You are on page 1of 14

Ozon

namun dengan meningkatnya pembangunan fisik kota dan pusat-pusat industri. energi dan/atau komponen lain ke dalam udara ambient oleh kegiatan manusia sehingga mutu udara ambient turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara ambient tidak memenuhi fungsinya.Pendahuluan Udara merupakan faktor yang penting dalam kehidupan. 41 tahun 1999 mengenai Pengendalian Pencemaran Udara: pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukannya zat. Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. kualitas udara telah mengalami perubahan. .

dari NO dan komponen-komponen organik yang mudah menguap (VOCs= Volatile Organic Compounds) atau hidrokarbon-hidrokarbon reaktif dengan adanya sinar matahari Ozon merupakan salah satu zat pengoksidasi yang sangat kuat setelah klor.Pengertian Ozon Ozon merupakan oksidan fotokimia penting dalam trofosfer secara tidak langsung dihasilkan dari sumber-sumber pembakaran. dibentuk di bagian bawah atmosfir. oksigen dan oksigen fluorida (OF) . fluor.

Proses Terbentuknya Ozon Terbentuk akibat reaksi fotokimia dengan bantuan polutan lain seperti NOx. dan Volatile organic compounds Terbentuk di atmosfer ketika hidrokarbon pekat di perkotaan bereaksi dengan oksida nitrogen & reaksi matahari Ozon terbentuk di udara pada ketinggian 30 km dimana radiasi UV matahari dengan panjang gelombang 242 nm secara perlahan memecah molekul oksigen (O ) menjadi atom oksigen tergantung dari jumlah molekul O atom-atom oksigen secara cepat membentuk ozon .

O3 juga merupakan penyerap utama sinar UV antara 200 dan 330 nm. Penggabungan proses-proses ini efektif dalam meneruskan kekonstanan bilangan ozon dalam lapisan dan penyerapan 90% sinar UV . ozon dihasilkan melalui percampuran cahaya ultraviolet dengan atmosfer bumi dan membentuk suatu lapisan ozon pada ketinggian 50 kilometer Ozon (O3) dihasilkan apabila O2 menyerap sinar ultraviolet pada jarak gelombang 242 nanometer dan disingkirkan dengan fotosintesis dari sinar bagi jarak gelombang yang besar dari 290 nm.Proses Terbentuknya Ozon Secara alamiah.

2. 5.Karakteristik / Sifat Fisik & Kimia Ozon 1. dan oleh tenaga tinggi seperti radiasi eletromagnetik. 6. 4. menusuk hidung Ozon juga terbentuk pada kadar rendah dalam udara akibat arus listrik seperti kilat. Ozon berwarna biru 7. Ozon adalah gas yang tidak stabil. Ozon mudah mengoksidasi . 3. sebagai bahan beracun sebagai bahan pencemar biasa Ozon mempunyai bau yang tajam.

Sumber & Distribusi Yang dimaksud dengan oksidan fotokimia meliputi Ozon. dan peroksiasetilnitrat (PAN) karena lebih dari 90% total oksidan terdapat dalam bentuk ozon maka hasil monitoring udara ambien dinyatakan sebagai kadar ozon Kadar ozon alami yang berubah-ubah sesuai dengan musim pertahunnya berkisar antara 10–100mg/m3 (0.05 ppm) .005–0. Nitrogen dioksida.

.Sumber & Distribusi Di wilayah pedesaan kadar ozon dapat menjadi tinggi karena adanya kiriman jarak jauh O 3 dari udara yang berasal dari perkotaan. tingkat ozon atau total oksidan maksimum 1 jam dapat berkisar dari 300–800 mg/m3 (0.15-0.1 ppm).40 ppm) atau lebih. 5–30% hasil pemantauan di beberapa kota besar didapatkan kadar oksida maksimum 1jam yang melampaui 200 mg/m3 (0. Didaerah perkotaan yang besar.

Nox.Sumber & Distribusi 1. dan reaksi kompleks yang dipicu oleh sinar matahari. Peralatan sinar rontgen 3. Dihasilkan dari udara secara elektostatik ataupun dengan sinar ultraviolet dari oksigen 4. dan HC di atmosfer . Dari peralatan listrik bervoltase tinggi 2. Terbentuk ketika terjadinya petir.

Standar Kesehatan Standar ozon yang diperbolehkan menurut PP No.12 ppm) = 1 jam .41 tahun 1999: 235μg/m3 (0.

bahkan fibrosis paru Penelitian epidemiologis pada manusia menunjukan pajanan ozon yang tinggi dapat meningkatkan jumlah eksaserbasi/serangan asma Dampak gas dalam sistem pernapasan.Dampak Negatif dari Ozon Pajanan jangka pendek/akut dapat menginduksi inflamasi/peradangan pada paru dan mengganggu fungsi pertahanan paru dan kardiovaskular Pajanan jangka panjang dapat menginduksi terjadinya asma. salah satunya ozon yang memiliki kelarutannya sedang di dalam air. berpengaruh pada sistem pernapasan bagian tengah .

Dampak Positif dari Ozon Ozon merupakan zat oksidan yang begitu kuat (selain klor) sehingga beberapa kota menggunakannya sebagai disinfektan pasokan air minum. Ozon sangat berguna untuk melindungi bumi dari ultraviolet (UV-B) radiasi .

c. 2. e. d. mengenyahkan kuman sebelum dibotolkan (antiseptik). dan bahan organik kompleks yang dikenal sebagai warna). hidrogen sulfida. menghapuskan pencemaran dalam air (besi. mencuci.Dampak Positif dari Ozon 1. dalam bidang perindustrian. b. ozon digunakan untuk: a. f. arsen. dan memutihkan kain (dipaten). membantu mewarnakan plastik. menentukan ketahanan getah . dalam bidang pengobatan. membantu proses flokulasi (proses pengabungan molekul untuk membantu penapis menghilangkan besi dan arsenik). nitrit. ozon berguna untuk mengobati pasien seperti untuk perawatan kulit terbakar.

3 590 Jam kerja yang terus- Iritasi hidung.02 40 1 jam Karet patah atau meregang 0. tenggorokan.03 60 8 jam Kerusakan tanaman 0.0 3900 berkonsentrasi .Dampak Ozon (O3) Terhadap Reseptor Konsentrasi 03 ppm Pemaparan Dampak µg/m 3 0.1 200 1 hari Pernafasan terganggu 0. menerus sesak nafas 2 jam Batuk berat dan sulit 2.