Soal - soal Logika Matematika Dan Pembahasan

1. Diketahui premis – premis
(1) Jika hari hujan, maka ibu memakai payung
(2) Ibu tidak memakai payung
Penarikan kesimpulan yang sah dari premis – premis tersebut adalah ….
A. Hari tidak hujan
B. Hari hujan
C. Ibu memakai payung
D. Hari hujan dan Ibu memakai payung
E. Hari tidak hujan dan Ibu memakai payung
Jawab : A
Pembahasan :
p = hari hujan
q = ibu memakai payung
premis 1 : p →q

premis 2 : ~q
( modus tolens)
___________________
Kesimpulan : ~p
~p = hari tidak hujan

2. Diberikan premis sebagai berikut :
Premis 1 : Jika harga BBM naik, maka harga bahan pokok naik.
Premis 2 : Jika harga bahan pokok naik maka semua orang tidak senang.
Ingkaran dari kesimpulan di atas adalah:
A. Harga BBM tidak naik.
B. Jika harga bahan pokok naik, maka ada orang tidak senang.
C. Harga bahan pokok naik atau ada orang tidak senang.
D. Jika semua orang tidak senang, maka harga BBM naik.
E. Harga BBM naik dan ada orang
Jawab : E
Pembahasan :
p = harga BBM naik
q = harga bahan pokok naik
r = semua orang tidak senang
premis 1 : p→q
premis 2 : q → r
silogisme
_________________
Kesimpulan: p →r
ingkaran (p → r) = ~(p → r) = p ᴧ ~r

A. p v q c. Pernyataan ~(~p → ~q ) ekuivalen dengan pernyataan… a. saya tidak pergi tetapi saya nonton sepak bola Jawaban : B Pembahasan : p = hari ini hujan q = saya tidak pergi r = saya nonton sepak bola premis 1 : p → q premis 2 : q → r silogisme _________________ Kesimpulan: p → r 4. Negasi dari pernyataan “Jika ada ujian sekolah maka semua siswa belajar dengan rajin. Hari hujan dan saya nonton sepak bola D. Diketahui premis-premis berikut: Premis I : Jika hari ini hujan maka saya tidak pergi Premis II : Jika saya tidak pergi maka saya nonton sepak bola Kesimpulan yang sah dari penarikan kedua premis tersebut adalah …. Saya tidak nonton sepak bola atau hari tidak hujan E. Hari tidak hujan. B. Ada ujian sekolah dan semua siswa tidak belajar dengan rajin Ada ujian sekolah dan beberapa siswa tidak belajar dengan rajin Ada ujian sekolah dan ada siswa yang belajar dengan rajin Tidak ada ujian sekolah dan semua siswa belajar dengan rajin Tidak ada ujian sekolah dan beberapa siswa tidak belajar dengan rajin Jawab : B Pembahasan : p = ada ujian sekolah q = semua siswa belajar dengan rajin ~(p → q) = p ᴧ ~q p ᴧ ~q = ada ujian di sekolah dan ada / terdapat / beberapa siswa tidak belajar dengan rajin 1. D. Jika hujan maka saya tidak jadi nonton sepak bola B. p ^ ~q . E. Jika hari ini hujan maka saya nonton sepak bola C. p v ~q Pembahasan e. A.” adalah …. C. ~p v q b.p ∧ ~r = Harga BBM naik dan ada orang senang 3. ~p ^ q d.

Alfi tidak berangkat sekolah dan semua teman sedih b. q → p e.~(~p → ~q ) = ~(p v ~q) = ~p ^ q Jawab : B. ~p ^ q 2. Apabila Alfi berangkat sekolah maka semua teman sedih Pembahasan Misal. q → p 3. ~p → q d. Ingkaran dari pernyataan “Apabila Alfi tidak berangkat sekolah maka ada teman yang sedih” adalah… a. ~(p → q) = ~(~P v q) = p ^ ~q . p = Alfi tidak berangkat sekolah q = Ada teman yang sedih Maka. Alfi berangkat sekolah dan ada teman yang sedih e. ~q → p Pembahasan (~p → ~q) = p → q (invers) =q→p (konvers) Jawab : D. q → ~p b. Invers − konvers dari implikasi (~p → ~q) adalah… a. ~p → ~q c. Apabila Alfi tidak berangkat sekolah maka ada teman yang senang d. Apabila Alfi tidak berangkat sekolah maka semua teman sedih c.

Jika 2log x ≠ 5 maka x ≠32 c. Perhatikan kalimat : “ Jika ia bekerja keras maka ia sukses”. Kontraposisi kalimat ini adalah… a. Jika ia tidak sukses maka ia tidak bekerja keras . jika x ≠ 32 maka 2log x ≠ 5 Jawab : C. Jika ia bekerja keras maka ia tidak sukses e. Jika x ≠ 32 maka 2log x = 5 Pembahasan Misal. Jika x=32 maka 2log x = 5 b. Kontraposisi dari “Jika 2log x = 5 maka x=32” adalah… a. jika x ≠32 maka 2log x ≠ 5 5. Jika ia sukses maka ia bekerja keras d. p = 2log x=5 q = x=32 Kontraposisi p → q = ~q → ~p Jadi.Jadi. Alfi tidak berangkat sekolah dan semua teman sedih 4. Jika x ≠ 32 maka 2log x ≠ 5 d. Jika ia tidak bekerja keras maka ia tidak sukses c. Jika x=32 maka 2log x ≠ 5 e. Alfi tidak berangkat sekolah dan semua teman sedih Jawab : A. Jika ia tidak sukses maka ia bekerja keras b.

