agar implementasi program di kabupaten/kota berjalan sesuai dengan rencana serta berhasil guna maka perlu dilakukan Rapat Koordinasi Penyebarluasan dan Sosialisasi Berbagai Informasi Pendidikan Dasar. dan kabupaten/kota dalam rangka mendorong percepatan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun yang bermutu. Bidang Pendidikan Prasekolah. Tujuan 1. perencanaan. dan pencitraan publik penyelenggaraan layanan pendidikan. peningkatan mutu. program. Latar Belakang Pengelola kegiatan pembangunan pendidikan SD/SMP dengan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) tahun 2015 di tingkat provinsi adalah Bidang Pendidikan Prasekolah. Kesamaan persepsi. Tujuan Umum Rapat Koordinasi Penyebarluasan dan Sosialisasi Berbagai Informasi Pendidikan Dasar bertujuan mengkoordinasikan dan mensosialisasikan program Bidang Pendidikan Prasekolah Dasar dan Lanjutan Dinas Pendidikan Aceh tahun anggaran 2015. Selain mengelola dana APBA. daya saing pendidikan. . kegiatan Rapat Koordinasi Penyebarluasan dan Sosialisasi Berbagai Informasi Pendidikan Dasar merupakan salah satu wahana penyamaan persepsi dan sinkronisasi program antara Dinas Pendidikan Propinsi. -Mensosialisasikan kebijakan dan program Bidang Pendidikan Prasekolah Dasar dan Lanjutan Dinas Pendidikan Aceh Tahun Anggaran 2016. Dasar dan Lanjutan juga mengelola kegiatankegiatan Direktorat Pembinaan SD dan SMP yang bersumber dari dana Dekonstrasi baik untuk program perluasan dan pemerataan layanan pendidikan. B. -Menyamakan persepsi tentang program-program pem-bangunan pendidikan dasar pemerintah pusat.2 PENDAHULUAN A. program dan kegiatan yang ada di provinsi dan di kabupaten/kota tahun 2016. relevansi. Berkaitan dengan hal tersebut. Dasar dan Lanjutan. -Mengkoordinasikan dan menghimpun masukanmasukan rencana pelaksanaan kebijakan. dan tindakan antara Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan kabupaten/kota akan sangat mendukung kesuksesan pencapaian penutasan wajib belajar pendidikan dasar. maupun peningkatan governance. provinsi. akuntabilitas. sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar. Tujuan Khusus -Mengkomunikasikan isu-isu terkini tentang pendidikan sekolah dasar. dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

khususnya terhadap berbagai program/kegiatan pembangunan pendidikan SD/SMP. Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota. tanggung jawab/fungsi masing-masing antara Pemerintah pusat. implementasi. Dinas Pendidikan Propinsi. khususnya pelaksanaan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun. dan kapasitas Dinas Pendidikan Propinsi. Terkomunikasikannnya isuisu terkini tentang pendidikan sekolah dasar 2. Meningkatkan pemahaman. tanggungjawab. Berkembangnya peran dan kapasitas Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dalam tahap persiapan. Peserta memiliki kesamaan pemahaman mengenai 3 5. baik yang dikembangkan oleh Pemerintah Pusat. fungsi. provinsi dan kabupaten/kota dalam rangka pelaksanaan kegiatan-kegiatan pembangunan pendidikan dasar. Dinas Pendidikan Provinsi. Tersosialisasikannya kebijakan dan program pendidikan dasar tahun 2016. Hasil yang Diharapkan Hasil yang diharapkan dari kegiatan Koordinasi Penyebarluasan dan Sosialisasi Berbagai Informasi Pendidikan Dasar ini adalah sebagai berikut: 1. Adanya peta sinkronisasi antara program pusat (APBN dan Dekonsentrasi) dengan program APBA dan APBK. 8. dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dalam melaksana-kan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sebilan Tahun dan pembangunan pendidikan di SD/SMP. - C. 3. 4. Meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan/program pembangunan pendidikan SD/SMP. 7. Meningkatkan kerjasama antara Pemerintah Pusat. 6. serta penyusunan tindak lanjut kegiatan pembangunan pendidikan dasar secara efektif dan efisien. Terjaringnya informasi dan data-data untuk program Pendidikan Dasar Tahun 2016 4 . program. D.-Meningkatkan kerjasama yang baik antara pemerintah pusat. pemantauan/evaluasi. Sasaran Sasaran kegiatan Rapat Koordinasi Penyebarluasan dan Sosialisasi Berbagai Informasi Pendidikan Dasar adalah Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. dan Kabupaten/Kota dalam rangka percepatan pendidikan dasar 9 tahun yang bermutu.

