DEPARTEMEN EKONOMI

BIRO KEROHANIAN ISLAM

IZZATI FT UNDIP

UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2015

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Suatu ketika Nabi Muhammad Saw. memanggil „Amar bin Ash.
Beliau bermaksud menyuruhnya memakai baju besi dan membawa senjata.
Ketika „Amar sudah datang, Nabi menatapnya dan berkata, “Aku mengutusmu
pergi berekspedisi dimana kau akan mendapat banyak harta rampasan, dan kau
akan kembali dengan selamat, kuharap kau kembali membawa banyak harta
(harta rampasan itu).”. „Amar menjawab, “Wahai Rasulullah! Aku memeluk
Islam bukan untuk memperkaya diri! Melainkan, karena semangat mulia
Islam!”. Nabi menjawab, “O „Amar! Sungguh terpuji, harta yang suci itu bagi
orang-orang yang saleh!”. Sesungguhnya terang sekali ajaran Rasulullah
tentang harta atau uang. Hal itu bukan berarti Rasulullah materialistis, tapi
Rasulullah sadar bahwa perjuangan Islam membutuhkan biaya yang tidak
sedikit. Dalam sebuah perjuangan dibutuhkan biaya. Dakwah butuh jihad dan
jihad butuh dana.
Pun begitu juga dengan Lembaga Dakwah yang membutuhkan dana
untuk menjalankan aktivitas dakwah di tubuh lembaganya. Peran dana ini
menjadi sangat vital untuk mendukung suatu program sehingga dapat berjalan
optimal. Oleh karena itu para aktivis dakwah sudah sepatutnya memikirkan
bagaimana menghimpun dana sehingga sebuah Lembaga Dakwah sehat secara
finansial. Sudah selayaknya dalam sebuah Lembaga Dakwah membentuk
suatu bidang yang fokus dalam menghimpun dana sebagai sumber finansial
lembaga tersebut. IZZATI FT UNDIP sebagai Biro Kerohanian Islam di
Fakultas Teknik Universitas Diponegoro ini mempunyai bidang atau
Departemen yang mengurus bidang ekonomi berfungsi sebagai lumbung
bisnis yang dapat menunjang kegiatan dakwah Izzati dalam mewujudkan
Izzati yang mandiri secara finansial. Dalam mewujudkan fungsi sebagai
lumbung dana Izzati maka Departemen Ekonomi membuat program-program
kerja bertujuan mewujudkan Izzati sebagai lembaga dakwah yang mandiri
secara finansial.
DEPARTEMEN EKONOMI
Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik
Universitas Diponegoro

Standart Operasional and Procedure (SOP) ini merupakan buku panduan bagi kepengurusan Departemen Ekonomi Izzati sehingga saat dilakukan oleh siapapun.2 Landasan Syar’i َّ ِ‫يه آ َمىُىا ب‬ ‫بَّللِ َو َرسُىلِ ِه ثُ َّم لَ ْم يَزْ تَببُىا َو َجبهَ ُدوا‬ َ ‫ىن الَّ ِذ‬ َ ُ‫إِوَّ َمب ْال ُم ْؤ ِمى‬ َّ ‫بِأ َ ْم َىالِ ِه ْم َوأَ ْوفُ ِس ِه ْم فِي َسبِي ِل‬ ‫ىن‬ َ ُ‫ك هُ ُم الصَّب ِدق‬ َ ِ‫َّللاِ ۚ أُو َٰلَئ‬ “Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya. Banyak pekerjaan dapat dilakukan muslim baik secara individu maupun bersama muslim lainnya dalam rangka membangun ekonomi dakwah.” (HR At-Tirmidzi) Harta kekayaan berupa uang merupakan faktor utama untuk menentukan status sosial. kasab) itu berpusat pada uang. kapanpun. kedudukan manusia di dunia ini dilihat (diukur) dengan uang. sedangkan tanpanya kekuasaan dan ketenaran bisa hilang. Al-Hujurat : 15) Mendahulukan penyebutan amwal dari anfus dalam ayat di atas menunjukkan betapa pentingnya faktor dana bagi dakwah. dan dimanapun langkah kerjanya tidak berubah. Mereka itulah orang-orang yang benar”. tepat waktu. karena dengan uang kekuasaan dan ketenaran meningkat. Sungguh. kemudian mereka tidak raguragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Disebut biamwaalikum (dengan harta kamu) memberi dasar bahwa dakwah tidak boleh tergantung kepada orang atau pihak lain. dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan adanya SOP Departemen Ekonomi diharapkan pekerjaan dapat terlaksana dengan baik. Tapi kemuliaan yang sesungguhnya adalah takwa. DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . (QS. “Status (derajat. 1.

