LEMBAR PENGESAHAN
Kuliah Kerja Praktik (KKP)
PT. ARGO PANTES Tbk.
disusun oleh:
MARIA MELIANA
NIM: 705120025
Fakultas Psikologi
Universitas Tarumanagara
Telah diperiksa dan dinilai oleh tim penguji prakerin
Pada tanggal…….......................

SUSUNAN TIM PENGUJI

Pembimbing KKP/KP
Fakultas Psikologi

Pembimbing Lapangan
PT.Argo Pantes,Tbk

Effendi,AK,Drs,SE,MM,M.Si

Dekan

KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala
nikmat dan karunia-Nya , sehingga saya dapat menyusun dan
menyelesaikan laporan prakerin ini tepat pada waktunya.
Laporan ini di buat sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian
prasyarat pembuatan tugas akhir atau skripsi . Pada kesempatan ini , saya
ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut
mendukung dan membina selama pembuatan laporan prakerin ini
berlangsung, diantaranya :
1.Bapak Dekan

2.Bapak……………Wakil Kepsek SMK Karya Pembangunan

3.Bapak…………..,selaku pembimbing tugas akhir
4.Bapak ………….selaku pembimbing Akuntansi
5.Bapak Effendi, Bagian HRD Training PT.Argo Pantes, Tbk

6.Ayah & Ibu tercinta yang memotivasi dalam pembuatan laporan ini
7.Teman – teman sekelas khususnya anak –anak Jurusan Administrasi
8.Hamba Allah yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

kesempurnaan hanya milik Allah Aza Wa Zalla. Wassalamualaikum. 14 Januari 2016 Peneliti INTAN WAHYU NINGTYAS .Atas perhatiannya tak lupa penulis mengucapkan tak ada gading yang tak retak.Wr Wb Tangerang.

.

.3 Populasi & Sampel……………………………………………………… 28 3.1 Landasan Teori. 11 3.V Kesimpulan & Saran 5. 5. 1.3 Data Kerja Objek……………………………………………………… 4.5 Ruang lingkup……………………………………………………….2 Gambar Kerja Objek………………………………………………….1 Kesimpulan…………………………………………………………..2 Saran………………………………………………………………… 33 34 Lampiran .lampiran .2 Operasional Variabel………………………………………………….1 Deskripsi Objek Prakerin……………………………………………..……………………………………………………… 2.5 Lokasi & Jadual Penelitian……………………………………………… 31 BAB IV ANALISIS & PEMBAHASAN 4. 1 2 2 3 3 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2..2 Perumusan Masalah………………………………………………….1 Desain Penelitian …………………………………………………….1 LatarBelakang………………………………………………………..4 Teknik & Alat Pengumpulan Data……………………………………… 30 3.DAFTAR ISI Lembar Pengesahan………………………………………………………………i Kata Pengantar……………………………………………………………………ii Daftar Isi………………………………………………………………………….iii Profil Tempat Prakerin……………………………………………………………iv BAB I PENDAHULUAN 1. 1..2 Kerangka Pemikiran……………………………………………….4 Analisa Objek………………………………………………………… 11 22 28 30 BAB. 1.3 Temuan……………………………………………………………… 4 8 10 BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3. 4.. 22 3. 2. 4.3 Tujuan……………………………………………………………….4 Manfaat……………………………………………………………… 1.

Sejarah Berdirinya PT. Darwani Sidik Bakaroedin.H.BURSA EFEK JAKARTA (BEJ) dan PT. Perseroan saat ini memproduksi tekstil bermutu tinggi dengan bahan yang terbuat dari katun dan katun campuran antara kapas dan polyester yang menghasilkan produk benang sampai dengan kain.ARGO PANTES TBK didirikan dalam rangka Undang-undang penanaman modal dalam negeri.30 tanggal 12 juli 1997 dibuat dihadapan Ny. ARGO PANTES Tbk. PT. PT. pada waktu itu Notaris di Jakarta.BURSA EFEK INDONESIA (BEI) pada tanggal 30 November 2007.ARGO PANTES TBK atau disebut “perseroan” adalah salah satu produsen tekstil berkualitas terkemuka di Indonesia.PROFIL TEMPAT PRAKERIN A. Dengan efektifnya penggabungan PT. Perseroan kemudian memutuskan untuk menjadi perusahaan publik (terbuka) melalui penawaran umum kepada publik dan mencatatkan sahamnya di awal tahun 1991 pada PT. S.BURSA EFEK JAKARTA dan SURABAYA yang kemudian berubah nama menjadi PT. .BURSA EFEK SURABAYA (BES). berdasarkan akta No.

Semua pabrik unit terpadu itu berlokasi di Tangerang . Sebagai capaiannya perseroan kini telah memiliki sertifikat ISO 9002 dari SGS (Sociate General Surveilence). perseroan saat ini telah memasarkan produk-produknya baik ke pasar domestik ataupun international yaitu dalam rangka memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan baik di dalam maupun mancanegara .Jawa Barat dengan menempati area ± 52 ha dengan luas bangunan 13.Banten dan Bekasi .2 ha. unit pertenunan (Weaving). unit pencelupan akhir kain (Fabric Proccesing) dan unit pencelupan benang (yarn processing). sebagai perusahaan tekstil yang berorientasi ekspor dan menciptakan produk-produk yang berkualitas tinggi serta menberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggannya.Pada saat ini perseroan telah mengoperasikan pabrik dengan fasilitas unit terpadu yang meliputi unit pemintalan (spining). perseroan ini telah memenuhi berbagai standarisasi. Disamping itu perseroan melaksanakan penerapan keselamatan kerja serta praktik kerja yang sehat. . Seiring dengan keberadaan pabrik unit terpadu yang telah memenuhi standar mutu dan teknologi tinggi serta pengalaman yang dimiliki.

.

adalah menjadi produsen tekstil terpadu dan terkdemuka di indonesia yang menghasilkan produk berkualitas. Sarana dan prasarana Perusahaan akan berusaha menyediakan sarana dan prasarana penunjang untuk para pekerja antara lain :      Koperasi Pendidikan/tempat pelatihan dan keterampilan Mess/asrama diberikan untuk pekerja yang memenuhi persyaratan Tempat peribadatan Sarana olahraga . ҉ MISI Misi PT.VISI DAN MISI PERUSAHAAN ҉ VISI Visi PT.ramah lingkungan berorientasi pada kepuasan pelanggan.  Meningkatkan efisiensi dan produktifitas dengan menerapkan prinsip – prinsip “Best Practice”. ARGO PANTES Tbk.  Berperan aktif bagi pertumbuhan ekonomi nasional.ARGO PANTES TBK adalah sbb :  Mempertahankan kepemimpinan di bidang industri pertekstilan.  Meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corparate Government).  Memaksimalkan pengembalian nilai investasi para stakeholder.  Menyediakan produk dan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan.

          Kantin Kendaraan antar-jemput Sarana gedung pertemuan Ruang istirahat pekerja Jamsostek THR (Tunjangan Hari Raya) Gaji UMR (Upah Minimal Regional) Seragam kerja Alat-alat P3K APD (Alat Pelindung Diri) Setiap para pekerja dapat menggunakan sarana dan prasarana yang dimaksud dengan tujuan tetap menjaga ketertiban. .kebersihan dan dilarang mencoret-coret atau merusak barang inventaris .

.

out Perusahaan .Lay .

kegiatan prakerin ini juga dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu siswa-siswi SMK agar mengetahui cara kerja atau menangani pekerjaan dengan baik. siswa-siswi mendapatkan banyak pengalaman dan tambahan ilmu atau wawasan pengetahuan dalam dunia kerja sesungguhnya.BAB I PENDAHULUAN A. Harapan utama dalam prakerin ini adalah agar siswa-siswi dapat mengetahui bagaimana perbedaan antara di sekolah dan di dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Di dalam dunia kerja industri ini juga terdapat banyak hambatan yang dapat menimbulkan kerugian pada perusahaan.perusahaan atau industri. Sehingga dengan adanya prakerin ini. Latar Belakang Praktik Kerja Industri (prakerin) adalah salah satu program yang terdapat di sekolah dan merupakan kegiatan yang mengutamakan keahlian dan keterampilan serta mewajibkan bagi seluruh siswa-siswi guna mendapat sertifikat untuk melengkapi salah satu persyaratan kenaikan kelas. Pelaksanaan praktik kerja industri (prakerin) ini pada umumnya dilaksanakan pada dua tempat yaitu di sekolah dan dunia usaha. . Selain prakerin ini sebagai persyaratan untuk mencapai kelulusan.

Hal ini menunjukan bahwa keterampilan yang dimiliki lulusan SMK belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri. Pelu di sadari bahwa sampai pada saat lulusan SMK belum dapat diresap langsung oleh pihak dunia usaha maupun industri. karena kurangnya sarana dan prasarana di sekolah yang dapat menyebabkan anak SMK belum paham cara menggunakan sarana dan prasarana yang begitu lengkap di dunia kerja/usaha. kurang memperhatikan kebutuhan di dunia industri. sehingga pelaksanaan praktik yang ada di sekolahan hanya sekadar mengenal saja. itupun tidak semuanya dapat dimanfaatkan oleh siswa – siswi secara maksimal. Secara kasat mata terbukti setiap dunia usaha/industri ketika merekrut tenaga kerja lulusan SMK masih menerapkan pendidikan dan pelatihan bagi yang telah lolos seleksi penerimaan karyawan rata-rata 3 bulan. B. pihak dunia industri tidak dapat di salahkan. Memang pada kenyataannya masih banyak SMK yang minim kualitasnya. Agar para pekerja dapat bekerja dengan aman dan nyaman. Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian direktorat pendidikan menengah kejuruan menyimpulkan bahwa pola penyelenggara di SMK belum secara kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja. Tujuan  Sebagai salah satu untuk syarat kelulusan bagi siswa –siswi SMK . Jika di perhatikan. kesehatan dan keamanan.Sehingga masih sangat di perlukan penerapan pendidikan dan pelatihan dalam dunia kerja yang harus memperhatikan keselamatan.

fax : 021-252002 2.  Menyusun & menyimpan hasil praktik kerja industri. Plant I Jalan MH. 22 Jakarta 12930 Tlp : 021-2520065. nota penerimaan barang.  Praktik Kerja Industri secara tertulis. ARGO PANTES TBK. secara keseluruhan bertempat di tiga lokasi yang berbeda yaitu: 1. • Lokasi Perusahaan Lokasi perusahaan PT. retur barang & tagihan. menginput dan mengarsipkan data surat jalan faktur pajak.95 Kav. Sebagai bentuk latihan dalam menghadapi kompetensi keahlian pada akhir proses pembelajaran. Head office Wisma Argo Manunggal 14th floor Jalan Gatot Subroto No. Thamrin Km 4 Cikokol Tangerang 15117 Indonesia Tlp : 021-55753838/0779. Plant II Industrial Town Estate MM-2100 Desa Ganda Mekar Cibitung . fax : 021-55753255 3.  Guna memberikan pengetahuan kepada para pembaca tentang cara –cara kerja SMK jurusan multi media di industri diantaranya.

Adapun pembagian kerjanya ialah : a). fax : 201.00 – 14.00 – 16. mempunyai tenaga kerja 3500 orang. ARGO PANTES TBK.Bekasi 17520 Indonesia Tlp : 021-8880791/92. perusahaan melakukan penyeleksian meliputi beberapa tahap antara lain :     Tingkat pendidikan minimal SLTP Wawancara Test Kesehatan Masa orientasi pekerjaan Bagi tenaga kerja di PT. Adapun macam-macam sistem perburuhan antara lain : 1. Pada saat penerimaan tenaga kerja.ARGO PANTES TANGERANG berdasarkan atas kerja normal dan shift.8880370 • Sistem Perburuhan PT.00 WIB : 08. yang terdiri dari 1200 orang tenaga kerja tetap dan 2700 orang tenaga kerja tidak tetap. Normal dan shift Normal Senin-jum’at Sabtu : 08. Sumber tenaga kerja Sumber tenaga kerja PT. Argo pantes Tbk Tangerang berasal dari daerah sekitar lokasi perusahaan dan daerah lainnya Sistem penerimaan Tenaga kerja Penerimaan tenaga kerja baru dilakukan apabila ada kekosongan karyawan.00 WIB .

3.00 – 06.00 WIB.00 WIB waktu istirahat diberikan pada karyawan setelah empat jam bekerja.00 – 22. Sistem pengupahan Sistem pengupahan yang dilakukan di PT.00 WIB shift II (siang) : 14. ARGO PANTES TBK adalah upah bulanan untuk setiap para pekerjanya.Waktu istirahat diberikan kepada setiap karyawan dari jam 12.30 – 13. Adapun persyaratan yang diminta oleh pihak perusahaan meliputi :                 Usia minmal 18 Tahun Usia maksimal 25 Tahun Diutamakan yang punya pengalaman KTP Tangerang Lulus SLTA sederajat Surat Keterangan berbadan sehat dari dokter Surat Keterangan dari Kepolisian Kartu Kuning dari Depnaker Tinggi badan 155 Cm untuk wanita Tinggi Badan 160 Cm untuk pria Tidak buta warna Tidak sedang atau mempunyai ikatan kerja dilain instansi Pas foto terbaru Surat ijin dari orang tua bagi pekerja wanita Lolos mengikuti ujian saringan/screening Sehat cek paru – paru/rontgen . Sistem Requitment Di lakukan oleh pihak perusahaan melalui lamaran yang diterima oleh pelamar yang memenuhi persyaratan.00 WIB shift III (malam) : 22.00 WIB. selama satu jam. Shift shift I (pagi) : 06. Kecuali pada hari jum’at dari jam 11. b).00 – 13. 2.00 – 14.

    Mengisi aplikasi yang disediakan oleh perusahaan Bersedia menandatangani kena shift/geser waktu kerja Bersedia mengikuti pengarahan K3 dan product knowledge Bersedia ditempatkan dibagian produksi .

efisiensi. dan efektivasi serta pemeliharaan (maintenance) alat-alat produksi.demi kelancaran proses produksi. dan budget sesuai dengan standar dan target yang telah ditetapkan demi tercapainya hasil produksi dengan harga yang dapat bersaing. waktu. » Kepala Departemen Produksi Mengelola dan mengkoordinir operasional produksi dengan memperhatikan kualitas. » Manager Logistik Mengelola mengkoordinir kegiatan pendukung proses produksi yang berkaitan dengan teknologi.kuantitas. standard dan target produksi sesuai dengan ketentuan demi tercapainya sasaran produksi. biaya. kuantitas.sehingga efisien dan efektivitas produksi tercapai.• Pembagian Tugas di PT. . ARGO PANTES Tbk » Manager Produksi Mengelola dan mengkoordinasi operasional produksi dengan memperhatikan kualitas. » Kepala Departemen Maintenance Melaksanakan penelitian dan pengembangan sistem kerja mesin pendukung produksi.

» Kepala Departemen Power (Unility) Membantu manager teknik dalam mengkoordinir pelaksanaan tugas-tugas yang berhubungan dengan penggunaan tenaga listrik untuk mesin produksi.kelancaran penyebaran informasi agar mekanisme organisasi perusahaan tetap terkendali sesuai dengan yang telah di tetapkan. » Kasir Melaksanakan pembayaran dan penerimaan dana kegiatan operasional perusahaan demi menjamin kelancaran pendistribusian biaya operasional perusahaan. . » Sekertaris Mengelola administrasi kesekertarisan perusahaan demi menjamin kerahasiaan. » Pengupahan/Pay Roll Mengelola kegiatan perhitungan pembayaran upah karyawan dari kepala bagian sampai tenaga harian dan claim kantin sesuai kebijakan pemerintah dan perusahaan demi menjamin ketepatan dan kebenaran pembayaran upah.pabrik dan kantor pengguna AC dan WTE serta perbaikan alat-alat (perbengkelan).gedung.

pekerja pemerintah dan meningkatkan kinerja karyawan. » Kepala Departemen personalia dan Umum Mengelola kegiatan kepersonaliaan urusan umum serta pelatihan dan pendidikan sesuai dengan kebijakan perusahaan demi tercapainya suasana yang harmonis antara perusahaan. disimpan dan dikeluarkan dari gudang ke gudang. » Material Control (controller) Mengelola kegiatan di bagian material control sesuai kebijakan perusahaan demi mendukung kelancaran operasional perusahaan sehingga dapat menunjang kesinambungan operasional perusahaan.» Penelitian dan pengembangan (Litbang) Mengendalikan perencanaan pelaksanaan kegiatan peningkatan potensi tenaga kerja melalui pelatihan-pelatihan demi menjamin peningkatan kemampuan tenaga kerja agar mekanisme perusahaan dapat berjalan lancar. . » Logistik Mengelola pelaksanaan pembelian (diluar yang dilaksanakan pemerintah) dan menyimpan material demi menjamin kelancaran penggandaan dan keamanan barang yang diterima.

Factory Manager (plant manager)  Melaporkan pada kepala dewan direksi tentang aktivitas perusahaan dalam beroperas.» Kesra Mengendalikan kegiatan dibidang general service dan office suplie sesuai dengan kebijakan perusahaan. sehingga dapat menunjang tercapainya sasaran perusahaan.  Mengawasi kerja manager produksi dan manager teknik.  Bertanggung jawab dalam mekanisme pelaksanaan di lingkungan pabrik.  Mengadakan pengawasan/pengecekan atas grafis produksi baik mengenai kualitas maupun kuantitas.  Mengambil langkah pencegahan penemuan personalia dalam memberi pengarahan.demi menjamin/menjaga kelancaran dan pelayanan.pengawasan kepada kepala departemen. .

BAB II TINJAUAN PUSTAKA .