PELAKSANAAN Pengarah memberikan informasi untuk memperluas pemahaman peserta tentang berbagai kebijakan pemerintah dalam pembangunan pendidikan. a. Kepala Dinas Pendidikan Aceh. Biaya Biaya persiapan. Tempat Pelaksanaan Tempat pelaksanaan kegiatan ini adalah Hotel Rasamala Setui. Narasumber Narasumber merupakan tenaga kompeten yang terdiri dari berbagai unsur pada Dinas Pendidikan Aceh.Kepala Seksi Tenaga Teknis Bidang Pendidikan Prasekolah.Kepala Bidang Pendidikan Prasekolah.PPK pengelola dana Dekonstrasi tahun 2015 (3 kegiatan/orang) 5 . Waktu dan Tempat Pelaksanaan a. Direktur Pembinaan SD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dasar dan Lanjutan Dinas Pendidikan Aceh. khususnya Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun. Pelaksana Pelaksana kegiatan Rapat Koordinasi Penyebarluasan dan Sosialisasi Berbagai Informasi Pendidikan Dasar adalah Seksi Pengembangan Kurikulum Bidang Pendidikan Prasekolah Dasar dan Lanjutan Dinas Pendidikan Aceh.Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Pendidikan Prasekolah. 2. Banda Aceh.E. b.d 5 Desember 2015. . Dasar dan Lanjutan Dinas Pendidikan Aceh Kepala LPMP Aceh . Pengarah. Dasar dan Lanjutan Dinas Pendidikan Aceh. pelaksanaan. b. seperti : .Kepala Bidang Program dan Pelaporan Dinas Pendidikan Aceh. c. Pengarah dan Narasumber 1. Dasar dan Lanjutan Dinas Pendidikan Aceh. Dalam kegiatan ini para peserta diharapkan mendapatkan pengarahan dari: a. . b. . dan akomodasi/ konsumsi Rapat Koordinasi Penyebarluasan dan Sosialisasi Berbagai Informasi Pendidikan Dasar adalah tanggungjawab Seksi Pengembangan Kurikulum Bidang Pendidikan Prasekolah Dasar dan Lanjutan Dinas Pendidikan Aceh Dinas Pendidikan Aceh pada DPA 2015. Waktu Pelaksanaan Waktu pelaksanaan Rapat Koordinasi Penyebarluasan dan Sosialisasi Berbagai Informasi Pendidikan Dasar tanggal 1 s. .Kepala Seksi Pengembangan Kurikulum Bidang Pendidikan Prasekolah. F.

Jadwal Jadwal Terlampir. peningkatan kualitas. Di dalam laporan perlu dijelaskan kendalakendala yang dihadapi selama pelaksanaan Rakor agar dapat digunakan sebagai acuan untuk penyelenggaraan kegiatan yang sama pada tahun yang akan datang. panitia pelaksana diwajibkan untuk menyusun laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan. Pelaporan Setelah selesai Rapat Koordinasi Penyebarluasan dan Sosialisasi Berbagai Informasi Pendidikan Dasar. H. Struktur Program Struktur program merupakan seperangkat kegiatan yang dirancang untuk memberikan informasi. Jumlah peserta seluruhnya 3 orang x 23 kab/kota. sebanyak 3 orang untuk masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Pelaporan Setelah selesai Rapat Koordinasi Penyebarluasan dan Sosialisasi Berbagai Informasi Pendidikan Dasar. Di dalam laporan perlu dijelaskan kendala-kendala yang 6 dihadapi selama pelaksanaan Rakor agar dapat digunakan sebagai acuan untuk penyelenggaraan kegiatan yang sama pada tahun yang akan datang. panambahan wawasan pengetahuan dan pembinaan.6 G. Struktur program Rakor terdiri dari tiga kegiatan. yaitu 69 peserta. yang terdiri atas Kepala Bidang yang menangani SD/SMP. Kepala Seksi Kurikulum/Kepala Seksi SD/SMP dan Kepala Seksi yang menangani Sarana SD/SMP/Kepala Seksi Tentis. panitia pelaksana diwajibkan untuk menyusun laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan. . perbaikan. (2) Kegiatan peningkatan mutu termasuk Kurikulum 2013. Peserta Peserta Rapat Koordinasi Penyebarluasan dan Sosialisasi Berbagai Informasi Pendidikan Dasar. K. I. yaitu: (1) Kegiatan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan. J. dan (3) Program lain yang terkait dengan pengembangan pendidikan di SD/SMP.

d 5 Desember 2015) DINAS PENDIDIKAN ACEH DESEMBER 2015 PROGRAM: . 1 s.WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR SEMBILAN TAHUN PANDUAN RAKOR PENYEBARLUASAN DAN SOSIALISASI BERBAGAI INFORMASI PENDIDIKAN DASAR (Hotel Rasamala.

.

RAPAT KOORDINASI PENYEBARLUASAN DAN SOSIALISASI BERBAGAI INFORMASI PENDIDIKAN DASAR TAHAP II RAPAT KOORDINASI PENYEBARLUASAN DAN SOSIALISASI BERBAGAI INFORMASI PENDIDIKAN DASAR TAHAP II .