You are on page 1of 5

TATA CARA PEMBERIAN PELAYANAN

KESEHATAN YANG SERAGAM
No. Dokumen
Tanggal Terbit
PROSEDUR
TETAP

PENGERTIAN

TUJUAN

KEBIJAKAN

PROSEDUR

UNIT TERKAIT

No. Revisi

Halaman
1/1
Ditetapkan Oleh,
Direktur RSUD Cimacan

dr. H. Dharmawan S Dahlan, MARS
NIP. 19630619n198803 1 005
Tata cara pemberian pelayanan kesehatan yang seragam adalah
pemberian pelayanan kepada klien baik yang datang secara pribadi
ataupun rujukan dari dokter swasta / bp / badan yang
membutuhkan pertolongan pelayanan kesehatan yang dalam
pelayanannya tidak membedakan suku, agama, ras atau golongan
yang telah ditetapkan
Klien mendapatkan pelayanan dengan baik, cepat, tepat sesuai
dengan kebutuhan pelayanan kesehatan yang seragam dan sesuai
dengan alur pelayanan yang telah ditetapkan.
SK
Direktur
rsud
Cimacan,
SK
Protap
No.01.01/Kep.XVIII/RSUD/2008
1. Klien yang datang dari gerbang RS mendapat sambutan dan
arahan dari petugas RS (satpam) mau kemana tujuannya.
2. Klien / keluarga mendaftar ke bagian pendftaran untuk
mendaftarkan pelayanan apa yang mereka butuhkan (poli
umum, poli penyakit dalam, poli gigi, poli KIA, poli DOTS,
poli jiwa, poli anak, poli rehab, UGD, Endos, Laboratorium,
Radiologi) tanyakan apakah klien memakai asuransi (Askes,
Jamsostek, Jamkesmas, SKTM, BPJS)
3. Pelayanan pasien tidak membedakan statusnya tapi disesuaikan
dengan kemampuan pasien dan jenis pelayanan yang akan
digunakan (Askes, Jamsostek, Jamkesmas, SKTM, BPJS)
4. Jika pasien telah mendapat pelayanan dilihat kembali apakah
paien sudah diperbolehkan pulang atau harus dirawat.
5. Jika pasien harus dirawat disesuaikan kembali jenis pelayanan
yang akan digunakan (Askes, Jamsostek, Jamkesmas, SKTM,
BPJS) dan kelas yang akan digunakan oleh pasien terebut.
Semua unit terkait yang ada di RSUD Cimacan

19630619n198803 1 005 Merupakan pengalaman sensori emosional yang tidak menyenangkan akibat dari kerusakan jaringan yang aktual dan potensial dan merupakan apapun yang menyakitkan tubuh yang dikatakan individu yang mengalaminya. Direktur RSUD Cimacan Tanggal Terbit PROSEDUR TETAP PENGERTIAN TUJUAN KEBIJAKAN PROSEDUR dr. UNIT TERKAIT 2 3 4 5 6 7 Tidak Nyeri Nyeri Ada Nyeri Sedang Paling Hebat Skala diatas menunjuka point nyeri dan ujungnya mengindikasikan nyeri yang paling hebat / yang tidak tertahankan.MENGKAJI SKALA NYERI No. Dharmawan S Dahlan. 3. MARS NIP. 4. Revisi Halaman 1/1 Ditetapkan Oleh. Skala intensitas nyeri numerik (numeric pain intencity scale) 1 2. Pasien diminta untuk menunjukan titik pada gambar tersebut atau cukuo dengan menyebutkan angka yang menunjukan letak nyeri terjadi disepanjang rentang tersebut. H. Mendeskripsikan intensitas nyeri seseorang dengan rentang nyeri atau skala tertentu pad skala verbal untuk menindaklanjuti intervensi keperawatan yang akan dilakukan Pegkajian terhadap nyeri didasarkan pada laporan nyeri pasien keadekuatan pengobatan menggunakan alat pengkajian visual analog scale (VAS) dengan numeric pain intencity scale 1. Skala nyeri ini diberikan sebelum dan sesudah intervensi diberikan. 5. Seluruh Unit Pelayanan Keperawatan RSUD Cimacan 8 9 . Dokumentasikan hasil pengkajian dalam catatan keperawatan untuk mengevaluasihasil intervensi yang telah dilakukan. Dokumen No.

