You are on page 1of 6

JOURNAL REVIEW

Topik : Defesiensi Vitamin A Dan Kehamilan
1.

Judul :
Prevalence And Influence Factors Of Vitamin A Dificiency Of Chinese
Pregnant Woman
Penulis :
Chun Yang, Jing Chen, Zhen Liu, Chunfeng Yun, Jianhua Piao and
Xiaoguang Yang
Nutrition journal 2016
Abstrak :
Penelitian ini bertujan untuk melihat resiko kekurangan vitamin A selama
kehamilan penelitian dilakukan pada 30 wanita hamil di China yang telah
dipilih dengan menggunakan kuesioner. Kadar vitamin A ibu hamil dilihat
dari konsentrasi retinol pada serum darah ibu hamil. Ditemukan bahwa
wanita yang memiliki resiko terhadap defesiensi vitamin A adalah ibu – ibu
yang tingal di desa dengan latar belakang pendidikan rendah serta dari kelas
ekonomi kurang mampu dan ibu hamil yang memiliki gaya hidup tidak
sehat seperti minum alkohol dan merokok. Sehingga didapatkan hasil dari
penelitian menunjukkan bahwa resiko kekurangan vitamin A yang paling
beresiko adalah ibu yang merokok, ibu yang mengkonsumsi alkohol dan ibu
yang berada di desa dengan latar pendidikan rendah terutama ibu hamil
trimester tiga.
Metode:
Hasil survei diperoleh dari hasil survei kesehatan dan nutrisi di china pada
tahun 2010 – 2013 (HNNS) dengan menggunkan metode croos sectional
study. Penelitian ini melibatkan 150 daerah yang tersebar dari daerah kota
hingga pedesaan. Partisipan dipilih secara acak sebanyak 30 wanita hamil
yang diukur kadar retinol serum dalam darahnya. Pengukuran kadar retinol
menggunakan high performance liquid chromatography (HPLC) dan hasil
perbandingan dianalisa dengan menggunakan Mann-Whitney U test.
Kalimat yang Berkaitan dengan Topik Penelitian :

kebiasaan sarapan setiap pagi akan dapat beraktivitas lebih banyak sedangkan orang dewasa yang tidak sarapan pada . wanita hamil trimester I dan wanita yang tidak peminum alkohol dan perokok. Geoffrey D Holman. and James A Betts (Departments of Health and Biology and Biochemistry. Selain itu partisipan penelitian dilihat dari basal metabolismenya dan karakteristik antropometri. tetapi sensitivitas insulin meningkat dengan sarapan dibandingkan tidak puasa. menyusui dan lain – lain yang dapat menimbulkan bias data. dan diet. berpenghasilan lebih. sedangkan responden yang tidak sarapan pagi maka tubuh akan mengkompensasi at gizi secara parsial. Kostas Tsintzas. United Kingdom. dibandingkan wanita yang tinggal di perkotaan. Topik : Sarapan Dan Obesitas 2. aktivitas fisik.Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang tinggal di pedesaan. wanita peminum. dari hasil penelitian diketahui bahwa Pada orang dewasa obesitas. memiliki latar belakang pendididikan tinggi. University of Bath. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan statistika ANOVA Kalimat yang Berkaitan dengan Topik Penelitian : Orang dewasa yang obesitas. Judith D Richardson. and School of Life Sciences. berlatar belakang pendidikan rendah. 2016 Abstrak : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan dari sarapan terhadaap prevalensi kejadian obesitas percobaan dilakukan secara terkontrol dan acak dengan metode kohort study yang dilakukan pada responden yang berusia dari 21 – 60 tahun Komponen keseimbangan energi meliputi metabolism saat istirahat. dan perokok aktif memiliki resiko defesiensi vitamin A lebih tinggi. wanita hamil pada trimester III.University of Nottingham. United Kingdom) American journal of clinical nutrition february 10. Dylan Thompson. Nottingham. Tidak ada perbedaan antara kelompok dalam perubahan berat badan dan hasil kesehatan. berpenghasilan rendah. Judul : The Causal Role Of Breakfast In Energy Balance And Helath: A Randomized Controlled Trial In Obese Adult Penulis : Enhad A Chowdhury. Queen’s Medical Centre. Metode: Metode yang digunakan adalah ekperimental dengan menggunakan kohort study yang melihat pengaruh sarapan terhadap kejadian obesitas yang tidak dalam keadaan fisiologis tertentu seperti hamil. Bath. sarapan setiap hari dapat lebih banyak beraktivitas selama pagi hari.

Yogurt yang telah tercampur kemudian dipasteurisasi pada suhu 900 selama 30 menit dan ditambahkan 5 % starter setelah dingin (400c). Penelitian melakukan uji sensory dan survival probiotik dalam yogurt yang diberi perlakuan pasteurisasi dan nonpasteurisasi (900. Topik : Subsitusi Tepung Pisang Dalam Yogurt 3. dan 70%. 30 menit) dengan lama penyimpanan 4 minggu pada suhu 100c. Yogurt yang telah jadi kemudian dianalisa Ph. Yogurt yang telah ditambhakan stater kemudian diingkubasi dengan suhu 370c selama 24 jam. Metode: Pembuatan yogurt diawali dengan proses pembuatan tepung pisang yang kemudian dicampurkan kedalam yogurt dengan perbandingan subsitusi 40. bogor) Jurnal teknologi dan industri pangan 24 (1) : 40-47. 2013 Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penambahan tepung pisang uli modifikasi (TPUM) yang tinggi prebiotik dan diformulasikan dalam pembuatan yogurt subsitusi susu skim dengan penambahan TPUM 40. Widaningrum.50. bogor agriculture university.60 dan 70% dengan menggunkan lactobacillus bulgaricus dan srepcococus thermophilus sebagai stater.60. (Departement of food science & tecnology. Data hasil uji sensory dianalisa dengan ANOVA dan perhitungan probiotik yogrt menggunakan jumlah koloni (CFU) Kalimat yang Berkaitan dengan Topik Penelitian : . Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk terbaik hasil kombinasi 70% setelah penyimpanan 4 minggu dengan kadar probiotik yang relatif tinggi dari konsentrasi yang telah direkomendasikan.pagi hari tubuh akan mengkompensasi untuk pemenuhan kebutuhan. Muhammad Yusup Saputra. keasaaman dan dilakukan uji sensory. Sensitifitas insulin akan meningkat saat sarapan dan relatif saat puasa. Judul : Sensory Evaluation And Survival Of Prebiotics In Modified Banana Flour Yogurt During Storage Penulis : Betty Sri Laksmi Suryaatmadja Jenie.50.