A.  PENJELASAN 1. maka kedisiplinan serta ketelitian dalam melakukan suatu pekerjaan sangatlah penting untuk diterapkan. ARGO PANTES Tbk dari proses awal hingga akhir. Dimulai dengan memasuki kawasan industri yang dipilih oleh pembimbing dan diperkenalkan dengan beberapa perusahaan. Untuk itulah saya akan menjelaskan tentang bagaimana langkah-langkah dalam menginput dan mengarsipkan data surat jalan faktur pajak pada bagian sales admin lokal PT. Purchase order atau PO . kemudian memulai aktifitas Prakerin dengan diberi pengarahan oleh instruktur/pembimbing dalam melakukan prakerin tersebut. Landasan Teori Proses awal Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). Agar customer atau pembeli merasa puas dengan hasil kerja perusahaan. karena salah sedikit saja akan berakibat ketidaklancaran dalam keuangan dan akan merugikan perusahaan. Disinal perlu ketelitian serta kecermatan dalam mengerjakan apa yang diperintahkan instruktur prakerin tersebut. Pertama-tama diterangkan bagaimana mengenal alat-alat benda kerja yang digunakannya dan cara kerja pada bagian tersebut. Setelah melalui proses perkenalan.

Lembar 1 untuk supplier.Adalah daftar pesanan atas suatu barang dari pemesan ke supplier. PO merupakan dasar bagi supplier untuk mengerjakan pesanan dan biasanya di lanjutkan dengan di buatnya kontrak penjualan antara para pihak (supplier dan customer). Biasanya PO di buat dalam 3 rangkap. mengapa account dept harus menerima salinan PO ? Karena setelah PO diterbitkan. PO biasanya diberikan kepada supplier dengan beberapa term atau ketentuan yang sebelumnya telah menjadi kesepakatan bersama antara pihak pemesan kepada supplier. supplier pasti akan menerbitkan invoice yang akan di gunakan untuk menagih kepada pihak pemesan. Dan juga. 2. lembar 2 untuk file purchase dept. Jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan order harus tertulis di dalam PO. dan lembar ke 3 untuk account dept. Pengertian kontrak Perjanjian adalah suatu peristiwa dimana seorang berjanji kepada seseorang yang lain atau dimana dua orang itu saling .

harga. Delivery order Adalah dokumen yang berfungsi sebagai surat perintah penyerahan barang kepada pembawa surat tersebut. Selanjutnya dokumen ini berfungsi sebagai bukti pengeluaran barang atas perintah yang menerbitkan delivery order. Dalam hal ini kontrak penjualan adalah kesepakatan antara pihak penjual dan pembeli tentang jual beli barang dengan jenis.quality.Delivery order tidak berpengaruh terhadap persediaan.cidera janji maupun force majeur.rencana. Bentuk perjanjian itu berupa suatu rangkaian perkataan yang mengandung janji-janji atau kesanggupan yang di ucapkan atau di tulis.quantity.delivery. . yang di tujukan kepada bagian yang menyimpan barang (bagian gudang) milik perusahaan atau bagian gudang perusahaan lain yang memiliki consensus dengan perusahaan yang menebitkan Delivery Order. Bila dokumen ini di tunjukan kepada gudang milik perusahaan yang menerbitkan di perlukan sebanyak 3 lembar.biaya pengangkutan serta ketentuan-ketentuan umum menyangkut claim.berjanji untuk melaksanakan suatu hal. 3.

spesifikasi yang di sertai dengan informasi lainnya di terima oleh customer. Lembar ke 3 sebagai arsip bagian yang menerbitkan b. Surat jalan terkait langsung dengan persediaan. 4.Invoice Invoice/faktur penjualan yang selanjutnya kita sebut invoice adalah dokumen yang di gunakan sebagai pernyataan .  5. Lembar ke 2 sebagai arsip yang mengeluarkan barang (bagian gudang) c. Jumlah yang di perlukan sesuai dengan system pengendalian perusahaan. Surat jalan Adalah dokumen yang berfungsi sebagai surat pengantar atas barang yang tercantum di dalamnya yang di tujukan kepada customer (pembeli) atau penerima yang di tentukan oleh pembeli dan mempunyai kekuatan hukum atas legalitas yang di perlukan di jalan raya mulai dari keluar perusahaan sampai memasuki wilayah milik customer sehingga barang dengan quantity.a. Lembar ke 1 sebagai bukti transaksi yang di gunakan untuk pembuatan tagihan.

Adakalanya barang yang telah dikirim. 2.tagihan yang harus di bayar oleh customer. di tolak/ditolak sebagian/diterima bersyarat oleh customer. Pada transaksi yang nominalnya relatif kecil. Dalam bentuk sederhana di kenal dengan nama BON. invoice di gunakan langsung sebagai dokumen tagihan sedangkan pada perusahaan yang nominal transaksinya besar. Invoice faktur di buat sesuai dengan barang yang telah di serahkan/diterima dengan baik oleh customer. . biasanya di lengkapi dengan surat tagihan atau kwitansi. Karena itu invoice faktur dibuat setelah delivery order di tanda tangani oleh penerima. Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pembuatan invoice/faktur : 1. Perusahaan jasa juga memerlukan invoice namun kalau cliennya tidak memerlukan detail jasa yang dibayarnya maka cukup pakai kwitansi saja. Satu order pembelian dapat di realisasikan dalam satu transaksi dan dapat juga di realisasikan secara bertahap.

Dalam kontrak order dalam jangka waktu tertentu kebijakan poin 2 tidak berlaku sehingga invoice dibuat setiap delivery order telah ditanda tangani oleh penerima. Keperluan tersebut di butuhkan baik bagi penerima tagihan maupun pembuat invoice. Dengan ini dapat diartikan pembuat invoice adalah bagian mencatat piutang. 3. Dalam prosedur internal control system akuntansi metode manual disarankan untuk membuat invoice di atas formulir dengan nomor urut tercetak namun dengan system akuntansi komputer. Keunggulan penggunaan nomor tercetak menjamin tidak terjadinya nomor ganda dalam pembuatan invoice namun apabila terjadi . Pembuatan invoice secara automatis akan mengupdate buku piutang dagang. 5.Banyak kebijakan perusahaan yang menetapkan bahwa pembayaran akan di lakukan setelah order pembelian telah terealisasikan secara keseluruhan sehingga apabila terdapat beberapa kali DO/SJ. semakin banyak perusahaan menggunakan nomor komputerisasi. 4. Untuk itu diperlukan informasi ringkas mengenai dokumen yang terkait dengan tagihan tersebut. maka invoice/faktur hanya dibuat apabila order penjualan telah di penuhi secara keseluruhan.

kegagalan. dan Bila menggunakan nomor urut yang di create computer kemungkinan perlu terjadinya pengawasan invoice lebih ganda ketat karena yang dapat menimbulkan kerugian perusahaan. Desain Penelitian Gambaran menyeluruh dari rencana – rencana yang akan dilakukan oleh peneliti. nomor transaksi dicatat pada nomor berikutnya sesuai dengan nomor urut dokumen tercetak. BAB III METODOLOGI PENELITIAN A. digambarkan melalui mekanisme yang jelas. Desain penelitian adalah rencana yang terstruktur dan .

3. Jika tidak sesuai. Dalam menginput surat jalan faktur pajak tidak begitu sulit untuk dipahami. padahal seharusnya data tersebut di tempatkan pada arsip bagian Bekasi. dimengerti dan di kerjakan. misalnya. Dalam mengarsipkan data-data.strategis guna melakukan penyelidikan untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan serta dapat mengendalikan variable – variable yang tersedia. haruslah sesuai dengan urutan nomor yang telah dibuat. Dalam melakukan pencetakan data-data tersebut. Akan tetapi. Jika terjadi kesalahan hasilkan menginput. maka cetakan yang dihasilkan akan salah dan harus segera diganti. perlu adanya ketelitian yang amat cermat dalam menginput data-data tersebut. Kesimpulan yang peneliti dapatkan dari hasil mengerjakan suatu tugas pada dunia kerja adalah sbb : 1. 2.maka akan semua berpengaruh data terhadap yang di data-data lainnya. data yang di tempatkan pada arsip bagian Tangerang. . haruslah sesuai dengan urutan numeric dan tempatnya masing-masing .

Objek Penelitian : PT. Disamping itu juga untuk mengetahui lebih akurat perubahan laba dari tahun ke tahun dan pengaruh analisis rasio keuangan terhadap perkembangan perusahaan.1 Objek Penelitian Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tekstil dengan menunjuk PT. Berikut adalah data-data secara garis besar dari objek penelitian : 1. Argo Pantes Tbk.BAB IV OBJEK. Dimana data-data yang diperoleh diolah untuk dilakukan analisis rasio keuangan perusahaan tersebut selama kurun waktu tiga tahun untuk melihat kinerja manajemen dalam mengolah perusahaan. . HASIL DAN INTERPRESTASI PENELITIAN 4. Argo Pantes Tbk.

merupakan salah satu perusahaan manufaktur di Indonesia yang bergerak di bidang industri tekstil. Judul Penelitian : Jalan MH. 4. Daya Manunggal Tangerang. Argo Pantes Tbk Untuk Menilai Kinerja Perusahaan 4. yaitu pabrik tenun baru dengan luas tanah 52. Daya Manunggal. Berada di jalan utama kota Tangerang. 42 Jakarta. Lokasi dekat dengan sungai Cisadane. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1961 oleh bapak The Ning King dan bapak Musa yang berlokasi di Salatiga. 3. Jawa Tengah dengan nama awal PT. 2. .2. Dengan beberapa pertimbangan mengapa mereka memilih kota Tangerang. Thamrin KM 4 Cikokol Tangerang : Analisis Rasio Atas Laporan Keuangan PT. Lokasi dekat dengan ibukota negara yang menjadi pusat pemerintahan dan perdagangan. Tersedianya lahan yang cukup dan murah untuk mendirikan sebuah pabrik. Pada tanggal 22 Juli 1972 perusahaan meresmikan PT. Operasional variable dalam penelitian ini adalah : Variable X : Rasio Keuangan Variabel Y : Kinerja Perusahaan 4.1 Sejarah PT.1. Tangerang adalah salah satu kota industri di Jawa Barat yang saat ini masuk dalam Provinsi Banten dan pada saat itu tersedia lahan yang cukup untuk dibangun tempat industri. 5. hektar yang berkantor pusat di Jalan Pintu Kecil no. Alamat Penelitian 3. ARGO PANTES Tbk PT Argo Pantes Tbk. antara lain : 1. sehingga memudahkan dalam pengambilan air dan pembuangan limbah yang sudah diolah kembali.

sehingga PT. Pada tahun 1985. dengan manajemen yang dikelola oleh PT. Pada tahun yang sama pun didirikan 1 unit pencelupan benang untuk bahan baku benang berwarna yang manajemennya dikelola langsung oleh PT.H. Dharma Manunggal. Argo Pantes membangun kembali pabrik Weaving (pertenunan) dan Dyeing Finishing (pencelupan kain) dengan nama Argo Pantes 3 dan Argo Pantes 4. Agar lebih mandiri. dengan demikian hasilnya dapat langsung dikirim ke PT. Dharma Manunggal memproduksi benang tenun. dengan notaris Ibu Winanti Wiryomartini. Pada tahun 1980 PT. Daya Manunggal Tangerang berfokus pada pertenunan (weaving) yang menghasilkan kain mentah atau umumnya disebut dengan kain grey.H.. Daya Manunggal. S. S. Kedua unit tersebut diberi nama Argo Pantes 1 dan Argo Pantes 2. Pada tahun 1987 didirikan 1 unit baru yaitu unit printing yang akan memproduksi kain kain bermotif. maka pada tanggal 11 Januari 1975 didirikan PT. maka pada tanggal 12 Juli 1977 perusahaan mendirikan pabrik spinning sebanyak 2 unit dan berganti nama menjadi PT. dimana bahan baku benang diperoleh dari supplier dari daerah lain. Argo Pantes. dimana unitnya disebut dengan Dharma Manunggal 1 dan Dharma Manunggal 2 untuk memproduksi kain grey. Argo Pantes. Karena pada saat itu. . Dharma Manunggal. Dharma Manunggal yang ditunjukan untuk memproduksi benang untuk pertenunan.PT. Daya Manunggal (tenun) diambil alih oleh PT. prospek pabrik pemintalan sangat baik. unit weaving Daya Manunggal melakukan rekondisi mesin dari mesin tenun shuttle menjadi mesin tenun yang menggunakan tenaga udara (Air Jet Loom) dan juga dilakukan perubahan dimana PT. Cara ini ditunjukkan untuk mempercepat proses penyaluran bahan baku. 30 tanggal 12 Juli 1977 dari Darwanti Sidi Bakaroedin. PT Argo Pantes Tbk didirikan berdasarkan akta No. kemudian unit tersebut disebut dengan Dharma Manunggal 3.

PT Argo Pantes mendirikan pabrik baru di Bekasi. Dharma Manunggal dilebur pada PT. Unit-unit yang tersedia diadakan perubahan sebagai berikut : 1.Selesainya pembangunan unit-unit produksi yang dilakukan oleh PT. di daerah Industrial Town MM 2100. maka diatas area tanah 52 ha tersebut telah berdiri perusahaan tekstil terpadu. Karena lokasi pabrik ini terdiri dari dua perusahaan yang berbadan hukum berbeda. karena hasil produksinya tidak laku di pasaran). dimana seluruh aset PT. Unit Argo Pantes 1 menjadi unit Spinning 1 Unit Argo Pantes 2 menjadi unit Spinning 2 Unit Argo Pantes 3 menjadi unit Weaving 2 Unit Argo Pantes 4 menjadi unit Dyeing Finishing Unit Argo Pantes 5 menjadi unit Printing (Tetapi saat ini unit printing ditiadakan. maka atas kesepakatan dewan komisaris pada tanggal 1 Juni 1990 dilakukan merger. 22 Jakarta Selatan. 2. 59 Kav. Dharma Manunggal. Kavling B di desa Ganda Mekar. Dimana dalam kepengurusan perusahaannya dipegang oleh Dewan Komisaris : bapak The Ning King. 5. 3. 4. 6. Unit Dharma Manunggal 1 menjadi unit Spinning 3 7. Argo Pantes dengan berkantor pusat di Wisma Argo Manunggal Jalan Gatot Subroto No.kemudian unit tersebut disebut dengan Argo Pantes 5. Jawa Barat. Unit Dharma Manunggal 2 menjadi unit Weaving 1 8. dimana kegiatan produksinya dimulai dari produksi benang sampai pada produksi kain jadi. Presiden Direktur : bapak The Nicholas dan Sekretaris : ibu Tini. Unit Dharma Manunggal 3 menjadi Yarn Dyeing Mengingat sudah tidak memungkinkan lagi untuk dilakukan perluasan area pabrik di Tangerang. Cibitung. maka pada tanggal 31 Mei 1990. Bekasi dengan mengkhususkan produksi dibidang spinning (pemintalan) . Argo Pantes dan PT.

Pemintalan 5 unit produksi (Tangerang 3 unit dan Bekasi 2 unit) 2.sebanyak 2 unit produksi atau yang saat ini disebut dengan spinning 4 dan spinning 5. Argo Beni dan PT. pimpinan PT. Menjadi pabrik Tekstil kaliber dunia dengan Sumber Daya Manusia dan Teknologi terbaik. Dalam rangka pengembangan jenis produk guna memenuhi tuntutan pasar serta pemanfaatan tanah semaksimal mungkin maka tanggal 11 Mei 1991 diresmikan PT. Pencelupan benang (Yarn Dyeing) 1 unit produksi 4. dimana itu merupakan administrasi menuju Go Publik atau Tbk. Pabrik tekstil PT. Argo Pantes merasa terpanggil untuk mengikutsertakan sumber dana dari masyarakat baik nasional maupun internasional. Argo Pantes Tbk merupakan bagian dari Argo Manunggal Group telah mencatatkan sahamnya pada bursa efek Jakarta dan Surabaya tanggal 7 Januari 1991. Argo Pantes Tbk terdiri dari : 1. PT. Pencelupan kain (Dyein Finishing) 1 unit produksi 4. Argo Pantes. Pertenunan 1 unit produksi 3. Kini Argo Pantes merupakan suatu nama yang menyatu dengan mutu produksi tekstil serta memiliki jaringan yang luas baik dalam negeri maupun luar negeri. Argo Fajar yang menempati area di sebelah utara PT. ARGO PANTES Tbk Visi PT Argo Pantes Tbk. Perseroan merupakan salah satu penyumbang terpenting dalam pendapatan hasil ekspor Indonesia dalam sektor non migas selain dasar untuk memudahkan pengelolaan dan manajemennya.1. Guna memudahkan pengelolaan manajemen dan memperluas usaha.2 Visi dan Misi PT. . a.

Misi dari PT Argo Pantes Tbk. Mempertahankan kepemimpinan di bidang industri pertekstilan. ramah lingkungan dan berorientasi pada kepuasan pelanggan. Menghasilkan produk dan pelayanan berkualitas. antara lain : 1. h. Berperan aktif bagi pertumbuhan ekonomi Nasional Karena perusahaan ini sudah bertaraf internasional. Kredibilitas : Pertanggungjawaban / Ketetapan Hati Senantiasa dapat dipercaya untuk mewujudkan apa yang telah diucapkan. a. selalu menjadi yang terbaik. e. 2. Memperkuat kerjasama dan meningkatkan pangsa pasar.b. f. 3. k. Bekerjasama : Bersinergi . Menjadi produsen tekstil terpadu dan terkemuka di Indonesia yang menghasilkan produk berkualitas. Memaksimalkan pengembalian nilai investasi para stakeholder. Meningkatkan keuntungan secara maksimal dengan menghasilkan produk-produk b. d. Pengawasan biaya. Integritas : Ketulusan / Kesetiaan / Kepercayaan Bersikap tulus dalam segala permasalahan yang berkaitan dengan seluruh pihak terkait dan berkepentingan. i. j. Memberikan pelayanan yang terbaik. maka mereka menerapkan nilai-nilai perusahaan. Menghargai karyawan. c. Menyediakan produk dan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan. Bekerja Demi Keunggulan Tidak pernah menjadi nomor dua. Pemanfaatan seluruh sumber daya. g. 4. pemasok dan pelanggan. berkualitas tinggi. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dengan menerapkan prinsip “Best Practice”. Meningkatkan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance). c.

