IKATAN KIMIA

1. Apa yang dimaksud dengan ikatan kimia
Ikatan Kimia adalah gaya tarik menarik yang kuat
antara atom-atom tertentu bergabung membentuk
molekul atau gabungan ion-ion sehingga keadaannya
menjadi lebih stabil.
2. Jelaskan yang dimaksud dengan ikatan ionic
Ikatan ion adalah ikatan kimia yang terbentuk karena
adanya gaya tarik-menarik elektrostatis antara ion
positif dengan ion negatif.
Pembentukan senyawa ion :
Terjadi akibat terjadinya serah terima elektron
Terjadi antara ion positif dan ion negatif
Terjadi antara unsur logam dan nonlogam
Terjadi antara unsur yang memiliki energi ionisasi
dengan unsur afinitas elektron yang besar
Contoh: Pembentukan NaCl
Ikatan ionic dihasilkan dari transfer electron antara
atom logam dan nonlogam. Ion positif dan negative
terbentuk dan didekatkan melalui tarikan elektrostatik
3. Jelaskan yang dimaksud dengan ikatan kovalen
Ikatan kovalen adalah ikatan yang terbentuk karena
memiliki elektron yang digunakan bersama antara
sepasang atom. Biasanya ikatan kovalen terjadi antara
unsur sesama nonlogam. Dalam teori ikatan valensi,

Jelaskan yang dimaksud dengan ikatan kovalen polar Senyawa kovalen dikatakan polar jika senyawa tersebut memiliki perbedaan keelektronegatifan. Senyawa kovalen polar biasanya terjadi antara atomatom unsur yang beda keelektronegatifannya besar. Jelaskan yang dimaksud dengan ikatan kovalen koordinasi Adalah ikatan yang terbentuk dengan cara penggunaan bersama pasangan elektron yang berasal dari salah 1 atom yang berikatan Pasangan Elektron Bebas (PEB). mempunyai momen dipol (µ= hasil kali jumlah muatan dengan jaraknya) ≠ 0. mempunyai bentuk molekul asimetris. Terdapat pemisahan antara pusat bermuatan positif dan negative dalam ikatan 5. pada senyawa yang berikatan kovalen terjadi pengutuban muatan. Pasangan elektron ikatan (PEI) yang menyatakan ikatan dativ digambarkan dengan tanda anak panah kecil yang .penggunaan electron bersama dikatakan terjadi dalam kawasan yang orbital atomnya bertumpang tindih. sedangkan atom yang lain hanya menerima pasangan elektron yang digunakan bersama. Ikatan kovalen polar adalah ikatan kovalen yang Pasangan Elektron Ikatannya (PEI) cenderung tertarik ke salah satu atom yang berikatan. Dengan demikian. 4.

F. N = 7. N = 7. NH3. KCl. CO2. 11. Cl2. Apa yang dimaksud dengan senyawa polar dan senyawa non polar Senyawa polar adalah Senyawa yang terbentuk akibat adanya suatu ikatan antar elektron pada unsur-unsurnya. O = 8. Tentukan jenis ikatan yang terjadi pada senyawa : HCl. tidak terlibat dalam pembentukan ikatan Sepasang electron yang dijumpai pada kulit valensi suatu atom 7. Mg =12) 9. H2O. Tuliskan struktur lewis atom : O. Cl = 17. Tuliskan struktur lewis senyawa : H 2O. Hal ini terjadi karena unsur yang berikatan tersebut mempunyai nilai keelektronegatifitas yang berbeda. Senyawa non polar : Senyawa yang terbentuk akibat adanya suatu ikatan antar elektron pada unsur-unsur yang membentuknya. 6. Apa yang dimaksud dengan pasangan elektron bebas Merupakan pasangan elektron yang lebih nyata. Hal ini terjadi karena unsur yang berikatan mempunyai nilai elektronegatifitas yang sama/hampir sama. C = 6) 10. Mg. Apa yang dimaksud dengan momen dipol .arahnya dari atom donor menuju akseptor pasangan elektron. Cl. [Fe(H2O)6]Cl3. O = 8. CH4 dan Cl2 (no atom H = 1. 8. NH4OH. N (no atom F = 9.

