You are on page 1of 4

KISI-KISI SOAL UAS BAHASA INDONESIA

KABUPATEN NGANJUK
TAHUN 2014/2015
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS
: IX
No

1

2

3

Standar Kompetensi
Mengungkapkan
kembali cerpen dan
puisi dalam bentuk
lain

Kompetensi Dasar

Materi
Cerpen

Menceritakan kembali secara
lisan isi cerpen

Memahami
wacana  Menemukan tema dan pesan
sastra
jenis
syair
syair yang diperdengarkan
melalui
kegiata  Menganalisis
unsur-unsur
mendengarkan syair
syair yang diperdengarkan

3. Memahami ragam
wacana tulis dengan
membaca intensif dan
membaca memindai

ALOKASI WAKTU : 120'

3.2 Menemukan informasi
yang diperlukan secara cepat
dan tepat dari indeks buku
melalui
kegiatan membaca memindai

Syair

Indeks

SOAL PG
:
SOAL UO

: 5
Nomor
Soal

Jenis
soal

 Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat
menentukan tema, latar, watak tokoh
 Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat
menulis kembali cerita yang dibaca dengan
bahasanya sendiri

25

PG

37
45

PG
UNO

 Disajikan kutipan syair, siswa dapat
menentukan tema, pesan syair, ciri-ciri syair
 Disajikan kutipan syair, siswa dapat
menentukan isi syair
 Disajikan kutipan syair, siswa dapat
menganalisis unsur syair
 Disajikan indeks nama dan halaman, siswa
dapat menentukan pernyataan yang tidak
sesuai dengan indeks
 Disajikan indeks topik dan halaman, siswa
dapat menentukan indeks topik, pernyataan
yang benar sesuai dengan indeks
 Disajikan beberapa pengarang, siswa
menentukan
urutan
penulisan
indeks
pengarang yang benar

29, 30,
31

PG

24

PG

32

PG

33, 34

PG

36

PG

Indikator soal

38 . siswa menentukan isi laporan dan kritikan isi laporan 26 PG 28 PG 27 PG 43 URO  Disajikan sebuah teks dialog.2 Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas Laporan Menyebutkan hal-hal penting dalam dialog interaktif 5 6 Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/ siaran radio Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerpen Menyimpulkan isi dialog interaktif Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif Menemukan tema. siswa dapat menganalisis ciri-ciri pantun dan menuliskan kalimat kelebihan/pujian.1 Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun Disajikan sebuah teks dialog. siswa menentukan 2. siswa menentukan watak tokoh dalam kutipan cerpen tersebut  Disajikan kutipan cerpen. latar. dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan 2. 39 41 a PG URO 8 PG  Disajikan kutipan cerpen. Mengungkapkan pikiran. perasaan. siswa menentukan latar yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut 10. siswa menentukan hal-hal penting dialog tersebut  Disajikan sebuah teks dialog. penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen Dialog interaktif Watak tokoh Latar Sudut pandang  Disajikan sebuah karya pantun. siswa dapat menentukan penyajian laporan dengan menggunakan adiksimba  Disajikan sebuah teks laporan peristiwa. siswa menentukan komentar yang tepat isi dialog tersebut 3 PG 4 PG 5 PG 7. siswa menentukan isi dialog tersebut  Disajikan sebuah teks dialog. siswa dapat menentukan isi laporan  Disajikan paragraf laporan. siswa dapat menyusun urutan penyajian laporan dengan benar  Disajikan paragraf laporan.Karya pantun 4 2. kalimat kekurangan/kritikan yang disertai dengan alasan  Disajikan paragraf laporan yang diacak urutan.

siswa menentukan sudut pandang pengarang dalam kutipan cerpen tersebut  Disajikan kutipan cerpen. siswa menentukan iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi tersebut  Disajikan sebuah paragraf. 17 PG . 26 PG 14 Konflik 7 Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerpen Menganalisis nilai-nilai kehidupan dalam cerpencerpen dalam satu buku kumpulan cerpen Nilai kehidupan Fakta dan opini 8 9. siswa menentukan fakta dan opini yang terdapat dalam teks iklan baris tersebut  Disajikan sebuah ilustrasi. dan jelas Meresensi buku pengetahuan Iklan baris Resensi buku  Disajikan kutipan cerpen. siswa menentukan amanat dalam kutipan cerpen tersebut  Disajikan kutipan cerpen. dan karangan Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat. siswa menentukan konflik yang dialami tokoh dalam kutipan cerpen tersebut  Disajikan kutipan cerpen. resensi. siswa menentukan fakta yang terdalam dalam iklan tersebut  Disajikan sebuah iklan baris. padat. siswa menentukan nilai kehidupan yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut  Disajikan sebuah iklan.pengarang Amanat Cara pengarang menggambar kan watak tokoh  Disajikan kutipan cerpen. siswa menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam kutipan cerpen tersebut PG 12 PG 13. siswa dapat menentukan termasuk bagian apa paragraf tersebut dalam resensi PG 9 41 b PG UNO 15 PG 6 PG 44 URO 16 42 PG UNO 2. 11. siswa menentukan opini yang terdapat dalam teks iklan baris tersebut  Disajikan sebuah iklan baris. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai Membedakan fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris.

siswa menentukan pernyataan yang tidak sesuai dengan isi paragraf tersebut  Disajikan sebuah kalimat. siswa membetulkan penulisan kalimat tersebut yang salah. siswa menentukan suasana yang terdapat dalam puisi tersebut  Disajikan sebuah puisi. siswa menentukan kalimat utama paragraf tersebut  Disajikan sebuah paragraf. keefektifan kalimat. dan kebulatan wacana 10 Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk yang lain Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasikan dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun Ide pokok paragraf Kalimat utama Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi paragraf Menyunting Tema Suasana Amanat  Disajikan sebuah paragraf.Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan. siswa menentukan suasana yang terdapat dalam puisi tersebut 1 PG 22 PG 40 PG 18. siswa menentukan tema puisi tersebut  Disajikan sebuah puisi.  Disajikan sebuah puisi. keterpaduan paragraf. pilihan kata. siswa menentukan ide pokok paragraf tersebut  Disajikan sebuah paragraf. 23 PG 19 PG 20 PG 21 PG . tanda baca.