You are on page 1of 9

VALUE CHAIN ANALYSIS

Disusun oleh
Roy Steven

1511060127

Asuransi Jasa Raharja (Persero) sebagai penyelenggara program Asuransi Sosial harus melepaskan bidang usaha yang bersifat komersial. Untuk mendukung kapasitas daya tamping atau retensi perusahaan. manajemen PT. Sejarah Singkat Perusahaan PT. Asuransi Tis Asih dirubah menjadi Aken Raharja. Jasaraharja Putera adalah salah satu perusahaan asuransi kerugian yang eksistensi PT. Asuransi Jasaraharja Putera.GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN A. Tuntutan bisnis terus menigkat dan kebijakan pemerintah dalam hal deregulasi terus bergulir tidak terkecuali di bidang asuransi yaitu dengan disahkannya UU No.7 tahun 1993 tersebut menganut azas spesialisasi dan menegaskan bahwa perusahaan asuransi Penyelenggara Program Asuransi Sosial dilarang menyelenggarakan bidang asuransi selain asuransi sosial. Jasaraharja (Persero) yang diikuti denga perubahan struktur permodalan dan susunan manajemen maka nama perusahaan PT. seperti Surety Bond. Asuransi Aken Raharja. Asuransi Aneka dan Extra Cover atas pelaksanaan UU No. PT. Sejalan dengan masuknya Yayasan Dana Pensiun & Kesejahteraan Pegawai PT.73 tahun 1993 Tentang penyelenggara usaha perasuransian di Indonesia yang mulai berlaku secara efektif terhitung mulai tanggal 1 Januari 1994.2 1992 dan peraturan pelaksanaan lainnya.2 tahun 1992 tentang usaha perasuransian Juncto Peraturan Pemerintah No. Asuransi Jasa Raharja (Persero) mengalihkan bidang usaha yang bersifat komersila tersebut kepada PT. . Asuransi Jasa Raharja (Persero) melakukan penambahan modal atau restrukturisasi permodalan restrukturisasi manajemen yang disertai dengan ASURANSI JASARAHRJA perubahan nama perusahaan menjadi PT. UU No. para pemegang daham khususnya Yayasan Dana Pensiun Jasa Raharja dan PT. Asuransi Bintang Bali yang didirikan pada tahun 1986 yang selanjutnya per tanggal 1 Desember 1986 berubah nama menjadi PT.33 tahun 1964 dikaitkan dengan UU No. Sejalan dengan hal tersebut. Asuransi Tis yang merupakan cikal bakal lahirnya PT. maka untuk menjaga kesinambungan pemberian pelayanan atau jaminan asuransi kepada pengguna jasa Surety Bond dan Asuransi Aneka serta untuk tetap memberikan nilai tambah kepada peserta Program Asuransi Sosial.2 tahun 1992 dan PP No.

Selanjutnya. S. Secara efektif PT. Jasaraharja Putera mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 1994 bersamaan dengan pengalihan bidang usaha PT.H dengan akta No.Insurance adalah “Menyediakan produk tepat guna dengan pelayanan prima”.04 TH.01.93 tangal 13 Desember 1993 mengenai persetujan atas seluruh anggaran Dasar Perseroan Terbatas PT. Selanjutnya. sejalan dengan perubahan logo.81 tanggal 27 November 1993 dan mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman RI dengan surat keputusan nomor C-2-13619. per tanggal 27 Novermber 2002 telah pula disepakati penyebutan corporate communication berupa JP. . selanjutnya disingkat menjadi PT. Visi Perusahaan Visi perusahaan yang merupakan cita-cita yang ingin dicapai dimasa mendatang adalah “Menjadi perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia” (To be foremost insurance company in Indonesia) C. Asuransi Jasaraharja Putera. tanggal 27 November 1993 dikukuhkan sebagai tanggal berdirinya PT. Perubahan tersebut dicatat di dalam akta Notaris Machmudah Rijanto.HT. Jasarahrja Putera. B. Jasaraharja Putera. INSURANCE. Misi Perusahaan Misi yang diemban oleh JP. Jasaraharja (Persero) yang bersifat komersial tersebut.PUTERA. (To provide appropriate products with excellent service).

