You are on page 1of 17

PEMBUATAN DAN PENGUJIAN POMPA HYDRAULIC RAM

(HIDRAM) UNTUK KEBUTUHAN AIR DI DESA CIPAMEKAR
KECAMATAN CONGGEANG KABUPATEN SUMEDANG
PROPOSAL TUGAS AKHIR
Disusun sebagai syarat untuk menyelesaikan
Program Pendidikan Strata Satu
di Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional

Oleh:
INDRA RAMDHAN
12-2012-192

JURUSAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL
BANDUNG
2016

T. S. NIDN. M. 0417086602 1 .PEMBUATAN DAN PENGUJIAN POMPA HYDRAULIC RAM (HIDRAM) UNTUK KEBUTUHAN AIR DI DESA CIPAMEKAR KECAMATAN CONGGEANG KABUPATEN SUMEDANG LEMBAR PENGESAHAN JURUSAN TEKNIK MSIN FAKULTAS TEKNOLOGIE INDUSTRI INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL BANDUNG 2016 Telah disetujui dan disahkan Bandung. 0427067202 Dosen Pembimbing Iwan Agustiawan.. NIDN.T. M.. Ir.T. 17 Februari 2016 Dosen Ko Pembimbing Yusril Irwan.

enegi dan isu lingkungan membuat pompa Hidram semakin relevan. Oleh karena itu penulis berencana untuk membuat Pompa Hydraulic Ram (Hidram) sebagai alternatif solusi permasalahan kekurangan air.ABSTRAK Indonesia merupakan negara dengan cadangan air terbesar ke-5 di dunia. Dengan semakin mahalnya bahan bakar. Untuk mengatasi keadaan tersebut. kenyataan menunjukkan bahwa banyak daerah di Indonesia yang mengalami kesulitan penyediaan air khususnya di dataran tinggi meskipun daerah tersebut dekat dengan sumber air. Kata kunci : Pompa Hidram. Namun. pemakaian pompa air. hydraulic ram. Pompa Hidram merupakan suatu alat yang digunakan untuk menaikkan air dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi secara otomatis dengan energi yang berasal dari air itu sendiri sehingga biayanya sangat efisien. namun biaya operasional yang tinggi dalam penggunaan pompa tersebut masih menjadi kendala. kekurangan air 2 . Perencanaan pembuatan pompa ini akan di aplikasikan di Desa Cipamekar Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang. baik yang digerakkan oleh tenaga listrik maupun oleh tenaga diesel telah lama dikenal oleh masyarakat.

.......2 I.........2 Langkah Penelitian................................1 I..................1 I..............iii BAB I PENDAHULUAN..................14 3 .........................................1 Latar Belakang................3 II............................................................DAFTAR ISI LEMBAR PENGESAHAN...........2 BAB II TINJAUAN PUSTAKA...............................................................................................12 DAFTAR PUSTAKA...............................3 Tujuan.....11 III..........................................................................................................4 Teknik Pengumpulan Data..........................................................................................................1 Pengertian Pompa Hydraulic Ram.....................................................................3 II......................................5 Jadwal Pelaksanaan.......................................2 I.................................................4 Ruang Lingkup Kajian..................8 II..........................................................................................................................................................................................................ii DAFTAR ISI....................................1 Metode Penelitian.................................................................8 BAB III METODOLOGI DAN LANGKAH PENELITIAN....3 II................3 Bahan Pompa Hidram............................................2 Prinsip Kerja dan Komponen Pompa Hidram......................7 II.......................................9 III...............5 Pengujian Pompa Hidram...........................................................................................................................................9 III................................................................................................................................................................................................................................................i ABSTRAK......................................................................2 Perumusan Masalah..............10 III.................................4 Pembuatan Pompa Hidram......................................

