You are on page 1of 28

DETASEMEN KESEHATAN WILAYAH 02.04.

03
RUMAH SAKIT TK IV 02.07.04
JL. Dr. A. Rivai No.7 Bandar Lampung
Telp ( 0721 ) 770430 Fex ( 0721 ) 770430

URAIAN TUGAS
PADA RUMAH SAKIT TK IV 02.07.04
KEPALA RUMAH SAKIT
1.
2.

3.

4.

5.
6.

Nama Jabatan
: KEPALA.
Pengertian Jabatan : Seorang pegawai yang diberi tanggung jawab dan
wewenang dalammemimpin , menyusun kebijaksanaan
pelaksanaan , membina pelaksanaan mengkoordinasikan
dan mengawasi pelaksanaan tugas Rumah Sakit sesuai
dengan peraturan perundang yang berlaku.
Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman.
a. Sarjana / S. 2 Bidang Manajemen Rumah Sakit,
Pengalaman minimal 1 – 3 tahun.
b. Memiliki sertifikat penjejangan ADUM, ADUMLA, dan
SPAMA, SUSLAPA.
c. Memiliki kemampuan kepemimpinan.
d. Berwibawa.
e. Sehat Jasmani dan Rokhani.
Tanggung Jawab
: Secara teknis berada dibawah dan bertanggung jawab
kepada DANDENKESYAH 02.04.03 dan taktis operasional
berada dan bertanggung jawab kepada DAN DENKESYAH
02.04.03.
Tugas Pokok
: Memimpin, menyusun kebijaksanaan pelaksanaan,
mengkoordinasikan tugas Rumah Sakit sesuai dengan
peraturan perundang – undangan yang berlaku.
Uraian Tugas
: 1.
Menyusun rencana kegiatan dan menetapkan program
kerja guna kelancaran dan pedoman pelaksanaan
tugas.
2.
Menjabarkan program kerja dengan membuat jadwal
kegiatan agar semua rencana dapat dilaksanakan tepat
waktu dan tepat sasaran.
3.
Memutuskan kebijaksanaan teknis, bimbingan dan
pembinaan terhadap utusan yang menyangkut bidang
pelayanan kesehatan.
4.
Menjabarkan perintah atasan guna menyelesaikan
tugas bidang pelayanan kesehatan.
5.
Memberi petunjuk dan arahan kepada bawahan dalam
rangka menyelesaikan tugas.
6.
Memantau pelaksanaan tugas bawahan, agar tugas
dapat dilaksanakan sesuai petunjuk.

7.

7.

1.
2.

3.

4.
5.
6.

Melaksanakan koordinasi dengan Instalasi terkait untuk
pelaksanaan tugas.
8.
Mengikuti
perkembangan
ketentuan
peraturan
Perundang - undangan uang berlaku.
9.
Melaksanakan evaluasi pelaksanaan tugas
dibidang pelayanan kesehatan.
10. Memberikan penilaian DP 3 kepada kepala Sub Bag ,
Kasi. Dokter sesuai dengan ketentuan peraturan
perundang – undangan yang berlaku.
11. Melaporkan
pelaksanaan
tugas
kepada
Dan
Denkesyah 02.04.03 / atasan untuk memperoleh
petunjuk lebih lanjut.
12. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Dan
Denkesyah 02.04.03 / atasan dibidang pelayanan
kesehatan.
13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Dan
Denkesyah 02.04.03 / atasan di bidang pelayanan
kesehatan.
Hubungan dengan unit lain : Mengadakan koordinasi dan konsultasi dengan dinas
– dinas terkait.
WAKIL KEPALA RUMAH SAKIT
Nama Jabatan
Pengertian Jabatan

: WAKIL KEPALA RUMAH SAKIT.
: Seorang Pegawai yang diberi tanggung jawab dan
wewenang dalam membantu pimpinan, menyarankan
kebijaksanaan kepada pimpinan, membina unsur
pelaksana, mengkoordinasikan dengan staf rumah sakit
dan membantu mengawasi pelaksanaan tugas RS
sesuai dengan perundangan yang berlaku.
Persyaratan Jabatan
: Pendidikan dan Pengalaman.
a. Sarjana kedokteran, S. 1 Bidang kesehatan.
b. Pengalaman memimpin 1 – 3 tahun.
c. Memiliki sertifikat Penjenjangan ADUM, ADUMLA, dan
SPAMA SUSLAPA.
d. Memiliki kemampuan kepemimpinan.
e. Berwibawa.
f.
Sehat jasmani dan rokhani.
Tanggung Jawab
: Waka Rumkit dalam pelaksanaan tugasnya bertanggung
jawab kepada Ka Rumkit.
Tugas Pokok
: Membantu Pimpinan dan mengkoordinir staf rumah sakit.
Uraian Tugas
: 1. Memimpin, mengatur dan mengkoordinasikan staf
dan pelaksana.
2. Menentukan tata cara kerja secara umum.
3. Mengkoordinasikan
pembuatan
laporan
dan
penyusunan rencana / program kerja Rumah Sakit.
4. Mengerjakan tugas lain yang di bebankan secara
khusus oleh kepala Rumah Sakit.
5. Mewakili Kepala Rumah Sakit apabila berhalangan
menjalankan tugasnya.

sesuai dengan kebijaksanaan KEPALA. 2. Tanggung Jawab 5. 7. serta peningkatan mutu asuhan pelayanan keperawatan. 5. Uraian Tugas : Kepala Seksi Keperawatan. menyusun . :1. Memiliki Diploma Nursing Service Administration / Sertivikat kursus Manajemen pelayanan Keperawatan. 6. Memberi bimbingan kepada Kepala Sub Seksi Perawatan. Mengembangkan sistim pencatatan dan asuhan keperawatan yang tepat sehingga tercipta sistim informasi Rumah Sakit yang dapat dipercaya. b. ketenagaan. Merencanakan jumlah dan kategori jumlah perawat yang dibutuhkan. : Pendidikan dan Pengalaman. b. Memiliki kemampuan kepemimpinan. sesuai kebutuhan tiap unit perawatan. jenis dan pergantian peralatan perawatan. c. Merencanakan pembinaan dan pengembangan karier tenaga perawat. dan PGRS. PKBRS. Nama Jabatan Pengertian Jabatan 3. upaya perbaikan dan peningkatan mutu asuhan keperawatan yang telah dilakukan kepada KEPALA. Mengumpulkan . a. Sarjana Muda Keperawatan atau lulusan D III Keperawatan. Pengalaman memimpin pelayanan keperawatan 1 – 3 tahun. untuk melaksanakan program kesehatan terpadu di Rumah Sakit. 8. 2. Tugas Pokok 6. antara lain PKMRS. menetapkan kebijaksanaan dan tata tertib pelayanan keperawatan. Membuat laporan tahunan tentang pelaksanaan kegiatan pelayanan keperawatan. Sarjana Keperawatan. Persyaratan Jabatan 4. a. 3. 4. d. dan peralatan untuk bahan informasi bagi pengembangan pelayanan keperawatan. : Mengatur dan mengendalikan kegiatan pelayanan keperawatan di Rumah Sakit. : Seorang Perawat Profesional yang diberi tanggung jawab dan wewenang dalam mengatur serta mengendalikan kegiatan pelayanan keperawatan di Rumah Sakit. Sehat Jasmani dan rohani. : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Rumah Sakit. . Merencanakan jumlah.KEPALA SEKSI KEPERAWATAN 1. mengolah serta menganalisa data tentang prosedur asuhan keperawatan. Merencanakan. Berwibawa.