5. Selain itu juga telah memperoleh sertifikat “Best Delivery Perfomance” dan “Best Vendor Award” dari pelanggan yang berada di luar negeri. perusahaan telah memenuhi persyaratan standar internasional sebagai bagian pemenuhan atas kepuasan pelanggan dengan Aspek Marketing PT.3 lingkungan kerja demi terciptanya hasil yang efektif dan efisien. Sebagai produsen tekstil yang berorientasi pada ekspor. Kegiatan Usaha di PT. terkemuka di Indonesia. Juga telah memperoleh ISO-14001 tentang lingkungan hidup yang salah satunya berkaitan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Argo Pantes Tbk. pendidikan. Argo Pantes Tbk PT. Maka . Argo Pantes Tbk. pertenunan dan pencelupan kain dan yang dihasilkan perusahaan antara lain bahan baju (shirting) dan bahan celana (suiting). Sebagian dari hasil produksinya yang berupa benang diproduksi kembali menjadi kain grey dan kain jadi yang mempunyai mutu tinggi. Pada bagian marketing proses untuk memperkenalkan barang dan upaya untuk memberikan pelayanan dilakukan melalui internet. telah memperoleh ISO-9002 tentang kualitas yang diberikan untuk proses pemintalan benang. Argo Pantes Tbk. termasuk pemberian pengaruh yang besar dari pihak marketing untuk memasarkan kain yang telah dihasilkan kepada para pelanggan. Saat ini perusahaan memproduksi tekstil bermutu dengan menggunakan bahan baku katun dan katun campuran antara kapas dan polyester. Professional Cakap dalam tindakan. tanggungjawab dan kemampuan. perkataan dan perbuatan serta sekata dalam sikap pribadi dan 4. Karena perusahaan ini merupakan penghasil bahan baku. merupakan salah satu produsen tekstil berkualitas mendapatkan sertifikat ISO-9002 dan ISO-14001 dari SGS Indonesia. PT. sehingga tidak menjual brand. Untuk itu pastinya dibutuhkan kerja keras dan tanggung jawab yang besar dari seluruh karyawannya. latar belakang.Menghargai keanekaragaman dalam organisasi yang meliputi keterampilan.1. pembagian brosur dan outlet.

penjelasan mengenai ISO-9002 dan ISO-14001 dengan tujuan agar karyawan tersebut mengetahui kualitas barang yang diinginkan perusahaan dan tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup serta keselamatan dan kesehatan kerja sehingga akan termotivasi untuk bekerja dengan baik dan yang terakhir adalah penjelasan mengenai upah yang akan diterima (termasuk besarnya insentif. Swedia. . Untuk itu. Bangladesh. lalu karyawan akan memperoleh pendalaman Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). guna meningkatkan kualitas serta kecakapan bagi setiap karyawan. Dubai. Turki. Italia. Spanyol. Yunani.untuk memperoleh pelanggan baru selain melalui proses marketing biasanya diperoleh dari rekomendasi dari pelanggan lama atau berdasarkan mouth to mouth. Vietnam. Hasil produksi tersebut juga diekspor dengan tujuan negara antara lain : Belanda. Aspek Sumber Daya Manusia Bagi perusahaan tentunya sumber daya manusia merupakan bagian terpenting dalam usaha pengembangan perusahaan di masa depan. Peru. Inggris. Amerika Serikat. Polandia. perusahaan melakukan berbagai usaha melalui pelatihan baik yang dilaksanakan di dalam maupun di luar perusahaan. Srilanka. Belanda menjadi pelanggan terbesar dengan pertimbangan bahwa Negara Indonesia akan menjual barang dengan harga lebih murah dibandingkan dengan Negaranegara Eropa yang merupakan tetangga Belanda. Pelatihan yang ada di dalam PT. Kolombia. Sedangkan Afrika menjadi pelanggan terkecil karena daya beli negara tersebut rendah. Diantaranya setelah dilakukan penyeleksian dengan cara testing yang dilakukan sebanyak tiga kali dan dilakukan tes kesehatan (untuk karyawan baru). Cyprus dan Afrika. Argo Pantes Tbk berlangsung selama satu minggu baik kepada karyawan baru maupun bagi karyawan yang sedang magang.

hak buruh dan jamsostek yang akan diterima oleh karyawan tersebut). Mutasi
karyawan PT. Argo Pantes Tbk. tidak dilakukan secara kontinu atau ditetapkan dalam kurun
waktu tertentu. Mutasi bisa terjadi karena adanya kebutuhan, seperti menggantikan jabatan
yang kosong sebelumnya (naik jabatan) ataupun bila ada perluasan unit atau pabrik sesuai
dengan kebutuhan bagian shift. Rata-rata karyawan yang bekerja di PT. Argo Pantes Tbk
memiliki sifat loyalitas, sehingga turnover perusahaan baik. Hal ini disebabkan oleh faktor
usia yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk mencari dan memperoleh pekerjaan baru,
lagi pula saat ini persaingan para pengangguran pun semakin tinggi. Faktor lainnya yaitu
karena mereka membutuhkan pekerjaan utuk membiayai kehidupannya, sehingga sudah
pasti akan berusaha dengan sebaik mungkin untuk mempertahankan pekerjaan agar dapat
tetap bekerja.
Aspek Kegiatan Produksi
Sesuai dengan pasal 3 Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan usaha
Perseroan meliputi bidang manufaktur produk tekstil. Perseroan berdomisili di Jakarta,
sedangkan pabriknya berlokasi di Tangerang, Banten dan Bekasi, Jawa Barat. Kantor Pusat
Perseroan beralamat di Wisma Argo Manunggal, Lantai 14, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 22,
Jakarta. Perseroan mulai berproduksi secara komersial pada tahun 1977. Proses produksi
yang dilakukan Perseroan dilakukan per unit secara terpadu yang dilakukan di Tangerang
yaitu:

A. Spinning
Tahapan paling awal baik dalam pembuatan kain atau benang adalah spinning dimana
terdapat beberapa langkah yang baru dijalani antara lain :

1. Blowing yaitu proses penguraian gumpalan kapas yang baru diambil dari pohon
dan pencampuran kapas / polyester yang telah terurai serta pembersihan kotoran
bahan baku dari benda-benda asing seperti pasir, daun dan lain-lain. Dalam
proses ini, bahan baku yang awalnya berbentuk gumpalan diolah menjadi
lembaran-lembaran kapas yang panjang dan lebar
2. Carding yaitu penggarukan, pembersihan dan penguraian serat dari gumpalan
menjadi individu. Proses ini adalah perubahan bentuk bahan baku dari lembaran
menjadi uraian sebesar tali yang cara penggulungannya seperti tali tambang.
3. Pre Drawing yaitu perangkapan dan peregangan bahan baku, mensejajarkan
serta (apakah 100% cotton atau ada campuran polyester) dan memperbaiki
kerataan bahan baku
4. Lap Former yaitu proses dimana bahan baku yang berbentuk tali tambang
berubah dalam bentuk lembaran-lembaran yang lebih tipis dibandingkan pada
tahapan carding.

5. Combing yaitu pemisahan serta panjang dan pendek agar tidak mudah putus
yang kemudian serta tersebut disejajarkan, lalu dilakukan proses perubahan
bentuk dari bentuk lembaran tipis menjadi tali-tali yang disimpan dengan cara
digulung.
6. Drawing yaitu perangkapan, memperbaiki dan mensejajarkan serta agar tali
tidak mudah putus serta mengatur presentase blending.
7. Roving yaitu proses yang akan dilalui oleh benang baik yang sudah dilakukan
pewarnaan ataupun benang yang masih berwarna asli.

8. Ring Spinning yaitu proses membentuk benang dalam kapasitas yang lebih kecil
dari proses roving dan kemudian benang tersebut diberi nomor dan keterangan
mengenai presentase bahan baku yang digunakan, agar lebih mudah menentukan
jenis kain yang akan diolah dalam proses weaving. Hasilnya benang roving akan
berubah bentuk menjadi benang ring.
9. Winding yaitu proses menggulung benang ring menjadi bentuk benang cones
yang lalu akan diperiksa kerataan dan berat gulungan benang tersebut. Setelah
semua proses itu selesai, maka dilakukan pengepakan.

Pada tahapan ini PT. Argo Pantes Tbk mempunyai lima buah pabrik spinning, dimana
tiga diantaranya ada di kota Tangerang dan pabrik lain di kota Bekasi.
B. Yarn Dyeing
Tahapan berikutnya setelah proses spinning adalah proses yarn dyeing (pewarnaan
benang), dalam tahapan ini terdapat proses-proses yang harus dilakukan yaitu :
1. Benang grey, yang merupakan bahan baku utama.
2. Singeing, proses menghilangkan bulu-bulu yang terdapat pda serat benang untuk
proses diwarnai.
3. Reeling, proses mengubah bentuk cones menjadi bentuk benang grey.
4. Mercerize, proses penarikan benang dalam larutan caustic soda agar menambah
daya serap, kilat dan kekuatan tarik benang proses ini dilakukan pada suhu
rendah.
5. Hank ke Cones, proses menggulung benang dari bentuk hank ke bentuk cones.
6. Soft Winder, proses menggulung benang dari bentuk cones ke bentuk stainless
tube untuk bentuk dyeing.
7. Dyeing, proses pencelupan benang dalam bentuk cheese atau beam mulai dari
proses scourcing lalu bleaching sampai oiling.
8. Dryer, proses mengeringkan benang dari

proses

pencelupan

menggunakan uap panas yang dialirkan dengan bantuan blower.

dengan

warna dan lain-lain. memiliki 452 mesin tenun dengan kapasitas di setiap bulan sebanyak 3. C.9. benang yang menjadi bahan baku ada dua jenis yaitu benang lusi dan benang pakan. proses pengajian benang lusi untuk menidurkan bulu-bulu benang dan menambah kekuatan benang agar tidak putus saat proses penenunan. dropper. RTW. Weaving PT. Dalam tahap penenunan.8 juta yards. Ada beberapa tahapan pada proses weaving yaitu : 1. . 2. Argo Pantes Tbk. Sedangkan benang pakan adalah benang anyaman untuk kain dengan bentuk melebar atau arahnya tegak lurus dengan benang lusi. Warping. Sizing. Bahan baku. proses pemindahan gulungan dari gulungan cones menjadi gulungan boom sesuai dengan panjang yang ditentukan agar proses selanjutnya tidak mengalami kesulitan. 3. Benang lusi adalah benang yang dipasang sejajar pada mesin tenun sehingga membentuk anyaman untuk kain dengan bentuk memanjang. proses pengepakan barang untuk dikirim ke gudang sesuai dengan lot. sisir dan menentukan anyaman tenunan untuk membuat desain struktur pada kain. proses menggulung benang dari bentuk stainless tube ke dalam bentuk cone kembali. 10. Packing. proses memasukkan benang lusi setelah proses sizing ke dalam gun. Reaching. 4. proses penerimaan bahan baku berupa benang dari spinning.

Mesin tenun. bleaching.210 o C . proses menambah daya serap dan menstabilkan serat polyester. 2. Bleaching terdiri dari proses membakar bulu permukaan kain grey (singeing). proses menyusun kain di atas palet dan mendata sesuai dengan jenis maupun grade dari kain tersebut. D. Dyeing. Inspecting. Uraiannya adalah sebagai berikut : 1. Packing. proses penghilangan kanji. proses penyambungan benang lusi diatas mesin tenun dengan benang lusi pada bibit sehingga proses pemasangan pada tenun dapat dipercepat. Tying. proses pengikatan zat warna dengan serat polyester pada suhu 200o .5. proses pembuatan kain dengan cara menganyam benang lusi dan benang pakan dengan motif anyaman yang telah ditentukan. dyeing finishing dan verpacking. 7. 8. 9. 3. diantaranya adalah persiapan. proses kekuatan kain. proses pemeriksaan kain setelah selesai ditenun untuk memisahkan dan membedakan grade sesuai dengan kelompoknya. Persiapan adalah proses menyambung kain grey per lembar pada palet dan per jenis warna yang diinginkan. 6. proses pemutihan. Dyeing Finishing Dalam tahap Dyeing Finishing (pencelupan kain) terdapat proses-proses yang harus dilakukan. proses melipat dan mendata kain yang sudah selesai di inspecting sesuai dengan panjang kain dan grade. Folding. terdiri dari proses pencelupan / pewarnaan kain dengan zat warna. Lalu sebagian di ball pada mesin ball press yang akan dikirim untuk ekspor dan sebagian lagi dikirim ke gudang. proses penstabilan serat cotton. proses pemasakan untuk menghilangkan kotoran dan kuman pada suhu 120o C selama 40 menit.

maka dibuatlah struktur organisasi dan uraian tugas. Struktur organisasi merupakan hal penting dalam perusahaan.4 Struktur Organisasi Organisasi adalah suatu tempat berkumpul dari individu-individu yang melakukan aktivitas bersama untuk mencapai tujuan organisasi. 5. proses pengikatan zat warna reaktif dengan serat cotton pada mesin pad steam dengan suhu 102o C. 4. . Dan proses pengepakan kain ke dalam box untuk dikirim ke gudang sesuai kebutuhan permintaan pelanggan. yang menggambarkan hubungan wewenang antara atasan dan bawahan. terdiri dari proses penyempurnaan dengan obat resin dan softener. Masing-masing fungsi mempunyai wewenang dan tanggungjawab yang melekat yang sesuai dengan ruang lingkup pekerjaannya agar tujuan dan sasaran perusahaan dapat tercapai melalui efisiensi dan efektivitas kerja. Lalu proses rolling yaitu untuk menggulung dan membungkus kain jadi.selama 90 detik. Agar tercipta suatu hubungan yang harmonis dan terpadu. Verpacking. proses setting arah lebar kain dan proses pemantapan kain untuk mendapatkan shrinkage yang diinginkan pelanggan agar kain tidak menciut lagi saat proses selanjutnya.1. proses pemeriksaan kain untuk menentukan grade kain dengan klasifikasi: grade A (kirim ke pelanggan) sedangkan grade B dan C ex stock (tunggu kelanjutan). 4. Finishing. Dimana para individu tersebut memiliki peranan atau tugasnya masing-masing sesuai dengan kemampuan dan aktivitasnya.

Gambar 4. Tahun 2012 Susunan Pengurus PT. Pantes Tbk. Argo Pantes. Argo Pantes Tbk tahun 2014 Jabatan Dewan Komisaris Komisaris Utama Wakil Komisaris Utama Komisaris Komisaris Independen Komisaris Independen Dewan Direksi Direktur Utama Direktur Direktur Direktur Komite Audit Ketua Anggota Nama Pengurus Sidik Murdiono The Nicholas Karman Widjaya Toni Hartono Doddy Soepardi Haroen Al Rasyid Deepak Anand Yohanes Susanto Surjanto Purnadi Indrawan Kurniadi Doddy Soepardi Haroen Al Rasyid Faisal Widi Hermansyah . Tbk.1 Struktur PT. adalah Argo sebagai berikut: Susunan Pengurus PT.

tanggung jawab. Pemegang Saham (RUPS) dan Undang. g. e.4.5 Uraian Tugas dan Tanggung Jawab Bagi Perseroan. Memberikan pendapat dan saran yang terkait dengan permasalahan yang dihadapi Perseroan. Melakukan tugas dan wewenang serta tanggung jawabnya sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada Anggaran Dasar Perseroan. akuntabilitas dan transparansi yang meliputi: 1) Dewan Komisaris Dewan Komisaris Perseroan terdiri atas 1 (satu) Komisaris Utama dan 4 (empat) Komisaris yang 2 (dua) diantaranya adalah Komisaris Independen. Aktif dalam mengikuti perkembangan Perseroan. Tugas dan wewenang Dewan Komisaris sesuai dengan mandat yang diberikan oleh para Pemegang Saham adalah sebagai berikut: a. keputusan Rapat Umum b. Melakukan pengawasan atas rencana kerja dan anggaran Perseroan yang telah mendapat persetujuan dari Dewan Komisaris.1. c. h. Melaporkan dengan segera kepada RUPS jika terjadi penyalahgunaan wewenang hingga menyebabkan turunnya kinerja Perseroan. Memberikan persetujuan yang terkait dengan rencana bisnis yang dilakukan Perseroan yang telah disetujui dalam RUPS. . f.Undang yang berlaku Melakukan pengawasan jalannya pengurusan Perseroan serta memberikan nasihat kepada Direksi. penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik dilaksanakan secara dinamis dan menyesuaikan perkembangan yang ada serta berpegang teguh pada prinsip keadilan. d. Memantau pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik yang telah dilakukan Perseroan.

anggaran tahunan serta rencana bisnis yang akan dilakukan Perseroan. jajaran Direksi yang dimiliki Perseroan terdiri atas 1 (satu) Direktur Utama dan 3 (tiga) Direktur. d. 2) Dewan Direksi Pada tahun 2012.i. Menyiapkan secara menyeluruh rencana kerja. Anggaran Dasar Perseroan yang berlaku serta telah menerapkan tata kelola perusahaan yang baik. Menyediakan serta memelihara sistem administrasi Perseroan dengan baik dan benar. Mengelola sumber daya yang tersedia dengan melakukan perbaikan sistem secara periodik hingga mencapai hasil yang lebih baik. Melakukan kajian yang menyeluruh terhadap rencana kerja serta strategi bisnis yang akan dilaksanakan Perseroan. yang selanjutnya akan dimintakan persetujuannya di dalam RUPS. e. Memastikan pelaksanaan setiap kegiatan usaha sesuai dengan visi dan misi Perseroan. b. Direksi senantiasa mengacu pada ketentuan Undang-Undang. Menjalankan setiap kegiatan usaha dengan selalu menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Dalam melaksanakan tugasnya. . c. Melakukan pertemuan dengan Dewan Komisaris dan atau dengan Dewan Direksi secara periodik untuk membahas laporan berkala Perseroan. Tanggung jawab Direksi adalah sebagai berikut: a. j.

sebagai penghubung antara Perseroan dengan BAPEPAM dan Bursa serta instansi yang berkaitan dengan bidang usaha Perseroan. dan yang berkaitan dengan status Perseroan sebagai perusahaan terbuka. 3) Komite Audit Agar dapat membantu pelaksanaan tugas-tugas Dewan Komisaris. Sekretaris Perusahaan bertanggung jawab kepada Direksi Perseroan. . memberikan pelayanan kepada investor atas informasi yang diperlukan tentang Perseroan. h. memberikan masukan kepada Direksi untuk mematuhi ketentuan-ketentuan Pasar Modal. c. Menjalankan kepengurusan Perseroan dengan menerapkan nilai keterbukaan dalam segala bidang usaha yang terkait dengan rencana kerja Perseroan. Perseroan juga telah membentuk Komite Audit yang beranggotakan 3 (tiga) orang dengan 1 (satu) Ketua. Melaporkan secara berkala jalannya kepengurusan Perseroan kepada Dewan Komisaris dan Pemegang Saham sesuai dengan cara yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan g. b. 4) Sekretaris Perusahaan Perseroan memiliki 1 (satu) orang Sekretaris Perusahaan. Menghindari setiap benturan kepentingan yang bisa terjadi dalam hal praktik penyelenggaraan Perseroan. Tugas utama Sekretaris Perusahaan adalah a.f.