p = ia bekerja keras q = ia sukses Kontraposisi dari p → q = ~q → ~p Jadi. Jika Alkis tidak juara maka orang tuanya bahagia . Jika ia tidak sukses maka ia tidak bekerja keras Jawab : E. Ingkaran dari pernyataan (p ^ ~q) → ~r adalah… a. Jika Alkis juara maka orang tuanya tidak bahagia e. p ^ ~q ^ r d. Jika Alkis tidak juara maka orang tuanya tidak bahagia d.Pembahasan Misal. Jika orang tua Alkis bahagia maka ia juara b. ~p v q v ~r Pembahasan Maka ~[(p ^ ~q) → ~r] = ~ [~(p ^ ~q) v ~r] = ~ [~p v q v ~r] = p ^ ~q ^ r Jawab : E. p ^ ~q v r e. p ^ ~q ^ ~r c. maka orang tuanya bahagia” adalah… a. Konvers dari pernyataan : “Jika alkis juara. Jika orang tua Alkis tidak bahagia maka ia tidak juara c. p ^ ~q ^ r 7. Jika ia tidak sukses maka ia tidak bekerja keras 6. ~p ^ ~q ^ ~r b.

Jika orang tua Alkis bahagia maka ia juara 8. dan kontraposisi untuk setiap implikasi berikut. Jika 3log x = 4 maka x = 81 d. Jika daun berwarna hijau maka memiliki klorofil a. Jika x2 = 16 maka x = 4 c. p → ~q e. Buatlah konvers. Jika √x = 4 maka x2 = 256 q Konvers è Jika x2 = 256 maka √x = 4 q Invers è √x ≠ 4 maka x2 ≠ 256 q Kontraposisi è Jika x2 ≠ 256 maka √x ≠ 4 b. Jika √x = 4 maka x2 = 256 b.Pembahasan Misal. Jika orang tua Alkis bahagia maka ia juara Jawab : A. Jika x2 = 16 maka x = 4 q Konvers è Jika x = 4 maka x2 = 16 q Invers è Jika x2 ≠ 16 maka x ≠ 4 q Kontraposisi è Jika x ≠ 4 maka x2 ≠ 16 . a. p = Alkis juara q = Orang tuanya bahagia Konvers dari p → q = q → p Jadi. invers.

a. Jika 3log x = 4 maka x = 81 q Konvers è Jika x = 81 maka 3log x = 4 q Invers è Jika 3log x ≠ 4 maka x ≠ 81 q Kontraposisi è Jika x ≠ 81 maka 3log x ≠ 4 d. p → ~q q Konvers è ~q → p q Invers è ~p → q q Kontraposisi è q → ~p e. Jika daun berwarna hijau maka memiliki klorofil q Konvers è Jika memiliki klorofil maka daun berwarna hijau q Invers è Jika daun tidak berwarna hijau maka tidak memiliki klorofil q Kontraposisi è Jika tidak memiliki klorofil maka daun tidak berwarna hijau 9. konvers (~p → q) = q → ~p Jadi. Negasi invers (~p → ~q) c.c. Sederhanakan operasi berikut. ~(q → ~p) = ~q → p . Negasi konvers (~p → q) b. Negasi kontraposisi (~p → ~q) Pembahasan a.

Tentukan hasil operasi berikut. invers (~p → ~q) = p → q Jadi. kontraposisi (~p → ~q) = q → p Jadi. Invers-konvers-invers (p → ~q) b.b. Invers (~p → q) è p → ~q kontraposisi (p → ~q) è q → ~p c. a. konvers-invers (~p → q) Pembahasan a. Kontraposisi-invers (~p → q) c. ~(q → p) = ~q → ~p 10. Invers1 (p → ~q) è ~p → q konvers (~p → q) è q → ~p Invers2 (q → ~p) è ~q → p b. ~(p → q) = ~p → ~q c. konvers (~p → ~q) è ~q → ~p kontraposisi (~q → ~p) è p → q . konvers-kontraposisi (p→q) e. Kontraposisi-konvers (~p → ~q) d.

Invers (~p → q) è p → ~q konvers (p → ~q) è ~q → p .d. kontraposisi (p→q) è ~q → ~p konvers (~q → ~p) è ~p → ~q e.

..Contoh Soal Deret Gambar untuk CPNS 2013 1.. ?? . Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah ..

. Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah .. ?? Jawaban:D 3. . Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah ..Jawaban: C 2.. ?? Jawaban:B 4.....

... ?? Jawaban:C 6... Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah . Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah ...... ?? Jawaban:C 5. ?? ...Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah .

Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah . Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah . ?? ......Jawaban:C 7.... ?? Jawaban:C 8.

... Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah ..Jawaban:B 9. ?? Jawaban:B 11. ?? Jawaban:C 10.. ... Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah ..

.. Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah . ?? Jawaban:B 12......Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah . ?? ... ?? Jawaban:A 13... Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah ..

.. Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah ..Jawaban:A 14.. ?? Jawaban:C 15.. Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah .. ?? Jawaban:B ...