You are on page 1of 4

KEPUTUSAN KEPALA

RUMAH SAKIT TK IV 02.07.04
NOMOR …………………/2015
TENTANG
PEMBERIAN PELAYANAN YANG TERINTEGRASI DAN TERKOORDINAS
DI RUMAH SAKIT TK IV 02.07.04
KEPALA
RUMAH SAKIT TK IV 02.07.04

Menimbang :
a. Bahwa dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit TK IV
02.07.04, maka diperlukan penyelenggaraan pemberian pelayanan yang
terintegrasi dan terkoordinasi yang bermutu tinggi;
b. Bahwa agar pelayanan dapat terintegrasi dan terkoordinasi dengan baik di
Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gaot Soebroto Ditkesad dapat terlaksana
dengan baik, perlu adanya kebijakan Kepaka Rumah Sakit Pusat Angkatan
Darat Gaot Soebroto Ditkesad sebagai landasan bagi penyelenggaraan
pelayanan RSPAD.
c. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam a dan b
,perlu ditetapkan dengan Keputusan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan
Darat Gaot Soebroto Ditkesad.
Mengingat :
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah
Sakit.
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang
Kesehatan
3. Peraturan
Menteri
Kesehatan
Republik
Indonesia
1438/MENKES/PER/IX/2010 tentang Standar Pelayanan Kedokteran

Nomor

4. Peraturan
Menteri
Kesehatan
Republik
Indonesia
Nomor
290/MENKES/PER/III/2008 tentang Persetujuan Tindakan Kedokteran
5. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 269/MENKES/PER/III/2008 tentang
Rekam Medis

M E M U TU S KAN :

.. Ketiga : Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pelayanan yang terintegrasi dan terkoordinasi di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Ditkesad dilaksanakan oleh Direktur Pembinaan Pelayanan Medik Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gaot Soebroto Ditkesad. 2011 Kepala RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad. Dr.. Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkannya. dan apabila di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam penetapan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya Ditetapkan di J a k a r t a Pada tanggal .... Komaruddin Boenjamin SpU Brigadir Jenderal TNI Lampiran . sebagaimana tercantum dalam Lampiran Keputusan ini....Menetapkan : Pertama : Kedua : Kebijakan pelayanan yang terintegrasi dan terkoordinir di Rumah Sakit Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Ditkesad. Keempat : KEPUTUSAN KEPALA RUMAH SAKIT PUSAT ANGKATAN DARAT DITKESAD TENTANG KEBIJAKAN PELAYANAN YANG TERINTEGRASI DAN TERKOORDINIR DI RUMAH SAKIT PUSAT ANGKATAN DARAT DITKESAD.......

Prosedur yang dilaksanakan harus dicatat dalam rekam medis 4. 2. Rencana pelayanan dicatat dalam rekam medis dalam bentuk kemajuan terukur pencapaian sasaran. berdasarkan hasil asesmen ulang dari pasien oleh praktisi pelayanan kesehatan. 4. Pelayanan kepada pasien direncanakan dan tertulis di rekam medis pasien 2. 5. dan mengikuti kebijakan rumah sakit. perawat dan pemberi pelayanan kesehatan lain dalam waktu 24 jam sesudah pasien masuk rawat inap. Mereka yang diizinkan memberikan pelayanan menulis perintah dalam rekam medis pasien di lokasi yang sama dan seragam 3. 8. 7. 6. 3. Pasien dan keluarga diberitahu tentang hasil pengobatan termasuk kejadian yang tidak diharapkan Kebijakan Khusus 1. . Perintah harus tertulis bila diperlukan. Pelayanan untuk setiap pasien direncanakan oleh dokter penanggung jawab pelayanan (DPJP). Rencana pelayanan yang tiap pasien diperiksa ulang dan di verifikasi oleh DPJP dengan mencatat kemajuannya. Rencana pelayanan disediakan. Rencana pelayanan pasien harus individual dan berdasarkan data asesmen awal. Pelayanan yang diberikan kepada setiap pasien dicatat dalam rekam medis pasien oleh pemberi pelayanan.Keputusan Kepala RSPAD GS Ditkesad Nomor : Tanggal : KEBIJAKAN PELAYANAN YANG TERINTEGRASI DAN TERKOORDINASI RSPAD GATOT SOEBROTO DITKESAD Kebijakan Umum 1. Kemajuan yang diantisipasi dicatat atau direvisi sesuai kebutuhan.

Kepala. Tindakan yang dilakukan harus dicantumkan dalam rekam medis pasien.9. 10. Pasien dan keluarga diberi informasi tentang kejadian yang tidak diharapkan dalam pelayanan dan pengobatannya. Hanya mereka yang diizinkan boleh menulis perintah 11. Permintaan diagnostik imajing dan pemeriksaan laboratorium klinik harus disertai indikasi klinis / rasional apabila memerlukan ekspertise. Hasil tindakan yang dilakukan dicatat dalam rekam medis pasien. SpU Bridarir Jenderal TNI . 15. RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad Dr. Pasien dan keluarga diberi informasi tentang hasil pelayanan dan pengobatan. 14. 12. Komaruddin Boenjamin. Perintah berada di lokasi tertentu yang seragam di rekam medis pasien. 13.