PENELITIAN TINDAKAN

KELAS

PENGERTIAN PTK
Suatu bentuk kajian yang bersifat
reflektif oleh pelaku tindakan, yang
dilakukan untuk meningkatkan
kemantapan rasional dari tindakan–
tindakan dalam melaksanakan tugas,
memperdalam pemahaman terhadap
tindakan-tindakan yang dilakukannya,
serta memperbaiki kondisi dimana
praktek pembelajaran dilakukan

KARAKTERISTIK PTK
Kegiatan dipicu oleh permasalahan praktis
yang dihayati dalam pelaksanaan tugas
sehari-hari. Dengan kata lain bertujuan
memperbaiki praktis secara langsung- di
sini, sekarang ; memusatkan perhatian
pada permasalahan yang spesifikkontekstual (tidak terlalu menghiraukan
kerepresentativan sampel) ; bukan
menemukan pengetahuan baru yg dapat
diberlakukan secara meluas.

Metodologi yang digunakan harus reliabel sehingga memungkinkan guru mengidentifikasi serta merumuskan hipotesis. Dalam pelaksanaan PTK di usahakan agar permasalahan tidak di lihat terbatas dalam konteks kelas dan atau mata pelajaran tertentu. melainkan perpektif misi sekolah secara keseluruhan. .PRINSIP – PRINSIP PTK Pekerjaan utama guru adalah mengajar. apapun metode PTK yang diterapkan seharusnya tidak mengganggu komitmennya sebagai pengajar. Masalah program yang diusahakan oleh guru seharusnya merupakan masalah yang cukup merisaukan dan bertolak dari tanggung jawab profesional. secara menyakinkan mengembangkan strategi yang dapat diterapkan pada situasi kelasnya serta memperoleh data yang dapat digunakan untuk menjawab hipotesis yang dikemukakannya.

Pernyataan masalah harus mengungkapkan beberapa dimensi fundamental mengenai penyebab-penyebab faktor sehingga pemecahannya dapat dilakukan berdasarkan hal-hal fundamental ini dari pada berdasarkan fenomena dangkal.LATAR BELAKANG MASALAH Beberapa kriteria dalam penentuan masalah Masalah harus penting bagi orang yang mengusulkannya dan signifikan di lihat dari segi pengembangan lembaga atau program. . jangan sampai memilih masalah yang memerlukan komitmen terlalu besar dari pihak para penelitinya dan waktunya terlalu lama. Masalah harus dalam jangkauan penanganan.

. dimana tiap siklus mengandung : Permasalahan Perencanaan Tindakan Pelaksanaan Tindakan dan Observasi Analisis Refleksi Siklus.PROSEDUR PTK Terdiri dari beberapa siklus .

Identifikasi Masalah (Refleksi Awal) Kajian Teori dan Empiris Perumusan Masalah Perencanaan Tindakan Hipotesis Tindakan Pelaksanaan Tindakan dan Observasi Analisis Data Indikator Keberhasilan Belum Tercapai Refleksi Tercapai STOP atau Pemantapan PENELITIAN TINDAKAN KELAS .

.Dalam memilih masalah perlu diperhatikan kriteria berikut: Jangan memilih masalah yang tidak anda kuasai Ambilah topik yang skalanya kecil dan relatif terbatas Pilih masalah yang paling penting bagi anda dan murid anda Usahakan dapat dikerjakan secara kolaboratif Kaitkan masalah PTK dengan prioritas rencana pengembangan sekolah.

ketika mengadakan kunjungan ke rumah siswa. penerapan metode belajar . membimbing siswa yang sedang darmawisata. Contoh permasalahan : cara mengajar. ketepatan siswa untuk hadir di sekolah dan lain-lain. keseriusan siswa untuk mengerjakan tugas. kebiasaan siswa dalam mengajukan pertanyaan di kelas. semangat siswa ketika mengikuti kegiatan kurikuler.Identifikasi masalah Identifikasi Masalah berdasarkan sasaran/objek PTK 1 Unsur siswa Contoh permasalahan : perilaku kedisiplinan. 2 Unsur guru Dapat di cermati ketika sedang mengajar di kelas. ketelitian siswa dalam mengelola sarana belajarnya.