Sarjana Muda Keperawatan / Lulusan D III Keperawatan. 9. Nama Jabatan : Kepala Sub Seksi Keperawatan I. f. KEPALA SUB SEKSI KEPERAWATAN I 1. e. Ka Sub Bag Keuangan. Menilai mutu asuhan keperawatan bersama Kepala Sub seksi Perawatan secara berkala atau sewaktu-waktu bila diperlukan. a. d. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh KEPALA. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Seksi Keperawatan. 12. khususnya yang memerlukan Rumah Sakit sebagai lahan praktek. Memiliki Sertifikat Kursus Manajemen Pelayanan Keperawatan. 4. Persyaratan Jabatan : Pendidikan dan Pengalaman. Tugas Pokok : Bimbingan pelaksanaan Asuhan dan Pelayanan Keperawatan.7. Kepala Instalasi. Pengalaman memimpin pelayanan Keperawatan 1 – 3 tahun. 2. b. 13. Mengadakan koordinasi yang baik dengan semua Kepala Sub Bagian. 15. Memelihara hubungan kerja sama yang baik dengan Instalasi pendidikan Keperawatan untuk menunjang kelancaran program pendidikan. Kepala Seksi. Dengan tujuan agar asuhan keperawatan dapat ditingkatkan dan perkembangan kemajuan di bidang pelayanan medik dapat diikuti. serta sektor pelayanan kesehatan lain. Sehat Jasmani dan Rohani. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. Melaksanakan penilaian terhadap upaya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dibidang perawatan. c. 14. 11. Pengertian Jabatan : Seorang perawat profesional yang diberi tanggung jawab dan wewenang pembimbing pelaksanaan asuhan dan pelayanan keperawatan. Kasi Pelayanan. Berwibawa. 3. . Mengendalikan pelaksanaan kebijakan dan peraturan / tata tertib pelayanan keperawatan yang berlaku. 10. Memberikan penilaian DP 3 kepada Kepala Sub Seksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 5. Hubungan dengan unit lain : Mengadakan koordinasi dan konsultasi dengan Ka Sub Bag Kesekretariatan dan Rekam Medik.

Pengalaman memimpin pelayanan keperawatan 1 – 3 tahun. Menyampaikan dan menjelaskan kebijaksanaan bidang keperawatan kepada Kepala ruang rawat yang berada dibawah tanggung jawabnya. Pengertian Jabatan : Seorang Perawat Profesional yang diberi tanggung jawab dan wewenang membimbing. e. 6. c. 2. Menyusun laporan hasil rapat staf serta kegiatan keperawatan kepada Kepala Seksi Keperawatan. 8. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Seksi Keperawatan. Sehat Jasmani dan Rohani. serta secara rutin atau sewaktu-waktu sesuai mencakup peristiwa penting lainnya. 5. Mengupayakan dan memelihara suasana kerja yang harmonis di tiap unit perawatan yang berada di wilayah tanggung jawabnya. peraturan / tata tertib pelayanan keperawatan yang berlaku. d. Sarjana Muda Keperawatan / Lulusan D III Keperawatan. a. Memecahkan masalah yang timbul di unit perawatan yang berada diwilayah tanggung jawabnya. Persyaratan Jabatan : Pendidikan dan Pengalaman. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. 3. Nama Jabatan : Kepala Sub Seksi Keperawatan II. membina sifat mental perawat dan memberi motifasi dan memberikan dorongan semangat untuk meningkatkan mutu profesional dalam melaksanakan tugas. Memberikan bimbingan kepada kepala ruang rawat tentang pelaksanaan pelayanan perawatan sesuai kebijaksanaan seksi perawatan.6. b. 4. Berwibawa. 4. Uraian Tugas : 1. KEPALA SUB SEKSI KEPERAWATAN II 1. Memiliki sertifikat kursus Manajemen Pelayanan Keperawatan. . Tugas Pokok : Membimbing membina sifat mental perawat dan memberi motifasi dan memberikan dorongan semangat untuk meningkatkan mutu profesional dalam pelaksanaan tugas. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Seksi Keperawatan. 2. f. Memberikan penilaian DP 3 kepada bawahannya sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku. 7. 5. 3. Mengendalikan pelaksanaan.

3. Berwibawa. a. penataan. Persyaratan Jabatan : Pendidikan dan Pengalaman. Memiliki sertifikat kursus Manajemen Pelayanan Keperawatan. Sehat Jasmani dan Rohani. Tugas Pokok : Mengkoordinasikan kebutuhan kegiatan pendidikan dan pelatihan serta bimbingan pelaksanaan pemantauan . Merencanakan dan menjelaskan kebijaksanaan bidang keperawatan yang dibutuhkan oleh unit perawatan di wilayahnya. 4. 5. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh kepala seksi perawatan. f. b. Memberikan penilaian DP 3 pada bawahannya sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku. 7. Merencanakan jenis kegiatan pada unit perawatan berdasarkan kebijaksanaan di bidang keperawatan. : Seorang Perawat Profesional yang diberi tanggung jawab dan wewenang dalam mengkoordinasikan semua kebutuhan kegiatan pendidikan dan pelatihan serta bimbingan pelaksanaan. Sarjana Muda Keperawatan / Lulusan D III Keperawatan. mencakup kegiatan lain yang berhubungan dengan bidang peralatan. 3. kepada Kepala Seksi Keperawatan. Menyusun laporan hasil rapat staf serta kegiatan keperawatan. 5. d. Menilai mutu pelayanan perawatan bersama pengawas perawatan secara berkala atau sewaktu-waktu bila diperlukan. Mengupayakan dan memelihara suasana kerja yang harmonis di tiap unit perawatan yang berada dibawah tanggung jawabnya. 2. pemantauan. secara rutin atau sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Memiliki kemampuan Kepemimpinan.6. pengawasan dan penilaian pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan. 4. agar pelayanan keperawatan dapat ditingkatkan dan perkembangan kemajuan dibidang pelayanan medik dapat diikuti. Pengalaman memimpin pelayanan keperawatan 1 – 3 tahun. mencakup peristiwa lainnya. c. 2. 6. e. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Seksi Keperawatan. KEPALA SUB SEKSI PERAWATAN III 1. Nama Jabatan Pengertian Jabatan : Kepala Sub Seksi Keperawatan III. 7. Hubungan dengan unit lain : Mengadakan Koordinasi. Uraian Tugas : 1.