aroma. Judul : Trace Toxic Metal Levels In Canned And Fresh Food: A Comparative Study Penulis : Zahrah Al-Thagafi. Logam berat yang bersifat toxic telah ditemukan dari 55 sampel makanan kaleng yang dibandingkan dengan makanan segar. Science College. Department of Chemistry. 888Taif. Selain itu kandungan probiotik dalam yogurt juga memiliki konsentrasi yang tinggi yang baik untuk kesehatan. Sampel yang digunakan diambil dari berbagai pasar lokal kemudian pengujian logam berat dilakukan dengan atomic emission spectofotometer (ICP-AES) yang dapat mengambarkan kandungan metal dalam makanan sampel. warna dan lainnya. Science College. Reham Hassan (Lecture. Assistant Professor. 2014 Abstrak : Penelitian ini menjelaskan tentang adanya cemaran logam berat dalam makanan kaleng. Sehingga perlu dilakukan peninjauan ulang untuk mengendalikan dan memperbaiki kulaitas industri pangan. issue 2 february. Topik : Logam Berat Dalam Makanan Kaleng 4. Cairo. Egypt) IJIRSET vol 3. Department of Chemistry. Metode: . Saudi Arabia Professor. Saudi Arabia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan logam berat dalam makanan kaleng tidak hanya tinggi jika dibandingkan dengan makanan segar namun kadar logam berat dalam makanan kaleng melibihi dari standar toleransi internasional.Penelitian ini menunjukkan bahwa yogurt dengan uji sensory terbaik adalah yogurt dengan subsitusi tepung pisang 70 % baik deri segi rasa. Department of Medicinal Chemistry. Hassan Arida. Taif University. Pharmacy College. 888-Taif. tekstur. Taif University. Helwan University.

Metode: . Penelitian ini menngambarkan pengaruh konsumsi produk susu dan pengaruhnya terhadap tekanan darah. susus skim low fat dan yogurt) tidak berhubungan dengan resiko hipertensi. bahkan produk susu yang digunakan sebagai contoh dapat mengurangi resiko hipertensi. MA 02111. nicola m mckeiwn & paul F jaques.Penelitian dilakukan dengan menggunakan 55 sampel yang terdiri dari 30 makanan kaleng dan 20 makanan segar yang dikumpulkan dari berbagai pasar di arab saudi bagian barat. USA) British journal of nutrition juni 16. lisa M troy. Analisa logam berat menggunakan atomic emission spectofotometer (ICP-AES) yang dapat mengambarkan kandungan metal dalam makanan sampel Kalimat yang Berkaitan dengan Topik Penelitian : Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 27 mineral dan logam berat yang bersifat toxic yang telah ditemukan dalam 55 sampel terdiri atas makanan kaleng dan makanan segar sebagi perbadingan. Data yang dikumpulkan meliputi intak emakanan (FFQ). caroline s fox. boston. Penelitian ini menggunkan metode cohort study dimana partisipannya mempunyai tekanan darah tinggi selama diikuti perkembangannya. Topik : Hubungan Produk Susu Dengan Hipertensi 5. Judul : Longitudinal Association Of Dairy Consumption With The Changes In Blood Pressure And The Risk Of Incident Hipertension : Framingham Heart Study Penulis : Hufein wang. tekanan darah dan obat antihipertensi yang sedang dikonsumsi. tufts university 711 washington st. (Jean mayer US departement of agriculture (USDA) human nutrition reserach center on aging. Batasan standar yang digunakan sebagai acuan hipertensi adalah tekanan sistol ≥140 mmHg atau diastol ≥90 mmHg atau obat antihipertensi yang dikonsumsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam makana kaleng terdapat logam berat melibihi kadar dari makanan segar bahkan melebihi standar internasional. 2015 Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jangka panjang hubungan antara mengkonsumsi produk susu dengan perubahan tekanan darah dan resiko terkena hipertensi pada orang dewasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total produk susu (low fat/ free fat.

Konsumsi produk susu merupakan bagian dari nutrisi yang dapat bermanfaat untuk mengontrol dan mencegah kejadian hipertensi.Metode yang dilakukan dala penelitian ini adalah kohort study dengan partisipan berusia antara 28-62 tahun yang memiliki resiko terkena penyakit jantung. dan pengukuran tekanan darah serta variabel lain yang terkait seperti berat badan dan tinggi badan. . Total produk susu meliputi low fat/fat free tidak berhubungan dengan DBP. Analisa statistik menggunakan SAS Kalimat yang Berkaitan dengan Topik Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa yogurt dapat menurunkan resiko kejadian hipertensi. Pengukuran asupan menggunakan metode FFQ.