tetapi digali dari permasalahan pembelajaran yang aktual. dapat dilaksanakan (ketersediaan waktu. Masalah didiagnosis secara kolaboratif oleh dosen dan guru.Masalah PTK yang diangkat:    Jelas dan bukan hasil kajian teoretik (nyata terjadi di sekolah) Dapat terinspirasi dari hasil penelitian terdahulu. Masalah dianalisis untuk menentukan akar penyebabnya. Masalah harus bersifat:   penting dan mendesak untuk dipecahkan. . biaya dan daya dukung lainnya).

daftar hadir.Menganalisis dan Merumuskan Masalah Analisis dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri (refleksi) atau dapat dengan mengkaji ulang berbagai dokumen seperti pekerjaan siswa. daftar nilai. bahan pelajaran. selanjutnya masalah perlu dijabarkan atau dirinci secara profesional agar rencana perbaikannya dapat lebih terarah . yang menggambarkan sesuatu yang ingin dipecahkan atau di cari jawabanya. Masalah pada umumnya dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya.

Perencanaan Tindakan Memilih bentuk dan macam tindakan yang ditetapkan secara kolaboratif Memformulasikan hipotesis tindakan Mempersiapkan tindakan Menentukan kriteria keberhasilan tindakan .

pembelajaran berbasis masalah) . sungai) penerapan strategi pembelajaran (misalnya pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw atau STAD atau TGT atau GI.Bentuk dan Macam Tindakan pemberian tugas (misalnya penugasan siswa membaca) penggunaan salah satu bentuk media pembelajaran (misalnya peta konsep. lingkungan sekitar sekolah.

Memformulasikan hipotesis tindakan Contoh Hipotesis Tindakan Penerapan remidi dengan pendekatan konflik kognitif dapat menghilangkan kesalahan konsep Pemberian contoh dan bukan contoh memudahkan siswa memahami terminologi teknik .

Kegiatan yang dilakukan dalam PERENCANAAN 1. Mempersiapkan Sarana Pembelajaran 3. Mempersiapkan Instrumen Pengembangan 4. Melakukan Simulasi Pelaksanaan Tindakan . Membuat skenario tindakan 2.

Membuat skenario tindakan Menetapkan langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan dalam pembelajaran Menguraikan dengan rinci bagaimana cara melaksanakan tindakan Menetapkan cara mengamati dan mengukur keterlaksanaan dan keberhasilan tindakan .

Mempersiapkan sarana pembelajaran Materi Media Instrumen asesmen .

Mempersiapkan instrumen penelitian Instrumen yang diperlukan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) haruslah sejalan dengan prosedur dan langkah PTK. . Instrumen untuk mengukur keberhasilan tindakan dapat dipahami dari dua sisi yaitu sisi proses dan sisi hal yang diamati.

daftar cek. jurnal harian Instrumen untuk output: Tes hasil belajar dengan berbagai prosedur asesmen . catatan anekdotal.Instrumen untuk mengukur sisi proses Instrumen untuk input: tes bekal awal Instrumen untuk proses: format pengamatan.

Instrumen untuk mengukur sisi hal yang diamati Pengamatan terhadap Guru (Pengamatan thd keterlaksanaan tindakan) Pengamatan terhadap Kelas (Pengamatan thd pelaksanaan tindakan) Pengamatan terhadap Siswa (Pengamatan thd hasil tindakan). .

jurnal harian Pedoman Wawancara: bebas atau terstruktur Angket atau kuesioner Pedoman Pengkajian Data dokumen Tes dan Asesmen Alternatif . catatan lapangan. daftar cek.Instrumen pengumpulan data PTK Pedoman Pengamatan: format pengamatan.