secara rutin atau sewaktu-waktu sesuai kebutuhan.6. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. b. e. : Pendidikan dan Pengalaman. a. melakukan pengawasan serta serta pengendalian serta pemulangan pasien. d. Pelaksanaan program orientasi kepada perawat baru yang akan bekerja di unit perawatan yang berada dibawah tanggung jawabnya. c. Uraian tugas : 1. Mengupayakan dan memelihara suasana kerja yang harmonis di tiap unit perawatan yang berada di bawah tanggung jawabnya. penataan pengawasan dan penilaian pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan. 8. kepada kepala seksi Keperawatan. melakukan pemantauan pengawasan penggunaan fasilitas kegiatan pelayanan medis dan penunjang medis. mencakup peristiwa penting lainnya. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh kepala seksi Perawatan. 3. : Seorang Dokter yang diberi tanggung jawab dan wewenang dalam mengkoordinasikan semua kebutuhan pelayanan medis dan penunjang medis. 7. dan Kepala Sub Seksi Keperawatan III. Nama Jabatan Pengertian Jabatan 3. Pengalaman memimpin pelayanan Medik 1 – 3 tahun. khususnya yang memerlukan Rumah Sakit sebagai lahan praktek. Merencanakan kebutuhan tenaga perawat untuk unit perawatan di bawah tanggung jawabnya. Memberikan penilaian DP 3 kepada bawahannya sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku. 7. . Persyaratan Jabatan : Kepala Seksi Pelayanan. Memelihara hubungan kerjasama yang baik dengan institusi pendidikan Keperawatan untuk menunjang kelancaran program pendidikan. Berwibawa. 5. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan Kepala Sub Seksi Keperawatan I. 2. Memberikan bimbingan kepada tenaga keperawatan yang berada dibawah tanggung jawabnya untuk melaksanakan program terpadu di Rumah Sakit ( PKMRS. dan PGRS) 4. KEPALA SEKSI PELAYANAN 1. 2. PKBRS. Memiliki sertifikat kursus Manajemen Pelayanan Medik. Menyusun laporan hasil rapat staf serta kegiatan keperawatan. Sarjana Kedokteran. 6.

7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan oleh Kepala. Berwibawa. : Pendidikan dan Pengalaman. 6. pengawasan. Persyaratan Jabatan : Kepala Sub Seksi Pelayanan I. Melakukan pemantauan. : Seorang Tenaga Profesional yang diberi tanggung jawab dan wewenang menyiapkan bahan penyusunan seluruh kebutuhan instalasi Rawat inap. c. 9. penerimaan dan pemulangan pasien. a.4. melakukan pemantauan. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada KEPALA untuk memperoleh petunjuk lebih lanjut. . 2. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada KEPALA. f. 8. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. b. 5. 3. 6. melakukan pengawasan serta pengendalian penerimaan serta pemulangan pasien. Memberikan penilaian DP 3 kepada kepala Sub Seksi. Menjabarkan perintah atasan guna menyelesaikan tugas dalam bidang pelayanan. Mengkoordinasi semua kebutuhan pelayanan medis dan penunjang medis. pengawasan penggunaan fasilitas kegiatan pelayanan medis dan penunjang medis. 4. 2. Sarjana Farmasi / Asisten Apoteker. e. Memberikan saran dan pertimbangan kepada KEPALA di bidang pelayanan kesehatan.Instalasi Bedah sentral dan Instalasi Rawat Intensif. Instalasi Rawat Darurat. f. 5. Ka Subbag Kesekretariatan dan Rekam Medik. Hubungan dengan unit lain : Mengadakan koordinasi dan konsultasi dengan Kasi Perawatan. 7. Melakukan pengawasan. KEPALA SUB SEKSI PELAYANAN I 1. Nama Jabatan Pengertian Jabatan 3. Tugas Pokok : Mengkoordinasikan semua kebutuhan pelayanan medis dan penunjang medis. Memiliki sertifikat kursus Manajemen Pelayanan Medis. Sehat Jasmani dan Rohani. d. Uraian Tugas :1. Pengalaman memimpin pelayanan Medis 1 – 3 tahun. pengendalian. Melaksanakan koordinasi dengan kepala sub seksi dan kepala Sub Bgian untuk menyelesaikan tugas. Sehat Jasmani dan Rohani. Ka Subbag Keuangan. penggunaan dan pemeliharaan fasilitas serta kegiatan pelayanan medis dan penunjang medis.

Instalasi Rawat Darurat. Instalasi Rehabilitasi Medik. 5. 4. 3. a. . d. Memberikan saran dan pertimbangan kepada kepala seksi pelayanan dalam menyelesaikan tugas. Uraian Tugas : 1. Melayani semua kebutuhan Instalasi Gawat Darurat ( IGD ). Sarjana Kedokteran. 8. Pengalaman memimpin pelayanan Medis 1 – 3 tahun. 2. Melayani semua kebutuhan Rawat Inap. 6. b. f. Melayani semua kebutuhan perawatan Intensif ( UPK ). Melayani semua kebutuhan Instalasi Bedah.4. Berwibawa. Tugas Pokok : Menyiapkan bahan penyusunan selurauh kebutuhan Instalasi Rawat Jalan. 6. instalasi Bedah. Instalasi Bedah sentral dan Instalasi Rawat Intensif. : Seorang Tenaga Profesional yang diberi tanggung jawab dan wewenang menyiapkan bahan penyusunan seluruh kebutuhan instalasi Rawat Jalan. Melayani semua kebutuhan pelayanan medis yang menjadi tanggung jawabnya. Memiliki sertifikat kursus Manajemen Pelayanan Medis. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. e. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Seksi Pelayanan. Instalasi Radiologi dan Instalasi Laboratorium Klinik. Sehat Jasmani dan Rohani. Memberikan penilaian DP 3 kepada bawahannya sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku. 5. Tugas Pokok : Menyiapkan bahan penyusunan selurauh kebutuhan Instalasi Rawat Inap. Instalasi Rehabilitasi Medik. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala seksi Pelayanan. 2. 7. 5. 9. 3. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada Kepala seksi pelayanan untuk memperoleh petunjuk lebih lanjut. 7. 4. c. Nama Jabatan Pengertian Jabatan : Kepala Sub Seksi Pelayanan II. dan Instalasi Rawat Intensif. Instalasi Radiologi dan Instalasi Laboratorium Klinik. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala seksi Pelayanan. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan Instalasi Rawat Inap. KEPALA SUB SEKSI PELAYANAN II 1. Insatalasi Gawat Darurat. Persyaratan Jabatan : Pendidikan dan Pengalaman.

d. 3. Mengendalikan pasien Rawat jalan. Memberikan penilaian DP 3 kepada bawahannya sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku. Memiliki sertifikat kursus Manajemen Pelayanan Medis. Melaksanakan pengawasan dan pemantauan pengunaan fasilitas pelayanan medis dan penunjang medis. 4. . e. Tugas Pokok : Menyiapkan bahan penyusunan selurauh kebutuhan Instalasi Farmasi. Menyediakan seluruh kebutuhan Instalasi Pemeliharaan Rumah Sakit. 2. f. Melaksanakan pengawasan fasilitas medis dan penunjang medis. Pengalaman memimpin pelayanan Medis 1 – 3 tahun. 5. Menerima dan memulangkan pasien rawat jalan. dan Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit serta Instalasi Sterilisasi sentral dan Binatu. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada Kepala Seksi Pelayanan untuk memperoleh petunjuk lebih lanjut. Mengadakan semua kebutuhan peralatan fasilitas medis dan penunjang medis. Pengertian Jabatan : Seorang Tenaga Profesional yang diberi tanggung jawab dan wewenang menyiapkan bahan penyusunan seluruh kebutuhan instalasi Farmasi. KEPALA SUB SEKSI PELAYANAN III 1. Melayani semua kebutuhan Instalasi Laboratorium. Menyediakan seluruh kebutuhan Instalasi penyuluhan Kesehatan masyarakat Rumah Sakit ( PKMRS ). Berwibawa. 5. Instalasi Radiologi dan Instalasi Laboratorium Klinik. 2. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Seksi Pelayanan. 4. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. Memberikan pengarahan kepada pasien rawat jalan. 6. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan Instalasi Rawat Jalan. c. Memberikan saran dan pertimbangan kepada kepala Seksi Pelayanan dalam menyelesaikan tugas.6. Uraian Tugas: 1. Persyaratan Jabatan : Pendidikan dan Pengalaman. 3. Uraian Tugas : 1. b. Nama Jabatan : Kepala Sub Seksi Pelayanan III. 6. 3. 2. Sarjana Muda Keperawatan / Asisten Apoteker. dan Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit serta Instalasi Sterilisasi sentral dan Binatu. Sehat Jasmani dan Rohani. 10. Rehabilitasi Medis. 4. 6. 5. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala seksi Pelayanan. 8. 7.Instalasi Gizi. a. 9. Melayani semua kebutuhan Instalasi Rawat Jalan. Melayani semua kebutuhan Instalasi Radiologi. Instalasi Rehabilitasi Medik. 7.Instalasi Gizi.

