You are on page 1of 10

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Sulawesi Tengah merupakan salah satu Provinsi dalam Negara Kesatuan
Republik Indonesia yang memiliki banyak potensi Sumber Daya Alam, baik
dari aspek pertambangan, perkebunan, pertanian, dll. Propinsi Sulawesi
Tengah memiliki sumber daya dalam bidang pertambangan yaitu bahan galian
dan mineral, antara lain mineral logam industri dan bahan bangunan serta
bahan bakar fosil yaitu batu bara dan minyak. Bahan galian golongan A
(strategis) antara lain minyak dan gas bumi, batu bara dan nikel. Bahan galian
golongan B (vital) antara lain emas, molibdenum, chronit, tembaga dan
belerang. Bahan galian golongan C (bukan strategis dan vital) meliputi
sirtukil, granit, marmer, pasir kuarsa, pasir besi, lempung dan sebagainya.
Saat ini wilayah provinsi Sulawesi Tengah memiliki 12 Kabupaten dan 1
kota, diantaranya adalah Kabupaten Toli-Toli dan kabupaten Buol sebagai
objek dalam tulisan ini. Kabupaten Tolitoli terletak diantara 0,350 – 1,200
Lintang Utara dan Lintang Selatan 1200 – 122.090 Bujur Timur, dengan
batas-batas wilayah sebagai berikut : a. Utara : Laut Sulawesi berbatasan
dengan Filipina b.Timur: Kabupaten Buol c. Selatan : Kabupaten Donggala
dan Parigi Moutong d. Barat : Selat Makassar Kabupaten Tolitoli mempunyai
luas wilayah 4.079,77 Km atau 407.997 Ha dan mempunyai panjang garis
pantai 453,98 Km.
Secara geografis, kabupaten ini terletak di pesisir Pantai Barat Sulawesi,
tepat dipintu masuk bagian utara Selat Makassar yang berhadapan langsung
dengan Laut Sulawesi dan Selat Makassar dengan luas laut mencapai
300.859,22 Ha. Kabupaten Tolitoli memiliki 43 Pulau, tiga diantaranya
merupakan pulau terluar yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia
(Kawasan Ambalat), yakni Pulau Lingayan, Pulau Dolangan dan Pulau
Salando. Dari 10 kecamatan, sembilan diantaranya merupakan kecamatan

507 km² dan berpenduduk sebanyak 132.330 jiwa (2010). Demikian pula hanya Kabupaten Buol adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah. Tujuan Untuk mengetahui potensi sumber daya alam dalam bidang pertambangan di Kabupaten Toli-Toli dan Kabupaten Buol yang dapat di manfaatkan oleh masyrakat dan memilki nilai ekonomis yang tinggi jika dikelola dengan baik. sehingga dapat bermanfaat secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakat sekitarnya. Secara umum bahan galian tersebut belum dimanfaatkan dan dikembangkan secara optimal. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Buol. Emas. Kondisi ini membuktikan bahwa Kabupatren Toli-Toli dan Buol memiliki kekayaan alam yang cukup banyak terutama dari sumber bahan galin sampai saat ini.yang berada pada wilayah peisisir dengan potensi sumberdaya alam yang memiliki nilai ekonomi tinggi.saat ini di Kabupaten Buol memiliki sumber daya alam bidang pertambanagan cukup banyak diantaranya Batu Bara. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 3. sehingga perlu dipelajari bagaimana cara memanfaatkan dan mengembangkan bahan galian dengan benar dan berwawasan lingkungan. Biji Besi dan lain-lain. B. . (Sumber : Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah).

gas alam. contoh : air. air. Sumber daya alam berdasarkan jenis :  Sumber daya alam hayati / biotik adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. hewan dan banyak lagi lainnya. air. contoh : bahan tambang. dan lain sebagainya. Contoh dasar sumber daya alam seperti barang tambang. dan lain-lain  Sumber daya alam non hayati / abiotik adalah sumber daya alam yang berasal dari benda mati. dan lain-lain  Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui / non renewable ialah sumber daya alam yang tidak dapat di daur ulang atau bersifat hanya dapat digunakan sekali saja atau tidak dapat dilestarikan serta dapat punah. timah. tumbuhan. batubara. Sumber Daya Alam Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera yang ada di sekitar alam lingkungan hidup kita. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah. contoh : tumbuhan. tumbuh-tumbuhan. . sinar matahari. mikroorganisme. dan lain-lain B. A. batuan. contoh : minyak bumi. permukaan tanah. hasil hutan. udara. udara. hewan. Sumber daya alam berdasarkan sifat pembaharuan :  Sumber daya alam yang dapat diperbaharui / renewable yaitu sumber daya alam yang dapat digunakan berulang-ulang kali dan dapat dilestarikan. hewan.BAB II DASAR TEORI A.

misalnya : ombak. dan lain sebagainya. dan lain-lain. Sumber daya alam yang tidak terbatas jumlahnya / unlimited contoh : sinar matahari. arus air sungai. arus air laut. contoh : hasil hutan. . hasil pertanian. sinar matahari. minyak bumi. barang tambang. panas bumi.  sumber daya alam penghasil energi adalah sumber daya alam yang dapat menghasilkan atau memproduksi energi demi kepentingan umat manusia di muka bumi. udara. C. gas bumi. Sumber daya alam berdasarkan kegunaan atau penggunaannya  sumber daya alam penghasil bahan baku adalah sumber daya alam yang dapat digunakan untuk menghasilkan benda atau barang lain sehingga nilai gunanya akan menjadi lebih tinggi. dan lain lain.