Momen dipol merupakan ukuran pemisahan muatan dalam molekul yang mengandung atom-atom yang keelektronegatifannya berbeda. Teori VSEPR disebut juga teori domain elektron atau teori tolakan pasangan elektron kulit terluar atom. . Momen dipol molekul merupakan resultan dari momen ikatan apapun yang berada dalam molekul. H2 13. HCl. Hal ini menjadi dasar Teori VSEPR yang dikemukakan oleh Sidgwick Powell dan Nylholm Gillespie. Satuan yang digunakan untuk mengukurnya adalah debye. Informasi tentang geometri dapat diperoleh dari pengukuran momen dipol. Kelompokkan senyawa berikut berdasarkan kepolarannya : CO2. H2O. atom diikat oleh atom yang lainnya dengan menggunakan pasangan elektron yang berada dalam kulit terluar atom pusat.34 x 10-30 Cm 12. terangkan tentang teori tolakan pasangan elektron kulit valensi (valence shell electron pair repulsion theory) Dalam suatu molekul. Ukuran tingkat pemisahan antara pusat muatan positif dan negative didalam molekul. CH4. miu=3. Pasanganpasangan elektron ini akan berusaha saling menjauhi sehingga gaya tolak menolak pasangan elektron menjadi minimum. NH3. Cl2.

yang penting kita mengetahui banyaknya pasangan elektron terluar di sekitar atom pusat. Akibat dari tolakan dari PEB tersebut maka sudut ikatan PEI menjadi lebih kecil. Pasangan-pasangan elektron pada kulit terluar atom pusat baik pasangan elektron bebas (PEB) maupun pasangan elektron terikat (PEI) akan tolak menolak satu sama lain sejauh mungkin sehingga gaya tolakannya menjadi minimum. . Hal ini terjadi karena PEB hanya terdapat pada satu atom saja.Teori VSEPR menerangkan beberapa hal. Teori yang digunakan untuk memprediksi bentuk molekul dan ion poliatomik yang paling mungkin berdasarkan tolakan murni pasangan electron yang ditemukan dalam kulit valensi suatu atom pusat dalam struktur. 2. Teori ini tidak menggunakan orbital atom. sehingga dapat bergerak bebas dan menempati ruang lebih besar dibandingkan PEI. baik PEB maupun PEI dengan menggunakan struktur titik elektronnya (struktur lewis) kemudian menentukan posisi PEI untuk meramalkan geometri molekulnya. Tolakan PEB-PEB > tolakan PEB-PEI > PEI-PEI. 1. Kekuatan tolakan antar pasangan elektron berbedabeda. diantaranya adalah sebagai berikut. 3.

Pengaruh bentuk molekul Senyawa yang memiliki bentuk molekul simetris bersifat non-polar. menyebabkan molekul tersebut bersifat semakin polar. Catatan : Jika dicampurkan dengan pelarut akan larut. [Fe (NH3)3Cl3] 15. CCl4. CH4. H2O. Contoh : CH4 . Contoh : HCl keelektronegatifan H=2.8 maka H cenderung bermuatan positif (H+) dan Cl cenderung bermuatan negatif (Cl-).14. HNO3. NH3. HCl. dsb. Senyawa yang memiliki bentuk molekul tidak simetris karena ada pasangan elektron bebas (PEB) bersifat polar. sehingga tidak terbentuk muatan / dipole. . dsb. tentukan/gambarkan geometry molekul : CO2. PCl3. Semakin besar perbedaan keelektronegatifan atom-atom dalam suatu molekul. Cl2. Contoh : NH3.1 dan Cl=2. Jika senyawa yang ion-ionnya bermuatan sama (δ+ danδ+) atau (δdanδ-) tidak ada perbedaan keelektronegatifan (perbedaan keelektronegatian = 0). Jelaskan faktor apa saja yang menentukan kepolaran suatu senyawa Perbedaan keelektronegatifan Senyawa yang ion-ionnya membentuk 2 kutub dengan muatan yang berlawanan (δ+ danδ-) menyebabkan terbentuknya suatu dipol. jika dilarutkan terjadi pengendapan. sehingga terjadi 2 kutub (dipol). H2O.

