You are on page 1of 8

TRISAKTI SCHOOL OF MANAGEMENT

JL. KYAI TAPA NO.20 GROGOL, JAKARTA 11440

PROPOSAL KUNJUNGAN
PT. KALBE FARMA TBK

kegiatan akuntan dan auditor dalam perusahaan. Untuk itu. 3. 2. siklus transaksi. Trisakti School of Management memberikan suatu tugas kunjungan ke sebuah perusahaan ternama dan melakukan interview kepada pihak perusahaan. Kalbe Farma Tbk. aliran dokumen. TUJUAN Tujuan dari kegiatan ini adalah. Demi mendukung hal tersebut. dengan harapan dapat mempelajari lebih dalam mengenai struktur organisasi. kegiatan akuntan dan auditor dalam perusahaan. Kalbe Farma Tbk. proses bisnis. serta internal control yang telah diadopsi oleh PT. Membandingkan informasi yang telah di dapat dalam poin 1 terhadap teori yang telah dipelajari. kami mahasiswa/i dari Trisakti School of Management membuat sebuah rencana untuk mengunjungi PT. II. diharapkan mahasiswa tidak hanya berhenti begitu saja namun terus mengembangkan cara berpikir yang kritis dan kreatif untuk meningkatkan dan memperbaiki sistem yang sudah ada demi kemajuan perusahaan.I. Hal ini ditujukan guna mendapatkan informasi sebagai pembuktian dari teori Accounting Information System yang telah dipelajari. sebagai berikut: 1. pengendalian data dengan sistem. proses bisnis. Memberikan opini terhadap perbandingan yang telah dilakukan dalam poin 2. aliran dokumen. Mendapatkan informasi secara detail terkait struktur organisasi. siklus transaksi. pengendalian data dengan sistem. LATAR BELAKANG Kemajuan pendidikan di Indonesia telah mendorong para tenaga pengajar untuk terus mencari cara – cara yang kreatif dalam meningkatkan kualitas pengetahuan serta pemahaman para mahasiswa. Setelah melihat secara langsung aktivitas di lingkungan perusahaan hingga akhirnya mendapatkan pembuktian atas teori yang sudah dipelajari. Kalbe Farma Tbk. serta internal control yang diadopsi oleh PT. .

Latar belakang dan sejarah singkat perusahaan (waktu didirikan dan siapa pendiri) b.III. Kapan masa-masa yang merupakan masa yang paling sukar bagi perusahaan? dan bagaimana perusahaan dalam menghadapi masa-masa tersebut? 2. Core Business. . Bagaimana komunikasi terjadi. Berapakah persentase saham yang telah beredar (dimiliki oleh pendiri dan oleh publik)? d. Obtain copies of organizational charts and job descriptions. Explain in general how the operational activities of the company are conducted daily. focus on the Accounting and Finance Department. Apakah fokus bisnis yang dimiliki (dapat berupa motto. Obtain the Vision. Do lines of authority and responsibility seem to be defined clearly? a. Points of Questions: 1. Apa visi dan misi perusahaan untuk kedepannya? g. Bagaimana alur dari organizational chart di dalam perusahaan? Dan bagaimana alur authorization yang terjadi dalam struktur organisasi perusahaan? 3. baik antara manager dengan rekanrekan lainnya (grapevine? formal atau informal?)? b. Apa etimologi/arti dari nama perusahaan? Dan adakah hubungannya berkaitan dengan visi dan misi perusahaan? h. Values. Mission. seperti “we serve better”)? e. Kalbe Farma Tbk. Apakah pernah ada pergantian nama? c. DAFTAR KEBUTUHAN DATA DAN INFORMASI Berikut merupakan lampiran poin-poin data dan informasi yang diharapkan bisa didapatkan dari PT. a. shareholders and also brief history of the company. Nilai apa yang dijunjung oleh perusahaan (berupa corporate culture)? f.