b. 1. a. Menjadi tempat penghimpun dan penyalur infaq.3 Definisi Departemen Ekonomi Izzati merupakan bagian bidang dari Biro Rohis IZZATI FT UNDIP yang berperan penting untuk menyediakan dana halal dan menampung jiwa kewirausahaan pengurus di lingkungan kampus Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. c. Untuk mewujudkan tujuan tersebut dilakukan langkah-langkah sebagai berikut. Melatih keterampilan pengurus dalam berwirausaha. alumni.1. sedekah bagi mahasiswa.4 Tujuan Tujuan dari Departemen Ekonomi Izzati adalah menjadi lumbung usaha yang dapat menunjang kegiatan dakwah Izzati dalam mewujudkan Izzati yang mandiri secara finansial. Menjalankan dan mengoptimalkan usaha-usaha halal yang dapat menghasilkan keuntungan. DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . dan dosen.

2.1. Branding Izzati kuat di Universitas Diponegoro 4. Memiliki dokumen SOP 5.2 Analisa SWOT 2. dan dosen c. Tidak memiliki sekretariat tetap 2.BAB II SEKILAS DEPARTEMEN EKONOMI 2.1.2 Weaknesses 1. alumni.1 VISI “Menjadi lumbung usaha yang dapat menunjang kegiatan dakwah IZZATI dalam mewujudkan Izzati yang mandiri secara finansial” 2. Belum 100% mandiri finansial 2.2.1 Strengths 1. Perkembangan bisnis ke depan minim 4.1 VISI dan MISI Departemen Ekonomi Generasi 21 2. Minimnya kader muslim di Fakultas Teknik yang berjiwa wirausaha 3. Menjadi tempat penghimpun dan penyalur infaq.2 MISI a. sedekah bagi mahasiswa.2. 2.3 Opportunities DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . Memiliki aset bisnis 2. Menjalankan dan mengoptimalkan usaha-usaha halal yang dapat menghasilkan keuntungan. Melatih ketrampilan pengurus dalam berwirausaha b. Produk-produk diminati oleh internal Izzati 3. Memiliki unit bisnis yang berkelanjutan (kontinyu) 2.

Produk-produk diminati oleh eksternal Izzati 4.3 Struktur Organisasi Kepala Departemen Sekretaris Departemen Staf Ahli Staf Ahli Staf Muda 2. Antusiasme mahasiswa untuk ber infaq jika membeli atau menggunakan jasa produk Izzati 5. dibutuhkan sumber daya manusia yang mempunyai kriteria sebagai berikut: DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . Pasar konsumen yang luas 2. Bisnis sejenis oleh lembaga lain 2. Image bahwa produk kompetitor memiliki kualitas lebih baik 2.4.1 Kualitas Layaknya sebuah rumah yang membutuhkan tiang-tiang sebagai peyangga untuk menopang agar rumah tersebut dapat berdiri.1.4 Threats 1. Oleh karena itu. Kerjasama dengan lembaga atau perusahaan luar 3. Banyaknya lomba-lomba Business Plan 2.2.4 Kebutuhan SDM Departemen Ekonomi 2. Lemahnya sinergisitas departemen ekonomi rohis jurusan Teknik dan IEU Insani 3. Departemen ekonomi juga membutuhkan sumber daya manusia untuk menopang keberjalanan departemen agar dapat memberikan kesejahteraan bagi Lembaga Dakwah Fakultas Teknik (LDFT).