mengembangkan dan menjaga aplikasi yang ada di perusahaan. Membuat invoice untuk pelanggan. c. 5) General Manager a. Memberikan pertanggungjawaban dan laporan dari direktur. . Tanggungjawab dalam menentukan dana sesuai dengan kebutuhan. Bertanggung jawab dalam aktivitas perbankan dan mengenai pajak perusahaan. c. Memberikan laporan pertanggungjawaban kepada manajer. Akunting dan Perpajakan (Finance. c. 7) Kepala Departemen IT a. 9) Kepala Departemen Produksi (Production) a. Menentukan keputusan mengenai langkah kerja. Melakukan penagihan atas pembayaran kepada pelanggan. Membawahi dan mengawasi kinerja kepala bagian. Sekretaris Perusahaan berkewajiban untuk mengikuti perkembangan di bidang Pasar Modal khususnya peraturan-peraturan yang berlaku. e. f. 10) Kepala Departemen Sekretaris Perusahaan dan Hukum (Corporation Secretary & Legal) a. Accounting & Tax) a. b. Bertanggungjawab mengatur stok barang yang tidak terpakai lagi karena rusak. Memberikan laporan pertanggungjawaban kepada manajer. Bertanggungjawab atas software dan hardware yang ada di perusahaan. b. Melaksanakan kegiatan produksi berdasarkan order produksi atau penawaran. d. Membuat. Menetapkan tugas wewenang kepala departemen serta meminta pertanggungjawaban dari kepala departemen. Memberikan laporan pertanggungjawaban kepada manajer. Bertanggungjawab atas kegiatan produksi perusahaan. b. pengangkatan dan pemberhentian karyawan. b. d. Memberikan laporan pertanggungjawaban kepada manajer. Bertanggungjawab atas menjalankan fungsi kepatuhan dan administrasi pengambilan keputusan di dalam perusahaan dan melakukan fungsi komunikasi dalam rangka membangun goodwill keluar perusahaan. 8) Kepala Departemen Keuangan.d. b. Membuat pembukuan atas stok barang masuk dan keluar. c. Melakukan perekrutan. b. Memberikan laporan pertanggungjawaban kepada manajer. 6) Kepala Departemen HR dan GA a. c.

b. b. Mengkoordinir tugas kerja karyawan. Bertanggungjawab atas penerimaan. Memberikan laporan pertanggungjawaban kepada manajer. Memberikan laporan pertanggungjawaban kepada manajer. 12) Kepala Departemen Operasional Komersil (Commercial Operation) a. 13) Kepala Departemen Pergudangan a. Memberi arahan tentang pekerjaan kepada karyawan. Mendukung proses pengiriman barang kepada pelanggan. 17) Karyawan . Menyampaikan instruksi kepada bawahan dari atasan.11) Kepala Departemen Pemasaran dan Pengembangan produk (Marketing & Product Development) a. c. c. 14) Kepala Bagian a. Mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan kerja pada bagiannya masing-masing. b. Bertanggungjawab terhadap kepala departemen 15) Staff a. 16) Pengatur a. Bertanggungjawab atas pemasaran produk perusahaan serta melakukan pengembangan terhadap produk yang akan diproduksi selanjutnya. penyimpanan barang perusahaan berupa bahan baku. Melaksanakan tugas langsung dari atasan. Memberikan bimbingan serta petunjuk dalam melaksanakan pekerjaan kepada karyawan. barang jadi dan barang suku cadang. b. b. c. Memberikan laporan pertanggungjawaban kepada manajer. Bertanggungjawab terhadap kepala bagian. b. Bertanggungjawab atas pengadaan kerja bagi outsourcing di dalam perusahaan.

Pada tahun 2011 saldo neraca mengalami peningkatan yang cukup baik dari tahun sebelumnya menjadi Rp 1.5 4.428. Dimana pada tahun 2009 saldo neraca sebesar Rp 1.714.566. Neraca Dilihat dari analisa horizontal terhadap neraca. Aset Lancar a) Kas dan setara kas Saldo kas dan setara kas mengalami peningkatan pada tahun 2010 sebesar Rp 6.461.000 atau 49.870.055. A.000 atau sebesar 2. 4.25% pada tahun 2010 atas 2009.35% dibandingkan dengan tahun 2009. Mengoperasikan mesin sesuai standar kerja. 2010 dan tahun 2011 yang disajikan pada lampiran L2 dan L5.233.883. pada tahun 2010 saldo neraca mengalami penurunan yaitu sebesar Rp 1.4 dan tabel 4.1 Analisa Horizontal 1.a. dapat diketahui bahwa saldo neraca mengalami penurunan dari tahun 2009 sampai dengan 2011.2 Data Laporan Keuangan Perusahaan Laporan keuangan perusahaan yang digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan ataupun menilai kinerja perusahaan meliputi neraca dan laporan laba rugi tiga periode yaitu periode tahun 2009. sedangkan pada tahun 2011 saldo kas mengalami peningkatan sebesar Rp .3 Analisa Perbandingan Laporan Keuangan Analisa perbandingan antara laporan keuangan terdiri dari analisa horizontal dan analisa vertical.3 sedangkan analisa vertical disajikan pada tabel 4. b.2 dan tabel 4. Untuk analisa horizontal disajikan pada tabel 4.452.109. 4.73 %. Peningkatan atau penurunan tersebut dapat diketahui dari masing-masing perkiraan yang mengalami peningkatan maupun penurunan dari semua aktivitas perusahaan.000 atau meningkat sebesar 1.3.966.000. Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan instruksi kerja pada standar operasi produksi.

174.064.402.004.059.832. Berarti mengalami peningkatan sebesar Rp 6.52% dibandingkan dengan tahun 2009.64 % dibandingkan dengan tahun 2010.7.369.408. Sedangkan pada tahun 2011 mengalami peningkatan sebesar Rp 8. Peningkatan ini terjadi karena adanya peningkatan pembelian yang menyebabkan peningkatan barang jadi terutama pada kawasan domestic.000 atau 0. b) Deposito Berjangka Pada tahun 2010 saldo deposito berjangka sebesar Rp1.000 atau 11. Hal ini disebabkan adanya peningkatan penjualan produk.000 atau 24.000 atau 28.80%.47% dibandingkan dengan tahun 2009. d) Persediaan Pada tahun 2010.900.216.603. saldo persediaan mengalami peningkatan sebesar Rp 12.584.53% dibandingkan dengan tahun 2010. Peningkatan ini terjadi karena adanya peningkatan penjualan kredit pada tahun tersebut.452.000 yang terdiri dari piutang yang terjadi karena hubungan istimewa sebesar Rp2.000.791. e) Uang Muka . sedangkan pada tahun 2011 sebesar Rp1.362.602. piutang usaha yang disebabkan oleh pihak ketiga sebesar Rp.000 atau 36.63% dibandingkan tahun 2009.227. Hal ini bertujuan untuk kepentingan investasi c) Piutang Usaha Pada tahun 2010 saldo piutang usaha mengalami penurunan sebesar Rp 4.131.73 % dan piutang lain lain yang mengalami penurunan juga sebesar Rp.970.000 atau 61.632.209.000.963. Pada tahun 2011 saldo persediaan mengalami peningkatan sebesar Rp 72. piutang usaha karena pihak ketiga mengalami penurunan Rp 7.581.000 atau meningkat sebesar 50.65%.433.47% dan piutang lain lain sebesar 42.447.000 atau 38.12.60%.000 atau 83.612.000 atau 17.000 yang terdiri dari piutang yang terjadi karena hubungan istimewa yang mengalami penurunan sebesar Rp 4.

Terjadinya penurunan aset tetap sebesar 0. g) Pajak Pertambahan Nilai Dibayar Dimuka Pada tahun 2009 terjadi pembayaran pajak pertambahan nilai yang dibayar dimuka sebesar Rp 4.34% dan pada tahun 2011 mengalami peningkatan sebesar 20. Pada tahun 2011. Penurunan aset tetap disebabkan karena pada tahun 2011 terjadi pelepasan anak perusahaan yang merupakan bagian dari aset tetap. Aset Tidak Lancar Pada tahun 2010. Aset pajak tangguhan pada tahun 2010 dan 2011 bernilai nihil karena pada tahun 2010 manajemen mengambil posisi . saldo biaya dibayar dimuka meningkat sebesar Rp 100.75% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Taksiran tagihan pajak penghasilan mengalami penurunan sebesar 10.536.80% sedangkan pada tahun 2011 mengalami penurunan yang cukup tajam sebesar 43.095.Pada tahun 2010.976.76% dibandingkan dengan tahun 2009.000 atau 116. saldo uang muka mengalami peningkatan sebesar Rp 10. Peningkatan ini terjadi karena tingginya biaya pemakaian energi industri pada tahun yang bersangkutan.333.050.764.211.46% dibandingkan tahun 2009.885.50% dibandingkan dengan tahun 2010.65% pada tahun 2010 dan penurunan pada tahun 2011 sebesar 4.939. f) Biaya Dibayar Dimuka Pada tahun 2010.000 atau 78.000 atau 1.77 % dibandingkan tahun 2010. Pada tahun 2011 saldo uang muka mengalami peningkatan sebesar Rp 12.000. B.72% dibandingkan tahun 2010. pada tahun 2010 dan 2011 tidak ada. saldo aset tidak lancar yang berupa piutang kepada pihak berelasi mengalami peningkatan sebesar Rp 967.000 atau sebesar 20.000 atau 19.494. saldo biaya dibayar dimuka mengalami penurunan sebesar Rp 30.64% dibandingkan dengan tahun 2010. Peningkatan ini terjadi karena banyaknya uang muka yang harus dikeluarkan terlebih dahulu sebelum pengiriman bahan baku dilakukan.

Sedangkan pada tahun 2011.182. Serta aset lain lain mengalami peningkatan yang cukup siginifikan sebesar 85. saldo beban yang masih harus dibayar terus meningkat dari tahun 2009 menjadi sebesar Rp 22. C.000.000 atau 33. c) Hutang Biaya Pada tahun 2011.200.158. saldo kewajiban bank jangka pendek bernilai nol.000.247.34% pada tahun 2010 kemudian mengalami penurunan pada tahun 2011 sebesar 2.konservatif yaitu dengan membiayakan aset pajak tangguhan tahun-tahun sebelumnya yang dianggap tidak akan terpakai atau hangus.678. Dan pada tahun 2011 mengalami peningkatan sebesar 1.700. Sedangkan pada tahun 2011 menunjukkan peningkatan sebesar Rp 100.65%. Kewajiban Lancar a) Kewajiban Bank Jangka Pendek Pada tahun 2010.02%. Hal ini terjadi karena adanya biaya-biaya yang belum dibayar oleh perusahaan.000 atau 6. saldo kewajiban bank jangka pendek mengalami penurunan sebesar Rp 4. Karena adanya pembaharuan syarat dan kondisi hutang yang akan jatuh tempo segera (September 2011) menjadi hutang berjangka waktu 10 tahun dengan bunga 3% dan masa tenggang (grace period) 3 tahun.147. saldo hutang usaha baik yang berasal dari hubungan istimewa maupun pihak ketiga menunjukkan angka penurunan sebesar Rp 58.000 atau sebesar 3.092.10%. Hal ini disebabkan karena peningkatan pembelian bahan baku secara kredit yang melonjak pada tahun 2011.880.56% dibandingkan dengan tahun 2010. d) Hutang Pajak . b) Hutang Usaha Pada tahun 2010.298.

000 E.74%.163.211. kewajiban yang jatuh tempo dalam kurun waktu satu tahun.048. Disimpulkan bahwa saldo hutang lancar lainnya mengalami peningkatan sebesar Rp 92.096.20%.68% atau sebesar Rp 166.48% dibandingkan dengan tahun 2010.237.581.Pada tahun 2010. Peningkatan yang terjadi pada tahun 2010 karena adanya peningkatan dengan pajak yang masih harus dibayar perusahaan. agio saham dan Selisih nilai transaksi restrukturisasi entitas sepengendali yang ditempatkan pada tahun 2009 masing-masing sebesar Rp .391.000 dibandingkan tahun 2010.000 pada tahun 2010.613.000 pada tahun 2011. Kewajiban Tidak Lancar Pada tahun 2010 total kewajiban tidak lancar mengalami penurunan sebesar 21. saldo hutang pajak mengalami peningkatan yang cukup tajam dibandingkan dengan tahun 2009 yaitu sebesar Rp 4. Dan pada tahun 2011 saldo hutang pajak mengalami penurunan sebesar 40. Ekuitas Saldo modal saham.71% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Rp 38. Selain itu peningkatan terjadi karena munculnya saldo keuntungan dari transaksi jual dan sewa balik yang ditangguhkan sebesar Rp 16.000 atau sebesar 6.424.358.771. Sedangkan pada tahun 2011.210.667. bagian lancar atas keuntungan dari transaksi jual dan sewa – balik yang ditangguhkan serta hutang lain – lain. saldo hutang mengalami penurunan sebesar Rp 9.000 dibandingkan dengan tahun 2009 atau sebesar 197.14% dibandingkan dengan tahun 2010. e) Hutang Lancar Lainnya Hutang lancar lainnya meliputi hutang pembelian aset tetap.708. Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan pinjaman konversi sebesar Rp 10. D.000 atau 2.648. Dan pada tahun 2011 mengalami peningkatan sebesar 18.

542.91 % pada tahun 2010 sedangkan pada tahun 2011 mengalami peningkatan sebesar Rp 144.545.725.700.000 atau 0.01% jika dibandingkan dengan tahun 2009.481.897.000. B. . Laba Rugi Analisa Laporan Laba Rugi ini menghitung presentase dalam pos-pos dalam laporan laba rugi tahun 2009. Sedangkan pada tahun 2011. Peningkatan penjualan ini untuk meningkatkan Laba tahun berjalan.000 mengalami perubahan sampai dengan tahun 2011.12% dibandingkan dengann tahun 2009.000 dan Rp 200. Tetapi mengalami penurunan pada tahun 2011 sebesar Rp 108. Rp 701.031.000 karena mengalami defisit pada tahun yang bersangkutan.778.000 atau 12.538. Penjualan mengalami penurunan sebesar 12.04% dibandingkan dengan tahun 2009. Selisih kurs tidak penjabaran laporan keuangan mengalami penurunan sebesar Rp 826.71% dibandingkan dengan tahun 2010.181.01% akan tetapi laba kotor (gross margin) menunjukkan angka positif dikarenakan perseroan lebih fokus pada pasar yang lebih memberikan kontribusi laba lebih baik dari produk yang memberikan nilai tambah lebih baik.872.050.000 atau 27.168. Harga Pokok Penjualan Pada tahun 2010. 2010 dan tahun 2011.000 atau 477. Penjualan Saldo penjualan tahun 2010 mengalami penurunan sebesar Rp 90.524. perkiraan harga pokok penjualan mengalami penurunan sebesar Rp 176. Analisa ini menentukan apakah pos laporan laba rugi tertentu mengalami perubahan yang tidak lazim berkaitan dengan penjualan bersih dari periode tahun 2009 sampai dengan periode tahun 2011. A. 2.16% dibandingkan dengan tahun 2010.000 atau 21.000.364. perkiraan penjualan mengalami peningkatan sebesar Rp 184.000 atau 0. Secara keseluruhan jumlah ekuitas mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu sebesar Rp 175.085.

108.57% dibandingkan dengan tahun 2010 4. sehingga mengakibatkan tingginya harga pokok penjualan dan biaya overhead lainnya.2 Analisa Vertikal 1. Sedangkan pada tahun 2011.777.Dan perkiraan harga pokok penjualan tahun 2011 mengalami peningkatan sebesar Rp 258.18% dibandingkan dengan tahun 2009.000 atau 0.000 atau 180.000 atau 39. saldo perkiraan beban usaha mengalami peningkatan yaitu sebesar Rp 118. Pada tahun 2011 merupakan tahun yang cukup berat bagi Perseroan karena kenaikan harga kapas tidak sebanding dengan kenaikan harga jual. Pada tahun yang sama.11% dibandingkan dengan tahun 2010. . D. C.571.222. Neraca Analisa vertical pada setiap pos aktiva dinyatakan sebagai persentase dari total aktiva.000 atau 182.3. Beban Usaha Perkiraan beban usaha mengalami penurunan pada tahun 2010 sebesar Rp 17.035.806. Setiap pos modal dan hutang dinyatakan sebagai persentase dari total hutang dan modal.654.000 atau 38. Penyebab menurunnya beban usaha karena adanya penyehatan struktur keuangan perseroan sehingga penurunan beban keuangan secara signifikan dan peningkatan kemampuan arus kas. jumlah penghasilan lain-lain mengalami penurunan sebesar Rp 149.335.913.43% dibandingkan dengan tahun 2010. Penghasilan Lain – Lain Pada tahun 2010 mengalami peningkatan yang cukup tajam sebesar Rp 52. Pada tahun 2011. Hal ini disebabkan karena adanya keuntungan penghapusan piutang pada tahun 2010. Perseroan tidak banyak melakukan penjualan ke Eropa karena permintaan pasar yang melemah seiring terjadinya krisis Eropa yag mempengaruhi penjualan.28% dibandingkan dengan tahun 2009.

