You are on page 1of 4

DEMAM BERDARAH DENGUE

(DBD)

PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT
DEPARTEMEN ILMU KEDOKTERAN KOMUNITAS
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
Jl. Mayjen Sutoyo No. 2 Cawang Jakarta 13650
Telp. (021) 95380533

Apa Itu DBD ?
DBD adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang sering menimbulkan wabah dan kematian.

Aktifitas menggigit biasanya mulai pagi sampai petang dengan 2 puncak aktifitas antara pukul 09. virus ini berada dalam darah selama 4 – 7 hari. Biasanya nyamuk Aedes Aegypti betina mencari mangsa pada siang hari. Seorang yang di dalam darahnya mengandung virus dengue merupakan sumber penularan DBD. Virus ini akan tetap berada dalam tubuh nyamuk sepanjang hidupnya dan menjadi penular. orang yang tertular dapat menderita penyakit ini. Sesudah masa inkubasi. Bila sudah parah penderita . Tanda-tanda perdarahan seperti bintik-bintik merah pada kulit seperti bekas digigit nyamuk Kadang-kadang terjadi mimisan. Bila penderita DBD digigit nyamuk penular. Kadang-kadang nyeri ulu hati karena perdarahan pada lambung. Apa Saja Tanda dan Gejala DBD ? Mendadak demam tanpa sebab yang jelas.00 – 10. tetapi dalam dekade terakhir ini terlihat adanya kecenderungan pada dewasa dengan kekebalan imun yang rendah. muntah darah dan bab berdarah. selanjutnya virus akan memperbanyak diri dan tersebar di berbagai jaringan tubuh nyamuk termasuk di dalam kelenjar liurnya.00 – 17. Meskipun dapat juga ditularkan oleh Aedes Albopictus yang biasanya hidup di kebun-kebun.Penyebab Penyakit DBD disebabkan oleh virus dengue. Kira-kira 1 minggu setelah menghisap darah penderita nyamuk tersebut siap menularkan kepada orang lain. DBD pada umumnya menyerang anak-anak ≤ 15 Tahun. Masa Inkubasi Masa inkubasi DBD biasanya 4 – 7 hari atau bahkan 3 – 15 hari.00. Bagaimana Cara Penularannya ? Penularan DBD umumya melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.00 dan pukul 16. maka virus dalam darah akan ikut terisap masuk kedalam lambung nyamuk. berlangsung 2 – 7 hari.

Ciri-Ciri Nyamuk Aedes aegypti Nyamuk berwarna hitam dengan bercak putih di punggung. b Kimia Cara memberantas jentik dengan menaburkan bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air yang sulit dikuras dan didaerah yang air . ujung tangan dan kaki dingin. Istirahat di tempat gelap dan lembab. Hidup disekitar rumah dan berkembangbiak di tempat penampungan air dan tidak beralaskan tanah seberti bak mandi. I Bagaimana Pencegahan dan Pemberantasannya ? Pemberantasan nyamuk dewasa dilakukan dengan penyemprotan /pengasapan / fogging dengan menggunakan insektisida. vas bunga dan barang-barang yang dapat menampung air seperti kaleng kosong. drum dan lain-lain. pot penanaman air. Jarak terbang kira-kira 100 meter. menyingkirkan dan memusnakan barang-baranag bekas seperti kaleng. Fogging dilakukan di dalam maupun diluar rumah. WC dan lain-lain. drum. PSN-DBD dapat dilakukan dengan cara : a Fisik Cara ini dikenal dengan 3 M : menguras dan menyikat bak mandi. ban. tempayan. Cara ini dikenal dengan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) DBD secara teratur sekurang-kurangnya seminggu sekali.gelisah. barang plastic dan lain- lain. mengubur. menutup tempat penampungan air di rumah tangga seperti tempayan. hal tersebut disebut dengan syok. Cara yang paling tepat dan sederhana dengan memberantas jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti di tempat berkembang biaknya. tempat minuman burung dan lain-lain. ban bekas.

ikan gupi. Pengobatan Beri minum sebanyak-banyaknya. Harus segera di bawa ke pelayanan kesehatan. c Biologi Cara memberantas jentik dengan cara memelihara ikan pemakan jentik seperti ikan kepala timah. Laporkan segera ke Puskesmas terdekat untuk mendapat upaya penanggulangan seperti fogging agar tidak terjadi penyebaran.besihnya sulit di dapat sehingga perlu penampung air hujan. . Takaran yang dipakai adalah 1 sendok makan peres untuk 100 liter air. Berikan kompres bila demam. ikan cupang/tempalo dan lain-lain. Berikan obat penurun panas misalnya parasetamol sesuai dengan dosis.