40 juta ton. yang telah dieksplorasi oleh PT. Belum ada catatan yang teratur tentang keterdapatan atau produksi bahanbahan lainnya.993. Lokasi keterdapatan mineral non-logam di daerah Tolitoli sebagai berikut : granit (terdapat 4 titik lokasi) dengan jumlah sumberdaya sebesar 19. timbal (2 titik lokasi). emas (3 titik lokasi). emas dan timbal.995.59 juta ton. berupa indikasi dimana mineral galena terdapat dalam urat-urat kuarsa yang memotong batuan intrusi dengan kadar 7920 ppm. Bahan bangunan lainnya berupa pasir dan sirtu penambangannya banyak dilakukan rakyat secara tradisional pada hampir setiap muara atau aliran sungai di setiap kecamatan. Kecamatan Dondo merupakan potensi yang paling besar dengan jumlah cadangan terkira sebesar 81 juta ton bijih dengan kadar 0. Lokasi keterdapatan mineral logam di daerah Tolitoli antara lain adalah : Molibdenit (1 lokasi) di daerah Malala.81 juta ton dan sumberdaya tereka sebesar 1. - Bahan galian non-logam terdiri dari granit. ditemukan baru berupa indikasi endapan alluvial pada sungaisungai di daerah Kayu Lompa.BAB III PEMBAHASAN Potensi sumber daya alam dalam bidang pertambanagan di Kabupaten ToliToli diantaranya memiliki bahan galian. dengan rincian sumberdaya hipotetik sebesar 19. antara lain adalah : - Bahan galian logam terdiri dari molibdenit.15 MoS2. .Rio Tinto Indonesia.

2. Pasir kuarsa dan kaolin: Bermanfaat untuk industri keramik. 5. namun memiliki dampak lingkungan yang dapat mengganggu ekosistem dan merusak lingkungan apabila dilakukan tanpa di . industri kimia. Potensi sumber daya alam tersebut jika dikelola akan memberikan keuntungan secara ekonomi. gelas abrasive. 9. 6. Kaolin tersebar di Sembilan Kecamatan. Batu kapur terdapat di Kecamatan Biau dan Bokat. seperti minyak bumi masih perlu dilakukan penelitian secara intensif. Batu bara terdapat di Desa Lamadong I kecamatan momunu pada formasi melosa berselang seling dengan lempung dan batu pasir halus sampai kasar. isolasi dan industri semen. Desa Bulagidun. 4.Beberapa potensi tambang yang terdapat di perut bumi Kabupaten Buol dapat dikemukakan sebagai berikut: 1. 10. Emas: Potensi ini terletak di lokasi masyarakat melalui pertambangan rakyat terdapat dibeberapa tempat antara lain Desa Lintidu di Kecamatan Paleleh. Labuton dan Matinan di Kecamatan Bunobogu. Bahan tambang lainnya. tersebar di sembilan Kecamatan. 3. industri cat. Biji besi tersebar di sembilan Kecamatan. bahan timbunan. 8. 7. Lempung dan tanah liat terdapat di hampir seluruh Kecamatan. Kerikil dan batu terdapat di seluruh sungai dalam jumlah yang besar. Pasir terdapat dihampir semua pesisir pantai dan sungai dalam jumlah yang besar. Gypsum.

dasarkan pada kajian dampak lingkungan (amdal). . Oleh karena itu. pertambangan tetap dibolehkan untuk dilaksanakan. namun mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh pemerimtah terutama mengikuti kebijakan Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Wilayah Pertambangan.

Hotma.DAFTAR PUSTAKA Simangunsong. Diambil dari http://psdg. Agustus 2000.. Deddy. 2009 Undang-Undang Pertambangan Mineral Dan Batubara. dan Sutisna. .bgl. Republik Indonesia.go.id/ (11 November 2015) Dinas Pertambangan Propinsi Sulawesi Tengah. Potensi Energi dan Sumber Daya Mineral Sulawesi Tengah.esdm. Jakarta: Sekretariat Negara. Inventarisasi Dan Evaluasi Mineral Logam Di Daerah Kabupaten Donggala Dan Tolitoli Propinsi Sulawesi Tengah. 2012.

Hukum Dan Perundang-Undangan Kebumian Identifikasi Sumber Daya Alam Daerah Kabupaten Toli-Toli Dan Buol Oleh: Kelompok 3 A Nurul Novia R. F 121 14 044 .

Imran Syam Rizky Renladi F 121 14 050 F 121 14 042 F 121 14 048 F 121 14 049 F 121 14 041 F 121 14 036 F 121 14 046 PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TADULAKO 2015 . Amar Jabir Mohammad Fauzi Nur Faizam Muh.Irfan Aziji Fakhrizal Mulya P.Muh.