Melaporkan pelaksanaan tugas kepada kepala Seksi pelayanan untuk memperoleh petunjuk lebih lanjut. publikasi. Tugas Pokok : Melaksanakan ketatausahaan. Menyediakan seluruh Kebutuhan Instalasi Gizi. 4. f. dan Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit serta Instalasi Sterilisasi sentral dan Binatu. Menyediakan seluruh kebutuhan. perpustakaan. 7. laporan. Sarjana dan Sarjana Muda . perlengkapan. Memberikan penilaian DP 3 Kepada bawahannya sesuai peraturan Perundang. perpustakaan. Nama Jabatan : Kepala Sub Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medik. pemasaran sosial dan informasi. Sehat Jasmani dan Rohani. perlengkapan. laporan.undangan yang berlaku. hukum. hukum. sosial dan informasi. Menyediakan seluruh kebutuhan Instalasi Farmasi. publikasi. Menjabarkan perubahan kerja agar semua rencana dapat dilaksanakan tepat waktu dan tepat sasaran guna penyelesaiannya. kepegawaian . 6. Memiliki sertifikat Penjenjangan ADUM dan ADUMLA. Menyusun rencana kegiatan dan menetapkan program kerja Sub Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medis guna kelancaran dan pedoman pelaksanaan tugas. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Seksi pelayanan dalam menyelesaikan tugas. pembinaan organisasi dan tata laksana. 3. KEPALA SUB BAGIAN KESEKRETARIATAN DAN REKAM MEDIK 1. 11. 3. mengelola Administrasi Kepegawaian. Pengertian Jabatan : Seorang Pegawai yang diberi tanggung jawab dan wewenang dalam mengatur dan mengendalikan kegiatan ketatausahaan. Pengalaman memimpin Kesekretariatan 1 – 3 tahun. Melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh Kepala Seksi Pelayanan. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan Instalasi Farmasi. b. 2. . 10. urusan Ketatausahaan urusan Rumah tangga dan perlengkapan. 5. Uraian Tugas : 1. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Rumah Sakit. Berwibawa. 4. Melaksanakan administrasi urusan Rekam Medis dan Pelaporan.Instalasi Gizi. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. Rekam Medis. d. kerumah tangaan. kepegawaian. pemasaran. Persyaratan Jabatan : Pendidikan dan Pengalaman. 8. c. kerumah tanggaan. Rekam Medis. 2.7. 12. 9. Menyusun rencana. a. 13. e.

13. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugas. 5. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan. 5.04 Uraian Tugas: 1. Pengertian Jabatan : Seorang Pegawai yang diberi tanggung jawab dan wewenang melakukan ketatausahaan. 10. 6. Kasi Pelayanan. Pengalaman memimpin Kesekretariatan 1 – 3 tahun. 7.Tk IV 02. Sehat Jasmani dan Rohani. Pemasaran sosial. RS. Melaksanakan koordinasi dengan kepala seksi dan kepala sub Bagian untuk kelancaran tugas. Tugas Pokok : Melaksanakan ketatausahaan. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai disposisi KEPALA dan memberikan petunjuk dan arahan kepada bawahan dalam rangka menyelesaikan tugas. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan untuk memperoleh petunjuk pelaksanaan lebih lanjut. 12. RS. dan informasi serta publikasi. Menjabarkan perintah atasan guna penyelesaian tugas Sub Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medis. d. b. Melaksanakan urusan Hukum dan perpustakaan. 3. 9. Melaksanakan pengelolaan administrasi ketatausahaan hukum dan perpustakaan. Mendistribusikan surat-surat masuk dan keluar. Memiliki kemampuan Kepemimpinan.Tk IV 02. dan perpustakaan.7. 6. agar tugas dapat dilaksanakan sesuai petunjuk pedoman. Hukum. 8. 3. 2. hukum. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan Kasi Keperawatan. c. .07. e. KEPALA URUSAN TATA USAHA 1. Ka Subbag Keuangan.07. Memberikan penilaian DP 3 kepada Kepala Urusan Sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Nama Jabatan : Kepala Urusan Tata Usaha. Berwibawa. dan perpustakaan. 4. Melaksanakan tigas-tugas lain yang diberikan KEPALA.04 Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman. 4. 11. Sarjana Muda / SLTA . 2. a. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Sub Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medes. Melaksanakan urusan surat menyurat kearsipan. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugas.

7. Sarjana Muda / SLTA pengalaman dibidang kepegawaian 1 –3 tahun. 2. Berwibawa. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada Kepala Sub Bagian 7. Memberikan penilaian DP 3 kepada Kepala Urusan sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku. b. Melaksanakan kegiatan urusan rumah tangga dinas. KEPALA URUSAN KEPEGAWAIAN 1. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. Membuat laporan umum atas pelaksanaan tugas kepada atasan. KEPALA URUSAN UMUM 1. Tugas Pokok : Melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian. 5. 4. 2. Nama Jabatan : Kepala Urusan Umum. a. 5. Nama Jabatan Pengertian Jabatan : Kepala Urusan Kepegawaian. Uraian Tugas : 1. Melaksanakan kegiatan urusan surat surat menyurat. d. 6. Sehat Jasmani dan Rohani. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan kepala Urusan kepegawaian dan kepala urusan umum dan Kepala Urusan Rekam Medis. . Memantau pelaksanaan tugas bawahan agar dapat dilaksanakan sesuai petunjuk dan pedoman. Memberikan penilaian DP 3 kepada Kepala Urusan sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Persyaratan Jabatan : Pendidikan dan Pengalaman. Melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh Kepala Sub Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medis. 5. kearsipan dan perlengkapan. : Seorang Pegawai yang diberi tanggung jawab dan wewenang melaksanakan pengelolaan Administrasi Kepegawaian. 6. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Sub Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medes. 7. Melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh Kepala Sub Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medis. 4. Hubungan dengan unit lain :Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan kepala Urusan kepegawaian dan kepala urusan umum dan Kepala Urusan Rekam Medis. 3. 3. Menyusun rencana dan program kerja di bidang kepegawaian dan umum berdasarkan pedoman dan petunjuk atasan. c. 6. 8.

Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Sub Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medis. 3. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan kepala Urusan kepegawaian. b. Informasi dan publikasi. 2. KEPALA URUSAN REKAM MEDIS 1. informasi dan publikasi. Memantau pelaksanaan tugas bawahan agar dapat dilaksanakan sesuai petunjuk dan pedoman. Melaksanakan urusan pemasaran sosial informasi dan publikasi. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Sub Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medis dalam penyelesaian tugas. 9. a. 7. 5. 10. 8. 2. Menjabarkan perintah Kepala Sub Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medis guna penyelesaian dan pelaksanaan tugas. d. Pengertian Jabatan : Seorang Pegawai yang diberi tanggung jawab dan wewenang merekam semua data medik pasien baik pasien . Melaporkan pelaksanaan tugas kepada Kepala Sub Bagian Kesekretariatan dan rekam Medis dalam penyelesaian tugas. 12. 3. 6. Melaksanakan kegiatan urusan surat-menyurat kearsipan. 6. Nama Jabatan : Kepala Urusan Rekam Medis. 7. pemasaran sosial. Berwibawa. Melaksanakan kegiatan urusan rumah tangga dinas. Pengertian Jabatan : Seorang Pegawai yang diberi tanggung jawab dan wewenang melaksanakan urusan kerumah tanggaan . 11. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. Membuat laporan umum atas pelaksanaan tugas kepada atasan. kepala urusan Medis. 4. Sarjana Muda / SLTA pengalaman dibidang Umum 1`–3 tahun. dan perlengkapan. Menyusun rencana dan program kerja di bidang umum berdasarkan pedoman dan petunjuk yang berlaku. 4. Sehat Jasmani dan Rohani. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Sub Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medes. Uraian Tugas: 1. perlengkapan.2. 5. Memberikan penilaian DP 3 kepada bawahannya sesuai peraturan Perundang-undangan yang berlaku. pemasaran sosial. Tugas Pokok : Melaksanakan urusan kerumah tanggaan. perlengkapan. c. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai disposisi Kepala sub Bagian Kesekretariatan dan rekam medis.

Memberi petunjuk tentang cara menetapkan ketentuan dalam buku pedoman penyelenggaraan Rekam Medik yang ditetapkan oleh Pimpinan Rumah Sakit. KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN DAN PROGRAM 1. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan kepala Urusan kepegawaian. Sarjana Muda / SLTA pengalaman dibidang Keuangan 1 – 3 tahun. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Sub Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medes. a. . Melaporkan pelaksanaan tugas kepada Kepala Sub Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medis untuk memperoleh petunjuk lebih lanjut. d. : Pendidikan dan Pengalaman.3. kegiatan perbendaharaan verifikasi. Mengusulkan pemusnahan berkas Rekam Medis. kepala urusan Tata Usaha. b. Persyaratan Jabatan : Kepala Sub Bagian Keuangan dan Program. 6. c. 5. 3. Nama Jabatan Pengertian Jabatan 3. Persyaratan Jabatan : Pendidikan dan Pengalaman. a. menyelesaikan administrasi rujukan dan membuat laporan. 4. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. Sehat Jasmani dan Rohani. mobilisasi dana. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Sub Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medis dalam penyelesaian tugas. Menyusun jadwal jaga pelayanan rekam medis 24 Jam. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Sub Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medis. Berwibawa. 4. 7. 9. Kepala Urusan umum. 2. 8. 6. penyusunan program. akuntansi. 5. rawat jalan maupun Rawat Inap. : Seorang Pegawai yang diberi tanggung jawab dan wewenang menyusun anggaran. c. c. Meningkatkan mutu pelayanan Rekam Medik. Menyusun rencana kegiatan Rekam Medis. Mengelola pelayanan Rekam Medis. b. 2. Tugas Pokok : a. Mengelola dan melaksanakan sumber daya Rekam Medis sesuai pedoman yang telah ditentukan. Sarjana Muda / SLTA pengalaman dibidang Rekam Medik 1 – 3 tahun. 7. Memiliki sertifikat penjenjangan ADUM dan ADUMLA. Mengadakan Koordinasi intern maupun unit lain yang terkait. Uraian Tugas : 1. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. Memberikan penilaian DP 3 kepada bawahannya sesuai peraturan Perundang-undangan yang berlaku. b.

Tugas Pokok : Menyusun anggaran.Salak. Pengertian Jabatan : Seorang Pegawai yang diberi tanggung jawab dan wewenang menyusun Perhitungan anggaran kebutuhan RS. Memiliki sertifikat penjenjangan ADUM dan ADUMLA. dan Rekam Medik. 3. d.04 Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman. Berwibawa. 9. Memberikan saran dan pertimbangan kepada KEPALA. Sehat Jasmani dan Rohani. 4. 2. KEPALA URUSAN PENYUSUNAN ANGGARAN 1. 5. b. 10. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Rumah Sakit. serta perbendaharaan . Menyusun rencana dan program kerja dibidang anggaran dibidang Pendapatan dan Belanja. Uraian Tugas : 1. 2. 7. Mengadakan koordinasi dengan kepala seksi dan Kepala Sub Bagian untuk mendapatkan bahan guna penyusunan anggaran. c. 8.4. 3. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan kepala Sub Bagian Kesekretariatan. Berwibawa. a. Memberikan petunjuk dan arahan kepada bawahan untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. Uraian Tugas: 1.Tk IV02. d. 6. e. Memberikan penilaian DP 3 kepada Kepala Urusan sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KEPALA. 7. Memelihara pembukuan keuangan masing-masing bendahara menyusun laporan keuangan. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. e. Tugas Pokok : Menyusun perhitungan anggaran kebutuhan RS. 4.07. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Sub Bagian Keuangan dan Program. Kepala Seksi Keperawatan. Sehat Jasmani dan Rohani. 2. Kegiatan perbendaharaan verifikasi. 6. Menyusun perencanaan Anggaran dan Belanja. . mengurus pembukuan . Sarjana Muda / SLTA pengalaman dibidang Keuangan 1 – 3 tahun. Kepala Seksi Pelayanan. Membuat perencanaan anggaran Pendapatan dan Belanja. Melakukan perhitungan anggaran dan verifikasi. Menjabarkan perintah KEPALA guna penyelesaian tugas. Nama Jabatan : Kepala Urusan Penyusunan Anggaran. akutansi. mobilisasi dana. penyusunan dana. 5. Mendristibusikan tugas – tugas kepada bawahan sesuai disposisi atasan / KEPALA. 6.

