HTTP://SOFTADVICE.INFORMER.

COM/ADOBE_PREMIERE_PRO_C
S3_FULL_VERSION_FOR_32_BIT_WINDOWS_7.HTML
MEMBUAT OPENING HITUNGAN MUNDUR 321 POWERPOINT
Cara membuat hitungan mundur 3 2 1 opening pada slide Powerpoint. Membuat berbagai efek khusus
sebagai opening pada powerpoint ada banyak cara. Telah kita bahas sebelumnya membuat opening
dengan efek loading dan efek lampu sorot. Kali ini membuat efek opening dengan hitungan
mundur 321 pun tak kalah untuk membuat slide presentasi kita menjadi lebih menarik.

Berikut adalah cara membuat opening hitungan mundur pada Powerpoint:
1.

Pertama

download

dulu

beberapa

gambar

sebagai

perangkat

pembuatan

efek

loadingnyaDISINI. kemudian extract file agar menjadi sebual folder.
2.

Buka program PPTnya, kemudian buat 3 buah slide. Pada slide pertama, klik Insert -->
Picture kemudian pilih dari folder hasil download tadi gambar angka 3 yang berwarna putih,
kemudian Insert --> Picture lagi gambar angka 3 warna hitam.

3.

Slide kedua, ulangi langkah ke 2 diatas dan lakukan tidakan untuk gambar angka 2. Slide ke
tiga ulangi tindakan untuk gambar angka 1.

5. Kemudian klik Add Animation --> Exit --> Wheel. Klik Animation --> Custom animation. Jangan lupa juga Advanced Slideubah menjadi Automatically After . Spokes = 1. Saatnya berikan efect animation. dan 3. Jangan lupa untuk mengubah settingan Star = Whit Previous. dan Speed = Fast. 2. Lakukan settingan tersebut pada slide 1.4.

maka isi dulu dengan Judul. 3. Custon Animation. Biasanya pada bagian pembuka. Line style bisa anda tebalkan. lalu setting arah animasi menjadi from Left. Hapus warna kotak dan sisakan warna garis tepi / line saja dengan cara klik kanan. Setting juga timming loading minimal pada angka 15 second. Dan anda bisa membuatnya lebih lama lagi dengan cara menambah timmingnya.langkah untuk membuat efek loading pada powerpoint: 1. anda bebas menentukan animasi pilihan anda. pada bagian fill --> pilih no fill. pada contoh saya memilih Fade 5. Pada bagian judul sampi kotaknya. Pada bidang kotak ke dua (di dalam kotak loading) berikan efek Entrance --> Wipe. Format Shapes. 4. buat satu slide awal yang akan anda isi dengan efek loading. Sekarang waktunya memberikan animasi pada bidang yang telah kita buat tadi dengan cara klik animation -->.Berikut langkah . 2. Buat sebuah bingkai kotak untuk loading dengan cara insert ---> Shapes --> Rounded Rectangle atau Rectangle saja. Buat sebuat kotak lagi di dalam kotak pertama tadi sebagai efek loadingnya. . Pertama.

langkah pembuatan efek lampu sorot pada powerpoint: 1.olah adalah bidang gelap yang kemudian disinari dengan lampu sorot sebagai penerangnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan efek lampu sorot.kata yang ingin anda masukkan (Gunakan warna hitam). Jangan lupa untuk memberikan tombol menu next atau enter untuk masuk ke slide berikutnya pada akhir animation seperti pada tutorial sebelumnya cara membuat tombol menu menarik. Ada banyak cara untuk menjadikan prentasi power point kita menjadi menarik. Efek seperti ini bisa anda jadikan sebagai pemanis pada bagian awal atau akhir slide. yang perlu anda siapkan adalah background powerpoint warna putih yang bisa anda cari di google. Untuk melihat contoh hasilnya klik DISINI. slide seolah . Sebelum membuatnya. Dengan cara ini. Bisa berupa ucapan selamat datang. judul .6. lalu berikan kata . dan beberapa gambar penghias. Siapkan satu buah slide yang akan anda beri efek lampu sorot. Berikut langkah . MEMBUAT EFEK LAMPU SOROT POWERPOINT Membuat efek lampu sorot agar tampilan slide powerpoint menjadi lebih menarik.

2. 6. dan beri effect Entrance --> Fade sebagai efek penutup.presentasi yang anda buat. klik kanan dan pilih Bring to front agar tulisan tidak berada di belakang lingkaran. atau salam penutup jika anda buat di akhir slide. senter. 3. klik animations --> Costum animation. api. berikan effect lingkaran putih dengan Motions Paths --> Draw Custom Paths --> Curve. Pertama.kata yang telah anda buat tadi sehingga muncul tanda panah 4 arah. cukup langsung klik clouse. Buat sebuat lingkaran dengan cara: Insert --> Shapes ---> Oval. pilih format background. Saatnya pemberian efek. Arahkan lingkaran pada bagian yang ingin anda sorot. Atur timingnya minimal 12 seconds agar gerakannya tidak terlalu cepat. dsb. jangan aply to all. Anda juga bisa menambahkan berbagai penghias seperti gambar korek api (dalam contoh). Kemudial klik kanan lingkarang tersebut dan atur format shapes sehigga warnanya menjadi putih dan hilangkan garis lingkaran. Atur warna background anda menjadi warna hitam dengan cara klik kanan pada slide. atau judul pelajaran jika powerpoint anda gunakan sebagai media pembelajaran. Masukkan backgroun powerpoint warna putih yang telah anda siapkan sebelumnya. laser. 5. 7. Arahkan mouse anda pada tulisan atau katan . dan buatlah semenarik mungkin. lampu neon. 4. . Ingat.