Berapa jam dalam sehari para karyawan bekerja? Bagaimana kebijakan lembur yang diterapkan? Apakah ada peraturan tertentu mengenai karyawan wanita? 4. Give your comments regarding the internal audit and its function. a. Give your comment. Kemudahan apa yang didapat dengan menggunakan metode klasifikasi tersebut? c. dll)? b. Proses apa yang selalu dilakukan berulang kali oleh perusahaan setiap harinya (melayani pelanggan. Obtain chart of account (accounting code) and explain the structure of the codes. saat ini menggunakan jasa external auditor apa? dan pertimbangan apa yang diambil dalam memilih external auditor tersebut? 5. Mendapatkan daftar nomor dan nama akun serta bagaimana mengklasifikasikan nya dengan kode yang tersedia b. Apakah terdapat kesulitan dalam penggunaan metode tersebut? .a. If any. visit the Internal Audit supervisor or manager and learn (a) to whom in the organization the Internal Audit reports and (b) what kinds of jobs the Internal Audit are generally performs. Apakah perusahaan menggunakan jasa external auditor? Jika ya. Apa Standar prosedural yang dimiliki perusahaan untuk mempertahankan kinerjanya (terbatas pada hal yang umum saja)? c. a. Apakah perusahaan menerapkan budaya kerja tertentu dalam melakukan operasional sehari-hari? (Misal: zero mistakes. Tanggung jawab apa yang dibebankan kepada internal auditor dan cara melaksanakan kewajiban tersebut? c. kaizen. Kepada siapa hasil kerja dari internal auditor diserahkan atau dipertanggungjawabkan? d. Determine if the company has an Internal Audit function or department. dsb) d. menangani klaim garansi. Berada dimanakah posisi internal auditor dalam hierarki perusahaan? Mengapa? b.

nama bisa diburamkan atau disamarkan. Draw and describe the systems and procedures by using document flowchart. Analyze the flow chart and give your comments. Explain how the company conducts the transaction in the cycle selected. Bagaimana perusahaan mengatur pengeluaran sehari-hari? Prosedural apa yang harus dilakukan? (dimulai dari tahap mengidentifikasi sampai dengan pembayaran kepada supplier/vendor) c. a. Select one of the transaction cycles to be analyzed.6. Mendapatkan contoh dokumen-dokumen yang digunakan dalam siklus transaksi dalam poin 6 (cukup formatnya dengan contoh pengisiannya. informasi yang dirasa sensitif bisa dihilangkan) b. dari dokumen-dokumen tersebut. a. Dalam keadaan bagaimanakah prosedur pengaturan pengeluaran perusahaan berbeda dengan prosedur yang disebut dalam poin sebelumnya (seperti pembelian barang-barang dengan nilai tertentu memiliki prosedur yang berbeda)? d. Bagian manakah. Bagaimana dokumen-dokumen yang telah disebut di poin 7 berpindah tangan? b. Bagaimanakah format dokumen-dokumen tersebut memberikan keuntungan dalam hal internal control dan kemudahan mengisi? c. Memilih Expenditure Cycle b. Analyze the records and give your comments. Berapa banyak duplikasi dokumen yang harus dibuat untuk arsip di departemen yang bersangkutan? . a. Obtain the copy of accounting records that are used by the company to support the transactions in the cycle. yang merupakan paling penting untuk diisi dengan sebenar-benarnya guna memberikan kejelasan alur transaksi? 8. Bagaimanakah alur authorization dari prosedur tersebut dilaksanakan sehingga tidak ada kemungkinan terjadinya fraud? 7.