mempunyai prospek yang baik. baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk kegiatan pertanian khususnya di dataran tinggi meskipun daerah tersebut dekat dengan sumber air. Di samping itu. pemakaian pompa air. Pada berbagai situasi. peternakan dan perikanan khususnya di daerah pedesaan. Indonesia telah diberikan anugerah dengan sumber air yang melimpah. baik dalam pembuatannya dan juga dalam pemeliharaannya. alat tersebut harus mempunyai kualitas yang baik dan tersedianya suku cadang yang mudah diperoleh di pasaran bebas. penggunaan pompa Hidram memiliki keuntungan dibandingkan penggunaan jenis 1 . baik yang digerakkan oleh tenaga listrik maupun oleh tenaga diesel telah lama dikenal oleh masyarakat desa.BAB I PENDAHULUAN I.1 Latar Belakang Air merupakan sarana yang penting dalam kehidupan manusia dan hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Untuk menanggulangi masalah penyediaan air baik untuk kehidupan maupun untuk kegiatan pertanian. Hal ini disebabkan karena kemampuan daya beli masyarakat desa masih terbatas. Pompa ini memanfaatkan tenaga aliran air yang jatuh dari tempat suatu sumber dan sebagian dari air itu dipompakan ke tempat yang lebih tinggi. Indonesia merupakan negara dengan cadangan air terbesar ke-5 di dunia. maka penggunaan pompa Hidram yang sangat sederhana. Berdasarkan data Kementrian Pekerjaan Umum. dan pada penggunaan suatu unit pompa pompa bermesin dibutuhkan tenaga operator yang terampil. Pompa Hidram bekerja tanpa menggunakan bahan bakar atau tambahan energi dari luar. Sebenarnya untuk mengatasi keadaan tersebut. Namun kenyataan telah menunjukkan bahwa ada banyak daerah di pedesaan yang mengalami kesulitan penyediaan air. tetapi pada kenyataannya masih banyak masyarakat pedesaan yang belum memilikinya.

I. bentuknya sederhana. Bagaimana prosedur pemasangan Pompa hydraulic ram agar pompa dapat bekerja secara optimal ? 3.pompa air lainnya. biaya pembuatannya serta pemeliharaannya murah dan tidak membutuhkan keterampilan teknik tinggi untuk membuatnya.2 Perumusan Masalah Rumusan masalah pada tugas akhir ini adalah: 1. I.3 Tujuan Tujuan yang diharapkan dari tugas akhir ini adalah dapat meghasilkan produk berupa pompa Hidram sesuai rancangan serta pengujiannya untuk mengetahui debit masukan dan keluaran air dari pompa Hidram. Apa saja variabel – variabel yang perlu diketahui untuk mengetahui Pompa hydraulic ram pada keadaan good performance ? I. Bagaimana proses pengujian Pompa hydraulic ram ? 4. yaitu tidak membutuhkan bahan bakar atau tambahan tenaga dari sumber lain. ruang lingkup kajian difokuskan terhadap proses pembuatan dan pengujian pompa Hidram . Bagaimana proses pembuatan Pompa hydraulic ram? 2. 2 .4 Ruang Lingkup Kajian Dalam tugas akhir ini. tidak membutuhkan pelumasan.

tapi juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan air untuk pertanian.2 Prinsip Kerja dan Komponen Pompa Hidram Prinsip kerja hidraulik ram automatik merupakan proses perubahan energi kinetik aliran air menjadi tekanan dinamik dan sebagai akibatnya menimbulkan palu air (water hammer) sehingga terjadi tekanan tinggi dalam pipa. tidak memerlukan pelumasan. Alat ini sederhana dan efektif digunakan pada kondisi yang sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan untuk operasinya. II. alat ini mempunyai keuntungan dibandingkan dengan jenis pompa lainnya. hanya mempunyai dua bagian yang bergerak sehingga memperkecil terjadinya keausan. Dalam operasinya. alat ini telah banyak digunakan sebagai alat penyediaan air untuk kegiatan pertanian maupun untuk keperluan domestik. biaya operasinya murah. perawatannya sederhana dan dapat bekerja dengan efisien pada kondisi yang sesuai serta dapat dibuat dengan peralatan bengkel yang sederhana. antara lain. Penggunaan hidraulik ram tidak terbatas hanya pada penyediaan air untuk kebutuhan rumah tangga. Dalam kerjanya alat ini. Di beberapa pedesaan di Jepang. ke tempat yang lebih tinggi. peternakan dan perikanan darat. Dengan 3 .1 Pengertian Pompa Hydraulic Ram Pompa Hydraulic Ram (Hidram) merupakan suatu alat yang digunakan untuk menaikkan air dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi secara automatik dengan energi yang berasal dari air itu sendiri. tekanan dinamik air yang ditimbulkan memungkinkan air mengalir dari tinggi vertikal (head) yang rendah.BAB II TINJAUAN PUSTAKA II. tidak membutuhkan sumber tenaga tambahan.