banjir. peledakan asap dan kejatuhan peswat terbang . JP-BONDING Meruapakan jenis jaminan pada proyek yang tersedia dalam beberap jenis jaminan untuk seluruh jenis pekerjaan konstruksi dan pengadaan. toko. Jasa Raharja Putera adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jaminan asuransi. Jasa Raharja Putera memiliki kewajiban memberikan santunan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas sesuai ketentuan Undang – Undang No.D. laut dan udara serta sumbangan wajb dari pemilik kendaraan bermotor. PT. 3. pencurian. Ganti rugi yang diberikan adalah dalam bentuk santunan kematian. pabrik hotel dan bangunan-bangunan lainnnya terhadap resiko kerugian yang diakibatkan oleh bahaya kebakaran. Jaminan Penawaran(Bid Bond) b. petir. Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond) 2. 4. Disamping resiko – resiko dasar jaminan. kebakaran. JP-ASTOR Merupakan produk unggulan perusahaan yang memberikan jaminan kerugian/kerusakan kendaraan bermotor yang disebabkan oleh tabrakan. Jaminan Uang Muka (Advance Payment Bond) d. Produk PT. peledakan dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga. JP-GRAHA Produk ini memberikan perlindungan terhadap kerusakan gedung. dengan cara menghimpin dan mengelola iuran wajib dari penumpang alat angkutan umum darat. Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond) c. a. produk asuransi ini juga dapat diperluas dengan resiko – resiko kecelakaan dari pengemudi dan penumpang. JP-ASRI Merupakan produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap resiko keuangan yang diakibatkan oleh kecelakaan pribadi bagi perorangan maupun kelompok pada saat melakukan berbagai aktifitas selama 24 jam. Untuk memenuhi kebutuhan masyrakat PT. petir. JASA RAHARJA PUTERA PT. gempa bumi dan huru – hara. 33 dan 34 Tahun 1964. Jasa Raharja Putera menawarkan berbagai macam produk asuransi yaitu : 1. santunan biaya perawatan dan santunan cacat tetap. kantor rumah tinggal.

5. banjir. letusan berapi. angin.serta perluasan resiko karena hur – hara. maupun gempa bumi. JP-ASKRED Produk asuransi ini memberikan proteksi terhadap resiko atas kerugian transaksi perdagangan yang dialami oleh Produsen. E. Struktur Organisasi PT JASARAHARJA PUTERA . Distributor. Agen akibat sejumlah pituang yang tidak dibayar oleh debitur karena mengalamai masalah keuangan. Sub Distributor.

Jasaraharja Putera 1. Penurunan biaya atau peningkatan nilai tambah dapat membuat perusahaan lebih kompetitif.F. Analisis value chain membantu perusahaan dalam mengidentifikasi posisi perusahaan dan menganalisis aktivitas-aktivitas yang ada dalam rantai nilai serta mengurangkan atau mengeliminasi aktivitas yang tidak menciptakan nilai tambah pada produk atau jasa. JP Astor. Value Chain PT. Inbound Logistic PT Jasaraharja Putera memiliki 5 produk Utama yaitu JP Bonding. Analisis Value Chain terdiri dari 2 Aktivitas. Tujuan analisis value-chain adalah untuk mengidentifikasi tahap-tahap value chain di mana perusahaan dapat meningkatkan value untuk pelanggan atau untuk menurunkan biaya. Untuk agar semua cabang terintegrasi PT Jasaraharja Putera memakai sistem Care System. PT Jasaraharja Putera memiliki 27 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. dan JP Askred. yaitu Aktivitas Utama dan Aktivitas Pendukung : Tabel 1. JP Aspri. Primary Activities : a. Value Chain Analysis PT JASARAHARJA PUTERA Analisis value chain merupakan alat analisis yang berguna untuk memahami aktivitas-aktivitas yang membentuk nilai suatu produk atau jasa dan digunakan untuk menciptakan nilai bagi pelanggannya dalam mencapai suatu keunggulan yang kompetitif. . Masing-masing jenis produk tersebut merupakan produk jasa mengenai asuransi. JP Graha.