Persentase uang muka mengalami peningkatan yang cukup besar yaitu 0.43%.46%.01%.21%. Dapat simpulkan secara keseluruhan bahwa perkiraan kewajiban tidak lancar mengalami penurunan dari 77.46%.5 dapat dilihat bahwa perkiraan yang mengalami perubahan cukup menonjol di posisi aktiva lancar pada tahun 2010 adalah : Persentase kas dibandingkan dengan total aktiva mengalami kenaikan dari 0.95% menjadi 1.01% menjadi 0. Pada perkiraan aktiva tetap mengalami penurunan sebesar 1.4 dan tabel 4.30%.01%.71% dibandingkan dengan total aktiva.52% menjadi 3.98% menjadi 62. perkiraan yang mengalami perubahan di sisi kewajiban lancar pada tahun 2010 adalah : persentase hutang bank jangka pendek mengalami penurunan dari 8.13% menjadi 14. Persentase piutang usaha mengalami penurunan dari 3.Dengan menganalisa tabel analisa vertikal yang terlampir pada tabel 4. Sedangkan persentase piutang lain-lain dibandingkan total aktiva mengalami penurunan dari 0.04% menjadi 0.01%.20% dan pada tahun 2010 adalah sebesar 8. Dan pada perkiraan ekuitas dapat diketahui bahwa . Hutang usaha mengalami penurunan yang cukup tajam dari 6. Persentase persediaan pun mengalami hal yang sama yaitu meningkat sebesar 1. Hutang usaha lain-lain mengalami peningkatan 1% jika dibandingkan dengan tahun 2009.82% menjadi 8. Sedangkan pada perkiraan kewajiban tidak lancar.03% menjadi nihil pada tahun 2010.70%.38% dari 26. Persentase hutang bank yang semula berkisar sebesar 0. Persentase hutang pajak mengalami kenaikan dari 0.89% menjadi 86. persentase yang mengalami peningkatan atau penurunan yang terlihat cukup tajam berada pada posisi perkiraan hutang bank jangka panjang dari 21.35% menjadi 2.31%. Selain itu.27% menjadi nihil pada tahun 2010.72% dari 87. pada tahun 2009 persentase persediaan adalah sebesar 7.17%.75%. Persentase biaya dimuka relatif stabil karena tidak mengalami perubahan dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2010 yaitu sebesar 0. Persentase hutang subordinasi mengalami penurunan sebesar 11.

69%.45%. Persentase penghasilan bunga dibandingkan dengan penjualan bersih mengalami peningkatan dari 0. Munculnya perkiraan pemulihan nilai persediaan dan nilai piutang usaha masing masing sebesar 1.52% menjadi 1.56%. Pada tahun 2010 .5 pada tahun 2010. Pada tahun 2010 munculnya penghasilan dari keuntungan penghapusan piutang sebesar 7.67% menjadi 7.02% menjadi 0. pada tahun 2009 persentase laba menunjukkan angka negative dan meningkat menjadi 0.63%. Persentase modal saham mengalami peningkatan yang tidak begitu banyak dari 11.05%.41%.52%. Persentase biaya penjualan dibandingkan dengan penjualan bersih mengalami penurunan sebesar 2% dari 3. 2.12%.44%.93 % menjadi 99. Persentase beban bunga dibandingkan penjualan bersih mengalami peningkatan dari 5.02% menjadi 49. Saldo perkiraan agio saham bersih tidak mengalami perubahan pada nominalnya namun jika dibandingkan dengan total kewajiban dan ekuitas. Laba Rugi Analisa vertical pada setiap pos aktiva dinyatakan sebagai persentase dari penjualan bersih. Persentase biaya administrasi dan umum dibandingkan dengan penjualan bersih mengalami peningkatan dari 2. persentase agio saham bersih mengalami kenaikan dari 48.26% menjadi 3.03% pada tahun 2010. Persentase laba selisih kurs bersih dibandingkan dengan penjualan bersih mengalami penurunan dari 12.40% menjadi 2. Persentase laba kotor dibandingkan dengan penjualan bersih mengalami peningkatan.55%.01% dan 0.75%.48% menjadi 11. Dengan menganalisa tabel berdasarkan perhitungan analisa vertical pada tabel 4.persentase ekuitas mengalami peningkatan yang signifikan karena adanya perkiraan komponen ekuitas dari pinjaman konversi sebesar 17. analisa vertical mengungkapkan bahwa persentase harga pokok penjualan dibandingkan dengan penjualan bersih mengalami penurunan dari 110.

Persentase laba atas pelepasan anak perusahaan dibandingkan dengan penjualan bersih sebesar 0. Persentase laba atas selisih kurs bersih mengalami penurunan dari 3.55% menjadi (8.03%. Persentase beban penjualan dibandingkan dengan penjualan bersih mengalami penurunan dari 1. Persentase laba bersih menunjukkan angka negatif dari 10.21%.04%.45% menjadi 108. Persentase laba (rugi) penjualan aset tetap bersih mengalami peningkatan yang pada tahun sebelumnya bernilai negatif sebesar 0.44% menjadi 6. sedangkan pada tahun 2010 mengalami penurunan karena persentase bernilai negative sebesar 27. Persentase penghasilan bunga mengalami penurunan dari 0. Beban bunga dan keuangan mengalami penurunan dari 7.46% menjadi 0. Persentase manfaat beban pajak tangguhan yang pada tahun 2009 menunjukkan persentase positif sebesar 2.27%. Persentase beban administrasi dan umum dibandingkan dengan penjualan bersih mengalami penurunan dari 2.10%. Persentase laba kotor dibandingkan dengan penjualan bersih mengalami penurunan dari 0.5 pada tahun 2011.36% .03% menjadi 18. Dan dapat disimpulkan bahwa persentase jumlah penghasilan lain-lain mengalami peningkatan dari 3.63 % menjadi 2.52% menjadi 1.32%.95% dibandingkan dengan penjualan bersih. Dengan menganalisa tabel analisa vertical yang terlampir pada tabel 4. Jadi dapat disimpulkan bahwa persentase jumlah beban usaha dibandingkan dengan penjualan bersih mengalami penurunan dari 4.04%.munculnya penyusutan nilai aset tetap yang tidak digunakan untuk usaha menunjukkan persentase sebesar 1.36%.32%).93%. analisa vertical mengungkapkan bahwa persentase harga pokok penjualan dibandingkan dengan penjualan bersih mengalami peningkatan dari 99.26%).05% menjadi 0.82%.58%.15% menjadi 3.41% menjadi (1.05%. Dapat disimpulkan bahwa persentase jumlah penghasilan lain – lain bersih mengalami penurunan dari 12.88% menjadi 12.

332.25 .887 = 0.010 = 1.767.297. rasio lancar ini belum memenuhi standar umum.03 dari jumlah aset lancar.58%) menjadi 4.485 Artinya : kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban – kewajiban lancarnya sebesar 0.882 – 105.882 = 0.99%).62 dari jumlah aset lancar.893.61 324.58%). Tahun 2010 Rasio Lancar : 197.958. rasio lancar ini belum memenuhi standar umum. Dibandingkan dengan standar umum dengan margin sebesar 2:1 atau 200% dari kewajiban lancar. Dibandingkan dengan standar umum dengan margin sebesar 2:1 maka rasio lancar ini belum memenuhi standar umum.62 284.961 Artinya : kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban – kewajiban lancarnya sebesar 1.958.513.817 Kewajiban Lancar : kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban – : kewajiban lancarnya sebesar 0. Dibandingkan dengan standar umum dengan margin sebesar 2:1 atau 200% dari kewajiban lancar. Tahun 2011 Rasio Lancar : 298.167 Aset Lancar .3.76% menjadi (19.893. Analisa Rasio Keuangan 1.Persediaan 284. Persentase manfaat (beban) pajak penghasilan tangguhan mengalami peningkatan dari (27.3 6. b) Rasio Cepat Rumusnya Tahun 2009 Rasio Cepat : : : 76.61 dari jumlah aset lancar. Persentase laba (rugi) sebelum manfaat pajak penghasilan tangguhan mengalami penurunan dari 8. Rasio Likuiditas a) Rasio Lancar Rumusnya Tahun 2009 Rasio Lancar Artinya : Aset Lancar 176.03 290.817 Kewajiban Lancar = 0.178.menjadi (7.

887 – 117.25 : kemampuan aset lancar setelah dikurangi persediaan dalam menutupi kewajiban lancarnya sebesar 0.Artinya : kemampuan aset lancar setelah dikurangi persediaan dalam menutupi kewajiban lancarnya sebesar 0.767. Dibandingkan dengan standar umum dengan margin sebesar 1:1 atau 100% dari kewajiban lancar.05 284.513.37.958 324.961 Artinya : kemampuan aset lancar setelah dikurangi persediaan dalam menutupi kewajiban lancarnya sebesar 0.25.948.817 Artinya : kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka pendeknya sebesar 0.561 = 0.010 – 189.332.374. rasio cepat ini belum memenuhi standar umum.831 = 0.37 290.05 dari jumlah aktiva yang paling lancar yaitu kas dan setara kas.25. Dibandingkan . Tahun 2011 Rasio Cepat : 298.958. Tahun 2010 Rasio Cepat : 197.485 Artinya = 0. Dibandingkan dengan standar umum dengan margin sebesar 1:1 atau 100% dari kewajiban lancar.297. Dibandingkan dengan standar umum dengan margin sebesar 1:1 atau 100% dari kewajiban lancar. rasio cepat ini belum memenuhi standar umum. tanpa memperhitungkan nilai persediaan.242. rasio cepat ini belum memenuhi standar umum. c) Rasio Kas Rumusnya : Kas Kewajiban Lancar Tahun 2009 Rasio Kas : 13.

Tahun 2010 Rasio Kas : 20.6 Hasil Pengukuran Rasio Likuiditas Standar No Jenis Rasio 2009 2010 2011 Umum .297.940 = 0. Tabel 4. Tahun 2011 Rasio Kas : 28. tanpa memperhitungkan nilai persediaan.485 Artinya : kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka pendeknya sebesar 0. Dibandingkan dengan standar umum rasio kas yaitu margin 1:1 maka rasio kas perusahaan ini belum memenuhi standar umum.10 290. Dibandingkan dengan standar umum rasio kas yaitu margin 1:1 maka rasio kas perusahaan ini belum memenuhi standar umum.06 324.961 Artinya : kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka pendeknya sebesar 0. tanpa memperhitungkan nilai persediaan.999 = 0.767.06 dari jumlah aktiva yang paling lancar yaitu kas dan setara kas.831.dengan standar umum rasio kas yaitu margin 1:1 maka rasio kas perusahaan ini belum memenuhi standar umum.10 dari jumlah aktiva yang paling lancar yaitu kas dan setara kas.463.

Rasio Utang terhadap Total Aset Rumusnya : Total Kewajiban : Total Aset Tahun 2009 Rasio Utang terhadap : Total Aset Artinya 1.461.214 1.85 1.03 0.85.452.00 aset dibiayai oleh hutang sebesar Rp 0.448.870.424.566 : setiap Rp 1. Tahun 2011 Rasio Utang terhadap Total Aset : 1.00 aset dibiayai oleh hutang sebesar Rp 0.97 1.05 0.233. Tahun 2010 Rasio Utang terhadap : Total Aset Artinya 1.055.37 0.216. Rasio Solvabilitas a.25 0.966 : setiap Rp 1.25 1.1 Current Ratio 0.452 = 0.62 0.329.61 2 Quick Ratio 0.97.428.349.714 = 0.528 = 0.333.06 2.10 2:1 1:1 1:1 3 Cash Ratio 0.93 .

424.329.79 36.448.05 setiap Rp 1. Rasio Utang terhadap Ekuitas Rumusnya : Total Kewajiban Total Ekuitas Tahun 2009 : 1.528 = 5.500 Artinya : Kreditur menempatkan dana sebesar Rp13.74 setiap Rp 1.93.216. b.904.74 211.349.452 = 38.79 setiap Rp 1. Rasio Laba terhadap Beban Bunga Rumusnya Tahun 2009 : EBIT : Beban Bunga . c.722.333.214 = 13.422.038 Artinya : Kreditur menempatkan dana sebesar Rp5. Tahun 2010 : 1.00 dari ekuitas tersebut.00 dari ekuitas tersebut.00 dari ekuitas tersebut.Artinya : setiap Rp 1.514 Artinya : Kreditur menempatkan dana sebesar Rp38.05 103.00 aset dibiayai oleh hutang sebesar Rp 0. Tahun 2011 : 1.

Dibandingkan dengan standar umum rasio laba terhadap beban bunga yaitu margin 3:1 maka rasio ini belum memenuhi standar umum.29). Dibandingkan dengan standar umum rasio laba terhadap beban bunga yaitu 3:1 maka rasio ini belum memenuhi standar umum karena rasio ini bernilai negatif sehingga semakin besar resiko beban bunga tidak terbayar.448. Tabel 4.204.18 : kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban berupa bunga sebesar 1. Tahun 2010 Rasio Laba terhadap: 58. Tahun 2011 Rasio Laba terhadap: Beban Bunga Artinya (166.270 Artinya = 1.816.306 : kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban berupa bunga sebesar (3.21) 51.18.7 .895 Beban Bunga 49.Rasio Laba terhadap: Beban Bunga Artinya (97.111.242) = (3. Dibandingkan dengan standar umum rasio laba terhadap beban bunga yaitu margin 3:1 maka rasio ini belum memenuhi standar umum karena rasio ini bernilai negatif sehingga semakin besar resiko beban bunga tidak terbayar.21).665 : kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban berupa bunga sebesar (2.787) = (2.712.29) 42.882.

178.449.74 13.242.21) 1:2 1:2 3:1 3.576. Dibandingkan dengan standar umum yaitu 6–7 kali maka rasio perputaran persediaan perusahaan ini sudah memenuhi standar umum.167 : perputaran persediaan terutama persediaan barang jadi dalam satu tahun sebesar 7.05 3 TIE (2.958 = 5.29) 1.79 5.705 117.97 0.96 dari tingkat harga pokok penjualan.Hasil Pengukuran Rasio Solvabilitas Standar No Jenis Rasio 2009 2010 2011 Umum 1 Debt to Assets 0. Rasio Perputaran Persediaan Rumusnya : HPP : Persediaan Tahun 2009 Rasio Perputaran : Persediaan Artinya 837.93 2 Debt to Equity 38.85 0.247 = 7. Rasio Aktivitas a.63 . Tahun 2010 Rasio Perputaran Persediaan : 660.18 (3.96 105.

374.21 .912.: Rata Persediaan Artinya 360 Hari 7.482 = 4.63 dari tingkat harga pokok penjualan.96 : Periode perputaran persediaan terutama pada persediaan barang jadi dalam satu tahun sebanyak 45 hari. b. Rasio Umur Rata-rata Persediaan Rumusnya : 360 hari : Perputaran Persediaan Tahun 2009 Rasio Umur Rata. Tahun 2010 = 45.561 : perputaran persediaan terutama persediaan barang jadi dalam satu tahun sebesar 4. Tahun 2011 Rasio Perputaran : Persediaan Artinya 918. Dibandingkan dengan standar umum yaitu 6-7 kali maka rasio perputaran persediaan perusahaan ini belum memenuhi standar umum.85 dari tingkat harga pokok penjualan. Dibandingkan dengan standar umum yaitu 6-7 kali maka rasio perputaran persediaan perusahaan ini belum memenuhi standar umum.Artinya : perputaran persediaan terutama persediaan barang jadi dalam satu tahun sebesar 5.85 189.

89 5.: Rata Persediaan Artinya 360 Hari = 63.977.85 : Periode perputaran persediaan terutama pada persediaan barang jadi dalam satu tahun sebanyak 74 hari.52 51.009 47.01 .52 dari penjualan bersih. Rasio Perputaran Piutang Rumusnya : Penjualan Bersih Piutang Tahun 2009 Rasio Perputaran : Piutang Artinya 754.531 =14.63 : Periode perputaran persediaan terutama pada persediaan barang jadi dalam satu tahun sebanyak 63 hari.: Rata Persediaan Artinya 360 Hari = 74. Tahun 2010 Rasio Perputaran Piutang : 664. Tahun 2011 Rasio Umur Rata.Rasio Umur Rata.957.19 4.094 =14.257.758 : Perputaran piutang dalam satu tahun sebesar 14. c.396.

Tahun 2011 Rasio Perputaran : Piutang Artinya 848.307.906 =15.494 : Perputaran piutang dalam satu tahun sebesar 15.849.01 : Periode perputaran piutang dalam satu tahun sebanyak 25 .Artinya : Perputaran piutang dalam satu tahun sebesar 14. Tahun 2011 360 = 25. d.52 Rata-rata periode perputaran piutang dalam satu tahun sebanyak 24 hari.19 dari penjualan bersih.01 dari penjualan bersih.79 14. Rata-rata periode Pengumpulan Piutang Rumusnya : 360 Hari : Perputaran Piutang Tahun 2009 Rata-rata periode : Pengumpulan Piutang Artinya : 360 = 24. Tahun 2010 Rata-rata periode : Pengumpulan Piutang Artinya hari.19 55.69 14.

55 Aset Tetap 1.094 = 0.957.63 1.55 kali bila diukur dari volume penjualan. Tahun 2011 Rasio Perputaran : 848.63 kali bila diukur dari volume penjualan.00 sebanyak 0. Dibandingkan dengan standar umumnya yaitu 3:1 maka rasio perputaran aset tetap perusahaan ini belum memenuhi standar umum.214.204. Dibandingkan dengan standar umumnya yaitu 3:1 maka rasio perputaran aset tetap perusahaan ini belum memenuhi standar umum.366. Dibandingkan dengan standar umumnya yaitu 3:1 maka rasio perputaran aset tetap perusahaan ini belum memenuhi standar umum.74 Aset Tetap 1.647.00 sebanyak 0.322 Artinya : kemampuan perusahaan memutar aset tetap bersih setiap Rp 1. Rasio Perputaran Total Aset Rumusnya : : Penjualan Total Aset .906 = 0.00 sebanyak 0.19 : Periode perputaran piutang dalam satu tahun sebanyak 23 hari.139.938 Artinya : kemampuan perusahaan memutar aset tetap bersih setiap Rp 1. e.242 : kemampuan perusahaan memutar aset tetap bersih setiap Rp 1. Rasio Perputaran Aset Tetap Rumusnya : Tahun 2009 Rasio Perputaran Aset Tetap Artinya Penjualan Aset Tetap Bersih : 754.307.Rata-rata periode : 360 Pengumpulan Piutang Artinya = 23. f.798. Tahun 2010 Rasio Perputaran : 664.009 = 0.74 kali bila diukur dari volume penjualan.257.70 15.