INSTRUMEN Lainnya… Pedoman Pengamatan Pedoman Wawancara Pedoman Pengkajian Data Dokumen Tes dan Asesmen Alternatif .

lebih dahulu dilakukan simulasi pelaksanaan tindakan. dengan cara misalnya peer teaching Berikutnya dilakukan diskusi hasil simulasi untuk membahas apa perbaikan yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan tindakan .Melakukan simulasi pelaksanaan tindakan Sebelum dilakukan pelaksanaan tindakan.

Indikator keberhasilan tindakan biasanya ditetapkan berdasarkan suatu ukuran standar yang berlaku. cara pengukurannya ditetapkan sejak awal penelitian .Menentukan kriteria keberhasilan tindakan Kriteria keberhasilan tindakan ini disebut sebagai indikator keberhasilan tindakan.

4. MELAKSANAKAN TINDAKAN. OBSERVASI DAN ASSESMENT Melaksanakan skenario pembelajaran  mengaplikasikan inovasi pembelajaran Melaksanakan observasi  proses dgn menggunakan instrumen yang sudah didesain Melaksanakan assesment .

MENGANALISIS DATA HASIL OBSERVASI. ASSESMENT DAN INTERPRETASI Data kualitatif dan kuantitatif dianalisis melalui: Reduksi Data Paparan Data Penyimpulan Hasil Analisis Interpretasi Data .5.

Hasil belajar non-kognitif interaksi guru-siswa.Observasi-Interpretasi Peneliti melakukan observasi terhadap dampak tindakan    perubahan dinamika kelompok dalam pembelajaran. dan siswa-siswa dan kondisi kelas .

6. MELAKUKAN REFLEKSI DAN MERENCANAKAN TINDAK LANJUT Keterkaitan antara hasil analisis dengan indikator keberhasilan  Berhasil?  Stop / Reconfirm  Belum?  Siklus berikutnya  .

Komponen-komponen refleksi PEMAKNAA N Pemantapan ANALISIS PENJELASAN TINDAK LANJUT Siklus berikutnya Pemanfaatan PENYIMPULAN .

Siklus ini dilaksanakan dengan langkah-langkah seperti pada siklus sebelumnya. . Jika masih diperlukan siklus ke tiga maka tindakan yang dilakukan juga merupakan perbaikan tindakan dari siklus dua. maka diteruskan dengan siklus kedua. TINDAKAN yang dilakukan merupakan PERBAIKAN dari tindakan yang dilakukan pada siklus sebelumnya.Perencanaan Tindakan Lanjutan Jika siklus pertama telah selesai tetapi belum mencapai indikator keberhasilan.

SAMPAI JUMPA DI LAIN KESEMPATAN .

Mempersiapkan instrumen penelitian. Evaluasi dan Refleksi : Evaluasi berdasar indikator keberhasilan . yang dilakukan bersamaan dengan observasi terhadap dampak tindakan. Melakukan simulasi pelaksanaan tindakan Pelaksanaan Tindakan dan Observasi : Implementasi skenario tindakan yang telah direncanakan. Menentukan indikator keberhasilan. bila perlu rumuskan hipotesis tindakan Perencanaan Tindakan : Membuat skenario pembelajaran.LANGKAH-LANGKAH KERJA Permasalahan : Identifikasi masalah . Mempersiapkan sarana pembelajaran. temukan akar masalah . terutama perubahan dinamika kelompok dalam pembelajaran Analisis data. Temukan alternatif pemecahan melalui kajian pustaka dan penelitian terdahulu.

BEBERAPA TIPS Mulai dengan hal-hal sederhana dan dengan skala kecil Bekerjasama dengan sejawat dan praktisi lain Siap menghadapi situasi yang semrawut di awal kegiatan penelitian Siap mengerjakan pekerjaan ini terusmenerus: mungkin sepanjang karir Jangan enggan mencatat kejadian-kejadian selama penelitian Antisipasi kebutuhan untuk mendengar pendapat pihak lain .