5. 2. Meneliti pertanggung jawaban keuangan ( SPJ ) 7. Kepala Urusan Perbendaharaan. 6. Membuat laporan bulanan tentang pemasukan dan pengeluaran barang. . 4. a. dan Kepala Urusan Mobilisasi dana dan Penyusunan Program. 2. 8. 3. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh Kepala Sub Bagian Keuangan dan Program. Berwibawa. Melakukan pembukuan pada pendapatan naupun pengeluaran keuangan 3. Sarjana Muda / SLTA pengalaman dibidang Keuangan 1 – 3 tahun. 9. Uraian Tugas: 1.7. 4. Mengadakan penelitian penerimaan dan pengeluaran keuangan. 4. Melakukan evaluasi terhadap pendapatan dan pengeluaran. c. 3. b. KEPALA URUSAN VERIFIKASI DAN AKUNTANSI 1. Mengadakan pemeriksaan penerimaan dan pengeluaran keuangan. Tugas Pokok : Melakukan pemeriksaan / penelitian setiap penerimaan dan pengeluaran keuangan. 5. Pengertian Jabatan : Seorang Pegawai yang diberi tanggung jawab dan wewenang melakukan pemeriksaan / penelitian setiap penerimaan dan pengeluaran keuangan. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Sub Bagian Keuangan dan Program. 7. Memberikan penilaian DP 3 kepada Kepala bawahannya sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Sehat Jasmani dan Rohani. Melaksanakan pengawasan dan pemantauan penerimaan dan pengeluaran keuangan. d. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Sub Bagian Keuangan dan Program. 5. Melakukan pengendalian intern pendapatan maupun pengeluaran keuangan. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. Nama Jabatan : Kepala Urusan Verifikasi dan Akuntansi. Memberikan penilaian DP 3 kepada Kepala bawahannya sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku. 6. Membuat laporan setiap buan tentang pendapatan dan pengeluaran keuangan. Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan kepala urusan verifikasi dan akutansi. Membuat pertangung jawaban keuangan dan otorisasi. 6.

Memberikan penilaian DP 3 kepada Kepala bawahannya sesuai dengan peraturan Perundangundangan yang berlaku. 4. a. dan Kepala Urusan penyusunan Anggaran. Membuat pertanggung jawaban keuangan. Mengadakan pengawasan dan pemantauan kepada bawahannya. 5. Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman. 3. c. b. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. Nama Jabatan : Kepala Urusan Perbendaharaan. Membuat laporan keuangan.Tk IV 02. dan bendaharaan pembangunan. a. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Sub Bagian Keuangan dan Program.07. 5.04. Melakukan pengelolaan perbendaharaan. 4. 7. Tugas Pokok : Melakukan tata usaha keuangan dan pengelola perbendaharaan RS. Sehat Jasmani dan Rohani. Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan kepala urusan Perbendaharaan. bendahara rutin. 2.7. 7. Pengertian Jabatan : Seorang Pegawai yang diberi tanggung jawab dan wewenang mencari sumber-sumber dana baru dan menyusun program.07.Tk IV 02. Melakukan tugas tata urusan keuangan. 6.04 Uraian Tugas: 1. 2. Nama Jabatan : Kepala Urusan Mobilisasi Dana dan Penyusunan Progran. 2. Pengertian Jabatan : Seorang Pegawai yang diberi tanggung jawab dan wewenang melakukan tata usaha keuangan dan pengelola perbendaharaan RS. 3. Sarjana Muda / SLTA pengalaman dibidang Keuangan 1 – 3 tahun. . Berwibawa. dan Kepala Urusan penyusunan Anggaran. dan Kepala urusan Mobilisasi dana dan Penyusunan Program. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh Kepala Sub Bagian Keuangan dan Program. 6. KEPALA URUSAN MOBILISASI DANA DAN PENYUSUNAN PROGRAM 1. KEPALA URUSAN PERBENDAHARAAN 1. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan kepala urusan Perbendaharaan. 3. Sarjana Muda / SLTA pengalaman dibidang kepegawaian 1 –3 tahun. dan Kepala urusan Mobilisasi dana dan Penyusunan Program. d.

5. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan kepala Urusan. Nama Jabatan : Kepala Instalasi Rawat Jalan. d. 4. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan kepala Urusan. Sehat Jasmani dan Rohani. c. b. 2. c. Tugas Pokok : Mencari sumber-sumber dana baru dan menyusun program. Mengadakan koordinasi dengan kepala seksi. Nama Jabatan Pengertian Jabatan : Kepala Instalasi Rawat Inap. a. pelatihan dan penelitian serta melaksanakan rujukan intern maupun dengan instalasi lain dan juga dengan unit pelayanan kesehatan di luar Rumah Sakit. serta tempat untuk pendidikan. KEPALA INSTALASI RAWAT INAP 1. Berwibawa. 7. Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman. Berwibawa. KEPALA INSTALASI RAWAT JALAN 1. 6. Uraian Tugas: 1. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Sub Bagian Keuangan dan program. 3. Mencari sumbert-sumber dana baru. Sarjana / Dokter pengalaman memimpin 1 – 3 tahun. d. pelatihan dan penelitian serta melaksanakan rujukan intern maupun dengan instalasi lain dan juga dengan unit pelayanan Kesehatan di luar Rumah Sakit. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. Sehat Jasmani dan Rohani. : Seorang Pegawai / dokter yang diberi tanggung jawab dan wewenang menyelenggarakan pelayanan asuhan medis dan asuhan keperawatan Paripurna bagi . Tugas Pokok : Menyelenggarakan pelayanan asuhan medis dan asuhan keperawatan bagi pasien rawat jalan. Pengertian Jabatan : Seorang Pegawai / dokter yang diberi tanggung jawab dan wewenang menyelenggarakan pelayanan asuhan medis dan asuhan keperawatan bagi pasien rawat jalan. Memberikan penilaian DP 3 kepada Kepala Bawahannya sesuai dengan peraturan Perundangundangan yang berlaku. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Kepala Rumah Sakit. serta tempat untuk pendidikan.4. 2. Melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh Kepala Sub Bagian Keuangan dan program. 2. Menyusun program kerja tahunan di bidang tugasnya. 3. kepala urusan dan kepala sub seksi untuk mendapatkan bahan guna penyusunan program. 4. b. 5. 6. 5.

Memiliki Sertifikat Pelatihan PPGD. Persyaratan Jabatan 4. e. Memiliki kemampuan Kepemimpinan. d. pelatihan dan penelitian serta melaksanakan rujukan intern maupun dengan instalasi lain dan juga dengan unit pelayanan kesehatan di luar Rumah Sakit. a. KEPALA INSTALASI GAWAT DARURAT 1. Tanggung Jawab 5. pelatihan dan penelitian serta melaksanakan rujukan intern maupun dengan instalasi lain dan juga dengan unit pelayanan kesehatan di luar Rumah Sakit. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan Instalasi terkait dan dengan unit pelayanan Kesehatan di luar Rumah Sakit. Sarjana / Dokter pengalaman memimpin 1 – 3 tahun. serta tempat untuk pendidikan. b. : Pendidikan dan Pengalaman. serta tempat untuk pendidikan. Berwibawa. Tugas Pokok : Menyelenggarakan pelayanan asuhan medis dan asuhan keperawatan bagi pasien rawat Inap. pelatihan dan penelitian serta melaksanakan rujukan intern maupun dengan instalasi lain dan juga dengan unit pelayanan Kesehatan di luar Rumah Sakit. baik pasien yang datang dengan gawat medis. pelayanan pembedahan darurat. Memiliki kemampuan kepemimpinan. c. b. pasien rawat Inap. serta pelayanan pembedahan darurat. 5. c. pelatihan dan penelitian serta melaksanakan rujukan intern maupun dengan instalasi lain dan juga dengan unit pelayanan Kesehatan di luar Rumah Sakit. a. 2. tempat untuk pendidikan. Tugas Pokok : Kepala Instalasi Gawat darurat. 6. d. Berwibawa. : Menyelenggarakan pelayanan asuhan keperawatan sementara.3. : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Kepala Rumah Sakit. : Seorang Pegawai / dokter yang diberi tanggung jawab dan wewenang menyelenggarakan pelayanan asuhan keperawatan sementara. . serta tempat untuk pendidikan. Nama Jabatan Pengertian Jabatan 3. Sarjana / Dokter pengalaman memimpin 1 – 3 tahun. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Kepala Rumah Sakit. Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman. Sehat Jasmani dan Rohani. baik pasien yang datang dengan gawat medis. 4. Sehat Jasmani dan Rohani.

Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Rumah Sakit. alat kesehatan. d. KEPALA INSTALASI FARMASI 1. Memiliki kemampuan kepemimpinan. 4. Sehat Jasmani dan Rohani. alat kedokteran . Sarjana Farmasi. : Seorang Pegawai / Sarjana Farmasi yang diberi tanggung jawab dan weweng menyelenggarakan kegiatan penyediaan. Nama Jabatan Pengertian Jabatan : Kepala Instalasi Bedah. 2. gas medik dan bahan kimia bagi pasien rawat jalan. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan Instalasi terkait dan dengan unit pelayanan Kesehatan di luar Rumah Sakit. gas medik dan bahan kimia bagi pasien rawat jalan. Memiliki kemampuan kepemimpinan. peracikan dan penyaluran obat. : Seorang Dokter / Dokter Spesialis Bedah yang diberi tanggung jawab dan wewenang menyelenggarakan pelayanan pembedahan mayor paripurna dan pelayanan indoskopi bagi pasien rawat inap. Berwibawa. KEPALA INSTALASI BEDAH 1. Dokter / Dokter Ahli Bedah . Sehat Jasmani dan Rohani. c. 3. Berwibawa. 5. 6. a. 4.6. rawat darurat dan rawat inap. rawat darurat dan rawat inap. 6. 3. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan Instalasi terkait dan dengan pedagang besar Farmasi dalam rangka pengadaan obat-obatan. Nama Jabatan Pengertian Jabatan : Kepala Instalasi Farmasi. b. Tugas Pokok dan Uraian Menyelengarakan pelayanan pembedahan mayor paripurna. KEPALA INSTALASI REHAB MEDIK . Tugas Pokok dan Uraian Tugas : Menyelenggarakan kegiatan penyediaan. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Rumah Sakit. d. b. Persyaratan Jabatan : Pendidikan dan Pengalaman. Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman. a. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan Instalasi terkait dan dengan unit pelayanan Kesehatan di luar Rumah Sakit. 5. 2. peracikan dan penyaluran obat. c. alat kesehatan. alat kedokteran .

Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman. Tugas Pokok dan Uraian : Melaksanakan kegiatan pemeriksaan kegiatan di bidang Laboratorium untuk keperluan diagnosa dan kegiatan tranfusi darah yang dilakukan oleh tenaga / pegawai dalam jabatan fungsional. Nama Jabatan : Kepala Instalasi Rehab Medik. d. 2. Sarjana Muda Fisioterapi. Dokter / Patolog pengalaman dibidang Laboratorium 1 – 3 tahun. Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Rumah Sakit. tentang pasien yang harus menjalani rehabilitasi medik ( Fisioterapi ) dan menyelenggarakan penyuluhan bagi pasien yang harus menjalani rehab medik. 3. Pengertian Jabatan : Seorang Pegawai / Dokter yang diber tanggung jawab dan wewenang melaksanakan kegiatan pemeriksaan kegiatan di bidang laboratorium untuk keperluan diagnosa dan kegiatan tranfusi darah yang dilakukan oleh tenaga / pegawai dalam jabatan fungsional. Sehat Jasmani dan Rohani. Tugas Pokok dan Uraian : Menyelenggarakan perencanaan. 5. 2. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Rumah Sakit. c. a. 4. Sehat Jasmani dan Rohani. c. 3. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan Kepala Instalasi terkait serta unit pelayanan kesehatan di luar Rumah Sakit.1. Memiliki kemampuan kepemimpinan dan mengelola pasien yang harus menjalani rehab medik. a. : Seorang Pegawai yang diberi tanggung jawab dan wewenang menyelenggarakan perencanaan tentang pasien yang harus menjalani rehabilitasi medik ( Fisioterapi ) dan menyelenggarakan penyuluhan bagi pasien yang harus menjalani rehab medik. Berwibawa. Memiliki kemampuan kepemimpinan . Nama Jabatan Pengertian Jabatan : Kepala Instalasi Rehab Medik. d. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan Kepala Instalasi terkait KEPALA INSTALASI LABORATURIUM 1. 5.. 6. . Berwibawa. 4. 6. pengalaman dibidang Fisioterapi 1 – 3 tahun. b. b.

Berwibawa. 5. Memiliki kemampuan kepemimpinan dan mengelola Instalasi Gizi. Tugas Pokok dan Uraian : Menyelenggarakan perencanaan. b. 4. Berwibawa. 2. 4. c. . penataan dan penyediaan makanan biasa maupun diateri serta penyalurannya bagi pasien rawat inap dan menyelenggarakan penyuluhan gizi serta penelitian. a. a. Nama Jabatan : Kepala Instalasi Sterilisasi sentral dan Binatu. Memiliki kemampuan kepemimpinan. KEPALA INSTALASI STERILISASI SENTRAL DAN BINATU 1. 6. Lulusan SLTA pengalaman di bidangnya 1 – 3 tahun. 3. 5. KEPALA INSTALASI PEMULASARAAN JENAZAH 1. c. Pengertian Jabatan : Seorang Pegawai yang diberi tanggung jawab dan wewenang menyelenggarakan pelayanan Pemulasaraan Jenazah dan pelayanan kedokteran Forensic. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan Kepala Instalasi terkait serta dengan pemasok bahan kebutuhan lauk-pauk pasien. Sarjana Muda Gizi pengalaman di bidang Gizi 1 – 3 tahun. e. Nama Jabatan : Kepala Instalasi Gizi. Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan Kepala Instalasi terkait. Sehat Jasmani dan Rohani. Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman. 2. Sehat Jasmani dan Rohani. Pengertian Jabatan : Seorang Pegawai yang diber tanggung jawab dan wewenang menyelenggarakan perencanaan. b. Tugas Pokok dan Uraian : Menyelenggarakan pelayanan pemulasaraan Jenazah dan pelayanan kedokteran Forensik. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Rumah Sakit.KEPALA INSTALASI GIZI 1. e. 3. 6. penataan dan penyediaan makanan biasa maupundiateri serta penyalurannya bagi pasien rawat inap dan menyelenggarakan penyuluhan Gizi serta penelitian. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Rumah Sakit. Nama Jabatan : Kepala Instalasi Pemulasaraan Jenazah.

