You are on page 1of 14

No.

1.

Hari/Tanggal
Agenda
Rabu,
30  Penerimaan
mahasiswa  Seluruh

Deskripsi
mahasiswa
peserta

CAPAIAN
KKN  Berhasil

Desember

KKN TEMATIK UPI 2016

TEMATIK

Kab.

Garut

2015

oleh

Kecamatan

berkumpul di Kantor Kecamatan

yang

Kabupaten

dihadiri

Kepala

Pangatikan,
Garut.

UPI
oleh

2016
Kepala

Kecamatan

Pangatikan, perwakilan LPPM UPI, dan
aparatur pemerintah Kecamatan Pangatikan

2.

Kamis,

Kabupaten Garut
31  Kunjungan ke ketua RW  Kunjungan ke ketua RW 01 dan RT 01,02  Berhasil

Desember
2015

dan ketua RT
 Kunjungan ke
tokoh

dan 03, membahas kondisi masyarakat dan
tokoh-

masyarakat

pemuda
 Kunjungan

data kepala keluarga RW 01
dan  Kunjungan ke tokoh masyarakat

dan

pemuda membahas tentang posdaya dan
ke

DKM

kira-kira

yang

akan

menjadi

sasaran

Masjid
 Menghadiri
rutinan

posdaya
pengajian  Membicarakan jadwal pengajian rutinan
setiap
kamis  Pengajian rutinan diadakan setiap kamis

malam

malam sekaligus sosialisasi dan silaturahmi
mahasiswa KKN kepada masyarakat RW
01.

3.

Jumat,
Januari 2015

1  Kunjungan

ke

kader  Membahas tentang jadwal posyandu dan  Berhasil

posyandu dan PKK
kegiatan PKK
 Sosialisasi ke warga RW  Sosialisasi berkeliling dari pintu ke pintu

4  Senin manis dan ceria  Memberikan pembelajaran aplikatif kepada  Berhasil  Sosialisasi Posdaya di Januari 2016 anak-anak PAUD Apel Ash-Shidiqiyyah  Mensosialisasikan Posdaya sekaligus Kantor Kepala Desa Senin.  Berhasil . Selasa . fumgsi dan kebermanfaatan posdaya Shidiqiyyah bagi warga 5. anak-anak yang mengikuti terdiri dari SD kelas 5-6. 2  Kerja Januari 2016 solat duha berjamaah bakti  Kerja bakti membersihkan membersihkan MI  Masak dan makan bareng warga  Menghadiri  Mahasiswa dan anak-anak MI melakukan syukuran MI Ash. dan SMA. Sabtu. O1. Citangtu 7. Minggu. 5  Silaturahmi silaturahmi dengan RW lain di Desa Citangtu sekaligus  Undangan ditujukan kepada ketua RW 01. Berhasil Shidiqiyah bersama anak-anak MI dan para pemuda  Sebagiannya lagi bersama warga masakmasak dan makan bersama setelah salah satu warga melakukan kerja bakti  Sosialisasi posdaya di RW  Sosialisasi dan Menjelaskan posdaya. bertempat di MI Ashperan. 3  Observasi wilayah RW 01  Jalan-jalan menentukan batas-batas wilayah  Berhasil  Mengadakan kelas bahasa Januari 2016 RW 01 Kampung Babakan Citangtu untuk jerman untuk anak-anak keperluan pemetaan  Belajar bahasa jerman dilakukan setelah RW 01 anak-anak mengaji.01  Solat duha berjamaah 4. SMP 6.

