You are on page 1of 6

SOAL SEPTIC TANK

Suatu areal bumi perkemahan akan dilengkapi dengan prasarana sanitasi berupa septic tank lengkap dengan saluran resapannya. Kondisi muka air tanah 10 m dari muka tanah asli. Berapa panjang saluran resapan yang dibutuhkan dan gambarkan sketsa potongan saluran resapan! 3. Jelaskan cara pemeliharaan septic tank dan saluran resapannya! .10-3 cm/detik. Lama tinggal limbah dalam septic tank minimal 3 hari. Pertanyaan: 1. Jumlah air limbah manusia yang ditangani adalah 30 l/kapita/hari.2608.04 m3/kapita/tahun. Jelaskan kriteria pokok pada bangunan septic tank! 4. Jika kapasitas rencana penghuni 150 orang. Kecepatan permeabilitas tanah adalah 3. Laju produksi lumpur 0. Rancang bangunan septic tank tersebut di atas dan gambarkan! 2.1.03-0. Lebar saluran resapan 40 cm.

5 m. BOD5 = 236 mg/l. jika laju produksi gas methane adalah 350 liter per kg COD yang dihilangkan. Hitung total volume biogas yang diproduksi (70% nya adalah CH4). COD influent air limbah = 542 mg/l.5 tahun. . Hitung kebutuhan volume septic tank (yaitu volume untuk air limbah + volume untuk lumpur + volume ruang bebas atau free board) . Jika waktu tinggal (Hydraulic Retention Time) yang diinginkan = 18 jam dengan COD removal rate = 35% dan BOD removal rate = 63%. panjang masing-masing ruang) jika lebar dalam bangunan ditentukan = 2.2 Rancang bangunan septic tank berikut: Debit air limbah = 15 m3/hari yang mengalir dalam 12 jam dalam 1 harinya. jika jumlah produksi lumpur (liter lumpur /gram BOD removal) = 0.0042. a. b. Hitung dimensi septic tank dengan 2 ruang (kedalaman septic tank . Interval pengurasan lumpur 0. c.

b. Suatu air limbah dengan debit 40 m3/hari akan di olah dengan sebuah IPAL menggunakan bagan alir : septic tank – lagoon – saringan pasir – desinfeksi. Rancang dimensi kolam limbah susun 2 secara seri. Kecepatan reaksi penguraian dalam kolam fakultatif (k) diasumsikan 0.  =1. Target pengolahan dalam kolam 30 mg/l untuk BOD5. air limbah tersebut akan menghasilkan SS (suspended solid) yang mampu mengendap dengan konsentrasi 200 mg/l. kT = k20 .06.03. Jika lumpur (SS yang masih mengandung air) yang dihasilkan tersebut mempunyai rasio padatan (solid fraction) =0. Tentukan dimensi septic tank 3 ruang (ruang pertama 2 bagian volume.  (T-20) . Pertanyaan: a. Jika konsentrasi influent COD air limbah 550 mg/l dan BOD5 250 mg/l ke septic tank. Dari sebuah percobaan di laboratorium dengan sistem ”batch” . ruang 2 dan 3 masing-masing 1 bagian volume) jika periodisasi pengurasan setiap tahun. Catatan : hal2 lain yang tidak dicantumkan dalam soal dapat diasumsikan sendiri secara logis.3.35/hari pada suhu 20oC. .

4. pembuangan air limbahnya akan dilayani dengan menggunakan tripikon atau septic tank. Nilai permeabilitas tanah k = 4. Suatu komunitas rumah tangga yang dihuni 15 orang. Rancang septic tank/tripikon dan gambarkan b.10-3 cm/dt Pertanyaan: a. Lebar saluran peresapan 40 cm. Hitung ukuran saluran/sumur peresapan & gambarkan . Kedalaman air tanah dari muka tanah 12 m.2408. Jika jumlah air limbah 15 l/orang/hari.

Pertanyaan : i. Jelaskan kelayakan kondisi tanah setempat dikaitkan dengan pemakaian kolam tersebut .03 d.5 m dari muka tanah asli g. Kecepatan reaksi penguraian dalam kolam fakultatif (k) diasumsikan 0. Baku mutu effluent dari kolam fakultatif = 30 mg/l f. sistem kolam). permeabilitas tanah = 1.5. Mengingat kondisi air tanah yang cukup tinggi dan tanah tidak dapat meresapkan dengan baik selanjutnya untuk masa-masa yang akan datang direncanakan air limbah pemukiman tersebut ditangani secara komunal dengan menggunakan sistem kolam facultative beserta kolam maturasinya dengan bagan alir pengolahan (septic tank. jaringan air limbah. Suhu udara dan lingkungan sekitar 27oC.3/hari pada suhu 20oC. bak penngkap lemak. Gambarkan profil hidraulik kolam facultative & perkiraan kolam maturasi terhadap outfall akhir (sungai). rancang pula berikut saluran atau sumur resapan. ii. Rancang septic tank yang dilengkapi sistem bak penangkap lemak. iii.  =1. Elevasi muka air maksimum di sungai 0 m. Gambarkan! Rancang sistem kolam facultative (n buah kolam secara seri) pada hotel tersebut di atas. Kondisi tanah tidak dapat meresapkan air. e. Di awal pemukiman berdiri air limbah setiap 2 rumah rumah diolah dengan menggunakan septic tank yang dilengkapi dengan bak penangkap lemak dan saluran resapan/sumur resapan. Kebutuhan air rumah tangga = 110 l/orang/hari b. Elevasi muka air tanah -1. Di suatu komunitas pemukiman terdapat 50 rumah tangga. Limbah BOD5 perorang 20 gram/hari. Jumlah anggota keluarga per rumah kurang lebih 5 orang. Jika: a. 10-4 cm/dt c.  (T-20) . kT = k20 .