mengusahakan supaya katup limbah (waste valve) dan katup pengantar (delivery valve) terbuka dan tertutup secara bergantian.1.1 Cara Kerja Pompa Hidram Gelombang tekanan atau "hammer" dalam ram sebagian dikurangi dengan lolosnya air ke dalam ruang udara dan denyut tekanan melompat kembali ke pipa pemasukan dan mengakibatkan hisapan di dalam badan ram. Hal ini menyebabkan katup pengantar menutup kembali dan menghalangi mengalirnya air kembali ke dalam ram. 4 . maka tekanan dinamik diteruskan sehingga tekanan inersia yang terjadi dalam pipa pemasukan memaksa air naik ke pipa pengantar. jika tekanan cukup besar akan mengatasi tekanan dalam ruang udara pada katup pengantar dengan demikian membiarkan air mengalir ke dalam ruang udara dan seterusnya ke tangki penampungan. Aliran air yang terhenti mengakibatkan tekanan tinggi terjadi dalam ram. Air mengalir dari suatu sumber atau sebuah tangki melalui pipa pemasukan dan keluar melalui katup limbah. maka tekanan dinamik yang merupakan gaya ke atas mendorong katup limbah sehingga tertutup secara tibatiba sambil menghentikan aliran air dalam pipa pemasukan. Cara kerja hidraulik ram pada gambar 2. Katup limbah turun atau terbuka dan air dari sumber melalui pipa pemasukan mengalir ke luar dan siklus tadi terulang lagi. Gambar 2. Aliran air yang melalui katup limbah cukup cepat.

00 3. Bagian-bagian utama yang menyusun alat ini terdiri dari pipa pemasukkan (drive pipe). Ukuran hidraulik ram buatan PTP-ITB. London Tipe Garis tengah dalam pipa Garis tengah dalam pipa Garis tengah dalam pipa Garis tengah dalam pipa 1 2 3 4 5 Pemasukan (inci) 1.00 4. Beberapa pabrik pembuat hidraulik ram menentukan ukuran ram produksinya berdasarkan ukuran diameter dalam dari pipa pemasukan tersebut (tabel 2). Udara dimampatkan dalam ruang dan secara terus-menerus terjadi pergantian dengan udara baru yang masuk melalui katup udara.00 1.G.T.50 2. sebab ada sebagian udara yang telah dimampatkan bersama dengan air ke luar melalui pipa pengantar dan selanjutnya ke tangki penampungan.75 1.00 Pengeluran (inci) 0. pipa pengeluaran atau pita pengantar (delivery valve). katup udara (air valve) dan ruang udara (air chamber). Penentuan ukuran ram pada umumnya ditentukan berdasarkan ukuran diameter dalam dari pipa pemasukan .D.50 2. Ruang udara diperlukan untuk meratakan perubahan tekanan yang drastis dalam hidraulik ram. Air masuk ke dalam ruang udara melalui katup pengantar pada setiap gelombang air yang masuk ke dalam ruang udara. London dan yang dibicarakan di sini adalah ram yang dibuat dari pipapipa besi cor dan sambungan pipa yang banyak terdapat di pasaran bebas dengan ukuran 2 inchi..00 3.00 5. Tabel 2. Katup limbah (waste valve). Hydraulic ram yang berasal dari ITDG. 5 .Sejumlah kecil udara masuk melalui katup udara selama terjadi hisapan pada siklus tertentu.00 1. Bandung dengan Modifikasi Design I.

sehingga pada saat katup limbah menutup. terjadi energi tekanan yang besar dan menimbulkan efek palu air (water hammer effect). 2. ram akan bergetar keras dan dapat mengakibatkan ruang udara pecah. Pada pipa pengantar yang panjang hal ini akan membutuhkan ruang udara yang terlalu besar dan untuk itu sebaiknya dirancang ruang udara dengan ukuran yang kecil. 6 . Penelitian mengenai bentuk dari katup limbah masih kurang. 3. Katup Pengantar (Delivery Valve) Katup pengantar harus memepunyai lubang yang besar sehingga memungkinkan air yang dipompa memasuki ruang udara tanpa hambatan pada aliran. tetapi pada saat ini jenis katup kerdam sederhana kelihatannya bekerja cukup baik. Ruang Udara (Air Chamber) Ruang udara harus dibuat sebesar mungkin untuk memampatkan udara dan menahan tegangan tekanan (pressure pulse) dari siklus ram. Beberapa ahli menyarankan bahwa volume ruang udara harus sama dengan volume air dalam pipa pengantar. memungkinkan aliran air secara tetap melalui pipa pengantar dan kehilangan tenaga karena gesekan diperkecil. memungkinkan kecepatan aliran air dalam pipa pemasukan lebih besar.Katup limbah merupakan salah satu bagian penting dari hidraulik ram. Katup ini dapat dibuat dengan bentuk yang sederhana yang dinamakan katup searah (non return). Jika ruang udara penuh air. dan harus dirancang dengan baik sehingga berat dan gerakannya dapat disesuaikan. Katup limbah yang ringan dan gerakannya pendek akan memberikan pukulan atau denyutan yang lebih cepat dan menyebabkan hasil pemompaan lebih besar pada tingggi pemompaan rendah. Jika hal ini terjadi ram harus dihentikan dengan segera. Katup limbah dengan tegangan yang berat dan jarak antara lubang katup dengan karet katup cukup jauh.