 Membuat SK posdaya dengan struktur  Berhasil Jumat. 01. posko dan profil posdaya  Pembentukam struktur kepengurusan posdaya RW 01 hasil  Penjelasan tentang posdaya kepada ketua  Berhasil lanjut pembentukan posdaya  Menghadiri pengajian rutinan posdaya terpilih. mulai  Berhasil RW 01. Januari 2016 menyebar surat undangan RT 01. Januari 2016 7  Tindak dari nama posdaya. logo posdaya. 8  Membuat SK Posdaya  Solat duha berjamaah Januari 2016 kepengurusan yang sudah dibuat pada saat pembentukan Posdaya  Mahasiswa dan 11. Sabtu.Januari 2016 8. Januari 2016 9  Pembuatan bantuan anak-anak MI melaksanakan solat Duha berjamaah proposal  Membuat proposal bantuan pendidikan  Berhasil pendidikan ke berupa permintaan pengadaan buku dan . Rabu .02 dan 03. Kader posyandu. di MI AshShidiqiyyah 9. ketua DKM dan beberapa tokoh pembentukan Posdaya 6  Pembentukan masyarakat. mengagendakan untuk kumpul seluruh pengurus posdaya untuk menyusun program kerja  Pengajian rutinan diadakan setiap kamis malam sekaligus sosialisasi dan silaturahmi mahasiswa KKN kepada masyarakat RW 10. Kamis. Posdaya  Sosialisasi Pembentukan posdaya. ibu untuk PKK.

pemuda dan tokoh masyarakat merumuskan bidang-bidang apa saja yang 13. taruna Cicendo Bandung. Minggu. 10  Membuat Januari 2016 banner Apel Ash-Shidiqiyyah dan  Mahasiswa membuat banner posdaya untuk  Berhasil plang posdaya  Menyebarkan undangan kegiatan Taruna LDK kepada acara pengesahan pengurus sekaligus peresmian posdaya  Mengundang pemateri dari ketua karang Karang warga. Senin . Untuk sharing pemuda dan tokoh terkait  Membuat Struktur ilmu dengan karang taruna yang akan organisasi Karang Taruna dibentuk di RW 01  Mahasiswa. beserta data balita dan ibu hamil ataupun . orangtua murid dan anak-anak PAUD 12.Bupati Garut  Mempersiapkan sarana bagi rumah baca untuk warga RW 01 untuk  Mencari pemateri sekaligus mempersiapkan LDK Karang Taruna  Sabtu sehat segala keperluan untuk LDK Karang Taruna  Sabtu sehat dengan acara senam bersama guru. 11  Senin Manis dan Ceria  Mengurusi SK Posdaya Januari 2016 ke kantor Kepala Desa  Mengumpulkan Kartu Keluarga RwW 01 guna pemetaan  Kunjungan dan diskusi akan dibentuk di karang taruna  Memberikan pembelajaran aplikatif kepada  Berhasil anak-anak PAUD Apel Ash-Shidiqiyyah  Mahasiswa mengurusi SK Pengurus Posdaya untuk ditandatangani oleh kepala Desa Citangtu  Kartu keluarga semua warga RW 01.

bersama kader posyandu RW 01 yang sedang KB diperoleh dari salah satu kader posyandu RW 01  Mengunjungi rumah kader posyandu untuk membahas 14.  Membantu kegiatan di posyandu RW 01  Berhasil Pemeriksaan berat badan. hamil dan memberikan makanan bergizi dan pemberian makanan bagi balita. memeriksa ibu pemeriksaan ibu hamil. seperti menimbang balita.  Pelatihan PKK yang diadakan oleh Desa bergizi kepada balita  Mengikuti pelatihan PKK dan penyuluhan ODF yang diselenggarakan dan penyuluhan ODF dari oleh Dinas Pendidikan. Januari 2016 12  Posyandu RW jadwal posyandu dan pemeriksaan balita dan ibu hamil 01. Dinas Kesehatan diundang untuk menghadiri acara ini dan memberikan masukan Mahasiswa sekaligus untuk nantinya di sosialisasikan kembali di warga 15. Januari 2016 RW 01. Selasa.  Mahasiswa 13  Menghadiri MUSREBANGDES di diminta mendiskusikan untuk bergabung  Berhasil rencana-rencana Kantor Kepala Desa pembangunan Desa untuk tahun 2018  Acara LDK Karang  Acara LDK Karang Taruna dilaksanakan di Taruna RW 01 sekaligus pengenalan lebih detail Koperasi Basecamp pemuda yang di dalamnya ada koperasi mini yang dikelola pemuda  LDK ini meliputi sharing pengalaman dari . Rabu.