Memiliki jiwa entrepeneur 4. khususnya desain pamflet. Lebih diutamakan yang tidak multi amanah 5.Umum: 1. Bertanggung jawab dan bertekad rasa istiqomah yang kuat untuk memajukan departemen ekonomi Staff Ahli: 1. 2 Staff 2 Staff Ahli Muda Total Kebutuhan SDM: 12 DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . Mempunyai keahlian khusus. 2.2 Kuantitas Kepala Seketaris Kemeja Merchandise Izzati Danus Dompet Departemen Departemen & Jaket Izzati Multimedia Izzati Izzati 1 Staff 1 1 2 Staff 1 Staff Ahli.4. Muda 1 Staff Muda 1 Staff Ahli Ahli. Staff Muda 1. seperti ahli desain. Pandai mengolah pembukuan keuangan 2. dan merchandise. 2. kemeja. jaket. Mempunyai pengalaman 1 tahun menjadi pengurus Departemen Ekonomi Izzati / Rohis Jurusan Teknik. Mempunyai inovasi untuk Departemen Ekonomi Izzati melalui bussiness plan. Mempunyai pengalaman berwirausaha 3.

5 Tugas Fungsional di Bidang Keuangan Internal 2.2 Manajemen Profit Departemen ekonomi memiliki banyak bisnis dan keuntungan dari setiap bisnis tidak mempunyai batasan berapa besarnya keuntungan. sedangkan pembukuan dan rekapan keuangan akan dilakukan rutin setiap bulan. KAS IZZATI DANA DANA DEPT. Namun waktu penyetoran lebih bersifat kondisional. DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro .5. DANA TAKMIR WAQAF / INFAQ / FAKULTAS EKONOMI MASJID BI SHADAQAH PEMASUKAN BENDAHARA 2. Keuntungan dari hasil seluruh bisnis akan disetor kepada bendahara setiap akhir bulan sebagai sumber pemasukan.2.1 Manajemen Keuangan Manajemen keuangan Departemen Ekonomi terdapat pada diagram di bawah ini. hanya saja diakhir kepengurusan akan dipertanggungjawabkan jumlah uang yang berhasil dikumpulkan di tiap generasi.5.

a. Program kerja ini memiliki masa depan yang menjanjikan karena melihat banyaknya acara yang diadakan oleh mahasiswa Undip dimana membutuhkan multimedia di setiap acaraacara yang biasanya diselenggarakan. Tata tertib DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . Bentuk Kegiatan Penyewaan alat-alat multimedia penunjang kegiatan mahasiswa Undip dan masyarakat disekitarnya. 3.1 3. 4. sound system portable. handy talkie. dan Mic Wireless. screen. 1. Alat-alat multimedia tersebut dapat berupa proyektor. 2 buah proyektor b. Tujuan & sasaran  Tujuan Memenuhi kebutuhan Multimedia untuk event-event di Undip  Sasaran Mahasiswa Undip (Khusus) Masyarakat Tembalang (Umum) 2.1. 2 buah screen Sedangkan perencanaan untuk investasi mendatang yaitu Handy Talkie (HT). Sound System Portable.BAB III LUMBUNG USAHA DEPARTEMEN EKONOMI IZZATI 3. mic wireless. Inventaris Inventaris yang dimiliki Ekonomi Izzati sampai saat ini yaitu. dll.1 Jenis-jenis Kegiatan Usaha Departemen Ekonomi Izzati Izzati Multimedia Merupakan salah program kerja unggulan di Departemen Ekonomi Izzati yang bergerak di bisnis rental.

Contoh peraturan tersebut seperti gambar dibawah ini 5. 6. Dokumentasi DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . Memperhatikan peraturan-peraturan yang terdapat di masingmasing proyektor. Strategi Pemasaran& Timeline Publikasi setiap 1 bulan sekali melalui semua media sosial Izzati dan pemberian diskon. Membayar DP sebesar 50% saat peminjaman dan sisa kekurangannya dibayarkan pada saat pengembalian c.Tata tertib yang diterapkan Izzati Multimedia yaitu a. Mengisi formulir perjanjian penyewaan Izzati Multimedia b.

dan Sticker.7. Gantungan Kunci. Merchandise yang dibuat meliputi Block Note. membuat dan memasarkan Merchandise yang memiliki manfaat bagi semua orang sekaligus sebagai sarana menebar kebaikan dengan memasukkan pesanpesan kebaikan didalamnya. DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . 3. Berikut ini adalah contoh desain merchandise yang dibuat. Rekomendasi tempat / CP Tempat pembelian inventaris bisa dilakukan di Mall Matahari Semarang lantai 5 Computer Center.2 Izzati Merchandise Izzzati Merchandise adalah salah satu kegiatan dari Departemen Ekonomi Izzati yang bertujuan untuk mendesain. Pin.1.