Karena walau dalam operasional menggunakan teknologi canggih. PT Jasaraharja Putera juga terus mengembangkan Cabang di seluruh Indonesia dan membangun jaringan distribusi yang efektif. Sales & Marketing PT Jasaraharja membangun fasilitas Call Centre untuk Costumer yang telah di implementasikan di 27 Cabang . Untuk bagian operation ini divisi yang bertanggung jawab adalah divisi Underwriting dan divisi klaim. Hal ini bertujuan untuk menjangkau setiap daerah dan memberikan proses pemasaran produk dengan baik dan tepat. di sektor bisnis asuransi yang didasarkan pada trust . hal-hal yang ditanggung oleh asuransi. Operations PT Jasaraharja Putera perlu mengelola setiap premi asuransi dan klaim secara terintegrasi dan menjamin produk jasa yang berkualitas. Supporting Activities : a. Untuk meningkatkan kemampuan Insan JP-INSURANCE sehingga dapat menjalankan system organisasi maupun teknologi yang juga selalu ditingkatkan. 2. Manajemen & SDM : PT Jasaraharja Putera menyadari sumber daya manusia yang tangguh dan profesional merupakan aset yang paling bernilai. peran manusia tak tergantikan. Outbond Logistics PT Jasaraharja Putera memiliki 27 kantor cabang dan 87 Kantor Pemasaran di seluruh Indonesia. . Fasilitas call centre memberikan informasi mengenal berbagai produk asuransi. Pengembangan SDM berkualitas di JP-INSURANCE dimulai dengan pemilihan calon karyawan secara sangat selektif sejak awal perekrutan. sedangkan divisi klaim bertugas untuk apabila ada pelanggan yang klaim asuransi kepada PT Jasaraharja Putera. c. dan bagaimana cara mengajukan klaim asuransi. d.b. Perusahaan tak segan menanam investasi besar dalam bentuk pendidikan dan pelatihan berkelanjutan dan terarah. Divisi Underwriting menganalisis mengenai asuransi yang akan diberikan. Masing-masing memiliki personil lengkap guna menunjang kegiatan operasional perusahaan dan keperluan pelanggan untuk kepentingan asuransi.

2 orang pemegang sertifikasi AIIS.80%. Informasi kini bisa didapatkan dalam hitungan menit yang sangat membantu dalam pengambilan keputusan. dan 62 orang pemegang sertifikasi AAAIK. Jasaraharja Putera juga memiliki bagian Internal Audit yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden Direktur untuk melaksanakan fungsi audit internal ke seluruh bagian. 4 orang pemegang sertifikasi AAIK. Sistem ini juga merupakan sist em yang sudah t erint egrasi secara menyeluruh dengan dat a real time online di 27 kantor cabang perusahaan. Infrastruktur Perusahaan PT Jasaraharja Putera merupakan anak perusahaan dari PT induk yaitu PT Jasaraharja (Persero) dengan kepemilikan sebesar 93. b. Teknologi PT. dengan 2 orang pemegang sertifikasi AAK. PT. membuat penyajian informasi menjadi lebih cepat dan akurat. PT Maskapai Reasuransi Indonesia. d. Jasarahaja Putera telah mengadakan perubahan dan pembenahan dalam sistem informasi dan teknologi dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada para prinsipal dan pelanggan. Jasaraharja Putera menggunakan Care System sebagai inti dari Teknologi Informasi yang digunakan dan dikembangkan ke seluruh cabang. 1 orang pemegang sertifikasi ACII. PT Jasaraharja Putera tidak mempunyai kesulitan dalam hal finansial dan membuatnya menjadi perusahaan yang terus berkembang. Untuk memastikan ketaatan pelaksanaan sistem prosedur dan peraturan perusahaan oleh seluruh bagian.Saat ini. Jasaraharja Putera saat ini sudah mengunakan system Care System. Temuan-temuan audit menjadi bahan untuk dianalisa oleh Direksi dan juga Dewan Komisaris serta Komite Audit agar dapat ditindaklanjuti untuk perbaikan ke depan. maka PT. Procurement Dalam hal ini PT Jasaraharja Putera memiliki kerja sama dengan PT Reasuransi di Indonesia yaitu PT Reasuransi Internasional Indonesia. 2 orang pemegang sertifikasi AIIIS. 4 orang pemegang sertifikasi AMII. PT. 1 Orang pengakuan setara AAIK. PT Reasuransi Nasional Indonesia. Dengan kepemilikan yang begitu besar dari PT induk yang begitu besar dan juga bantuan financial. PT Tugu Reasuransi Indonesia . c. PT .

Asei Reasuransi Indonesia . Dan dalam hal tersebut nantinya PT Jasaraharja membagi komisi kepada PT Reasuransi tersebut. Dalam hal tersebut PT Jasaraharja Putera membagi resiko asuransinya kepada PT Reasuransi tersebut. . dan Reasuransi Maipark Indonesia.