Pedoman pengelolaan rekam medis Rumah Sakit Depkes RI 1997 . o Pedidikan : ditulis sesuai dengan pendidikan terakhir pasien. RT RW. Direktur RSUD Cimacan dr. o Nama Pasien : nama dibuat sesuai dengan petunjuk cara pengisian nama pasien o Umur : ditulis sesuai dengan tanggal lahir. MARS NIP.PENGISIAN BERKAS REKAM MEDIS RAWAT INAP No. o Nama / alamat keluarga terdekat : diisi dengan nama dan alamat keluarga terdekat yang bisa dihubungi bila terjadi keadaan gawat dan dalam hal pembayaran. Dharmawan S Dahlan. . kabupaten dan provinsi. H.01. desa. o Agama : diisi sesuai dengan agama pasien. kecamatan. o Alamat : ditulis lengkap meliputi : jalan.XVIII/RSUD/2008 . Sebagai acuan bagi petugas yang berwenang untuk pengisian berkas rekam medis. nomor rmah. SK Protap No01. o Pekerjaan : diisi sesuai dengan pekerjaan pasien. kampung.Formulir CM 1 : Petugas pendaftaran rawat inap menuliskan sebagai berikut : o Nomor Rekam Medis : sesuai nomor rekam medis yang tercatat di buku pendaftaran rawat inap. Dokumen Tanggal Terbit PROSEDUR TETAP PENGERTIAN TUJUAN KEBIJAKAN PROSEDUR No./Kep. Ditulis nomor kepesertaan BPJS atau asuransi lain jika pasien termasuk .SK Direktur RSUD Cimacan. Revisi Halaman 1/1 Ditetapkan Oleh. 19630619n198803 1 005 Pengisian rekam medis secara lengkap adalah menuliskan seluruh data – data pasien yang dirawat inap diulai sejak pasien datang sampi dengan keluar dari rumah sakit. kedalam formulir rekam medis yang telah disediakan oleh Rumah Sakit.

Dharmawan S Dahlan. Tanggal masuk : ditulis tanggal saat pasien masuk pertama kali ke ruang perawatan. Dokumen Tanggal Terbit PROSEDUR TETAP UNIT TERKAIT No. Tanggal keluar : diisi tanggal saat pasien meninggalkan rumah sakit. Diagnosa masuk : diisi diagnosa dari rawat jalan atau IGD. o Keadaan keluar ditulis sesuai pilihan yang ada. Cara pasien masuk ke ruang rawat inap : ditulis sesuai datang pasien. Kode ICD : diisi dengan kode ICD yang sesuai dengan dignosa akhir pasien PENGISIAN BERKAS REKAM MEDIS RAWAT INAP No.Perawat . Kode ditulis kode ICD tindakan operasi. o Tanda tangan ditulis : tanda tangan dokter. Diagnosa akhir : diisi dari diagnosa saat pasien keluar dari ruamh sakit. o Jenis anestesi ditulis (anestesi local / umum). o Persetujuan pasien dirawat ditandatangani oleh pasien / keluarga penanggungjawab. o Dokter menuliskan penyebab kematian bila pasien meninggal.o o o o o o anggota BPJS atau asuransi lainnya. . H. o No.Petugas rekam medis . o Infeksi nosokomial ditulis jika ada. o Penyebab infeksi ditulis jika ada hasil test. 19630619n198803 1 005 o Nama operasi atau tindakan ditulis.Dokter . MARS NIP. saksi dan petugas yang berwenang. o Okter yang merawat ditulis. o Bila ditujukan ke DPJP harus diisi oleh dokter awal yang memeriksa. Revisi Halaman 1/1 Ditetapkan Oleh. o Pernyataan pulang paksa ditand tangani oleh pasien / keluarga pasien. o Cara keluar ditulis sesuai pilihan yang ada. Direktur RSUD Cimacan dr. o Tanggal operasi ditulis.