Rencana pemilihan bahan pada penelitian ini berdasarkan rancangan Rifki Mafturon yaitu dibuat dari bahan dasar baja. Udara ini harus diganti harus diganti dengan udara baru melalui katup udara. Dengan menggunakan pipa pengantar yang panjang akan menyebabkan ram harus mengatasi gesekan antara air dengan dinding pipa. 7 . Jika katup kurang terbuka sehingga tidak memungkinkan masuknya udara yang cukup banyak maka ram akan bergetar. diupayakan tebal baja tidak terlalu besar supaya masa jenis pompa Hidram tidak terlalu berat untuk mempermudah pemasangan pompa Hidram tersebut. Panjang pipa pengantar yang digunakan sama panjangnya dengan tinggi pemompaan maksimum dari hidraulik ram tersebut. Jika katup udara terbuka terlalu besar. Pipa pengantar dapat dibuat dari bahan apapun. Katup Udara (Air Valve) Udara yang tersimpan dalam ruang udara dihisap perlahan-lahan oleh turbulensi air yang masuk melalui katup pengantar dan hilang ke dalam pipa pengantar. Katup udara harus disesuaikan sehingga mengeluarkan semprotan air yang kecil setiap terjadinya denyutan kompresi.4. Keadaan ini harus diperbaiki dengan memperhatikan besar lubang udara. II. Pada tabel 3 diperlihatkan kemampuan hidraulik ram buatan "John Blakes". 5. Pada pemilihan bahan pompa Hidram. maka ruang udara terisi dengan udara dan ram akan memompa udara.3 Bahan Pompa Hidram Bahan untuk pembuatan pompa Hidram saat ini sudah bermacam-macam jenisnya seperti baja dan PVC. termasuk pipa plastik tetapi dengan syarat bahan tersebut dapat menahan tekanan air. Pipa Pengantar (Delivery Pipe) Hidraulik ram dapat memompa air pada ketinggian yang cukup tinggi. pemilihan bahan dasar baja didasarkan pada pertimbangan kekuatan dan tahan lama umur pemakaian.

II.  Penempatan pompa Hidram. Tapi. seperti gergaji.  Menggunakan Mesin Rolling Proses pembuatan kontruksi input pompa menggunakan mesin rolling untuk menimalisir penyambungan menggunakan pengelasan yang bisa mengakibatkan kontruksinya tidak rata untuk aliran air. bor. pengelasan.5 Pengujian Pompa Hidram  Pengujian Lapangan Pengujian lapangan merupakan pengujian pompa Hidram di daerah terbuka yang sesuai dengan karakteristik pengujian.4 Pembuatan Pompa Hidram Proses pembuatan pompa Hidram yaitu :  Kerja Bangku Kerja bangku merupakan proses pembuatan pompa hidram dengan cara manual yaitu dengan peralatan kerja bangku. penggaris siku.II. Karakteristik daerah pengujian dilihat dari parameter :  Ketinggian sumber air. dan lain sebagainya. tentu saja apabila menggunakan mesin rolling akan membutuhkan biaya pembuatan yang cukup mahal.  Ketinggian penampungan air. 8 .

BAB III METODOLOGI DAN LANGKAH PENELITIAN III. diperlihatkan pada Gambar 3.1 dibawah ini: Mulai Data hasil Perancangan Pompa Hidram Pembuatan Komponen Pompa Hidram Sesuai Hasil rancangan? Tidak Ya Perakitan dan Pemasangan Pompa Hidram Data Lapangan Pegujian Pompa Hidram di Lokasi Pengujian Pengujian Pompa Hidram Pengambilan Data Pengujian Analisa dan Pembahasan A A 9 .1 Metode Penelitian Metode yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan dalam tugas akhir ini.