70 Semakin rendah.96 5.85 6-7 kali 45. semakin baik 0. semakin baik 14.428.69 23.009 = 0.79 0.870.58 Total Aset 1.233.52 kali dalam penjualan.307.58 kali dalam penjualan.966 : kemampuan perusahaan memutar total aset sebanyak 0.19 Semakin tinggi.52 1.19 3:1 25. Tahun 2010 Rasio Perputaran : 664. Tabel 4.094 = 0.47 kali dalam penjualan Tahun 2011 Rasio Perputaran : 848.8 Hasil Pengukuran Rasio Aktivitas No Jenis Rasio 2009 2010 2011 Standar Umum 1 Inventory Turn Over Days of Inventory Receivable Turn Over Days of Receivable Fixed Assets Turn Over Total Assets Turn Over 7.74 3-5 kali 2 3 4 5 24.906 = 0.63 .55 0.461.055.Tahun 2009 Rasio Perputaran Total Aset Artinya : 754.957.257.566 Artinya : kemampuan perusahaan memutar total aset sebanyak 0.52 14.89 74.63 4.714 Artinya : kemampuan perusahaan memutar total aset sebanyak 0.47 Total Aset 1.452.01 15.21 63.

247 Penjualan 754.482 = (0.957.00 perusahaan mengalami kerugian sebesar Rp 0.08) 848.009 – 660. Tahun 2010 Rasio Laba Kotor : 664.6 0. Tahun 2011 Rasio Laba Kotor : 848.08. Rasio Profitabilitas a.00 perusahaan memperoleh laba kotor sebesar Rp 0.576.257.52 0.58 1 :1 4.307.307.01. Rasio Laba Kotor terhadap Penjualan Rumusnya : Tahun 2009 Penjualan .HPP Rasio Laba Kotor : 754.009 Artinya : Dari penjualan sebesar Rp 1.705 = 0.47 0.094 Artinya = (0.11.01 664.00 perusahaan mengalami kerugian sebesar Rp 0.906 Artinya : Dari penjualan sebesar Rp 1.912.906 – 918. b. Rasio Laba Bersih terhadap Penjualan Rumusnya : Laba Bersih Setelah Pajak : Penjualan Bersih .449.957.257.094 – 837.11) : Dari penjualan sebesar Rp 1.

009 Artinya : kemampuan perusahaan dalam memperoleh pendapatan dari setiap penjualan diangggap gagal karena angka rasio menunjukkan negatif sebesar 0.19) 664.307.13) 848.Tahun 2009 Rasio Laba Bersih : (75.957.19 Tahun 2011 Rasio Laba Bersih : (108.257. ROA (Return On Asset) Rumusnya : Laba Bersih Total Aset .984) = (0. c.091) = (0. Tahun 2010 Rasio Laba Bersih : (125.015.10) 754.10.13.906 Artinya : kemampuan perusahaan dalam memperoleh pendapatan dari setiap penjualan diangggap gagal karena angka rasio menunjukkan negatif sebesar 0.682) = (0.094 Artinya : kemampuan perusahaan dalam memperoleh pendapatan dari setiap penjualan diangggap gagal karena angka rasio menunjukkan angka negatif sebesar 0.481.744.

Tahun 2009 ROA : (75.461.09) dibandingkan dengan standar umum yaitu 15% atau 0. maka perusahaan ini belum memenuhi standar umum.00 untuk meminimalkan kerugian sebesar Rp (0. d. Tahun 2011 ROA : (108.091) = (0.15.15. Tahun 2010 ROA : (125.233.00 untuk meminimalkan kerugian sebesar Rp (0.07) dibandingkan dengan standar umum yaitu 15% atau 0. maka perusahaan ini belum memenuhi standar umum.452.481.05) 1. ROE (Return On Equity) Rumusnya : Laba Bersih Total Ekuitas .714 Artinya : Perusahaan mampu mengelola setiap aset Rp 1.015.09) 1.00 untuk meminimalkan kerugian sebesar Rp (0.870.744.05) dibandingkan dengan standar umum yaitu 15% atau 0.566 Artinya : Perusahaan mampu mengelola setiap aset Rp 1.428.682) = (0.984) = (0.07) 1.966 Artinya : Perusahaan mampu mengelola setiap aset Rp 1.055.15. maka perusahaan ini belum memenuhi standar umum.

682) = (1.015.06 Tahun 2010 ROE : (125.06) 36.00 menghasilkan kerugian sebesar Rp 2.00 menghasilkan kerugian sebesar Rp 0.514 Artinya : setiap modal yang dikeluarkan sebesar Rp 1.500 Artinya : setiap modal yang dikeluarkan sebesar Rp 1.05.59 Tahun 2011 ROE : (108.422.091) = (2.59) 211. .Tahun 2009 ROE : (75.904.00 menghasilkan kerugian sebesar Rp 1.481.038 Artinya : setiap modal yang dikeluarkan sebesar Rp 1.744.722.05) 103.984) = (0.

01 (0.Tabel 4.08) 3 :1 (0. 2010 dan 2011.10) (0.07) 15% 4 (2. rasio cepat dan rasio kas tidak mencapai standar umum.05) (0.09) (0.05) 15% 2 Gross Profit Margin Net Profit Margin ROA ROE 4. Rasio Solvabilitas Pada rasio utang terhadap total aset.06) (0.11) 0. karena pada rasio lancar.13) 15% 3 (0. Kewajiban lancar yang dimiliki perusahaan jauh lebih besar daripada jumlah aset.59) (1.19) (0. perhitungan rasio dapat dikatakan relatif stabil karena perbedaan peningkatan dan penurunannya tidak begitu tajam di setiap tahunnya namun . ARGO PANTES Tbk dalam keadaan yang tidak likuid jika dilihat dari sisi likuiditas tahun 2009.9 Hasil Pengukuran Rasio Profitabilitas Standar No Jenis Rasio 2009 2010 2011 Umum 1 (0.4 Interpretasi Hasil Penelitian Rasio Likuiditas Berdasarkan ringkasan hasil perhitungan rasio diatas dapat dikatakan bahwa PT.

Atau dengan kata lain. Semakin rendah rasio ini. Sedangkan pada perhitungan rasio perputaran aset tetap dan perputaran total aset menunjukkan angka yang sangat minimum sehingga belum mencapai standar umum. Sedangkan pada rasio utang terhadap ekuitas mengalami perubahan yang cukup tajam sehingga memberikan pengaruh negatif terhadap rentabilitas modal sendiri dan perusahaan. Walaupun demikian manajemen perusahaan tetap harus melakukan analisis dan melakukan tindakan penagihan piutang dengan tepat guna mengantisipasi kerugian piutang di masa mendatang. Hal ini berarti kemampuan aset tetap maupun total aset . maka semakin buruk. Dari perhitungan rasio perputaran piutang menunjukkan bahwa penagihan piutang sudah dilakukan dengan baik karena perhitungan rasio ini sudah melewati standar umum. Efektifitas dalam penagihan piutang sudah sangat baik. berarti pelanggan melunasi piutangnya tepat waktu sebelum akhir bulan atau End of Mounth. hal ini berarti semakin besar resiko beban bunga yang tidak terbayar.tetap perhitungannya belum memenuhi standar umum. perusahaan terjebak dalam penggunaan utang yang begitu tinggi yang dapat membahayakan perusahaan. Perusahaan harus membenahi manajemen persediaan agar dapat lebih efektif dan efisien. Pada perhitungan rasio rata rata periode pengumpulan piutang menunjukkan jangka waktu kurang dari 30 hari. Namun di tahun berikutnya mengalami penurunan. Dan dari hasil perhitungan rasio laba terhadap beban bunga menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban pembayaran bunga sangat kurang baik. Rasio Aktivitas Dari perhitungan rasio perputaran persediaan pada tahun 2010 sudah memenuhi standar umum sehingga dapat disimpulkan bahwa dana yang tersimpan dalam persediaan berputar kembali dengan cepat menjadi uang kas. hal ini menunjukkan semakin besar kegiatan perusahaan atas pembelian aset menggunakan utang.

Walau pada tahun 2010. laba bersih. mengurangi beban keuangan secara signifikan. dimana usaha-usaha pemulihan atas kinerja perseroan telah memperlihatkan hasilnya namun besarnya manfaat (beban) pajak penghasilan tangguhan menyebabkan perseroan ini mengalami kerugian selama tiga periode berturut-turut.menciptakan penjualan yang rendah. Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) mengalami penurunan yang signifikan dari tahun 2009 sampai 2011. perseroan berhasil membukukan laba bersih sebelum pajak yang positif sebesar 58 milyar. Saran & Pesan 1. Perputaran melambat menunjukkan aset yang dimiliki terlalu besar dibandingkan dengan kemampuan menjual. Rasio Profitabilitas Perhitungan rasio laba kotor. pengendalian operasional yang lebih baik agar dapat meningkatkan laba perusahaan sehingga memberikan kontribusi berupa laba bersih positif BAB. sebaiknya diperhatikan lagi agar tidak terjadi kesalahan dalam menginput data tersebut. Perusahaan harus dapat menekan biaya produksi. Dalam menginput data tersebut. . V Kesimpulan B.

maka cetakan tsb. 1. Tempat Tanggal Lahir : Tangerang. sebaiknya diatur dan di rapihkan kembali. sebaiknya jangan terlalu mencetak banyak atau sekaligus yang akhirnya jika salah nomor urut yang akan di cetak salah salah.maka akan terlihat nyaman dan rapih ataupun untuk mencari kembali data yang di butuhkan tersebut tidaklah terlalu sulit untuk diketemukan. Karena data . Dalam mengarsipkan dat-data tersebut. Nama Siswa : SRI FADILLAH FAUZIAH 2.data yang telah diarsipkan dengan rapih dan teratur . dari awal hingga akhir akan salah pula. 3.IDENTITAS SISWA 2. Dalam mencetak data tsb. 27 Januari 1997 3. Jenis Kelamin : Perempuan .

irmas. 8. Keahlian : Nomor Induk siswa : Alamat siswa : Nama orang tua : Alamat orang tua : Kimia Industri 996533602 Jl.Pd.MM . Buaran betung Rt. 7. 5.Buaran betung Rt.01/13 Kepala SMK –SMTI Makassar” FOTO 3X4 AONILLAH.4. 6.S. Kelas : XII-E Prog.irmas.01/13 Jl. 9.

M.MM. 01 November 2014 EFFENDI.SE.DRS.Si .DAFTAR NILAI PRAKERIN SISWA SMK PGRI1 TANGERANG PADA DUNIA USAHA/INDUSTRI/INSTANSI Nama Siswa : SRI FADILLAH FAUZIAH Program studi : Kimia Industri Tempat prakerin No . 1 2 3 4 5 6 : PT.ARGO PANTES TBK Aspek yang dinilai Dengan angka Dengan huruf Disiplin Kemampuan Inisiatif Kerajinan Kualitas Sikap Jumlah Rata-rata nilai Lamanya Pelaksanaan Prakerin : 90 Hari Tidak melaksanakan PSG karena : 0 Hari Sakit : 0 Hari Total : 0 Hari Ijin : 0 Hari Tanpa keterangan : 0 Hari Tangerang.AK.

Nama Perusahaan Tangerang 2.PROFILE PT. 6. Thamrin Km 4 Cikokol Tangerang Nomor Ijin Usaha : 137/DJAT/IUT/-III/PMDM/1987.000 Direktur utama : Mr.018. 5. Tbk : Wisma Argo Manunggal 14th Floor Jalan Gatot Subroto No. Thamrin KM 4 Cikokol Tangerang : 021. 18 Maret 1987/345/T/Industri/1992. The Ning King Telepon/Fax Kantor : 021.95 kavling 22 Jakarta 12930 NPWP : 01. 7.9.55753255 . 4. 9.2520065/021.55753838/021. 8.092.1 Desember Status Penanaman Modal : PMDN Penanggung Jawab UKL-UPL Nama lengkap : Y. Alamat kantor 3.ARGO PANTES TBK : 1.2520028 Lokasi Pabrik : Jalan MH. : PT ARGO PANTES. Susanto Jabatan Produksi Alamat Telepon/Fax : Direktur Produksi : Jalan MH.001.

.

KERANGKA PEMIKIRAN : MENCARI TEMPAT PENGAJUAN CV INTERVIEW PENGUMUMAN PENERIMAAN PENGARAHAN PELAKSANAAN PRAKERIN PEMBUATAN LAPORAN PENGUJIAN LAPORAN PENILAIAN LAPORAN .

. 8. selanjutnya yaitu proses pembuatan laporan yang akan di gunakan sebagai syarat untuk mengikuti program study selanjutnya. peneliti diberi pengarahan tentang peraturan di PT. Pengajuan CV Pengajuan CV (curriculum vitae) diajukan kepada HRD sebagai pemberitahuan biodata diri peneliti. Pembuatan laporan Setelah selesai melaksanakan prakerin. maka proses selanjutnya penulis mengikuti kegiatan pengujian laporan . maka proses selanjutnya yaitu melaksanakan prakerin. maka proses selanjutnya yaitu interview atau Tanya jawab dari pihak HRD kepada peneliti. Pengujian laporan Setelah penulis selesai membuat laporan prakerin. 4. Pengarahan Setelah diterima. akhirnya penulis menerima pengumuman penerimaan dari pihak HRD untuk mengikuti kegiatan prakerin. Pengumuman Setelah interview. 7. 5. 6. Penerimaan Setelah menunggu beberapa menit.KETERANGAN : 1. 3. 2. Pelaksanaan prakerin Setelah diberi pengarahan. Interview Setelah pihak CV diajukan.ARGO PANTES Tbk. MENCARI TEMPAT PRAKERIN Sebelum melaksanakan kegiatan praktek kerja industry peneliti mencari industri yang akan dijadikan sebagai tempat untuk melaksanakan prakerin. maka penulis menunggu pengumuman penerimaan dari pihak HRD untuk mengikuti kegiatan prakerin.

.

.

.

.

.

.

.

LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : HANNA FAUZAN NIS : 1093680 Asal Sekolah : SMK Negeri.Membantu tugas sehari – hari bagian PPC 5.06 . ………… …….Umum Minggu. 1 Hari/Tanggal Jenis Kegiatan Para f Pembim bing Senin.Pengarsipan dokumen pengiriman local & DO 4.Copy& arsipan bukti pengiriman local & DO 1.Expedisi dokumen OP keunit 1. 13 .1 Kota Tangerang Bagian : PPC.Menyusun dan rapikan laporan Order Produksi 2.Kain/NP .2011 1.Pisahkan surat–surat pengiriman local & export 3. .

membantu tugas sehari – hari bagian PPC 5……… ………….Penyusun data data arsip – via facximile Kamis. ………… ……… 4.Tempel label – label kontrak 2.Foto copi dokumen – dokumen yang masuk 3.Expedisi dokumen & pengiriman sample kain 3.Membantu tugas sehari – hari bagian PPC 2……… ………….Copy dan arsipkan Dokumen OP 3.Bantu tugas sehari – hari bagian PPC 4.Menyusun & arsipkan laporan Order Produksi 4.Seleksi data – data dokumen yang masuk Rabu.at. .Selasa .Tempel label – label kontrak 3……… ………….16 – 06 –2011 2. 14– 06-2011 2. 1.Menyusun nomor kode laporan OP 4.17– 06 –2011 1. .Verifikasi & validitas dokumen yang masuk Jum. 15 –06 –2011 2. 1.Foto copi arsip – arsip harian 4.Bantu tugas sehari – hari bagian PPC 3.

Expedisi dokumen & pengiriman sample kain 3.Membantu tugas sehari – hari bagian PPC 2……… ……… .Copy dan arsipkan surat – surat yang masuk 2. 21– 06-2011 2.LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : UTARI CAHYANI NIS : 1093680 Asal Sekolah : SMK Negeri.Mengurut nomor – nomor faktur dari suplier Selasa .06 .Membantu tugas sehari – hari bagian PPC 5.2011 1. 2 Hari/Tanggal Jenis Kegiatan Par af Pembi mbing Senin.Kain/NP . ……… ……… 4.Umum : Minggu.Program “ 5 S “ ( house skeeping) 1. 20 .Print out faktur – faktur pajak 1.1 Kota Tangerang Bagian PPC.Data entry faktur – faktur yang masuk 3.Data entry faktur – faktru yang masuk 4.

Tempel label – label kontrak 2.24– 06 –2011 1. ……… …… 4.Menyusun & arsipkan laporan Order Produksi 4.Seleksi data – data dokumen yang masuk Rabu. 22 –06 –2011 2.membantu tugas sehari – hari bagian PPC 5.Menyusun nomor kode laporan OP 4.Bantu tugas sehari – hari bagian PPC 4.23 – 06 –2011 2.Copy dan arsipkan Dokumen OP 3. Program “ 5 S “ (house skeeping) LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL 5……… ……… .Cetak faktur – faktur pajak 3.at.Bantu tugas sehari – hari bagian PPC 3.Penyusun data data arsip – via facximile Kamis.Verifikasi & validitas dokumen yang masuk Jum.1.Tempel label – label kontrak 3……… ……… 1.

27 .Expedisi dokumen & pengiriman sample kain 3.06 .Umum : 1 Minggu.Nama Siswa : UTARI CAHYANI NIS : 1093680 Asal Sekolah : SMK Negeri.Kain/NP . 3 Hari/Tanggal Senin.Print out faktur – faktur pajak 1. 29 –06 –2011 3…………… … .2011 Jenis Kegiatan Paraf Pembimbi ng 1. 28– 06-2011 2.Data entry faktur – faktur yang masuk 3.Data entry faktur – faktur yang masuk 4.Membantu tugas sehari – hari bagian PPC 2…………… … Libur Resmi Pemerintah/Isra Mi. …………… … 4.Membantu tugas sehari – hari bagian PPC 5.Program “ 5 S “ ( house skeeping) 1.Mengurut nomor – nomor faktur dari suplier Selasa .raj Rabu.Copy dan arsipkan surat – surat yang masuk 2.1 Kota Tangerang Bagian PPC.