Apa yang dimaksud ikatan hydrogen ialah gaya tarik menarik antara atom H dengan atom lain yang mempunyai keelektronegatifan besar pada satu molekul dari senyawa yang sama. 18. Semakin besar perbedaannya semakin besar pula ikatan hidrogen yang dibentuknya. 17. dimana gaya ini relatif jauh lebih lemah dibandingkan gaya yang timbul karena ikatan valensi dan besarnya gaya ini ialah 10-7 kali jarak antara atom-atom atau molekul-molekul. Apa yang dimaksud ikatan logam Ikatan logam adalah ikatan kimia yang terbentuk akibat penggunaan bersama elektron-elektron valensi antar atom-atom logam. 19.16. Kekuatan ikatan hidrogen ini dipengaruhi oleh beda keelektronegatifan dari atom-atom penyusunnya. Apa yang dimaksud ikatan van Der Waals ialah gaya tarik-menarik antara atom atau molekul. Apa yang dimaksud dengan hibridisasi . Misalnya:Dalam logam tembaga. atom tembaga dikelilingi 12 atom tembaga ( yang berikatan) atau aloi (jika terdapat atom-atom yang berbeda) misalnya atom logam Be dan Cu membentuk baja. Senyawa yang terbentuk hasil dari ikatan logam dinamakan logam (jika semua atom adalah sama).

Ligan mempunyai paling tidak satu atom donor dengan sepasang electron yang digunakan untuk membentuk ikatan kovalen dengan atom atau ion logam pusat Pada pembentukan senyawa kompleks netral atau senyawa kompleks ionik. Ion atau molekul netral yang memiliki atom-atom donor yang dikoordinasikan pada atom pusat disebut ligan. Atom donor dapat berupa suatu ion atau molekul netral. . sedangkan atom yang mendonorkan elektronnya ke atom pusat disebit atomdonor. dan logam pusat yang mengikatnya berperan sebagai asam Lewis (akseptor pasangan elektron). sp2 dan sp. atom logam dan ion logam disebut sebagai atom pusat. Apa yang dimaksud ligan dan atom/logam pusat Ligan adalah sebuah ion atau molekul netral yang mampu mengikat secara koordinasi atom atau ion logam pusat dalam senyawa kompleks. Berikan gambaran hibridisasi sp3. Ligan berperan sebagai basa Lewis (donor pasangan elektron).hibridisasi adalah sebuah konsep bersatunya orbitalorbital atom membentuk orbital hibrid yang baru yang sesuai dengan penjelasan kualitatif sifat ikatan atom 20. 21.

.8. KCl. Cl2. Cl ————> Cl– Dengan begitu didapat susunan elektron dari kedua elektron yang stabil ( elektron kulit terluarnya berjumlah 8). NH4OH.8.7. 8.8. Ikatan ion yang membentuk senyawa KCl KCl 19K : 2. [Fe(H2O)6]Cl3.7 Perhatikan jumlah elektron terluar pada susunan elektron dari kedua unsur diatas. Ikatan kovalen antara atom H dan atom Cl dalam HCl Konfigurasi elektron H dan Cl adalah: H : 1 (memerlukan 1 elektron) Cl : 2. Ikatan antara atom H dan atom O dalam H2O Konfigurasi elektron H dan O adalah: H : 1 (memerlukan 1 elektron) O : 2. K akan melepaskan 1 elektron valensi K ————-> K+ Cl menangkap 1 elektron valensi.sedangkan atom H hanya memasangkan 1 elektron. Oleh karena itu. H2O.1 17Cl : 2. 1 atom O berikatan dengan 2 atom H. Tentukan jenis ikatan yang terjadi pada senyawa : HCl. 6 (memerlukan 2 elektron) Atom O harus memasangkan 2 elektron. jadi 1 atom H akan berpasangan dengan 1 atom Cl. 7 (memerlukan 1 elektron) Masing-masing atom H dan Cl memerlukan 1 elektron.

Cl. N = 7. CO2. O = 8. N = 7. CH4 dan Cl2 (no atom H = 1. Tuliskan struktur lewis senyawa : H2O. Tuliskan struktur lewis atom : O. Mg. NH4OH merupakan ikatan ion karena adanya ion NH4^+ dan OH^-. O = 8. NH3. Cl2 tidak mungkin membentuk ikatan ion karena kemampuan kedua atom Cl untuk menarik dan melepas elektron sama. Oleh karena itu setiap atom Cl menyumbangkan 1 elektronnya untuk digunakan bersama sama untuk memenuhi hukum oktet. Mg =12) 9.Ikatan kovalen tunggal dalam Cl2. N (no atom F = 9. 8. Cl = 17. F. Agar stabil atom Cl memerlukan 1 elektron tambahan. C = 6) .

.

Cl2. H2O. CH4. Tentukan/gambarkan geometry molekul : CO2.12. HNO3 . Cl2. H2 14. CH4. Kelompokkan senyawa berikut berdasarkan kepolarannya : CO2. HCl. NH3. NH3. H2O. [Fe (NH3)3Cl3] . HCl.

.

20. sp2 dan sp . Berikan gambaran hibridisasi sp3.