9. Apakah perusahaan sedang fokus dalam hal expansi ataukah kapasitas yang dimiliki sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar? Apa saja pertimbangan-pertimbangan yang ada pada saat melakukan ekspansi? . apa tindakan perusahaan pada waktu itu? c. Apa ada inisiatif dari perusahaan untuk meningkatkan efisiensi sistem tersebut (seperti dorongan tertentu untuk pekerja)? Additional Questions : 1. Analyze the Internal Control by comparing to the theory of Internal Control and give the recommendation(s) if any. Bagaimana perusahaan mencegah terjadinya Fraud dari sisi sumber daya manusia (seperi training atau menyaring karyawan secara ketat)? e. Pernahkah terjadi fraud di dalam perusahaan? jika pernah. Bagaimana perusahaan memilih tempat yang strategis untuk kegiatan usahanya? 2. Bagaimana cara kerja sistem yang dimiliki perusahaan? d. a. Explain data management and transaction processing systems in the cycle. Bagaimana pengenalan dan penilaian risiko yang dilakukan oleh perusahaan dalam setiap kegiatan bisnis? d. Apakah perusahaan menggunakan software tertentu untuk membantu manajemen data? e. Apa Internal Control yang dimiliki oleh perusahaan/ kegiatan yang ditekankan oleh perusahaan untuk mencegah terjadinya Fraud (penipuan/kecurangan)? b. Bagaimana cara perusahaan menangani keadaan pada saat sudah terjadi Fraud baik dalam skala kecil maupun besar? 10. Explain Internal Control related to transactions cycle that are adopted by the company. Apa sistem yang digunakan perusahaan dalam menjalankan proses transaksi? c. Dimanakah perusahaan menyimpan data-datanya (letak server atau lainnya)? b. a.

telah terhubung dengan network ataukah masih dengan cara tradisional? Mengikat dengan kontrak ataukah tidak? 4.com . Bekasi Barat Telp : 021-8871926 E-mail : nadia. Siapa yang anda rasa merupakan kompetitor terbesar bagi perusahaan? 6. KEGIATAN Kegiatan yang hendak dilakukan oleh mahasiswa yaitu berupa. Kalbe Farma Tbk serta melakukan wawancara ke beberapa divisi. Tempat.nathania@yahoo. dan Waktu akan disesuai dengan saran dari Bapak/Ibu. DATA MAHASISWA Berikut merupakan data singkat mengenai mahasiswa Trisakti School of Management yang akan berkunjung : 1. Apa saja pendapat yang dimiliki perusahaan mengenai situasi perekonomian saat ini dan dampaknya terhadap perusahaan? 8. Apa saja kegiatan CSR yang pernah dilakukan perusahaan dalam 5 tahun terakhir? 7. mohon untuk dimaklumi. Usaha apa yang dilakukan perusahaan untuk mengatasi kompetitor yang terus bertambah dan berkembang? 5. Bagaimana dengan Supply Chain Management perusahaan. Apa yang anda rasa masih merupakan kekurangan dari perusahaan ini? Dan apa yang anda rasa merupakan kelebihan utama perusahaan ini dibandingkan dengan kompetitor-kompetitor lainnya? Sebagaimana poin – poin diatas dapat berkembang nantinya. kunjungan ke perusahaan PT.3. terutama divisi Finance and Accounting. IV. Tanggal. V. Nama : Nadia Nathania Tjandra NIM : 201450263 Alamat : Taman Harapan Baru blok F1 / 22.

Perwakilan Kelompok Dosen Pembimbing Nadia Nathania Tjandra Drs.2. : Vivian : Alvernia Sarah NIM : 201450479 Alamat : Vila Nusa Indah U 13/19. kami mahasiswa/i Trisakti School of Management memohon pertimbangan dari Bapak/Ibu untuk dapat memberikan informasi yang diperlukan untuk membantu kelancaran dan peningkatan kualitas proses belajar mengajar.. James Situmorang.. Kalbe Farma Tbk. Bogor Telp : 081519573115 E-mail : alverniasarah@yahoo. Demikian permohonan ini dibuat.com PENUTUP Sehubungan dengan terlampirnya proposal ini. MM. MBA . Nama VI. Cengkareng Telp : 087788325585 E-mail : vvianhs@gmail. Kalbe Farma Tbk. yang mungkin secara sengaja maupun tidak sengaja. Nama NIM : 201450365 Alamat : Arjuna 2 / 22 Bojon Indah. Tidak hanya itu. terpapar selama kunjungan dan interview.com 3. hasil dari kegiatan ini dapat diberikan oleh mahasiswa hanya kepada pihak PT. Kami mahasiswa/i Trisakti School of Management juga akan menjamin kerahasiaan data – data dan informasi PT. atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu kami mengucapkan terima kasih. Ak. tentunya dibawah ijin dari Bapak/Ibu.