You are on page 1of 4

MENGENAL NATURAL GAS

MENGENAL NATURAL GAS
Natural Gas atau gas alam merupakan salah satu jenis bahan bakar yang digunakan di
pembangkit listrik. Pemakaian Natural Gas saat ini mulai ditingkatkan sebagai salah satu usaha
diversivikasi energi pada pembangkit di Indonesia, hal ini juga terjadi di UBP Perak Grati. Mulai
tahun 2009 PLTGU Grati mulai memakai bahan bakar Natural Gas sebagai ganti HSD untuk
mengoperasikan Gas Turbine. Sedangkan pada tahun 2013 kita juga telah melakukan sebuah
Inovasi dengan melakukan proses penyimpanan natural gas dalam tabung skid yang disebut
dengan Compressed Natural Gas. Ada yang belum tau cerita tentang Natural Gas??? Ini kami
sajikan sedikit penjelasan tentang natural Gas, semoga bermanfaat…..
Natural Gas atau gas alam merupakan salah satu bahan bakar fosil yang tidak terbarukan. Natural
Gas termasuk dalam bagian Hydrocarbon sebagaimana HSD dan Batubara karena dalam
rangkaian kimia mengandung Hydrogen ( H ) dan Carbon ( C ). Sebagian besar komposisi
penyusun natural gas yaitu gas metana ( CH4 ) ada sebagian etana ( C2H6 ), propana ( C3H8 ) dan
beberapa komposisi lainnya.
Apabila dilihat dari sumber produksinya Natural Gas dapat dibedakan atas Convensional Gas
yang terdiri atas Associated Gas dan Non-Associated Gas. Associated Gas ini merupakan Gas
yang diproduksi bersamaan dengan Minyak Bumi ( Crude Oil ), sedangkan Non-Associated Gas
merupakan Natural Gas yang diproduksi oleh sumur gas sendiri dan tidak terkait dengan minyak
bumi. Non-Associated Gas ini biasanya sering disebut dengan Gas Well Gas. Selain itu terdapat
sumber gas lainnya yang sekarang mulai dikembangkan yaitu dari sumber Non-Conventional
Gas seperti Coal Bed Methane ( CBM ), Tight Gas dan Shale Gas yang banyak dikembangkan
oleh negara-negara di amerika utara khususnya oleh Amerika Serikat.

Atas dasar ini selain dilakukan proses treatment gas menjadi LNG juga dilakukan proses kompresi yang sering disebut dengan Compressed Natural Gas ( CNG ) seperti di unit kita. c.Berbagai Sumber Natural Gas Natural Gas di Indonesia mulai banyak digunakan untuk proses di pembangkit listrik sebagian besar di PLTG dan sebagian lainnya di PLTU. hal ini terkait status pemakaian gas yang masuk kategori bahan bakar Take Or Pay ( TOP ).d pertengahan 2013. karena CNG tetap mempertahankan fase natural gas tetap pada fase gas. Sehingga banyak pembangkit ketika memanfaatkan gas ini langsung dipakai sesuai dengan pembebanan mereka. . Gas dalam fase cair (LNG) ini memiliki volume 600 kali lebih besar apabila dibandingkan dengan gas ketika dalam fase gas. Sebagaimana persamaan gas ideal ( PV = nRT ) maka kemampuan volume yang dapat disimpan dalam proses CNG ini sebesar + 250 kali daripada ketika pada atmospheric condition. LNG merupakan salah satu proses untuk melakukan penyimpanan natural gas ( gas ) dengan tujuan gas bisa dimanfaatkan di tempat lain tanpa harus membuat jaringan pipa dari sumber gas ke tempat pemakai ( ex. Sehingga diperlukan unit regasifikasi untuk pemanfataannya kembali. CNG ini berbeda dengan LNG. b. LNG ini diproses dengan menurunkan temperature gas sampai -161oC. Membutuhkan treatment tersendiri agar dapat menyimpan gas dalam jumlah besar. penyimpanan dan penyaluran Natural Gas agar dapat mudah digunakan terdapat beberapa bentuk yaitu a. Berapa Volume yang data kita simpan bila dibandingkan dengan gas dalam keadaan standart atmosfer. tetapi ketika akan digunakan LNG harus di ubah menjadi fase gas kembali. gas dari Onshore Processing Facility Santos akan langsung di dipakai oleh Gas Turbine. Sehingga di PLTGU Grati mulai 2009 s. Liquid Natural Gas ( LNG ) LNG sering disebut juga dengan gas alam cair. Adapun cara pemakaian. natural gas juga memiliki sifat compressible. pembangkit ). sehingga gas mengalami perubahan fase menjadi cair. Adapun media penyimpanan CNG ini adalah berupa tabung-tabung kecil (tube skid) dengan jumlah tertentu tergantung berapa volume yang akan kita simpan. Compressed Natural Nas ( CNG ) CNG atau gas terkompresi sebagaimana di unit kita merupakan salah satu metode penyimpanan dan mempermudah transportasi gas ke tempat lain. Proses CNG ini dilakukan dengan bantuan kompresor untuk mengkompresi sehingga pressure (tekanan) akan naik. Sebagaimana udara. LNG ini tidak bisa langsung digunakan. Pipeline Natural Gas Gas merupakan salah satu fluida yang sulit proses penyimpanannya.