Desain Block Note Desain Gantungan Kunci Desain Pin DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro .

Bentuk Kegiatan  Membuat desain merchandise  Survei tempat Printing Digital  Menyerahkan desain ke tempat Printing Digital  Membuat publikasi untuk pemasaran merchandise  Mengelola data pemesan merchandise  Menyerahkan merchandise kepada pemesan 4. Tujuan & sasaran  Sebagai salah satu sarana penebar kebaikan  Sebagai salah satu sumber dana Izzati yang halal  Sebagai sarana branding Izzati  Sebagai penyedia merchandise (kenang-kenangan) untuk Izzati yang bermanfaat 2. yaitu dengan membuat paket-paket. Dengan DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . Strategi Pemasaran & Timeline  Untuk mempermudah pemasaran. memakai Teknik Bundling dengan Jaket Izzati. Inventaris  Block Note  Gantungan Kunci  Pin  Sticker 3. Tata tertib  Customer wajib memesan terlebih dahulu dengan format ke CP  Customer mengambil merchandise pada tanggal yang sudah ditetapkan 5.Desain Sticker 1.

Rekomendasi tempat / CP Mandiri Art.1001.02 Email : mandirihandicraft@yahoo. Paket B : Jaket + Merchandise 125 K Paket C : Merchandise Only 25K  Membuat pamflet yang menarik  Menyebarluaskan pamflet melalui Sosial Media dan Online Messengger.com DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro .876.20. Jl. Contoh harga : Paket A : Jaket Only 105 K.20. Semarang Telephon : (024) 769.1001.5 / 085. akan membuat tingkat pembelian meningkat karena dengan adanya paket akan membuat pembeli merasa lebih hemat.02 Pin BB : 579F9152 WA : 085.876.memakai teknik Bundling. Sirojudin No. Dokumentasi 7.11 Tembalang. 6.

DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . Tujuan & sasaran Sebagai identitas pengurus Izzati pada khususnya dan mahasiswa muslim pada umumnya. 2.3 Jaket Dan Kemeja Izzati Jaket Izzati menjadi identitas mahasiswa muslim Fakultas Teknik. Inventaris Desain Jaket Izzati sesuai AD / ART. 1.3. Berikut ini adalah contoh desain kemeja Izzati Gen-21 yang memenangkan sayembara. Berikut ini adalah desain jaket izzati sesuai dengan AD/ART.1. Kemeja Izzati menjadi ciri / khas identitas dari generasi pengurus Izzati.

yaitu dengan membuat paket-paket. Dengan memakai teknik Bundling.3. Tata tertib  Customer wajib memesan terlebih dahulu dengan format ke CP  Customer mengambil jaket dan kemeja pada tanggal yang sudah ditetapkan 5. Bentuk Kegiatan  Survei konveksi  Membuat desain pamflet publikasi jaket dan kemeja  Mengelola data pemesan merchandise  Penarikan uang tanda jadi / DP  Menyerahkan jaket dan kemeja kepada pemesan 4. Paket B : Jaket + Merchandise 125 K Paket C : Merchandise Only 25K  Membuat pamflet yang menarik  Menyebarluaskan pamflet melalui Sosial Media dan Online Messengger. Strategi Pemasaran & Timeline  Untuk mempermudah pemasaran. Contoh harga : Paket A : Jaket Only 105 K. memakai Teknik Bundling dengan Jaket Izzati. DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . akan membuat tingkat pembelian meningkat karena dengan adanya paket akan membuat pembeli merasa lebih hemat.