.  Menyebarkan undangan pelantikan posdaya kepada pengurus posdaya terpilih sekaligus 16. 15  Solat duha berjamaah  Mahasiswa dan anak-anak MI melaksankan  Berhasill  Membuat kebun bergizi Januari 2016 solat duha berjamaah  Pertemuan dengan Dosen  Mahasiswa bersama anak-anak di MI AshJumat. Menyebarkan undangan Pelantika Posdaya Ketua Karang Taruna Cicendo Bandung. 01. selain itu juga ada penyuluhan koperasi kepada pemuda yang mengelola koperasi mini agar mengetahui dan bisa mengembangkan koperasi yang telah ada. dan bagaimana optimalisasi peran dan fungsi karang taruna. Januari 2016 14  Pelantikan mengetahui Kepala Desa dan Ketua RW 01 Posdaya  Pelantikan pengurus posdaya dengan  Berhasil Kawung Reuma Raya di MI Ash-Shidiqiyyah  Menghadiri pengajian rutinan pembacaan SK dan pengesahan posdaya yang di tandatangani oleh pengurus posdaya  Pengajian rutinan diadakan setiap kamis malam sekaligus sosialisasi dan silaturahmi mahasiswa KKN kepada masyarakat RW 17. Kamis. bagaimana terhadap birokrasi pihak-pihak Karang Taruna terlibat.

Pembimbing Lapangan di Shidiqiyyah Kecamatan beberapa sayuran seperti bayam. buku tamu dan buku catatan untuk setiap bidangbidangna. buku notulensi. orangtua murid dan anak-anak PAUD 19. Sabtu. Apel Ash-Shidiqiyyah 17  Rapat Perdana bersama  Rapat perdana ini membahas program kerja  Berhasil . sawi dan Karang Tengah melakukan penanaman daun bawang yang disimpan di pekarangan MI  Pertemuan pertama Pembimbing dengan Lapangan Dosen yang d selenggarakan di Kantor Kepala Kecamatan Karang Tengah. Dimana setiap Desa memaparkan laporan atas kegiatan yang 18. Minggu. Januari 2016 telah dilaksanakan 16  Diskusi bersama pengurus  Kumpul bersama posdaya  Membuat posdaya  Berhasil membahas terkait pembuatan plang dan kelengkapan administrasi posdaya  Membuat SK Karang Taruna  Sabtu sehat pengurus organigram pengurus posdaya  Membuat kelengkapan administrasi seperti profil posdaya.  SK Karang Taruna dibuat atas kesepakatan pembentukan Karang Taruna RW 01  Sabtu sehat dengan acara senam bersama guru.

Mahasiswa diminta untuk mengajarkan membuat proposal karena kegiatan ini merupakan 20. Januari 2016 sikat gigi untuk anak PAUD 19  Mengunjungi Ketua RW  Mengunjungi ketua RW 01 bersama  Berhasil .Januari 2016 Pengurus Posdaya  Membentuk panitia lomba yang akan dilakukan oleh posdaya sendiri dan membuat profil posdaya  Membentuk panitia lomba seperti ketua untuk perpisahan KKN  Mengunjungi salah satu pelaksana. Selasa. sekretaris dan PJ rumah warga yang akan setiap cabang lomba menjadi rumah target (proker bedah  Mahasiswa karang taruna) bersama karang taruna mengunjungi rumah salah satu warga yang rumahnya akan di bedah. meminta Cimaragas prasana di posyandu seperti poster-poster dan liplet  Mengunjungi Puskesmas Cimaragas meminjam alat peraga untuk penyuluhan 21. Senin. mengajukan prosposal meminta pengadaan buku di Kesehatan BCMI (Babakan Citangtu Menimba Ilmu)  Mengunjungi Puskesmas  Mengunjungi Dinas Kesehatan. bendahara. 18  Senin Manis dan Ceria  Mengunjungi Januari 2016 BAPUSIPDA  Mengunjungi Dinas salah satu program kerja karang taruna  Memberikan pembelajaran aplikatif kepada  Berhasil anak-anak PAUD Apel Ash-Shidiqiyyah  Mengunjungi BAPUSIPDA.