2 Langkah Penelitian Berikut merupakan langkah-langkah yang akan ditempuh agar tujuan dalam tugas akhir ini dapat dicapai. Kesimpulan 10 . Mendapatkan Data Pengujian Mencatat data – data hasil pengujian yang didapat dari hasil pengujian. Pembuatan Pompa Hidram Meliputi tentang proses-proses yang dilakukan dalam pembuatan pompa Hidram.Hasil produk perancangan dan data hasil pengujian Selesai Gambar 3. diantaranya:          Mendapatkan Data Perancangan Menerima data perancangan yang telah dirancang oleh rekan penelitian tugas akhir. Pengujian Pompa Hidram Pengujian yang dilakukan dilapangan saat pompa Hidram telah selesai dirangkai. Data Lokasi Pengujian Menerima data lokasi pengujian yang telah di data oleh rekan penelitian tugas akhir Pemasangan Pompa Hidram Meliputi tentang langkah – langkah pemasangan pompa Hidram. untuk mengetahui efisiensi dari pompa Hidram. Analisa dan Pembahasan Melakukan analisa data yang sudah diperoleh saat pengujian. Survei Harga Material Melakukan survei harga material ke berbagai tempat.1 Flowchart Perancangan III.

literatur.4 Teknik Pengumpulan Data Berikut adalah teknik pengumpuan data yang digunakan penulis dalam penyusunan tugas akhir ini: a) Studi Pustaka Teknik Simak Studi pustaka teknik simak dapat dibagi menjadi beberapa taknik. literatur ataupun bahan pustaka. 4. Kecepatan Aliran Air Data ketinggian sumber air berguna untuk dapat mengetahui debit masukan air ke pompa.Mengambil kesimpulan dari pengujian yang telah dilakukan. Teknik simak catat ini menggunakan buku-buku. dan bahan pustaka yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Efisiensi Pompa Hidram Dengan mengetahui data efisiensi dari pompa Hidram yang dibuat. Masukan dan Keluaran Air Data masukan dan keluaran air berguna untuk mengetahui debit air di pompa. 2. kemudian mencatat atau mengutip pendapat para ahli yang ada di dalam buku tersebut untuk memperkuat landasan teori dalam penelitian. III. antara lain teknik catat. biasanya dapat ditemukan di perpustakaan maupun di tempat penulis melakukan penelitian 11 . Teknik catat merupakan teknik pengumpulan data dengan cara menggunakan buku-buku. 3. data tersebut bisa dibandingkan dengan data rancangan apakah sesuai ataupun tidak.3 Variabel Ukur Pengujian Variabel – variabel pengukuran yang dibutuhkan untuk mengetahui performance (kinerja) pompa Hidram adalah sebagai berikut : 1. III. lalu membandingkan target yang di desain. Ketinggian Sumber Air Data ketinggian sumber air berguna untuk dapat mengetahui kecepatan aliran air.

III. Wawancara dilakukan jika data yang diperoleh melalui observasi kurang mendalam. 2005:64). c) Wawancara Tidak Terstuktur Dalam wawancara ini tidak ada kesengajaan pada pihak pewawancara untuk mengarahkan tanya jawab ke pokok-pokok persoalan yang menjadi titik fokus dari kegiatan penyelidikan. Wawancara merupakan langkah yang diambil selanjutnya setelah observasi dilakukan. yaitu observasi dimana ”peneliti terlibat dengan kegiatan sehari-hari orang yang sedang diamati atau yang digunakan sebagai sumber data penelitian”(Sugiyono.b) Observasi Partisipasif Penulis menggunakan teknik observasi partisipatif.5 Jadwal Pelaksanaan Bulan No Kegiatan Februari 1 2 3 4 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 April Maret 1 2 3 4 1 2 3 Mei 4 1 2 3 4 1 Juni 2 3 4 Studi literatur Seminar proposal Mendapatkan data perancangan Pemilihan material Survey harga material Pembuatan pompa Hidram Survey lokasi pengujian Pemasangan pompa Hidram Pengujian pompa Hidram Pembuatan Jurnal Online Pembuatan Laporan Seminar Progress Ujian TA 12 .

pp. 25 Atlantic Reporter .A. Diakse dari http://gerryliyana. 182-190 . “Hidram. pada tanggal 10 Februari 2016. Diakses dari http://www. Toothe v. Diakses dari http://obortani.DAFTAR PUSTAKA Kelompok Teknologi Pengelolaan Air Bersih dan Limbah Cair.html pada tanggal 10 Februari 2016 Liyana. Pratomo.weebly. C.id/sitpapdg/Patek/Hidran/hidran. Pompa Air Tanpa Listrik dan BBM”.bppt. “Hydraulic rams furnish water supply to country homes”.html. (September 1937).com/potensi-air-melimpah-tak- menjamin-indonesia-bebas-krisis-air. Popular Mechanics: 437-477. “Potensi Air Melimpah Tak Menjamin Indonesia Bebas Krisis Air”.kelair. “Teknologi Pompa Hidram”. 13 .go. Gerry Resmi. Bryce.com/read/2009/03/27/Hidram-pompa-air-tanpa-listrik-dan-bbmcorporate-social-responsibility-csr. 2009. Crowley.html pada tanggal 10 Februari 2016.