01-07-2011 1.Print out & cetak faktur – faktur tagihan 5.1.30 06 –2011 2.Copy dan arsipkan surat – surat yang masuk 3. …………… 4. Program “ 5 S “ (house skeeping) LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : HANNA FAUZAN NIS : 1.11.Copy dan arsipkan Dokumen OP 3.Menyusun nomor kode laporan OP 5…………… … 4.Verifikasi & validitas dokumen yang masuk Jum.Umum : Minggu. 4 Hari/Tanggal Jenis Kegiatan Para .Penyusun data data arsip – via facximile Kamis.Kodefikasi nomor – nomor faktur 2.05 Serpong Tangerang Selatan Bagian PPC.at.Kain/NP .Bantu tugas sehari – hari bagian PPC 4.0933 Jurusan : Administrasi Perkantoran Asal Sekolah : SMK PGRI.

Copy dan arsipkan Dokumen OP 3.Membantu tugas sehari – hari bagian PPC 5.Membantu tugas sehari – hari bagian PPC 2……… ……… Libur Resmi Pemerintah/Isra Mi.30 06 –2011 2.f Pembim bing Senin.Copy dan arsipkan surat – surat yang masuk 2. ………… …… 4.raj Rabu. 27 .Print out faktur – faktur pajak 1.2011 1.Bantu tugas sehari – hari bagian PPC 4.Mengurut nomor – nomor faktur dari suplier Selasa .Expedisi dokumen & pengiriman sample kain 3. ………… … . 28– 06-2011 2. 29 –06 –2011 3……… ……… 1.06 .Program “ 5 S “ ( house skeeping) 1.Data entry faktur – faktur yang masuk 3.Verifikasi & validitas dokumen yang masuk 4.Data entry faktur – faktur yang masuk 4.Penyusun data data arsip – via facximile Kamis.

09 .1 Hari/Tanggal Senin.LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : SRI WAHYANTI NIS : 010900186 Asal Sekolah : SMK “ Nusa Jaya “ Kabupaten Tangerang Bagian Administrasi/NP .Data entry surat – surat yang masuk 2.Orientasi 2. 01.Pengarahan oleh bagian HRD . 3.Program “ 5 S “ ( house keeping ) 1.Training 1.Pengarsipan file faktur yang masuk 3.Umum : Minggu.Bantu tugas sehari – hari bagian admin 4.Pengenalan bagian & lingkungan kerja 1.2014 Jenis Kegiatan Paraf Pembimbing 1.Pisahkan surat – surat pemberitahuan 2……………… .02– 09 -2014 2. ……………….Copy dan arsipkan dokumen yang masuk 5.Urut nomor – nomor faktur dari supleir Selasa.

Rabu. .Program ‘ 5 S “ ( house keeping ) bagian 5……………… ….at.Print data yang sudah di entry 4.Penyusun data data arsip – via file 2.Program “ 5 S “ ( House keeping ) 1.23 – 06 –2011 3.Entry data surat – surat yang masuk Kamis.24– 11–2011 2. Program “ 5 S “ ( house keeping ) 1.Copy dan arsipkan file – file yang masuk 3.Urut nomor – nomor faktur 4. ………………… 5.Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 4.. 4. 22 –06 –2011 pemasukan barang.Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 5.Bantu tugas sehari – hari Admn 5. 3.Membalas surat – surat Via facximile 3……………… ….Mencetak faktur – faktur pajak Jum.

Mengarsipkan Order Pembelian/OP & PR 5. 5.LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : SRI NOPIANI NIS : 9965130198 Jurusan : Administrasi Perkantoran Asal Sekolah : SMK “ GEMILANG “ Kota Tangerang Bagian : Logistik/NP-Gudang Minggu.Pengarsipan dokumen kebagian – order pembelian/PO 6. . Logistik …………… 3.Expedisi bagian.Copy Selasa 11– 09-2012 dan arsipkan faktur – faktur pajak 2.10 – 09 – 2012 1. 1 Hari/Tanggal Jenis Kegiatan Paraf Pembimbi ng Senin.Arsipkan Barang/NPB dokumen kebagian Bukti Penerimaan 4.Pengarsipan surat jalan ke Supplier ….Program “ 5 S “ (house Keeping 2………… ………. 4.Bantu tugas sehari – hari dibagian 1.Expedisi akunting 3. House Keeping ( 5 S ) 1.Expedisi keuangan dokumen kebagian 2.

Arsipkan Barang/BPB Bukti 3. 14. Buat bon sementara untuk Suplier …… 5..09 –2012 1.Pengarsipan Pembelian dokumen 4. 3.13–09 -2012 1. 3.at. Expedisi Surat Jalan ke bagian Finance 4. Program “ 5 S “ ( House keeping ) Kamis. bagian dokumen dan berkas via faximile LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : RISKA WULANDARI NIS/Kelas : 9950932283 . Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 3………… ……….1. Pisahkan surat – surat Rabu.Copi pajak & arsipkan faktur – faktur 2.12–09 – 2012 pemberitahuan pemasukan barang. Bantu tugas sehari – hari bagian logistik 2.Data entry surat – surat yang masuk 2. Membalas surat – surat Via facximile 4.Susun & kirim Pembelian sehari – hari rapikan Order 5………… ………. 5.Bantu logistik tugas 5. Program 5 S ( House Keeping ) Jum. Arsip dan copy OP dari User …………… 4..

Bantu 1. ……………… . .Pengarsipan Selasa.Expedisi dokumen kebagian 5.Arsipkan order – order pembelian/OP 3.Pengarsipan surat –surat jalan dari Suplier 3.Expedisi dokumen kebagian – bagian 5. 2 Hari/Tanggal Jenis Kegiatan Paraf Pembimbi ng Senin. 10–03 –2011.Copi dan arsipkan faktur – faktur pajak 4.Bantu tugas sehari – hari bagian Logistik 4. sehari – hari bagian Logistik 1.Bantu tugas Rabu.Buat bon sementara 2.Pengarsipan Order Pembelian/PO & PR 3………… ………..2011 1.Expedisi dokumen kebagian keuangan 2.Arsipkan bukti penerimaan barang/NPB 2.Asal Sekolah Bagian : : SMK “ KH DEWANTORO “ Kota Tangerang Logistik/NP-Gudang Minggu. untuk suplier tugas sehari – hari bagian Logistik 3. 08– 03-2011 order pembelian/PO & PR 1.Expedisi surat jalan kebagian Finance 4. akunting 2………… ……….07 – 03 .

12. ……………… … dokumen kebagian Bea cukai 5.Expedisi surat jalan kebagian suplier finance 4. dokumen dan kirim berkas via faximile LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : Sri Nopiani NIS : 9965230198 Asal Sekolah : SMK “ GEMILANG “ KOTA Tangerang Bagian : Logistik/NP-Gudang Minggu. 4 .Buat bon sementara untuk para 3.Expedisi 4. 11 – 03 -2011 2.1.Bantu tugas sehari – hari bagian logistik Jum.at.Pengarsipan dokumen Order Pembelian 4.Copi & arsipkan 2.Arsipkan bukti – bukti penerimaan NPB Kamis.03 -2011 1.Arsipkan faktur – faktur pajak Bukti Pembelian Barang/BPB 3.Susun & rapikan 5………… ……….

.Arsipkan pembelian/OP 3.Bantu tugas 2012 logistik sehari – hari bagian 3.02– 10- 1.Copi & arsipkan faktur – faktur BPB 3.Copi pajak order dan arsipkan 4.Hari/Tanggal Jenis Kegiatan Paraf Pembimbi ng 1. Order dokumen kebagian Bea 5.Susun & rapikan kirim dokumen dan berkas via faximile Selasa 2012 .Pisahkan surat Pemberitahuan/NPB 2.Expedisi kebagian Gudang Umum Senin. Bantu tugas sehari – hari bagian Logistik 1.01 – 10 – 2.Expedisi akunting – surat – order faktur – faktur dokumen kebagian 5.Expedisi cukai dokumen 1. ……………….Buat bon sementara untuk 2……………… ….Pengarsipan Pembelian 4.

Rabu,
2012.

03–10

– suplier
2.Bantu
Logistik

tugas sehari – hari bagian 3………………
…..

3.Expedisi
Finance

surat jalan kebagian

4.Pengarsipan
Pembelian/PR

1.Arsipkan
NPB

Order

bukti – bukti penerimaan

Kamis,04 – 10 –
2012
2.Buat bon sementara
suplier
3.Expedisi
finance
4.Bantu
logistik

Jum,at,
-2012

05-

surat jalan

tugas

10 1.Pengarsipan
Barang/NPB

sehari

Bukti

untuk

para

4.
…………………

kebagian
–hari

bagian

Penerimaan

2.Pengarsipan surat – surat jalan dari
5………………
Suplier
….
3.Bantu tugas sehari –
hari bagian
Logistik
4.Expedisi
bagian
5.Pengarsipan
pembelian/PO

dokumen kebagian –
order

LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL

Nama Siswa

:

RATNA WULANDARI

NIS

:

997.1828764

Jurusan

:

Akuntansi

Asal Sekolah

:

SMK “ Ki HAJAR DEWANTORO” Kota Tangerang

Bagian

:

Logistik/NP - Gudang
Minggu. 1

Hari/Tanggal

Jenis Kegiatan

Paraf
Pembim
bing

Senin,25
2010

– 10

- 1.Pengarsipan
Barang/NPB

Bukti

Penerimaan

1.
2.Pengarsipan surat – surat jalan dari ………………
Suplier
.
3.Bantu tugas sehari –
Logistik
4.Expedisi
bagian

hari bagian

dokumen kebagian –

5.Pengarsipan
pembelian/PO

1.Pisahkan
surat
Pemberitahuan/NPB

order

surat

Selasa
2010

,26–

10- 2.Arsipkan
pembelian/OP
3.Copi
pajak

order

dan arsipkan

4.Expedisi
akunting

Rabu,
2010.

27–10

bon

2.Bantu
Logistik

order

2……………
faktur – faktur …….

dokumen

5. Bantu tugas sehari
Logistik

1.Buat
suplier

kebagian

hari bagian

sementara

untuk

tugas sehari – hari bagian

3.Expedisi
Finance

surat jalan kebagian

4.Pengarsipan
Pembelian/PR

Kamis
-2010

,28

10

1.Arsipkan
NPB

Order

bukti – bukti penerimaan

2.Buat bon sementara
suplier
3.Expedisi
finance
4.Bantu
logistik

3……………
……..

surat jalan

tugas

sehari

untuk

para

4.
………………
kebagian …

–hari

bagian

Pengarsipan pembelian/PO hari bagian dokumen kebagian – order .Pengarsipan surat – surat jalan dari ………………. 2.LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : NOVI DWI SINTYA NIS : 996.Bantu tugas sehari – Logistik 4.Pengarsipan Barang/NPB Bukti Penerimaan 1.25 2010 – 10 . Suplier 3.5233602 Jurusan : Akuntansi Asal Sekolah : SMK “ Ki HAJAR DEWANTORO” Kota Tangerang Bagian : Logistik/NP .Gudang Minggu.1. 1 Hari/Tanggal Jenis Kegiatan Paraf Pembim bing Senin.Expedisi bagian 5.

28 – 10 Order bukti – bukti penerimaan 2.Arsipkan pembelian/OP 3.Pisahkan surat Pemberitahuan/NPB 2.Expedisi akunting Rabu.Selasa 2010 .26– 10- 1. 2010.Buat suplier – surat jalan untuk para 4..Expedisi finance 3……………… …. Bantu tugas sehari Logistik 1.Copi pajak order dan arsipkan 4. ……………… kebagian … .Buat bon sementara suplier 3. faktur – faktur dokumen 5. surat jalan kebagian 4.Expedisi Finance Kamis -2010 .Pengarsipan Pembelian/PR 1. 27–10 – bon 2.Bantu Logistik surat – order kebagian – hari bagian sementara untuk tugas sehari – hari bagian 3.Arsipkan NPB 2……………… ….

18 . Suplier 3. 2.Bantu logistik tugas sehari –hari bagian LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : NIS : Asal Sekolah : Bagian STEFANI SHAREN SMK Nusa Jaya Kabupaten Tangerang : Koperasi/NP.Umum Minggu.Pengarsipan 2010 Barang/NPB Bukti Penerimaan 1.Expedisi bagian 5.Pengarsipan surat – surat jalan dari ……………….Bantu tugas sehari – Logistik 4.4.1.10 . 3 Hari/Tanggal Jenis Kegiatan Paraf Pembim bing Senin.Pengarsipan pembelian/PO hari bagian dokumen kebagian – order .

Arsipkan NPB Order bukti – bukti penerimaan 2.Pisahkan surat Pemberitahuan/NPB Selasa .Buat suplier bon 2..Expedisi akunting surat – order 2……………… …. faktur – faktur dokumen kebagian 5.Buat bon sementara suplier 3.1.Pengarsipan Pembelian/PR Kamis.21 -2010 – 10 1.Bantu 3……………… …. 19– 102010 2. ……………… kebagian … –hari bagian .Copi pajak – order dan arsipkan 4.Arsipkan pembelian/OP 3. surat jalan tugas sehari untuk para 4.Expedisi finance 4. Bantu tugas sehari – hari bagian Logistik Rabu.Bantu Logistik sementara untuk tugas sehari – hari bagian 3. 20–10 – 1. 2010.Expedisi Finance surat jalan kebagian 4.

Program 5 S 1.Membantu pelayanan konsumen 4.Menata barang – barang sembako Senin. 1 Hari/Tanggal Jenis Kegiatan Paraf Pembimbing 1.Merapikan bon – bon pembelanjaan 5. DEWANTORO “ Tangerang Bagian : Koperasi/NP.logistik LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : DESI RIZKY AMELIA NIS : 9946335015 Asal Sekolah : SMK “ KH.Mengatur barcode harga barang 3. ………………. .Umum Minggu.07 2011 - 03 – 2.

.Memeriksa barang expaid/kedaluarsa 4.08– 2011 03- barang kredit 2.labeling barang daftar harga barang5.11-03 2011 – 2.Mengarsip surat jalan supplier 5.Labeling daftar barang – barang 3.Display barang sembako yang .12 -03-2011 1.Pengarsipan surat – surat jalan supplier Kamis.Membantu tugas kasir 4.Mambantu kegiatan kasir 3.Program 5 S 5.Program “ 5 S “ 1.Interior barang barang sembako Rabu. 2011.10 2011 –03 – 3………………….Menyediakan karyawan barang kebutuhan 2…………………. ………………… yang 5.Membantu tugas kasir 4. 4.Data entry perminggu Selasa.Program “ 5 S “ 1.Menggunting barkode harga 5.Inventarisasi barang sembako yang datang 2. 09–03 – 3.Display barang – barang supplier 2. 1.Memasang lebel kopi Sabtu.Membantu karyawan yang belanja 4. ………………… 3.Inventarisasi barang sembako Jum’at.1.

Membantu pelayanan konsumen 1.Mengawasi karyawan yang belanja LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : NURHIDAYAT NIS : 994099903 Asal Sekolah : SMK” KH DEWANTORO “ Kota Tangerang Bagian : Koperasi/NP.datang 2. .Menata barang barang 3.Umum Minggu.Inventarisasi sembako 2. ……………….Membantu kasir 6………………… …… 5.14 2011 - 03 Jenis Kegiatan – 1. 2 Hari/Tanggal Senin.Memeriksa barcode yang expaid 4.Mendisplay sembako barang barang Paraf Pembimbin g – barang – barang 3.

Inventarisasi barang sembako yang datang 2.Display barang – barang supplier 2.Membantu tugas kasir 4.labeling 2011 barang daftar harga barang- 3.Labeling barcode barang sembako 5.Memeriksa barang expaid/kedaluarsa yang 5.17– 2011 03 – 3……………… ….Program 5 S 5. 1.Inventarisasi barang sembako Jum’at. – 3.Membantu tugas kasir 4. ………………… 3.Menyediakan karyawan barang kebutuhan 2……………… ….Mambantu kegiatan kasir 3..Interior barang barang sembako Rabu.16–03 2011.18 – 03 – 2.Membantu karyawan yang belanja 4.4.Display datang barang – barang yang 4. 4.Pengarsipan bon – bon karyawan Kamis.Program “ 5 S “ 1. ………………… .Program “ 5 S “ 1.Menggunting barkode harga 5.15– 2011 03- barang kredit 2.Program 5 S 1.Data entry perminggu Selasa.Membantu tugas kasir 5.

Program “ 5 “ S LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : DESI RIZKI AMELIA NIS : 9946335015 Asal Sekolah : SMK “ KH DEWANTORO “.21 2011 - 03 Jenis Kegiatan – 1.Umum Minggu.Inventarisasi sembako 2.Mengawasi karyawan yang belanja 2. 3 Hari/Tanggal Senin.Merapikan sembako barang – barang 6……………… ……… 4.5. ……………….Mendisplay sembako barang barang – barang – barang 3.-03-2011 1. .19.Membantu kasir 5.data entry barang barang yang datang Sabtu. Kota Tangerang Bagian : Koperasi/NP.Membantu tugas kasir Paraf Pembimbing 1.Memeriksa barang barang yang expaid 3.Membantu pelayanan konsumen 4.

Labeling barcode barang sembako 5. 22– 032011 3. datang ………………… 3.Data entry perminggu barang kredit 2..Display barang – barang yang 4.Program “ 5 S “ 1.5.Membantu karyawan yang belanja 4.Memeriksa barang expaid/kedaluarsa yang 5.Menyediakan barang kebutuhan 2………………… karyawan . sembako Kamis.Membantu tugas kasir 4. 2011.Interior barang barang sembako Rabu. 23–03 – 3.Program 5 S 5.Inventarisasi yang datang barang 3………………… .25 2011 – 03– 2.Program 5 S 1.Pengarsipan bon – bon karyawan 1.Display barang – barang supplier 2.data entry barang barang yang 5.Mambantu kegiatan kasir Selasa .Program “ 5 S “ 1.Membantu tugas kasir 4.Inventarisasi barang sembako Jum’at. 4.24 – 03 – 2011 2.Menggunting barkode harga 5.labeling barang daftar harga barang- 3. ………………… .

Umum Minggu.Mengawasi karyawan yang belanja Paraf Pembimbi ng .datang Sabtu.Membantu kasir 5. 4 Hari/Tanggal Jenis Kegiatan 1.Memeriksa barang barang yang expaid 3.Program “ 5 “ S LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : NURHIDAYAT NIS : 9940999803 Asal Sekolah : SMK” KH DEWANTORO “ Kota Tangerang Bagian : Koperasi/NP.26 – 03 .Merapikan sembako barang – barang 6………………… …… 4.1.Mengawasi karyawan yang belanja 2011 2.

