.

Overall view. 3
Details. Plan and
section

Kabeikabel melengkung ke bawah dimana pada ujung-ujung dijangkar pada dinding yang melengkung pula.44. .Gambar . Tenda dengan rusuk melengkung di tengah Kabel-kabel digantung dari lengkungan beton tulang tekan.

45. Tenda dengan dua rusuk melengkung di tengah .Gambar .

Gambar .4C. Tenda dengan penumpu dan angker berselang-seling .

c. Bentuk permukaan dasar adalah pelana terentang diantara bidang yang membatasinya. tetapi sistem kabel gantung satu arah (lengkung tunggal) dengan menggunakan penyetabilan dak beton pratekan terbuat dari bentuk shell kaku. Misalnya bentuk kerucut yang ditumpu di puncak tinggi atau rendah. . d. Kombinasi dari bentuk permukaan dasar dapat menghasilkan bentuk-bentuk baru.Struktur membran pratekan yang diregangkan Membran yang diregangkan terbuat dari serat kain atau jaring kabel yang dapat digolongkan menurut bentuk permukaan atau menurut kondisi penumpunya. Atap melingkar Milan Sport Palace berbentuk hiperbolik-parabolik (hypar). Penumpu dapat terdiri dari bahan kaku atau fleksibel atau tumpuan titik atau tumpuan dinding. terdiri atas lembaranlembaran zink pada jaring kabel pratekan menggantung pada kerangka beton (gantries) yang menyatu dengan bagian tempat duduk stadion. Bentuk sculpture dari dua Stadion Olympic (1964) di Tokyo Jepang. merupakan karya besar dari arsitektur modern. Beberapa contoh adalah . sedang gambar-gambar disekelilingnya menunjukkan struktur membran dengan tumpuan kaku (elemen balok atau dinding). yang didasarkan pada tipe tumpuan dari struktur tersebut. Atap dari gymnasium yang lebih besar 394 ft x 702 ft didukung oleh kabel baja yang direntang di antara dua puncak tiang beton (seperti menara) dan kabel lainnya menuju ke bawah dan dijangkarkan pada baiok tepi dinding yang melengkung. Atap selaput membran khusus terjadi pada Stadion Indiana University adalah bukan struktur jaringan kabel menyilang. El Paso Performing Art Center. memperlihatkan perpotongan bentuk bulan sabit seperti dalam perspektif. Klasifikasi dari membran yang diregangkan (tensil membran) seperti tehihat pada gambar -47. a. f. Atap selaput membran berlingkaran 138 ft tergantung di antara dua cincing pratekan bulan sabit tersebut. Sementara gymnasium yang lebih kecil menggunakan konsep yang agak berbeda dengan konfigurasi yang tidak simetris. Contoh-contoh pada gambar tengah 47 teriihat struktur membran dengan tumpuan fleksibel. b. Jaring kabel tersusun seperti jari-jari lingkaran menggantung dikeliling kolom penumpu dari pipa baja yang menyatu ditengah dengan struktur tribune yang menyerupai bentuk kerucut kaku (lingkaran bangunan 213 ft).

Gambar . Tensile Membrane structure .48.

. Olympic Stadium. Japan. Tokyo. 1984.Tange. An aggressive statement in steel of the power of modern technology.

sq. mengakukan aksi gaya lateral yang terkonsentrasi di balok cincing. Atap kabel anticlastic ukuran 324 ft x 183 ft terentang pada lengkung balok tekan seperti parabola vertikal yang tinggi tengahnya 70 ft terletak di sumbu gedung. Beban vertikal didukung oleh kolom-kolom sepanjang dinding ekterior. Hockey Rink di Yale University yang dirancang Eiro Sarinem mungkin arsitektur permukaan regangan yang pertama. Kedua lengkungan utama dari balok beton didukung oleh kolom kolom vertikal yang menahan gaya tekan melalui kabel utama yang menyusuri balok tersebut dan selanjutnya diimbangi gaya tarik dari kabel-kabel yang melengkung ke bawah di atas ruangan. Bentuk atap menyerupai roda sepeda pada Pagoda Sho-Hondo di Taiseki seperti bentuk kipas.50. dengan kedua ujungnya berbentuk dinding horizontal. sementara kabel sekunder antara diameter 1/2 sampai 3/4 inch. Gambar . The North Carolina Building di Raleigh memiliki denah hampir elips. g.e. Kabel-kabel penggantung utama (primary) memiliki ukuran bervariasi diameter 3/4 inch hingga 15/6 inch. Balok lengkung baja menggantung memotong diantara sumbu lingkaran kabel tekan dan cincing balok tekan elips. Kabel menggantung pada lengkungan balok dan direntang ke bawah pada dua balok tepi lengkung parabola. Struktur atap terdiri atas dua lengkungan parabola beton bertulang sebagai pendukung utama yang melengkung dari atas menyilang ke bawah berpotongan (bentang pada kedua rangka 300 ft). Kabelkabel baja terentang dengan pola jaring atap 6x6 ft. The Nortjparolina State Building . mendukung lembaran-lembaran metal bergelombang yang diikat (clading) pada kabel tersebut. I.

N.C. 5" CONCRETE JUDGING FLOOR 6" GRAVEL FILL SECTION THROUGH STANDS Gambar .. has a addleshaped roof supported by steel strands from a pair of opposing concrete arches.PEDESTAL BASE.51. WITH POST-TENSIONED CABLES Raleigh Arena at Raleigh. Struktur Arena Raleigh .

Stadion olympiade di Moskow. Sepanjang sumbu yang didukung oleh balok lengkung. . merupakan gantung atap yang terentang ke bawah pada dua balok lengkung parabola.sg dengan ukuran kabel 2 inch. j.h. atap dari stadion memiliki bentuk elips parabola dengan luas 735 ft x 610 ft. Atap hiperbolik-parabolik dari Kagawa Prefectural Gymnasium terdiri dari suatu susunan jaring kabel pratekan membentuk grid panel tipis beton pracetak sekitar 4 ft.