6. Dokumentasi DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro .

3. IR. Tata tertib Tata tertib yang harus diperhatikan dalam Dompet Izzati adalah sebagai berikut: DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro .n. Dompet Izzati bekerja sama dengan Departemen Public Relation berkaitan dengan Database alumni pengurus Izzati untuk penjaringan donasi. Inventaris Proposal Dompet Izzati. alumni. Bentuk Kegiatan Bentuk kegiatan dompet izzati adalah menghimpun infaq dan sodhaqoh dari alumni dan dosen. buku tabungan BNI Syariah. 4.  Sasaran Alumni dan dosen 2.1. Msc. Abdullah. kartu atm BNI Syariah. Rekomendasi tempat / CP Suryo Konveksi (085727883446) Neomumtaz (085641205531) 3. Semua donasi dikumpulkan dengan nomor rekening 0219557634 (BNI Syariah) a. Untuk memperoleh database alumni pengurus Izzati dompet izzati bekerja sama dengan Departemen Public Relation. Abdullah.4 Dompet izzati Dompet Izzati merupakan program kerja non-bisnis menjadi tempat penghimpun dan penyalur infaq.7. Tujuan & sasaran  Tujuan Menghimpun dan menyalurkan infaq serta sodhaqoh dari para alumni dan dosen. Msc. 1. dan dosen.n. Dana yang terkumpul dari para alumni dan dosen akan digunakan untuk membantu progamprogam kerja dari departemen lain. Semua donasi dikumpulkan dengan nomor rekening 0219557634 (BNI Syariah) a. sedekah bagi mahasiswa. IR.

Sejumlah uang yang telah dosen dan alumni pegurus Izzati kirim akan dicek setelah melakukan konfirmasi pada penanggugjawab. dapat dikirim ke email alumni yang bersangkutan. Untuk selanjutnya jika alumni ingin melihat isi proposalnya. mengirimkan proposal dompet izzati ke email masingmasing alumni pegurus Izzati. Menghimpun database alumni dari Departemen Public Relation (bulan ke-1) 2. maka pemberitahuan tentang Dompet Izzati disebarluaskan melalui pesan singkat (sms) dan media sosial. Selain menghubungi contact person (CP).  Timeline Berikut timeline Dompet Izzati: 1. Dompet Izzati disebarluaskan melalui kerjasama dengan Departemen Syiar saat memanfaatkan momentum ramadhan. Jika tidak terdapat email dari alumni pengurus Izzati. Melakukan publikasi ke alumni pegurus Izzati (setelah publikasi dosen sampai akhir kepengurusan) 5. Pengecekan uang yang telah masuk (setelah adanya konfirmasi) DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . Alumni Izzati sudah bekerja  Dosen pro / mendukung kegiatan-kegiatan Izzati 5. Pembuatan proposal dan poster (bulan ke-2) 3. Melakukan publikasi ke dosen (setelah pembuatan proposal sampai dengan akhir semester awal) 4. Strategi Pemasaran & Timeline  Strategi Pemasaran Database alumni pengurus Izzati diperoleh dari Departemen Public Relation.

6. danus Mushaf dan buku.5 Danus Izzati Dana Usaha (Danus) Izzati meliputi awul. danus snack. PROSEDUR KERJA AWUL 1. Tujuan & sasaran  Tujuan : menambah pendapatan Departemen Ekonomi Izzati  Sasaran : Masyarakat Semarang 2. Inventaris Pakaian bekas layak pakai 3. Dokumentasi Poster Dompet Izzati Proposal Dompet Izzati 3. danus pulsa.1. danus PETA maba. Tata tertib 1. Persiapan kegiatan DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . Bentuk Kegiatan Departemen Ekonomi Izzati bekerja sama panitia TANYA dan GOM melakukan penjualan pakaian bekas layak pakai (awul). 4. danus wisuda.

Kondisi baik dijual dengan harga antara Rp 15. Kegiatan awul dilaksanakan di depan gerbang Stadion Diponegoro atau Jalan Stadion Selatan dimulai selambat-lambatnya pukul 06.000. penyediaan perlengkapan dan strategi penjualan (poin 4). 3.Persiapan meliputi pengumpulan pakaian bekas (poin 2).000. Perlengkapan yang harus dipersiapkan pra-awul yaitu tikar. Pengumpulan dilakukan dengan cara menyediakan kardus kosong di spot strategis sebagai tempat untuk menaruh pakaian bekas dan mengambil pakaian bekas di tempat tinggal mahasiswa (jemput bola).000.000. DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . Penyortiran pakaian bekas Kegiatan ini dilakukan selambat-lambatnya 1 hari sebelum pelaksanaan awul.00 pagi.00 – Rp 30. Pengumpulan pakaian bekas Pengumpulan pakaian bekas dilakukan maksimal 1 bulan sebelum pelaksanaan awul. sedangkan kondisi masih layak pakai dijual dengan harga antara Rp 5. Pakaian dengan kondisi baik digabung menjadi satu.00.30 pagi dengan kondisi perlengkapan dan pakaian bekas sudah siap. Penjualan pakaian bekas Meeting point semua anggota di Masjid Kampus Undip selambatlambatnya pukul 05. 2. plastik dan uang kembalian.00 – Rp 15. 4. Supaya pengumpulan pakaian bekas lebih optimal maka dapat melakukan jarkom kepada seluruh mahasiswa muslim Fakultas Teknik Undip. Penjualan pakaian bekas dilakukan oleh anggota yang pandai bernegosiasi. begitu juga dengan pakaian dengan kondisi masih layak pakai. Penyortiran pakaian bekas dibagi menjadi 2 tipe yaitu pakaian yang kondisinya baik dan pakaian yang kondisinya masih layak pakai.00.