Membantu kasir . ……………… 4.28 – 03 – 2.01 2011 –04 – 1 Inventarisasi sembako barang – barang 2.Program “ 5 S “ 1.Data entry kredit/minggu Rabu. ……………… … .labeling daftar harga barang-barang Selasa 2011 ..29– 03. – barang 4.Inventarisasi datang barang barang 3. 30–03 – 2.Memeriksa barang barang yang expaid 2011 3.data entry barang barang yang datang 1.Program “ 5 S “ Jum’at.Menggunting barkode harga 5.Memeriksa expaid/kedaluarsa barang yang 5.Memeriksa barang sembako yg expaid 5. 5.3.Membantu tugas kasir 4.Display brang – barang yang datang Kamis.Mendisplay barang – barang sembako 4.Senin.Merapikan barang – barang sembako 1. sembako barang 2…………… …….Program “ 5 “ S 1. 2011.Membantu tugas kasir 4.Inventarisasi barang sembako 2.31 – 03 – 2011 3.Penataan/interior sembako – barang 3…………… yg …….Inventarisasi barang sembako yang datang 2.

……………… … 5.Memeriksa barang barang yang expaid 3.Membantu pelayanan konsumen 4.Membantu tugas kasir 5.Membantu kasir 6…………… ………… 5.03 2011 2.Umum Minggu.Program 5 S Sabtu.Mengawasi karyawan yang belanja 2. 5 Hari/Tanggal Jenis Kegiatan 1 Inventarisasi sembako Senin. 02-04-2011 1.3. 04 .Merapikan barang – barang sembako 4.Mendisplay barang barang – – Paraf Pembimbi ng barang barang .Program “ 5 “ S LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : NURHIDAYAT NIS : 9940999803 Asal Sekolah : SMK “ KH DEWANTORO “ Kota Tangerang Bagian : Koperasi/NP.

……………….Inventarisasi barang sembako yang datang Kamis.Membantu pelayanan konsumen 4. 2011. ……………… … 5.Membantu pelayanan konsumen 4.Membantu tugas kasir 4.Membantu tugas kasir 5.Membantu tugas kasir 5.08 2011 –04 – 1 Inventarisasi sembako 2.Membantu tugas kasir 2011 4.07 – 04 – 2011 2. 06–04 barang barang yang – Stock Opname Total 2…………… …….Mendisplay sembako barang barang – – barang barang 3.sembako 1. ……………… … .Inventarisasi barang sembako 2. 3…………… …….3.Display brang – barang yang datang 3.data entry datang Rabu.Program “ 5 S “ Jum’at. 3.Memeriksa expaid/kedaluarsa barang yang 4. 1.Program 5 S 1.Menggunting barkode harga 5. 05– 03.labeling daftar harga barang-barang Selasa .

5.Program 5 S
Sabtu,09-04-2011

1.Laporan akhir PKL

6……………
…………

LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL
Nama Siswa

:

NOVA VIRGINITA

NIS

:

9962244891

Asal Sekolah

:

“ SMK Negeri 3 “

Bagian

:

Kota Serang - Banten

Marketing/NP- Umum
Minggu. 1

Hari/Tanggal

Senin,17

-

09

Jenis Kegiatan

1 Bantu tugas sehari – hari bagian
Marketing

Paraf
Pembimbi
ng

2012

2.Expedisi OP kepihak Marketing
3.Kirim
room

1.
………………
sample pelanggan, ke Show
.

4.Mengarsipkan OP – OP Pelanggan
5.Program 5 S ( House Keeping )
1.Arsip data – data OP yang masuk.
2.Program 5 S ( House keeping )
Selasa,
2012

18–

09- 3.Kodefikasi nomor OP pelanggan
4.Scanning data – data

2……………
…….

5.data entry OP – OP yang datang

Rabu,
2012

19–09 –

1.Rapikan file – file dan kirim ke
gudang

3……………
2.Data jenis – jenis motif kain OP …….
pelanggan
3.Kumpulkan/inventarisir sample kain.
4.Program 5 S ( house keeping )
5.Pisahkan jenis kain sesuai OP

Kamis,20
-2012

09

1.Gunting sample kain sesuai dengan
OP
2.Bantu tugas sehari – hari bagian
4.
Marketing
………………
3.Sisipkan contoh kain OP pelanggan

4.Rapikan
pelanggan

&

arsipkan

OP

OP

5.Program “ 5 S “ ( house keeping )
1 Ambil contoh kain diruang sample
Jum’at,
-2012

21

–09 2.Pendataan jenis

– jenis

kain OP

pelanggan

5.
………………
3.Bantu tugas sehari – hari bagian

Marketing
4.Telusur jenis kain sesuai OP
5.Program 5 S ( House Keeping )

LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL
Nama Siswa

:

NOVA VIRGINITA

NIS

:

9962244891

Asal Sekolah

:

SMK Negeri 3 Kota Serang - Banten

Bagian

:

Marketing/NP- Umum
Minggu. 2

Hari/Tanggal

Jenis Kegiatan

1 Kirim sample kain ke kantor Biru/EPIC

Paraf
Pembimbi
ng

Pendataan jenis pelanggan – jenis kain OP 5.25– 09.Program “ 5 S “ ( house keeping ) 1 Ambil contoh kain diruang sample Jum’at.Sisipkan contoh kain OP pelanggan 4.27 -2012 – 09 2. 2.Scanning data – data 2…………… …….Program 5 S ( House keeping ) Selasa 2012 .Program 5 S ( House Keeping ) 1.3.Scanning data – data OP Pelanggan 3. 5.Kirim room sample pelanggan.Arsip data – data OP yang masuk. Libur Resmi/ Idul Adha 1. 26–09 – 3…………… …….Telusur jenis kain sesuai OP 3.Mengarsipan OP – OP yang masuk 5. ……………… .Gunting sample kain OP pelangganb Kamis. ……………… OP … 5. 4. ke Show 1.28 -2012 –09 2.Bantu tugas sehari – hari bagian ……………… Marketing … .data entry OP – OP yang datang Rabu. 3. 2012 24-09 – 2. 2012.Senin.Kodefikasi nomor OP pelanggan 4.Rapikan pelanggan & arsipkan OP – 4.

Umum Minggu. OP .Program 5 S ( House Keeping ) LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : NOVA VIRGINITA NIS : 9962244891 Asal Sekolah : SMK Negeri.Banten Bagian : Marketing/NP. 3 Hari/Tanggal Jenis Kegiatan Paraf Pembimbi ng 1 Ambil sample kain kain ke show room Senin. 4.Telusur jenis pelanggan – jenis kain.4. 2012 01-10 – 2.Telusur jenis kain sesuai OP 5.Bantu tugas sehari – hari bagian 1.Scanning data – data OP Pelanggan 3. Marketing ……………….3 Kota Serang .

04 -2012 – 10 2.Kodefikasi nomor OP pelanggan 2012 4.Entry data OP – OP kain yang data 5. Marketing ……………… … 4.Sisipkan contoh kain OP pelanggan 4.Program 5 S ( House Keeping ) .Bantu tugas sehari – hari bagian 3…………… Marketing …….5.Program “ 5 S “ ( house keeping ) 1 Scan data OP setiap harinya Jum’at.Bantu tugas sehari – hari bagian 5. ……………… … 5. 5. 2.Rapikan file – file OP & arsipkan Kamis.05 -2012 –10 2.Entry data OP – OP pelanggan yang masuk 4.Arsip data – data OP yang masuk.Kodefikasi pelanggan Nomor – nomor OP 3.3.Expedisi Kain sample ke show room 3.Gunting sample kain sesuai dengan OP 2. 2012.Scanning data – data 2…………… …….Program 5 S ( House keeping ) Selasa .Program 5 S ( House Keeping ) 1.data entry OP – OP yang datang Rabu. 03–10 – 1.Program 5 S ( House keeping ) 1. 02– 10.Kirim OP Marketing – OP pelanggan ke 5.Distribusi file – file OP kebagian EPIC 4. 3.

3 Kota Serang .Kirim contoh kain ke show room 3.Entry data OP – OP pelanggan tiap harinya . 4. 4 Hari/Tanggal Jenis Kegiatan Pa raf Pembimbi ng 1 Scanning data OP setiap harinya Senin.Banten Bagian : Marketing/NP. Marketing ……………… . 2012 09-10 – 2.Bantu tugas sehari – hari bagian 1.LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : NOVA VIRGINITA NIS : 9962244891 Asal Sekolah : SMK Negeri.Umum Minggu.

Kodefikasi pelanggan Nomor – nomor OP 3.Kodefikasi nomor OP pelanggan 4.Copy dan arsipkan OP pelanggan Rabu. 3.Program 5 S ( House Keeping ) 1.Program 5 S ( House keeping ) 1.Distribusi file – file OP kebagian EPIC 4.Program “ 5 S “ ( house keeping ) 1 Scan data OP setiap harinya Jum’at.Sisipkan contoh kain OP pelanggan 4.Rapikan file – file OP & arsipkan Kamis.Program 5 S ( House Keeping ) . 11–10 – 1.Entry data OP – OP kain yang data 5.Expedisi Kain sample ke show room 3.Entry data OP – OP pelanggan yang masuk 4. 2012.10– 10.berkas 2…………… ……. 2. 5.15 -2012 –10 2.Kirim OP Marketing – OP pelanggan ke 5.Bantu tugas sehari – hari bagian 5.3.Arsip data – data OP yang masuk.5.14 -2012 – 10 2.Gunting sample kain sesuai dengan OP 2. ……………… … 5.Bantu tugas sehari – hari bagian 3…………… Marketing …….Rapikan & arsipkan berkas . Marketing ……………… … 4.Program 5 S ( House keeping ) Selasa 2012 .

……………….Copy dan arsipkan faktur yang masuk 3.2010 Jenis Kegiatan Paraf Pembimbin g 1. 08 .LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : NURHASANAH NIS : 010900174 Asal Sekolah : SMK “ Nusa Jaya “ Kabupaten Tangerang Bagian Administrasi/NP . .Urut nomor – nomor faktur yang masuk 2.Print – out data legal drafting 1.11 . 2 Hari/Tanggal Senin.Umum : Minggu.

Membalas surat – surat Via facximile 4.Program “ 5 S “ ( house keeping ) 1.Print out surat jalan para suplier 2.Urut nomor – nomor faktur 4.Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 5..Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 4.Copy dan arsipkan dokumen yang masuk 5. .Penyusun data data arsip – via file 2.4.Program “ 5 S “ ( house keeping ) 2…………… ……. 3.at.Mencetak faktur – faktur pajak Jum.Data entry surat – surat jalan yang masuk 2.Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 5.Bantu tugas sehari – hari bagian admin 4.11 – 11 -2010 3.Print data yang sudah di entry 4.Program “ 5 S “ ( house keeping ) 1. 1. 10 –11 -2010.12 – 11 -2010 2.Entry data surat – surat yang masuk Kamis.Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 5.Kodefikasi pada nomor – nomor faktur Selasa.Program “ 5 S “ ( House keeping ) 3…………… …….Copy dan arsipkan file – file yang masuk 3.Program ‘ 5 S “ ( house keeping ) 5…………… ……. ……………… … 5.09– 11-2010 3. 1.Copy dan arsipkan faktur tagihan Rabu.

3 Hari/Tanggal Senin.Data entry faktur – faktur yang masuk 3.Umum : Minggu.Program “ 5 S “ ( House keeping ) 1.22– 03-2011 3. ………………. 4.surat yg masuk 2.21 .Copy dan Arsipkan surat.LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : WINDI ELISA NIS : 9906071024 Asal Sekolah : SMK “ KH DEWANTORO “ Kota Tangerang Bagian Administrasi/NP .03 – 2011 Jenis Kegiatan Paraf Pembimbing 1.Data entry faktur – faktur yang masuk Selasa. .Urut nomor – nomor faktur dari suplier 2.Print out faktur – faktur pajak 1.Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 5.Copy dan arsipkan faktur tagihan 2……………… ….Bantu tugas sehari – hari bagian admin 4.

Data entry surat – surat yang masuk Jum.. pemberitahuan pemasukan barang.5.Print out/cetak faktur – faktur tagihan 4. 23 –03 –2011.Membalas surat – surat Via facximile 4. 3.Pisahkan surat – surat Rabu.Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 3……………… ….25– 03 –2011 2.Urut nomor – nomor faktur 4.Copy dan arsipkan PO – PO yang masuk Kamis.24 – 03 –2011 3. .Program ‘ 5 S “ ( house keeping ) 5……………… …. ………………… 5. 5.Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 4.at.Program “ 5 S “ ( house keeping ) 1.Program “ 5 S “ ( House keeping ) 1 Cetak faktur – faktur pajak 2.Copy dan arsipkan surat yang masuk 3.Data entry surat – surat yang masuk 2.Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 5.Program “ 5 S “ ( house keeping ) 1.

4.Entry memo dan kontrak para suplier 2.Data entry surat – surat jalan yang masuk 3.Print out faktur – faktur pajak 1.Pisahkan surat – surat Rabu.Bantu tugas sehari – hari bagian admin 4. ……………….LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : WINDI ELISA NIS : 9906071024 Asal Sekolah : SMK “ KH DEWANTORO “ Kabupaten Tangerang Bagian Administrasi/NP .22– 03-2011 3. 4 Hari/Tanggal Senin.Data entry surat – surat yang masuk 2. pemasukan barang.21 . 23 –03 –2011.Copy dan arsipkan dokumen yang masuk 5.Umum : Minggu.Program “ 5 S “ ( house keeping ) 1.03 – 2011 Jenis Kegiatan Paraf Pembimbing 1.Pengarsipan file faktur yang masuk Selasa. .Urut nomor – nomor faktur dari supplier 2.Program “ 5 S “ ( house keeping ) 1. pemberitahuan 2……………… ….Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 5.

Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 5……………… ….24 – 03 –2011 3. 5.Penyusun data data arsip – via file 2.25 – 03 -2011 2.Program “ 5 S “ ( House keeping ) 1..3.Urut nomor – nomor faktur 4.Copy dan arsipkan file – file yang masuk 3.Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 3……………… ….Umum .Kodefikasi nomor urut faktur – faktur Jum. 5.Membalas surat – surat Via facximile 4.Copy dan arsipkan PO – PO yang masuk Kamis.Training/NP .Program ‘ 5 S “ ( house keeping ) LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa NIS Kelas Asal Sekolah Bagian : : : : SUCI WULANDARI 9980894346 XII/TKJ SMK “ SAKTI SCHOOL “ Kota Tangerang : HRD .Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 4.at. ………………… 5.Print out/cetak faktur – faktur tagihan 4.Program “ 5 S “ ( house keeping ) 1.

1 Hari/Tanggal Jenis Kegiatan Paraf Pembimbing 1.Masa orientasi Senin. Tbk 6.Pengenalan bagian & lingkungan kerja 1.Penyusun data data arsip – via file 2.Data entry Profil PT.Membalas surat – surat Via facximile 3……………… …. pemberitahuan pemasukan barang. 3.Pengarahan oleh bagian HRD Training 3. Tbk 5.05– 2011 04.Program “ 5 S “ ( House keeping ) 1. 4.Entry Data Sejarah PT.Minggu.Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 5.07 – 04 – 3.Data entry surat – surat yang masuk 2.02-112015 2.Copy dan arsipkan PO – PO yang masuk Kamis.Copy masuk dan arsipkan dokumen yang 2……………… …. ………………… .Pengarsipan file faktur yang masuk Selasa.Argo Pantes.Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 2011 4. ……………….House Keeping 1.Program “ 5 S “ ( house keeping ) 1.. 5. 06 –04 – 2011. 4.Urut nomor – nomor faktur dari supleir 2.3.Bantu tugas sehari – hari bagian admin 4. Argo Pantes.Pisahkan surat – surat Rabu.

Kodefikasi nomor urut faktur .Copy dan arsipkan file – file yang masuk 2011 3.08– 11 – 2.Urut nomor – nomor faktur 5.at.4.Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 5.Program ‘ 5 S “ ( house keeping ) Tangerang. 4. 27 Juli 2012 Mengetahui Kabag/PIC Logistik Ibu LIana LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN PKL Nama Siswa : UCI YLUANTI NIS : 9965152972 Jurusan : Adminstrasi Perkantoran Asal Sekolah : SMK “ GEMILANG “ Kota Tangerang Bagian Logistik/NP-Gudang : .faktur Jum.Program “ 5 S “ ( house keeping ) 1.Print out/cetak faktur – faktur tagihan 5……………… ….

Penyusun data data arsip – via file 2.Membalas facximile 4. 1. 3.Copy dan arsipkan PO – PO yang masuk Selasa.26–09 – 2012 pemberitahuan pemasukan barang.Pisahkan pemberitahuan Senin.Data entry surat – surat yang masuk 2..24–09–2012 surat – surat pemasukan barang. 3 Hari/Tanggal Jenis Kegiatan Paraf Pembim bing 1. 3. bagian 5.Minggu. .Urut nomor – nomor faktur 2…………… ……. …………… ….Bantu Logidtik tugas sehari – hari bagian 4. Pisahkan surat – surat Rabu.Program “ 5 S “ (House keeping) 1.25–09-2012 3. Membalas surat – surat Via facximile 3…………… ……. 5.Program “ 5 S “ ( house keeping ).Data entry surat – surat yang masuk 2.Bantu Logistik surat – surat tugas sehari – hari Via 1..

Data entry su3rat – surat yang masuk 2. …………… …… .2012 2.Print out/cetak faktur – faktur tagihan 4.Bantu tugas sehari – hari Admn bagian 5.28 -09 .Kodefikasi nomor urut faktur .Program ‘ 5 S “ ( house keeping ) 4.Copy dan arsipkan file – file yang masuk 3.27–09 -2012 1. Program “ 5 S “ ( House keeping ) Kamis.faktur Jumat.Copy dan arsipkan surat yang masuk 3.Bantu tugas sehari – hari bagian Logistik 5.4.Program ‘ 5 S “ ( house keeping) 1. Bantu tugas sehari – hari bagian Admn 5.Print out/cetak faktur – faktur tagihan 4.