atau bisa juga dinyatakan dengan jumlah volume yang digunakan. Perlu diketahui ketika pemakaian natural gas berdasarkan jumlah volume yaitu mengetahui titik reverensi pengukuran. Jumlah nilai kalor ini dinotasikan dalam persatuan massa (seperti kJ/kg) atau persatuan volume (seperti kJ/m3). Bisa dinyatakan dengan jumlah energi yang digunakan. Dalam pengukuran volume gas. Energi yang tersimpan ini biasanya disebut dengan Nilai Kalor ( Heating Value atau Calorific Value ). atau mungkin pada monitor pengoperasian unit dengan KNM3 (CRT CCR ). Heating Value adalah jumlah panas yang dihasilkan dari pembakaran sempurna suatu zat pada pressure dan suhu tertentu. MMSCF : MM berarti million ( juta ) CF berarti Cubic Feet . Natural Gas dalam penggunaannya akan dinyatakan dalam satuan tertentu. Untuk mengetahui jumlah komposisi fraksi mol dari natural gas dilakukan dengan alat tertentu yaitu Gas Chromatography. Sehingga dalam pemakaian gas pada umumnya volume yang dipakai akan dengan mencantumkan reverensi yang digunakan seperti MMSCF ( dari santos ). Semakin besar non combustible gasses yang terkandung maka HV akan lebih rendah. Berdasarkan Jumlah Volume Penggunaan Natural Gas berdasarkan jumlah volume bisa dinyatakan dalam SI unit yaitu meter kubik ( m3 ) atau dalam British dalam feet kubik ( ft 3 atau CF ) . natural gas memiliki sejumlah energi yang tersimpan. Besarnya nilai kalor yang tersimpan dalam natural gas ditentukan oleh besarnya perbandingan komposisi hydrocarbonnya. temperature dan pressure yang berbeda akan mempengaruhi volume yang dihasilkan. Nilai kalor bahan bakar secara teori dibedakan menjadi dua yaitu Gross atau Higher Heating Value ( GHV atau HHV ) dan Net atau Lower Heating Value ( NHV atau LHV ). Adapun satuan pemakaian ini terkadang dinyatakan dalam British unit ataupun dengan Satuan International ( SI ) unit.( a) (b) Tempat Penyimpanan Natural Gas ( a ) LNG tank ( b ) Tube Skid CNG Sebagai bahan bakar.

com . Adapun NTP yang dipakai dalam monitor CRT yaitu temperature 0 oC dan pressure 1013 mbar. Wikipedia. Berdasarkan Jumlah Energi Selain berdasarkan jumlah volume. Kalori dan pada umumnya menggunakan satuan sejumlah juta BTU (British Thermal Unit) atau MMBTU.7 psi. Handbook Of Natural Gas Transmission and Processing 2. Demikian sedikit Informasi tentang natural gas semoga bermanfaat Sumber Reverensi : 1. penggunaan natural gas juga dilakukan dengan menghitung jumlah energi yang digunakan. Jumlah energi yang digunakan ini dalam pengukurannya satuan yang digunakan diantaranya yaitu kJ. Engineeringtoolbox. Sehingga dengan mengetahui perbedaan reverensi pengukuran tersebut.org 3.S berarti Standart yaitu pengukuran berdasarkan reverensi pada temperature dan pressure standart ( STP ). Adapun STP yang dipakai oleh santos yaitu temperature 60oF dan pressure 14. Besarnya energi yang digunakan dipengaruhi oleh besarnya Heating Value dari natural gas. KNM3 : K berarti Kilo ( ribu ) M3 berarti Cubic Meters N berarti Normal yaitu pengukuran berdasarkan reverensi pada temperature dan pressure Normal ( NTP ). maka kita dapat mengetahui pemakaian gas berdasarkan pemantauan parameter khususnya yang ada pada display di Control Room.