Dokumentasi 7. Departemen Ekonomi Izzati sebagai Reseller. Tujuan & sasaran  Tujuan : menambah pendapatan Departemen Ekonomi Izzati  Sasaran : Mahasiswa Universitas Diponegoro 2.5. Inventaris 3. Rekomendasi tempat / CP PROSEDUR KERJA DANUS SNACK 1. DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . Strategi Pemasaran & Timeline Strategi pemasaran membawa pakaian bekas layak pakai sebanyakbanyaknya saat pelaksanaan. 6. Timeline awul yaitu setiap hari minggu pagi. Bentuk Kegiatan Departemen Ekonomi Izzati bekerja sama dengan produsen snack untuk kemudian dijual kembali kepada mahasiswa Universitas Diponegoro.

500. Tujuan & sasaran  Tujuan : menambah pendapatan Departemen Ekonomi Izzati  Sasaran : Mahasiswa Universitas Diponegoro 2. Inventaris Pamflet 3. Timeline danus snack yaitu sepanjang kepengurusan masa aktif kuliah. Keuntungan untuk satu kali transaksi sebesar Rp 1. 5.000. Bentuk Kegiatan Departemen Ekonomi Izzati bekerja sama dengan counter Pulsa untuk kemudian pulsa dijual kembali kepada mahasiswa Universitas Diponegoro. Strategi Pemasaran & Timeline Pemasaran saat ini masih mengandalkan danus kejujuran. Kemudian keuntungan disetor kepada bendahara departemen.4. Kemudian omzet digunakan untuk membeli deposit pulsa. Dalam satu kali melakukan danus diusahakan mendapatkan keuntungan Rp 10. Strategi pemasaran ke depan adalah menitipkan snack ke toko atau rumah makan di wilayah Tembalang. Dokumentasi 7. 6. Tata tertib Seluruh pengurus Departemen Ekonomi Izzati melakukan dana usaha pulsa.00. Rekomendasi tempat / CP Pisang Coklat Baskoro (085640191980) Donat Bu Ani (085866405599) PROSEDUR KERJA DANUS PULSA 1. DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . Departemen Ekonomi Izzati sebagai Reseller. 4. Tata tertib Seluruh pengurus Departemen Ekonomi Izzati melakukan dana usaha minimal satu kali dalam seminggu.00.

Tujuan & sasaran  Tujuan : menambah pendapatan Departemen Ekonomi Izzati  Sasaran : Mahasiswa Universitas Diponegoro 2. Bentuk Kegiatan Departemen Ekonomi Izzati bekerja sama dengan rumah makan atau toko untuk mempromosikan tempatnya di dalam peta Tembalang. Strategi Pemasaran & Timeline Strategi pemasaran yaitu pengurus Departemen Ekonomi Izzati melakukan promosi dan menjual pulsa.5. Rekomendasi tempat / CP Counter pulsa di samping Bank BTN Tembalang. DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . Strategi pemasaran ke depan adalah Departemen Ekonomi Izzati menjadi “MASTER” bagi Departemen Ekonomi Rohis Jurusan Teknik. Timeline danus pulsa yaitu sepanjang kepengurusan masa aktif kuliah. Dokumentasi 7. Inventaris 3. 6. Undip PROSEDUR KERJA DANUS PETA MABA 1.