Tugas Pokok dan Uraian : Menyelenggarakan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan sarana Rumah Sakit. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan Kepala Instalasi terkait. a. Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman.2. KEPALA INSTALASI PEMELIHARAAN SARANA RUMAH SAKIT 1. Nama Jabatan Pengertian Jabatan : Kepala Instalasi Radiologi. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Rumah Sakit. Memiliki kemampuan kepemimpinan. 5. Lulusan Hygiene Sanitasi pengalaman di bidang Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit 1 – 3 tahun. d. d. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan Kepala Instalasi terkait. c. Nama Jabatan : Kepala Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit. 6. Berwibawa. 5. c. b. Sehat Jasmani dan Rohani. Persyaratan Jabatan: Pendidikan dan Pengalaman. b. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Rumah Sakit. c. sebelum habis masa pakainya. Berwibawa. a. rawat jalan dan rawat darurat. 6. : Seorang Pegawai / Dokter yang diberi tanggung jawab dan wewenang menyelenggarakan pelayanan pemeriksaan Radiodignostik guna menunjang penegakan diagnosa dan penyelenggaraan pelayanan radioterapi bagi pasien rawat inap . 2. 4. . Persyaratan Jabatan : Pendidikan dan Pengalaman. Pengertian Jabatan : Seorang Pegawai yang diberi tanggung jawab dan wewenang menyelenggarakan kegiatan pemeliharaan dan pencucian linsa serta pracuci hama linen dan instrumen bagi penyelenggaraan pembedahan. 3. Tugas Pokok dan Uraian : Menyelenggarakan kegiatan pemeliharaan dan pencucian linsa serta pracuci hama linen dan instrumen bagi penyelenggaraan pembedahan. 4. 3. Dokter / Dokter Radiologi. 2. Sehat Jasmani dan Rohani. Memiliki kemampuan kepemimpinan. Lulusan SLTA pengalaman di bidangnya 1 – 3 tahun. 3. KEPALA INSTALASI RADIOLOGI 1. b. a. Memiliki kemampuan kepemimpinan. sebelum habis masa pakainya. Pengertian Jabatan : Seorang Pegawai yang diberi tanggung jawab dan wewenang menyelenggarakan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan sarana Rumah Sakit. Berwibawa.

Melaksanakan etika profesi. Nama Jabatan : Komite Medis. d. Sehat Jasmani dan Rohani. penyuluhan kesehatan. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan Instalasi. 3. mengatur kewenangan profesi anggota staf medis fungsional. Uraian tugas : 1.. Persyaratan Jabatan :Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Rumah Sakit. 2. STAF MEDIS FUNGSIONAL 1. Memantau pelaksanaan standar prosedur pelaksanaan. Pengertian Jabatan : Staf Medis Fungsional adalah kelompok dokter dan dokter gigi yang bekerja di Instalasi dalam jabatan fungsional. 5. Pengertian Jabatan : Komite Medik adalah kelompok tenaga medis yang keanggotanya dipilih dari anggota staf medis fungsional. pencegahan akibat penyakit. Tugas Pokok : Melaksanakan diagnosis. Tugas Pokok : Membantu kepala menyusun standar pelayanan. Ruang serta bagian yang ada di Rumah Sakit. pengobatan. peningkatan dan pemulihan kesehatan. Mengadakan koordinasi antar anggota disiplin staf Rumah Sakit aleh suatu panitia Kelaompok Kerja.. pendidikan. Membantu Kepala menyusun standar prosedur operasional pelayanan medis. 4. 3. pelatihan serta penelitian dan pengembangan. 6. 8. Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Rumah Sakit. Persyaratan Jabatan :Tanggung Jawab : Secara struktural bertanggung jawab kepada Kepala Rumah Sakit. 3. pembinaan etika profesi. 5. KOMITE MEDIS 1. 2. 5. memantau pelaksanaannya. Nama Jabatan : Staf Medis Fungsional. Mengatur kewenangan profesi anggota staf fungsional Rumah Sakit. mengembangkan program pelayanan pendidikan dan pelatihan secara penelitian pengembangan. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan Koordinasi dan konsultasi dengan Kepala Instalasi terkait dan dengan pedagang besar Farmasi dalam rangka pengadaan obat obatan. 4.4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Sub Bagian Keuangan dan Program sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku. 6. 6. 5. . 7. 4. Menyusun standar operasional tindakan medis. 2.

Mengadakan pencegahan akibat penyakit. Mengatur kegiatan profesi. KETENTUAN LAIN – LAIN Ketetapan ini berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas pada RS. Tk IV 02.04 dalam hubungan Komando.Tk IV 02. Mengawasi kwalitas pelayanan sesuai standar profesi. Mengadakan pendidikan dan pelatihan. KETENTUAN PENUTUP Ketetapan ini mengubah susunan organisasi dan tat kerja RS.07. Mengatur administrasi staf medis fungsional.04 Dr. 2. Melaksanakan tugas-lain lain yang diberikan oleh Kepala. Ketetapan ini mulai berlaku pada tangal ditetapkan. 8. Hubungan dengan unit lain : Melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan unit terkait. Uraian tugas : 1. 7. 9. 5. Mengadakan penelitian dan pengembangan. 6. Ditetapkan di Bandar Lampung Pada tanggal 2014 Kepala Rumah Sakit Tk IV 02.6. 10.07. Melaksanakan peningkatan dan pemulihan kesehatan. 6.07. Melaksanakan tugas diagnosis dan pengobatan. 3. Mengadakan penyuluhan kesehatan.Virni Sagita Ismayawati MARS Mayor Ckm (K) NRP 1198002632 . 4.04 dalam rangka pelaksanaan Akreditasi.

7 Bandar Lampung Telp ( 0721 ) 770430 Fex ( 0721 ) 770430 STRUKTUR ORGANISASI RUMKIT TK IV 02.03 RUMAH SAKIT TINGKAT IV 02.04 KEPALA WAKA KOMITE MEDIK Panitia Mutu Panitia Etika RS Panitia K3 RS KABAG KEPERAWATAN KAINSTAL WATLAN KAINSTAL WATNAP KAINSTAL WAT DARURAT KABAG PELAYANAN KAINSTAL BEDAHI KAINSTAL REHAB MEDIK KAINSTAL WAT RADIOLOGI KABAG KESEKRET & REKAM MEDIK KAINSTAL FARMASI KAINSTAL GIZI KAINSTAL PEMULASARAN JENAZAH KABAG KEUANGAN KA PEMELIHARAAN & SARANA KAINSTAL LABORATURIUM Bandar Lampung.DETASEMEN KESEHATAN WILAYAH 02.04 dr.04 JL.07. Virni Sagita Ismayawati. A. MARS Mayor Ckm (K) NRP 1198002632 .07.07. KAINSTAL SENTRALISASI SENTRAL DAN BINATU 2014 Kepala Rumah Sakit Tk IV 02.04. Rivai No. Dr.

A.DETASEMEN KESEHATAN WILAYAH 02. Dr. Rivai No.07. MARS Mayor Ckm (K) NRP 1198002632 .03 RUMAH SAKIT TINGKAT IV 02. Virni Sagita Ismayawati.04 dr.04.7 Bandar Lampung Telp ( 0721 ) 770430 Fex ( 0721 ) 770430 STRUKTUR ORGANISASI RUMKIT TK IV 02. KAINSTAL SENTRALISASI SENTRAL DAN BINATU 2014 Kepala Rumah Sakit Tk IV 02.04 JL.07.07.04 DIREKTUR WADIR KABAG TU KA SUB BAG UMUM KA SUB BAG KEUANGAN KA SUB BAG KEPEGAWAIAN KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL KOMITE KEPERAWATAN KA INSTAL WATLAN KA INSTAL WATNAP KAINSTAL WAT DARURAT KAINSTAL BEDAH KAINSTAL REHAB MEDIK SMF KOMITE MEDIK KAINSTAL WAT RADIOLOGI KAINSTAL FARMASI KAINSTAL GIZI KAINSTAL PEMULASARAN JENAZAH INSTALASI KA PEMELIHARAAN & SARANA KAINSTAL LAB Bandar Lampung.