tanda dann Dinas  Memfollow Kesehatan  Mengunjungi UMKM up kembali ke Dinas  Berhasil Kesehatan. Rabu. 02 dan 03  Mengajarkan senam di brosur kepada seluruh warga RW 01  Mahasiswa mengajarkan senam penguin di PAUD  Mengunjungi dan mewawancarai satu persatu ke setiap rumah-rumah warga untuk keperluan data pemetaan keluarga PAUD  Mengunjungi Kepala Desa Citangtu untuk  Silaturahmi kepada warga meminta tanda tangan terkait keperluan RW 01 sekaligus pemetaan  Mengunjungi Kepala desa untuk tangan 23. Januari 2016 meminta surat proposal 21  Follow up ke surat dan proposal yang akan diajukan ke beberapa lembaga. dari Dinas kesehatan langsung . Januari 2016 20  Menyebar surat tidak mendapat info apa-apa dan  Mahasiswa bersama pemuda menyebar  Berhasil brosur pemberitahuan Penutupan KKN kepada Ketua RW 01. Kamis. RT 01.01 bersama pemuda  Follow up ke puskesmas  Follow up ke Dinas  Kesehatan pemuda membahas mengenai Karang Taruna yang terbentuk Hasil follow up dari puskesmas memberi pinjam alat peraga untuk penyuluhan sikat gigi  Dari dinas kesehatan sedang ada rapat jadi 22.

 Membuat plang Posdaya  Berhasil  Solat Duha berjamaah di mesjid RW 01 membahas terkait kesiapan dan persiapan lomba-lomba untuk lomba-lomba Sabtu. orangtua murid dan anak-anak PAUD posdaya Apel Ash-Shidiqiyyah  Mempersiapkan dan  Melengkapi administrasi posdaya dengan Membeli keperluan untuk membuat dan memprint buku tamu. Jumat. 01. 22  Membuat plang  Solat duha berjamaah Januari 2016  Follow up ke desa Citangtu Seminar di Desa  Kumpulan untuk bertempat di mesjid Al-Hanafiyah  Mengunjungi kantor kepala desa untuk acara Kewirausahaan memfollow up terkait kegiatan Seminar Kewirausahaan yang akan diadakan di bersama  Kumpul bersama pengurus posdaya pengurus posdaya terkait 25. buku . Membuat poster untuk memberikan beberapa poster ODF. 23  Sabtu sehat  Sabtu sehat dengan acara senam bersama  Berhasil  Melengkapi administrasi Januari 2016 guru. Leaflat informasi ibu dan balita keperluan di posyandu  Melanjutkan observasi  Mengunjungi UMKM untuk menanyakan untuk pemetaan  Menghadiri pengajian rutinan informasi tentang birokrasi dan meminta perwakilan dari UMKM untuk menjadi pemateri di acara seminar kewirausahaan  Pengajian rutinan diadakan setiap kamis malam sekaligus sosialisasi dan silaturahmi mahasiswa KKN kepada masyarakat RW 24.