4. 4. Inventaris 3. Bentuk Kegiatan Departemen Ekonomi Izzati bekerja sama dengan toko bunga atau merchandise untuk pengadaan barang danus wisuda. DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . Strategi Pemasaran & Timeline Pembagian peta maba dilakukan oleh seluruh pengurus Departemen Ekonomi Izzati dan bekerja sama dengan program kerja Hunting Maba. Tata tertib Pengurus Departemen Ekonomi melakukan danus saat wisuda Universitas Diponegoro dengan sistem shift 1 dan 2.Kemudian peta tersebut dibagikan kepada mahasiswa baru Universitas Diponegoro. 5. Timeline peta maba yaitu saat verifikasi mahasiswa baru semester ganjil. Dokumentasi 7. Rekomendasi tempat / CP - PROSEDUR KERJA DANUS WISUDA 1. 6. Tujuan & sasaran  Tujuan : menambah pendapatan Departemen Ekonomi Izzati  Sasaran : Mahasiswa Universitas Diponegoro 2. Tata tertib Pengurus Departemen Ekonomi mengajukan penawaran kepada manajer rumah makan atau toko untuk diajak kerjasama yang saling menguntungkan.

Dokumentasi 7. Strategi Pemasaran & Timeline Strategi pemasaran danus wisuda ini adalah menjual barang unik atau beda dari penjual yang lain. Bentuk Kegiatan Departemen Ekonomi Izzati bekerja sama dengan percetakan Toha Putra Semarang untuk menjadi distributor di kampus Universitas Diponegoro. Timeline danus mushaf dan buku adalah sepanjang kepengurusan masa aktif kuliah. pemesan melunasi pembayaran. Tata tertib Pengurus Departemen Ekonomi mengadakan Pre Order mushaf dan buku. DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro . Setelah barang tersedia. Rekomendasi tempat / CP - PROSEDUR KERJA DANUS MUSHAF DAN BUKU 1. sampel mushaf 3.5. Strategi Pemasaran & Timeline Strategi pemasaran bekerja sama dengan Departemen Ekonomi Rohis Jurusan dan IEU Insani. Timeline danus wisuda yaitu saat wisuda Universitas Diponegoro. Tujuan & sasaran  Tujuan : menambah pendapatan Departemen Ekonomi Izzati  Sasaran : Mahasiswa Universitas Diponegoro 2. 4. 5. Inventaris Pamflet. 6.

Rekomendasi tempat / CP Toha Putra Semarang. Jalan Kauman DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro .6. Dokumentasi 7.

Sistem bagi hasil (Revenue and Profit Sharing) Membuka peluang menjadi Reseller bisnis di Departemen Ekonomi dengan menggunakan Sistem bagi hasil (Revenue and Profit Sharing) 4. 2.1. 4. Banyak cara antara lain. Bekerja sama dengan Departemen Syiar untuk branding melalui Line Official Account IZZATI FT UNDIP dengan followers yang bertambah tiap harinya diharapkan menciptakan branding yang kuat. Bermitra Bermitra membangun konsep aliansi strategis (Strategic Alliance). Branding Iklan mempunyai peran besar untuk mempublikasikan bisnis yang dimiliki. Penawaran Contohnya tiap enam bulan sekali memberikan diskon menarik atau kupon. 3.” Maksudnya adalah meninggalkan generasi selanjutnya dalam keadaan tercukupi secara materi. Usaha Mandiri Imam At-Tsauri berkata. Untuk saat ini Izzati Multimedia sebagai program kerja yang dapat dikatakan mandiri karena termasuk kategori passive income. Strategi Pengembangan Unit Usaha Strategi pengembangan unit usaha diperlukan supaya bisnis yang sudah di bangun oleh Departemen Ekonomi dapat berkembang dengan sehat. Contohnya IZZATI yang mempunyai jaringan luas bermitra dengan percetakan Toha Putra untuk dana usaha mushaf atau buku. “Uang itu laksana senjata.BAB IV RANCANG MANDIRI EKONOMI 4.2. 1. Generasi-generasi awal terus menerus menghargai uang dan menabungnya untuk memenuhi kebutuhan mendadak. Oleh karena itu Departemen Ekonomi harus memiliki usaha yang mandiri sehingga bisa menghasilkan pundi-pundi secara terus menerus tidak berhenti di generasi tertentu saja. DEPARTEMEN EKONOMI Biro Kerohanian Islam IZZATI Fakultas Teknik Universitas Diponegoro .