RT Citangtu  Melanjutkan kerja kecamatan dan tokoh masyarakat Desa Citangtu program  Program kerja kecamatan menginjak final sekaligus penutupan program kerja kecamatan 27.seminar kewirausahaan di Desa  Program kerja kecamatan  Percobaan membuat kerupuk kangkung notulensi. dan buku presensi  Mempersiapkan surat untuk di sebar ke semua ketua RW Desa Citangtu dan beberapa tokoh masyarakat. 25  Senin Manis dan Ceria  Memberikan pembelajaran aplikatif kepada  Berhasil  Adanya perpustakaan Januari 2016 anak-anak PAUD Apel Ash-Shidiqiyyah  Perpustakaan keliling dari BAPUSIPDA Keliling  Melaksanakan Seminar datang ke kampung babakan Citangtu RW . Senin. warga RW 01 24  Kerja bakti  Kerja bakti dilakukan di sekitar lingkungan  Berhasil  Menyebar undangan ke Januari 2016 rumah warga dan lingkungan sekitar MI setiap ketua RW. RT dan bersama warga dan pemuda RW 01 Minggu. tokoh masyarakat Desa  Undangan disebar ke setiap ketua RW. Dan membeli perlengkapan seperti plakat dan bingkisan pemateri  Menghadiri program kerja kecamatan berupa futsal league antar desa  Melakukan percobaan pembuatan kerupuk kangkung untuk di sosialisasikan ke ibu-ibu 26.

Kewirausahaan di aula Desa Citangtu 01. papan skor.ibu PKK. 28  lomba futsal tingkat MI  Lomba-lomba pertama dilakasanakan  Berhasil  Pengajian rutinan Januari 2016 lomba futsal tingkat MI dengan aturan kaki diadakan setiap kamis di ikat. tanpa penjaga gawang malam sekaligus  Pengajian rutinan diadakan setiap kamis sosialisasi dan silaturahmi malam sekaligus sosialisasi dan silaturahmi . para ketua RW 28. Selasa. Januari 2016 26  Sosialisasi dan RT Desa Citangtu warga  Mengajak warga yang ke terkait lomba-lomba  Persiapan lomba-lomba Rabu. Januari 2016 27  Penyuluhan sikat daftar  Berhasil mengikuti lomba-lomba  Mempersiapkan kelengkapan lomba seperti untuk 29. Tempat sosialisasi di Citangtu Posko KKN Kamis. kerupuk kangkung ke ibu- ke ibu-ibu warga RW 01 yang mengantar ibu warga RW 01 Desa anak-anaknya sekolah. Dan pembagian PJ gigi  Penyuluhan sikat gigi yang benar ke anak. belum futsal bola. yang bukunya dapat dipinjam oleh warga  Seminar Kewirausahaan dilaksaakan di aula Desa Citangtu dengan dihadiri beberapa tokoh masyarakat. Berhasil yang benar ke anak-anak anak PAUD dan TK APEL Ash- PAUD dan TK Shidiqiyyah  Sosialisasi pembuatan  Sosialisasi pembutaan kerupuk kangkung 30.

Dan lomba untuk perpisahan kaligrafi tingkat MI  Seminar di Kecamatan  Sebagian mendirikan panggung untuk acara perpisahan bersama pemuda dan masyarakat RW 01  Seminar di Kecamatan yang dihadiri oleh perwakilan dari LPPM. lomba Januari 2016 berjamaah  Lanjutan lomba yaitu lomba mewarnai mewarnai dan kaligrafi  Mendirikan panggung tingkat PAUD.  Berhasil pihak desa. RA dan MI.  Lanjutan lomba fashion show. Minggu. mahasiswa KKN kepada mahasiswa KKN kepada masyarakat RW masyarakat RW 01. 01 Jumat. 29  Solat duha berjamaah  Mahasiswa dan anak-anak MI solat duha  Berhasil  Lanjutan lomba. pemaparan Laporan pertanggungjawaban kegiatan dari setiap 32. pengurus posdaya dan warga RW posdaya dan warga . hafalan surat  Berhasil Sabtu. desa di aula Kantor Kecamatan. 30  Lanjutan lomba  Mempersiapkan Januari 2016 membungkus lomba  Pentas 33.31. Januari 2016 seni dan dan memasak hadiah  pemudi membantu untuk membungkus hadiah lomba sekaligus  pentas seni sekaligus perpisahan dan perpisahan KKN penutupan KKN 31  Perpisahan KKN dengan  Pemberian cinderamata kepada pihak Desa.

01 .